10/17/2016

Soal Ujian UT PGSD PDGK4305 Keterampilan Menulis Beserta Kunci Jawaban

loading...
loading...
Soal ujian UT PGSD PDGK4305 Keterampilan Menulis beserta kunci jawaban dan pembahasan soal kami bagikan untuk Anda selaku Mahasiswa UT (Universitas Terbuka) jurusan S1 PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) yang sekarang ini sedang menempuh pendidikan pada semester 6. Pada artikel sebelumnya kami telah memposting Soal Ujian UT PGSD Semester 6 yaitu Soal Ujian UT PGSD PDGK4304 Bahasa Inggris untuk Guru SD beserta kunci jawaban dan pembahasan soalnya. Seperti yang telah kami sampaikan pada setiap artikel kami, bahwa semua soal terkait yang kami bagikan pada blog soal uas ut merupakan hasil dari rangkuman materi pada modul dan contoh-contoh soal, jadi sangat memungkinkan jika soal ini akan keluar pada waktu ujian nantinya.

Soal Ujian UT PGSD yang kami bagikan ini bisa Anda pelajari secara online karena dalam hal ini kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawaban. Dan tak hanya itu kami juga menyediakan pembahasan setiap soal yang mana bisa Anda pelajari langsung pada modul nantinya. Anda juga bisa menyimpan soal ini langsung tanpa harus melakukan copy paste soal. Kami telah menyiapkan link untuk mendownload soal pada akhir artikel. Untuk melihat kumpulan lengkap soal-soal ujian lainnya untuk jurusan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) silahkan Anda menuju artikel yang telah kami posting sebelumnya Kumpulan Soal Ujian UT PGSD.

Soal Ujian UT PGSD Semester 6 lainnya:
  1. Soal Ujian UT PGSD PDGK4304 Bahasa Inggris untuk Guru SD
  2. Soal Ujian UT PGSD PDGK4305 Keterampilan Menulis
  3. Soal Ujian UT PGSD MKDK4001 Pengantar Pendidikan
  4. Soal Ujian UT PGSD IDIK4007 Metode Penelitian
  5. Soal Ujian UT PGSD IDIK4008 Penelitian Tindakan Kelas

Dengan adanya soal uas ut seperti ini tentunya Anda akan lebih siap dalam menyiapkan diri untuk mengikuti ujian akhir semester nantinya. Mempelajari soal-soal pilihan ganda yang sudah lengkap dengan kunci jawaban tentu akan lebih efektif ketimbang Anda mempelajari dan menghafal materi pada modul yang akan menyita banyak waktu Anda.

Soal Ujian UT PGSD PDGK4305 Keterampilan Menulis

Soal Ujian UT PGSD PDGK4305 Keterampilan Menulis Beserta Kunci Jawaban

Tentunya sangat merepotkan jika Anda harus mempelajari semua materi pada modul, belum lagi jika mata kuliahnya banyak dan ditambah Anda harus mengulang mata kuliah sebelumnya. Tentu hal ini akan banyak sekali menguras waktu Anda, dan kami jamin Anda tidak akan efektif dalam mempelajari semua materi yang ada pada modul Anda. Soal Ujian UT yang kami bagikan ini diharapkan dapat membantu Anda dalam menyiapkan dan memantapkan diri Anda untuk mengerjakan soal-soal nantinya. Mempelajari soal dan mengingat jawaban yang ada akan lebih memudahkan Anda, karena soal yang akan keluar nantinya tidak akan jauh dari soal yang kami bagikan ini. Nah berikut ini kami bagikan untuk Anda Soal Ujian UT PGSD PDGK4305 Keterampilan Menulis lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan soalnya.

Soal Ujian UT PGSD PDGK4305

1. Soal Pertama
Sebagai salah satu peserta pelatihan penulisan karya ilmiah di kota kabupaten, oleh penyaji materi Pak Narto diberi pengetahuan tentang bagaimana teori menulis. Dalam pelatihan tersebut, para penyaji memberikan bekal tentang penggunaan kaidah bahasa Indonesia baku, pengalineaan yang baik, konvensi penulisan, dan pemahaman tentang kalimat efektif, serta teknik menggayakan kalimat. Dalam pendekatan penulisan, apa yang ditugaskan oleh penyaji sebenarnya sesuai dengan pendekatan menulis.

Pertanyaan:
Dalam pendekatan menulis, pendekatan apa yang digunakan para penyaji ketika memberikan pelatihan kepada Pak Narto? Jelaskan dan kaitkan dengan salah satu tahap penulisan, yakni menulis sebagai proses.

Pembahasan:
Skor maksimal 8

Materi penyajian yang diberikan oleh para penyaji kepada peserta pelatihan, termasuk Pak Narto disebut dengan pendekatan formal (skor 2).

Jika dikaitkan dengan menulis sebagai proses, Pak Narto harus mengerti bahwa teori-teori yang secara formal harus dikonkretkan dalam penyusunan kerangka karangan (prapenulisan) (skor 2), pengembangan kerangka tersebut menjadi karangan yang rinci (penulisan), (skor 2) dan pemeriksaan kembali hasil karangan kembali untuk memastikan kebenaran tulisan/substansi/ejaan yang ia hasilkan (pascapenulisan) (skor 2).

Total skor 10 Jika mahasiswa kurang lengkap, tetapi secara substansi sudah mencakup jawaban yang dimaksud diberi skor 6. Jika mahasiswa menjawab tetapi keliru diberi skor 2 Jika mahasiswa tidak menjawab skor 0.

2. Soal Kedua
Perhatikan skenario soal berikut ini!

Berikut ini ditampilkan penggalan paragraf yang tidak runtut dan jika diurutkan kembali akan menjadi padu dan komprehensif. Setiap kalimat dalam paragraf tersebut juga mengandung satu kesalahan ejaan/tanda baca/kalimat tidak efektif. Untuk lebih jelasnya simak paragraf berikut.

1. Jalan beraspal berakhir digerbang desa. Berbeda dari Segenter, desa ini sangat ramai oleh turis.
2. Saya menanjak “pinggang” gunung rinjani hingga mendarat di Sendaru.
3. Hal ini mungkin karena Sendaru adalah merupakan pijakan untuk menggelar pendakian ke Danau Segara Anak dan Gunung Rinjani, salah satu gunung dengan panorama indah di nusantara.
4. Pemandangannya cukup atraktif, sementara airnya seolah menembus banyak daun-daun dan batang pohon.
5. Selanjutnya, perjalanan selama 20 menit membawa saya ke Sendang Gile, air terjun paling kondang di pulau lombok. (Dimodifikasi dari “Surga Bernama Lombok” dalam Garuda: The Magazine of Garuda Indonesia, Februari 2011, hlm. 105)

Pertanyaan:
a. Urutkan paragraf dalam soal hingga menjadi paragraf yang padu dan komprehensif. Ketika mengurutkan Anda cukup menuliskan nomor saja dan tidak perlu menyalin kembali seluruh kalimat yang ada! 35421
b. Dalam setiap kalimat, terdapat 1 kesalahan yang disebabkan kesalahan penggunaan kalimat efektif atau karena kesalahan ejaan/tanda baca/kata penghubung, silakan Anda temukan bagian yang salah dan tulis pula pembetulannya!

Pembahasan:
Skor maksimal 10

Jawaban pertanyaan a
Urutan yang benar adalah 2 – 1 – 3 – 5 – 4
Jika benar, skor 5 J
ika hanya 4 urutan yang benar, skor 3
Jika hanya 3 urutan yang benar, skor 2
Jika hanya 1 atau 2 urutan yang benar, skor 1.

Jawaban pertanyaan b.
1. Jalan beraspal berakhir digerbang (di- dipisah, skor 1) desa. Berbeda dari Segenter, desa ini sangat ramai oleh turis.
2. Saya menanjak “pinggang” gunung rinjani (Gunung Rinjani, skor 1) hingga mendarat di Sendaru.
3. Hal ini mungkin karena Sendaru adalah merupakan (gunakan salah satu, adalah atau merupakan, skor 1) pijakan untuk menggelar pendakian ke Danau Segara Anak dan Gunung Rinjani, salah satu gunung dengan panorama indah di nusantara.
4. Pemandangannya cukup atraktif, sementara airnya seolah menembus banyak daun-daun (banyak daun atau daun-daun, skor 1) dan batang pohon.
5. Selanjutnya, perjalanan selama 20 menit membawa saya ke Sendang Gile, air terjun paling kondang di pulau lombok (Pulau Lombok, skor 1). Skor = 5 Uraian kalimat terdiri atas 5 kalimat, skor 5

3. Soal Ketiga
Perhatikan ilustrasi soal berikut ini!

Anda diumpamakan menjadi seorang guru di SD Negeri Kalirandu 17, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah dan bertindak sebagai Ketua Pantia “Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah”. Suatu ketika Anda diminta Kepala Sekolah membuat draft surat undangan untuk salah seorang guru Bahasa Indonesia SMAN 5 Pemalang, Drs. Teguh Nugroho Prasetyo, M.Hum. Guru tersebut diminta menjadi narasumber dalam acara “Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah” tersebut bagi para guru SD Kalirandu 17.

Skenario tentang waktu dan tempat pelaksanaan acara silakan Anda tentukan sendiri, tetapi dalam undangan tersebut harus mencantumkan kalimat yang menyatakan kontak person yang dapat dihubungi untuk komunikasi selanjutnya. Surat yang Anda susun juga “seakan-akan” melampirkan rancangan jadwal acara pelaksanaan pelatihan tersebut. Selain itu, Kepala SMAN 5 Pemalang, tempat di mana Drs. Teguh Nugroho, M.Hum., juga harus diberi tahu. Penandatangan surat hanya oleh Kepala Sekolah, yakni Mustarida, S.Pd., NIP 19610312 199103 2 001.

Pertanyaan:
Buatlah draft surat undangan tersebut sesuai dengan kaidah penulisan surat undangan yang benar. Seluruh isi surat, nama, identitas, dan lain-lain harus mengacu pada ilustrasi soal.

Pembahasan:
Skor maksimal 26

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
KABUPATEN PEMALANG
UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PENDIDIKAN
SD NEGERI KALIRANDU 17
Desa Kalirandu, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah

(kepala surat lengkap, skor 4; kurang lengkap, skor 2; tidak berkop surat, skor 0)

Nomor : 34/U/D.34/X/2011                                                                                 12 Maret 2012
Lampiran : Satu berkas
Hal : Permohonan menjadi Narasumber
(surat dibubuhi nomor, lampiran, dan hal, serta tanggal, skor 3, tidak lengkap 1, tidak ada 0)

Yth. Drs. Teguh Nugroho Prasetyo, M.Hum.
Guru Bahasa Indonesia SMAN 5 Pemalang
di tempat

Dalam rangka melatih kemampuan menulis para guru SDN Kalirandu 17, kami bermaksud menyelenggarakan pelatihan penulisan karya ilmiah. Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon kesediaan Bapak untuk menjadi instruktur dalam pelatihan tersebut. Menurut rencana, acara pelatihan akan diselenggarakan pada:

Hari, tanggal : Sabtu, 3 Mei 2012
Waktu : Pukul 08.30 WIB sampai selesai
Tempat : SDN Kalirandu 17

Sebagai gambaran, kami sertakan pula jadwal rinci acara tersebut. Kami sangat berharap Bapak bersedia menerima permohonan kami. Untuk informasi kepastian staf kami, Wisnu Kencana HP 08133344455 akan menghubungi Bapak.

Demikian surat permohonan ini kami ajukan. Atas perhatian dan kesediaan Bapak, kami sampaikan terima kasih.
(isi surat jelas: ada 4 unsur, yakni kejelasan isi, kelengkapan informasi,informasi tentang kontak person maksud pembuatan surat keterangan, dan salam penutup, skor 8; jika kurang lengkap skor 5, skor dikurangi 2 untuk setiap unsurnya)---8

Kepala Sekolah,


Mustarida, S.Pd.
NIP 19610312 199103 2 001

(penanda tangan surat: nama-1, NIP-1, dan tanda tangan-1; serta tanggal pembuatan surat ditulis tanpa nama tempat-3, jumlah skor 6; jika kurang lengkap, skor dikurangi masing-masing 0,5)---6

Tembusan:
1. Kepala SMAN 5 Pemalang
2. Kepala UPTD Kecamatan Petarukan
3. Yang bersangkutan

(tembusan ditulis lengkap, meskipun ada kesalahan urutan, skor 3; jika tidak ada, skor 0; jika hanya 1, skor 1)---4 (inisial surat ada, skor 1; jika tidak ada skor 0)---1

4. Soal Keempat
Perhatikan perintah soal berikut ini!

Buatlah wacana sederhana (sekitar 300 kata) dengan ketentuan sebagai berikut.
1) Topik/tema yang harus Anda kembangkan adalah Bumi Insani: Hunian Ekslusif di Tempat Strategis, atau Asuransi Pendidikan untuk Buah Hati, atau Memilih Kendaraan Bermotor yang Irit dan Bertenaga (pilih salah satu).
2) Judul tulisan Anda bebas tetapi harus merujuk pada topik/tema yang dipilih.
3) Tulisan yang Anda kembangkan harus runtut, padu, komprehensif, dan berjenis persuasif.
4) Anda pun harus memerhatikan kaidah penggunaan ejaan yang disempurnakan serta penggunaan tanda baca.

Pembahasan:
Skor maksimal 24

Penilaian: mencakup 3 hal, yakni substansi narasi, persyaratan minimal 300 kata, dan ejaan/tanda baca.

a. Substansi Persuasif (skor 10)
Secara substantif karangan persuasif merupakan corak karangan yang bermaksud memengaruhi pembaca sehingga tertarik untuk mengikuti anjuran/paparan penulis melalui tulisan yang disusun.

Pola persuasif secara sederhana berbentuk susunan dengan urutan awal – tengah – akhir.
1) Apabila tulisan mahasiswa mampu memenuhi persyaratan narasi tersebut, skor 8.
2) Apabila tulisan mahasiswa kurang memenuhi pesryaratan narasi, skor 5
3) Apabila tulisan mahasiswa tidak memenuhi persyaratan narasi skor 2.
4) Apabila mahasiswa tidak menulis, skor 0

b. Minimal 300 kata (skor 8)
Penghitungan kata dalam tulisan dihitung atas dasar mengambil sampel jumlah kata per satu baris dari kiri ke kanan, kemudian dikalikan dengan jumlah baris ke bawah.

1) Apabila jumlah kata yang ditulis 300 kata atau lebih skor 8 2
2) Apabila jumlah kata kuranfg dari 300 kata, skor 4
3) Apabila tidak menulis, skor 0

c. Ejaan/tanda baca/tulisan (skor 6)
Ejaan/tanda baca benar dan tulisan jelas serta mudah dibaca, skor 6.
Ejaan/tanda baca benar tetapi tulisan tidak mudah dibaca skor 3
Ejaan/tanda baca tidak benar dan tulisan tidak mudah dibaca, skor 1

Download Soal Ujian UT PGSD PDGK4305

Seperti yang telah kami sampaikan diatas bahwa dalam hal ini kami tak hanya menyiapkan soal ini dalam bentuk artikel saja, namun kami juga telah menyiapkan setiap soal dalam bentuk file dokumen PDF yang mana bisa Anda unduh langsung. Nah berikut ini silahkan Anda Download Soal Ujian UT PGSD PDGK4305 Keterampilan Menulis yang sudah kami sediakan untuk Anda supaya bisa dipelajari dirumah nantinya.


Harapan kami dan Anda tentunya dengan adanya soal-soal seperti ini akan bisa membantu Anda dalam memahami materi pada modul. Dengan memanfaatkan waktu yang ada dan bisa mencangkup semua mata kuliah untuk dipelajari akan lebih menyiapkan diri Anda. Dan semoga hasilnyapun akan bagus dari nilai sebelumnya.

Sekian artikel kami terkait soal ujian UT PGSD PDGK4305 Keterampilan Menulis, semoga soal ini bisa membantu Anda dalam memahami materi pada mata kuliah ini dan mempersiapkan diri Anda untuk menghadapi ujian kahir semester nantinya. Jangan lupa untuk berbagi artikel kami pada teman kuliah Anda yang lainnya, terima kasih.
Soal Ujian UT PGSD PDGK4305 Keterampilan Menulis Beserta Kunci Jawaban Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Soalku.com