loading...
Soal ujian UT PGPAUD PAUD4402 Keterampilan Musik dan Tari lengkap dengan kunci jawaban kami bagikan untuk Anda Mahasiswa UT (Universitas Terbuka) S1 PGPAUD (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini) yang sekarang ini sedang menempuh pendidikan pada semester 7. Pada artikel kami sebelumnya, kami telah memposting Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4401 Metode Pengembangan Prilaku dan Kemampuan Dasar AUD. Seperti yang selalu kami sampaikan, bahwa kami tidak memisahkan soal dan kunci jawaban, jadi sangat memungkinkan Anda bisa langsung belajar secara online. Selain artikel, kami juga telah menyiapkan soal ini dalam bentuk file dokumen PDF yang mana bisa Anda download secara langsung pada akhir soal.
Soal UT PGPAUD yang kami bagikan ini bisa menjadi bahan belajar Anda sebelum ujian akhir semester dimulai. Kami tahu bahwa banyaknya mata kuliah yang akan diujiankan dan ditambah pertemuan atau tutorial yang hanya dilakukan beberapa kami dalam satu semester mengharuskan Anda selaku Mahasiswa ekstra dalam mempelajari materi secara mandiri. Oleh karena itu tentunya, Anda tak akan sanggup jika harus belajar semua mata kuliah dan materi tersebut. Dengan memanfaatkan latihan seperti ini yang mana sudah dilengkapi oleh kunci jawaban dan pembahasan soal, memungkinkan Anda bisa mencangkup semua materi pada modul Anda.
Soal Ujian UT PGPAUD Semester 7 lainnya:
Soal Ujian UT PGPAUD Semester 7 yang kami bagikan ini merupakan hasil dari rangkuman materi pada modul dan soal-soal. Jadi sangat besar kemungkinan bahwa soal yang akan keluar pada waktu ujian akhir semester nantinya akan sama seperti soal yang sedang Anda pelajari, hal ini telah dibuktikan oleh teman-teman Mahasiswa yang lainnya.
A. penglihatan/mata
B. pendengaran/telinga
C. pengecap/lidah
D. peraba/kulit
Jawab:
B. Benar, karena yang indera pertama yang dihubungkan dengan sistem syarat manusia ketika calon manusia tersebut dalam proses pertumbuhannya dalam rahim adalah telinga atau pendengaran
Pembahasan:
Pelajari Modul 1 KB 1 tentang pengaruh musik pada perkembangan AUD
2. Ada sebuah kemampuan anak yang dikembangkan secara maksimal dan dominan, ketika anak-anak bernyanyi bersamA. Kemampuan yang dimaksudkan adalah ....
A. auditif
B. bisual
C. sosial
D. kinestetik
Jawab:
A. Benar, karena produk bernyanyi adalah suara yang memiliki pitch dan irama yang bervariasi sehingga indera yang mengkapnya adalah pendengaran atau kemampuan auditif.
Pembahasan:
Pelajari Modul 1 KB 1 tentang pengaruh musik pada perkembangan anak usia dini
3. Anak akan bergerak dan bercoleteh dalam merespons musik yang diperdengarkan kepadanya , tetapi tanpa menghubungkannya dengan bunyi-bunyi musik dari lingkungan sekitarnyA. Menurut Gordon keterampilan ini berada pada tahap ....
A. Respons dengan tujuan
B. Respons secara acak
C. Penampilan Ego
D. Penyerapan
Jawab:
B. Benar.
Pembahasan:
Pelajari Modul 1 KB 2 tentang proses belajar musik pada anak usia dini
4. Menurut Frega, bentuk ritme 4/4 x x x x / x x x x / ini sudah dapat dipertunjukan dengan bertepuk tangan oleh anak usia ....
A. 2 tahun
B. 3 tahun
C. 4 tahun
D. 5 tahun
Jawab:
B. Benar. Menurut Frega kemampuan membuat ritme x x x x / x x x x / dengan bertepuk tangan dapat diperlihatkan oleh anak usia 3 tahun.
Pembahasan:
Pelajari Modul 2 KB 1 tentang kemampuan musikal anak usia dini
5. Anak usia 3-4 tahun telah dapat ....
A. kualitas suaranya lebih tebal ketika menyanyikan lagu favoritnya
B. dapat menunjukan kemampuannya menangkap pitch, bila kepadanya diberikan satu nada lalu diminta untuk menirukannya
C. sudah mampu merubah arah pitch dengan cara memintanya untuk menyanyikan penggalan melodi
D. bila kepada mereka diajarkan lagu dengan nada dasar rendah, mereka akan mengalami kesulitan.
Jawab:
A. Benar. Karena kemampuan tersebut diperlihatkan oleh anak usai 5-6 tahun
Pembahasan:
Pelajari Modul 2 KB 1 tentang kemampuan musikal anak usia dini.
6. Pada usia satu hingga dua tahun, anak ketika mendengarkan jingle iklan produk yang disiarkan melalui radio atau televisi mereka terlebih dahulu akan ....
A. menirukan pitch lagu
B. menirukan irama lagu
C. menirukan syair lagu
D.ketiganya sekaligus
Jawab:
C. Benar. Menurut Moog anak usia satu hingga dua tahun akan menirukan syairnya terlebih dahulu sebelum menirukan irama atau pitchnya.
Pembahasan:
Pelajari Modul 1 KB 1 tentang proses belajar musik pada anak usia dini
7. Lagu anak seharusnya bermelodi yang mudah diingat oleh anak, dan menarik untuk dinyanyikan tanpa teks. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
A. Frega
B. Gordon
C. Swanson
D. Gardner
Jawab:
C. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 2 KB 2 tentang karakteristik musik anak usai dini.
8. Lagu-lagu yang memiliki bagian ”pembukaan”, ”inti”, dan ”pengakhiran” adalah indikator dari lagu yang ....
A. mengandung cerita singkat yang sesuai dengan dunia anak-anak.
B. bermelodi sederhana, singkat, dan mudah diingat anak-anak
C. relevan, penuh makna, dan menarik anak-anak
D. dapat diapresiasi anak-anak sesuai umurnya
Jawab:
A. Benar.
Pembahasan:
Pelajari Modul 2 KB 2 tentang karakteristik musik anak usia dini
9. Lagu di bawah ini bertemakan tentang arah ....
A. Dua Mata Saya
B. Potong Bebek
C. Pagi-pagi
D. Pelangi
Jawab:
B. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 2 KB 2 tentang karakteristik musik anak usia dini
10. Untuk mengatasi kekurangan lagu untuk memperkenalkan tema tertentu, guru dapat menempuh cara sederhana dan mudah yakni dengan mengganti....
A. semua teks lagu yang ada
B. semua melodi lagu yang ada
C. semua ritme lagu yang ada
D. sebagian ritme lagu yang ada
Jawab:
A. Benar.
Pembahasan:
Pelajari Modul 2 KB 2 tentang karakteristik musik anak usia dini
11. Not yang berada di spasi kedua pada paranada berkunci F adalah not ....
A. A
B. B.
C. C.
D. D.
Jawab:
C. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 3 KB 1 tentang Notasi Balok untuk guru.
12. Lihat Pertanyaan soal no. 12 pada Attachment.
A. fis- fis - fis - fis
B. dis - fis - fis - dis - dis - fis - fis - dis
C. eis - eis
D. eis - dis - fis - eis - fis - fis.
Jawab:
A. Benar. Pada melodi tersebut not yang dinaikkan adalah not-not f menjadi not fis.
Pembahasan:
Pelajari modul 3 KB 1 tentang Notasi Balok Bagi Guru.
13. Rittardando sebagai tanda dinamika memaksudkan bahwa bagian yang ada tanda tersebut pada sebuah lagu harus dinyanyikan dengan teknik ….
A. makin lama makin lambat
B. makin lama makin cepat
C. makin lama makin lembut
D. makin lama makin keras
Jawab:
A. Benar.
Pembahasan:
Pelajari Modul 3 KB 1 Notasi Balok bagi guru.
14. Pada birama 4/4 , arsisnya terdapat pada ketukan ....
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
Jawab:
A. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 3 KB 1 tentang notasi balok bagi guru.
15. Lihat Pertanyaan Soal no. 15 pada Attachment
_____ ____ ____ ____
A. d es / f f es d c bes c / d . .
___ ___ ___ ____
B. d e / f f e d c bes c / d . .
___ ___ ___ ___
C. d es / f f es d c b c / d . .
____ ____ ____ ____
D. des es / f f es des c bes c / des . .
Jawab:
A. Benar.
Pembahasan:
Pelajari Modul 3 KB 2 tentang macam-macam tangganada dan akor.
16. Lihat Pertanyaan Soal no.16 pada Attachment.
A. B Minor
B. C Minor
C. D Minor
D. E Minor
Jawab:
C. Benar, karena D Minor memiliki 1 mol.
Pembahasan:
Pelajari modul 3 KB 3 tentang macam-macam tangganada dan akor.
17. Berikut adalah bentuk-bentuk dari kemampuan seseorang membayangkan nada, kecuali ....
A. membedakan dua atau lebih nada yang berbeda
B. penggambaran pitch yang tepat dari nada-nada yang melangkah
C. merasakan suasana yang dihasilkan dari nada-nada yang melompat
D. menyenandungkan notasi yang tertulis
Jawab:
D. Benar, kemampuan menyenandungkan notasi yang tertulis tidak termasuk bentuk kemampuan yang ditanyakan.
Pembahasan:
Pelajari Modul 4 KB 1 tentang Persiapan Pembuatan Lagu
18. Nada yang menjadi pusat pergerakan atau arah penyelesaian rangkaian nada-nada dalam suatu tangga nada dikenal sebagai ….
A. nada dasar
B. nada Awal
C. nada pertama.
D. nada permulaan
Jawab:
A. Benar.
Pembahasan:
Pelajari Modul 4 KB 1 tentang persiapan pembuatan lagu
19. Aspek yang serupa walaupun ketinggian nadanya berbeda dalam serangkaian motif sebuah lagu adalah …
A. melodi
B. pola nada
C. pola ritmik
D. pola dinamik
Jawab:
C. Benar.
Pembahasan:
Pelajari Modul 4 KB 2 tentang struktur dan bentuk lagu
20. Sebuah frase melodi lagu biasanya dikembangkan dari dua motif atau lebih yang dibuat berdasarkan ....
A. motif awal dengan teknik tertentu
B. motif kedua dengan teknik tertentu
C. motif bagian dengan teknik tertentu
D. motif bagian dengan teknik tertentu
Jawab:
A. Benar.
Pembahasan:
Pelajari Modul 4 KB 2 tentang struktur dan bentuk lagu
21. Serangkaian nada yang disusun atas dua frase yang saling berhubungan dan keduanya diakhiri dengan sebuah kadens, disebut ....
A. kalimat musik
B. frase musik
C. motif
D. tema
Jawab:
A. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 4 KB 2 tentang struktur dan bentuk lagu.
22. Yang termasuk ragam bentuk musik, adalah ....
A. Song
B. Sonata
C. Soneta
D. Swing
Jawab:
B. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 4 KB 2 tentang struktur dan bentuk lagu.
23. Lihat soal no. 23 pada Attachment.
___ ___
A. 0 5 6 5 / 3
___ ___
B. 0 5 6 5 ___ ___ ___ ___
C. 0 5 6 5 / 3 1 / 5 5 4 3 ___ ___ ___ ___
D. 0 5 6 5 / 3 1 / 5 5 4 3 / 2 .
Jawab:
A. Benar.
Pembahasan:
Pelajari modul 4 KB 3 tentang membuat lagu.
24. Lihat pertanyaan soal no. 24 pada Attachment.
___ ___
A. 0 5 6 5 / 3 1 /
___ ___ ___ ___
B. 0 5 6 5 / 3 1 / 5 5 4 3 / 2 . / ___ __ __ __ __
C. 0 5 6 5 / 3 1 / 5 5 4 3 / 2 . / 0 2 2 2 / 4 4 /
___ ___ ___ ___ __ ___ ___ __
D. 0 5 6 5 / 3 1 / 5 5 4 3 / 2 . / 0 2 2 2 / 4 4 / 6 6 5 4 / 3 . /
Jawab:
D. Benar karena itu merupakan sebuah frase lagu tersebut.
Pembahasan:
Pelajari modul 4 KB 3 tentang membuat lagu.
25.
_____ _____ ____ _____ _____ _____ _____ _____ ____ ____ ____ _____ _____ _____ _____ _____
1 . 2 3 . 5 / 1 . 2 3 . 5 / 1 . . 6 . . / 5 . . 5 0 0 / 2 . 2 2 . 3 / 1 . 2 3 . 5 / 2 . . 2 . 1 / 2 . . 2 0 0 /
Kalimat pada lagu “Bunga Tanjungku” ciptaan C. Simanjuntak di atas ini, adalah .....
___ ___ ___ ___ ___ ___ ___ ____
A. 1 . 2 3 . 5 / 1 . 2 3 . 5 / 1 . . 6 . . / 5 . . 5 0 0 /
___ ___ ____ ___ ____ ___ ___ ___ ___ ___ ___ ___
B. 1 . 2 3 . 5 / 1 . 2 3 . 5 / 1 . . 6 . . / 5 . . 5 0 0 / 2 . 2 2 . 3 / 1 . 2 3 . 5 /
___ ___ ___ ___ ___ ___ ___ ___ ___ ___ ___ ___
C. 1 . 2 3 . 5 / 1 . 2 3 . 5 / 1 . . 6 . . / 5 . . 5 0 0 / 2 . 2 2 . 3 / 1 . 2 3 . 5 /
__ __ __ __
2 . . 2 . 1 / 2 . . 2 0 0 /
___ ___ ___ ___
D. 1 . 2 3 . 5 / 1 . 2 3 . 5 /
Jawab:
C. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 4 KB 3 tentang membuat lagu.
26. Sebuah lagu yang diaransemen secara utuh memiliki bagian-bagian berikut ini ....
A. intro
B. intro dan bagian utama lagu.
C. intro, bagian utama lagu, dan codA.
D. intro, bagian utama lagu, intelude, dan coda.
Jawab:
D.Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 5 KB 1 tentang persispan pembuatan aransemen musik
27. Lihat pertanyaan soal no.27 pada Attachment.
A. D - C - G
B. G - D - C
C. G - C - D
D. C - G - D
Jawab:
D. Benar, karena not-notnya terdiri dari c - e - g, g - b - d, d - fis - a.
Pembahasan:
Pelajari modul 5 KB 2 tentang dasar-dasar aransemen.
28. Lihat Pertanyaan soal no.28 pada Attachment.
A. F - C - G
B. F - G - C
C. C - G - F
D. C - F - G
Jawab:
A. Benar.
Pembahasan:
Pelajari modul 5 KB 2 tentang dasar-dasar aransemen
29. Lihat Pertanyaan soal no.29 pada Attachment.
A. Sisipan
B. Sempurna
C. Plagal
D. Tengah.
Jawab:
B. Benar.
Pembahasan:
Pelajari modul 5 KB 2 tentang dasar-dasar aransemen
30. Lihat Petanyaan soal no. 30 pada Attchment
A. Imitasi
B. Obligato
C. Intro
D. Filler - In
Jawab:
B. Benar.
Pembahasan:
Pelajari modul 5 KB 2 tentang dasar-dasr aransemen.
31. Untuk membuat aransemen sebuah lagu berikut ini adalah yang harus dilakukan ....
A. tentukan lagu model - pelajari dan kuasai lagu - temukan puncak lagu - perhatikan isi pesan lagu
B. tentukan lagu model - pelajari dan kuasai lagu - perhatikan isi pesan lagu - temukan puncak lagu
C. tentukan lagu model - temukan puncak lagu - pelajari dan kuasai lagu - perhatikan isi pesan lagu
D. tentukan lagu model - perhatikan isi pesan lagu - temukan puncak lagu - pelajari dan kuasai lagu
Jawab:
B. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 5 KB 3 tentang membuat aransemen musik anak usia dini
32. Pada jenis gerak ini, si pelaku berusaha menghindarkan kesan emosional dan lebih menekankan pada kesadaran kebersamaan yang saling menyenangkan, adalah gerak .....
A. tari
B. bekerja
C. bermain
D. pantomim
Jawab:
C. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 6 KB 1 tentang unsur tari pada tarian anak usia dini
33. Karya tari yang merupakan hasil pengembangan berdasarkan pola-pola tari yang telah ada, disebut tari ....
A. tradisional
B. tradisional rakyat
C. tradisional klasik
D. kreasi baru
Jawab:
D. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 6 KB 2 tentang jenis tarian anak usia dini.
34. Dalam mengembangkan pola gerakan tari untuk anak usia dini, guru perlu mengembangkan pula kecerdasan ...
A. emosional
B. kinestetik
C. bahasa
D. interpersonal
Jawab:
B. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 7 KB 1 tentang gerak tari anak usia dini
35. Orang yang berpendapat bahwa belajar adalah suatu perubahan di dalam kepribadian yang menyatakan diri sebagai pola baru daripada reaksi serupa berupa kecakapan, sikap, kebiasaan, kepandaian, atau suatu perintah; adalah ....
A. Whiterington
B. Sardiman
C. Slameto
D. Yulianti Parani
Jawab:
A. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 7 KB 2 tentang pengaruh gerak pada perkembangan kognitif anak usia dini.
36. Pembelajaran berpusat pada anak mengandung pengertian pula bahwa pembelajaran haruslah memperhatikan kebutuhan, pertumbuhan dan perkembangan anak di bidang berikut ini, kecuali ....
A. minat
B. bakat
C. bermain
D. kreativitas
Jawab:
C. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 7 KB 3 tentang pengearuh gerak pada perkembangan afektif anak usia dini
37. Menunjukan kemampuan dalam memadukan gerakan tubuh maupun gerakan berpindah dengan iringan musik merupakan aktivitas yang melatih ....
A. kecerdasan anak
B. ketangkasan anak
C. ketepatan anak
D. kekuatan anak
Jawab:
A. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 7 KB 4 tentang pengeruh gerak pada perkembangan motorik.
38. Anak pada usia dini akan membutuhkan sarana untuk mengembangkan kemampuan atau keterampilan secara maksimal, diantaranya dengan anak mencoba berbagai gerakan dengan tubuh merekA. Mencoba gerakan-gerakan tersebut adalah bagian dari aktivitas mereka mengenal ....
A. kepekaan dan keterampilan mereka sendiri
A. indera dan keterampilan mereka sendiri
C. kecepatan dan kekuatan mereka sendiri
D. ruang dan tubuh mereka sendiri
Jawab:
D. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 8 KB 1 tentang pemanfaatan perbendaharaan gerak anak usia dini dalam gerakan berirama
39. Ini adalah salah satu gerakan dasar berirama yang sulit untuk dilakukan oleh anak usia dini, adalah ....
A. head turn
B. shoulder pop
C. arm swing
D. back jump
Jawab:
D. Benar, karena back jump adalah gerakan yang sulit dilakukan oleh anak usia dini yang masing belum punya keseimbangan tubuh, namun demikian gerakan ini segera dapat dikuasai anak bila dilatih.
Pembahasan:
Pelajari Modul 8 KB 1 tentang pemanfaatan perbedaharaan gerak anak usia dini dalam gerak berirama
40. Pada tarian “Bermain Lompat Tali” untuk , guru dapat memanfaatkan gerakan-gerakan berikut ini, kecuali …
A. straight jump
B. hip pops
C. tuck jump
D. arm swing
Jawab:
B. Benar, karena hip pops adalah gerakan menggoyangkan pinggul
Pembahasan:
Pelajari Modul 8 KB 1 tentang pemanfaatan perbendaharaan gerak anak usia dini dalam gerak berirama.
41. Gerakan ini berfungsi anak mencapai keseimbangan badannya, yaitu ....
A. berjinjit
B. duduk
C. jongkok
D. berbaring
Jawab:
A. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 9 KB 1 tentang pengenalan tubuh.
42. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih dan menentukan judul sebuah judul tarian untuk anak usia dini, kecuali ....
A. sesuai dengan judul tema
B. anak menyukai judul tarian
C. judul sederhana tapi menarik
D. sesuai dengan lingkungan anak
Jawab:
B. Benar, karena poin ini tidak menjadi hal yang perlu diperhatikan ketika memilih judul tarian.
Pembahasan:
Pelajari Modul 10 KB 1 tentang prinsip-prinsip dalam kegiatan penciptaan tari
43. Gerak-gerak yang dilakukan dalam keseharian diberi ritme sehingga gerak tersebut tidak lagi merupakan gerak fungsional semata, merupakan gerak sebagai akibat dari ....
A. kesadaran tubuh
B. kesadaran ruang
C. bentuk tubuh
D. irama
Jawab:
D. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 10 KB 2 tentang struktur tari
44. Anak usia 3-4 tahun masih mengalami kesulitan menggunakan keterampilan motorik halusnya dalam kegiatan ....
A. olah raga
B. bernyanyi
C. menari
D. drama
Jawab:
C. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 9 KB 2 tentang keterampilan gerak anak usia dini
45. Menurut Gendhon Humardhani gerakan-gerakan yang sering dilakukan dalam keseharian, termasuk dalam kategori Gerakan ....
A. Aktif
B. Kata
C. Bagian
D. Kata Baru
Jawab:
A. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 10 KB 2 tentang struktur tari.
46. Orang yang menyatakan bahwa kegunaan pembelajaran tari anak usia dini setidaknya harus mencakup kegunaan kognitif, kegunaan afektif, kegunaan fisik, dan kegunaan sosial, adalah ....
A. Anne Green Gilbert
B. Alma Hawkins
C. Arch Lauterer
D. Lowy
Jawab:
A. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 10 KB 3 tentang proses penciptaan tari
47. Musik iringan untuk tari “Randai” dari Minangkabau, menggunakan ....
A. musik pukul
B. musik external
C. musik internal
D. musik klasik
Jawab:
C. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 11 KB 1 tentang penciptaan musik berdasarkan tarian.
48. Memilih musik iringan untuk tarian anak usia dini sebaiknya adalah musik yang bertempo ...
A. cepat
B. lambat
C. sedang
D. bervariasi
Jawab:
C. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 11 KB 2 tentang penciptaan gerak berirama atau tari berdasarkan musik yang sudah ada.
49. Ada sebuah tahapan dalam perencanaan yang harus dilakukan guru ketika menciptakan sebuah tarian dimana pada tahapan tersebut adalah menjelaskan tentang hasil survey data yang dilakukan guru untuk mendukung bentuk tariannyA. Tahapan yang dimaksudkan adalah ....
A. Metode garapan
B. Acuan teoritik
C. Orientasi garapan
D. Latar belakang
Jawab:
B. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 12 tentang praktek penciptaan karya utuh atau gerak berirama untuk anak usia dini.
50. Tahap penciptaan tari yang disebut dengan tahap eksplorasi adalah ....
A. suatu aktivitas menemukan dan menentapkan gerakan-gerakan yang spontan dan terkendali.
B. menyusun semua gerakan tari dan memberikan sentuhan akhir dari seluruh proses berkarya tari
C. kegiatan mengkaji kembali gerakan-gerakan yang sudah ditemukan dan direncanakan untuk digunakan dalam tarian
D. pikiran kita bekerja, berimajinasi, merasakan, merespons rangsang untuk menemukan berbagai gerak dari berbagai sumber dengan menggunakan semua indera
Jawab:
D. Benar.
Pembahasan:
Pelajari Modul 12 tentang praktek penciptaan karya utuh atau gerak berirama untuk anak usia dini.
Kami berharap dengan adanya soal-soal seperti ini bisa atau dapat memudahkan Anda dalam mempelajari dan memahami semua materi pada modul. Agar nantinya bisa mendapatkan nilai yang memuaskan.
Sekian artikel terkait soal ujian UT PGPAUD PAUD4402 Keterampilan Musik dan Tari, semoga soal yang kami bagikan ini bisa membantu Anda dalam menyiapkan diri Anda untuk mengikuti ujian akhir semester nantinya. Jangan lupa untuk berbagi soal ini pada teman Anda yang lainnya, dan merekomendasikan blog kami. Jika Anda ada pertanyaan terkait konten yang ada pada blog soal uas ut ini silahkan sampaikan pada kolom komentar atau hubungi kami melalui halaman Contact, terima kasih.
Soal UT PGPAUD yang kami bagikan ini bisa menjadi bahan belajar Anda sebelum ujian akhir semester dimulai. Kami tahu bahwa banyaknya mata kuliah yang akan diujiankan dan ditambah pertemuan atau tutorial yang hanya dilakukan beberapa kami dalam satu semester mengharuskan Anda selaku Mahasiswa ekstra dalam mempelajari materi secara mandiri. Oleh karena itu tentunya, Anda tak akan sanggup jika harus belajar semua mata kuliah dan materi tersebut. Dengan memanfaatkan latihan seperti ini yang mana sudah dilengkapi oleh kunci jawaban dan pembahasan soal, memungkinkan Anda bisa mencangkup semua materi pada modul Anda.
Soal Ujian UT PGPAUD Semester 7 lainnya:
- Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4401 Metode Pengembangan Prilaku dan Kemampuan Dasar AUD
- Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4402 Keterampilan Musik dan Tari
- Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4404 Pengembangan Kecerdasan Majemuk
- Contoh Laporan Praktek UT PGPAUD PAUD4501 Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP)
- Soal Ujian UT PGPAUD IDIK4007 Metode Penelitian
Soal Ujian UT PGPAUD Semester 7 yang kami bagikan ini merupakan hasil dari rangkuman materi pada modul dan soal-soal. Jadi sangat besar kemungkinan bahwa soal yang akan keluar pada waktu ujian akhir semester nantinya akan sama seperti soal yang sedang Anda pelajari, hal ini telah dibuktikan oleh teman-teman Mahasiswa yang lainnya.
Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4402 Keterampilan Musik dan Tari Beserta Kunci Jawaban
Untuk melihat kumpulan lengkap dari soal-soal untuk jurusan S1 Pendidikan Sekolah Dasar lengkap dari semester 1 sampai semester 9, Anda bisa langsung menuju ke artikel kami sebelumnya Soal Ujian UT PGPAUD. Nah berikut ini kami bagikan pada Anda Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4402 Keterampilan Musik dan Tari lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan soalnya.Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4402
1. Indera pertama yang terhubung pada sistem syaraf ketika calon manusia berusia empat bulan pertama dalam kehidupannya dalam kandungan ibunya, adalah ....A. penglihatan/mata
B. pendengaran/telinga
C. pengecap/lidah
D. peraba/kulit
Jawab:
B. Benar, karena yang indera pertama yang dihubungkan dengan sistem syarat manusia ketika calon manusia tersebut dalam proses pertumbuhannya dalam rahim adalah telinga atau pendengaran
Pembahasan:
Pelajari Modul 1 KB 1 tentang pengaruh musik pada perkembangan AUD
2. Ada sebuah kemampuan anak yang dikembangkan secara maksimal dan dominan, ketika anak-anak bernyanyi bersamA. Kemampuan yang dimaksudkan adalah ....
A. auditif
B. bisual
C. sosial
D. kinestetik
Jawab:
A. Benar, karena produk bernyanyi adalah suara yang memiliki pitch dan irama yang bervariasi sehingga indera yang mengkapnya adalah pendengaran atau kemampuan auditif.
Pembahasan:
Pelajari Modul 1 KB 1 tentang pengaruh musik pada perkembangan anak usia dini
3. Anak akan bergerak dan bercoleteh dalam merespons musik yang diperdengarkan kepadanya , tetapi tanpa menghubungkannya dengan bunyi-bunyi musik dari lingkungan sekitarnyA. Menurut Gordon keterampilan ini berada pada tahap ....
A. Respons dengan tujuan
B. Respons secara acak
C. Penampilan Ego
D. Penyerapan
Jawab:
B. Benar.
Pembahasan:
Pelajari Modul 1 KB 2 tentang proses belajar musik pada anak usia dini
4. Menurut Frega, bentuk ritme 4/4 x x x x / x x x x / ini sudah dapat dipertunjukan dengan bertepuk tangan oleh anak usia ....
A. 2 tahun
B. 3 tahun
C. 4 tahun
D. 5 tahun
Jawab:
B. Benar. Menurut Frega kemampuan membuat ritme x x x x / x x x x / dengan bertepuk tangan dapat diperlihatkan oleh anak usia 3 tahun.
Pembahasan:
Pelajari Modul 2 KB 1 tentang kemampuan musikal anak usia dini
5. Anak usia 3-4 tahun telah dapat ....
A. kualitas suaranya lebih tebal ketika menyanyikan lagu favoritnya
B. dapat menunjukan kemampuannya menangkap pitch, bila kepadanya diberikan satu nada lalu diminta untuk menirukannya
C. sudah mampu merubah arah pitch dengan cara memintanya untuk menyanyikan penggalan melodi
D. bila kepada mereka diajarkan lagu dengan nada dasar rendah, mereka akan mengalami kesulitan.
Jawab:
A. Benar. Karena kemampuan tersebut diperlihatkan oleh anak usai 5-6 tahun
Pembahasan:
Pelajari Modul 2 KB 1 tentang kemampuan musikal anak usia dini.
6. Pada usia satu hingga dua tahun, anak ketika mendengarkan jingle iklan produk yang disiarkan melalui radio atau televisi mereka terlebih dahulu akan ....
A. menirukan pitch lagu
B. menirukan irama lagu
C. menirukan syair lagu
D.ketiganya sekaligus
Jawab:
C. Benar. Menurut Moog anak usia satu hingga dua tahun akan menirukan syairnya terlebih dahulu sebelum menirukan irama atau pitchnya.
Pembahasan:
Pelajari Modul 1 KB 1 tentang proses belajar musik pada anak usia dini
7. Lagu anak seharusnya bermelodi yang mudah diingat oleh anak, dan menarik untuk dinyanyikan tanpa teks. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
A. Frega
B. Gordon
C. Swanson
D. Gardner
Jawab:
C. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 2 KB 2 tentang karakteristik musik anak usai dini.
8. Lagu-lagu yang memiliki bagian ”pembukaan”, ”inti”, dan ”pengakhiran” adalah indikator dari lagu yang ....
A. mengandung cerita singkat yang sesuai dengan dunia anak-anak.
B. bermelodi sederhana, singkat, dan mudah diingat anak-anak
C. relevan, penuh makna, dan menarik anak-anak
D. dapat diapresiasi anak-anak sesuai umurnya
Jawab:
A. Benar.
Pembahasan:
Pelajari Modul 2 KB 2 tentang karakteristik musik anak usia dini
9. Lagu di bawah ini bertemakan tentang arah ....
A. Dua Mata Saya
B. Potong Bebek
C. Pagi-pagi
D. Pelangi
Jawab:
B. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 2 KB 2 tentang karakteristik musik anak usia dini
10. Untuk mengatasi kekurangan lagu untuk memperkenalkan tema tertentu, guru dapat menempuh cara sederhana dan mudah yakni dengan mengganti....
A. semua teks lagu yang ada
B. semua melodi lagu yang ada
C. semua ritme lagu yang ada
D. sebagian ritme lagu yang ada
Jawab:
A. Benar.
Pembahasan:
Pelajari Modul 2 KB 2 tentang karakteristik musik anak usia dini
11. Not yang berada di spasi kedua pada paranada berkunci F adalah not ....
A. A
B. B.
C. C.
D. D.
Jawab:
C. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 3 KB 1 tentang Notasi Balok untuk guru.
12. Lihat Pertanyaan soal no. 12 pada Attachment.
A. fis- fis - fis - fis
B. dis - fis - fis - dis - dis - fis - fis - dis
C. eis - eis
D. eis - dis - fis - eis - fis - fis.
Jawab:
A. Benar. Pada melodi tersebut not yang dinaikkan adalah not-not f menjadi not fis.
Pembahasan:
Pelajari modul 3 KB 1 tentang Notasi Balok Bagi Guru.
13. Rittardando sebagai tanda dinamika memaksudkan bahwa bagian yang ada tanda tersebut pada sebuah lagu harus dinyanyikan dengan teknik ….
A. makin lama makin lambat
B. makin lama makin cepat
C. makin lama makin lembut
D. makin lama makin keras
Jawab:
A. Benar.
Pembahasan:
Pelajari Modul 3 KB 1 Notasi Balok bagi guru.
14. Pada birama 4/4 , arsisnya terdapat pada ketukan ....
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
Jawab:
A. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 3 KB 1 tentang notasi balok bagi guru.
15. Lihat Pertanyaan Soal no. 15 pada Attachment
_____ ____ ____ ____
A. d es / f f es d c bes c / d . .
___ ___ ___ ____
B. d e / f f e d c bes c / d . .
___ ___ ___ ___
C. d es / f f es d c b c / d . .
____ ____ ____ ____
D. des es / f f es des c bes c / des . .
Jawab:
A. Benar.
Pembahasan:
Pelajari Modul 3 KB 2 tentang macam-macam tangganada dan akor.
16. Lihat Pertanyaan Soal no.16 pada Attachment.
A. B Minor
B. C Minor
C. D Minor
D. E Minor
Jawab:
C. Benar, karena D Minor memiliki 1 mol.
Pembahasan:
Pelajari modul 3 KB 3 tentang macam-macam tangganada dan akor.
17. Berikut adalah bentuk-bentuk dari kemampuan seseorang membayangkan nada, kecuali ....
A. membedakan dua atau lebih nada yang berbeda
B. penggambaran pitch yang tepat dari nada-nada yang melangkah
C. merasakan suasana yang dihasilkan dari nada-nada yang melompat
D. menyenandungkan notasi yang tertulis
Jawab:
D. Benar, kemampuan menyenandungkan notasi yang tertulis tidak termasuk bentuk kemampuan yang ditanyakan.
Pembahasan:
Pelajari Modul 4 KB 1 tentang Persiapan Pembuatan Lagu
18. Nada yang menjadi pusat pergerakan atau arah penyelesaian rangkaian nada-nada dalam suatu tangga nada dikenal sebagai ….
A. nada dasar
B. nada Awal
C. nada pertama.
D. nada permulaan
Jawab:
A. Benar.
Pembahasan:
Pelajari Modul 4 KB 1 tentang persiapan pembuatan lagu
19. Aspek yang serupa walaupun ketinggian nadanya berbeda dalam serangkaian motif sebuah lagu adalah …
A. melodi
B. pola nada
C. pola ritmik
D. pola dinamik
Jawab:
C. Benar.
Pembahasan:
Pelajari Modul 4 KB 2 tentang struktur dan bentuk lagu
20. Sebuah frase melodi lagu biasanya dikembangkan dari dua motif atau lebih yang dibuat berdasarkan ....
A. motif awal dengan teknik tertentu
B. motif kedua dengan teknik tertentu
C. motif bagian dengan teknik tertentu
D. motif bagian dengan teknik tertentu
Jawab:
A. Benar.
Pembahasan:
Pelajari Modul 4 KB 2 tentang struktur dan bentuk lagu
21. Serangkaian nada yang disusun atas dua frase yang saling berhubungan dan keduanya diakhiri dengan sebuah kadens, disebut ....
A. kalimat musik
B. frase musik
C. motif
D. tema
Jawab:
A. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 4 KB 2 tentang struktur dan bentuk lagu.
22. Yang termasuk ragam bentuk musik, adalah ....
A. Song
B. Sonata
C. Soneta
D. Swing
Jawab:
B. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 4 KB 2 tentang struktur dan bentuk lagu.
23. Lihat soal no. 23 pada Attachment.
___ ___
A. 0 5 6 5 / 3
___ ___
B. 0 5 6 5 ___ ___ ___ ___
C. 0 5 6 5 / 3 1 / 5 5 4 3 ___ ___ ___ ___
D. 0 5 6 5 / 3 1 / 5 5 4 3 / 2 .
Jawab:
A. Benar.
Pembahasan:
Pelajari modul 4 KB 3 tentang membuat lagu.
24. Lihat pertanyaan soal no. 24 pada Attachment.
___ ___
A. 0 5 6 5 / 3 1 /
___ ___ ___ ___
B. 0 5 6 5 / 3 1 / 5 5 4 3 / 2 . / ___ __ __ __ __
C. 0 5 6 5 / 3 1 / 5 5 4 3 / 2 . / 0 2 2 2 / 4 4 /
___ ___ ___ ___ __ ___ ___ __
D. 0 5 6 5 / 3 1 / 5 5 4 3 / 2 . / 0 2 2 2 / 4 4 / 6 6 5 4 / 3 . /
Jawab:
D. Benar karena itu merupakan sebuah frase lagu tersebut.
Pembahasan:
Pelajari modul 4 KB 3 tentang membuat lagu.
25.
_____ _____ ____ _____ _____ _____ _____ _____ ____ ____ ____ _____ _____ _____ _____ _____
1 . 2 3 . 5 / 1 . 2 3 . 5 / 1 . . 6 . . / 5 . . 5 0 0 / 2 . 2 2 . 3 / 1 . 2 3 . 5 / 2 . . 2 . 1 / 2 . . 2 0 0 /
Kalimat pada lagu “Bunga Tanjungku” ciptaan C. Simanjuntak di atas ini, adalah .....
___ ___ ___ ___ ___ ___ ___ ____
A. 1 . 2 3 . 5 / 1 . 2 3 . 5 / 1 . . 6 . . / 5 . . 5 0 0 /
___ ___ ____ ___ ____ ___ ___ ___ ___ ___ ___ ___
B. 1 . 2 3 . 5 / 1 . 2 3 . 5 / 1 . . 6 . . / 5 . . 5 0 0 / 2 . 2 2 . 3 / 1 . 2 3 . 5 /
___ ___ ___ ___ ___ ___ ___ ___ ___ ___ ___ ___
C. 1 . 2 3 . 5 / 1 . 2 3 . 5 / 1 . . 6 . . / 5 . . 5 0 0 / 2 . 2 2 . 3 / 1 . 2 3 . 5 /
__ __ __ __
2 . . 2 . 1 / 2 . . 2 0 0 /
___ ___ ___ ___
D. 1 . 2 3 . 5 / 1 . 2 3 . 5 /
Jawab:
C. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 4 KB 3 tentang membuat lagu.
26. Sebuah lagu yang diaransemen secara utuh memiliki bagian-bagian berikut ini ....
A. intro
B. intro dan bagian utama lagu.
C. intro, bagian utama lagu, dan codA.
D. intro, bagian utama lagu, intelude, dan coda.
Jawab:
D.Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 5 KB 1 tentang persispan pembuatan aransemen musik
27. Lihat pertanyaan soal no.27 pada Attachment.
A. D - C - G
B. G - D - C
C. G - C - D
D. C - G - D
Jawab:
D. Benar, karena not-notnya terdiri dari c - e - g, g - b - d, d - fis - a.
Pembahasan:
Pelajari modul 5 KB 2 tentang dasar-dasar aransemen.
28. Lihat Pertanyaan soal no.28 pada Attachment.
A. F - C - G
B. F - G - C
C. C - G - F
D. C - F - G
Jawab:
A. Benar.
Pembahasan:
Pelajari modul 5 KB 2 tentang dasar-dasar aransemen
29. Lihat Pertanyaan soal no.29 pada Attachment.
A. Sisipan
B. Sempurna
C. Plagal
D. Tengah.
Jawab:
B. Benar.
Pembahasan:
Pelajari modul 5 KB 2 tentang dasar-dasar aransemen
30. Lihat Petanyaan soal no. 30 pada Attchment
A. Imitasi
B. Obligato
C. Intro
D. Filler - In
Jawab:
B. Benar.
Pembahasan:
Pelajari modul 5 KB 2 tentang dasar-dasr aransemen.
31. Untuk membuat aransemen sebuah lagu berikut ini adalah yang harus dilakukan ....
A. tentukan lagu model - pelajari dan kuasai lagu - temukan puncak lagu - perhatikan isi pesan lagu
B. tentukan lagu model - pelajari dan kuasai lagu - perhatikan isi pesan lagu - temukan puncak lagu
C. tentukan lagu model - temukan puncak lagu - pelajari dan kuasai lagu - perhatikan isi pesan lagu
D. tentukan lagu model - perhatikan isi pesan lagu - temukan puncak lagu - pelajari dan kuasai lagu
Jawab:
B. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 5 KB 3 tentang membuat aransemen musik anak usia dini
32. Pada jenis gerak ini, si pelaku berusaha menghindarkan kesan emosional dan lebih menekankan pada kesadaran kebersamaan yang saling menyenangkan, adalah gerak .....
A. tari
B. bekerja
C. bermain
D. pantomim
Jawab:
C. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 6 KB 1 tentang unsur tari pada tarian anak usia dini
33. Karya tari yang merupakan hasil pengembangan berdasarkan pola-pola tari yang telah ada, disebut tari ....
A. tradisional
B. tradisional rakyat
C. tradisional klasik
D. kreasi baru
Jawab:
D. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 6 KB 2 tentang jenis tarian anak usia dini.
34. Dalam mengembangkan pola gerakan tari untuk anak usia dini, guru perlu mengembangkan pula kecerdasan ...
A. emosional
B. kinestetik
C. bahasa
D. interpersonal
Jawab:
B. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 7 KB 1 tentang gerak tari anak usia dini
35. Orang yang berpendapat bahwa belajar adalah suatu perubahan di dalam kepribadian yang menyatakan diri sebagai pola baru daripada reaksi serupa berupa kecakapan, sikap, kebiasaan, kepandaian, atau suatu perintah; adalah ....
A. Whiterington
B. Sardiman
C. Slameto
D. Yulianti Parani
Jawab:
A. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 7 KB 2 tentang pengaruh gerak pada perkembangan kognitif anak usia dini.
36. Pembelajaran berpusat pada anak mengandung pengertian pula bahwa pembelajaran haruslah memperhatikan kebutuhan, pertumbuhan dan perkembangan anak di bidang berikut ini, kecuali ....
A. minat
B. bakat
C. bermain
D. kreativitas
Jawab:
C. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 7 KB 3 tentang pengearuh gerak pada perkembangan afektif anak usia dini
37. Menunjukan kemampuan dalam memadukan gerakan tubuh maupun gerakan berpindah dengan iringan musik merupakan aktivitas yang melatih ....
A. kecerdasan anak
B. ketangkasan anak
C. ketepatan anak
D. kekuatan anak
Jawab:
A. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 7 KB 4 tentang pengeruh gerak pada perkembangan motorik.
38. Anak pada usia dini akan membutuhkan sarana untuk mengembangkan kemampuan atau keterampilan secara maksimal, diantaranya dengan anak mencoba berbagai gerakan dengan tubuh merekA. Mencoba gerakan-gerakan tersebut adalah bagian dari aktivitas mereka mengenal ....
A. kepekaan dan keterampilan mereka sendiri
A. indera dan keterampilan mereka sendiri
C. kecepatan dan kekuatan mereka sendiri
D. ruang dan tubuh mereka sendiri
Jawab:
D. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 8 KB 1 tentang pemanfaatan perbendaharaan gerak anak usia dini dalam gerakan berirama
39. Ini adalah salah satu gerakan dasar berirama yang sulit untuk dilakukan oleh anak usia dini, adalah ....
A. head turn
B. shoulder pop
C. arm swing
D. back jump
Jawab:
D. Benar, karena back jump adalah gerakan yang sulit dilakukan oleh anak usia dini yang masing belum punya keseimbangan tubuh, namun demikian gerakan ini segera dapat dikuasai anak bila dilatih.
Pembahasan:
Pelajari Modul 8 KB 1 tentang pemanfaatan perbedaharaan gerak anak usia dini dalam gerak berirama
40. Pada tarian “Bermain Lompat Tali” untuk , guru dapat memanfaatkan gerakan-gerakan berikut ini, kecuali …
A. straight jump
B. hip pops
C. tuck jump
D. arm swing
Jawab:
B. Benar, karena hip pops adalah gerakan menggoyangkan pinggul
Pembahasan:
Pelajari Modul 8 KB 1 tentang pemanfaatan perbendaharaan gerak anak usia dini dalam gerak berirama.
41. Gerakan ini berfungsi anak mencapai keseimbangan badannya, yaitu ....
A. berjinjit
B. duduk
C. jongkok
D. berbaring
Jawab:
A. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 9 KB 1 tentang pengenalan tubuh.
42. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih dan menentukan judul sebuah judul tarian untuk anak usia dini, kecuali ....
A. sesuai dengan judul tema
B. anak menyukai judul tarian
C. judul sederhana tapi menarik
D. sesuai dengan lingkungan anak
Jawab:
B. Benar, karena poin ini tidak menjadi hal yang perlu diperhatikan ketika memilih judul tarian.
Pembahasan:
Pelajari Modul 10 KB 1 tentang prinsip-prinsip dalam kegiatan penciptaan tari
43. Gerak-gerak yang dilakukan dalam keseharian diberi ritme sehingga gerak tersebut tidak lagi merupakan gerak fungsional semata, merupakan gerak sebagai akibat dari ....
A. kesadaran tubuh
B. kesadaran ruang
C. bentuk tubuh
D. irama
Jawab:
D. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 10 KB 2 tentang struktur tari
44. Anak usia 3-4 tahun masih mengalami kesulitan menggunakan keterampilan motorik halusnya dalam kegiatan ....
A. olah raga
B. bernyanyi
C. menari
D. drama
Jawab:
C. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 9 KB 2 tentang keterampilan gerak anak usia dini
45. Menurut Gendhon Humardhani gerakan-gerakan yang sering dilakukan dalam keseharian, termasuk dalam kategori Gerakan ....
A. Aktif
B. Kata
C. Bagian
D. Kata Baru
Jawab:
A. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 10 KB 2 tentang struktur tari.
46. Orang yang menyatakan bahwa kegunaan pembelajaran tari anak usia dini setidaknya harus mencakup kegunaan kognitif, kegunaan afektif, kegunaan fisik, dan kegunaan sosial, adalah ....
A. Anne Green Gilbert
B. Alma Hawkins
C. Arch Lauterer
D. Lowy
Jawab:
A. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 10 KB 3 tentang proses penciptaan tari
47. Musik iringan untuk tari “Randai” dari Minangkabau, menggunakan ....
A. musik pukul
B. musik external
C. musik internal
D. musik klasik
Jawab:
C. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 11 KB 1 tentang penciptaan musik berdasarkan tarian.
48. Memilih musik iringan untuk tarian anak usia dini sebaiknya adalah musik yang bertempo ...
A. cepat
B. lambat
C. sedang
D. bervariasi
Jawab:
C. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 11 KB 2 tentang penciptaan gerak berirama atau tari berdasarkan musik yang sudah ada.
49. Ada sebuah tahapan dalam perencanaan yang harus dilakukan guru ketika menciptakan sebuah tarian dimana pada tahapan tersebut adalah menjelaskan tentang hasil survey data yang dilakukan guru untuk mendukung bentuk tariannyA. Tahapan yang dimaksudkan adalah ....
A. Metode garapan
B. Acuan teoritik
C. Orientasi garapan
D. Latar belakang
Jawab:
B. Benar
Pembahasan:
Pelajari Modul 12 tentang praktek penciptaan karya utuh atau gerak berirama untuk anak usia dini.
50. Tahap penciptaan tari yang disebut dengan tahap eksplorasi adalah ....
A. suatu aktivitas menemukan dan menentapkan gerakan-gerakan yang spontan dan terkendali.
B. menyusun semua gerakan tari dan memberikan sentuhan akhir dari seluruh proses berkarya tari
C. kegiatan mengkaji kembali gerakan-gerakan yang sudah ditemukan dan direncanakan untuk digunakan dalam tarian
D. pikiran kita bekerja, berimajinasi, merasakan, merespons rangsang untuk menemukan berbagai gerak dari berbagai sumber dengan menggunakan semua indera
Jawab:
D. Benar.
Pembahasan:
Pelajari Modul 12 tentang praktek penciptaan karya utuh atau gerak berirama untuk anak usia dini.
Download Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4402
Untuk memudahkan Anda dalam menyimpan soal-soal pada artikel ini, kami telah menyiapkan soal dalam bentuk dokumen PDF yang mana telah kami sampaikan diatas bahwa file bisa Anda download langsung untuk nanti dipelajari dirumah sebelum ujian akhir semester dimulai. Nah berikut ini kami bagikan untuk Anda link Download Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4402 Keterampilan Musik dan Tari lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan soalnya.Kami berharap dengan adanya soal-soal seperti ini bisa atau dapat memudahkan Anda dalam mempelajari dan memahami semua materi pada modul. Agar nantinya bisa mendapatkan nilai yang memuaskan.
Sekian artikel terkait soal ujian UT PGPAUD PAUD4402 Keterampilan Musik dan Tari, semoga soal yang kami bagikan ini bisa membantu Anda dalam menyiapkan diri Anda untuk mengikuti ujian akhir semester nantinya. Jangan lupa untuk berbagi soal ini pada teman Anda yang lainnya, dan merekomendasikan blog kami. Jika Anda ada pertanyaan terkait konten yang ada pada blog soal uas ut ini silahkan sampaikan pada kolom komentar atau hubungi kami melalui halaman Contact, terima kasih.