loading...
Soal ujian UT PGPAUD MKDK4005 Profesi Keguruan beserta kunci jawaban yang kami bagikan khusus untuk Anda Mahasiswa Universitas Terbuka jurudan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini(PGPAUD) yang sekarang sedang menempuh pendidikan pada semester 4. Pada postingan kami sebelumnya, terakhir kami telah berbagi soal ujian UT PGPAUD semester 4 lengkap dengan kunci jawabannya. Dan mata kuliah yang terakhir kami posting adalah soal ujian UT PGPAUD PAUD4208 Penanganan Anak Berkelainan. Soal yang kami bagikan ini merupakan hasil dari materi yang ada pada modul serta latihan-latihan soal yang kami bagikan lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Anda bisa mempelajari semua soal yang kami bagikan ini sebagai bekal untuk menghadapai ujian akhir semester nantinya.
Soal ujian UT yang kami bagikan ini sangat berguna sekali bagi Anda dalam hal menguasai materi pada modul dengan menghemat waktu yang ada. Maksudnya dengan waktu yang tidak banyak dan ditambah kesibukan pekerjaan Anda, tentu jika Anda mempelajari materi pada modul akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit, dan bisa kami katakana Anda tidak akan bisa mencakup semua mata kuliah, belum lagi jika ada mata kuliah yang harus diulang. Nah mempelajari soal-soal lengkap dengan kunci jawabannya seperti ini tentu akan sangat menghemat waktu Anda dan akan lebih mudah untuk mengingat materi jika dikemudian pada waktu ujian muncul.
Soal Ujian UT PGPAUD Semester 4 lainnya:
Soal ujian UT PGPAUD ini kami bagikan tak hanya dalam bentuk artikel saja, namun dalam hal ini kami juga sudah mempersiapkan materi ini dalam bentuk file dokumen PDF yang bisa Anda download langsung pada akhir soal. Soal yang ada sudah dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan soal, jadi Anda bisa langsung mempelajari semua soal secara langsung atau online. Karena dalam hal ini kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawaban.
Dibawah ini telah kami bagikan lengkap untuk Anda soal beserta kunci jawaban dan pembahasan soal terkait soal ujian UT PGPAUD MKDK4005 Profesi Keguruan.
A. mampu bekerja dengan baik
B. sistem imbalan yang memadai
C. pengakuan dari masyarakat
D. memiliki standar kerja baku
Jawab:
A. Benar
2. Diadakannya pelatihan-pelatihan di Balai Pelatihan Guru (BPG) tentang hal-hal yang berkaitan dengan kemampuan mengajar merupakan contoh dari usaha pengembangan. . .
A. strategi pembelajaran
B. pengetahuan
C. keterampilan mengajar
D. profesi
Jawab:
Benar
3. Pengertian kompetensi kepribadian guru sebagai guru pendidik mengacu pada…
A. perbuatannya yang luhur
B. pengabdiannya yang tanpa pamrih
C. perilakunya yang dapat dipercaya dan diteladani
D. tugasnya sebagai penyampai nilai-nilai luhur masyarakat
Jawab:
D. Benar
4. Hal-hal berikut merupakan kompetensi kepribadian yang perlu dimiliki seorang guru, kecuali
A. guru harus beragama dan berkewajiban untuk meningkatkan iman dan taqwa
B. percaya pada diri sendiri
C. mempunyai sifat apriori
D. toleransi dan tenggang rasa
Jawab:
C. Benar
5. Kompetensi sosial mencakup kemampuan guru untuk menyesuaikan diri terhadap tuntutan kerja dan lingkungannyA. Pendapat ini dikemukakan oleh. . ..
A. Cece Wijaya
B. D.T Amijaya
C. Achmad Sanusi
D. K.H. Dewantara
Jawab:
C. Benar
6. Guru hendaknya berperan sebagai motivator dan inovator dalam pembangunan pendidikan dengan memahami dunia sekitar dan lingkungannyA. Tugas ini merupakan kaitan kompetensi sosial guru antara fungsi kompetensi dengan…
A. sosial guru dengan sifat kompetensi guru
B. sosial guru dengan ruang lingkup kompetensi guru
C. kepribadian guru dengan ruang lingkup kepribadian guru
D. sosial guru dengan kepribadian guru
Jawab:
C. Benar
7. Salah satu kompetensi sosial guru menurut Cece Wijaya adalah bersikap...
A. ramah tamah dan murah senyum
B. pemarah dan pendendam
C. bersikap simpatik
D. masa bodoh dan arogan
Jawab:
C. Benar
8. Kemampuan mengetahui, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, menyintesiskan dan mengevaluasi sejumlah pengetahuan yang diajarkan merupakan aspek-aspek dari kompetensi ...
A. penguasaan bahan bidang studi
B. pengelolaan program belajar mengajar
C. pengelolaan kelas
D. penggunaan media
Jawab:
A. Benar
9. Penguasaan materi dan kemampuan mengajar yang tepat dapat ditentukan oleh guru apabila ia mengetahui cara-cara dalam . . .
A. memilih metode yang tepat
B. menyampaikan bahan bidang studi
C. analisis bidang studi
D. membuat rincian materi
Jawab:
B. Benar
10. Pengetahuan tentang perkembangan anak sangat diperlukan oleh guru untuk....
A. menentukan posisi anak di dalam keluarga
B. mengidentifikasi bahan ajar yang sesuai bagi kelompok
C. menentukan pengelompokan kelas
D. menyesuaikan metode pembelajaran
Jawab:
B. Benar
11. Interaksi yang baik yang terjadi antara guru dan siswa di sekolah seharusnya bersifat....
A. guru memberikan kemajuan kepada para siswa
B. guru menjaga jarak dengan siswa agar mereka tidak terlalu dekat dengannya
C. mempermudah segala urusan, bukan sebaliknya
D. selalu memberikan pujian kepada semua siswa dan dalam segala hal
Jawab:
C. Benar
12. Jika pendidikan dipandang dari sudut kata kerja, maka pendidikan merupakan...
A. sesuatu yang telah diperoleh
B. proses inkuiri yang berkelanjutan
C. kegiatan yang berlangsung antara guru dan siswa
D. kegiatan yang terjadi karena adanya kurikulum, materi ajar, metode, dan media
Jawab:
B. Benar
13. Ciri-ciri konsep diri yang berorientasi pada diri sendiri adalah . . .
A. menghargai orang lain
B. bisa bekerja sama
C. menonjolkan diri
D. bertanggung jawab
Jawab:
C. Benar
14. Mengapa seorang guru perlu melakukan analisis kurikulum? Agar kurikulum yang digunakan....
A. dipahami betul oleh para guru
B. disesuaikan dengan metode yang digunakan
C. tidak menyimpang dari kurikulum yang ideal
D. disesuaikan dengan lingkungan peserta didik
Jawab:
C. Benar
15. Manakah kegiatan guru di bawah ini yang tidak termasuk pada kegiatan awal pembelajaran?
A. menghubungkan materi yang telah dipelajari dengan materi yang belum dipelajari
B. selalu menumbuhkan hasrat belajar siswa
C. mengantarkan siswa kepada informasi baru
D. menginformasikan tujuan pembelajaran hari ini
Jawab:
C. Benar
16. Bila suatu tujuan pembelajaran berbunyi: siswa dapat menyatakan bagaimana perasaannya ketika mengalami suatu musibah, maka tujuan tersebut termasuk tipe tujuan..
A. keperilakuan
B. afektif
C. psikomotorik
D. ekspresif
Jawab:
D. Benar
17. Kegiatan penutup pembelajaran bertujuan untuk..
A. mengakhiri kegiatan pembelajaran
B. membuktikan adanya kegiatan awal dan kegiatan inti
C. siswa dapat merefleksikan materi pelajaran
D. siswa memiliki ingatan terhadap pelajaran yang baru diterimanya
Jawab:
C. Benar
18. Kegiatan mengajar berbeda dengan kegiatan manajerial, salah satu kegiatan manajerial yang nampak di bawah ini adalah....
A. membantu siswa mencapai tujuan pembelajara
B. mendiagnosis kebutuhan siswa
C. menyampaikan materi pembelajaran
D. mengembangkan hubungan yang baik dengan guru dan siswa
Jawab:
D. Benar
19. Pilihlah salah satu contoh kegiatan yang paling dominan dilakukan guru pada tingkat kelas tengah....
A. berperilaku menyenangkan siswa secara individual
B. mengubah peranan dari otoriter kepada lebih demokratis
C. lebih memperhatikan secara kelompok
D. melakukan sosialisasi terhadap kedisiplinan dan aturan sekolah lainnya
Jawab:
D. Benar
20. Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru secara cermat kemungkinan besar dapat menghindari munculnya perilaku yang bermasalah. Penjelasan ini merupakan bentuk dari pendekatan....
A. instruksional
B. pendekatan modifikasi perilaku
C. sosio-emosional yang positif
D. menempatkan kelas sebagai suatu sistem sosial
A. Benar
21. Proses evaluasi terdiri dari beberapa aspek seperti di bawah ini, kecuali....
A. memperoleh informasi
B. membentuk judgement
C. mengambil keputusan
D. memberikan penilaian
Jawab:
D. Benar
22. Proses judgement dilakukan oleh seorang guru setelah....
A. merumuskan definisi evaluasi
B. memperoleh informasi yang tepat
C. menulis butir-butir soal yang efektif
D. mengolah hasil pengukuran
Jawab:
B. Benar
23. Teknik inkuiri berbeda dengan teknik observasi. Salah satu teknik inkuiri yang nampak di bawah ini adalah....
A. guru selalu bertanya kepada siswanya tentang apa yang sedang dipikirkan
B. guru selalu melihat dan merasakan apa yang diungkapkan siswa
C. memilah dan memilih materi pelajaran yang paling sesuai
D. memberikan nilai kepada siswa yang selalu merespons pelajaran
Jawab:
A. Benar
24. Kelemahan tipe soal jawaban singkat dibandingkan dengan tipe soal uraian, adalah...
A. sulit menentukan skor secara objektif
B. lebih bersifat subjektif
C. sulit membuat butir soal
D. sering kali bersifat ambigu
Jawab:
D. Benar
25. Menyusun butir soal uraian memiliki syarat-syarat yang harus dipenuhi, antara lain....
A. memilih topik yang akan diujikan dan mewakili seluruh materi yang telah diajarkan
B. dapat mengukur hasil belajar yang akan diuji
C. merumuskan jawaban dalam bentuk homogen
D. antara soal dengan jawaban memiliki kesinambungan
Jawab:
A. Benar
26. Selain untuk keberhasilan proses mengajar, tes formatif juga bertujuan untuk...
A. pengolahan data hasil evaluasi
B. menguji banyak fakta dalam waktu singkat
C. menguji hasil belajar yang lengkap
D. melakukan perbaikan terhadap proses pembelajaran
Jawab:
D. Benar
27. Membantu memecahkan masalah yang dihadapi peserta didik, merupakan kewajiban guru BP dalam menjalankan profesinyA. Pengertian bimbingan dan konseling berkaitan dengan kegiatan…
A. mengarahkan perilaku siswa sesuai tingkat perkembangannya
B. memberikan pandangan sesuai dengan bakat minat siswa
C. menunjukkan sikap kreatif dan prinsip mandiri sesuai dengan kemampuan siswa
D. memberikan pendidikan mental sesuai dengan tujuan
Jawab:
A. Benar
28. Anak dapat memilih dan menetapkan pekerjaan sesuai dengan kemampuannya dan keterampilan yang dimiliki. Hal tersebut berkaitan dengan....
A. tujuan bimbingan
B. fungsi bimbingan
C. prinsip bimbingan
D. asas bimbingan
Jawab:
C. Benar
29. Layanan bimbingan hendaknya berkesinambungan dan berdasar pada potensialitas siswA. Hal ini berhubungan dengan . . . .
A. pengembangan dan keutuhannya
B. proses dan individualitas
C. keutuhan dan berkegiatan
D. untuk semua siswa dan kemandirian
Jawab:
B. Benar
30. Guru merupakan tangan pertama dalam menangani dan melaksanakan pembimbingan dan konseling kepada peserta didik karena….
A. siswa dekat dengan guru
B. guru yang menemukan masalah dan memahami latar belakang siswa
C. guru lebih mengetahui minat dan bakat siswa
D. kedekatan siswa dan guru akan memperjelas bakat dan minat siswa
D. Benar
31. Memberikan bantuan pemecahan masalah berdasarkan prinsip bimbingan, merupakan kegiatan guru bimbingan dan konseling dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan….
A. azas bimbingan
B. tujuan bimbingan
C. kaidah bimbingan
D. struktur bimbingan
Jawab:
A. Benar
32. Di bawah ini merupakan peranan guru dalam membantu perkembangan pribadi siswa, kecuali . ..
A. peduli
B. konsisten
C. permisif
D. lingkungan yang labil
Jawab:
D. Benar
33. Sebagai administrator, kepala sekolah melaksanakan tugasnya dengan cara…
A. mengkoordinasikan kebutuhan pelaksanaan pendidikan
B. mengklasifikasikan kegiatan pendidikan
C. mengelola kebutuhan prasarana
D. mengelola administrasi pendidikan
Jawab:
A. Benar
34. Berikut ini masalah siswa yang perlu bantuan bimbingan guru kecuali masalah…
A. hasil belajar rendah
B. takut berbicara di depan kelas
C. kekurangan uang
D. kurang percaya diri
Jawab:
C. Benar
35. Berikut ini adalah bantuan untuk menumbuhkan sikap belajar pada siswa kelas 4 SD, kecuali…
A. membiasakan mengerjakan PR dengan tertib
B. membuat catatan yang jelas dan rapi
C. melatih siswa membaca dengan cermat
D. mengganti guru yang disukai siswa
Jawab:
D. Benar
36. Siswa yang kurang mampu menguasai diri sering membuat keributan di kelas, dan sering tidak masuk karena kurang diperhatikan oleh guru. Gejala tersebut merupakan stres yang disebabkan oleh faktor....
A. iklim kehidupan keluarga
B. fisik-biologik
C. pekerjaan
D. psikologik
Jawab:
D. Benar
37. Tipe kepribadian yang dapat menangkal atau mengurangi kadar stres pada diri seseorang adalah....
A. emotional support
B. optimisme
C. appraisal support
D. hardiness
Jawab:
D. Benar
38. Contoh coping positif/ konstruktif adalah....
A. setiap mempunyai masalah, saya selalu membicarakannya dengan orang lain
B. setiap mempunyai masalah, saya menduga pasti disebabkan oleh orang lain
C. saya menunda satu kegiatan agar dapat mengerjakan kegiatan yang lain
D. saya lebih suka membaca buku dari pada membicarakan orang lain
Jawab:
D. Benar
39. Cara atau metode yang dapat dilakukan seseorang dalam melakukan pendekatan coping positif adalah seperti di bawah ini, kecuali...
A. memahami dan mengerti tingkatan stress
B. memahami sebab-sebab timbulnya stress
C. memelihara stres dengan sebaik-baiknya
D. dapat menemukan solusi mengatasi stress
Jawab:
C. Benar
40. Guru dalam mempersiapkan materi pelajaran didasarkan pada kebutuhan siswanya, hal ini disesuaikan dengan karakteristik kode etik suatu profesi ditinjau dari aspek….
A. filosofis – kontekstual
B. etis – psikologis
C. etis – pragmatis
D. pengabdian
C. Benar
41. Makna yang terkandung dari kode etik guru Indonesia ( PGRI)yang kedelapan adalah....
A. merupakan organisasi pendidikan guru republik Indonesia
B. tidak boleh bersikap sewenang-wenang terhadap guru
C. harus menghentikan praktek monopoli profesi terhadap guru
D. mengurus semua kebutuhan guru
Jawab:
C. Benar
42. Seorang guru dipilih, ditugaskan, disediakan, dan ditempatkan sesuai dengan jenjang pendidikan dengan mengindahkan kriteria standar kualifikasi profesional. Tindakan ini merupakan kegiatan di tingkat....
A. struktural
B. institusional
C. operasional
D. instruksional
Jawab:
B. Benar
43. Menurut Sutan Zanti dan Syamsiar Syahrun, setiap profesi mempunyai ciri-ciri sebagai berikut, kecuali....
A. setiap pekerjaan dipersiapkan melalui pendidikan dan latihan yang bersifat formal
B. pekerjaan yang dilakukannya mendapatkan pengakuan dari masyarakat
C. memerlukan latihan yang cukup lama dan pengetahuan yang cukup tinggi
D. membutuhkan pengawasan dari organisasi tertentu
Jawab:
C. Benar
44. Peningkatan profesional guru telah diatur dalam Undang-undang No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Bentuk peningkatan kemampuan profesional guru yang dimaksud adalah....
A. dalam pembelajaran, guru harus menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
B. proses pembelajaran tidak lagi bersifat teacher central (pembelajaran berpusat kepada guru)
C. pendidikan guru minimal strata 1 atau D4
D. mengutamakan pengembangan kompetensi tiap pribadi
Jawab:
C. Benar
45. Salah satu tujuan organisasi profesi kependidikan adalah meningkatkan dan mengembangkan kemampuan anggotanya, hal ini berarti dengan adanya kekuatan dan kewibawaan organisasi akan berdampak kepada para anggotanya terutama dalam hal....
A. pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan
B. kemampuan menyampaikan proses pembelajaran
C. kemudahan memperoleh fasilitas pembelajaran
D. kemudahan dalam meningkatkan kemampuannya
Jawab:
D. Benar
46. Tina lebih suka memilih menjadi guru dibandingkan sebagai ekonom atau arsitektur, karena Tina beranggapan profesi guru mempunyai ciri-ciri yang spesifik. Ciri-ciri tersebut diantaranya adalah…
1). mengajar adalah jabatan yang mempunyai nilai sosial tinggi
2). mengajar merupakan jabatan yang disegani
3). jabatan guru mempunyai keuntungan rohaniah dibandingkan ekonomi
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
B. Benar
47. Ruang lingkup kerja guru yang berkaitan dengan aspek kemampuan profesional mencakup penjelasan . . .
1). substansi ilmu
2). landasan pendidikan
3). proses kependidikan dan keguruan serta pembelajaran
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar
48. Kompetensi sosial guru merupakan kemampuan guru untuk….
1). memahami dirinya sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat
2). melakukan tindakan sesuai dengan kehendak hatinya
3). mampu mengembangkan tugas sebagai anggota masyarakat dan warga negara
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
B. Benar
49. Menurut Udi Turmudi (1987;8) faktor-faktor penentu aktualisasi peristiwa belajar mengajar adalah
1). tujuan, siswa, pengajar
2). materi pelajaran, alat-alat
3). faktor ekonomi, administrasi, besar kelas, ruangan, jumlah jam pelajaran
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar
50. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dipertimbangkan dalam manajemen kelas yaitu ...
1). keragaman usia
2). kecakapan
3). etnik dan kesiapan belajar
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar
Kami tahu bahwa soal-soal seperti ini akan sangat membantu Anda dalam menyiapkan diri untuk menghadapi ujian akhir semester nantinya. Soal yang kami bagikan adalah murni dari materi yang ada pada modul. Jadi sangat besar kemungkinan soal ini akan atau tidak jauh dari soal yang keluar pada waktu ujian nantinya. Dan bisa jadi soal yang keluar sama persis seperti yang Anda pelajari pada soal ini. Untuk itu silahkan Anda pelajari dan teleti setiap soal yang ada, jika meragukan silahkan cek jawabannya pada modul Anda.
Sekian artikel kami terkait soal ujian UT PGPAUD MKDK4005 Profesi Keguruan, kami berharap dengan adanya soal ini bisa membantu dan meringankan beban Anda dalam mempelajari materi yang ada pada modul. Dan jika Anda mengalami kesulitan, atau ada hal yang ingin Anda tanyakan, jangan sungkan untuk menghubungi kami melalui halaman Contact, kami akan segera mungkin untuk membalas pertanyaan Anda. Jangan lupa juga untuk berbagi artikel atau soal yang terdapat pada blog soal uas ut ini, terima kasih.
Soal ujian UT yang kami bagikan ini sangat berguna sekali bagi Anda dalam hal menguasai materi pada modul dengan menghemat waktu yang ada. Maksudnya dengan waktu yang tidak banyak dan ditambah kesibukan pekerjaan Anda, tentu jika Anda mempelajari materi pada modul akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit, dan bisa kami katakana Anda tidak akan bisa mencakup semua mata kuliah, belum lagi jika ada mata kuliah yang harus diulang. Nah mempelajari soal-soal lengkap dengan kunci jawabannya seperti ini tentu akan sangat menghemat waktu Anda dan akan lebih mudah untuk mengingat materi jika dikemudian pada waktu ujian muncul.
Soal Ujian UT PGPAUD Semester 4 lainnya:
- Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4205 Kesehatan dan Gizi
- Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4206 Metode Pengembangan Seni
- Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4207 Kurikulum dan Bahan Belajar TK
- Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4208 Penanganan Anak Berkelainan
- Soal Ujian UT PGPAUD MKDK4005 Profesi Keguruan
Soal ujian UT PGPAUD ini kami bagikan tak hanya dalam bentuk artikel saja, namun dalam hal ini kami juga sudah mempersiapkan materi ini dalam bentuk file dokumen PDF yang bisa Anda download langsung pada akhir soal. Soal yang ada sudah dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan soal, jadi Anda bisa langsung mempelajari semua soal secara langsung atau online. Karena dalam hal ini kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawaban.
Soal Ujian UT PGPAUD MKDK4005 Profesi Keguruan Beserta Kunci Jawaban
Pada blog soal uas ut ini, kami tak hanya berbagai soal untuk jurusan PGPAUD saja, namun kami juga berbagi soal untuk jurudan lainnya. Soal ujian yang kami bagikan tentunya lengkap untuk semua semester, mulai dari semester awal sampai akhir, dan tak hanya soal saja, kami juga membagikan berbagai hal lainnya, seperti contoh laporan, tips dan hal lainnya. Untuk melihat kumpulan lengkap dari soal ujian UT PGPAUD ini Anda bisa langsung menuju artikel kami Soal Ujian UT PGPAUD.Dibawah ini telah kami bagikan lengkap untuk Anda soal beserta kunci jawaban dan pembahasan soal terkait soal ujian UT PGPAUD MKDK4005 Profesi Keguruan.
Soal Ujian UT PGPAUD MKDK4005
1. Berikut ini adalah ciri-ciri dari suatu profesi, kecuali . . .A. mampu bekerja dengan baik
B. sistem imbalan yang memadai
C. pengakuan dari masyarakat
D. memiliki standar kerja baku
Jawab:
A. Benar
2. Diadakannya pelatihan-pelatihan di Balai Pelatihan Guru (BPG) tentang hal-hal yang berkaitan dengan kemampuan mengajar merupakan contoh dari usaha pengembangan. . .
A. strategi pembelajaran
B. pengetahuan
C. keterampilan mengajar
D. profesi
Jawab:
Benar
3. Pengertian kompetensi kepribadian guru sebagai guru pendidik mengacu pada…
A. perbuatannya yang luhur
B. pengabdiannya yang tanpa pamrih
C. perilakunya yang dapat dipercaya dan diteladani
D. tugasnya sebagai penyampai nilai-nilai luhur masyarakat
Jawab:
D. Benar
4. Hal-hal berikut merupakan kompetensi kepribadian yang perlu dimiliki seorang guru, kecuali
A. guru harus beragama dan berkewajiban untuk meningkatkan iman dan taqwa
B. percaya pada diri sendiri
C. mempunyai sifat apriori
D. toleransi dan tenggang rasa
Jawab:
C. Benar
5. Kompetensi sosial mencakup kemampuan guru untuk menyesuaikan diri terhadap tuntutan kerja dan lingkungannyA. Pendapat ini dikemukakan oleh. . ..
A. Cece Wijaya
B. D.T Amijaya
C. Achmad Sanusi
D. K.H. Dewantara
Jawab:
C. Benar
6. Guru hendaknya berperan sebagai motivator dan inovator dalam pembangunan pendidikan dengan memahami dunia sekitar dan lingkungannyA. Tugas ini merupakan kaitan kompetensi sosial guru antara fungsi kompetensi dengan…
A. sosial guru dengan sifat kompetensi guru
B. sosial guru dengan ruang lingkup kompetensi guru
C. kepribadian guru dengan ruang lingkup kepribadian guru
D. sosial guru dengan kepribadian guru
Jawab:
C. Benar
7. Salah satu kompetensi sosial guru menurut Cece Wijaya adalah bersikap...
A. ramah tamah dan murah senyum
B. pemarah dan pendendam
C. bersikap simpatik
D. masa bodoh dan arogan
Jawab:
C. Benar
8. Kemampuan mengetahui, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, menyintesiskan dan mengevaluasi sejumlah pengetahuan yang diajarkan merupakan aspek-aspek dari kompetensi ...
A. penguasaan bahan bidang studi
B. pengelolaan program belajar mengajar
C. pengelolaan kelas
D. penggunaan media
Jawab:
A. Benar
9. Penguasaan materi dan kemampuan mengajar yang tepat dapat ditentukan oleh guru apabila ia mengetahui cara-cara dalam . . .
A. memilih metode yang tepat
B. menyampaikan bahan bidang studi
C. analisis bidang studi
D. membuat rincian materi
Jawab:
B. Benar
10. Pengetahuan tentang perkembangan anak sangat diperlukan oleh guru untuk....
A. menentukan posisi anak di dalam keluarga
B. mengidentifikasi bahan ajar yang sesuai bagi kelompok
C. menentukan pengelompokan kelas
D. menyesuaikan metode pembelajaran
Jawab:
B. Benar
11. Interaksi yang baik yang terjadi antara guru dan siswa di sekolah seharusnya bersifat....
A. guru memberikan kemajuan kepada para siswa
B. guru menjaga jarak dengan siswa agar mereka tidak terlalu dekat dengannya
C. mempermudah segala urusan, bukan sebaliknya
D. selalu memberikan pujian kepada semua siswa dan dalam segala hal
Jawab:
C. Benar
12. Jika pendidikan dipandang dari sudut kata kerja, maka pendidikan merupakan...
A. sesuatu yang telah diperoleh
B. proses inkuiri yang berkelanjutan
C. kegiatan yang berlangsung antara guru dan siswa
D. kegiatan yang terjadi karena adanya kurikulum, materi ajar, metode, dan media
Jawab:
B. Benar
13. Ciri-ciri konsep diri yang berorientasi pada diri sendiri adalah . . .
A. menghargai orang lain
B. bisa bekerja sama
C. menonjolkan diri
D. bertanggung jawab
Jawab:
C. Benar
14. Mengapa seorang guru perlu melakukan analisis kurikulum? Agar kurikulum yang digunakan....
A. dipahami betul oleh para guru
B. disesuaikan dengan metode yang digunakan
C. tidak menyimpang dari kurikulum yang ideal
D. disesuaikan dengan lingkungan peserta didik
Jawab:
C. Benar
15. Manakah kegiatan guru di bawah ini yang tidak termasuk pada kegiatan awal pembelajaran?
A. menghubungkan materi yang telah dipelajari dengan materi yang belum dipelajari
B. selalu menumbuhkan hasrat belajar siswa
C. mengantarkan siswa kepada informasi baru
D. menginformasikan tujuan pembelajaran hari ini
Jawab:
C. Benar
16. Bila suatu tujuan pembelajaran berbunyi: siswa dapat menyatakan bagaimana perasaannya ketika mengalami suatu musibah, maka tujuan tersebut termasuk tipe tujuan..
A. keperilakuan
B. afektif
C. psikomotorik
D. ekspresif
Jawab:
D. Benar
17. Kegiatan penutup pembelajaran bertujuan untuk..
A. mengakhiri kegiatan pembelajaran
B. membuktikan adanya kegiatan awal dan kegiatan inti
C. siswa dapat merefleksikan materi pelajaran
D. siswa memiliki ingatan terhadap pelajaran yang baru diterimanya
Jawab:
C. Benar
18. Kegiatan mengajar berbeda dengan kegiatan manajerial, salah satu kegiatan manajerial yang nampak di bawah ini adalah....
A. membantu siswa mencapai tujuan pembelajara
B. mendiagnosis kebutuhan siswa
C. menyampaikan materi pembelajaran
D. mengembangkan hubungan yang baik dengan guru dan siswa
Jawab:
D. Benar
19. Pilihlah salah satu contoh kegiatan yang paling dominan dilakukan guru pada tingkat kelas tengah....
A. berperilaku menyenangkan siswa secara individual
B. mengubah peranan dari otoriter kepada lebih demokratis
C. lebih memperhatikan secara kelompok
D. melakukan sosialisasi terhadap kedisiplinan dan aturan sekolah lainnya
Jawab:
D. Benar
20. Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru secara cermat kemungkinan besar dapat menghindari munculnya perilaku yang bermasalah. Penjelasan ini merupakan bentuk dari pendekatan....
A. instruksional
B. pendekatan modifikasi perilaku
C. sosio-emosional yang positif
D. menempatkan kelas sebagai suatu sistem sosial
A. Benar
21. Proses evaluasi terdiri dari beberapa aspek seperti di bawah ini, kecuali....
A. memperoleh informasi
B. membentuk judgement
C. mengambil keputusan
D. memberikan penilaian
Jawab:
D. Benar
22. Proses judgement dilakukan oleh seorang guru setelah....
A. merumuskan definisi evaluasi
B. memperoleh informasi yang tepat
C. menulis butir-butir soal yang efektif
D. mengolah hasil pengukuran
Jawab:
B. Benar
23. Teknik inkuiri berbeda dengan teknik observasi. Salah satu teknik inkuiri yang nampak di bawah ini adalah....
A. guru selalu bertanya kepada siswanya tentang apa yang sedang dipikirkan
B. guru selalu melihat dan merasakan apa yang diungkapkan siswa
C. memilah dan memilih materi pelajaran yang paling sesuai
D. memberikan nilai kepada siswa yang selalu merespons pelajaran
Jawab:
A. Benar
24. Kelemahan tipe soal jawaban singkat dibandingkan dengan tipe soal uraian, adalah...
A. sulit menentukan skor secara objektif
B. lebih bersifat subjektif
C. sulit membuat butir soal
D. sering kali bersifat ambigu
Jawab:
D. Benar
25. Menyusun butir soal uraian memiliki syarat-syarat yang harus dipenuhi, antara lain....
A. memilih topik yang akan diujikan dan mewakili seluruh materi yang telah diajarkan
B. dapat mengukur hasil belajar yang akan diuji
C. merumuskan jawaban dalam bentuk homogen
D. antara soal dengan jawaban memiliki kesinambungan
Jawab:
A. Benar
26. Selain untuk keberhasilan proses mengajar, tes formatif juga bertujuan untuk...
A. pengolahan data hasil evaluasi
B. menguji banyak fakta dalam waktu singkat
C. menguji hasil belajar yang lengkap
D. melakukan perbaikan terhadap proses pembelajaran
Jawab:
D. Benar
27. Membantu memecahkan masalah yang dihadapi peserta didik, merupakan kewajiban guru BP dalam menjalankan profesinyA. Pengertian bimbingan dan konseling berkaitan dengan kegiatan…
A. mengarahkan perilaku siswa sesuai tingkat perkembangannya
B. memberikan pandangan sesuai dengan bakat minat siswa
C. menunjukkan sikap kreatif dan prinsip mandiri sesuai dengan kemampuan siswa
D. memberikan pendidikan mental sesuai dengan tujuan
Jawab:
A. Benar
28. Anak dapat memilih dan menetapkan pekerjaan sesuai dengan kemampuannya dan keterampilan yang dimiliki. Hal tersebut berkaitan dengan....
A. tujuan bimbingan
B. fungsi bimbingan
C. prinsip bimbingan
D. asas bimbingan
Jawab:
C. Benar
29. Layanan bimbingan hendaknya berkesinambungan dan berdasar pada potensialitas siswA. Hal ini berhubungan dengan . . . .
A. pengembangan dan keutuhannya
B. proses dan individualitas
C. keutuhan dan berkegiatan
D. untuk semua siswa dan kemandirian
Jawab:
B. Benar
30. Guru merupakan tangan pertama dalam menangani dan melaksanakan pembimbingan dan konseling kepada peserta didik karena….
A. siswa dekat dengan guru
B. guru yang menemukan masalah dan memahami latar belakang siswa
C. guru lebih mengetahui minat dan bakat siswa
D. kedekatan siswa dan guru akan memperjelas bakat dan minat siswa
D. Benar
31. Memberikan bantuan pemecahan masalah berdasarkan prinsip bimbingan, merupakan kegiatan guru bimbingan dan konseling dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan….
A. azas bimbingan
B. tujuan bimbingan
C. kaidah bimbingan
D. struktur bimbingan
Jawab:
A. Benar
32. Di bawah ini merupakan peranan guru dalam membantu perkembangan pribadi siswa, kecuali . ..
A. peduli
B. konsisten
C. permisif
D. lingkungan yang labil
Jawab:
D. Benar
33. Sebagai administrator, kepala sekolah melaksanakan tugasnya dengan cara…
A. mengkoordinasikan kebutuhan pelaksanaan pendidikan
B. mengklasifikasikan kegiatan pendidikan
C. mengelola kebutuhan prasarana
D. mengelola administrasi pendidikan
Jawab:
A. Benar
34. Berikut ini masalah siswa yang perlu bantuan bimbingan guru kecuali masalah…
A. hasil belajar rendah
B. takut berbicara di depan kelas
C. kekurangan uang
D. kurang percaya diri
Jawab:
C. Benar
35. Berikut ini adalah bantuan untuk menumbuhkan sikap belajar pada siswa kelas 4 SD, kecuali…
A. membiasakan mengerjakan PR dengan tertib
B. membuat catatan yang jelas dan rapi
C. melatih siswa membaca dengan cermat
D. mengganti guru yang disukai siswa
Jawab:
D. Benar
36. Siswa yang kurang mampu menguasai diri sering membuat keributan di kelas, dan sering tidak masuk karena kurang diperhatikan oleh guru. Gejala tersebut merupakan stres yang disebabkan oleh faktor....
A. iklim kehidupan keluarga
B. fisik-biologik
C. pekerjaan
D. psikologik
Jawab:
D. Benar
37. Tipe kepribadian yang dapat menangkal atau mengurangi kadar stres pada diri seseorang adalah....
A. emotional support
B. optimisme
C. appraisal support
D. hardiness
Jawab:
D. Benar
38. Contoh coping positif/ konstruktif adalah....
A. setiap mempunyai masalah, saya selalu membicarakannya dengan orang lain
B. setiap mempunyai masalah, saya menduga pasti disebabkan oleh orang lain
C. saya menunda satu kegiatan agar dapat mengerjakan kegiatan yang lain
D. saya lebih suka membaca buku dari pada membicarakan orang lain
Jawab:
D. Benar
39. Cara atau metode yang dapat dilakukan seseorang dalam melakukan pendekatan coping positif adalah seperti di bawah ini, kecuali...
A. memahami dan mengerti tingkatan stress
B. memahami sebab-sebab timbulnya stress
C. memelihara stres dengan sebaik-baiknya
D. dapat menemukan solusi mengatasi stress
Jawab:
C. Benar
40. Guru dalam mempersiapkan materi pelajaran didasarkan pada kebutuhan siswanya, hal ini disesuaikan dengan karakteristik kode etik suatu profesi ditinjau dari aspek….
A. filosofis – kontekstual
B. etis – psikologis
C. etis – pragmatis
D. pengabdian
C. Benar
41. Makna yang terkandung dari kode etik guru Indonesia ( PGRI)yang kedelapan adalah....
A. merupakan organisasi pendidikan guru republik Indonesia
B. tidak boleh bersikap sewenang-wenang terhadap guru
C. harus menghentikan praktek monopoli profesi terhadap guru
D. mengurus semua kebutuhan guru
Jawab:
C. Benar
42. Seorang guru dipilih, ditugaskan, disediakan, dan ditempatkan sesuai dengan jenjang pendidikan dengan mengindahkan kriteria standar kualifikasi profesional. Tindakan ini merupakan kegiatan di tingkat....
A. struktural
B. institusional
C. operasional
D. instruksional
Jawab:
B. Benar
43. Menurut Sutan Zanti dan Syamsiar Syahrun, setiap profesi mempunyai ciri-ciri sebagai berikut, kecuali....
A. setiap pekerjaan dipersiapkan melalui pendidikan dan latihan yang bersifat formal
B. pekerjaan yang dilakukannya mendapatkan pengakuan dari masyarakat
C. memerlukan latihan yang cukup lama dan pengetahuan yang cukup tinggi
D. membutuhkan pengawasan dari organisasi tertentu
Jawab:
C. Benar
44. Peningkatan profesional guru telah diatur dalam Undang-undang No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Bentuk peningkatan kemampuan profesional guru yang dimaksud adalah....
A. dalam pembelajaran, guru harus menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
B. proses pembelajaran tidak lagi bersifat teacher central (pembelajaran berpusat kepada guru)
C. pendidikan guru minimal strata 1 atau D4
D. mengutamakan pengembangan kompetensi tiap pribadi
Jawab:
C. Benar
45. Salah satu tujuan organisasi profesi kependidikan adalah meningkatkan dan mengembangkan kemampuan anggotanya, hal ini berarti dengan adanya kekuatan dan kewibawaan organisasi akan berdampak kepada para anggotanya terutama dalam hal....
A. pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan
B. kemampuan menyampaikan proses pembelajaran
C. kemudahan memperoleh fasilitas pembelajaran
D. kemudahan dalam meningkatkan kemampuannya
Jawab:
D. Benar
46. Tina lebih suka memilih menjadi guru dibandingkan sebagai ekonom atau arsitektur, karena Tina beranggapan profesi guru mempunyai ciri-ciri yang spesifik. Ciri-ciri tersebut diantaranya adalah…
1). mengajar adalah jabatan yang mempunyai nilai sosial tinggi
2). mengajar merupakan jabatan yang disegani
3). jabatan guru mempunyai keuntungan rohaniah dibandingkan ekonomi
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
B. Benar
47. Ruang lingkup kerja guru yang berkaitan dengan aspek kemampuan profesional mencakup penjelasan . . .
1). substansi ilmu
2). landasan pendidikan
3). proses kependidikan dan keguruan serta pembelajaran
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar
48. Kompetensi sosial guru merupakan kemampuan guru untuk….
1). memahami dirinya sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat
2). melakukan tindakan sesuai dengan kehendak hatinya
3). mampu mengembangkan tugas sebagai anggota masyarakat dan warga negara
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
B. Benar
49. Menurut Udi Turmudi (1987;8) faktor-faktor penentu aktualisasi peristiwa belajar mengajar adalah
1). tujuan, siswa, pengajar
2). materi pelajaran, alat-alat
3). faktor ekonomi, administrasi, besar kelas, ruangan, jumlah jam pelajaran
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar
50. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dipertimbangkan dalam manajemen kelas yaitu ...
1). keragaman usia
2). kecakapan
3). etnik dan kesiapan belajar
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar
Download Soal Ujian UT PGPAUD MKDK4005
Seperti mana yang telah kami sampaikan diatas, bahwa kami tak hanya berbagai soal dalam bentuk artikel saja, namun kami juga membagikan atau menyiapkan artikel ini dalam bentuk file PDF yang mana Anda bisa langsung download pada link dibawah ini. Karena kami tahu bahwa terkadang tak semua Mahasiswa yang bisa mempelajari soal secara online, nah berikut ini adalah link menuju dokumen atau soal dalam bentuk PDF.Kami tahu bahwa soal-soal seperti ini akan sangat membantu Anda dalam menyiapkan diri untuk menghadapi ujian akhir semester nantinya. Soal yang kami bagikan adalah murni dari materi yang ada pada modul. Jadi sangat besar kemungkinan soal ini akan atau tidak jauh dari soal yang keluar pada waktu ujian nantinya. Dan bisa jadi soal yang keluar sama persis seperti yang Anda pelajari pada soal ini. Untuk itu silahkan Anda pelajari dan teleti setiap soal yang ada, jika meragukan silahkan cek jawabannya pada modul Anda.
Sekian artikel kami terkait soal ujian UT PGPAUD MKDK4005 Profesi Keguruan, kami berharap dengan adanya soal ini bisa membantu dan meringankan beban Anda dalam mempelajari materi yang ada pada modul. Dan jika Anda mengalami kesulitan, atau ada hal yang ingin Anda tanyakan, jangan sungkan untuk menghubungi kami melalui halaman Contact, kami akan segera mungkin untuk membalas pertanyaan Anda. Jangan lupa juga untuk berbagi artikel atau soal yang terdapat pada blog soal uas ut ini, terima kasih.