loading...
Soal ujian UT (Universitas Terbuka) PGSD PDGK4203 Pendidikan Matematika 1 beserta kunci jawaban dan pembahasan soalnya dapat Anda lihat pada artikel ini, khususnya untuk Anda Mahasiswa UT jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang sedang menempuh pendidikan pada semester 3. Pada postingan atau artikel kami sebelumnya kami telah berbagai terkait soal ujian UT PGSD semester 3 yaitu soal ujian UT PGSD PDGK4202 Pembelajaran IPA di SD. Kami berkomitmen untuk berbagi berbagai kumpulan lengkap soal ujian UT lengkap dengan kunci jawaban untuk semua jurusan pda blog soal uas ut. Soal yang kami bagikan ini tentunya sangat membantu Anda dalam memahami materi pada modul dengan mempelajari soal yang telah disertai kunci jawaban dan pembahasan soal. Dengan ini Anda bisa mencakup semua mata kuliah dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian akhir semester nantinya.
Soal UT yang kami bagikan ini tentunya kami ambil dari materi pada modul dan latihan-latihan soal yang kemudian kami jadikan kedalam soal utuh lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan soal. Dan yang perlu Anda ketahui bahwa dengan mempelajari soal ini akan sangat membantu Anda untuk menghadapi ujian nantinya, karena besar kemungkinan soal yang keluar pada saat ujian tak jauh dari soal yang kami bagikan bahkan bisa jadi soal yang keluar sama persisi seperti soal yang Anda pelajari.
Soal Ujian UT PGSD Semester 3 lainnya:
Soal ujian UT PGSD ini kmai bagikan akan mempermudah Anda, karena pada setiap soal yang kami bagikan kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawaban. Jadi Anda sangat dimudahkan dalam mempelajari soal, Anda bisa mempelajari secara langsung taua online. Dan juga tak hanya itu kami juga mempersiapkan soal dalam bentuk file dokumen PDF yang bisa Anda unduh langsung pada akhir artikel.
Untuk melihat kumpulan lengkap dari soal-soal ujian lainnya terkait Mahasiswa Universitas Terbuka jurusan Pendidikan Sekolah Dasar (PGSD) soal dari semester 1 sampai semester 10, Anda bisa langsung menuju artikel kami Soal Ujian UT PGSD. Nah berikut ini kami bagikan pada Anda soal dan kunci jawaban serta pembahsan soal ujian UT PGSD PDGK4203 Pendidikan Matematika 1.
A. Bilangan
B. Isi
C. Panjang
D. Luas
Jawab:
A. Benar, jika seorang anak dikatakan telah mengerti bahwa banyaknya benda-benda itu akan tetap walaupun letaknya berbeda-beda, maka dikatakan anak tersebut telah memiliki kekekalan bilangan
Pembahasan:
MODUL 1 PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD Kb. 1.Teori Belajar dalam Pembelajaran Matematika di SD
2. Yang merupakan tahapan proses belajar menurut Brunner adalah ....
A. Tahap Enaktif
B. Tahap Representasi
C. Tahap Simbolisasi
D. Tahap Formalisasi
Jawab:
A. Benar, tahap Enaktif merupakan tahapan proses belajar menurut Brunner
Pembahasan:
MODUL 1 PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD Kb. 1.Teori Belajar dalam Pembela-jaran Matematika di SD
3. Berikut ini termasuk dalam tahapan kegiatan rencana pelaksanaan pembelajaran matematika di SD, kecuali adalah ....
A. memilih materi pelajaran
B. mengerjakan latihan soal-soal
C. tujuan belajar matematika
D. sumber belajar
Jawab:
B. Benar, mengerjakan latihan soal-soal tidak termasuk dalam tahapan rencana pelaksanaan pembelajaran
Pembahasan:
MODUL 1 PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD Kb. 1.Teori Belajar dalam Pembela-jaran Matematika di SD
4. Dalam suatu pembelajaran mengenal istilah atau pengertian “penjumlahan” dan “lambang untuk penjumlahan (+)”disebut ....
A. Konsep dasar
B. Konsep yang berkembang dari konsep dasar
C. Konsep yang harus dibina keterampilannya
D. Konsep berhitung
Jawab:
A. Benar, dalam suatu pembelajarankonsep yang mengenal istilah atau pengertian "penjumlahan" dan "lambang untuk penjumlahan (+)"disebut konsep dasar
Pembahasan:
MODUL 1 PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD Kb. 2.Model-Model Pembelajaran Matematika di SD
5. Berikut ini termasuk rancangan model-model pendekatan pembelajaran matematika “mengenal bilangan bulat positif dan bulat negatif” dengan menggunakan pendekatan pemahaman konsep, kecuali adalah ....
A. Sebagai apersepsi para siswa diingatkan lagi tentang bilangan-bilangan asli dan bilangan-bilangan cacah
B. Melalui lingkungan kehidupan sehari-hari yang bervariasi diperkenalkan konsep bilangan positif dan bilangan bulat negatif
C. Guru membantu para siswa dengan beberapa penjelasan
D. Siswa melakukan secara mandiri
Jawab:
D. Benar , karena bukan termasuk rancangan model-model pendekatan pembelajaran matematika
Pembahasan:
MODUL 1 PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD Kb. 2.Model-Model Pembelajaran Matematika di SD
6. Nilai angka 9 pada lambang bilangan 479.035 adalah ....
A. 900.000
B. 90.000
C. 9.000
D. 900
Jawab:
C. Benar, karena 9 merupakan nilai tempat di ribuan
Pembahasan:
MODUL 2 BILANGAN CACAH Kb. 1 Bilangan dan Lambangnya serta Pembelajarannya di SD
7.
Gambar diatas menyatakan ….
A. 3 ditambah 1 sama dengan 4
B. 3 ditambah 1 sama dengan berapa?
C. 3 bendera ditambah 4 bendera sama dengan 7 bendera
D. 3 bendera ditambah 1 bendera sama dengan 4 bendera
Jawab:
D. Benar, 3 bendera ditambah 1 bendera sama dengan 4 bendera
Pembahasan:
MODUL 2 BILANGAN CACAH Kb. 2 Bilangan Cacah, Operasinya serta teknik Penyelesai-an dan Pembela-jarannya di SD
8. Selesaikan dengan cara susun pendek : 2.342 + 786 + 45 + 3 = ....
A. 3.167
B. 3.176
C. 4.167
D. 4.176
Jawab:
B. Benar,
2.342
786
45
3
____ +
3.176
Pembahasan:
MODUL 2 BILANGAN CACAH Kb. 2 Bilangan Cacah, Operasinya serta teknik Penyelesaian dan Pembelajarannya di SD
9. Berikut ini termasuk sifat-sifat penjumlahan pada bilangan cacah, kecuali adalah ....
A. tertutup
B. pengelompokkan
C. pertukaran
D. tidak tertutup
Jawab:
D. Benar, bahwa tidak tertutup bukan merupakan sifat-sifat pada penjumlahan bilangan cacah
Pembahasan:
MODUL 2 BILANGAN CACAH Kb. 2 Bilangan Cacah, Operasinya serta teknik Penyelesaian dan Pembela-jarannya di SD
10. Akar pangkat 3 dari 512 adalah ....
A. 6
B. 7
C. 8
D. 9
Jawab:
C. Benar, bahwa Akar pangkat 3 dari 512 = ( 83 )1/3= 8
Pembahasan:
MODUL 2 BILANGAN CACAH Kb. 2 Bilangan Cacah, Operasinya serta teknik Penyelesaian dan Pembela-jarannya di SD
11. 31.450 + 112 x 25 – 6250 : 25 = .....
A. 34.250
B. 34.000
C. 33.750
D. 33.500
Jawab:
B. Benar, karena perkalian atau pembagian lebih dulu diselesaikan sehingga hasilnya adalah 34.000
Pembahasan:
MODUL 2 BILANGAN CACAH Kb. 2 Bilangan Cacah, Operasinya serta teknik Penyelesai-an dan Pembela-jarannya di SD
12. Perhatikan urutan bilangan bulat berikut :
-5, -4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4, 5
Dari urutan bilangan diatas, bilangan negatif yang terbesar adalah ....
A. -1
B. -3
C. -4
D. -5
Jawab:
A. Benar, karena pada bilangan bulat negatif -1 merupakan bilangan bulat negatif terbesar dari pada -2 atau -3 atau -4 atau -5
Pembahasan:
MODUL 3 BILANGAN BULAT Kb. 1 Bilangan Bulat dan Lambangnya serta Pembelajarannya di SD
13. -6 + (-4) = ....
A. 10
B. 2
C. -2
D. -10
Jawab:
D. Benar, karena hasil penjumlahan dua buah bilangan negatif tersebut hasilnya adalah -10
Pembahasan:
MODUL 3 BILANGAN BULAT Kb. 2 Operasi pada Bilangan Bulat dan Sifat-Sifatnya serta Pembelajarannya di SD
14. Bilangan 9,45 dibulatkan hingga satuan terdekat sama dengan ....
A. 9,0
B. 9,4
C. 9,5
D. 10
Jawab:
A. Benar, karena untuk pembulatan satuan terdekat adalah 9,0
Pembahasan:
MODUL 3 BILANGAN BULAT Kb. 2 Operasi pada Bilangan Bulat dan Sifat-Sifatnya serta Pembelajarannya di SD
15. 32 )3 = .....
A. 35
B. 36
C. 38
D. 39
Jawab:
B. Benar, karena ( 32 )3 = ( 3)2x3 = 36
Pembahasan:
MODUL 4 PERPANGKATAN/ PENARIKAN AKAR PADA BILANGAN BULAT DAN SISTEM BILANGAN ROMAWI Kb. 1 Perpangkatan/ Penarikan Akar Bilangan Bulat dan Penggunaan-nya
16. Akar dari 256 adalah ....
A. 14
B. 16
C. 24
D. 26
Jawab:
B. Benar, Akar 256 = Akar 16² = 16
Pembahasan:
MODUL 4 PERPANGKATAN/ PENARIKAN AKAR PADA BILANGAN BULAT DAN SISTEM BILANGAN ROMAWI Kb. 1 Perpangkatan/ Penarikan Akar Bilangan Bulat dan Penggunaannya
17. Jika volume suatu kubus 64 cm3, maka panjang rusuk kubus tersebut adalah ....
a. 3 cm
B. 4 cm
C. 6 cm,
D. 8 cm
Jawab:
B. Benar, a pangkat 3 = 64, maka a = ( 64 )1/3 = ( 43)1/3 = 4
Pembahasan:
MODUL 4 PERPANGKATAN/ PENARIKAN AKAR PADA BILANGAN BULAT DAN SISTEM BILANGAN ROMAWI Kb. 1 Perpangkatan/ Penarikan Akar Bilangan Bulat dan Penggunaannya
18. Bilangan yang tepat untuk bilangan Romawi CXXIII adalah ....
A. 73
B. 123
C. 523
D. 1023
Jawab:
B. Benar, karena CXXIII = 123
Pembahasan:
MODUL 4 PERPANGKATAN/ PENARIKAN AKAR PADA BILANGAN BULAT DAN SISTEM BILANGAN ROMAWI Kb. 2 Bilangan Romawi
19. Bilangan yang tidak habis dibagi dua disebut ....
A. Bilangan genap
B. Bilangan ganjil
C. Bilangan cacah
D. Bilangan prima
Jawab:
B. Benar, bilangan ganjil adalah bilangan yang tidak habis dibagi 2
Pembahasan:
MODUL 5 KELIPATAN DAN FAKTOTR BILANGAN Kb. 1 Kelipatan dan Faktor Bilangan
20. Faktor prima dari 30 adalah ....
A. 2 dan 3
B. 3 dan 5
C. 1, 2, 3 dan 5
D. 2, 3 dan 5
Jawab:
D. Benar, karena faktor dari 30 adalah 1, 2, 3, 5, 6, 10, 15 dan 30 sedangkan yang merupakan faktor primanya adalah 2, 3 dan 5
Pembahasan:
MODUL 5 KELIPATAN DAN FAKTOTR BILANGAN Kb. 2 Kelipatan Persekutuan, Faktor Persekutuan dan Faktor Bilangan Prima
21. Faktor persekutuan dari 18 dan 48 adalah ....
A. 1, 2, 3, 4
B. 1, 2, 3, 6
C. 1, 2, 3, 4, 6
D. 1, 2, 3, 4, 8
Jawab:
B. Benar, karena Faktor dari 18 adalah 1, 2, 3, 6, 9, 18.
Faktor dari 48 adalah 1, 2, 3, 4, 6, 8, 12, 16, 24, 48.
Faktor persekutuan dari 18 dan 48 = 1, 2, 3, 6
Pembahasan:
MODUL 5 KELIPATAN DAN FAKTOTR BILANGAN Kb. 2 Kelipatan Persekutuan, Faktor Persekutuan dan Bilangan Prima
22. Kelipatan persekutuan Terkecil (KPK) dari 3, 4 dan 8 adalah ....
A. 12
B. 16
C. 24
D. 48
Jawab:
C. Benar, karena
Kelipatan dari 3 = 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24 .............
Kelipatan dari 4 = 4, 8, 12, 16, 20, 24 ....................
Kelipatan dari 8 = 8, 16, 24, 32 .......................
KPK dari 3, 6 dan 8 adalah 24
Pembahasan:
MODUL 6 KPK dan FPB Kb. 1 KPK dan FPB
23. Faktor persekutuan Terbesar (FPB) dari 16 dan 24 adalah ....
A. 4
B. 8
C. 12
D. 16
Jawab:
B. Benar, karena
Faktor persekutuan dari 24 = 1, 2, 4, 6, 8, 12
Faktor persekutuan dari 16 = 1, 2, 4, 8
FPB dari 16 dan 24 = 8
Pembahasan:
MODUL 6 KPK dan FPB Kb. 2 Penerapan KPK dan FPB
24. Adi mempunyai 20 kelereng dan Budi mempunyai 30 kelereng. Jika a kali kelereng Adi sama dengan b kali kelereng Budi, berapakah nilai a + b yang paling kecil?
A. 5
B. 4
C. 3
D. 2
Jawab:
A. Benar, karena
Kelipatan kelereng Adi adalah 20, 40, 60, 80, . . .
Kelipatan kelereng Budi adalah 30, 60, 90,120, . . .
Terlihat KPK nya adalah 60, ini diperoleh dari 3 kali kelereng Adi dan 2 kali kelereng Budi, sehingga a + b = 3 + 2 = 5.
Nilai 5 adalah nilai a + b yang paling kecil
Pembahasan:
MODUL 6 KPK dan FPB Kb. 2 Penerapan KPK dan FPB
25. Perhatikan gambar berikut :
Pecahan yang senilai dengan gambar diatas adalah ….
a.
b.
c.
d.
Jawab:
B. Benar, perhatikan gambar bagian yang diarsir dan bagian keseluruhannya tampak bahwa 2 bagian dari 8 bagian, jadi 2/8
Pembahasan:
MODUL 7 BILANGAN PECAHAN BIASA DAN PECAHAN DESIMAL Kb. 1 Bilangan Pecahan dan Operasinya
26. Pernyataan berikut yang benar adalah ....
A. 3/4 > 3/2
B. 1/5 > 1/3
C. 2/3 > 2/5
D. 3/5 > 3/2
Jawab:
C. Benar, karena 2/3 > 2/5
Pembahasan:
MODUL 7 BILANGAN PECAHAN BIASA DAN PECAHAN DESIMAL Kb. 1 Bilangan Pecahan dan Operasinya
27. Selesaikan : 1/2 + 3/2 = ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Jawab:
B. Benar, karena 1/2 + 3/2 = 4/2 = 2
Pembahasan:
MODUL 7 BILANGAN PECAHAN BIASA DAN PECAHAN DESIMAL Kb. 1 Bilangan Pecahan dan Operasinya
28. Nilai dari 3 1/2 x 4 2/3= ...
A. 49/3
B. 54/3
C. 61/6
D. 78/6
Jawab:
A. Benar, karena 3 1/2 x 4 2/3 = 7/2 x 14/3 = 49/3
Pembahasan:
MODUL 7 BILANGAN PECAHAN BIASA DAN PECAHAN DESIMAL Kb. 1 Bilangan Pecahan dan Operasinya
29. Bentuk pecahan dari 0,25 adalah ....
A. 1/5
B. 1/4
C. 1/3
D. 1/2
Jawab:
B. Benar, karena 0,25 = 25/100 = 1/4
Pembahasan:
MODUL 7 BILANGAN PECAHAN BIASA DAN PECAHAN DESIMAL Kb. 2 Pecahan Desimal
30. Pecahan desimal yang senama dengan bilangan “ tiga ratus enam belas per puluh ribuan” adalah ...
A. 0,00316
B. 0,03160
C. 0,31600
D. 0,36100
Jawab:
B. Benar
Pembahasan:
MODUL 7 BILANGAN PECAHAN BIASA DAN PECAHAN DESIMAL Kb. 2 Pecahan Desimal
31. Kesamaam dari 3/5 adalah ....
A. 3/10
B. 6/10
C. 3/100
D. 6/100
Jawab:
B. Benar, karena 3/5 = 6/10
Pembahasan:
MODUL 8 BILANGAN RASIONAL dan BILANGAN IRASIONAL SERTA CARA MENGAJARKANNYA Kb. 1 Bilangan Rasional dan Sifat-Sifatnya
32. 3/4 + 5/7 = ....
A. 15/28
B. 31/28
C. 41/28
D. 56/28
Jawab:
C. Benar, karena 3/4 + 5/7 = 21/28 + 20/28 = 41/28
Pembahasan:
MODUL 8 BILANGAN RASIONAL dan BILANGAN IRASIONAL SERTA CARA MENGAJARKANNYAn Kb. 1 Bilangan Rasional dan Sifat-Sifatnya
33. Bentuk rasional dari 14,75 adalah ....
A. 1475/10
B. 1475/100
C. 1475/1000
D. 1475/10000
Jawab:
B. Benar, karena 14,75 = 1475/100
Pembahasan:
MODUL 8 BILANGAN RASIONAL dan BILANGAN IRASIONAL SERTA CARA MENGAJARKANNYA Kb. 1 Bilangan Rasional dan Sifat-Sifatnya
34. Nilai pendekatan akar 5 adalah ....
A. 2,1353
B. 2,2053
C. 2,2363
D. 2,3263
Jawab:
C. Benar, nilai pendekatan akar 5 adalah 2,2363
Pembahasan:
MODUL 8 BILANGAN RASIONAL dan BILANGAN IRASIONAL SERTA CARA MENGAJARKANNYA Kb. 2 Bilangan Irasional dan Sifat-Sifatnya
35. 3 kelereng dari 5 kelereng menyatakan pecahan .....
A. 3/8
B. 3/5
C. 5/8
D. 8/15
Jawab:
B. Benar, karena merupakan perbandingan 3 dari 5
Pembahasan:
MODUL 8 BILANGAN RASIONAL dan BILANGAN IRASIONAL SERTA CARA MENGAJARKANNYA Kb. 3 Mengajarkan Bilangan Rasional dan Irasional di SD
36.
........+ .......= .......
Pernyataan berikut ini yang sesuai dengan gambar diatas adalah ....
A.
B.
C.
D.
Jawab:
A. Benar, perhatikan bagian-bagian gambarnya karena 1/3 + 1/2 = 5/6
Pembahasan:
MODUL 8 BILANGAN RASIONAL dan BILANGAN IRASIONAL SERTA CARA MENGAJARKANNYA Kb. 3 Mengajarkan Bilangan Rasional dan Irasional di SD
37. Bentuk persen dari 7/25 sama dengan ....
A. 4%
B. 7%
C. 14%
D. 48%
Jawab:
D. Benar, karena 7/25 = 28/100 = 28 %
Pembahasan:
MODUL 9. PERSEN dan PERBANDINGAN Kb. 1 Persen
38. 2 1/2% persen dari 800 sama dengan ....
A. 20
B. 40
C. 60
D. 80
Jawab:
B. Benar, karena 2 1/2% dari 800 = 2 1/2% x 800 = 5/2% x 800 = 5/200 x 800 = 40
Pembahasan:
MODUL 9. PERSEN dan PERBANDINGAN Kb. 2 Menyelesaikan Soal Cerita yang Berhubungan dengan Persen
39. Perbandingan yang ekivalen dengan perbandingan 8 : 12 adalah ....
A. 2 : 6
B. 3 : 4
C. 4 : 6
D. 4 : 3
Jawab:
C. Benar, karena 8 : 12 = 4 : 6 sama-sama dibagi oleh 2
Pembahasan:
MODUL 9. PERSEN dan PERBANDINGAN Kb. 3 Perbandingan
40. Uang sejumlah Rp. 70.000 akan dibayarkan kepada Ani dan Budi dengan perbandingan 4:3. Besar uang yang diterima masing-masing oleh Ani dan Budi adalah ....
A. Rp. 20.000 dan Rp. 50.000
B. Rp. 30.000 dan Rp. 40.000
C. Rp. 40.000 dan Rp. 30.000
D. Rp. 50.000 dan Rp. 20.000
Jawab:
C. Benar, karena 4n + 3 n = 70.000 7n = 70.000
n = 10.000
Ani = 4n = 40.000
Budi = 3n = 30.000
Pembahasan:
MODUL 9. PERSEN dan PERBANDINGAN Kb. 2 Menyelesaikan Soal Cerita yang Berhubungan dengan Perbandingan
Kami berharap bahwa kami bisa turut berkontribusi bagi teman-teman Mahasiswa dengan membagikan soal-soal seperti ini. Dan yang terpenting lagi semoga artikel kami ini bisa membantu dan meringankan beban Anda selaku mahasiswa dalam mempelajari semua materi pada setiap mata kuliah yang akan Anda ujiankan nantinya. Dengan waktu yang sedikit dan kesibukan pekerjaan Anda, tentu hal seperti inilah yang harusnya Anda lakukan, agar semua mata kuliah bisa Anda pelajari walaupun hanya dalam bentuk mempelajari soal saja.
Nah itulah soal ujian UT PGSD PDGK4203 Pendidikan Matematika 1, Anda bisa melihat kumpulan soal ujian UT PGSD semester 3 pada artikel kami Soal Ujian UT PGSD. Jika Anda mengalami masalah atau ada hal yang ingin Anda tanyakan terkait konten yang kami sajikan pada blog soal uas ut in, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui halaman Contact. Dan jangan lupa juga untuk berbagi dan merekomendasikan blog kami soal uas ut pada temen yang sama, yang berkuliah di Universitas Terbuka, terim kasih.
Soal UT yang kami bagikan ini tentunya kami ambil dari materi pada modul dan latihan-latihan soal yang kemudian kami jadikan kedalam soal utuh lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan soal. Dan yang perlu Anda ketahui bahwa dengan mempelajari soal ini akan sangat membantu Anda untuk menghadapi ujian nantinya, karena besar kemungkinan soal yang keluar pada saat ujian tak jauh dari soal yang kami bagikan bahkan bisa jadi soal yang keluar sama persisi seperti soal yang Anda pelajari.
Soal Ujian UT PGSD Semester 3 lainnya:
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4201 Pembelajaran PKN di SD
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4202 Pembelajaran IPA di SD
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4203 Pendidikan Matematika 1
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4204 Pendidikan Bahasa Indonesia di SD
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4205 Pembelajaran Terpadu di SD
Soal ujian UT PGSD ini kmai bagikan akan mempermudah Anda, karena pada setiap soal yang kami bagikan kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawaban. Jadi Anda sangat dimudahkan dalam mempelajari soal, Anda bisa mempelajari secara langsung taua online. Dan juga tak hanya itu kami juga mempersiapkan soal dalam bentuk file dokumen PDF yang bisa Anda unduh langsung pada akhir artikel.
Soal Ujian UT PGSD PDGK4203 Pendidikan Matematika 1 Beserta Kunci Jawaban
Dengan mempelajari soal-soal seperti ini akan menghemat waktu Anda dalam memahami materi yang ada pada modul. Serta Anda bisa mencakup semua mata kuliah yang akan diujiankan nantinya. Bayangkan jika Anda tidak mempelajari soal seperti ini, akan sangat melelahkan jika Anda akan mempelajari dan menghapal semua materi yang ada, belum lagi jika Anda mengulang mata kuliah yang belum baik. Tentu akan sangat banyak mata kuliah yang akan Anda ujiankan, nah agar semua mata kuliah dapat Anda pelajari, hal seperti inilah yang perlu Anda lakukan, dengan mempelajari dan memahami soal-soal dan mengingat kunci jawabannnya.Untuk melihat kumpulan lengkap dari soal-soal ujian lainnya terkait Mahasiswa Universitas Terbuka jurusan Pendidikan Sekolah Dasar (PGSD) soal dari semester 1 sampai semester 10, Anda bisa langsung menuju artikel kami Soal Ujian UT PGSD. Nah berikut ini kami bagikan pada Anda soal dan kunci jawaban serta pembahsan soal ujian UT PGSD PDGK4203 Pendidikan Matematika 1.
Soal Ujian UT PGSD PDGK4203
1. Jika seorang anak dikatakan telah mengerti bahwa banyaknya benda-benda itu akan tetap walaupun letaknya berbeda-beda, maka dikatakan anak tersebut telah memiliki kekekalan ....A. Bilangan
B. Isi
C. Panjang
D. Luas
Jawab:
A. Benar, jika seorang anak dikatakan telah mengerti bahwa banyaknya benda-benda itu akan tetap walaupun letaknya berbeda-beda, maka dikatakan anak tersebut telah memiliki kekekalan bilangan
Pembahasan:
MODUL 1 PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD Kb. 1.Teori Belajar dalam Pembelajaran Matematika di SD
2. Yang merupakan tahapan proses belajar menurut Brunner adalah ....
A. Tahap Enaktif
B. Tahap Representasi
C. Tahap Simbolisasi
D. Tahap Formalisasi
Jawab:
A. Benar, tahap Enaktif merupakan tahapan proses belajar menurut Brunner
Pembahasan:
MODUL 1 PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD Kb. 1.Teori Belajar dalam Pembela-jaran Matematika di SD
3. Berikut ini termasuk dalam tahapan kegiatan rencana pelaksanaan pembelajaran matematika di SD, kecuali adalah ....
A. memilih materi pelajaran
B. mengerjakan latihan soal-soal
C. tujuan belajar matematika
D. sumber belajar
Jawab:
B. Benar, mengerjakan latihan soal-soal tidak termasuk dalam tahapan rencana pelaksanaan pembelajaran
Pembahasan:
MODUL 1 PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD Kb. 1.Teori Belajar dalam Pembela-jaran Matematika di SD
4. Dalam suatu pembelajaran mengenal istilah atau pengertian “penjumlahan” dan “lambang untuk penjumlahan (+)”disebut ....
A. Konsep dasar
B. Konsep yang berkembang dari konsep dasar
C. Konsep yang harus dibina keterampilannya
D. Konsep berhitung
Jawab:
A. Benar, dalam suatu pembelajarankonsep yang mengenal istilah atau pengertian "penjumlahan" dan "lambang untuk penjumlahan (+)"disebut konsep dasar
Pembahasan:
MODUL 1 PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD Kb. 2.Model-Model Pembelajaran Matematika di SD
5. Berikut ini termasuk rancangan model-model pendekatan pembelajaran matematika “mengenal bilangan bulat positif dan bulat negatif” dengan menggunakan pendekatan pemahaman konsep, kecuali adalah ....
A. Sebagai apersepsi para siswa diingatkan lagi tentang bilangan-bilangan asli dan bilangan-bilangan cacah
B. Melalui lingkungan kehidupan sehari-hari yang bervariasi diperkenalkan konsep bilangan positif dan bilangan bulat negatif
C. Guru membantu para siswa dengan beberapa penjelasan
D. Siswa melakukan secara mandiri
Jawab:
D. Benar , karena bukan termasuk rancangan model-model pendekatan pembelajaran matematika
Pembahasan:
MODUL 1 PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD Kb. 2.Model-Model Pembelajaran Matematika di SD
6. Nilai angka 9 pada lambang bilangan 479.035 adalah ....
A. 900.000
B. 90.000
C. 9.000
D. 900
Jawab:
C. Benar, karena 9 merupakan nilai tempat di ribuan
Pembahasan:
MODUL 2 BILANGAN CACAH Kb. 1 Bilangan dan Lambangnya serta Pembelajarannya di SD
7.
Gambar diatas menyatakan ….
A. 3 ditambah 1 sama dengan 4
B. 3 ditambah 1 sama dengan berapa?
C. 3 bendera ditambah 4 bendera sama dengan 7 bendera
D. 3 bendera ditambah 1 bendera sama dengan 4 bendera
Jawab:
D. Benar, 3 bendera ditambah 1 bendera sama dengan 4 bendera
Pembahasan:
MODUL 2 BILANGAN CACAH Kb. 2 Bilangan Cacah, Operasinya serta teknik Penyelesai-an dan Pembela-jarannya di SD
8. Selesaikan dengan cara susun pendek : 2.342 + 786 + 45 + 3 = ....
A. 3.167
B. 3.176
C. 4.167
D. 4.176
Jawab:
B. Benar,
2.342
786
45
3
____ +
3.176
Pembahasan:
MODUL 2 BILANGAN CACAH Kb. 2 Bilangan Cacah, Operasinya serta teknik Penyelesaian dan Pembelajarannya di SD
9. Berikut ini termasuk sifat-sifat penjumlahan pada bilangan cacah, kecuali adalah ....
A. tertutup
B. pengelompokkan
C. pertukaran
D. tidak tertutup
Jawab:
D. Benar, bahwa tidak tertutup bukan merupakan sifat-sifat pada penjumlahan bilangan cacah
Pembahasan:
MODUL 2 BILANGAN CACAH Kb. 2 Bilangan Cacah, Operasinya serta teknik Penyelesaian dan Pembela-jarannya di SD
10. Akar pangkat 3 dari 512 adalah ....
A. 6
B. 7
C. 8
D. 9
Jawab:
C. Benar, bahwa Akar pangkat 3 dari 512 = ( 83 )1/3= 8
Pembahasan:
MODUL 2 BILANGAN CACAH Kb. 2 Bilangan Cacah, Operasinya serta teknik Penyelesaian dan Pembela-jarannya di SD
11. 31.450 + 112 x 25 – 6250 : 25 = .....
A. 34.250
B. 34.000
C. 33.750
D. 33.500
Jawab:
B. Benar, karena perkalian atau pembagian lebih dulu diselesaikan sehingga hasilnya adalah 34.000
Pembahasan:
MODUL 2 BILANGAN CACAH Kb. 2 Bilangan Cacah, Operasinya serta teknik Penyelesai-an dan Pembela-jarannya di SD
12. Perhatikan urutan bilangan bulat berikut :
-5, -4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4, 5
Dari urutan bilangan diatas, bilangan negatif yang terbesar adalah ....
A. -1
B. -3
C. -4
D. -5
Jawab:
A. Benar, karena pada bilangan bulat negatif -1 merupakan bilangan bulat negatif terbesar dari pada -2 atau -3 atau -4 atau -5
Pembahasan:
MODUL 3 BILANGAN BULAT Kb. 1 Bilangan Bulat dan Lambangnya serta Pembelajarannya di SD
13. -6 + (-4) = ....
A. 10
B. 2
C. -2
D. -10
Jawab:
D. Benar, karena hasil penjumlahan dua buah bilangan negatif tersebut hasilnya adalah -10
Pembahasan:
MODUL 3 BILANGAN BULAT Kb. 2 Operasi pada Bilangan Bulat dan Sifat-Sifatnya serta Pembelajarannya di SD
14. Bilangan 9,45 dibulatkan hingga satuan terdekat sama dengan ....
A. 9,0
B. 9,4
C. 9,5
D. 10
Jawab:
A. Benar, karena untuk pembulatan satuan terdekat adalah 9,0
Pembahasan:
MODUL 3 BILANGAN BULAT Kb. 2 Operasi pada Bilangan Bulat dan Sifat-Sifatnya serta Pembelajarannya di SD
15. 32 )3 = .....
A. 35
B. 36
C. 38
D. 39
Jawab:
B. Benar, karena ( 32 )3 = ( 3)2x3 = 36
Pembahasan:
MODUL 4 PERPANGKATAN/ PENARIKAN AKAR PADA BILANGAN BULAT DAN SISTEM BILANGAN ROMAWI Kb. 1 Perpangkatan/ Penarikan Akar Bilangan Bulat dan Penggunaan-nya
16. Akar dari 256 adalah ....
A. 14
B. 16
C. 24
D. 26
Jawab:
B. Benar, Akar 256 = Akar 16² = 16
Pembahasan:
MODUL 4 PERPANGKATAN/ PENARIKAN AKAR PADA BILANGAN BULAT DAN SISTEM BILANGAN ROMAWI Kb. 1 Perpangkatan/ Penarikan Akar Bilangan Bulat dan Penggunaannya
17. Jika volume suatu kubus 64 cm3, maka panjang rusuk kubus tersebut adalah ....
a. 3 cm
B. 4 cm
C. 6 cm,
D. 8 cm
Jawab:
B. Benar, a pangkat 3 = 64, maka a = ( 64 )1/3 = ( 43)1/3 = 4
Pembahasan:
MODUL 4 PERPANGKATAN/ PENARIKAN AKAR PADA BILANGAN BULAT DAN SISTEM BILANGAN ROMAWI Kb. 1 Perpangkatan/ Penarikan Akar Bilangan Bulat dan Penggunaannya
18. Bilangan yang tepat untuk bilangan Romawi CXXIII adalah ....
A. 73
B. 123
C. 523
D. 1023
Jawab:
B. Benar, karena CXXIII = 123
Pembahasan:
MODUL 4 PERPANGKATAN/ PENARIKAN AKAR PADA BILANGAN BULAT DAN SISTEM BILANGAN ROMAWI Kb. 2 Bilangan Romawi
19. Bilangan yang tidak habis dibagi dua disebut ....
A. Bilangan genap
B. Bilangan ganjil
C. Bilangan cacah
D. Bilangan prima
Jawab:
B. Benar, bilangan ganjil adalah bilangan yang tidak habis dibagi 2
Pembahasan:
MODUL 5 KELIPATAN DAN FAKTOTR BILANGAN Kb. 1 Kelipatan dan Faktor Bilangan
20. Faktor prima dari 30 adalah ....
A. 2 dan 3
B. 3 dan 5
C. 1, 2, 3 dan 5
D. 2, 3 dan 5
Jawab:
D. Benar, karena faktor dari 30 adalah 1, 2, 3, 5, 6, 10, 15 dan 30 sedangkan yang merupakan faktor primanya adalah 2, 3 dan 5
Pembahasan:
MODUL 5 KELIPATAN DAN FAKTOTR BILANGAN Kb. 2 Kelipatan Persekutuan, Faktor Persekutuan dan Faktor Bilangan Prima
21. Faktor persekutuan dari 18 dan 48 adalah ....
A. 1, 2, 3, 4
B. 1, 2, 3, 6
C. 1, 2, 3, 4, 6
D. 1, 2, 3, 4, 8
Jawab:
B. Benar, karena Faktor dari 18 adalah 1, 2, 3, 6, 9, 18.
Faktor dari 48 adalah 1, 2, 3, 4, 6, 8, 12, 16, 24, 48.
Faktor persekutuan dari 18 dan 48 = 1, 2, 3, 6
Pembahasan:
MODUL 5 KELIPATAN DAN FAKTOTR BILANGAN Kb. 2 Kelipatan Persekutuan, Faktor Persekutuan dan Bilangan Prima
22. Kelipatan persekutuan Terkecil (KPK) dari 3, 4 dan 8 adalah ....
A. 12
B. 16
C. 24
D. 48
Jawab:
C. Benar, karena
Kelipatan dari 3 = 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24 .............
Kelipatan dari 4 = 4, 8, 12, 16, 20, 24 ....................
Kelipatan dari 8 = 8, 16, 24, 32 .......................
KPK dari 3, 6 dan 8 adalah 24
Pembahasan:
MODUL 6 KPK dan FPB Kb. 1 KPK dan FPB
23. Faktor persekutuan Terbesar (FPB) dari 16 dan 24 adalah ....
A. 4
B. 8
C. 12
D. 16
Jawab:
B. Benar, karena
Faktor persekutuan dari 24 = 1, 2, 4, 6, 8, 12
Faktor persekutuan dari 16 = 1, 2, 4, 8
FPB dari 16 dan 24 = 8
Pembahasan:
MODUL 6 KPK dan FPB Kb. 2 Penerapan KPK dan FPB
24. Adi mempunyai 20 kelereng dan Budi mempunyai 30 kelereng. Jika a kali kelereng Adi sama dengan b kali kelereng Budi, berapakah nilai a + b yang paling kecil?
A. 5
B. 4
C. 3
D. 2
Jawab:
A. Benar, karena
Kelipatan kelereng Adi adalah 20, 40, 60, 80, . . .
Kelipatan kelereng Budi adalah 30, 60, 90,120, . . .
Terlihat KPK nya adalah 60, ini diperoleh dari 3 kali kelereng Adi dan 2 kali kelereng Budi, sehingga a + b = 3 + 2 = 5.
Nilai 5 adalah nilai a + b yang paling kecil
Pembahasan:
MODUL 6 KPK dan FPB Kb. 2 Penerapan KPK dan FPB
25. Perhatikan gambar berikut :
Pecahan yang senilai dengan gambar diatas adalah ….
a.
b.
c.
d.
Jawab:
B. Benar, perhatikan gambar bagian yang diarsir dan bagian keseluruhannya tampak bahwa 2 bagian dari 8 bagian, jadi 2/8
Pembahasan:
MODUL 7 BILANGAN PECAHAN BIASA DAN PECAHAN DESIMAL Kb. 1 Bilangan Pecahan dan Operasinya
26. Pernyataan berikut yang benar adalah ....
A. 3/4 > 3/2
B. 1/5 > 1/3
C. 2/3 > 2/5
D. 3/5 > 3/2
Jawab:
C. Benar, karena 2/3 > 2/5
Pembahasan:
MODUL 7 BILANGAN PECAHAN BIASA DAN PECAHAN DESIMAL Kb. 1 Bilangan Pecahan dan Operasinya
27. Selesaikan : 1/2 + 3/2 = ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Jawab:
B. Benar, karena 1/2 + 3/2 = 4/2 = 2
Pembahasan:
MODUL 7 BILANGAN PECAHAN BIASA DAN PECAHAN DESIMAL Kb. 1 Bilangan Pecahan dan Operasinya
28. Nilai dari 3 1/2 x 4 2/3= ...
A. 49/3
B. 54/3
C. 61/6
D. 78/6
Jawab:
A. Benar, karena 3 1/2 x 4 2/3 = 7/2 x 14/3 = 49/3
Pembahasan:
MODUL 7 BILANGAN PECAHAN BIASA DAN PECAHAN DESIMAL Kb. 1 Bilangan Pecahan dan Operasinya
29. Bentuk pecahan dari 0,25 adalah ....
A. 1/5
B. 1/4
C. 1/3
D. 1/2
Jawab:
B. Benar, karena 0,25 = 25/100 = 1/4
Pembahasan:
MODUL 7 BILANGAN PECAHAN BIASA DAN PECAHAN DESIMAL Kb. 2 Pecahan Desimal
30. Pecahan desimal yang senama dengan bilangan “ tiga ratus enam belas per puluh ribuan” adalah ...
A. 0,00316
B. 0,03160
C. 0,31600
D. 0,36100
Jawab:
B. Benar
Pembahasan:
MODUL 7 BILANGAN PECAHAN BIASA DAN PECAHAN DESIMAL Kb. 2 Pecahan Desimal
31. Kesamaam dari 3/5 adalah ....
A. 3/10
B. 6/10
C. 3/100
D. 6/100
Jawab:
B. Benar, karena 3/5 = 6/10
Pembahasan:
MODUL 8 BILANGAN RASIONAL dan BILANGAN IRASIONAL SERTA CARA MENGAJARKANNYA Kb. 1 Bilangan Rasional dan Sifat-Sifatnya
32. 3/4 + 5/7 = ....
A. 15/28
B. 31/28
C. 41/28
D. 56/28
Jawab:
C. Benar, karena 3/4 + 5/7 = 21/28 + 20/28 = 41/28
Pembahasan:
MODUL 8 BILANGAN RASIONAL dan BILANGAN IRASIONAL SERTA CARA MENGAJARKANNYAn Kb. 1 Bilangan Rasional dan Sifat-Sifatnya
33. Bentuk rasional dari 14,75 adalah ....
A. 1475/10
B. 1475/100
C. 1475/1000
D. 1475/10000
Jawab:
B. Benar, karena 14,75 = 1475/100
Pembahasan:
MODUL 8 BILANGAN RASIONAL dan BILANGAN IRASIONAL SERTA CARA MENGAJARKANNYA Kb. 1 Bilangan Rasional dan Sifat-Sifatnya
34. Nilai pendekatan akar 5 adalah ....
A. 2,1353
B. 2,2053
C. 2,2363
D. 2,3263
Jawab:
C. Benar, nilai pendekatan akar 5 adalah 2,2363
Pembahasan:
MODUL 8 BILANGAN RASIONAL dan BILANGAN IRASIONAL SERTA CARA MENGAJARKANNYA Kb. 2 Bilangan Irasional dan Sifat-Sifatnya
35. 3 kelereng dari 5 kelereng menyatakan pecahan .....
A. 3/8
B. 3/5
C. 5/8
D. 8/15
Jawab:
B. Benar, karena merupakan perbandingan 3 dari 5
Pembahasan:
MODUL 8 BILANGAN RASIONAL dan BILANGAN IRASIONAL SERTA CARA MENGAJARKANNYA Kb. 3 Mengajarkan Bilangan Rasional dan Irasional di SD
36.
........+ .......= .......
Pernyataan berikut ini yang sesuai dengan gambar diatas adalah ....
A.
B.
C.
D.
Jawab:
A. Benar, perhatikan bagian-bagian gambarnya karena 1/3 + 1/2 = 5/6
Pembahasan:
MODUL 8 BILANGAN RASIONAL dan BILANGAN IRASIONAL SERTA CARA MENGAJARKANNYA Kb. 3 Mengajarkan Bilangan Rasional dan Irasional di SD
37. Bentuk persen dari 7/25 sama dengan ....
A. 4%
B. 7%
C. 14%
D. 48%
Jawab:
D. Benar, karena 7/25 = 28/100 = 28 %
Pembahasan:
MODUL 9. PERSEN dan PERBANDINGAN Kb. 1 Persen
38. 2 1/2% persen dari 800 sama dengan ....
A. 20
B. 40
C. 60
D. 80
Jawab:
B. Benar, karena 2 1/2% dari 800 = 2 1/2% x 800 = 5/2% x 800 = 5/200 x 800 = 40
Pembahasan:
MODUL 9. PERSEN dan PERBANDINGAN Kb. 2 Menyelesaikan Soal Cerita yang Berhubungan dengan Persen
39. Perbandingan yang ekivalen dengan perbandingan 8 : 12 adalah ....
A. 2 : 6
B. 3 : 4
C. 4 : 6
D. 4 : 3
Jawab:
C. Benar, karena 8 : 12 = 4 : 6 sama-sama dibagi oleh 2
Pembahasan:
MODUL 9. PERSEN dan PERBANDINGAN Kb. 3 Perbandingan
40. Uang sejumlah Rp. 70.000 akan dibayarkan kepada Ani dan Budi dengan perbandingan 4:3. Besar uang yang diterima masing-masing oleh Ani dan Budi adalah ....
A. Rp. 20.000 dan Rp. 50.000
B. Rp. 30.000 dan Rp. 40.000
C. Rp. 40.000 dan Rp. 30.000
D. Rp. 50.000 dan Rp. 20.000
Jawab:
C. Benar, karena 4n + 3 n = 70.000 7n = 70.000
n = 10.000
Ani = 4n = 40.000
Budi = 3n = 30.000
Pembahasan:
MODUL 9. PERSEN dan PERBANDINGAN Kb. 2 Menyelesaikan Soal Cerita yang Berhubungan dengan Perbandingan
Download Soal Ujian UT PGSD PDGK4203
Seperti yang telah kami jelaskan diatas, bahwa selain soal dalam bentuk artikel seperti ini, kami juga sudah mempersiapkan artikel ini dalam bentuk file dokumen PDF yang bisa Anda unduh langsung. Hal ini kami sadari bahwa tak semua Mahasiswa yang bisa mempelajari soal ini secara online. Nah untuk itulah kami mempersiapkan juga soal ini dalam bentuk PDF yang bisa langsung Anda unduh dan simpan untuk kemudian Anda cetak atau print. Nah berikut ini link untuk download soal ujian UT PGSD PDGK4203 Pendidikan Matematika 1.Kami berharap bahwa kami bisa turut berkontribusi bagi teman-teman Mahasiswa dengan membagikan soal-soal seperti ini. Dan yang terpenting lagi semoga artikel kami ini bisa membantu dan meringankan beban Anda selaku mahasiswa dalam mempelajari semua materi pada setiap mata kuliah yang akan Anda ujiankan nantinya. Dengan waktu yang sedikit dan kesibukan pekerjaan Anda, tentu hal seperti inilah yang harusnya Anda lakukan, agar semua mata kuliah bisa Anda pelajari walaupun hanya dalam bentuk mempelajari soal saja.
Nah itulah soal ujian UT PGSD PDGK4203 Pendidikan Matematika 1, Anda bisa melihat kumpulan soal ujian UT PGSD semester 3 pada artikel kami Soal Ujian UT PGSD. Jika Anda mengalami masalah atau ada hal yang ingin Anda tanyakan terkait konten yang kami sajikan pada blog soal uas ut in, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui halaman Contact. Dan jangan lupa juga untuk berbagi dan merekomendasikan blog kami soal uas ut pada temen yang sama, yang berkuliah di Universitas Terbuka, terim kasih.