7/12/2017

Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan MKDU4110 Bahasa Indonesia Beserta Kunci Jawaban

loading...
loading...
Soal Ujian UT (Universitas Terbuka) Ilmu Pemerintahan MKDU4110 Bahasa Indonesia lengkap dengan kunci jawaban kami bagikan untuk Anda Mahasiswa FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) non Pendas yang sekarang ini sedang menempuh pendidikan pada semester 1. Pada arikel sebelumnya kami telah berbagi lengkap Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan Semester 1, terakhir kami memposting Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan MKDU4109 Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Akhir Semster tentu sangat perlu Anda lakukan, jika Anda ingin mendapatkan nilai yang bagus. Dengan adanya soal seperti ini kami harap bisa membantu Anda dalam memahami materi yang ada, sehingga Anda lebih siap dalam mengikuti Ujian UT nantinya. Soal yang kami bagikan ini tentu sudah dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Jadi Anda sangat dimudahkan sekali, Anda juga bisa mempelajari semua soal ini secara online melalui Handphone Anda, karena dalam hal ini kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabannya.

Dengan adanya Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan dan berbagai Soal UT untuk jurusan lainnya baik Pendas maupun Non Pendas yang telah kami sajikan pada blog ini, tentu Anda akan lebih dimudahkan dalam mempelajari isi materi pada modul. Tak hanya soal saja, namun kami juga memposting berbagai hal lainnya terkait tugas dari Mahasiswa UT, seperti Contoh Laporan PKP UT, Contoh Laporan PKM UT dan masih banyak lainnya. Anda juga bia melihat Nilai Ujian UT pada artikel kami sebelumnya, Anda kan dipandu jika masih belum paham bagaimana cara mengecek Nilai Ujian UT.

Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan Semester 1 lainnya:

Soal Ujian UT yang kami bagikan ini tak kami pisahkan antara soal dan kunci jawabannya, jadi tentunya Anda sangat mudah sekali dalam mempelajarinya. Anda bisa mempelajari soal ini secara online. Kami juga telah menyiapkan setiap soal dalam bentuk dokumen PDF yang mana Anda bisa mendownload soal ini pada akhir artikel.

Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan MKDU4110 Bahasa Indonesia

Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan MKDU4110 Bahasa Indonesia Beserta Kunci Jawaban

Seperti yang telah kami sampaikan diatas bahwa pada blog Soal UAS UT ini kami tidak hanya berbagi Soal untuk satu jurusan saja, namun kami juga berbagi berbagai soal lainnya untuk jurusan yang berbeda, nah untuk melihat lengkap soal-soal jurusan lainnya, silahkan Anda merujuk ke postingan kami Soal Ujian UT. Soal yang kami bagikan untuk jurusan Ilmu Pemerintahan ini tentunya lengkap, mulai dari semester 1 sampai dengan semester 8, untuk melihat daftar lengkap soalnya, Anda bisa menuju artikel kami Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan.

Nah berikut ini soal lengkap dari mata kuliah MKDU4110 Bahasa Indonesia lengkap dengan kunci jawaban serta pembahasan soalnya yang bisa Anda pelajari untuk persiapan dalam mengikuti ujian akhir semester nantinya.

Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan MKDU4110

1. Alasan bahasa Melayu menjadi dasar lahirnya bahasa Indonesia adalah ... .
A. merupakan bahasa para raja
B. sudah dikenal di banyak wilayah Nusantara
C. memiliki fonem lebih banyak dibandingkan dengan bahasa lain
D. memiliki sifat bersahaja
Jawab:
B. Benar, Bahasa Melayu pada saat itu sudah dikenal dan digunakan oleh berbagai lapisan di banyak wilayah di Nusantara.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 1, Kegiatan Belajar 1

2. Butir pertama sumpah pemuda berbunyi “Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.” Butir ketiga berbunyi ... .
A. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
B. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bernegara yang satu, negara Indonesia.
C. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbahasa yang satu, bahasa Indonesia.
D. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Jawab:
D. Benar, Khusus untuk bahasa Indonesia kata mengaku dipertinggi menjadi menjunjung.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 1, Kegiatan Belajar 1

3. Bangsa Indonesia seharusnya memiliki kebanggaan dalam menggunakan bahasa IndonesiA. Dalam hal ini bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa nasional dengan fungsi sebagai ... .
A. lambang kebanggaan nasional
B. lambang identitas nasional
C. alat pemersatu berbagai suku bangsa
D. alat perhubungan antardaerah dan antarbudaya
Jawab:
A. Benar, Lambang kebanggaan nasional bermakna bangsa Indonesia selalu bangga akan bahasa nasional “Bahasa Indonesia”.
Pembahasan:
Pembahasan mengenai hal tersebut terdapat pada Modul 1, Kegiatan Belajar 1

4. Contoh penggunaan kata yang benar dan berkaitan dengan pengetahuan agama adalah ... .
A. Ka’bah adalah bangunan berbentuk kubus yang berada di Masjidilharam di Mekah.
B. Kaabah adalah bangunan suci yang terletak di dalam Masjidilharam di Mekah.
C. Kabah adalah bangunan yang dikelilingi umat Islam ketika melakukan tawaf.
D. Kakbah adalah kiblat umat Islam ketika melakukan salat, bukan bangunan yang disembah.
Jawab:
D. Benar, Kakbah kata baku, terdapat dalam kamus.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 1, Kegiatan Belajar 2

5. Pernyataan yang menyatakan bahwa pada hakikatnya bahasa adalah ujar atau lisan adalah ... .
A. ragam bahasa terdiri atas ragam lisan dan ragam tulis
B. komunikasi sudah terjadi sejak manusia pertama ada ketika itu belum ada bahasa tulis
C. orang lebih banyak menggunakan bahasa lisan ketika berkomunikasi dibandingkan dengan bahasa tulis
D. bahasa tulis hanya dapat digunakan oleh orang-orang terpelajar
Jawab:
B. Benar, Komunikasi sudah dilakukan manusia sejak Adam lahir dengan menggunakan bahasa lisan. Bahasa tulis muncul berjuta tahun kemudian.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1.

6. Sebagai alat komunikasi, bahasa baru dikatakan efektif jika dipahami oleh pelaku komunikasi. Hal ini berarti bahwa bahasa adalah ... .
A. ujaran
B. tulisan
C. memiliki makna
D. memiliki fungsi
Jawab:
C. Benar, Hal yang dipahami oleh pelaku komunikasi adalah makna-makna yang diujarkan (bahasa).
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1

7. Sondang yang berasal dari Batak belum dapat melafalkan fonem /e/ menjadi /?/, kata apel selalu dilafalkan [apel). Hal ini menunjukkan bahwa bahasa memiliki sifat ... .
A. dinamis
B. variatif.
C. konvensional
D. arbitrer
Jawab:
B. Benar, Variatif adalah sifat bahasa dengan berbagai variasinya seperti dialek dan ideolek.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1.

8. Mengapa hewan kecil yang hidup bergerombol di lubang disebut semut bukan nyamuk atau gajah? Hal ini menunjukkan bahwa bahasa memiliki sifat ... .
A. variatif
B. dinamis
C. manusiawi
B. dinamis
Jawab:
C. Benar. Manusia sebagai sifat bahasa bermakna bahwa hanya manusia yang memiliki piranti berbahasa dalam tubuhnya.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1

9. Menyimak dan membaca merupakan keterampilan berbahasa yang bersifat reseptif. Arti reseptif di sini adalah keterampilan yang berupa kegiatan ... .
A. menerapkan sebuah pengetahuan
B. memahami pesan atau gagasan
C. menyampaikan pesan atau gagasan
D. mengolah pengetahuan dengan teknik tertentu
Jawab:
B. Benar, Reseptif dalam keterampilan berbahasa bermakna memahami pesan atau gagasan.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1

10. Menyimak yang dalam kurikulum mata pelajaran bahasa Indonesia sering disebut mendengarkan adalah kegiatan ... .
A. memahami pesan atau gagasan yang disampaikan secara lisan
B. memahami pesan atau gagasan yang disampaikan secara tertulis
C. menyampaikan pesan atau gagasan yang disampaikan secara lisan
D. menyampaikan pesan atau gagasan yang disampaikan secara tertulis
Jawab:
A. Benar, Menyimak adalah kegiatan memahami pesan atau gagasan yang disampaikan secara lisan.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 2.

11. Ilustrasi ini menunjukkan adanya hubungan antara keterampilan menulis dengan membaca.
A. Amin sedang menulis garis-garis besar pembicaraan yang akan disampaikan pada acara pembukaan yayasan TPA As-Salam.
B. Rakhmat sedang membaca buku yang berisi tentang falsafah hidup yang akan disampaikan dalam ceramahnya besok pagi.
C. Ridwan sedang menyelesaikan artikelnya, sesekali ia berhenti menulis untuk membaca buku-buku yang berserakan di meja kerjanya.
D. Erni mendengarkan ceramah agama sambil mencatat hal-hal yang dianggapnya penting.
Jawab:
C. Benar, Penjelasan tersebut menggambarkan adanya hubungan antara keterampilan menulis dan membaca.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 2.

12. Faktor intelegensi sangat berpengaruh terhadap daya simak kemampuan menyimak seseorang. Hal ini disebabkan oleh ... .
A. menyimak sebagai suatu keterampilan
B. menyimak merupakan suatu kegiatan yang sulit
C. banyaknya unsur bahasa yang harus dipahami oleh seorang penyimak
D. menyimak adalah kegiatan yang dilakukan oleh para pelajar
Jawab:
C. Benar, Penyimak harus pandai memaknai setiap unsur bahasa yang diucapkan pembicara, itu sebabnya kemampuan menyimak seseorang terkait dengan tingkat intelegensinya.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 3, Kegiatan Belajar 1.

13. Faktor kemampuan menarik kesimpulan sangat berpengaruh terhadap daya simak seseorang. Artinya orang yang memiliki kemampuan menyimak yang baik akan ... .
A. memberikan kesimpulan yang salah pada akhir kegiatan menyimak
B. menjelaskan isi simakan yang berbeda dengan bahan simakan
C. memberikan kesimpulan sesuai dengan bahan yang disimaknya
D. menulis rangkuman yang tidak sesuai dengan bahan simakan
Jawab:
C. Benar, Sesuai dengan penjelasan rambu A.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan pada modul tersebut pada Modul 3, Kegiatan Belajar 1.

14. Kakak teman Pak Gatot dari Jember/ baru datang/ tadi pagi. Kalimat tersebut diucapkan oleh seorang adik kepada kakaknya dengan intonasi yang salah. Intonasi yang tepat adalah ... .
A. Kakak/ teman Pak Gatot dari Jember baru/ datang tadi pagi.
B. Kakak teman Pak Gatot/ dari Jember baru datang/ tadi pagi.
C. alat pemersatu berbagai suku bangsa
D. Kakak teman Pak Gatot/ dari Jember/ baru datang tadi pagi.
Jawab:
C. Benar, Yang baru datang tadi pagi adalah teman Pak Gatot dari Jember.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 3, Kegiatan belajar 1.

15. Bonar sedang mencuci motor, ketika sebuah stasiun radio memperdengarkan lagu ‘Arti Sahabat’ yang dinyanyikan oleh kelompok Nidji, Bonar makin semangat mencuci motor sambil menyanyi. Jenis menyimak yang dilakukan Bonar adalah menyimak ... .
A. estetis
B. kritis
C. kreatif
D. sekunder
Jawab:
D. Benar, Menyimak sekunder adalah kegiatan menyimak yang dilakukan bersamaan dengan mengerjakan pekerjaan lain.
Pembahasan:
Pembahasan mengenai hal tersebut terdapat pada Modul 3, Kegiatan belajar 2.

16. Para siswa dengan penuh perhatian mendengarkan pembacaan petunjuk yang dibacakan guru. Jenis kegiatan menyimak yang dilakukan para siswa adalah menyimak ... .
A. interaktif
B. pasif
C. estetis
D. konsentratif
Jawab:
D. Benar, Menyimak pembacaan sebuah petunjuk termasuk jenis menyimak konsentratif, karena memerlukan daya konsentrasi yang memadai.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 3, Kegiatan Belajar 2.

17. Membaca merupakan suatu proses merekonstruksi maknA. Artinya membaca adalah kegiatan ... .
A. mengubah lambang visual (katon) menjadi lambang bunyi
B. mengubah kode-kode atau lambang-lambang verbal menjadi bunyi-bunyi bahasa yang dapat dipahami
C. menangkap informasi atau makna sesuai dengan informasi yang disampaikan penulis
D. menjelaskan informasi sesuai dengan informasi yang disampaikan penulis
Jawab:
C. Benar, Proses merekonstruksi makna dalam membaca adalah menangkap informasi yang disampaikan penulis dengan tepat.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1.

18. Beberapa kemampuan mikro yang harus dimiliki seorang pembaca intensif adalah sebagai berikut, kecuali... .
A. mengenali lambang-lambang tulis
B. memahami makna tersirat
C. memahami kata-kata sulit
D. memahami informasi tersurat
Jawab:
B. Benar, Memahami makna tersirat tidak termasuk kemampuan mikro dalam membaca intensif.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1

19. Pengertian pemahaman literal dalam kegiatan membaca adalah kemampuan pembaca dalam memahami ... .
A. makna kata yang digunakan penulis
B. makna kata-kata sulit yang terdapat dalam bacaan
C. makna atau pesan secara tersurat
D. makna di balik pesan yang terdapat di dalam bacaan
Jawab:
C. Benar, Pemahaman literal adalah kemampuan memahami makna tersurat yang terkandung dalam bacaan.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan hal tersebut pada Modul 4, Kegiatan belajar 1.

20. Untuk memperoleh informasi dari karya-karya ilmiah pendek teknik CATU tepat untuk digunakan, yaitu dengan cara ... .
A. catat dan tulis kembali
B. catat, tulis-kembali, dan uji
C. catat, tanya, dan ulang
D. catat atau tuliskan
Jawab:
B. Benar, Teknik CATU dilakukan dengan cara catat, tulis-kembali, dan uji (informasi yang diperoleh).
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1.

21. Salah satu karakteristik membaca ekstensif berkaitan dengan pembaca, adalah ... .
A. bahan bacaan sesuai dengan minat atau keperluan pembaca
B. cakupannya lebih luas, lebih banyak, dan lebih variatif
C. kegiatannya bersifat individual
D. waktu membaca tidak mengikat
Jawab:
A. Benar, Pernyataan tersebut merupakan karakteristik yang berkaitan dengan pembaca.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1.

22. Tujuan membaca cepat dengan teknik skimming adalah ... .
A. mengisi waktu luang
B. memahami isi bacaan secara mendalam
C. mencari informasi tertentu dari sebuah bacaan
D. menghayati isi bacaan agar dapat menceritakan isinya dengan baik
Jawab:
C. Benar, Teknik skimming digunakan dengan tujuan mencari suatu informasi tertentu dengan cara yang cepat.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1

23. Karakteristik karya ilmiah populer adalah ... .
A. bentuknya lebih kecil dari karya ilmiah murni
B. isinya lebih sederhana dibandingkan karya ilmiah murni
C. bahasanya lebih ringan, mudah dimengerti, dan enak dibaca
D. ilustrasinya lebih banyak sehingga maksudnya menjadi lebih jelas
Jawab:
C. Benar, Perhatikan rambu A.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 2.

24. Tesis adalah sebuah karya ilmiah yang disusun oleh seorang ... .
A. calon mahasiswa
B. mahasiswa program S1
C. mahasiswa program S2
D. mahasiswa program S3
Jawab:
C. Benar, Seorang mahasiswa program S1 diwajibkan menyusun tesis untuk memperoleh ijazah.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 2.

25. Contoh karya ilmiah populer berbentuk deskriptif- ekspositoris adalah ... .
A. sejarah berdirinya Candi Borobudur
B. hasil penelitian tentang ragam bahasa Betawi
C. jenis-jenis ikan hias lokal
D. kisah 26 Desember 2004
Jawab:
A. Benar, Tulisan yang berisi hal tersebut akan mengupas secara mendalam tentang kapan, mengapa, bagaimana Candi Borobudur berdiri (ekspositoris).
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 2.

26. Kemampuan tertinggi yang dimiliki pembaca dengan pemahaman literal adalah ... .
A. menghubungkan simbol-simbol bahasa menjadi kata yang bermakna
B. merekonstruksi makna-makna menjadi suatu informasi yang utuh
C. menangkap pesan atau informasi yang terdapat dalam bacaan
D. menangkap makna di balik informasi yang dituangkan dalam bacaan
Jawab:
C. Benar, Kemampuan tersebut merupakan kemampuan tertinggi yang dimiliki seorang pembaca (pemahaman literal).
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 1.

27. Seorang pembaca yang memiliki tingkat pemahaman interpretatif mampu ... .
A. menangkap makna kata-kata
B. menangkap makna tersurat
C. menangkap makna tersirat
D. menilai isi bacaan
Jawab:
C. Benar, Menangkap makna tersirat dimiliki oleh pembaca yang berada pada tingkat pemahaman interpretatif.
Pembahasan:
Anda dapt melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan belajar 1.

28. ”Tsunami yang menimpa Aceh terjadi pada tanggal 25 Desember 2004.” Seorang pembaca kritis yang membaca wacana tersebut akan ... .
A. menangkap informasi tersebut apa adanya
B. menangkap makna di balik kejadian yang terdapat dalam bacaan tersebut
C. membuat cerita atau puisi berdasarkan bacaan tersebut
D. memperbaiki kesalahan yang terdapat dalam wacana itu
Jawab:
D. Benar, Pembaca kritis akan memperbaiki fakta yang tertulis dalam bacaan (tanggal yang benar adalah 26 bukan tanggal 25).
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 1.

29. Setelah membaca bacaan yang berisi tingkah laku seekor hewan yang lucu, Anggi membuat sebuah puisi tentang kebesaran Allah. Dalam hal ini Anggi tergolong pembaca dengan tingkat pemahaman ... .
A. literal
B. interpretatif
C. kritis
D. kreatif
Jawab:
D. Benar, Tingkat pemahaman kreatif mampu mencipta karya baru berdasarkan isi bacaan.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 1.

30. Peletak dasar utama teknologi pertelevisian adalah Paul Nipkow dari Jerman. Pada tahun 1884 ia menemukan sebuah alat, kemudian disebut sebagai Jantra Nipkow. Penemuan tersebut telah melahirkan electrische teleskop atau televisi elektris. Isi paragraf di atas adalah ... .
A. kehidupan Paul Nipkow
B. penemu televisi elektris
C. stasiun televisi di Jerman
D. teknologi pertelevisian
Jawab:
B. Benar, Kata kunci wacana tersebut adalah teknologi pertelevisian, Paul Nipkow, dan electrische teleskop.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 5, Kegiatan belajar 1.

31. Rina membaca sebuah wacana yang terdiri atas 1200 kata dalam waktu 3 menit. Ia mejawab dengan benar 7 dari 10 pertanyaan bacaan yang diajukan. Dengan demikian, dikatakan Sella memiliki kemampuan efektif membaca (KEM) yaitu ... .
A. 240 KPM
B. 260 KPM
C. 280 KPM
D. 300 KPM
Jawab:
C. Benar, Perhatikan rumus mencari KEM yang terdapat pada modul 5.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 1.

32. Salah satu cara untuk mengetahui baik buruknya sebuah tulisan adalah menilai organisasi tulisan yaitu ... .
A. pendahuluan, isi, dan penutup
B. pilihan kata, penyusunan kalimat, dan penyusunan paragraf
C. daftar isi, kata pengantar, dan isi
D. daftar isi, isi, dan daftar pustaka
Jawab:
A. Benar, Organisasi dasar sebuah tulisan meliputi bagian pendahuluan, isi, dan penutup.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 2

33. Dengan berbicara seseorang dapat menyatakan perasaan dan pikirannyA. Pernyataan ini menjelaskan bahwa berbicara merupakan kegiatan ... .
A. yang dilakukan secara secara lisan
B. mengekspresikan diri
C. yang bersifat produktif
D. berbahasa yang unik
Jawab:
B. Benar, Melihat pernyataan tersebut maka dalam hal ini berbicara diartikan sebagai kegiatan mengekspresikan diri.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 1.

34. Salah satu contoh konteks fisik yang berpengaruh terhadap kegiatan berbicara nonformal adalah ... .
A. peserta komunikasi
B. emosi para pelaku komunikasi
C. karakteristik budaya
D. malam hari
Jawab:
A. Benar, Konteks fisik berkaitan dengan hal-hal yang berkaitan dengan fisik seperti iklim, cuaca, suhu udara, bentuk ruangan, warna dinding, penataan tempat duduk, dan jumlah peserta komunikasi.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 1.

35. Para pahlawan nasional yang ... di medan perang tergolong orang-orang yang mati sahiD. Kata yang tepat untuk mengisi bagian yang kosong pada kalimat tersebut adalah ... .
A. gugur
B. meninggal
C. wafat
D. mati
Jawab:
A. Benar, Kata yang tepat untuk para pahlawan yang telah mengorbankan nyawanya adalah ‘gugur’.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 2.

36. Pandangan mata sebagai faktor nonkebahasaan sangat penting dalam kegiatan berbicara formal, karena ... .
A. dapat membantu pendengar dalam memahami apa yang dibicarakan
B. menumbuhkan hubungan psikologis antara pembicara dengan pendengar
C. dapat mengundang perhatian pendengar sehingga menjadi lebih fokus
D. akan membangun penampilan dan percaya diri pembicara
Jawab:
B. Benar, Pandangan mata dapat menumbuhkan hubungan psikologi atau kontak antara pembicara dan pendengar.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 2.

37. Hal yang pertama dan sangat penting, harus dilakukan seorang pembicara adalah ... .
A. membuat persiapan
B. mencari referensi
C. berlatih
D. membuat simpulan
Jawab:
A. Benar, Tanpa persiapan yang baik, seorang pembicara tidak akan memperoleh hasil yang baik.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 2.

38. Isi bagian pembuka sebuah tulisan yang baik adalah ... .
A. pengantar menuju inti persoalan yang hendak disajikannya pada bagian isi
B. pengalaman hidup si penulis
C. paparan pokok-pokok inti tulisan
D. simpulan, keinginan-keinginan, atau harapan-harapan yang ingin dicapai
Jawab:
A. Benar, Bagian pembuka sebuah tulisan yang baik akan berisi pengantar tentang apap yang akan dituangkan di dalam bagian isi.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 7, kegiatan belajar 1.

39. Satu dari beberapa syarat kalimat efektif adalah memiliki bentuk yang sejajar, contohnya adalah ... .
A. Dia belajar dengan sungguh-sungguh agar memperoleh nilai yang baik.
B. Dia sangat tidak suka dengan orang yang membuang sampah tidak pada tempatnya.
C. Dia yang mencari uang, membeli bahan makanan, memasak, dan menyajikan makanan tersebut untuk keluarganya.
D. Dia orang yang tidak pernah mengeluh, apapun masalah yang menimpanya dihadapinya dengan sabar.
Jawab:
C. Benar, Kalimat tersebut contoh kalimat efektif yang memenuhi syarat kesejajaran/paralel (perhatikan penggunaan kata berawalan/kata kerjanya).
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tentang hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 1.

40. Sebuah tulisan dikatakan baik jika kalimat-kalimatnya disusun secara efektif. Kalimat yang tidak efektif akan membuat pembaca menjadi bingung dan dapat menimbulkan salah penafsiran, seperti contoh berikut ini “Gempa bumi di Tasikmalaya banyak memakan korban, 60 orang meninggal, tetapi tidak ada yang melapor.” Jenis paragraf di atas adalah ... .
A. narasi
B. argumentasi
C. deskripsi
D. persuasi
Jawab:
B. Benar, Paragraf tersebut pendapat dan alasan, tidak menceritakan sebuah peristiwa atau kejadian.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.

41. Unsur-unsur bahasa berikut ini terdapat dalam sebuah paragraf yang memenuhi syarat kepaduan, kecuali ... .
A. repetisi atau pengulangan kata kunci
B. kata ganti (orang, tunjuk)
C. semua kalimat saling berkaitan satu dengan lainnya
D. kata transisi dan paralelisme
Jawab:
C. Benar, Terkaitnya satu kalimat dengan kalimat yang lain merupakan ciri kesatuan sebuah paragraf (opsi pengecualian).
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.

42. Predikat adalah bagian kallimat yang memberitahukan hal-hal yang berkenaan dengan subjek. Subjek adalah bagian kalimat yang bertindak sebagai pelaku. Predikat dapat berupa kata atau frasa, sebagian besar berkelas verba atau adjektivA. Letak predikat tidak pernah berjauhan dengan subjek. Paragraf tersebut tidak memenuhi syarat kesatuan. Hal ini disebabkan oleh adanya kalimat ... .
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. ketiga
Jawab:
B. Benar, Kalimat kedua menyimpang dari kalimat topik/inti yang berbicara tentang predikat.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2

43. Predikat adalah bagian kallimat yang memberitahukan hal-hal yang berkenaan dengan subjek. Predikat dapat berupa kata atau frasa, sebagian besar berkelas verba atau adjektivA. Letak predikat tidak pernah berjauhan dengan subjek. Ia juga senantiasa diikuti oleh objek. Teknik yang digunakan dalam mengembangkan paragraf di atas adalah … .
A. secara alamiah
B. klimaks
C. perbandingan
D. sebab akibat
Jawab:
A. Benar, Paragraf tersebut dikembangkan dengan menggunakan teknik alamiah; mengikuti susunan logis objek yang ditulis yakni predikat.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.

44. Indonesia merupakan satu-satunya negara paling aneh di duniA. Orang Barat terheran-heran mendengarkan nada-nada musik tradisional Indonesia yang pentatonis itu, tidak dapat diukur oleh garpu talA. Orang-orang dari negara tetangga juga heran melihat perilaku bangsa ini yang katanya murah senyum, tetapi sering kali bersikap anarkis (tawuran, merusak, membunuh) dan kekerasan yang lain. Katanya 90% penduduknya penganut agama yang baik, tetapi senang sekali menyusahkan orang lain. Negaranya sangat kaya dengan hasil pertanian/perkebunan, barang tambang, dan hasil hutan kayu, rotan, dan tumbuhan obat-obatan, tetapi rakyatnya banyak yang kelaparan. Peringkat orang kaya meningkat, tetapi jumlah si miskinnya bertambah. Teknik pengembangan yang digunakan dalam menyusun paragraf tersebut adalah pengembangan ... .
A. analogi
B. contoh-contoh
C. perbandingan
D. sebab akibat
Jawab:
B. Benar, Kalimat kedua dan seterusnya merupakan penjelasan berupa contoh-contoh tentang keanehan yang ada di Indonesia.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.

45. Bogor dikenal dengan sebutannya sebagai Kota Hujan. Bogor memang berada di ketinggian beberapa ribu kaki di atas permukaan laut. Letaknya yang tinggi ini membuat awan-awan tebal di atas kota Bogor cepat mencair menjadi hujan. Di samping itu, Bogor juga dikelilingi gunung dan perbukitan dengan hutannya yang masih rimbun. Keadaan alam inilah yang sering kali mampu menahan awan-awan tebal untuk kemudian menghasilkan curahan hujan yang cukup banyak. Teknik pengembangan yang digunakan dalam menyusun paragraf di atas adalah pengembangan ... .
A. deduktif
B. induktif
C. klimaks
D. antiklimaks
Jawab:
A. Benar, Kalimat pertama berisi pengetahuan yang bersifat umum, sedangkan kalimat-kalimat berikutnya bersifat khusus sebagai penjelas.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.

46. Membaca adalah kegiatan yang pertama kali harus dilakukan oleh seorang penulis ringkasan. Kegiatan ini dilakukan untuk ... .
A. mengenali pengarang secara lebih dalam
B. memilah-milah bagian inti dan bukan inti
C. mengetahui tujuan penulis, pokok masalah atau tema tulisan
D. gaya yang digunakan penulis dalam tulisannya
Jawab:
C. Benar, Pada tahap/kegiatan membaca buku yang akan diringkas, peringkas harus memperhatikan tujuan penulis dan masalah yang diungkap dalam buku.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.

47. Abstrak adalah ringkasan sebuah karya ilmiah yang disusun dengan memenuhi kriteria sebagai berikut, kecuali ... .
A. disajikan dalam bentuk paparan informatif
B. bahasa yang digunakan lugas, singkat, padat, dan jelas
C. sekurang-kurangnya berisi masalah, tujuan, kesimpulan dan saran
D. riwayat hidup penulis
Jawab:
D. Benar, Abstrak tidak memerlukan riwayat hidup penulis (opsi pengecualian).
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 1.

48. Resensi dapat diartikan sebagai ... .
A. tulisan dalam bentuk buku
B. tulisan yang berisi ulasan mengenai nilai sebuah buku
C. lukisan/gambar yang digunakan sebagai ilustrasi sebuah buku
D. lukisan/gambar yang digunakan sebagai sampul depan sebuah buku
Jawab:
B. Benar, Resensi adalah tulisan yang berisi ulasan mengenai nilai sebuah buku atau ada juga yang menyebut timbangan buku.
Pembahasan:
Anda dapat melihat Pembahasan tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 2.

49. Resensi biasanya disusun dengan menggunakan pola sebagai berikut ... .
A. judul, perwajahan, pembukaan, pembahasan, penutup, identitas peresensi
B. perwajahan, judul, pembukaan, pembahasan, penutup, identitas peresensi
C. pembukaan, judul, perwajahan, pembahasan, penutup, identitas peresensi
D. identitas peresensi, judul, perwajahan, pembukaan, pembahasan, penutup
Jawab:
A. Benar, Sistematika penulisan resensi pada umumnya menggunakan pola tersebut.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 2.

50. Teknik cutting and glueing dalam pembuatan resensi adalah … .
A. memotong-motong bagian-bagian buku yang sedang diresensi
B. memotong bagian-bagian penting dan menarik dari isi buku dan merekatkan satu dengan yang lainnya
C. mengambil bagian penting isi buku dan memadukannya dengan isi buku lain yang bertema sama
D. mengambil bagian yang sangat penting dalam buku yang sedang diresensi
Jawab:
B. Benar, Bagian-bagian buku yang dipotong adalah bagian yang penting dan menarik, kemudian direkatkan.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 2

51. Penulisan resensi yang berfokus pada bagian yang sangat penting atau sangat menarik adalah penulisan yang menggunakan teknik ... .
A. cutting and glueing
B. comparing
C. focusing.
D. scanning
Jawab:
C. Benar, Teknik untuk kegiatan seperti itu disebut teknik comparing.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 2.

52. Pengertian kerangka karangan dalam proses menulis adalah ... .
A. bahan-bahan yang akan digunakan di dalam kegiatan menulis
B. alat-alat yang akan digunakan di dalam kegiatan menulis
C. rencana atau rancangan yang berisi topik dan subtopik yang disusun secara sistematis
D. ide atau gagasan yang akan dikembangkan menjadi sebuah masalah yang akan ditulis
Jawab:
C. Benar, Kerangka karang merupakan rencana berupa strategi dalam menuangkan gagasan berupa tulisan.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan pada Modul 9, Kegiatan Belajar 1.

53. Akhmadi, M. 1990. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh. (1990). Penulisan daftar pustaka tersebut tidak tepat, yang tepat adalah … .
A. M., Akhmadi. 1990. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh.
B. M., Akhmadi. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh. (1990).
C. Akhmadi, M. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh. (1990).
D. Akhmadi, M. 1990. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh.
Jawab:
D. Benar, Perhatikan semua rambu (A, B, dan C)
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 9, Kegiatan Belajar 2.

54 ... Retorika merupakan seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”. Jika ini sebuah kutipan langsung, maka terdapat beberapa kesalahan, seharusnya adalah ... .
A. Lis berpendapat bahwa, “Retorika merupakan seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.
B. Lis berpendapat (2000: 14) ; “Retorika merupakan seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.
C. Lis berpendapat bahwa “Retorika merupakan seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.
D. Lis (2000: 14) berpendapat bahwa “Retorika merupakan seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.
Jawab:
D. Benar, Terdapat nama tokoh, tahun terbit, tanda kutip disusun sesuai kaidah.
Pembahasan:
Anda dapat melihat pembahasan mengenai hal tersebut pada Modul 9, Kegiatan Belajar 2.

Download Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan MKDU4110

Soal yang kami bagikan ini tak hanya dalam bentuk artikel saja, namun kami juga telah menyiapkan soal-soal ini dalam bentuk dokumen PDF yang mana bisa Anda unduh langsung untuk nanti Anda cetak dan pelajari di rumah, jadi Anda tidak perlu repot untuk melakukan copy-paste artikel ini. Nah berikut ini bisa Anda Download Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan MKDU4110 Bahasa Indonesia, berikut silahkan klik link dibawah ini.


Kami berharap dengan adanya soal-soal ini dapat membantu Anda dalam memahami materi yang ada pada modul. Dengan demikian Anda akan lebih siap dalam menghadapi Ujian Akhir Semester nantinya. Tak jarang soal yang keluar pada waktu ujian akan sama persis dengan soal yang telah Anda pelajari. Jadi Anda sangat terbantu sekali, hanya dengan mengingat soal dan jawaban Anda akan lebih mudah menjawab soal nantinya, jika sewaktu soal yang keluar sama persis.

Jika Anda mengalami masalah atau ada hal yang ingin Anda tanyakan, jangan ragu untuk mengubungi kami melalui laman Contact. Sertakan email aktif Anda, agar kami bisa membalas pertanyaan Anda. Jangan lupa untuk merekomendasikan blog kami pada teman Anda yang lainnya. Dan juga silahkan bagikan artikel kami ke sosial media dengan cara klik tombol share dibawah. Sekian artikel kami terkait Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan MKDU4110 Bahasa Indonesia, semoga bermanfaat untuk Anda, terima kasih.
Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan MKDU4110 Bahasa Indonesia Beserta Kunci Jawaban Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Soalku.com