loading...
Soal ujian UT PGSD PEMA4210 Statistika Pendidikan beserta kunci jawaban dan pembahasan soal kami posting untuk Anda selaku Mahasiswa Universitas Terbuka yang sekarang ini sedang menempuh pendidikan pada jurusan S1 PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) semester 7. Pada artikel kami sebelumnya kami telah berbagi pada Anda Soal Ujian UT PGSD Semester 7 yaitu Soal Ujian UT PGSD MKDK4005 Profesi Keguruan lengkap dengan kunci jawaban. Menjadi Mahasiswa di Universitas Terbuka memang diharuskan belajar secara mandiri, hal ini karena tutorial atau pertemuan yang hanya dilakukan beberapa kali dalam satu semester. Dari hal tersebut tentu tak semua materi dapat di pelajari, belum lagi jika Anda mengulang mata kuliah sebelumnya, tentu akan menumpuk mata kuliah yang harus Anda ujiankan. Soal yang kami bagikan pada blog soal uas ut ini merupakan hasil dari rangkuman soal-soal pada modul dan materi yang ada. Dengan mempelajari soal seperti ini yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan soalnya tentu akan memudahkan Anda dalam memahami materi pada modul dan mempersingkat waktu Anda.
Soal UT PGSD yang kami bagikan ini bisa menjadi bahan belajar Anda sebelum ujian akhir semester dimulai. Kami tahu bahwa banyaknya mata kuliah yang akan diujiankan dan ditambah pertemuan atau tutorial yang hanya dilakukan beberapa kami dalam satu semester mengharuskan Anda selaku Mahasiswa ekstra dalam mempelajari materi secara mandiri. Oleh karena itu tentunya, Anda tak akan sanggup jika harus belajar semua mata kuliah dan materi tersebut. Dengan memanfaatkan latihan seperti ini yang mana sudah dilengkapi oleh kunci jawaban dan pembahasan soal, memungkinkan Anda bisa mencangkup semua materi pada modul Anda.
Soal Ujian UT PGSD Semester 7 lainnya:
Soal UAS UT ini tentunya akan sangat membantu Anda dalam menyiapkan diri untuk mengikuti ujian akhir semester nantinya. Dengan kesibukan pekerjaan dan banyaknya mata kuliah yang akan diujiankan tentu akan sagat merepotkan Anda jika harus mempelajari semua materi pada modul. Nah dengan cara seperti inilah yang perlu Anda lakukan, dengan mempelajari dan memahami setiap soal yang ada dan mengingat jawabannya Anda akan sangat terbantu, ketika soal yang sama keluar pada ujian nantinya.
A. 205,2
B. 205,3
C. 205,25
D. 205,26
Jawab:
D. Benar, karena angka 205,26 merupakan pembulatan angka 205,255 hingga perseratusan
Pembahasan:
MODUL 1 Pengetahuan Dasar Statistika KB.2. Dasar-dasar Analisis
2.
A. 15
B. 20
C. 35
D. 640
Jawab:
Pembahasan:
MODUL 1 Pengetahuan Dasar Statistika KB.2. Dasar-dasar Analisis
3. Tabel distribusi dari data berikut: 5, 7, 4, 8, 5, 9, 1, 6, 10, 4, 3, 9, 5, 2, 6, 5, 7, 3, 8, 5, 7. Jika data tersebut disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dengan panjang kelas 2 adalah ….
A.
B.
C.
D.
Jawab:
Pembahasan:
MODUL 2: Penyajian Data dalam Bentuk Tabel dan Diagram KB.1.Macam-macam Penyajian Data dalam Bentuk Tabel
4.
Panjang kelas interval tabel distribusi frekuensi di atas adalah ….
A. 9
B. 10
C. 11
D. 12
Jawab:
B. Benar karena 10 merupakan selisih batas atas dan batas bawah
Pembahasan:
MODUL 2: Penyajian Data dalam Bentuk Tabel dan Diagram KB.1.Macam-macam Penyajian Data dalam Bentuk Tabel
5.
Persentase banyaknya data pada interval ke 4 adalah ….
A. 13
B. 18,7
C. 26,7
D. 29,3
Jawab:
C. Benar karena 26,7 merupakan persentase dari kelas interval keempat
Pembahasan:
MODUL 2: Penyajian Data dalam Bentuk Tabel dan Diagram KB.1.Macam-macam Penyajian Data dalam Bentuk Tabel
6.
Frekuensi kumulatif kurang dari 60 pada tabel di atas adalah ….
A. 1
B. 5
C. 19
D. 39
Jawab:
C. Benar karena 19 merupakan frekuensi kumulatif kurang dari 60
Pembahasan:
MODUL 2: Penyajian Data dalam Bentuk Tabel dan Diagram KB.1.Macam-macam Penyajian Data dalam Bentuk Tabel
7. Diberikan diagram lingkaran sebaran “Kesukaan Siswa pada 5 Mata Pelajaran” sebagai berikut:
Jika diketahui jumlah seluruh siswa 120 orang maka banyaknya siswa yang menyukai pelajaran matematika adalah….
A. 15 orang
B. 20 orang
C. 25 orang
D. 30 orang
Jawab:
Pembahasan:
Modul 3. Penyajian Data dalam bentuk diagram KB.1.Macam-macam bentuk diagram untuk data tidak berkelompok
8. Diberikan data sebagai berikut:
Siswa perempuan kelas IA 20 orang
Siswa laki-laki kelas IA 10 orang
Siswa perempuan kelas IB 15 orang
Siswa laki-laki kelas IB 25 orang
Siswa perempuan kelas IC 25 orang
Siswa laki-laki kelas IC 10 orang
Sajian data tersebut dalam bentuk diagram batang adalah ….
A.
B.
C.
D.
Jawab:
C. Benar silahkan Anda cocokan dengan data pada soal
Pembahasan:
Modul 3. Penyajian Data dalam bentuk diagram KB.1.Macam-macam bentuk diagram untuk data tidak berkelompok
9.
Rata-rata dari data di atas adalah ….
A. 60,0
B. 68,5
C. 68,1
D. 69,0
Jawab:
Pembahasan:
Modul 4: Ukuran Pemusatan KB.1 Nilai Rata-rata
10.
Modus dari data di atas adalah ….
A. 70,5
B. 71,0
C. 77,2
D. 80,0
Jawab:
Pembahasan:
Modul 4: Ukuran Pemusatan KB 2. Modus dan Median
11.
Median dari data di atas adalah ….
A. 20,5
B. 29,5
C. 36,17
D. 46,17
Jawab:
Pembahasan:
Modul 4: Ukuran Pemusatan KB 2. Modus dan Median
12.
Kuartil atas dari data di atas adalah ….
A. 9,5
B. 10,97
C. 45
D. 45,75
Jawab:
Pembahasan:
MODUL 5. Ukuran Lokasi dan Dispersi KB.1. Ukuran Lokasi
13.
Nilai D3 dari data di atas adalah ….
A. 7,5
B. 7,9
C. 18,0
D. 18,3
Jawab:
Pembahasan:
MODUL 5. Ukuran Lokasi dan Dispersi KB.1. Ukuran Lokasi
14.
Nilai P60 dari data di atas adalah ….
A. 9,50
B. 9,77
C. 10,00
D. 10,00
Jawab:
Pembahasan:
MODUL 5. Ukuran Lokasi dan Dispersi KB.1. Ukuran Lokasi
15. Simpangan kuartil dari data 2, 2, 3, 4, 4, 4, 5, 7, 9, 9 adalah ….
A. 2,50
B. 2,75
C. 4,50
D. 4,75
Jawab:
Pembahasan:
MODUL 5. Ukuran Lokasi dan Dispersi KB2. Ukuran Dispersi
16. Rata-rata simpangan dari data 2, 2, 3, 4, 4, 4, 5, 7, 9, 9 adalah ….
A. 20,0
B. 20,8
C. 4,09
D. 4,90
Jawab:
Pembahasan:
MODUL 5. Ukuran Lokasi dan Dispersi KB2. Ukuran Dispersi
17. Koefisien kemiringan pertama Pearson dari data di bawah ini adalah ….
A. - 0,042
B. - 0,024
C. 0,024
D. - 0,042
Jawab:
Pembahasan:
MODUL 6 Ukuran Kemiringan, Ukuran Keruncingan dari Kurva Normal KB.1. Ukuran Kemiringan
18. Koefisien keruncingan dari data di bawah ini adalah ….
A. - 0,271
B. - 0,0271
C. 0,0271
D. 0,271
Jawab:
Pembahasan:
MODUL 6 Ukuran Kemiringan, Ukuran Keruncingan dari Kurva Normal KB.2. Ukuran Keruncingan (Kurtosis)
19. Luas di bawah kurva normal antara z = 0,42 dan z = 1,45 adalah ….
A. 0,1628
B. 0,2630
C. 0,4265
D. 0,5893
Jawab:
Pembahasan:
MODUL 7. Kurva Normal dan Kegunaannya KB.1. Distribusi Gauss
20. Luas daerah di bawah distribusi t dari t = 1,86 ke kanan dengan derajat kebebasan 8 adalah ….
A. 0,01
B. 0,05
C. 0,95
D. 0,99
Jawab:
B. Benar karena luas daerah di bawah distribusi t dari t = 1,86 ke kiri dengan derajat kebebasan 8 adalah 0,95 sehingga luas daerah di bawah distribusi t dari t = 1,86 ke kanan dengan derajat kebebasan 8 adalah 1 – 0,95 = 0,05
Pembahasan:
MODUL 7. Kurva Normal dan Kegunaannya KB.2. Distribusi Student
21. Nilai t agar luas di bawah distribusi t dari t ke kanan 0,025 dengan derajat kebebasan 9 adalah ….
A. - 2,260
B. - 0,703
C. 0,703
D. 2,260
Jawab:
D. Benar karena luas di bawah distribusi t dari t = 2,260 ke kanan dengan derajat kebebasan 9 adalah 1 - 0,975 = 0,025
Pembahasan:
MODUL 7. Kurva Normal dan Kegunaannya KB.2. Distribusi Student
22.
A. 8,26
B. 12,4
C. 28,4
D. 37,6
Jawab:
Pembahasan:
23. Nilai F agar luas di bawah kurva F dari F ke kanan 0,01 dengan dk pembilang 11 dan dk penyebut 9 adalah ….
A. 2,9
B. 3,10
C. 4,63
D. 5,18
Jawab:
D. Benar karena luas di bawah kurva F dari F = 5,18 ke kanan dengan dk pembilang 11 dan dk penyebut 9 adalah 0,01
Pembahasan:
MODUL 7. Kurva Normal dan Kegunaannya KB.3. Distribusi F
24. Anggapan atau pernyataan yang mungkin benar atau tidak, mengenai satu populasi atau lebih disebut ....
A. statistika
B. statistik
C. hipotesis
D. hipotesis statistik
Jawab:
D. hipotesis statistik anggapan atau pernyataan yang mungkin benar atau tidak, mengenai satu populasi atau lebih.
Pembahasan:
Modul 8: Pengujian Hipotesis KB.1. Hipotesis Statistik
25. Kesalahan jenis I dari penelitian yang hendak mengetahui apakah metode baru lebih baik dari metode lama adalah….
A. menyimpulkan bahwa metode baru tidak berbeda nyata dengan metode lama
B. menyimpulkan bahwa metode baru lebih baik dari metode lama
C. menerima kesimpulan bahwa metode baru tidak berbeda nyata dengan metode lama padahal metode baru lebih baik dari metode lama
D. menerima kesimpulan bahwa metode baru lebih baik dari metode lama padahal metode baru tidak berbeda nyata dengan metode lama
Jawab:
D. benar karena pernyataan pada option D merupakan penolakan terhadap hipotesis awal padahal hipotesis tersebut benar (kesalahan jenis I)
Pembahasan:
Modul 8: Pengujian Hipotesis KB.1. Hipotesis Statistik
26. Dua buah gugus data dengan jumlah sampel masing-masing 15 memiliki ragam (variansi) masing-masing 2,05 dan 4,85. Apabila kedua gugus data tersebut berdistribusi normal dan seorang peneliti ingin mengetahui kehomogenan dari kedua gugus data tersebut maka kesimpulan yang dapat ditarik adalah ….
A. kedua gugus data tersebut tidak homogen pada taraf nyata 0,02
B. kedua gugus data tersebut tidak homogen pada taraf nyata 0,1
C. kedua gugus data tersebut tidak dapat ditentukan kehomogenanya
D. kedua gugus data tersebut tidak dapat dianalisis
Jawab:
Pembahasan:
Modul 8: Pengujian Hipotesis KB.2. Uji Normalitas dan Uji Homogenitas
27. Pada suatu penelitian yang bertujuan menduga berat badan dari tinggi badan peserta pelatihan penerbangan, yang dapat dinyatakan sebagai peubah tak bebas (dependent variable) dan peubah bebas (independent variable) adalah ….
A. tinggi badan peserta sebagai peubah tak bebas dan berat badan peserta sebagai peubah bebas
B. tinggi badan peserta sebagai peubah bebas dan berat badan peserta sebagai peubah tak bebas
C. tinggi badan peserta dan berat badan peserta sebagai peubah bebas
D. tinggi badan peserta dan berat badan peserta sebagai peubah tak bebas
Jawab:
B. benar karena tinggi badan peserta sebagai peubah bebas dan berat badan peserta sebagai peubah tak bebas
Pembahasan:
Modul 9: Analisis Regresi Linear Sederhana dan Korelasi KB. 1 Analisis Regresi Linear Sederhana
28. Jika suatu penelitian menghasilkan persamaan regresi linear “Hasil Penjualan Mobil = 0,25 Harga BBM + 0,05” maka dapat disimpulkan bahwa ….
A. setiap kenaikan dua kali harga BBM maka akan diikuti dengan peningkatan penjualan satu unit mobil
B. setiap kenaikan empat kali harga BBM maka akan diikuti dengan peningkatan penjualan satu unit mobil
C. setiap kenaikan delapan kali harga BBM maka akan diikuti dengan peningkatan penjualan satu unit mobil
D. setiap kenaikan 16 kali harga BBM maka akan diikuti dengan peningkatan penjualan satu unit mobil
Jawab:
B. benar karena setiap kenaikan empat kali harga BBM maka akan diikuti oleh peningkatan penjualan satu unit mobil
Pembahasan:
Modul 9: Analisis Regresi Linear Sederhana dan Korelasi KB.2. Inferensi dalam analisis regresi
29.
A. setiap peningkatan satu unit peubah x maka akan diikuti oleh 0,20 peningkatan peubah y
B. setiap peningkatan satu unit peubah x maka akan diikuti oleh 0,80 peningkatan peubah y
C. keragaman yang dapat dijelaskan oleh model tersebut sebesar 20%
D. keragaman yang dapat dijelaskan oleh model tersebut sebesar 80%
Jawab:
D. benar karena koefisien determinasi dapat menjelaskan keragaman yang dapat dijelaskan oleh model tersebut yaitu sebesar 80%
Pembahasan:
Modul 9: Analisis Regresi Linear Sederhana dan Korelasi KB.3. Analisis korelasi
30.
A. 0,414
B. 0,441
C. 0,514
D. 0,541
Jawab:
Pembahasan:
Modul 9: Analisis Regresi Linear Sederhana dan Korelasi KB. 1 Analisis Regresi Linear Sederhana
Silahkan Anda pelajari semua soal-soal tersebut, pahami dan ingat-ingat jawaban yang ada, karena besar kemungkinan akan keluar pada waktu ujian nantinya. Kami berharap dengan adanya soal ini bisa membantu Anda dalam mepeljari semua materi yang ada, dengan memanfaatkan waktu yang singkat, tentu cara ini akan lebih efektif dibandingkan dengan menghafal langsung materi pada modul Anda.
Sekian artikel kami terkait soal ujian UT PGSD PEMA4210 Statistika Pendidikan, semoga soal ini bisa membantu Anda dalam menyiapkan diri untuk mengikuti ujian akhir semester nantinya. Jangan lupa untuk merekomendasikan blog soal uas ut ini pada teman Anda yang lainnya. Dan jangan lupa juga untuk berbagi semua soal kami pada teman-teman Anda yang membutuhkan. Jika Anda mengalami kesulitan atau ada hal yang ingin Anda tanyakan, jangan sungkan untuk menghubungi kami melalui halaman Contact, terima kasih.
Soal UT PGSD yang kami bagikan ini bisa menjadi bahan belajar Anda sebelum ujian akhir semester dimulai. Kami tahu bahwa banyaknya mata kuliah yang akan diujiankan dan ditambah pertemuan atau tutorial yang hanya dilakukan beberapa kami dalam satu semester mengharuskan Anda selaku Mahasiswa ekstra dalam mempelajari materi secara mandiri. Oleh karena itu tentunya, Anda tak akan sanggup jika harus belajar semua mata kuliah dan materi tersebut. Dengan memanfaatkan latihan seperti ini yang mana sudah dilengkapi oleh kunci jawaban dan pembahasan soal, memungkinkan Anda bisa mencangkup semua materi pada modul Anda.
Soal Ujian UT PGSD Semester 7 lainnya:
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4306 Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4401 Materi dan Pembelajaran PKn SD
- Soal Ujian UT PGSD MKDK4002 Perkembangan Peserta Didik
- Soal Ujian UT PGSD MKDK4005 Profesi Keguruan
- Soal Ujian UT PGSD PEMA4210 Statistika Pendidikan
- Soal Ujian UT PGSD PKNI4317 Hak Asasi Manusia
Soal UAS UT ini tentunya akan sangat membantu Anda dalam menyiapkan diri untuk mengikuti ujian akhir semester nantinya. Dengan kesibukan pekerjaan dan banyaknya mata kuliah yang akan diujiankan tentu akan sagat merepotkan Anda jika harus mempelajari semua materi pada modul. Nah dengan cara seperti inilah yang perlu Anda lakukan, dengan mempelajari dan memahami setiap soal yang ada dan mengingat jawabannya Anda akan sangat terbantu, ketika soal yang sama keluar pada ujian nantinya.
Soal Ujian UT PGSD PEMA4210 Statistika Pendidikan Beserta Kunci Jawaban
Untuk melihat kumpulan lengkap dari soal-soal untuk jurusan S1 Pendidikan Sekolah Dasar lengkap dari semester 1 sampai semester 10, Anda bisa langsung menuju ke artikel kami sebelumnya Soal Ujian UT PGSD. Nah berikut ini kami bagikan pada Anda Soal Ujian UT PGSD PEMA4210 Statistika Pendidikan lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan soalnya.Soal Ujian UT PGSD PEMA4210
1. Pembulatan angka 205,255 hingga perseratusan adalah ….A. 205,2
B. 205,3
C. 205,25
D. 205,26
Jawab:
D. Benar, karena angka 205,26 merupakan pembulatan angka 205,255 hingga perseratusan
Pembahasan:
MODUL 1 Pengetahuan Dasar Statistika KB.2. Dasar-dasar Analisis
2.
A. 15
B. 20
C. 35
D. 640
Jawab:
Pembahasan:
MODUL 1 Pengetahuan Dasar Statistika KB.2. Dasar-dasar Analisis
3. Tabel distribusi dari data berikut: 5, 7, 4, 8, 5, 9, 1, 6, 10, 4, 3, 9, 5, 2, 6, 5, 7, 3, 8, 5, 7. Jika data tersebut disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dengan panjang kelas 2 adalah ….
A.
B.
C.
D.
Jawab:
Pembahasan:
MODUL 2: Penyajian Data dalam Bentuk Tabel dan Diagram KB.1.Macam-macam Penyajian Data dalam Bentuk Tabel
4.
Panjang kelas interval tabel distribusi frekuensi di atas adalah ….
A. 9
B. 10
C. 11
D. 12
Jawab:
B. Benar karena 10 merupakan selisih batas atas dan batas bawah
Pembahasan:
MODUL 2: Penyajian Data dalam Bentuk Tabel dan Diagram KB.1.Macam-macam Penyajian Data dalam Bentuk Tabel
5.
Persentase banyaknya data pada interval ke 4 adalah ….
A. 13
B. 18,7
C. 26,7
D. 29,3
Jawab:
C. Benar karena 26,7 merupakan persentase dari kelas interval keempat
Pembahasan:
MODUL 2: Penyajian Data dalam Bentuk Tabel dan Diagram KB.1.Macam-macam Penyajian Data dalam Bentuk Tabel
6.
Frekuensi kumulatif kurang dari 60 pada tabel di atas adalah ….
A. 1
B. 5
C. 19
D. 39
Jawab:
C. Benar karena 19 merupakan frekuensi kumulatif kurang dari 60
Pembahasan:
MODUL 2: Penyajian Data dalam Bentuk Tabel dan Diagram KB.1.Macam-macam Penyajian Data dalam Bentuk Tabel
7. Diberikan diagram lingkaran sebaran “Kesukaan Siswa pada 5 Mata Pelajaran” sebagai berikut:
Jika diketahui jumlah seluruh siswa 120 orang maka banyaknya siswa yang menyukai pelajaran matematika adalah….
A. 15 orang
B. 20 orang
C. 25 orang
D. 30 orang
Jawab:
Pembahasan:
Modul 3. Penyajian Data dalam bentuk diagram KB.1.Macam-macam bentuk diagram untuk data tidak berkelompok
8. Diberikan data sebagai berikut:
Siswa perempuan kelas IA 20 orang
Siswa laki-laki kelas IA 10 orang
Siswa perempuan kelas IB 15 orang
Siswa laki-laki kelas IB 25 orang
Siswa perempuan kelas IC 25 orang
Siswa laki-laki kelas IC 10 orang
Sajian data tersebut dalam bentuk diagram batang adalah ….
A.
B.
C.
D.
Jawab:
C. Benar silahkan Anda cocokan dengan data pada soal
Pembahasan:
Modul 3. Penyajian Data dalam bentuk diagram KB.1.Macam-macam bentuk diagram untuk data tidak berkelompok
9.
Rata-rata dari data di atas adalah ….
A. 60,0
B. 68,5
C. 68,1
D. 69,0
Jawab:
Pembahasan:
Modul 4: Ukuran Pemusatan KB.1 Nilai Rata-rata
10.
Modus dari data di atas adalah ….
A. 70,5
B. 71,0
C. 77,2
D. 80,0
Jawab:
Pembahasan:
Modul 4: Ukuran Pemusatan KB 2. Modus dan Median
11.
Median dari data di atas adalah ….
A. 20,5
B. 29,5
C. 36,17
D. 46,17
Jawab:
Pembahasan:
Modul 4: Ukuran Pemusatan KB 2. Modus dan Median
12.
Kuartil atas dari data di atas adalah ….
A. 9,5
B. 10,97
C. 45
D. 45,75
Jawab:
Pembahasan:
MODUL 5. Ukuran Lokasi dan Dispersi KB.1. Ukuran Lokasi
13.
Nilai D3 dari data di atas adalah ….
A. 7,5
B. 7,9
C. 18,0
D. 18,3
Jawab:
Pembahasan:
MODUL 5. Ukuran Lokasi dan Dispersi KB.1. Ukuran Lokasi
14.
Nilai P60 dari data di atas adalah ….
A. 9,50
B. 9,77
C. 10,00
D. 10,00
Jawab:
Pembahasan:
MODUL 5. Ukuran Lokasi dan Dispersi KB.1. Ukuran Lokasi
15. Simpangan kuartil dari data 2, 2, 3, 4, 4, 4, 5, 7, 9, 9 adalah ….
A. 2,50
B. 2,75
C. 4,50
D. 4,75
Jawab:
Pembahasan:
MODUL 5. Ukuran Lokasi dan Dispersi KB2. Ukuran Dispersi
16. Rata-rata simpangan dari data 2, 2, 3, 4, 4, 4, 5, 7, 9, 9 adalah ….
A. 20,0
B. 20,8
C. 4,09
D. 4,90
Jawab:
Pembahasan:
MODUL 5. Ukuran Lokasi dan Dispersi KB2. Ukuran Dispersi
17. Koefisien kemiringan pertama Pearson dari data di bawah ini adalah ….
A. - 0,042
B. - 0,024
C. 0,024
D. - 0,042
Jawab:
Pembahasan:
MODUL 6 Ukuran Kemiringan, Ukuran Keruncingan dari Kurva Normal KB.1. Ukuran Kemiringan
18. Koefisien keruncingan dari data di bawah ini adalah ….
A. - 0,271
B. - 0,0271
C. 0,0271
D. 0,271
Jawab:
Pembahasan:
MODUL 6 Ukuran Kemiringan, Ukuran Keruncingan dari Kurva Normal KB.2. Ukuran Keruncingan (Kurtosis)
19. Luas di bawah kurva normal antara z = 0,42 dan z = 1,45 adalah ….
A. 0,1628
B. 0,2630
C. 0,4265
D. 0,5893
Jawab:
Pembahasan:
MODUL 7. Kurva Normal dan Kegunaannya KB.1. Distribusi Gauss
20. Luas daerah di bawah distribusi t dari t = 1,86 ke kanan dengan derajat kebebasan 8 adalah ….
A. 0,01
B. 0,05
C. 0,95
D. 0,99
Jawab:
B. Benar karena luas daerah di bawah distribusi t dari t = 1,86 ke kiri dengan derajat kebebasan 8 adalah 0,95 sehingga luas daerah di bawah distribusi t dari t = 1,86 ke kanan dengan derajat kebebasan 8 adalah 1 – 0,95 = 0,05
Pembahasan:
MODUL 7. Kurva Normal dan Kegunaannya KB.2. Distribusi Student
21. Nilai t agar luas di bawah distribusi t dari t ke kanan 0,025 dengan derajat kebebasan 9 adalah ….
A. - 2,260
B. - 0,703
C. 0,703
D. 2,260
Jawab:
D. Benar karena luas di bawah distribusi t dari t = 2,260 ke kanan dengan derajat kebebasan 9 adalah 1 - 0,975 = 0,025
Pembahasan:
MODUL 7. Kurva Normal dan Kegunaannya KB.2. Distribusi Student
22.
A. 8,26
B. 12,4
C. 28,4
D. 37,6
Jawab:
Pembahasan:
23. Nilai F agar luas di bawah kurva F dari F ke kanan 0,01 dengan dk pembilang 11 dan dk penyebut 9 adalah ….
A. 2,9
B. 3,10
C. 4,63
D. 5,18
Jawab:
D. Benar karena luas di bawah kurva F dari F = 5,18 ke kanan dengan dk pembilang 11 dan dk penyebut 9 adalah 0,01
Pembahasan:
MODUL 7. Kurva Normal dan Kegunaannya KB.3. Distribusi F
24. Anggapan atau pernyataan yang mungkin benar atau tidak, mengenai satu populasi atau lebih disebut ....
A. statistika
B. statistik
C. hipotesis
D. hipotesis statistik
Jawab:
D. hipotesis statistik anggapan atau pernyataan yang mungkin benar atau tidak, mengenai satu populasi atau lebih.
Pembahasan:
Modul 8: Pengujian Hipotesis KB.1. Hipotesis Statistik
25. Kesalahan jenis I dari penelitian yang hendak mengetahui apakah metode baru lebih baik dari metode lama adalah….
A. menyimpulkan bahwa metode baru tidak berbeda nyata dengan metode lama
B. menyimpulkan bahwa metode baru lebih baik dari metode lama
C. menerima kesimpulan bahwa metode baru tidak berbeda nyata dengan metode lama padahal metode baru lebih baik dari metode lama
D. menerima kesimpulan bahwa metode baru lebih baik dari metode lama padahal metode baru tidak berbeda nyata dengan metode lama
Jawab:
D. benar karena pernyataan pada option D merupakan penolakan terhadap hipotesis awal padahal hipotesis tersebut benar (kesalahan jenis I)
Pembahasan:
Modul 8: Pengujian Hipotesis KB.1. Hipotesis Statistik
26. Dua buah gugus data dengan jumlah sampel masing-masing 15 memiliki ragam (variansi) masing-masing 2,05 dan 4,85. Apabila kedua gugus data tersebut berdistribusi normal dan seorang peneliti ingin mengetahui kehomogenan dari kedua gugus data tersebut maka kesimpulan yang dapat ditarik adalah ….
A. kedua gugus data tersebut tidak homogen pada taraf nyata 0,02
B. kedua gugus data tersebut tidak homogen pada taraf nyata 0,1
C. kedua gugus data tersebut tidak dapat ditentukan kehomogenanya
D. kedua gugus data tersebut tidak dapat dianalisis
Jawab:
Pembahasan:
Modul 8: Pengujian Hipotesis KB.2. Uji Normalitas dan Uji Homogenitas
27. Pada suatu penelitian yang bertujuan menduga berat badan dari tinggi badan peserta pelatihan penerbangan, yang dapat dinyatakan sebagai peubah tak bebas (dependent variable) dan peubah bebas (independent variable) adalah ….
A. tinggi badan peserta sebagai peubah tak bebas dan berat badan peserta sebagai peubah bebas
B. tinggi badan peserta sebagai peubah bebas dan berat badan peserta sebagai peubah tak bebas
C. tinggi badan peserta dan berat badan peserta sebagai peubah bebas
D. tinggi badan peserta dan berat badan peserta sebagai peubah tak bebas
Jawab:
B. benar karena tinggi badan peserta sebagai peubah bebas dan berat badan peserta sebagai peubah tak bebas
Pembahasan:
Modul 9: Analisis Regresi Linear Sederhana dan Korelasi KB. 1 Analisis Regresi Linear Sederhana
28. Jika suatu penelitian menghasilkan persamaan regresi linear “Hasil Penjualan Mobil = 0,25 Harga BBM + 0,05” maka dapat disimpulkan bahwa ….
A. setiap kenaikan dua kali harga BBM maka akan diikuti dengan peningkatan penjualan satu unit mobil
B. setiap kenaikan empat kali harga BBM maka akan diikuti dengan peningkatan penjualan satu unit mobil
C. setiap kenaikan delapan kali harga BBM maka akan diikuti dengan peningkatan penjualan satu unit mobil
D. setiap kenaikan 16 kali harga BBM maka akan diikuti dengan peningkatan penjualan satu unit mobil
Jawab:
B. benar karena setiap kenaikan empat kali harga BBM maka akan diikuti oleh peningkatan penjualan satu unit mobil
Pembahasan:
Modul 9: Analisis Regresi Linear Sederhana dan Korelasi KB.2. Inferensi dalam analisis regresi
29.
A. setiap peningkatan satu unit peubah x maka akan diikuti oleh 0,20 peningkatan peubah y
B. setiap peningkatan satu unit peubah x maka akan diikuti oleh 0,80 peningkatan peubah y
C. keragaman yang dapat dijelaskan oleh model tersebut sebesar 20%
D. keragaman yang dapat dijelaskan oleh model tersebut sebesar 80%
Jawab:
D. benar karena koefisien determinasi dapat menjelaskan keragaman yang dapat dijelaskan oleh model tersebut yaitu sebesar 80%
Pembahasan:
Modul 9: Analisis Regresi Linear Sederhana dan Korelasi KB.3. Analisis korelasi
30.
A. 0,414
B. 0,441
C. 0,514
D. 0,541
Jawab:
Pembahasan:
Modul 9: Analisis Regresi Linear Sederhana dan Korelasi KB. 1 Analisis Regresi Linear Sederhana
Download Soal Ujian UT PGSD PEMA4210
Seperti yang telah kami sampaikan diatas, bahwa dalam hal ini kami tidak hanya menyiapkan soal ini dalam bentuk artikel saja, namun kami telah menyiapkan soal lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya dalam bentuk dokumen PDF yang bisa Anda download langsung pada link dibawah ini. Nah berikut ini bisa Anda download Soal Ujian UT PGSD PEMA4210 Statistika Pendidikan lengkap dengan kunci jawabannya.Silahkan Anda pelajari semua soal-soal tersebut, pahami dan ingat-ingat jawaban yang ada, karena besar kemungkinan akan keluar pada waktu ujian nantinya. Kami berharap dengan adanya soal ini bisa membantu Anda dalam mepeljari semua materi yang ada, dengan memanfaatkan waktu yang singkat, tentu cara ini akan lebih efektif dibandingkan dengan menghafal langsung materi pada modul Anda.
Sekian artikel kami terkait soal ujian UT PGSD PEMA4210 Statistika Pendidikan, semoga soal ini bisa membantu Anda dalam menyiapkan diri untuk mengikuti ujian akhir semester nantinya. Jangan lupa untuk merekomendasikan blog soal uas ut ini pada teman Anda yang lainnya. Dan jangan lupa juga untuk berbagi semua soal kami pada teman-teman Anda yang membutuhkan. Jika Anda mengalami kesulitan atau ada hal yang ingin Anda tanyakan, jangan sungkan untuk menghubungi kami melalui halaman Contact, terima kasih.