loading...
Soal ujian UT (Universitas Terbuka) PGSD PDGK4101 Keterampilan Berbahasa Indonesia SD lengkap dengan kunci jawaban berikut ini kami bagikan untuk Anda Mahasiswa UT jurusan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) sebagai materi pembelajaran dalam menghadapi ujian akhir semester (UAS) nantinya. Soal ujian UT yang kami bagikan ini merupakan rangkuman dari materi dan latihan soal pada modul sesuai dengan kode mata kuliah.
Kami tahu bahwa dalam pembelajaran baik itu online maupun tatap muka Mahasiwa UT tidak mempunyai banyak waktu dalam mempelajari materi pada modul, hal ini dikarenakan kesibukan pekerjaan maupun hal ainnya dan yang mana kita tahu bahwa di Universitas Terbuka tidak semua Mahasiswa yang bisa mengikuti tutorial secara formal. Sebagian besar mahasiswa mengikuti tutorial hanya delapan kali pertemuan selama satu semester, setelah itu akan menghadapi ujian akhir semester. Hal inilah yang mengakibatkan materi yang ada tidak bisa dikuasai sepenuhnya, perlu mempelajari materi secara mandiri.
Dengan adanya soal-soal ini Anda selaku Mahasiswa bisa memahami materi secara cepat dengan mempelajari soal-soal pilihan ganda yang telah ada kunci jawabannya. Dengan demikian tentu Anda akan lebih siap dalam mengikuti ujian akhir semester nantinya. Dan kemungkinan besar Soal Ujian UT yang keluar tidak jauh dari soal ini, bahkan sebagian bisa keluar pada saat ujian akhir semester nantinya.
Soal Ujian UT PGSD Semester 1 lainnya:
Pada setiap soal yang kami posting bisa Anda pelajari secara langsung (online) atau bisa juga Anda simpan dalam bentuk file dokumen untuk nanti Anda print dan pelajari di rumah. Kami tidak memisahkan anrata soal dan jawaban, jadi Anda akan dimudahkan dalam mempelajari soal ini. Pada akhir postingan ini, kami telah menyiapkan link untuk download soal dalam bentuk dokumen PDF, jadi bagi Anda yang ingin menyimpan untuk nanti diprint silahkan download saja soal ini pada link yang telah kami sediakan.
Nah berikut ini soal lengkap dari mata kuliah PDGK4101 Keterampilan Berbahasa Indonesia SD lengkap dengan kunci jawaban serta pembahasan soalnya yang bisa Anda pelajari untuk persiapan dalam mengikuti ujian akhir semester nantinya.
A. pengiriman dan penerimaan suatu pesan di antara para penutur suatu bahasa
B. penyesuaian terhadap lingkungan baru
C. pewarisan budaya atau tradisi yang diajarkan turun temurun
D. pengadopsian tradisi budaya
Jawab:
A. Benar, pengiriman dan penerimaan suatu pesan di antara para penutur suatu bahasa adalah proses komunikasi
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 1, kegiatan belajar 1, halaman 1.3 sampai 1.5
2. Wartawan merupakan salah satu jenis profesi yang harus memiliki keterampilan berbahasa ....
A. membaca dan menyimak
B. membaca dan menulis
C. membaca dan berbicara
D. membaca, menulis, menyimak dan berbicara
Jawab:
D. benar, karena idealnya seorang wartawan memiliki 4 ketrampilan berbahasa untuk mendukung profesinya
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 1, kegiatan belajar 1, halaman 1.6 sampai 1.7
3. Jenis keterampilan berbahasa yang bersifat produktif adalah ....
A. menulis dan membaca
B. mendengarkan dan berbicara
C. berbicara dan menulis
D. mendengarkan dan membaca
Jawab:
C. Benar, karena berbicara dan menulis adalah jenis keterampilan berbahasa yang bersifat produktif
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 1, kegiatan belajar 2, halaman 1.10 sampai dengan 1.13
4. Contoh kegiatan berbahasa yang bersifat interaktif adalah ....
A. mendengarkan khotbah Jumat di masjid
B. menyimak pidato pembukaan sebuah pusat perbelanjaan
C. rapat anggota Dewan Perwakilan Rakyat
D. menonton suatu pementasan teater di Taman Ismail Marzuki
Jawab:
C. Benar, karena dalam rapat anggota Dewan Perwakilan Rakyat terjadi interaksi antaranggota
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 1, kegiatan belajar 2, halaman 1.10 sampai dengan 1.11
5. Yang merupakan contoh berbicara secara noninteraktif adalah ....
A. berpidato secara langsung pada acara peringatan Hari Kemerdekaan R.I.
B. bertelepon melalui telepon seluler
C. berusaha menawar alat elektronik di suatu pertokoan
D. berpidato melalui radio atau televisi
Jawab:
D. Benar, kegiatan berpidato melalui radio atau televisi merupakan contoh berbicara noninteraktif, karena pendengar tidak dapat melakukan interupsi atau tanya jawab
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 1, kegiatan belajar 2, halaman 1.10 sampai dengan 1.12
6. Berikut ini yang merupakan keterampilan mikro yang harus dimiliki ketika menulis, yaitu ....
A. menggunakan bentuk kata dengan benar
B. mengenal sistem tulisan yang digunakan
C. menentukan makna kata-kata, termasuk kosakata sulit
D. menebak makna dari konteks
Jawab:
A. Benar, menggunakan bentuk kata dengan benar, merupakan keterampilan mikro yang harus dimiliki dalam menulis
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 1, kegiatan belajar 2, halaman 1.12 sampai dengan 1.13
7. Yang merupakan persamaan antara keterampilan mendengarkan dengan membaca adalah ....
A. kedua kegiatan tersebut bersifat reseptif
B. kedua kegiatan tersebut bersifat produktif
C. kedua kegiatan tersebut merupakan hasil akal budi manusia dalam berbahasa
D. kedua kegiatan tersebut merupakan kajian dalam ilmu bahasa
Jawab:
A. Benar, baik keterampilan mendengarkan maupun keterampilan membaca merupakan keterampilan yang bersifat reseptif
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 1, kegiatan belajar 3, halaman 1.21 sampai dengan 1.23
8. Sekalipun berbicara dan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang bersifat produktif namun dalam proses komunikasi keduanya berbeda, yaitu ....
A. berbicara bersifat langsung, menulis bersifat tidak langsung
B. berbicara bersifat tidak langsung, menulis bersifat langsung
C. berbicara memerlukan tempat, menulis tidak memerlukan tempat
D. berbicara tidak memerlukan tempat, menulis memerlukan tempat
Jawab:
A. Benar, komunikasi yang dilakukan dengan berbicara bersifat langsung, tatap muka/interaktif, sedangkan menulis tidak
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 1, kegiatan belajar 3, halaman 1.21 sampai dengan 1.23
9. Tataran identifikasi dan seleksi tanpa retensi adalah tataran menyimak di mana penyimak diharapkan mampu ....
A. mengenal bunyi-bunyi dan memahaminya dalam taraf terpimpin
B. mengenal berbagai jenis bunyi suatu bahasa, kata-kata, frase-frase dan kalimat dalam hubungan timbal balik antarunsur
C. mengenal bunyi-bunyi dan kemampuan memahami sesuatu unit ujaran, tetapi belum dituntut adanya kemampuan merencanakan, menyimpan, dan memproduksi
D. menyimak kontinum wacana yang panjang, baik ragam bacaan, cerita-cerita menarik, berita surat kabar, dan sebagainya
Jawab:
C. Benar, karena hal tersebut memang ada pada tataran identifkasi dan seleksi tanpa retensi
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 2, kegiatan belajar 1, halaman 2.3 sampai dengan 2.4
10. Dalam menangkap gagasan inti simakan, kita dapat melakukan beberapa kegiatan diantaranya adalah ....
A. memperhatikan tanda-tanda baca, ejaan, dan berkonsentrasi penuh dalam menangkap gagasan
B. memusatkan perhatian dan memuat catatan, dan menjawab latihan-latihan yang ada.
C. menuangkan setiap gagasan dan pikiran secara tepat dan efektif
D. mengekspresikan pikiran dan perasaan dalam bentuk tuturan
Jawab:
B. Benar, untuk dapat menangkap isi simakan penyimak harus memusatkan perhatian dan memuat catatan, serta menjawab latihan-latihan merupakan strategi untuk menangkap gagasan
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 2, kegiatan belajar 2, halaman 2.18 sampai dengan 2.19
11. Menyimak kritis adalah jenis menyimak yang ....
A. dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk memberikan penilaian secara objektif.
B. dilakukan untuk mengembangkan daya imajinasi dan kreativitas
C. dilakukan dengan penuh perhatian untuk mendapatkan informasi baru
D. dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh informasi yang akurat
Jawab:
A. Benar, menyimak kritis harus dilakukan dengan sungguh-sungguh agar dapat memberikan penilaian secara objektif
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 2, kegiatan belajar 2, halaman 2.19 sampai dengan 2.20
12. Hal-hal yang harus diperhatikan ketika bercerita adalah ....
A. penguasaan dan penghayatan cerita, pemilihan dan penyusunan kalimat, pengekspresian yang alami.
B. memberikan hiburan, mengajarkan kebenaran, memberikan keteladanan
C. memahami pendengar, menguasai materi cerita, menguasai olah suara
D. menentukan ide, mengembangkan ide, menuangkan ide
Jawab:
A. Benar, karena hal-hal tersebut harus diperhatikan ketika bercerita
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.7 sampai dengan 3.8
13. Sebelum melakukan debat, peserta debat sebaiknya melakukan persiapan untuk ....
A. persiapan untuk menyusun materi dan argumentasi dengan referensi yang memadai
B. persiapan untuk menciptakan suasana yang dramatik
C. persiapan untuk memilih topik yang menarik
D. persiapan untuk melakukan tanya jawab
Jawab:
A. Benar, karena sebaiknya menyusun materi dan argumentasi dengan referensi yang memadai, sebelum menyampaikan argumentasi, agar pihak lawan menjadi yakin dan berpihak serta setuju dengan pendapat peserta debat
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.6 sampai dengan 3.7
14. Kegiatan berbahasa dalam bentuk tukar pikiran secara teratur dan terarah dalam kelompok besar atau kecil adalah ....
A. pidato
B. diskusi
C. musyawarah
D. kampanye sebuah partai politik
Jawab:
B. Benar, karena diskusi adalah bentuk tukar pikiran secara teratur dan terarah dalam kelompok besar atau kecil, dengan tujuan mengambil keputusan
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.14 sampai dengan 3.15
15. Agar pidato menjadi efektif dan komunikatif, sebaiknya dalam memilih kata-kata, haruslah ....
A. memberikan pujian kepada khalayak atas prestasi mereka
B. menggunakan kata-kata yang sederhana, agar mudah dipahami dengan cepat
C. banyak menggunakan istilah asing agar lebih berbobot
D. menggunakan kata-kata bermakna konotatif
Jawab:
B. Benar, karena agar pidato menjadi efektif dan komunikatif gunakanlah kata-kata yang sederhana, yang mudah dipahami dengan cepat
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.17 sampai dengan 3.19
16. Cara yang baik dalam menyampaikan sanggahan ketika berdiskusi adalah ....
A. secara santun dan tidak berbelit-belit
B. dengan suara keras dan tegas
C. disertai kata pembuka dan penutup
D. mengemukakan berbagai argumen yang dapat mematahkan argumen pembicara
Jawab:
A. Benar, dalam menyampaikan sanggahan, peserta diskusi hendaknya menyampaikan dengan cara yang santun dan tidak berbelit-belit
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.14 sampai dengan 3.15
17. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memberikan tanggapan ketika berdiskusi adalah ....
A. mengangkat kehidupan pribadi pembicara dan karya-karyanya
B. berhemat dalam menggunakan kata-kata serta melembutkan nada/suara
C. dilakukan dengan berprasangka dan emosi yang tinggi
D. tanggapan harus berhubungan dengan pembahasan bersifat objektif dan memuaskan berbagai pihak
Jawab:
D. Benar, karena ketika berdiskusi, tanggapan atau jawaban harus berhubungan dengan pembahasan bersifat objektif, dan memuaskan berbagai pihak
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.14 sampai dengan 3.15
18. Bagaimana cara menutup pidato yang baik ....
A. menghubungkan dengan peristiwa yang sedang diperingati
B. melukiskan latar belakang masalah
C. dilakukan dengan cara bertukar informasi dan tanya jawab
D. menyatakan kembali gagasan utama dengan kalimat dan kata yang berbeda
Jawab:
D. Benar, karena pernyataan tersebut adalah cara menutup pidato
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.18 sampai dengan 3.19
19. Membaca scanning adalah jenis keterampilan membaca yang dilakukan dengan cara ....
A. menangkap kata kunci yang menandai informasi khusus dengan sangat cepat
B. membaca teks dengan cepat guna memperoleh gambaran umum tentang teks tersebut
C. memahami wacana atau bacaan dengan tepat
D. mengulang-ulang bagian bacaan atau kalimat yang sulit dipahami
Jawab:
A. Benar, karena membaca scanning dilakukan dengan cara menangkap kata kunci untuk menemukan informasi khusus dengan sangat cepat
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 4, kegiatan belajar 1, halaman 4.1 sampai dengan 4.12
20. Berikut ini yang merupakan contoh kegiatan yang memerlukan keterampilan membaca bersuara adalah ....
A. para siswa berpidato
B. bermain drama
C. mendengarkan musik
D. menulis laporan
Jawab:
A. Benar, membaca naskah pidato/ berpidato memerlukan keterampilan membaca bersuara yag memadai
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 4, kegiatan belajar 1, halaman 4.12 sampai dengan 4.14
21. Kalimat berikut ini yang memiliki kata bersinonim yakni ....
A. Kau selalu ada di hati setiap orang yang memujamu
B. Semua orang, baik laki-laki, perempuan, anak-anak, orang tua, berbondong-bondong pergi ke pasar malam tersebut
C. Bunga Mawar adalah bunga pujaan sebagian besar perempuan
D. Pencemaran udara memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap rendahnya kesehatan masyarakat
Jawab:
A. Benar, kalimat tersebut merupakan kalimat yang memiliki kata yang bersinonim, yaitu kalbu
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.6 sampai dengan 5.13
22. Berikut ini yang merupakan contoh kata umum dalam sebuah kalimat adalah ....
A. Alat komunikasi pada saat ini sudah sangat canggih.
B. Surat kabar tersebut sangat memperhatikan penggunaan bahasa dalam berita-beritanya.
C. Perahu sangat dibutuhkan di Pulau Kalimantan
D. Tidak ada korelasi antara jenis kelamin dan usia produktif terhadap minat baca
Jawab:
A. Benar, karena kata alat komunikasi merupakan kata umum
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.8 sampai dengan 5.9
23. Kata bergaris miring pada kalimat berikut ini yang bukan merupakan kata kajian yaitu ....
A. Kulit orang Indonesia berwarna putih kekuningan atau kuning kecoklatan, menandakan kulit yang banyak mengandung pigmentasi.
B. Menurutnya, fenomena itu terjadi karena budaya Indonesia yang masih menilai perempuan karena kecantikannya.
C. Semua diproses secara alami untuk menjaga kesegaran dan rasa susu yang lezat.
D. Kita terbiasa disuapi propaganda tentang apa yang baik dan buruk secara seragam
Jawab:
C. Benar, karena kata alami, merupakan kata populer
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.11 sampai dengan 5.13
24. Syarat pemakaian kalimat efektif untuk penulisan sebuah karangan adalah ....
A. Sekurang-kurangnya terdapat unsur subjek dan predikat, kehematan, kesejajaran, kevariasian dan penekanan
B. Sebaiknya terdapat pemenggalan kata, penulisan kata depan, pemakaian tanda baca
C. Sebaiknya terdapat gagasan utama, kalimat utama, kalimat penjelas, contoh-contoh dan fakta-fakta
D. Sebaiknya memperhatikan penggunaan kata yang bermakna sinonim dan antonim, denotasi dan konotasi, kata umum dan kata khusus, kata populer dan kata kajian
Jawab:
A. Benar, karena hal tersebut merupakan syarat pemakaian kalimat efektif
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.14 sampai dengan 5.22
25. Berikut ini penggunaan yang benar untuk tanda baca titik dua, dalam penulisan berikut adalah ....
A. Kita harus menghindari hadirnya stres dalam hidup kita, hal tersebut ditandai dengan gejala-gejala seperti: timbulnya depresi dan kecemasan berlebihan.
B. Yulianto, B. 1996. Teori Belajar Bahasa. Surabaya : Penerbit IKIP Surabaya.
C. Sukarton, Lastri Fardani. 1998 : Gunung Biru di Atas Dusunku. Jakarta, PN Balai Pustaka.
D. Hasil tes yang dilakukan seperti itu banyak mengandung kelemahan, diantaranya : frekuensi tes yang hanya dua kali
Jawab:
B. Benar, karena tanda titik dua juga dipakai antara tempat terbit dengan penerbit dalam penulisan daftar pustaka
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.21 sampai dengan 5.22
26. Penalaran deduktif adalah ....
A. Pengembangan paragraf dengan cara menyajikan serangkaian kalimat penjelas terlebih dahulu dan diakhiri dengan kalimat utama.
B. pengembangan paragraf kalimat utama yang berisi gagasan utama diikuti oleh kalimat-kalimat penjelas.
C. pengembangan paragraf dimana pokok pikiran utama yang dikemukakan kembali pada akhir paragraf.
D. paragraf yang dikembangkan berdasarkan hasil pengamatan terhadap suatu objek
Jawab:
B. Benar, karena pernyataan tersebut merupakan penjelasan dari paragraf deduktif
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.22 sampai dengan 5.25
27. Jika Anda termasuk dalam kelompok yang gampang naik darah, ada cara mudah dan murah menurunkan tensi darah. Anda cukup mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur atau dua buah apel dan dua tomat sehari. Menurut para peneliti dari Jerman, semakin banyak perempuan mengonsumsi produk segar, semakin rendah tekanan darah mereka. Hal tersebut disebabkan efek kombinasi vitamin C, pottasium, kalsium, dan nutrisi lain dalam sayur dan buah segar tersebut. (Chic no.03-III. 28 Maret- 12 April 2007) Contoh paragraf tersebut menggunakan jenis penalaran ....
A. deduktif
B. induktif
C. deduktif – induktif
D. naratif No
Jawab:
C. Benar, karena pokok pikiran utama paragraf tersebut ada di awal dan di akhir paragraf
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.24 sampai dengan 5.25
28. Paragraf narasi adalah ....
A. Paragraf yang di dalamnya terdapat rangkaian peristiwa dan disajikan menurut urutan waktu
B. Paragraf yang biasanya dikembangkan berdasarkan hasil pengamatan terhadap suatu objek
C. Paragraf yang di dalamnya terdapat data dan fakta yang digunakan untuk meyakinkan pembacanya
D. Paragraf yang isinya bertujuan untuk mempengaruhi pembacanya
Jawab:
A. Benar, paragraf narasi adalah paragraf yang terdapat dalam rangkaian peristiwa dan disajikan menurut urutan waktu
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.24 sampai dengan 5.25
29. Perhatikan paragraf berikut ini! Jika saat ini banyak produk menawarkan pemutih kulit, orang jangan lantas percaya begitu saja. Beberapa waktu yang lalu pernah ditemukan krim pemutih kulit yang mengandung logam berat seperti merkuri yang maksudnya untuk membuat kulit mulus dan putih. Namun tanpa disadari merkuri ini justru berbahaya karena bisa merusak organ tubuh, salah satunya ginjal. Paragraf tersebut termasuk jenis paragraf ....
A. deskripsi
B. argumentasi
C. persuasi
D. narasi
Jawab:
B. Benar, paragraf tersebut merupakan jenis paragraf argumnetasi karena paragraf tersebut menyajikan fakta dan data untuk memperkuat alasan yang terdapat dalam paragraf tersebut
Pembahasan:
nda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.24 sampai dengan 5.25
30. Berikut ini bukan kriteria yang dapat dipakai dalam pemilihan topik karangan adalah ....
A. menarik perhatian penulis
B. aktual
C. bahan-bahan yang diperlukan mudah diperoleh
D. topik yang dipilih berasal dari pengalaman sehari-hari
Jawab:
D. Benar, karena pernyataan tersebut bertentangan dengan kriteria penulis
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 2, halaman 5.29 sampai dengan 5.30
31. Pernyataan yang menggambarkan adanya hubungan antara keterampilan berbicara dengan keterampilan menyimak adalah ....
A. proses berbicara secara alami selalu berpadu dengan proses menyimak, tidak ada orang yang mau berbicara tanpa ada yang mau menyimak
B. kemampuan yang mencakup kedewasaan mental, penguasaan kosakata, kemampuan mengikuti urutan ide-ide, dan minat terhadap bahasa
C. keterampilan berbicara akan diperoleh secara maksimal apabila pembicara selalu berperan menjadi pendengar
D. keterampilan berbicara akan diperoleh secara optimal apabila kita sering melihat orang menulis
Jawab:
A. Benar, proses berbicara selalu berpadu dengan proses menyimak
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 6.3 sampai dengan 6.7
32. Berikut ini yang termasuk contoh keterpaduan keterampilan berbicara dengan fokus menyimak adalah ....
A. siswa mendengarkan penyajian seorang moderator tentang hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan diskusi, setelah beberapa temannya ketika berdiskusi, setelah itu mereka mengajukan pertanyaan tentang topik diskusi
B. siswa membaca naskah pertunjukan drama, setelah itu guru mengadakan diskusi dengan siswa untuk berlatih drama
C. siswa membuat tulisan tentang kenaikan harga kebutuhan pokok, kemudian membacakannya di depan kelas
D. siswa berpidato di depan kelas kemudian guru dan teman-temannya mendiskusikan kelebihan dan kekurangan pelaksanaan pidato tersebut
Jawab:
A. Benar, karena kegiatan pertama, fokus yang dilakukan siswa sekolah adalah menyimak dilanjutkan dengan berdiskusi (berbicara)
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 6, kegiatan belajar 1, halaman 6.5 sampai dengan 6.7
33. Pernyataan yang menjelaskan hubungan antara membaca dengan menyimak adalah ....
A. Menyimak dan membaca memerlukan kesiapan yang sama, yakni menguasai simbol-simbol bahasa, memiliki pengetahuan, yang berkaitan dengan materi simakan, diksi dan gaya bahasa
B. Menyimak menjadikan seseorang lebih suka membaca
C. Membaca menjadikan seseorang lebih terpengaruh untuk sering menyimak
D. Menyimak dan membaca dapat berlangsung dalam situasi formal saja
Jawab:
A. Benar, karena menyimak dan membaca membutuhkan penguasaan simbol-simbol bahasa, pengetahuan, yang berkaitan dengan materi simakan, diksi dan gaya bahasa
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 6 , kegiatan belajar 2, halaman 6.10 sampai dengan 6.11
34. Berikut ini yang merupakan contoh kegiatan keterpaduan keterampilan membaca dengan fokus menyimak adalah ....
A. Setelah menyimak penjelasan tentang penyakit yang berjangkit akhir-akhir ini, siswa ditugasi membaca wacana kesehatan yang berjudul “flu burung”. Kemudian siswa diminta menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan hal tersebut.
B. Siswa menyimak rekaman video mengenai kenaikan harga bahan-bahan pokok. Kemudian guru meminta siswa menyimpulkan apa yang mereka lihat secara lisan.
C. Guru meminta siswa mengamati alam sekitar, kemudian membuat cerita secara lisan berdasarkan apa yang mereka simak tadi.
D. Siswa diberi tugas untuk membuat tulisan tentang bencana alam, kemudian salah satu dari mereka diminta membacakan hasil tulisannya di depan kelas, sementara itu teman-teman lainnya menyimak
Jawab:
A. Benar, kegiatan tersebut berfokus pada keterampilan menyimak yang dilanjutkan/dipadukan dengan keterampilan membaca
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 6 , kegiatan belajar 2, halaman 6. 12 sampai dengan 6.13
35. Kegiatan berikut ini yang merupakan contoh keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus menyimak, adalah ....
A. Sekelompok siswa membuat naskah drama 1 babak, kemudian dipentaskan di depan kelas, sementara itu siswa lain menyimaknya.
B. Siswa diajak untuk menonton pementasan pembacaan puisi. Setelah itu mereka diminta untuk membuat parafrase dari salah satu puisi yang telah dibacakan tadi.
C. Siswa diminta untuk membuat tulisan argumentasi, kemudian mereka memasang tulisan mereka di majalah dinding.
D. Siswa bersama guru membahas mengenai sebuah artikel tentang banjir dan dampak yang sedang dihadapi. Setelah itu, guru menugasi siswa-siswa untuk menuliskan kesimpulan dari hal yang telah didiskusikan
Jawab:
B. Benar, contoh kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus menyimak
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 6.17 sampai dengan 6.21
36. Berikut ini yang merupakan contoh kegiatan keterpaduan keterampilan menyimak dengan fokus berbicara adalah ....
A. Siswa mendengarkan dialog yang disajikan dalam bentuk rekaman kaset, kemudian mereka membuat kesimpulan dari dialog tersebut secara tertulis.
B. Seorang siswa bercerita/mendongeng di depan kelas, siswa lain menyimak dengan baik, kemudian mendiskusikan isi dan pelaksanaan/cara siwa tersebut bercerita.
C. Setelah menguasai naskah drama siswa mendemonstrasikan drama tersebut di depan kelas.
D. Guru menjadi model dalam membacakan puisi sementara itu siswa-siswanya menyimak pembacaan puisi tersebut
Jawab:
B. Benar, karena kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menyimak dengan fokus berbicara
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 7, kegiatan belajar 1, halaman 7.5 sampai dengan 7.6
37. Cara yang baik untuk memilih tema karangan adalah ....
A. mencari aspek tema, yang sesuai dengan kemampuan dan dapat diolah agar mudah ataupun yang disukai
B. memperhatikan penggunaan judul baik judul rangkap maupun judul lengkap
C. menentukan sasaran pembaca yang nantinya akan membaca hasil karangan tersebut
D. menentukan tema sesuai dengan keahlian
Jawab:
D. Benar, karena menentukan tema sesuai dengan keahlian merupakan cara memilih tema
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 7, kegiatan belajar 2, halaman 7. 13 sampai dengan 7.17
38. Karangan yang memaparkan pengelolaan peternakan ikan patin, mulai membuat kolam pembibitan jenis pakan, sampai pada tahap pemasaran merupakan jenis karangan narasi ekspositoris. Adapun karangan narasi sugestif, biasanya menyajikan ....
A. Kisah legenda Gunung Bromo, yang di dalamnya terdapat unsur tema, alur, penokohan, latar tempat, sudut pandang dan amanat yang terdapat pada cerita tersebut.
B. Ulasan berita di surat kabar mengenai tindak kekerasan yang meningkat di Indonesia.
C. Informasi tentang keindahan alam provinsi Sulawesi Selatan
D. Kisah nyata peristiwa tenggelamnya kapal penumpang di Laut Jawa
Jawab:
A. Benar, hal tersebut merupakan jenis karangan narasi sugestif
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 7, kegiatan belajar 2, halaman 7.21 sampai dengan 7.23
39. Berikut ini yang merupakan contoh keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus berbicara adalah ....
A. menulis sebuah cerita anak-anak, kemudian menceritakan kembali dengan gaya mendongeng di depan kelas.
B. siswa menulis sebuah puisi, setelah itu guru membacakan sebuah puisi yang dianggap paling baik di depan kelas
C. siswa membaca sebuah puisi, kemudian memparafrasekannya menjadi sebuah cerpen
D. guru memberikan salinan salah satu hasil tulisan siswa, kepada siswa-siswa lainnya, kemudian mereka diminta menanggapi dari segi ejaan dan tanda bacanya
Jawab:
A. Benar, contoh kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus berbicara
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 7, kegiatan belajar 2, halaman 7.27 sampai dengan 7.29
40. Yang merupakan kegiatan keterpaduan keterampilan membaca dengan fokus berbicara adalah ....
A. Siswa diminta untuk membaca sebuah cerpen, kemudian beberapa siswa menanggapi isi cerpen dan unsur-unsurnya secara lisan.
B. Siswa berdiskusi dengan teman-temannya mengenai jenis-jenis karya sastra.
C. Seorang siswa membaca sebuah artikel tentang perindustrian, kemudian siswa lain mencatat istilah dari kata-kata yang tidak mereka pahami, mengenai perindustrian.
D. Guru membacakan sebuah cerita rakyat Jawa, yaitu Roro Jonggrang. Setelah itu para siswa mengambil kesimpulan berupa amanat dari cerita tersebut
Jawab:
A. Benar, kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan membaca dengan fokus berbicara
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 7, kegiatan belajar 3, halaman 7.36 sampai dengan 7.47
41. Berikut ini kegiatan yang merupakan keterpaduan keterampilan menyimak dengan fokus menulis, kecuali ....
A. menyimak sebuah lagu, kemudian menulis isi lagu dengan bahasa sendiri
B. mahasiswa menyimak materi sebuah matakuliah, kemudian dosen meminta mahasiswa membuat ringkasan dari hasil simakannya.
C. siswa menyimak sebuah lagu karya Iwan Fals, yang berjudul “Oemar Bakrie”, setelah itu mereka diminta untuk membuat artikel atau yang berhubungan dengan lagu yang telah didengar tadi.
D. siswa Sekolah Dasar, mendengarkan dongeng yang diceritakan di depan kelas oleh gurunya kemudian mereka diminta untuk membuat puisi berdasarkan dongeng yang telah mereka simak
Jawab:
A. Benar, kegiatan tersebut tidak menunjukkan adanya keterpaduan keterampilan menyimak dengan fokus menulis
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 8, kegiatan belajar 1, halaman 8.3 sampai dengan 8.15
42. Berikut ini yang merupakan kegiatan terpadu keterampilan berbicara dengan fokus menulis, adalah ....
A. melakukan wawancara untuk memperoleh data dalam rangka membuat laporan penelitian
B. menceritakan pengalaman pribadi yang berkesan dalam bentuk tulisan kemudian dibacakan di depan kelas
C. menyimak sebuah dialog interaktif di televisi kemudian menulis sebuah artikel mengenai topik dialog yang disimaknya
D. seorang siswa berpidato di depan kelas sementara siswa-siswa lainnya menyimak kemudian memberikan tanggapan dalam bentuk tulisan
Jawab:
A. Benar, kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan berbicara dengan fokus menulis
Pembahasan:
nda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 6.17 sampai dengan 6.21
43. Keterpaduan keterampilan membaca dengan fokus menulis dapat dilihat pada kegiatan berikut ini :
A. Siswa menulis sebuah naskah drama kemudian mereka ditugasi untuk mementaskan naskah drama yang telah dibuat secara
B. Para siswa diminta untuk membaca sebuah cerpen anak-anak, kemudian mereka melanjutkan membuat resensi dari cerpen tersebut.
C. Guru membacakan sebuah dongeng, setelah itu siswa mengungkapkan amanat yang terkandung dalam cerita secara lisan
D. Siswa membacakan sebuah artikel yang menarik di depan kelas, dan guru mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan hal tersebut
Jawab:
B. Benar, kegiatan tersebut menggambarkan adanya keterpaduan keterampilan membaca dengan fokus menulis
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 8 , kegiatan belajar 2, halaman 8.28 sampai dengan 8.34
44. Keterpaduan keterampilan menyimak dan berbicara dengan fokus membaca terdapat pada kegiatan ....
A. Setelah membaca sebuah novel anak-anak, siswa kemudian menyimak diskusi mengenai unsur intrinsik dan ekstrinsik, selanjutnya siswa lainnya mengajukan tanggapan maupun pertanyaan secara lisan berkaitan dengan kehidupan anak-anak pada zaman sekarang.
B. Guru membacakan sebuah puisi, siswa menyimaknya, kemudian mereka berdiskusi dengan guru, usai pembacaan puisi tersebut.
C. Seorang siswa membacakan puisi, siswa lain menyimaknya, kemudiam mereka membuat parafrase dari puisi yang telah dibacakan tadi.
D. Siswa menyimak pementasan drama, kemudian mereka membaca sebuah novel dengan tema yang sama dengan drama yang telah dipentaskan, kemudian mendiskusikannya dengan guru mereka
Jawab:
A. Benar, hal tersebut menggambarkan keterpaduan keterampilan menyimak, berbicara dengan fokus membaca
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul, kegiatan belajar 1, halaman 6.17 sampai dengan 6.21
45. Berikut ini yang merupakan kegiatan terpadu keterampilan menulisdengan fokus membaca, kecuali ....
A. setelah membaca sebuah artikel yang berjudul “Kenaikan Harga-Harga Bahan Pokok” siswa-siswa diminta untuk mengisi bagian-bagian teks dengan tema yang sama, dimana bagian-bagian teks itu telah dikosongkan.
B. setelah membaca sebuah cerita, siswa menceritakan kembali cerita tersebut secara lisan
C. setelah membaca sebuah cerpen bertema kebangkitan nasional, siswa kemudian membuat kesimpulan dari bacaan tersebut
D. setelah membaca legenda suatu daerah di Indonesia, siswa kemudian mencari kata-kata yang sulit dimengerti oleh mereka, untuk kemudian dicari maknanya di dalam kamus
Jawab:
D. Benar, karena kegiatan tersebut tidak menggambarkan keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus membaca
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 6 , kegiatan belajar 1, halaman 6.17 sampai dengan 6.21
46. Berikut ini yang termasuk manfaat bercerita adalah ....
1. mengajarkan kebenaran
2. memberikan keteladanan
3. menguasai cerita
Jawab:
Pernyataan 1 dan 2 benar, karena cerita yang baik mengandung ajaran kebenaran dan memberikan keteladanan.
47. Berikut ini yang termasuk jenis membaca ekstensif adalah ....
1. membaca sekilas
2. membaca dangkal
3. membaca sastra
Jawab:
Pernyataan 1 dan 2, benar, karena jenis membaca ekstensif adalah membaca sekilas dan membaca dangkal.
48. Kata bergaris miring pada kalimat berikut ini yang mengandung denotasi adalah ....
1. Upaya menjaga kebersihan makanan menjadi syarat utama dalam mengelola rumah makan
2. Kulit yang berkilau dan cerah menjadi dambaan setiap wanita Indonesia
3. Susu ini diproses secara higienis
Jawab:
Pernyataan 1 dan 3, benar, karena kata kebersihan dan higienis adalah kata yang bermakna denotasi
49. Kalimat berikut ini yang memiliki kata abstrak adalah ....
1. Restoran ini sangat cocok untuk pecinta kuliner
2. Kasih ibu sepanjang masa, kasih anak sepanjang galah
3. Saat diproduksi, tablet dibentuk terlalu padat sehingga perut perlu waktu lebih dari 45 menit untuk memecahkannya
Jawab:
Pernyataan 1 dan 2 benar, karena kata kuliner dan kasih merupakan kata abstrak
50. Berikut ini kalimat yang memiliki kata asing adalah kalimat ....
1. Akibat kebersihan air yang tidak terjaga, kita beresiko terpapar air yang terkontaminasi kuman.
2. Bank swasta tersebut memiliki jumlah costumer yang cukup besar di Indonesia.
3. Jangan dulu memberikan judgment bahwa seseorang tersebut tidak suka pada kita sebelum kita mengenalnya dengan baik
Jawab:
Pernyataan 2 dan 3 benar, karena kata costumer dan judgment adalah kata asing
Jika Anda mengalami kesulitan dalam mencari soal-soal yang pada blog ini, jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami melalui halaman Contact. Mempelajari soal-soal ini akan sangat membantu Anda dalam memahami materi dengan cepat dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian akhir semester nantinya.
Sekian ulasan kami terkait soal ujian ut pgsd pdgk4101 keterampilan berbahasa indoensia SD, semoga soal ini dapat membantu Anda dalam menghadapi ujian nantinya. Terus baca berbagai soal lainnya hanya di blog soal uas ut, dan jangan lupa untuk bergabung bersama kami di media sosial, terima kasih.
Kami tahu bahwa dalam pembelajaran baik itu online maupun tatap muka Mahasiwa UT tidak mempunyai banyak waktu dalam mempelajari materi pada modul, hal ini dikarenakan kesibukan pekerjaan maupun hal ainnya dan yang mana kita tahu bahwa di Universitas Terbuka tidak semua Mahasiswa yang bisa mengikuti tutorial secara formal. Sebagian besar mahasiswa mengikuti tutorial hanya delapan kali pertemuan selama satu semester, setelah itu akan menghadapi ujian akhir semester. Hal inilah yang mengakibatkan materi yang ada tidak bisa dikuasai sepenuhnya, perlu mempelajari materi secara mandiri.
Dengan adanya soal-soal ini Anda selaku Mahasiswa bisa memahami materi secara cepat dengan mempelajari soal-soal pilihan ganda yang telah ada kunci jawabannya. Dengan demikian tentu Anda akan lebih siap dalam mengikuti ujian akhir semester nantinya. Dan kemungkinan besar Soal Ujian UT yang keluar tidak jauh dari soal ini, bahkan sebagian bisa keluar pada saat ujian akhir semester nantinya.
Soal Ujian UT PGSD Semester 1 lainnya:
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4101 Keterampilan Berbahasa Indonesia SD
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4102 Konsep Dasar IPS
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4103 Konsep Dasar IPA di SD
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4104 Perspektif Pendidikan SD
Pada setiap soal yang kami posting bisa Anda pelajari secara langsung (online) atau bisa juga Anda simpan dalam bentuk file dokumen untuk nanti Anda print dan pelajari di rumah. Kami tidak memisahkan anrata soal dan jawaban, jadi Anda akan dimudahkan dalam mempelajari soal ini. Pada akhir postingan ini, kami telah menyiapkan link untuk download soal dalam bentuk dokumen PDF, jadi bagi Anda yang ingin menyimpan untuk nanti diprint silahkan download saja soal ini pada link yang telah kami sediakan.
Soal Ujian UT PGSD PDGK4101 Keterampilan Berbahasa Indonesia SD Beserta Kunci Jawaban
Soal ujian ini kami ambil dari rangkuman materi dan soal-soal pada modul dan pada setiap soal telah disediakan kunci jawaban serta pembahasannya yang bisa Anda buka pada modul dan pelajari langsung untuk memastikan kunci jawaban tersebut tepat dan benar. Serta kami juga telah menyiapkan soal ini dalam bentuk dokumen PDF, pada akhir artikel ini kami telah menyediakan link download. Jadi silahkan Anda download dan print agar bisa dibaca dan dipelajari secara offline. Untuk melihat kumpulan soal-soal ujian Universitas Terbuka PGSD semester lainnya silahkan Anda buka halaman Soal Ujian UT PGSD.Nah berikut ini soal lengkap dari mata kuliah PDGK4101 Keterampilan Berbahasa Indonesia SD lengkap dengan kunci jawaban serta pembahasan soalnya yang bisa Anda pelajari untuk persiapan dalam mengikuti ujian akhir semester nantinya.
Soal Ujian UT PGSD PDGK4101
1. Proses komunikasi adalah proses....A. pengiriman dan penerimaan suatu pesan di antara para penutur suatu bahasa
B. penyesuaian terhadap lingkungan baru
C. pewarisan budaya atau tradisi yang diajarkan turun temurun
D. pengadopsian tradisi budaya
Jawab:
A. Benar, pengiriman dan penerimaan suatu pesan di antara para penutur suatu bahasa adalah proses komunikasi
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 1, kegiatan belajar 1, halaman 1.3 sampai 1.5
2. Wartawan merupakan salah satu jenis profesi yang harus memiliki keterampilan berbahasa ....
A. membaca dan menyimak
B. membaca dan menulis
C. membaca dan berbicara
D. membaca, menulis, menyimak dan berbicara
Jawab:
D. benar, karena idealnya seorang wartawan memiliki 4 ketrampilan berbahasa untuk mendukung profesinya
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 1, kegiatan belajar 1, halaman 1.6 sampai 1.7
3. Jenis keterampilan berbahasa yang bersifat produktif adalah ....
A. menulis dan membaca
B. mendengarkan dan berbicara
C. berbicara dan menulis
D. mendengarkan dan membaca
Jawab:
C. Benar, karena berbicara dan menulis adalah jenis keterampilan berbahasa yang bersifat produktif
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 1, kegiatan belajar 2, halaman 1.10 sampai dengan 1.13
4. Contoh kegiatan berbahasa yang bersifat interaktif adalah ....
A. mendengarkan khotbah Jumat di masjid
B. menyimak pidato pembukaan sebuah pusat perbelanjaan
C. rapat anggota Dewan Perwakilan Rakyat
D. menonton suatu pementasan teater di Taman Ismail Marzuki
Jawab:
C. Benar, karena dalam rapat anggota Dewan Perwakilan Rakyat terjadi interaksi antaranggota
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 1, kegiatan belajar 2, halaman 1.10 sampai dengan 1.11
5. Yang merupakan contoh berbicara secara noninteraktif adalah ....
A. berpidato secara langsung pada acara peringatan Hari Kemerdekaan R.I.
B. bertelepon melalui telepon seluler
C. berusaha menawar alat elektronik di suatu pertokoan
D. berpidato melalui radio atau televisi
Jawab:
D. Benar, kegiatan berpidato melalui radio atau televisi merupakan contoh berbicara noninteraktif, karena pendengar tidak dapat melakukan interupsi atau tanya jawab
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 1, kegiatan belajar 2, halaman 1.10 sampai dengan 1.12
6. Berikut ini yang merupakan keterampilan mikro yang harus dimiliki ketika menulis, yaitu ....
A. menggunakan bentuk kata dengan benar
B. mengenal sistem tulisan yang digunakan
C. menentukan makna kata-kata, termasuk kosakata sulit
D. menebak makna dari konteks
Jawab:
A. Benar, menggunakan bentuk kata dengan benar, merupakan keterampilan mikro yang harus dimiliki dalam menulis
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 1, kegiatan belajar 2, halaman 1.12 sampai dengan 1.13
7. Yang merupakan persamaan antara keterampilan mendengarkan dengan membaca adalah ....
A. kedua kegiatan tersebut bersifat reseptif
B. kedua kegiatan tersebut bersifat produktif
C. kedua kegiatan tersebut merupakan hasil akal budi manusia dalam berbahasa
D. kedua kegiatan tersebut merupakan kajian dalam ilmu bahasa
Jawab:
A. Benar, baik keterampilan mendengarkan maupun keterampilan membaca merupakan keterampilan yang bersifat reseptif
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 1, kegiatan belajar 3, halaman 1.21 sampai dengan 1.23
8. Sekalipun berbicara dan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang bersifat produktif namun dalam proses komunikasi keduanya berbeda, yaitu ....
A. berbicara bersifat langsung, menulis bersifat tidak langsung
B. berbicara bersifat tidak langsung, menulis bersifat langsung
C. berbicara memerlukan tempat, menulis tidak memerlukan tempat
D. berbicara tidak memerlukan tempat, menulis memerlukan tempat
Jawab:
A. Benar, komunikasi yang dilakukan dengan berbicara bersifat langsung, tatap muka/interaktif, sedangkan menulis tidak
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 1, kegiatan belajar 3, halaman 1.21 sampai dengan 1.23
9. Tataran identifikasi dan seleksi tanpa retensi adalah tataran menyimak di mana penyimak diharapkan mampu ....
A. mengenal bunyi-bunyi dan memahaminya dalam taraf terpimpin
B. mengenal berbagai jenis bunyi suatu bahasa, kata-kata, frase-frase dan kalimat dalam hubungan timbal balik antarunsur
C. mengenal bunyi-bunyi dan kemampuan memahami sesuatu unit ujaran, tetapi belum dituntut adanya kemampuan merencanakan, menyimpan, dan memproduksi
D. menyimak kontinum wacana yang panjang, baik ragam bacaan, cerita-cerita menarik, berita surat kabar, dan sebagainya
Jawab:
C. Benar, karena hal tersebut memang ada pada tataran identifkasi dan seleksi tanpa retensi
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 2, kegiatan belajar 1, halaman 2.3 sampai dengan 2.4
10. Dalam menangkap gagasan inti simakan, kita dapat melakukan beberapa kegiatan diantaranya adalah ....
A. memperhatikan tanda-tanda baca, ejaan, dan berkonsentrasi penuh dalam menangkap gagasan
B. memusatkan perhatian dan memuat catatan, dan menjawab latihan-latihan yang ada.
C. menuangkan setiap gagasan dan pikiran secara tepat dan efektif
D. mengekspresikan pikiran dan perasaan dalam bentuk tuturan
Jawab:
B. Benar, untuk dapat menangkap isi simakan penyimak harus memusatkan perhatian dan memuat catatan, serta menjawab latihan-latihan merupakan strategi untuk menangkap gagasan
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 2, kegiatan belajar 2, halaman 2.18 sampai dengan 2.19
11. Menyimak kritis adalah jenis menyimak yang ....
A. dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk memberikan penilaian secara objektif.
B. dilakukan untuk mengembangkan daya imajinasi dan kreativitas
C. dilakukan dengan penuh perhatian untuk mendapatkan informasi baru
D. dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh informasi yang akurat
Jawab:
A. Benar, menyimak kritis harus dilakukan dengan sungguh-sungguh agar dapat memberikan penilaian secara objektif
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 2, kegiatan belajar 2, halaman 2.19 sampai dengan 2.20
12. Hal-hal yang harus diperhatikan ketika bercerita adalah ....
A. penguasaan dan penghayatan cerita, pemilihan dan penyusunan kalimat, pengekspresian yang alami.
B. memberikan hiburan, mengajarkan kebenaran, memberikan keteladanan
C. memahami pendengar, menguasai materi cerita, menguasai olah suara
D. menentukan ide, mengembangkan ide, menuangkan ide
Jawab:
A. Benar, karena hal-hal tersebut harus diperhatikan ketika bercerita
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.7 sampai dengan 3.8
13. Sebelum melakukan debat, peserta debat sebaiknya melakukan persiapan untuk ....
A. persiapan untuk menyusun materi dan argumentasi dengan referensi yang memadai
B. persiapan untuk menciptakan suasana yang dramatik
C. persiapan untuk memilih topik yang menarik
D. persiapan untuk melakukan tanya jawab
Jawab:
A. Benar, karena sebaiknya menyusun materi dan argumentasi dengan referensi yang memadai, sebelum menyampaikan argumentasi, agar pihak lawan menjadi yakin dan berpihak serta setuju dengan pendapat peserta debat
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.6 sampai dengan 3.7
14. Kegiatan berbahasa dalam bentuk tukar pikiran secara teratur dan terarah dalam kelompok besar atau kecil adalah ....
A. pidato
B. diskusi
C. musyawarah
D. kampanye sebuah partai politik
Jawab:
B. Benar, karena diskusi adalah bentuk tukar pikiran secara teratur dan terarah dalam kelompok besar atau kecil, dengan tujuan mengambil keputusan
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.14 sampai dengan 3.15
15. Agar pidato menjadi efektif dan komunikatif, sebaiknya dalam memilih kata-kata, haruslah ....
A. memberikan pujian kepada khalayak atas prestasi mereka
B. menggunakan kata-kata yang sederhana, agar mudah dipahami dengan cepat
C. banyak menggunakan istilah asing agar lebih berbobot
D. menggunakan kata-kata bermakna konotatif
Jawab:
B. Benar, karena agar pidato menjadi efektif dan komunikatif gunakanlah kata-kata yang sederhana, yang mudah dipahami dengan cepat
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.17 sampai dengan 3.19
16. Cara yang baik dalam menyampaikan sanggahan ketika berdiskusi adalah ....
A. secara santun dan tidak berbelit-belit
B. dengan suara keras dan tegas
C. disertai kata pembuka dan penutup
D. mengemukakan berbagai argumen yang dapat mematahkan argumen pembicara
Jawab:
A. Benar, dalam menyampaikan sanggahan, peserta diskusi hendaknya menyampaikan dengan cara yang santun dan tidak berbelit-belit
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.14 sampai dengan 3.15
17. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memberikan tanggapan ketika berdiskusi adalah ....
A. mengangkat kehidupan pribadi pembicara dan karya-karyanya
B. berhemat dalam menggunakan kata-kata serta melembutkan nada/suara
C. dilakukan dengan berprasangka dan emosi yang tinggi
D. tanggapan harus berhubungan dengan pembahasan bersifat objektif dan memuaskan berbagai pihak
Jawab:
D. Benar, karena ketika berdiskusi, tanggapan atau jawaban harus berhubungan dengan pembahasan bersifat objektif, dan memuaskan berbagai pihak
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.14 sampai dengan 3.15
18. Bagaimana cara menutup pidato yang baik ....
A. menghubungkan dengan peristiwa yang sedang diperingati
B. melukiskan latar belakang masalah
C. dilakukan dengan cara bertukar informasi dan tanya jawab
D. menyatakan kembali gagasan utama dengan kalimat dan kata yang berbeda
Jawab:
D. Benar, karena pernyataan tersebut adalah cara menutup pidato
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.18 sampai dengan 3.19
19. Membaca scanning adalah jenis keterampilan membaca yang dilakukan dengan cara ....
A. menangkap kata kunci yang menandai informasi khusus dengan sangat cepat
B. membaca teks dengan cepat guna memperoleh gambaran umum tentang teks tersebut
C. memahami wacana atau bacaan dengan tepat
D. mengulang-ulang bagian bacaan atau kalimat yang sulit dipahami
Jawab:
A. Benar, karena membaca scanning dilakukan dengan cara menangkap kata kunci untuk menemukan informasi khusus dengan sangat cepat
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 4, kegiatan belajar 1, halaman 4.1 sampai dengan 4.12
20. Berikut ini yang merupakan contoh kegiatan yang memerlukan keterampilan membaca bersuara adalah ....
A. para siswa berpidato
B. bermain drama
C. mendengarkan musik
D. menulis laporan
Jawab:
A. Benar, membaca naskah pidato/ berpidato memerlukan keterampilan membaca bersuara yag memadai
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 4, kegiatan belajar 1, halaman 4.12 sampai dengan 4.14
21. Kalimat berikut ini yang memiliki kata bersinonim yakni ....
A. Kau selalu ada di hati setiap orang yang memujamu
B. Semua orang, baik laki-laki, perempuan, anak-anak, orang tua, berbondong-bondong pergi ke pasar malam tersebut
C. Bunga Mawar adalah bunga pujaan sebagian besar perempuan
D. Pencemaran udara memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap rendahnya kesehatan masyarakat
Jawab:
A. Benar, kalimat tersebut merupakan kalimat yang memiliki kata yang bersinonim, yaitu kalbu
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.6 sampai dengan 5.13
22. Berikut ini yang merupakan contoh kata umum dalam sebuah kalimat adalah ....
A. Alat komunikasi pada saat ini sudah sangat canggih.
B. Surat kabar tersebut sangat memperhatikan penggunaan bahasa dalam berita-beritanya.
C. Perahu sangat dibutuhkan di Pulau Kalimantan
D. Tidak ada korelasi antara jenis kelamin dan usia produktif terhadap minat baca
Jawab:
A. Benar, karena kata alat komunikasi merupakan kata umum
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.8 sampai dengan 5.9
23. Kata bergaris miring pada kalimat berikut ini yang bukan merupakan kata kajian yaitu ....
A. Kulit orang Indonesia berwarna putih kekuningan atau kuning kecoklatan, menandakan kulit yang banyak mengandung pigmentasi.
B. Menurutnya, fenomena itu terjadi karena budaya Indonesia yang masih menilai perempuan karena kecantikannya.
C. Semua diproses secara alami untuk menjaga kesegaran dan rasa susu yang lezat.
D. Kita terbiasa disuapi propaganda tentang apa yang baik dan buruk secara seragam
Jawab:
C. Benar, karena kata alami, merupakan kata populer
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.11 sampai dengan 5.13
24. Syarat pemakaian kalimat efektif untuk penulisan sebuah karangan adalah ....
A. Sekurang-kurangnya terdapat unsur subjek dan predikat, kehematan, kesejajaran, kevariasian dan penekanan
B. Sebaiknya terdapat pemenggalan kata, penulisan kata depan, pemakaian tanda baca
C. Sebaiknya terdapat gagasan utama, kalimat utama, kalimat penjelas, contoh-contoh dan fakta-fakta
D. Sebaiknya memperhatikan penggunaan kata yang bermakna sinonim dan antonim, denotasi dan konotasi, kata umum dan kata khusus, kata populer dan kata kajian
Jawab:
A. Benar, karena hal tersebut merupakan syarat pemakaian kalimat efektif
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.14 sampai dengan 5.22
25. Berikut ini penggunaan yang benar untuk tanda baca titik dua, dalam penulisan berikut adalah ....
A. Kita harus menghindari hadirnya stres dalam hidup kita, hal tersebut ditandai dengan gejala-gejala seperti: timbulnya depresi dan kecemasan berlebihan.
B. Yulianto, B. 1996. Teori Belajar Bahasa. Surabaya : Penerbit IKIP Surabaya.
C. Sukarton, Lastri Fardani. 1998 : Gunung Biru di Atas Dusunku. Jakarta, PN Balai Pustaka.
D. Hasil tes yang dilakukan seperti itu banyak mengandung kelemahan, diantaranya : frekuensi tes yang hanya dua kali
Jawab:
B. Benar, karena tanda titik dua juga dipakai antara tempat terbit dengan penerbit dalam penulisan daftar pustaka
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.21 sampai dengan 5.22
26. Penalaran deduktif adalah ....
A. Pengembangan paragraf dengan cara menyajikan serangkaian kalimat penjelas terlebih dahulu dan diakhiri dengan kalimat utama.
B. pengembangan paragraf kalimat utama yang berisi gagasan utama diikuti oleh kalimat-kalimat penjelas.
C. pengembangan paragraf dimana pokok pikiran utama yang dikemukakan kembali pada akhir paragraf.
D. paragraf yang dikembangkan berdasarkan hasil pengamatan terhadap suatu objek
Jawab:
B. Benar, karena pernyataan tersebut merupakan penjelasan dari paragraf deduktif
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.22 sampai dengan 5.25
27. Jika Anda termasuk dalam kelompok yang gampang naik darah, ada cara mudah dan murah menurunkan tensi darah. Anda cukup mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur atau dua buah apel dan dua tomat sehari. Menurut para peneliti dari Jerman, semakin banyak perempuan mengonsumsi produk segar, semakin rendah tekanan darah mereka. Hal tersebut disebabkan efek kombinasi vitamin C, pottasium, kalsium, dan nutrisi lain dalam sayur dan buah segar tersebut. (Chic no.03-III. 28 Maret- 12 April 2007) Contoh paragraf tersebut menggunakan jenis penalaran ....
A. deduktif
B. induktif
C. deduktif – induktif
D. naratif No
Jawab:
C. Benar, karena pokok pikiran utama paragraf tersebut ada di awal dan di akhir paragraf
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.24 sampai dengan 5.25
28. Paragraf narasi adalah ....
A. Paragraf yang di dalamnya terdapat rangkaian peristiwa dan disajikan menurut urutan waktu
B. Paragraf yang biasanya dikembangkan berdasarkan hasil pengamatan terhadap suatu objek
C. Paragraf yang di dalamnya terdapat data dan fakta yang digunakan untuk meyakinkan pembacanya
D. Paragraf yang isinya bertujuan untuk mempengaruhi pembacanya
Jawab:
A. Benar, paragraf narasi adalah paragraf yang terdapat dalam rangkaian peristiwa dan disajikan menurut urutan waktu
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.24 sampai dengan 5.25
29. Perhatikan paragraf berikut ini! Jika saat ini banyak produk menawarkan pemutih kulit, orang jangan lantas percaya begitu saja. Beberapa waktu yang lalu pernah ditemukan krim pemutih kulit yang mengandung logam berat seperti merkuri yang maksudnya untuk membuat kulit mulus dan putih. Namun tanpa disadari merkuri ini justru berbahaya karena bisa merusak organ tubuh, salah satunya ginjal. Paragraf tersebut termasuk jenis paragraf ....
A. deskripsi
B. argumentasi
C. persuasi
D. narasi
Jawab:
B. Benar, paragraf tersebut merupakan jenis paragraf argumnetasi karena paragraf tersebut menyajikan fakta dan data untuk memperkuat alasan yang terdapat dalam paragraf tersebut
Pembahasan:
nda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 5.24 sampai dengan 5.25
30. Berikut ini bukan kriteria yang dapat dipakai dalam pemilihan topik karangan adalah ....
A. menarik perhatian penulis
B. aktual
C. bahan-bahan yang diperlukan mudah diperoleh
D. topik yang dipilih berasal dari pengalaman sehari-hari
Jawab:
D. Benar, karena pernyataan tersebut bertentangan dengan kriteria penulis
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 2, halaman 5.29 sampai dengan 5.30
31. Pernyataan yang menggambarkan adanya hubungan antara keterampilan berbicara dengan keterampilan menyimak adalah ....
A. proses berbicara secara alami selalu berpadu dengan proses menyimak, tidak ada orang yang mau berbicara tanpa ada yang mau menyimak
B. kemampuan yang mencakup kedewasaan mental, penguasaan kosakata, kemampuan mengikuti urutan ide-ide, dan minat terhadap bahasa
C. keterampilan berbicara akan diperoleh secara maksimal apabila pembicara selalu berperan menjadi pendengar
D. keterampilan berbicara akan diperoleh secara optimal apabila kita sering melihat orang menulis
Jawab:
A. Benar, proses berbicara selalu berpadu dengan proses menyimak
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 6.3 sampai dengan 6.7
32. Berikut ini yang termasuk contoh keterpaduan keterampilan berbicara dengan fokus menyimak adalah ....
A. siswa mendengarkan penyajian seorang moderator tentang hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan diskusi, setelah beberapa temannya ketika berdiskusi, setelah itu mereka mengajukan pertanyaan tentang topik diskusi
B. siswa membaca naskah pertunjukan drama, setelah itu guru mengadakan diskusi dengan siswa untuk berlatih drama
C. siswa membuat tulisan tentang kenaikan harga kebutuhan pokok, kemudian membacakannya di depan kelas
D. siswa berpidato di depan kelas kemudian guru dan teman-temannya mendiskusikan kelebihan dan kekurangan pelaksanaan pidato tersebut
Jawab:
A. Benar, karena kegiatan pertama, fokus yang dilakukan siswa sekolah adalah menyimak dilanjutkan dengan berdiskusi (berbicara)
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 6, kegiatan belajar 1, halaman 6.5 sampai dengan 6.7
33. Pernyataan yang menjelaskan hubungan antara membaca dengan menyimak adalah ....
A. Menyimak dan membaca memerlukan kesiapan yang sama, yakni menguasai simbol-simbol bahasa, memiliki pengetahuan, yang berkaitan dengan materi simakan, diksi dan gaya bahasa
B. Menyimak menjadikan seseorang lebih suka membaca
C. Membaca menjadikan seseorang lebih terpengaruh untuk sering menyimak
D. Menyimak dan membaca dapat berlangsung dalam situasi formal saja
Jawab:
A. Benar, karena menyimak dan membaca membutuhkan penguasaan simbol-simbol bahasa, pengetahuan, yang berkaitan dengan materi simakan, diksi dan gaya bahasa
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 6 , kegiatan belajar 2, halaman 6.10 sampai dengan 6.11
34. Berikut ini yang merupakan contoh kegiatan keterpaduan keterampilan membaca dengan fokus menyimak adalah ....
A. Setelah menyimak penjelasan tentang penyakit yang berjangkit akhir-akhir ini, siswa ditugasi membaca wacana kesehatan yang berjudul “flu burung”. Kemudian siswa diminta menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan hal tersebut.
B. Siswa menyimak rekaman video mengenai kenaikan harga bahan-bahan pokok. Kemudian guru meminta siswa menyimpulkan apa yang mereka lihat secara lisan.
C. Guru meminta siswa mengamati alam sekitar, kemudian membuat cerita secara lisan berdasarkan apa yang mereka simak tadi.
D. Siswa diberi tugas untuk membuat tulisan tentang bencana alam, kemudian salah satu dari mereka diminta membacakan hasil tulisannya di depan kelas, sementara itu teman-teman lainnya menyimak
Jawab:
A. Benar, kegiatan tersebut berfokus pada keterampilan menyimak yang dilanjutkan/dipadukan dengan keterampilan membaca
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 6 , kegiatan belajar 2, halaman 6. 12 sampai dengan 6.13
35. Kegiatan berikut ini yang merupakan contoh keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus menyimak, adalah ....
A. Sekelompok siswa membuat naskah drama 1 babak, kemudian dipentaskan di depan kelas, sementara itu siswa lain menyimaknya.
B. Siswa diajak untuk menonton pementasan pembacaan puisi. Setelah itu mereka diminta untuk membuat parafrase dari salah satu puisi yang telah dibacakan tadi.
C. Siswa diminta untuk membuat tulisan argumentasi, kemudian mereka memasang tulisan mereka di majalah dinding.
D. Siswa bersama guru membahas mengenai sebuah artikel tentang banjir dan dampak yang sedang dihadapi. Setelah itu, guru menugasi siswa-siswa untuk menuliskan kesimpulan dari hal yang telah didiskusikan
Jawab:
B. Benar, contoh kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus menyimak
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 6.17 sampai dengan 6.21
36. Berikut ini yang merupakan contoh kegiatan keterpaduan keterampilan menyimak dengan fokus berbicara adalah ....
A. Siswa mendengarkan dialog yang disajikan dalam bentuk rekaman kaset, kemudian mereka membuat kesimpulan dari dialog tersebut secara tertulis.
B. Seorang siswa bercerita/mendongeng di depan kelas, siswa lain menyimak dengan baik, kemudian mendiskusikan isi dan pelaksanaan/cara siwa tersebut bercerita.
C. Setelah menguasai naskah drama siswa mendemonstrasikan drama tersebut di depan kelas.
D. Guru menjadi model dalam membacakan puisi sementara itu siswa-siswanya menyimak pembacaan puisi tersebut
Jawab:
B. Benar, karena kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menyimak dengan fokus berbicara
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 7, kegiatan belajar 1, halaman 7.5 sampai dengan 7.6
37. Cara yang baik untuk memilih tema karangan adalah ....
A. mencari aspek tema, yang sesuai dengan kemampuan dan dapat diolah agar mudah ataupun yang disukai
B. memperhatikan penggunaan judul baik judul rangkap maupun judul lengkap
C. menentukan sasaran pembaca yang nantinya akan membaca hasil karangan tersebut
D. menentukan tema sesuai dengan keahlian
Jawab:
D. Benar, karena menentukan tema sesuai dengan keahlian merupakan cara memilih tema
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 7, kegiatan belajar 2, halaman 7. 13 sampai dengan 7.17
38. Karangan yang memaparkan pengelolaan peternakan ikan patin, mulai membuat kolam pembibitan jenis pakan, sampai pada tahap pemasaran merupakan jenis karangan narasi ekspositoris. Adapun karangan narasi sugestif, biasanya menyajikan ....
A. Kisah legenda Gunung Bromo, yang di dalamnya terdapat unsur tema, alur, penokohan, latar tempat, sudut pandang dan amanat yang terdapat pada cerita tersebut.
B. Ulasan berita di surat kabar mengenai tindak kekerasan yang meningkat di Indonesia.
C. Informasi tentang keindahan alam provinsi Sulawesi Selatan
D. Kisah nyata peristiwa tenggelamnya kapal penumpang di Laut Jawa
Jawab:
A. Benar, hal tersebut merupakan jenis karangan narasi sugestif
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 7, kegiatan belajar 2, halaman 7.21 sampai dengan 7.23
39. Berikut ini yang merupakan contoh keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus berbicara adalah ....
A. menulis sebuah cerita anak-anak, kemudian menceritakan kembali dengan gaya mendongeng di depan kelas.
B. siswa menulis sebuah puisi, setelah itu guru membacakan sebuah puisi yang dianggap paling baik di depan kelas
C. siswa membaca sebuah puisi, kemudian memparafrasekannya menjadi sebuah cerpen
D. guru memberikan salinan salah satu hasil tulisan siswa, kepada siswa-siswa lainnya, kemudian mereka diminta menanggapi dari segi ejaan dan tanda bacanya
Jawab:
A. Benar, contoh kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus berbicara
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 7, kegiatan belajar 2, halaman 7.27 sampai dengan 7.29
40. Yang merupakan kegiatan keterpaduan keterampilan membaca dengan fokus berbicara adalah ....
A. Siswa diminta untuk membaca sebuah cerpen, kemudian beberapa siswa menanggapi isi cerpen dan unsur-unsurnya secara lisan.
B. Siswa berdiskusi dengan teman-temannya mengenai jenis-jenis karya sastra.
C. Seorang siswa membaca sebuah artikel tentang perindustrian, kemudian siswa lain mencatat istilah dari kata-kata yang tidak mereka pahami, mengenai perindustrian.
D. Guru membacakan sebuah cerita rakyat Jawa, yaitu Roro Jonggrang. Setelah itu para siswa mengambil kesimpulan berupa amanat dari cerita tersebut
Jawab:
A. Benar, kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan membaca dengan fokus berbicara
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 7, kegiatan belajar 3, halaman 7.36 sampai dengan 7.47
41. Berikut ini kegiatan yang merupakan keterpaduan keterampilan menyimak dengan fokus menulis, kecuali ....
A. menyimak sebuah lagu, kemudian menulis isi lagu dengan bahasa sendiri
B. mahasiswa menyimak materi sebuah matakuliah, kemudian dosen meminta mahasiswa membuat ringkasan dari hasil simakannya.
C. siswa menyimak sebuah lagu karya Iwan Fals, yang berjudul “Oemar Bakrie”, setelah itu mereka diminta untuk membuat artikel atau yang berhubungan dengan lagu yang telah didengar tadi.
D. siswa Sekolah Dasar, mendengarkan dongeng yang diceritakan di depan kelas oleh gurunya kemudian mereka diminta untuk membuat puisi berdasarkan dongeng yang telah mereka simak
Jawab:
A. Benar, kegiatan tersebut tidak menunjukkan adanya keterpaduan keterampilan menyimak dengan fokus menulis
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 8, kegiatan belajar 1, halaman 8.3 sampai dengan 8.15
42. Berikut ini yang merupakan kegiatan terpadu keterampilan berbicara dengan fokus menulis, adalah ....
A. melakukan wawancara untuk memperoleh data dalam rangka membuat laporan penelitian
B. menceritakan pengalaman pribadi yang berkesan dalam bentuk tulisan kemudian dibacakan di depan kelas
C. menyimak sebuah dialog interaktif di televisi kemudian menulis sebuah artikel mengenai topik dialog yang disimaknya
D. seorang siswa berpidato di depan kelas sementara siswa-siswa lainnya menyimak kemudian memberikan tanggapan dalam bentuk tulisan
Jawab:
A. Benar, kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan berbicara dengan fokus menulis
Pembahasan:
nda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 5, kegiatan belajar 1, halaman 6.17 sampai dengan 6.21
43. Keterpaduan keterampilan membaca dengan fokus menulis dapat dilihat pada kegiatan berikut ini :
A. Siswa menulis sebuah naskah drama kemudian mereka ditugasi untuk mementaskan naskah drama yang telah dibuat secara
B. Para siswa diminta untuk membaca sebuah cerpen anak-anak, kemudian mereka melanjutkan membuat resensi dari cerpen tersebut.
C. Guru membacakan sebuah dongeng, setelah itu siswa mengungkapkan amanat yang terkandung dalam cerita secara lisan
D. Siswa membacakan sebuah artikel yang menarik di depan kelas, dan guru mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan hal tersebut
Jawab:
B. Benar, kegiatan tersebut menggambarkan adanya keterpaduan keterampilan membaca dengan fokus menulis
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 8 , kegiatan belajar 2, halaman 8.28 sampai dengan 8.34
44. Keterpaduan keterampilan menyimak dan berbicara dengan fokus membaca terdapat pada kegiatan ....
A. Setelah membaca sebuah novel anak-anak, siswa kemudian menyimak diskusi mengenai unsur intrinsik dan ekstrinsik, selanjutnya siswa lainnya mengajukan tanggapan maupun pertanyaan secara lisan berkaitan dengan kehidupan anak-anak pada zaman sekarang.
B. Guru membacakan sebuah puisi, siswa menyimaknya, kemudian mereka berdiskusi dengan guru, usai pembacaan puisi tersebut.
C. Seorang siswa membacakan puisi, siswa lain menyimaknya, kemudiam mereka membuat parafrase dari puisi yang telah dibacakan tadi.
D. Siswa menyimak pementasan drama, kemudian mereka membaca sebuah novel dengan tema yang sama dengan drama yang telah dipentaskan, kemudian mendiskusikannya dengan guru mereka
Jawab:
A. Benar, hal tersebut menggambarkan keterpaduan keterampilan menyimak, berbicara dengan fokus membaca
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul, kegiatan belajar 1, halaman 6.17 sampai dengan 6.21
45. Berikut ini yang merupakan kegiatan terpadu keterampilan menulisdengan fokus membaca, kecuali ....
A. setelah membaca sebuah artikel yang berjudul “Kenaikan Harga-Harga Bahan Pokok” siswa-siswa diminta untuk mengisi bagian-bagian teks dengan tema yang sama, dimana bagian-bagian teks itu telah dikosongkan.
B. setelah membaca sebuah cerita, siswa menceritakan kembali cerita tersebut secara lisan
C. setelah membaca sebuah cerpen bertema kebangkitan nasional, siswa kemudian membuat kesimpulan dari bacaan tersebut
D. setelah membaca legenda suatu daerah di Indonesia, siswa kemudian mencari kata-kata yang sulit dimengerti oleh mereka, untuk kemudian dicari maknanya di dalam kamus
Jawab:
D. Benar, karena kegiatan tersebut tidak menggambarkan keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus membaca
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 6 , kegiatan belajar 1, halaman 6.17 sampai dengan 6.21
46. Berikut ini yang termasuk manfaat bercerita adalah ....
1. mengajarkan kebenaran
2. memberikan keteladanan
3. menguasai cerita
Jawab:
Pernyataan 1 dan 2 benar, karena cerita yang baik mengandung ajaran kebenaran dan memberikan keteladanan.
47. Berikut ini yang termasuk jenis membaca ekstensif adalah ....
1. membaca sekilas
2. membaca dangkal
3. membaca sastra
Jawab:
Pernyataan 1 dan 2, benar, karena jenis membaca ekstensif adalah membaca sekilas dan membaca dangkal.
48. Kata bergaris miring pada kalimat berikut ini yang mengandung denotasi adalah ....
1. Upaya menjaga kebersihan makanan menjadi syarat utama dalam mengelola rumah makan
2. Kulit yang berkilau dan cerah menjadi dambaan setiap wanita Indonesia
3. Susu ini diproses secara higienis
Jawab:
Pernyataan 1 dan 3, benar, karena kata kebersihan dan higienis adalah kata yang bermakna denotasi
49. Kalimat berikut ini yang memiliki kata abstrak adalah ....
1. Restoran ini sangat cocok untuk pecinta kuliner
2. Kasih ibu sepanjang masa, kasih anak sepanjang galah
3. Saat diproduksi, tablet dibentuk terlalu padat sehingga perut perlu waktu lebih dari 45 menit untuk memecahkannya
Jawab:
Pernyataan 1 dan 2 benar, karena kata kuliner dan kasih merupakan kata abstrak
50. Berikut ini kalimat yang memiliki kata asing adalah kalimat ....
1. Akibat kebersihan air yang tidak terjaga, kita beresiko terpapar air yang terkontaminasi kuman.
2. Bank swasta tersebut memiliki jumlah costumer yang cukup besar di Indonesia.
3. Jangan dulu memberikan judgment bahwa seseorang tersebut tidak suka pada kita sebelum kita mengenalnya dengan baik
Jawab:
Pernyataan 2 dan 3 benar, karena kata costumer dan judgment adalah kata asing
Download Soal Ujian UT PGSD PDGK4101
Seperti yang telah kami jelaskan diatas, bahwa Anda bisa mendownload soal diatas dalam bentuk file dokumen PDF yang telah kami sediakan untuk Anda. Hal ini kami lakukan untuk mempermudah Anda menyimpan dokumen, karena terkadang ada dari Mahasiswa yang kesulitan untuk mengcopy-paste artikel, jadi untuk itu kami menyiapkan link download dalam bentuk file dokumen PDF. Nah untuk mendownload soal uas PDGK4101 Keterampilan Berbahasa Indoensia SD, silahkan Anda klik link dibahwa ini.Jika Anda mengalami kesulitan dalam mencari soal-soal yang pada blog ini, jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami melalui halaman Contact. Mempelajari soal-soal ini akan sangat membantu Anda dalam memahami materi dengan cepat dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian akhir semester nantinya.
Sekian ulasan kami terkait soal ujian ut pgsd pdgk4101 keterampilan berbahasa indoensia SD, semoga soal ini dapat membantu Anda dalam menghadapi ujian nantinya. Terus baca berbagai soal lainnya hanya di blog soal uas ut, dan jangan lupa untuk bergabung bersama kami di media sosial, terima kasih.