6/21/2017

Soal Ujian UT Akuntansi EKMA4414 Manajemen Strategik Beserta Kunci Jawaban

loading...
loading...
Soal Ujian UT (Universitas Terbuka) Akuntansi EKMA4414 Manajemen Strategik lengkap dengan kunci jawaban kami bagikan untuk Anda Mahasiswa FEKON (Fakultas Ekonomi) Non Pendas yang sekarang ini sedang menempuh pendidikan pada semester 8. Pada postingan kami sebelumnya kami telah berbagai Soal Ujian UT Akuntansi Semester 8, terakhir kami memposting Soal Ujian UT Akuntansi EKMA4159 Komunikasi Bisnis, kami konsisten membangun blog Soal UAS UT sebagai wadah untuk membagikan kumpulan soal-soal ujian akhir semester Universitas Terbuka. Yang kemudian bisa Anda pelajari sebelum menghadapi ujian nantinya. Setiap soal yang kami posting atau bagikan tentu sudah disertakan dengan kunci jawaban dan pembahasan kunci jawabannya. Tentu dengan hal tersebut Anda akan lebih dimudahkan dalam mempelajari materi yang ada pada madul Anda. Tak hanya Soal Ujian UT  saja, kami juga memberikan berbagai hal lainnya terkait tugas Anda sebagai Mahasiswa Universitas Terbuka, seperti Contoh Laporan PKP, Contoh Laporan PKM dan lainnya. Kami sadar akan kesulitan Anda selaku Mahasiswa dalam mempelajari semua materi yang ada pada modul, hal ini tentu kita tahu bahwa, kegiatan belajar mengajar atau tutorial di UT sendiri yang hanya dilakukan beberapa kali dalam satu semesternya. Tentunya tidak cukup waktu untuk mempelajari dan memahami semua materi yang ada.

Dengan adanya Soal Ujian UT Akuntansi dan berbagai Soal UT untuk jurusan lainnya baik Pendas maupun Non Pendas yang telah kami sajikan pada blog ini, tentu Anda akan lebih dimudahkan dalam mempelajari isi materi pada modul. Dengan hal ini Anda akan lebih bisa menghemat waktu Anda untuk mempelajari semua materi di mata kuliah Anda. Mempelajari soal-soal seperti ini yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan soal tentu akan menghemat waktu Anda. Tak jarang soal yang Anda pelajari akan sama persis keluar pada waktu ujian nantinya, hal ini karena semua soal yang kami bagikan ini tak lepas dari materi yang ada pada modul Anda.

Soal Ujian UT Akuntansi Semester 8 lainnya:

Tentunya Anda akan sangat dimudahkan dengan adanya soal seperti ini, selain bisa Anda download soal ini untuk kemudian Anda pelajari dirumah, Anda juga mempelajari soal ini secara online, melalui Handphone Anda, karena dalam hal ini, kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabannya. Jadi Anda sangat dimudahkan sekali dalam mempelajari soal-soal ini, kapanpun dan dimana saja Anda bisa belajar, asalkan Anda bisa internetan dengan handphone Anda. Pada akhir artikel, kami juga sudah menyiapkan link untuk mendownload soal ini dalam bentuk file PDF yang mana Anda akan diarahkan langsung pada link downloadnya. Jadi Anda tidak perlu lagi melakukan copy-paste.
Untuk melihat daftar lengkap soal Majamen dari semester 1 sampai semester 8 silahkan Anda menuju artikel kami Soal Ujian UT Akuntansi.

Soal Ujian UT Akuntansi EKMA4414 Manajemen Strategik

Soal Ujian UT Akuntansi EKMA4414 Manajemen Strategik Beserta Kunci Jawaban

Seperti yang telah kami sampaikan diatas bahwa pada blog Soal UAS UT ini kami tidak hanya berbagi Soal untuk satu jurusan saja, namun kami juga berbagi berbagai soal lainnya untuk jurusan yang berbeda, nah untuk melihat lengkap soal-soal jurusan lainnya, silahkan Anda merujuk ke postingan kami Soal Ujian UT. Soal yang kami bagikan untuk jurusan Akuntansi ini tentunya lengkap, mulai dari semester 1 sampai dengan semester 8, untuk melihat daftar lengkap soalnya, Anda bisa menuju artikel kami Soal Ujian UT Akuntansi.

Nah berikut ini soal lengkap dari mata kuliah EKMA4414 Manajemen Strategik lengkap dengan kunci jawaban serta pembahasan soalnya yang bisa Anda pelajari untuk persiapan dalam mengikuti ujian akhir semester nantinya.

Soal Ujian UT Akuntansi EKMA4414

1. Yang dimaksud dengan Manajemen Stratejik adalah
A. Proses yang melibatkan individu dan kelompok untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan melalui penawaran produk dan jasa nilai dengan pihak lain
B. proses pengkoordinasian dan pengintegrasian kegiatan kerja agar diselesaikan secara efektif dan efisien melalui orang lain.
C. Usaha manajerial meningkatkan kekuatan perusahaan untuk mendapatkan peluang bisnis dan mengurangi kelemahannya.
D. Usaha manajerial untuk memasuki pasar baru.
Jawab:
C. Benar, Ini adalah definisi Manajemen Stratejik

2. Sebutkan komponen apa saja yang harus ada dalam Manajemen Stratejik
A. Perencanaan, Pengorganisasian, Pengkoordinasian, Pengawasan
B. Stratejik Korporat, Stratejik Bisnis Unit
C. Strengthening, Weakness, Oppportunity, Threathen.
D. Analisis Lingkungan Bisnis, Analisis Profil Perusahaan, Strategi Bisnis yang diperlukan, Visi dan Misi
Jawab:
D. Benar, Ini adalah Komponen Manajemen Sratejik

3. Sebutkan mazhab atau aliran dalam Manajemen Stratejik
A. Manajemen Stratejik sebagai seni dan ilmu
B. Stratejik Action Plan dan Tactical Action Plan
C. Lingkungan Bisnis dan Lingkungan Internal sebagai determinan
D. Stratejik Korporat, Stratejik Bisnis Unit
Jawab:
C. Benar, Ada aliran yang menyebut Lingkungan Bisnis sebagai determinan, ada juga yang menyebut lingkungan internal.

4. Tingkatan Stratejik pada pimpinan suatu unit perusahaan adalah
A. Stratejik Jaringan.
B. Stratejik Bisnis Unit.
C. Stratejik Korporat
D. Stratejik Fungsional
Jawab:
B. Benar, Ini adalah tingkatan stratejik bagi pimpinan suatu unit usaha.

5. Perbedaan antara Manajemen Stratejik dahulu dan sekarang adalah
A. Dahulu berorientasi jangaka panjang, sekarang jangka pendek.
B. Dahulu fokus pada pelanggan, sekarang pada produk
C. Dahulu bentuk sederhana singkat padat, sekarang kompleks
D. Strategi rekayasa
Jawab:
A. Benar. Sekarang berorintasi jangka pendek, yaitu ketika tidak efisien, segera dicara tahu penyebabnya.

6. Dalam mengantisipasi ketidakpastian lingkungan makro, strategi yang paling sering digunakan manajer adalah
A. Strategi Oposisi
B. Strategi adaptasi
C. Strategi ofensif.
D. Strategi kontinjengsi
Jawab:
B. Benar, Strategi ini yang paling sering digunakan

7. Salah satu strategi manajemen dalam mengatisipasi lingkungan markro adalah dengan sama sekali tidak memberikan tanggapan. Strategi Ini disebut …..
A. Strategi Rekayasa
B. Strategi adaptasi
C. Strategi pasif
D. Strategi Menarik Diri
Jawab:
C. Benar. Strategi ini dilakukan dengan sama sekali tidak memberikan respon.

8. Faktor politik memberi pengaruh pada lingkungan makro. Ini banyak ditemukan di negara ….
A. Negara sedang berkembang
B. Negara maju
C. Negara Industri
D. Negara beraliran komunis
Jawab:
A. Benar. Analisis lingkungan politik banyak ditemukan pada negara sedang berkembang

9. Salah satu contoh pengaruh faktor politik adalah…
A. Intervensi pemerintah untuk pemerataan pembangunan
B. Laisses Faire
C. Kemampuan manajer dalam melakukan penyesuaian dengan lingkungannya yang berbeda.
D. Sistem hukum yang belum mandiri
Jawab:
A. Benar. Di negara sedang berkembag karena kondisi belum stabil, diperlukan campur tangan pemerintah.

10. Jenis pasar yang jarang ditemui di negara maju adalah
A. Pasar Monopoli
B. Pasar Oligopoli dominan
C. Pasar Oligopoli pekat
D. Pasar persaingan sempurna
Jawab:
A. Benar, Rendahnya campur tangan pemerintah, dan pasar diserahkan ke mekanisme pasar bebas, maka jarang terjadi pasar monopoli.

11. Berikut ini adalah ciri-ciri dari jenis perusahaan Oligopoli dominan, yaitu sbb :
A. Empat Perusahan terbesar menguasai 60 sd 100 %, interdepen di dalam penetapan harga
B. Satu perusahaan menguasai 50 % sd 100 %
C. Banyak pesaing, tetapi tidak ada yang menguasai lebih dari 10 sd 20 %
D. Satu perusahaan mengusai 100 %
Jawab:
B. Benar. Ini adalah Oligopoli Dominan

12. Menurut Joe Bain, halangan memasuki pasar yang paling penting adalah :
A. Skala Ekonomi
B. Persyaratan Modal
C. Diferensiasi produk
D. Keunggulan Biaya
Jawab:
C. Benar, Ini adalah halangan yang terpenting

13. Fokus pada salah satu keunggulan perusahaan termasuk pendekatan faktor internal jenis ….
A. Fungsional
B. Rantai Nilai
C. Unit Keunggulan Bersaing
D. Pendekatan PIMS
Jawab:
C. Benar, Pada pendektan ini perusahaan fokus pada salah satu produk yang menjadi keunggulannnya.

14. Pendekatan yang paling sederhana dan paling banyak digunakan dalam mengindentifikasi keunggulan faktor internal adalah
A. Fungsional
B. Rantai Nilai
C. Unit Keunggulan Bersaig
D. Pendekatan PIMS
Jawab:
C. Benar

15. Pendekatan yang dilakukan dengan cara mencari keterlkaitan antara kinerja dan biaya suatu bagian dengan kinerja dan biaya bagia lain adalah poendekatan
A. Fungsional
B. Rantai Nilai
C. 7-s
D. Pendekatan PIMS
Jawab:
B. Benar, Pendekatan ini dikenalkan oleh Michael Porter, yaitu pendekatan yang melihat keterkaitan antara rantai nilai.

16. Tipe pemimpin yang fokus pada peningkatan penjualan melalui pengenalan produk baru dan peningkatan pangsa pasar adalah ….
A. Defender
B. Analyzer
C. Reactor
D. Prospector
Jawab:
D. Benar. Ini adalah tipe pemimpin yang fokus pada peningkatan penjualan.

17. Tipe pemimpin yang tidak memiliki sikap yang pasti dan konsisten dalam menghadapi perubahan bisnis adalah :
A. Defender
B. Analyzer
C. Reactor
D. Prospector
Jawab:
C. Benar. Ini tipe pemimipin yang tidak memiliki strategi pasti dan konsistensi dalam menyikapi perubahan pasar.

18. Dalam melakukan investasi, seorang manajer yang memiliki sifat cenderung mencari aman (safety first) adalah tipe manajer….
A. Agresif
B. Pasif
C. Supoptimal
D. Superior
Jawab:
B. Benar, Ini adalah jenia pemimpin yang bersifat mencari aman (safety first), tidak berani mengambil resiko

19. Seorang pemimpin yang kharismatik, powerful, berpikiran intuitif, menyeluruh, dalam mitos Yunani Kuno adalah tipe pemimpin dengan karakter….
A. Zeus
B. Apollo
C. Athena
D. Dyionisius
Jawab:
A. Benar, Tipe pemimipin Zeus menunjukkan bahwa kekuatan organisasi terletak pada pusat kekuasaan

20. Berikut adalah ciri tipe pememipinan Dewa Athena
A. Pantang diketahui memiliki kelemahan, memiliki kedekatan dengan anak buah
B. Lebih menyukai extrinsict reward
C. Lebih menyukai intrinsict reward
D. Jika organisasi pro ke pekerja , mau mengorbankan kepentingan pribadi
Jawab:
C. Benar, Tipe Athena lebih mementingkan intrinsict reward

21. Tipe pemimipin dalam manajemen operasi yang meniru produk yang sudah masuk untuk mendapatkan return dan meminimalkan resiko. Ini adalah tipe pemimpin :
A. Inovator
B. Low Cost
C. Inisiator
D. Diferensiasi
Jawab:
C. Benar. Tipe ini cenderung menunggu untuk melakukan produk baru.

22. Tipe pemimpin manajer operasi yang menfokuskan pada terciptanya produk yang memiliki keunggulan tertentu adalah tipe pemimpin…
A. Inovator
B. Low Cost
C. Inisiator
D. Diferensiasi
Jawab:
D. Benar, Tipe ini menekankan pada terciptanya produk baru yang memiliki keunggulan tertentu

23. Dalam matriks TOW-K, strategi bertahan dapat dilihat pada jenis strategi
A. SO
B. ST
C. WO
D. WT
Jawab:
D. Benar, Ini adalah strategi bertahan yang dipilih

24. Strategi WO yang dipilih oleh perusahaan mobil mewah Daimler Benz adalah …
A. Pengembangan Model Baru dan Harga Premium
B. Efisensi Biaya, reorganisasi perusahaan holding.
C. Transformasi menuju produsen barang konsumsi, model baru
D. Penciutan di Afrika, aliansi dengan Mitsubishi
Jawab:
B. Benar, Ini adalah tipe WO

25. Matrik Pertumbuhan Pangsa Pasar dibuat oleh…
A. Michael Porter
B. General Electric-MC. Kinsey
C. Jauch dan Whittener
D. Boston Consulting Group
Jawab:
D. Benar. Ini adalah yang membuat Matrik Pertumbuhan Pangsa Pasar (MPS)

26. Matriks Pertumbuhan Pangsa Pasar (MPS) banyak dikritik karena kesederhanaannya, terutama dalam hal…
A. MPS menggunakan terlalu banyak variabel eskternal dan internal
B. MPS hanya menggunakan 1 variabel internal dan eksternal
C. MPS tidak sesuai perkembangan
D. MPS terlalu kompleks
Jawab:
B. Benar, MPS hanya menggunakan 1 variabel internal dan eksternal

27. Matriks Daya Tarik Industri dibuat oleh…
A. Michael Porter
B. General Electric-MC. Kinsey
C. Jauch dan Whittaner
D. Boston Consulting Group
Jawab:
D. Benar. Ini yang membuat Matrisk Pertumbuhan Pangsa Pasar

28. Matriks Daya Tarik Indutrsi (MDTI) berbeda dengan Matrik Pertumbuhan Pangsa Pasar dalam hal…
A. MDTI terdiri dari 4 sel
B. MDTI terdiri dari 6 sel
C. MDTI terdiri dari 9 Sel
D. MDTI terdiri dari 12 sel
Jawab:
C. Benar

29. Dari berbagai teknik riset, yang paling banyak mendapatkan data/informasi yang dibutuhkan untuk riset pemasaran yaitu
A. Produk, Pasar, dan Teknologi
B. Pemerintah, Pesaing, dan Pasar
C. Produk, Harga, dan Promosi
D. Pasar, Saluran Distribusi, dan Teknologi
Jawab:
A. Benar. Tiga hal inilah yang pokok selalu ada dalam misi perusahaan

30. Yang merupakan tugas pokok korporat adalah…
A. Memiliki hubungan bisnis dengan konsumen
B. Memiliki intervensi terhadap semua unit usaha strategis
C. Memiliki pendapatan yang berasal dari konsumen
D. Hubungan dengan Unit Usaha strategis adalah bersifat kemitraan
Jawab:
B. Benar, Korporat harus dapat mengintervensi Unit usaha Strategis.

31. Keberasilan korporat membangun keunggulan tergantung pada :
A. Kemampuan Unit Usaha Strategis menghasilkan profit
B. Kemampuan Korporat menghasilkan profit
C. Model dan proses intervensi yang pas antara Korporat dan Unit Usaha Strategis
D. Model dan proses intervensi antara Korporat, Unit Usaha, dan Konsumen
Jawab:
B. Benar, Karena ada kaitan antara informasi yang dikumpulkan dengan hasil yang sebelumnya sudah diketahui.

32. Ada beberapa sistem pengendalian strategis Korporat terhadap Unit Usaha Strategis, yaitu
A. Sistem Pengenadlian Sumber Daya Manusia
B. Sistem Pengendalian Keuangan
C. Sistem Pengendalian Operasional
D. Sistem pengendalianPemasaran
Jawab:
B. Benar

33. Strategi pertumbuhan yang paling banyak ditemui adalah…
A. Strategi pertumbuhan
B. Strategi perluasan
C. Strategi pengembangan produk
D. Integrasi Horisontal
Jawab:
A. Benar, Ini adalah strategi yang paling banyak digunakan

34. Strategi yang dilakukan dengan menambahkan unit usaha yang sama dengan produk sebelumnnya disebut…
A. Strategi intergrasi transfersal
B. Strategi integrasi horisontal
C. Strategi inegrasi vertikal
D. Strategi intergrasi longitudinal
Jawab:
B. Benar, Ini adalah jika menambahkan jenis usaha yang sama dengan jenis usaha sebelumnya.

35. Strategi perluasan usaha yang mana sebelumnya adalah menjadi bidang usaha pemasok adalah strategi…
A. Strategi perluasan usaha
B. Strategi integrasi horisontal
C. Strategi integrasi vertikal
D. Strategi integrasi longitudinal
Jawab:
C. Benar

36. Diversikasi usaha dengan menambah bidang usaha baru yang masih berkaitan dengan bidang usaha lama adalah….
A. Diversifikasi konsentrik
B. Diversifikasi berjenjang
C. Diversifikasi konglomerasi
D. Diversifikasi bertingkat
Jawab:
A. Benar. Ini adalah diversikasi usaha dengan menambah bidang usaha baru yang masih berkaitan dengan bidang usaha lama adalah

37. Berbagai alasan perisahaan melakukan divestasi adalah
A. Mempertahankan posisi pasar
B. Meningkatkan hasil usaha
C. Memperbaikai posisi aliran kas
D. Permintaan konsumen
Jawab:
C. Benar, Dengan keluar dari pasar, diharapkan posisi kas yang selama ini menurun dapat diperbaiki.

38. Salah satu resiko dalam menerapkan strategi keunggulan biaya adalah…
A. Dukungan manajemen
B. Perubahan teknologi
C. Loyalitas konsumen
D. Sumber daya alam
Jawab:
B. Benar, Strategi keunggulan biaya bersiko jika ada perubahan teknologi maka rawan tidak terbeli.

39. Untuk dapat melakukan strategi keunggulan bersaing, maka hal yang harus dilakukan perusahaan adalah…
A. Modal yang besar untuk memperoleh teknologi
B. Produk yang dihasilkan harus dalam jumlah banyak
C. Produk yang dihasilkan harus dalam jumlah kecil.
D. Produk yang dihasilkan harus spesifik.
Jawab:
A. Benar. Modal besar membuat perusahan dapat menggunakan teknologi terkini sehingga tetap diminati

40. Ada 2 cara yang dilakukan produsen dalam menerpakan harga, yaitu disguised price war dan phantom price war. Yang dimaksud dengang phantom price war adalah :
A. Penetapan harga secara sembunyi
B. Harga awal rendah, tetapi kemudian ada biaya tambahan
C. Ada perang harga terbuka dengan perusahaan pesaing
D. Harga diberikan setinggi mungkin untuk memperoleh keuntungan
Jawab:
B. Benar, Ini adalah definisi phantom

Download Soal Ujian UT Akuntansi EKMA4414

Seperti yang telah kami jelaskan diatas, bahwa Anda bisa mendownload soal diatas dalam bentuk file dokumen PDF yang telah kami sediakan untuk Anda. Hal ini kami lakukan untuk mempermudah Anda menyimpan dokumen, karena terkadang ada dari Mahasiswa yang kesulitan untuk mengcopy-paste artikel, jadi untuk itu kami menyiapkan link download dalam bentuk file dokumen PDF. Nah untuk mendownload soal uas EKMA4414 Manajemen Strategik, silahkan Anda klik link dibahwa ini.


Jika Anda mengalami kesulitan dalam mencari soal-soal yang pada blog ini, jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami melalui halaman Contact. Mempelajari soal-soal ini akan sangat membantu Anda dalam memahami materi dengan cepat dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian akhir semester nantinya.

Sekian ulasan kami terkait Soal Ujian UT Akuntansi EKMA4414 Manajemen Strategik, semoga soal ini dapat membantu Anda dalam menghadapi ujian nantinya. Terus baca berbagai soal lainnya hanya di blog soal uas ut, dan jangan lupa untuk merekomendasikan blog ini pada teman Anda yang lainnya dan berbagi artikel ini ke sosial media, terima kasih.
Soal Ujian UT Akuntansi EKMA4414 Manajemen Strategik Beserta Kunci Jawaban Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Soalku.com