1/16/2017

Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4407 Pengelolaan Kegiatan Pengembangan AUD Beserta Kunci Jawaban

loading...
loading...
Soal ujian UT PGPAUD PAUD4407 Pengelolaan Kegiatan Pengembangan AUD beserta kunci jawaban kami bagikan untuk Anda Mahasiswa UT (Universitas Terbuka) jurusan S1 PGPAUD (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini). Pada artikel kami sebelumnya, telah berbagi lengkap Soal Ujian UT PGPAUD Semetser 8, terakhir kami memposting untuk Anda Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4403 Seni Keterampilan Anak. Seperti yang selalu kami sampaikan untuk Anda terkait soal yang kami bagikan pada blog soal uas ut ini, bahwa semua soal yang kami bagikan adalah hasil dari rangkuman soal-soal pada modul dan materi, jadi tentunya besar kemungkinan jika Anda mempelajari soal-soal ini Anda bisa memahami materi yang ada pada modul secara cepat.

Banyaknya Mata Kuliah yang harus diujiankan belum lagi ditambah Anda mengulang Mata Kuliah sebelumnya, tentu Anda akan sangat direpotkan untuk mempelajari semua materi Mata Kuliah Anda. Tutorial tatap muka yang hanya dilakukan beberapa kali saja dalam satu semester tentu tak banyak membantu Anda untuk menguasai materi yang ada. Untuk itu mempelajari soal-soal ujian seperti ini yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan soal akan lebih memudahkan Anda dalam menyiapkan diri untuk mengikuti ujian akhir semester nantinya.

Soal UT PGPAUD ini tak hanya kami posting dalam bentuk artikel saja, namun kami juga telah mempersiapkan soal ini dalam bentuk file PDF yang mana bisa Anda unduh langsung pada link di akhir artikel ini. Dengan mempelajari soal dan mengingat kunci jawabannya akan lebih mempersiapkan diri Anda dalam mengikuti ujian akir semester nantinya.

Soal Ujian UT PGPAUD Semester 8 lainnya:
  1. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4403 Seni Keterampilan Anak
  2. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4407 Pengelolaan Kegiatan Pengembangan AUD
  3. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4409 Kurikulum PAUD
  4. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4405 Profesionalitas Guru PAUD
  5. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4406 Bimbingan Konseling untuk Anak Usia Dini
  6. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4408 Komputer dalam Kegiatan Pengembangan AUD

Soal Ujian UT PGPAUD yang kai bagikan ini sangat besar kemungkinan akan muncul atau sama persis dengan soal ujian akhir semester nantinya. Jadi Anda sangat perlu memepelajari soal ini dan mengingat kunci jawabannya, karena besar kemungkinan akan keluar soal yang sama pada waktu ujian akhir semester nantinya.

Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4407 Pengelolaan Kegiatan Pengembangan AUD

Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4407 Pengelolaan Kegiatan Pengembangan AUD Beserta Kunci Jawaban

Kami memposting lengkap kumpulan soal-soal ujian UT PGPAUD mulai dari semester 1 sampai dengan semester 9. Tak hanya soal saja, namun kami juga membagikan contoh laporan UT dan hal lainnya yang berkaitan dengan Universitas Terbuka. Nah untuk melihat semua daftar soal untuk jurusan S1 PGPAUD silahkan Anda menuju artikel kami Soal Ujian UT PGPAUD. Berikut ini kami bagikan pada Anda Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4407 Pengelolaan Kegiatan Pengembangan AUD lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan soalnya.

Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4407

1. Menurut NAEYC, definisi pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang ….
A. melayani anak usia lahir–8 tahun yang dilakukan di rumah maupun di luar rumah (suatu lembaga)
B. membantu anak usia 0–6 tahun untuk mengembangkan seluruh aspek perkembangannya
C. menyediakan program pelatihan untuk anak-anak yang masih kecil
D. memfasilitasi perkembangan anak usia 3 – 6 tahun agar berkembang secara optimal
Jawab:
A. Benar, PAUD melayani anak usia lahir–8 tahun yang dilakukan oleh keluarga (rumah) maupun lembaga (instansi luar)
Pembahasan:
Pelajari modul 1 kegiatan belajar 2 tentang hakikat dalam pengelolaan kegiatan di KB

2. Berikut adalah tujuan khusus pengelolaan kegiatan di Kelompok Bermain, kecuali….
A. mengembangkan pemahaman agama sedini mungkin
B. memberikan pelayanan pada anak usia 2 – 4 tahun di Kelompok Bermain
C. mengembangkan program kegiatan secara sistematik dan berkesinambungan
D. memfasilitasi pengembangan kemampuan anak usia 0 – 6 tahun
Jawab:
B. Pernyataan itu merupakan tujuan umum pengelolaan kegiatan di KB dan jika Anda menjawab B maka Anda benar
Pembahasan:
Pelajari modul 1 kegiatan belajar 2 tentang tujuan dalam pengelolaan kegiatan di KB

3. Anak-anak di lembaga PAUD dilatih untuk dapat mandiri, disiplin dan mampu bersosialisasi serta memiliki keterampilan dasar hidup. Hal tersebut menunjukkan salah satu prinsip PAUD, yaitu....
A. berorientasi pada kebutuhan anak
B. mengembangkan kecakapan hidup anak
C. merangsang seluruh aspek perkembangan anak
D. kegiatan pengembangan dilakukan melalui bermain
Jawab:
B. Benar, pernyataan tersebut menggambarkan prinsip bahwa lembaga PAUD mengembangkan kecakapan hidup
Pembahasan:
Pelajari modul 1 Kegiatan Belajar 2 tentang pendekatan dlm pengelolaan kegiatan di KB

4. Tujuan pengelolaan kegiatan pengembangan di Taman Penitipan Anak bagi orang tua, diantaranya adalah ….
A. meningkatkan proses tumbuh kembang anak secara wajar untuk membentuk sumber daya manusia berkualitas
B. memberikan motivasi kepada masyarakat akan pentingnya pelayanan terpadu untuk anak usia lahir – 3 tahun
C. membantu memantapkan rangka fungsi keluarga khususnya dalam meningkatkan pendidikan dan kesejahteraan anak
D. membantu anak mengembangkan jasmani dan keterampilannya
Jawab:
C. Benar, pernyataan itu merupakan tujuan pengelolaan kegiatan pengembnagan di TPA bagi orang tua
Pembahasan:
Pelajari modul 1 kegiatan belajar 3 tentang tujuan dalam pengelolaan kegiatan di TPA

5. Pendekatan pengelolaan kegiatan di TPA yang berdasar pada filsafat pendidikan, salah satunya adalah asih yang merupakan ….
A. tindakan untuk meningkatkan kondisi intelektual anak secara optimal, sehat dan berkualitas
B. tindakan untuk mewujudkan kualitas kepribadian dan jati diri anak
C. pendampingan dan perlindungan dan upaya mewujudkan pemenuhan kebutuhan anak usia dini
D. upaya untuk mewujudkan dan meningkatkan kualitas fisik anak usia dini
Jawab:
C. Benar, upaya pendampingan dan perlindungan dan mewujudkan pemenuhan kebutuhan anak disebut asih
Pembahasan:
Pelajari modul 1 kegiatan belajar 3 tentang pendekatan dalam pengelolaan kegiatan di TPA

6. Salah satu komitmen Aksi Pendidikan untuk Semua (Education for All) menyatakan tentang upaya memperluas dan memperbaiki keseluruhan perawatan dan pendidikan anak usia dini, terutama bagi anak-anak yang...
A. sangat rawan dan kurang beruntung
B. cacat dan berkebutuhan khusus
C. terlantar dan yatim piatu
D. berbakat namun tidak mampu secara materi
Jawab:
A. Benar, upaya memperluas dan memperbaiki perawatan dan pendidikan ditujukan pada anak yang sangat rawan dan kurang beruntung
Pembahasan:
Pelajari modul 2 kegiatan belajar 1 tentang enam komitmen pelayanan pendidikan untuk semua

7. Pemerintah melalui Direktorat PAUD memfasilitasi dan memberi kesempatan pada seluruh rakyat yang memiliki kemampuan baik finansial maupun manajemen untuk menyelenggarakan PAUD. Hal ini sesuai dengan strategi pelayanan pendidikan untuk semua yang telah disepakati, yaitu pada point ….
A. memanfaatkan kemampuan masyarakat untuk membangun pendidikan berkualitas
B. meningkatkan status, moral dan profesionalitas pendidik dan tenaga kependidikan
C. menjamin keikutsertaan dan peran serta masyarakat madani dalam pembangunan pendidikan
D. mempromosikan kebijakan pendidikan untuk semua melalui peran serta masyarakat
Jawab:
C. Benar, pemerintah menjamin keikutsertaan dan peranserta masyarakat madani dalam membangun pendidikan di Indonesia
Pembahasan:
Pelajari modul 2 kegiatan belajar 1 tentang 12 strategi pelayanan pendidikan untuk semua

8. Pada saat inidiperkirakan jumlah anak usia dini sebanyak 26 juta lebih. Dari jumlah tersebut, yang sudah mendapat layanan pendidikan anak usia dini hanya sekitar 27 % sajA. Data tersebut termasuk dalam salah satu landasan dasar PAUD di Indonesia, yaitu landasan….
A. praktis
B. empiris
C. keilmuan
D. yuridis
Jawab:
B. Benar, data tersebut termasuk dalam landasan empiris, yaitu landasan berdasarkan fakta yang terdapat di lapangan
Pembahasan:
Pelajari modul 2 kegiatan belajar 1 tentang landasan dasar PAUD di Indonesia

9. Peserta didik pada Taman Penitipan Anak adalah sebagai berikut, kecuali anak....
A. usia lahir – 4 tahun yang orang tuanya bekerja
B. usia lahir – 6 tahun yang tidak mendapat layanan PAUD
C. minimal berusia 8 tahun dan terlantar
D. sekurang-kurangnya berusia 3 bulan – 6 tahun
Jawab:
C. Benar, peserta didik di TPA bukan anak-anak yang berusia di atas 8 tahun meskipun anak-anak ini terlantar
Pembahasan:
Pelajari modul 2 kegiatan belajar 2 tentang pedoman penyelenggaraan TPA

10. Masyarakat dapat mengajukan rintisan program PAUD dengan mengirimkan proposal pendirian Lembaga PAUD kepada Direktorat PAUD dengan mengacu pada persyaratan yang telah ditetapkan. Pengajuan proposal ini bertujuan untuk....
A. memotivasi masyarakat dalam memperluas dan meningkatkan mutu layanan PAUD
B. meringankan tugas pemerintah dalam melaksanakan komitman pendidikan untuk semua
C. meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat tentang pentingnya PAUD bagi mereka
D. membantu orang tua agar menyerahkan pendidikan dan pengasuhan anaknya kepada masyarakat
Jawab:
C. Benar, pengajuan rintisan program bertujuan untuk memotivasi masyarakat dalam memperluas dan meningkatkan mutu layanan PAUD
Pembahasan:
pelajari modul 2 kegiatan belajar 3 tentang pengajuan (proposal) rintisan program PAUD

11. Guru perlu berhati-hati dalam dalam merencanakan dan mengorganisir ruang kelas dan peralatannya, karena....
A. kondisi ruangan kelas akan mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran
B. suasana lingkungan selalu yang rapi dan teratur akan meningkatkan mutu layanan lembaga PAUD
C. faktor lingkungan sangat menentukan kualitas program suatu lembaga PAUD
D. peralatan yang lengkap dan ruang kelas yang besar akan mempermudah guru mengelola pembelajaran dengan baik
Jawab:
C. Benar, faktor lingkungan apalagi yang direncanakan dan dikelola dengan baik sangat menentukan kualitas program di lembaga PAUD
Pembahasan:
Pelajari modul 3 kegiatan belajar 1 tentang penggorganisiran dan pengelolaan lingkungan belajar indoor di lembaga PAUD

12. Guru yang bijaksana akan memberikan label pada semua benda dan peralatan yang terdapat dalam ruang kelasnyA. Hal ini bertujuan untuk beberapa hal berikut,kecuali....
A. mengajarkan pada anak-anak bahwa setiap alat dan benda memiliki nama
B. membantu anak memahami bahwa setiap jenis benda mempunyai tempatnya sendiri
C. mengenalkan pada anak-anak nama-nama benda dan kelompok benda/alat yang ada di kelas
D. mengajarkan pada anak-anak untuk mencari sendiri alat dan benda yang dibutuhkannya dengan membaca labelnya
Jawab:
D. Tepat sekali, karena anak usia dini banyak yang belum pandai membaca maka tujuan menamai benda bukan agar anak mencari sendiri
Pembahasan:
Pelajari modul 3 kegiatan belajar 1 tentang bagaimana menyusun dan menata ruangan kelas untuk AUD

13. Ruangan berbentuk huruf L sangat tidak disarankan dalam panduan umum penataan fasilitas fisik di lembaga PAUD, karena....
A. membutuhkan peralatan yang lebih banyak
B. menyulitkan pengawasan terhadap anak-anak
C. memperlambat pelaksanaan kegiatan pengembangan
D. memerlukan perawatan dan pengelolaan yang lebih rumit
Jawab:
B. Benar, pengawasan menjadi lebih sulit karena ada bagian yang tidak terpantau oleh mata pendidik atau pengasuh
Pembahasan:
Pelajari modul 3 kegiatan belajar 1 tentang bagaimana menciptakan lingkungan belajar indoor

14. Ruangan di lembaga PAUD sebaiknya dapat mendorong anak untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannyA. Oleh karenanya ruangan harus dapat ditata ulang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini berarti bahwa penataan ruangan harus bersifat....
A. mudah diawasi
B. teratur
C. fleksibel
D. aman dan nyaman
Jawab:
C. Benar, ruangan yang dapat ditata ulang sesuai kebutuhan berarti penataan ruangan harus bersifat fleksibel
Pembahasan:
Pelajari modul 3 kegiatan belajar 1 tentang penataan lingkungan belajar indoor

15. Banyak hal yang dilakukan anak-anak saat mereka bermain dalam sentra, di antaranya adalah....
A. membuat pilihan, mengembangkan rasa percaya diri dan berlatih memecahkan masalah
B. menemukan teman, menciptakan alat permainan dan mengatur diri sendiri
C. meminta anak lain memahaminya, menjelajah sifat anak lain dan mempertahankan ide
D. membuat keputusan, membentuk kecerdasan dan berlatih menjadi pemimpin
Jawab:
A. Benar, belajar membuat pilihan misalnya saat anak menentukan permainan yang ingin dimainkannya, mengembangkan rasa percaya diri saat anak menentukan pilihannya sendiri dan memecahkan masalah saat anak mencoba menyelesaikan suatu pekerjaan.
Pembahasan:
Pelajari materi tentang alasan penggunaan sentra dalam PAUD pada modul 3 kegiatan belajar 2

16. Jika harus menata sentra rumah tangga, maka penataan peralatan berikut yang paling baik adalah....
A. tempat tidur bayi diletakkan di dekat peralatan memasak
B. meja rias diletakkan di dekat ruang tamu
C. meja makan diletakkan di dekat ruang ganti pakaian
D. televisi dan karpet diletakkan di dekat rak buku
Jawab:
D. Benar, ketiga peralatan tersebut merupakan kegiatan tenang sehingga sangat baik jika diletakkan berdekatan
Pembahasan:
Pelajari modul 3 kegiatan belajar 2 tentang merencanakan, mendisain dan menata sentra

17. Pada setiap lembaga PAUD sebaiknya tersedia lingkungan belajar outdoor. Lingkungan ini sangat penting bagi anak, alasannya adalah....
A. kegiatan bermain di luar ruangan merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anak
B. kegiatan bermain di luar lebih beragam dan bervariasi
C. area bermain outdoor lebih aman bagi anak
D. area bermain outdoor lebih mudah ditata dan dikelola oleh guru
Jawab:
B. Benar, kegiatan bermain di luar sangat menyenangkan bagi anak, karena anak dapat bergerak bebas dan mereka menyalurkan minatnya untuk bergerak
Pembahasan:
Pelajari modul 4 kegiatan belajar 1 tentang pengertian lingkungan belajar outdoor di KB dan TPA

18. Berikut ini adalah beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan untuk menganalisis arena bermain agar memenuhi prinsip keamanan, kecuali....
A. Apakah tersedia peralatan P3K?
B. Apakah jumlah guru yang mengawasi sesuai dengan jumlah anak yang bermain?
C. Apakah batas-batas tempat bermain cukup jelas?
D. Apakah semua lubang, kabel listrik, stop kontak, dan peralatan berbahaya sudah tertutupi atau terlindung?
Jawab:
B. Benar, jumlah guru yang mengawasi tidak termasuk dalam pertimbangan keamanan arena bermain
Pembahasan:
Pelajari modul 4 kegiatan belajar 1 tentang prinsip penataan arena bermain outdoor pd AUD

19. Perlengkapan yang ada di taman bermain seperti perosotan, ayunan, papan titian dan jungkat jungkit perlu disediakan di lembaga PAUD, karena peralatan tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan potensi anak, diantaranya adalah....
A. kesetiakawanan, keberanian dan keseimbangan dan kelembutan.
B. kelentukan tubuh, keterampilan motorik halus, keberanian dan keramahan.
C. kekuatan tubuh, koordinasi tubuh, keseimbangan dan rasa percaya diri
D. keseimbangan, kesabaran, empati dan kekuatan otot kaki
Jawab:
C. Benar, seluruh potensi ini dapat dikembangkan dengan menggunakan alat-alat tersebut.
Pembahasan:
Pelajari materi tentang teknik menata lingkungan belajr outdoor pada setiap area pada modul 4 kegiatan belajar 2

20. Pelaksanaan kegiatan pengembangan pembentukan perilaku melalui pembiasaan di Kelompok Bermain perlu memperhatikan beberapa prinsip berikut, kecuali....
A. penciptaan pembelajaran yang kondusif sehingga anak terangsang untuk belajar
B. pemberian motivasi agar anak selalu bersemangat mengikuti kegiatan
C. pemberian contoh dan teladan yang baik pada anak.
D. penciptaan pola perilaku baru yang disepakati di dalam kelas.
Jawab:
D. Benar, penciptaan pola perilaku baru yang disepakati dalam kelas tidak termasuk salah satu prinsip pelaksanaan pengembangan perilaku.
Pembahasan:
Pelajari modul 5 kegiatan belajar 1 tentang pengertian pelaksanaan kegiatan pengembangan di KB

21. Pendidik di Kelompok Bermain harus memiliki jasmani dan rohani yang sehat dan memiliki sifat dan sikap sabar, keibuan dan menyayangi anak. Semua kriteria itu termasuk dalam kompetensi....
A. pedagogik
B. kepribadian
C. profesional
D. sosial
Jawab:
B. Benar, sehat jasmani rohani, sabar dan sayang anak merupakan kompetensi kepribadian.
Pembahasan:
Pelajari modul 5 kegiatan belajar 1 tentang prosedur pelaksanaan kegiatan pengelolaan di KB

22. Wahana pendidikan dan pembinaan kesejahteraan anak yang berfungsi sebagai pengganti keluarga untuk waktu tertentu selama orang tua berhalangan atau tidak memiliki waktu untuk mengasuh dan merawat anak, disebut....
A. Taman Kanak-kanak
B. kelompok bermain
C. Taman Penitipan Anak
D. Pos PAUD
Jawab:
C. Benar, TPA adalah wahana pendidikan dan pembinaan kesejahteraan sebagai penganti keluarga untuk waktu tertentu.
Pembahasan:
Pelajari modul 5 kegiatan belajar 2 tentang pengertian TPA

23. Program di TPA direncanakan dan dilaksanakan dalam satu kesatuan yang utuh dan terintegrasi yang dilakukan melalui bermain. Program pembinaan tersebut meliputi....
A. pengasuhan, perawatan, bimbingan sosial dan pendidikan.
B. perlindungan, perawatan, pertolongan dan pengobatan.
C. pendidikan, pengasuhan, perlindungan dan kesehatan
D. kesehatan, gizi, pengawasan dan pendisiplinan.
Jawab:
A. Benar, pembinaan di TPA meliputi pengasuhan, perawatan, bimbingan sosial dan pendidikan.
Pembahasan:
Pelajari modul 5 kegiatan belajar 2 tentang prosedur pelaksanaan kegiatan pengelolaan di TPA

24. Posyandu merupakanwahana kesejahteraan ibu dan anak yang berfungsi sebagai tempat pelayanan terpadu yang mencakup aspek perawatan kesehatan dan gizi, terutama bagi....
A. anak terlantar dan kurang mampu.
B. orang tua, pengasuh dan anak usia dibawah 3 tahun.
C. ibu hamil dan anak usia lahir – 5 tahun.
D. calon ibu, ibu dan bayi berusia di bawah 3 tahun
Jawab:
C. Benar, sasaran posyandu terutama ibu hamil dan anakusia lahir sampai 5 tahun
Pembahasan:
Pelajari modul 6 kegiatan belajar 2 tentang ruang lingkup pengelolaan kegiatan pengembangan Satuan PAUD Sejenis

25. Kehadiran Pos PAUD mendukung keberadaan posyandu dan Bina Keluarga Balita yang memberikan memberikan layanan kesehatan dan gizi untuk balita dan memberi pengetahuan dan keterampilan pada orang tuA. Pernyataan tersebut dalam prinsip optimalisasi ....
A. ketenagaan
B. prasarana
C. sarana
D. program
Jawab:
D. Tepat sekali, pernyataan tersebut memang termasuk optimalisasi program pos PAUD
Pembahasan:
Pelajari pendekatan pengelolaan kegiatan pengembangan SPS pada modul 6 kegiatan belajar 1

26. Penilaian terhadap anak usia dini harus dilakukan secara terencana, bertahap dan terus menerus sehingga gambaran yang didapat lebih menyeluruh. Hal ini sesuai dengan salah satu prinsip penilaian, yaitu....
A. berkesinambungan
B. menyeluruh
C. objektif
D. bermakna
Jawab:
A. Benar, penilaian yang dilakukan secara bertahap dan terus menerus sesuai prinsip berkesinambungan
Pembahasan:
Pelajari modul 6 kegiatan belajar 2 tentang penilaian kegiatan pengembangan pada lembaga SPS

27. Kegiatan yang dilakukan untuk membangun jembatan dan memfasilitasi percakapan antara anak dengan anak dan anak dengan orang dewasa yang dilakukan dalam kelompok kecil disebut....
A. circle time
B. square time
C. circle place
D. square place
Jawab:
A. Benar, kegiatan itu disebut circle time
Pembahasan:
Pelajari modul 7 kegiatan belajar 1 tentang pengertian kegiatan circle time bagi AUD

28. Salah satu hal yang perlu dan dapat dilakukan dalam memberi pijakan adalah....
A. merancang penilaian terhadap proses dan hasil pengembangan
B. mendiskusikan aturan dan harapan untuk pengalaman bermain.
C. menjelaskan jumlah peralatan dan bahan yang tersedia.
D. membahas pengelolaan kegiatan pengembangan
Jawab:
B. Benar, aturan dan harapan selama main harus didiskusikan dalam memberi pijakan main.
Pembahasan:
Pelajari materi tentang penerapan kegiatan yg perlu dan dapat dilakukan dalam memberikan pijakan yang terdapat dalam kegiatan belajar 2 modul 7

29. Sebelum memulai kegiatan bermain di sentra, anak-anak perlu diberitahu terlebih dahulu tentang berbagai kegiatan yang akan dilakukan di dalam sentrA. Penjelasan yang diberikan harus....
A. cepat, tepat dan tegas
B. perlahan-lahan, panjang dan diulang-ulang
C. rinci, detil dan panjang lebar.
D. singkat, jelas, dan mudah dipahami.
Jawab:
D. Benar, menjelaskan sesuatu pada anak usia dini sebaiknya secara singkat, jelas dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami anak.
Pembahasan:
Pelajari modul 7 kegiatan belajar 2 tentang pelaksanaan kegiatan circle time yg efektif yang dapat dilakukan guru

30. Setelah anak-anak membentuk lingkaran. Ibu guru meminta setiap anak bercerita tentang benda yang mereka bawa dari rumah pada hari itu. Setelah itu Ibu guru dan anak lainnya mengajukan satu pertanyaan pada anak yang baru saja berceritA. Kegiatan tersebut dilakukan untuk melatih anak....
A. menyusun karangan dan cerita dengan kaidah yang benar.
B. menyusun pertanyaan sesuai tema yang diberikan
C. menjawab pertanyaan dan memberi kepuasan pada yang bertanya.
D. mengemukakan pendapat, gagasan dan ide.
Jawab:
D. Benar, kegiatan itu untuk melatih anak menyampaikan gagasan, ide dan pendapat
Pembahasan:
Pelajari modul 7 kegiatan belajar 2 tentang aplikasi kegiatan circle time di KB atau TPA

31. Dalam sentra anak-anak menyalurkan rasa ingin tahunya dengan melakukan kegiatan yang diinginkan dan disukainyA. Hal ini sesuai dengan keterkaitan pengertian sentra dengan pandangan ahli seperti yang dikemukakan John Dewey, yaitu bahwa anak belajar....
A. melalui interaksi langsung dengan anak lain dan lingkungannya
B. melalui alat belajar yang disipkan dengan hati-hati
C. sambil bekerja
D. atas kehendak sendiri
Jawab:
C. Benar, belajar sambil bekerja merupakan pendapat yang disampaikan oleh John Dewey
Pembahasan:
Pelajari modul 8 kegiatan belajar 1 tentang pengertian sentra

32. Anak-anak senang sekali bermain dengan bahan-bahan seperti pasir, air, lumpur, adonan tepung maupun bahan cair lainnyA. Kegiatan bermain dengan bahan-bahan tersebut dikenal dengan sebutan main....
A. peran
B. sensorimotor
C. pembangunan
D. tradisional
Jawab:
C. Benar, main pembangunan dilakukan anak dengan menggunakan benda-benda yang terdapat disekitarnya seperti bahan sifat cair dan terstruktur
Pembahasan:
Pelajari modul 8 kegiatan belajar 1 tentang jenis bermain dan tahap-tahapnya

33. Pelaksanaan kegiatan pengembangan pembentukan perilaku melalui pembiasaan di Kelompok Bermain perlu memperhatikan beberapa prinsip berikut, kecuali....
A. penciptaan pembelajaran yang kondusif sehingga anak terangsang untuk belajar
B. pemberian motivasi agar anak selalu bersemangat mengikuti kegiatan.
C. pemberian contoh dan teladan yang baik pada anak
D. penciptaan pola perilaku baru yang disepakati di dalam kelas
Jawab:
D. Benar, penciptaan pola perilaku baru yang disepakati dalam kelas tidak termasuk salah satu prinsip pelaksanaan pengembangan perilaku.
Pembahasan:
Pelajari modul 8 kegiatan belajar 2 tentang prinsip umum pendekatan sentra di KB dan TPA

34. Dalam merencanakan dan mengembangkan sentra, pendidik harus menentukan dan memperhatikan sentra yang paling membutuhkan dan cukup tinggi aksesnya dengan sumber listrik. Hal ini karena sentra ini membutuhkan ....
A. pengawasan secara khusus
B. area yang tidak mudah diakses anak-anak
C. area yang luas
D. peralatan khusus
Jawab:
A. Benar, pengawasan khusus diperlukan karena sentra ini beresiko tinggi bagi anak
Pembahasan:
Pelajari modul 8 kegiatan belajar 2 tentang rambu-rambu pelaksanaan pendekatan sentra di KB dan TPA

35. Sentra persiapan diadakan untuk mengembangkan keaksaraan anak di lembaga PAUD. Dinamakan sentra persiapan karena sentra ini....
A. menciptakan tantangan yang harus selalu dihadapi anak dengan kesiapan mental dan fisik
B. membantu anak menyiapkan dirinya untuk memasuki jenjang selanjutnya
C. mengajarkan pada anak untuk selalu bersiap-siap menghadapi berbagai tantangan kehidupannya.
D. selalu dipersiapkan guru dengan matang dan penuh kehati-hatian
Jawab:
B. Benar, karena sentra ini membantu anak menyiapkan dirinya memasuki jenjang pensisikan selanjutnya meliputi kesiapan membaca dan menulis
Pembahasan:
pelajari modul 9 kegiatan belajar 2 tentang pengertian sentra persiapan

36. Pendidik PAUD harus memberikan informasi pada anak didiknya tentang alat, bahan dan kegiatan yang akan dilakukan anak-anak saat mereka bermain di dalam sentra persiapan. Penjelasan ini termasuk dalam pijakan....
A. setelah main
B. sebelum main
C. selama main
D. lingkungan main
Jawab:
B. Benar, memberi informasi alat bahan dan kegiatan yang akan dilakukan termasuk pijakan sebelum main
Pembahasan:
Pelajari modul 9 kegiatan belajar 1 tentang langkah-langkah melaksanakan 4 jenis pijakan yang terdapat pada sentra persiapan

37. Perhatikan urutan berikut: (1) menggunting sekitar pinggiran kertas; (2) menggunting di antara 2 garis lurus; (3) menggunting dengan sepenuh bukaan gunting; (4) membuka dan menggunting secara terus menerus sepanjang kertas (5) menggunting bentuk tetapi tidak tepat mengikuti garis. Urutan tahapan menggunting pada anak usia dini adalah....
A. 3 – 4 – 2 – 1 – 5
B. 1 – 2 – 3 – 4 – 5
C. 5 – 4 – 3 – 2 – 1
D. 1 – 3 – 4 – 2 – 5
Jawab:
D. Benar, urutan ini adalah yang paling tepat untuk tahapan kemampuan menggunting anak usia dini
Pembahasan:
Pelajari modul 9 kegiatan belajar 1 tentang tahapan perkembangan anak dalam menggunting

38. Sudut buku pada sentra persiapan sebaiknya diisi berbagai buku dengan kriteria yang sesuai untuk anak, yaitu....
A. alur cerita sederhana, halaman penuh warna, ilustrasi gambar lebih utama dan banyak pengulangan kata.
B. menggunakan bahasa sastra yang indah, gambar besar-besar dan berisi banyak kata-kata baru
C. alur cerita sederhana, ceritanya mengandung pemecahan masalah dengan sedikit gambar
D. berisi gambar dengan percakapan langsung, warna dibatasi hanya dua saja dan tulisan berukuran standar
Jawab:
A. Benar, kriteria tersebut sangat sesuai untuk buku-buku yang ditujukan untuk anak-anak
Pembahasan:
pelajari modul 9 kegiatan belajar 2 tentang bahan-bahan yg dibutuhkn di sentra persiapan berdasarkan BCCT

39. Dalam sentra persiapan anak-anak dilatih keterampilan motorik halusnya sebagai latihan pra menulis, hal ini sesuai dengan rambu-rambu pelaksanaan sentra persiapan, salah satunya adalah....
A. membantu anak menyadari materi yang sedang dipelajarinya
B. mengembangkan kemampuan keaksaraan sejak dini.
C. mengembangkan tahap perkembangan bahasa dan seni anak
D. menjelaskan pada anak cara melakukan dan menggunakan peralatan yang ada
Jawab:
B. Benar, pernyataan itu sesuai dengan rambu bahwa sentra persiapan mengembangkan kemampuan keaksaraan anak sejak dini
Pembahasan:
pelajari modul 9 kegiatan belajar 2 tentang rambu-rambu pelaksanaan kegiatan di sentra persiapan di KB & TPA

40. Dalam sentra bermain peran, anak-anak belajar tentang kehidupan dalam keluarga dan masyarakat. Oleh karena itu sentra bermain peran sangat penting bagi anak karena dalam sentra ini....
A. berlatih cara bertinteraksi dengan orang lain
B. mengenal silsilah keluarga dan garis keturunannya
C. mendidik anak menjadi orang tua yang baik bagi anak-anaknya kelak
D. belajar mengenal dirinya sendiri, keluarga dan lingkungan sekitarnya
Jawab:
D. Benar, kalimat dalam stem menggambarkan sentra bermain peran, penting agar anak mengenal diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitarnya
Pembahasan:
Pelajari modul 10 kegiatan belajar 2 tentang pentingnya sentra main peran

41. Anak usia satu tahun senang sekali bermain menjawab telepon atu membaca koran. Hal itu termasuk tahapan bermain peran pada tahap pertama, yaitu permainan peran....
A. soliter
B. sosio drama
C. meniru
D. khayalan
Jawab:
C. Benar, tahap ini termasuk tahap main peran meniru dimana anak menirukan tingkah laku orang di sekelilingnya
Pembahasan:
Pelajari materi tentang tahapan main peran berdasarkan pendekatan BCCT pada modul 10 kegiatan belajar 1

42. Kegiatan bermain peran di pantai dapat dilakukan anak-anak di lembaga PAUD. Kegiatan main peran ini dapat dilakukan untuk memperdalam tema....
A. binatang; tanaman; kesukaan; pekerjaan dan alat transportasi
B. pekerjaan; kesukaan; diri sendiri; keselamatan dan keamanan, bulan bintang dan matahari
C. rumah; sekolah; pekerjaan; alat transportasi dan kehidupan di pantai.
D. rekreasi; kehidupan di pesisir dan di pegunungan; pakaian; keamanan, kesehatan dan keselamatan.
Jawab:
D. Benar, kegiatan bermain peran di pantai dapat dilakukan untuk memperdalam tema-tema tersebut.
Pembahasan:
Pelajari modul 10 kegiatan belajar 1 tentang contoh kegiatan main peran di TPA dan KB

43. Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar dan mereka juga senang mengeksplorasi lingkungannya untuk mencari jawaban atas pertanyaan yang timbul dalam dirinyA. Semua karakteristik itu dapat difasilitasi dalam sentra....
A. balok
B. sains
C. seni
D. persiapan
Jawab:
B. Benar, sentra sains merupakan tempat dimana anak dapat mengeksplorasi untuk memuaskan rasa ingintahunya
Pembahasan:
Pelajari modul 10 kegiatan belajar 2 tentang pengertian sentra sains

44. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan di sentra sains untuk mengajarkan anak tentang asal mula terjadinya sesuatu, adalah....
A. melukis dengan menggunakan berbagai media seperti cat, krayon dan adonan tepung.
B. mengamati kupu-kupu dengan kaca pembesar.
C. menanam biji kacang hijau.
D. membuat diorama pedesaan dari bubur koran.
Jawab:
C. Benar, kegiatan ini mengajak anak-anak mengamati proses pertumbuhan dan terjadinya kecambah.
Pembahasan:
Pelajari modul 10 kegiatan belajar 2 tentang contoh kegiatan di sentra sains di KB & TPA

45. Area bermain balok sebaiknya ditempatkan di tempat yang terlindung dari lalu lalang, hal ini bertujuan agar....
A. anak dapat bermain dengan aman dan bangunan balok mereka tidak mudah berbenturan satu sama lain.
B. kemampuan anak dapat dipantau oleh pendidik secara lebih detil dan lebih mendalam
C. anak bisa bermain tanpa diketahui oleh anak lainnya dan tidak mudah beralih pada permainan lainnya
D. seluruh aspek perkembangan anak dapat dikembangkan secara maksimal tanpa intervensi dari pihak luar.
Jawab:
A. Anda benar! Dengan tempat yang terlindung dari lalu lalang, anak dapat bermain dengan aman dan tidak mudah berbenturan.
Pembahasan:
Pelajari modul 11 kegiatan belajar 1 tentang pengturan lingkungan belajar di sentra balok

46.Saat anak baru mengenal permainan balok, biasanya mereka akan membawa-bawa balok keliling area, baik dengan tangannya maupun menggunakan alat angkut seperti truk mainan. Tahapan bermain balok ini sering disebut sebagai tahap bermain....
A. dramatik
B. fungsional
C. menghubungkan
D. menumpuk
Jawab:
B. Benar, Tahapan ini disebut bermain fungsional atau membawa balok
Pembahasan:
Pelajari modul 11 kegiatan belajar 1 tentang mengamati dan mempromosi belajar anak di sentra balok

47. Saat bermain di sentra seni, biasanya sebelum kegiatan berakhir langkah yang dilakukan guru adalah....
A. melaporkan kegiatan yang telah dilakukan.
B. membantu anak yang belum selesai
C. memberi reward atas hasil karya anak
D. memajang hasil karya anak
Jawab:
D. Benar, sebelum kegiatan di sentra seni berakhir biasanya guru memajang hasil karya anak pada hari itu.
Pembahasan:
Pelajari modul 11 kegiatan belajar 2 tentang langkah-langkah kegiatan dalam sentra seni

48. Penilaian kegiatan pengembangan harus dilakukan secara menyeluruh terhadap semua aspek perkembangan anak dan kegiatan pengembangan dilaksanakan. Hal ini sesuai dengan prinsip penilaian, yaitu....
A. komprehensif
B. integratif
C. relevansi
D. objektif
Jawab:
A. Benar, pernyataan itu sesuai dengan prinsip komprehensif atau menyeluruh
Pembahasan:
Pelajari modul 12 kegiatan belajar 1 tentang prinsip2 penilaian kegiatan pengembangan di KB & TPA

49. Benny dan Hughes menyatakan bahwa suatu cara atau metode yang digunakan untuk mendapatkan jawaban dari responden dengan menggunakan tanya jawab secara sepihak, disebut….
A. dokumentasi
B. observasi
C. wawancara
D. portofolio
Jawab:
C. Benar, metode yang digunakan dengan melakukan Tanya jawab untuk mendapat jawaban responden disebut wawancara.
Pembahasan:
Pelajari modul 12 kegiatan belajar 1 tentang bentuk-bentuk penilaian kegiatan pengembangan di KB & TPA

50. Ibu Sinta mengambil gambar dengan kamera video saat anak-anak sedang melakukan kegiatan melompat dengan satu kaki dan dua kaki. Tindakan yang dilakukan Ibu Sinta termasuk dalam….
A. merekap data dengan berbagai alat
B. merekam data melalui berbagai teknik
C. menganalisis data dengan berbagai cara
D. menilai data melalui berbagai media
Jawab:
B. Benar, merekam data berarti mengumpulkan atau mengambil data dengan menggunakan berbagai cara seperti pada contoh
Pembahasan:
Pelajari modul 12 kegiatan belajar 2 tentang pengembangan penilaian di KB dan TPA

Download Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4407

Seperti yang telah kami sampaikan diatas bahwa selain artikel, kami juga telah menyiapkan soal ini dalam bentuk file dokumen PDF yang mana bisa Anda simpan langsung dengan cara mendownloadnya. Soal ini tentunya bisa Anda pelajari di rumah untuk mempersiapkan diri Anda dalam mengikuti ujian akhir semester nantinya. Nah berikut ini Anda bisa Download Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4407 Pengelolaan Kegiatan Pengembangan AUD lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan soalnya.


Sangat besar kemungkinan soal-soal yang Anda pelajari akan keluar pada waktu ujian akhir semester nantinya. Dan selain itu dengan mempelajari soal-soal yang telah disertakan kunci jawaban akan lebih memungkinkan Mahasiswa dapat memahami semua mata kuliah. Tak hanya persiapan pada materi, dalam menghadapi ujian nantinya Anda juga perlu menyiapkan hal-hal lainnya sepeti, mental dan persiapan alat tulis agar siap pada waktu ujian.

Sekian artikel terkait soal ujian UT PGPAUD PAUD4407 Pengelolaan Kegiatan Pengembangan AUD, semoga soal yang kami bagikan ini bisa berguna dan bermanfaat untuk Anda dalam menghadapi atau mengikuti ujian akhir semester nantinya, jangan lupa untuk merekomendasikan blog soal uas ut ini pada teman-teman Anda lainnya, terima kasih.
Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4407 Pengelolaan Kegiatan Pengembangan AUD Beserta Kunci Jawaban Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Soalku.com