loading...
Soal ujian UT PGPAUD PAUD4102 Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan kami bagikan untuk Anda Mahasiswa Pendas Universitas Terbuka yang sedang menempuh pendidikan di jurusan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD). Pada postingan sebelumnya kami telah berbagi terkait soal ujian UT PGPAUD Semester 1 yaitu Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4101 Metode Pengembangan Kognitif lengkap dengan kunci jawabannya. Soal Ujian UT PGPAUD Semester 1 ini kami ulas dengan sangat lengkap, setiap soal kami sajikan pula pembahasan kunci jawabannya yang mana bisa Anda lihat pada modul nantinya untuk mencocokan jawaban jika Anda kurang yakin dengan jawaban yang ada. Semua Soal UT yang kami posting pada blog sol uas ut ini merupakan kumpulan dari ringkasan materi dan soal-soal pada modul, jadi tentu tak akan lepas dari mata kuliah yang terkait. Kesibukan serta banyaknya SKS dan mata kuliah yang ditempuh tentu akan sangat menguras fikiran Anda selaku Mahasiswa dalam mempelajari semua mata kuliah. Untuk itu dengan adanya soal-soal ini tentu bisa membantu Anda dalam membagi waktu Anda untuk memahami materi agar bisa mempersiapkan diri mengikuti ujian akhir semester nantinya.
Seperti yang telah kami sampaikan pada setiap postingan kami bahwa, Anda bisa memelajari soal-soal yang kami bagikan secara offline maupun online. Karena dalam hal ini kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawaban, bahkan pembahasan terkait soal tersebut juga kami sertakan. Jadi Anda akan dimudahkan untuk mempelajarinya secara online, dan kami juga tahu bahwa tak semua atau mungkin Anda lebih suka mempelajari soal secara offline, menyimpan kemudian print soal tersebut dan mempelajarinya. Untuk itu kami juga telah menyiapkan soal-soal ini dalam bentuk file dokumen PDF yang mana bisa Anda download atau unduh secara langsung pada link dibagikan akhir soal ini.
Soal Ujian UT PGPAUD Semester 1 lainnya:
Soal-soal UT PGPAUD Semester 1 yang kami posting ini tentu akan sangat membantu Anda dalam memahami setiap materi pada modul. Dengan mempelajari soal-soal yang telah ada kunci jawaban dan pembahasan soal untuk Anda yakinkan lagi kebenaran jawabannya pada modul akan sangat membantu Anda dalam menyiapkan diri untuk menghadapi ujian akhir semester nantinya.
Berikut ini kami bagikan khusus untuk Anda Mahasiswa Universitas Terbuka jurusan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang sedang menempuh pendidikan pada semester 1 terkait Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4102 Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan soalnya.
A. moral
B. etika
C. moralitas
D. karakter
Jawab:
B. Benar, pengertian tersebut merupakan makna dari etika
Pembahasan:
Pelajari materi modul satu kegiatan belajar satu tentang hakikat moral, moralitas dan etika
2. Kohlberg berpendapat bahwa moral anak usia dini termasuk dalam tahap penalaran moral….
A. konvensional
B. heteronomous
C. prakonvensional
D. autonomous
Jawab:
C. Benar, prakonvensional merupakan tahapan perkembangan moral menutut Kohlberg
Pembahasan:
Pelajari materi pada modul satu kegiatan belajar satu tentang tahapan moral anak TK (anak usia dini)
3. Disonansi seringkali disebut dengan counter cultural values, artinya adalah ….
A. penghalang masuknya atau dihayatinya nilai-nilai budaya kehidupan
B. penyangga masuknya pengaruh dalam perkembangan nilai-nilai budaya dan tradisi
C. pendorong masuknya nilai-nilai tradisi dalam kehidupan manusia
D. menyelia masuknya nilai-nilai baik dan buruk dalam hidup anak
Jawab:
A. Benar, counter cultural values artinya penghalang masuknya atau dihayatinya nilai-nilai budaya kehidupan
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul satu kegiatan belajar satu tentang disonansi moral
4. Premoral, konvensional dan autonomous merupakan fase perkembangan moral yang dikemukakan oleh....
A. Kohlberg
B. Jean Piaget
C. John Dewey
D. Elizabeth Hurlock
Jawab:
C. Benar, Dewey membagi perkembangan moral menjadi premoral, konvensional dan autonomous
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 1 kegiatan belajar 3 tentang pola orientasi moral pada anak
5. Prinsip berikut yang tidak termasuk dalam sebelas prinsip dalam pengembangan karakter agar efektif adalah....
A. membuat kurikulum akademis yang bermakna dan menantang
B. mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan anak untuk diperbaiki
C. mengembangkan nilai-nilai etika inti sebagai fondasi karakter yang baik
D. menggunakan pendekatan yang komprehensif dan disengaja
Jawab:
B. Benar, mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan anak untuk diperbaiki tidak termasuk dalam 11 prinsip menurut Lickona
Pembahasan:
materi pada soal ini terdapat dalam modul satu kegiatan belajar satu tentang 11 prinsip dasar agar pengembangan moral anak usia
6. Di beberapa daerah bermunculan “geng motor” yang cukup meresahkan masyarakat. Hal itu menurut Lickona, termasuk sebagai salah satu tanda hancurnya tanda zaman, yaitu....
A. pengaruh peergroup yang kuat dan tindak kekerasan
B. penggunaan kata dan bahasa yang buruk
C. meningkatnya kecenderungan menyakiti diri sendiri
D. membudayanya ketidakjujuran
Jawab:
A. Benar, geng motor adalah gambaran adanya peergroup yang kuat dan adanya tindak kekerasan
Pembahasan:
Materi dalam soal ini terdapat dalam modul satu kegiatan belajar satu tentang salah satu dari 10 tanda zaman menuju kehancuran menurut Lickona
7. Dalam peningkatan kecerdasan moral anak usia dini, pendidik harus memiliki keahlian dalam perilaku positif dan melengkapinya dengan sikap sabar dan konsisten. Hal itu termasuk peran sebagai....
A. pelatih
B. pembimbing
C. penilai
D. model
Jawab:
A. Benar, tugas tersebut merupakan bagian dari peran pendidik sebagai pelatih
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul dua kegiatan belajar satu tentang peranan guru dalam meningkatkan kecerdasan moral
8. Jika pemahaman tentang moral telah dimiliki maka seseorang akan memiliki kecenderungan untuk mempertimbangkan berbagai hal dengan standar hati. Artinya orang tersebut telah memiliki
A. moral knowing
B. moral feeling
C. social action
D. social feeling
Jawab:
B. Benar, moral feeling merupakan standar hati yang selalu jujur
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul dua kegiatan belajar dua tentang proses pembinaan yang berkelanjutan dalam mendidik anak
9. Metode kedua yang diterapkan oleh sekolah Semai Benih Bangsa adalah menanamkan karakter anak melalui berbagai sentra, diantaranya adalah sentra….
A. balok, persiapan, seni dan imtaq
B. imajinasi, rancang bangun, seni kreasi dan eksplorasi
C. bahan alam, micro dan macro play, imtaq
D. persiapan, bahan alam, imajinasi dan eksplorasi
Jawab:
B. Benar, nama sentra tersebut terdapat pada sekolah Semai Benih Bangsa
Pembahasan:
Pelajari materi pada modul dua kegiatan belajar dua tentang metode dalam pengembangan kecerdasan moral anak usia dini
10. “Ibu Lisa selalu mengucapkan”Tolong” saat dia meminta anak melakukan sesuatu. Hal itu dilakukannya pada semua anak didiknya tanpa kecuali. Tindakan Ibu Lisa mencerminkan pembentukan karakter pada anak usia dini melalui....
A. modelling
B. konsistensi
C. permisif
D. otoriter
Jawab:
B. Benar, konsistensi menerapkan perilaku secara ajeg dan terus menerus
Pembahasan:
Materi dalam soal ini terdapat pada modul tiga kegiatan belajar satu tentang tiga faktor utama dalam pembentukan karakter awal anak usia dini
11. Model pembelajaran yang meliputi konteks, pengalaman, refleksi untuk menangkap arti dan nilai dari hal yang dipelajari, aksi dan evaluasi menurut Diost termasuk model pembelajaran....
A. Ignasian
B. Tarakanita
C. Ora et labora
D. Raudhatul Athfal
Jawab:
A. Benar, penjabaran tersebut termasuk dalam model Ignasian
Pembahasan:
Materi dalam soal ini terdapat pada modul tiga kegiatan belajar satu tentang tiga faktor utama dalam pembentukan karakter awal anak usia dini
12. “Andri gambarmu bagus sekali! Ibu ingin tahu, apa sebenarnya cerita dalam gambarmu ini, coba ceritakan pada Ibu”. Ucapan Ibu Desi menggambarkan proses penanaman moral melalui proses....
A. informasi
B. konfirmasi
C. transformasi
D. partisipasi
Jawab:
B. Benar, konfirmasi: proses ketika guru memberikan umpan balik dan pertanyaan atau kegiatan yang menantang
Pembahasan:
Pelajari materi modul tiga kegiatan belajar dua tentang aktivitas yang dapat dilakukan dalam penanaman nilai2 moral
13. Ketika Ani sakit, Ibu Dewi mengajak anak-anak kelompok A menjenguk Ani. Hal ini dilakukan agar teman-teman sekelas Ani ini memiliki sikap....
A. toleransi
B. membutuhkan
C. setia kawan
D. partisipasi
Jawab:
C. Jawaban benar, menjenguk teman termasuk salah satu sikap setia kawan
Pembahasan:
Pelajari materi modul tiga kegiatan belajar dua tentang kegiatan penanaman nilai2 moral dalam pembelajaran di TK
14. Setiap kali kegiatan menggunting atau mencocok, guru PAUD selalu menjelaskan bahaya gunting dan jarum cocokan jika digunakan tidak benar. Hal itu dilakukan sebagai salah satu teknik dalam membentuk perilaku hati-hati pada anak, yaitu teknik....
A. perjanjian
B. peringatan
C. meminta
D. sugesti
Jawab:
B. Benar, peringatan berupa ungkapan verbal dan non verbal yang bersifat objektif untuk mengingatkan anak akan sesuatu
Pembahasan:
Materi siola ini terdapat dalam modul empat kegiatan belajar 1 tentang teknik dalam membentuk tingkah laku anak
15. Salah satu strategi pengembangan moral pada anak usia 4-5 tahun, adalah….
A. menyusun program pembiasaan yang sesuai dengan perkembangan anak
B. menitik beratkan pengembangan pada pertumbuhan fisik
C. mencari dukungan dari lembaga yang peduli pada anak
D. mengisolir lingkungan anak secara terpadu
Jawab:
A. Benar, pengembangan moral memang sebaiknya dilakukan melalui pembiasaan
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul empat kegiatan belajar 2 tentang strategi pengembangan moral yang perlu disiapkan guru pada anak
16. Pendidik harus menanamkan aturan yang sama terhadap semua anak didiknya tanpa memandang latar belakang keluarga anak. Hal tersebut menunjukkan bahwa dalam mengembangkan moral pada anak pendidik harus bersikap….
A. sistemik
B. aktif
C. komitmen
D. konsisten
Jawab:
D. Benar, konsisten adalah keajegan dalam menjalankan program
Pembahasan:
Pelajari materi dalam modul empat kegiatan belajar dua tentang peran pendidik dalam penerapan strategi pengembangan moral pada anak usia dini.
17. Dalam kegiatan bercerita pendidik dapat mengajarkan pada anak tentang Tuhan, kitab, nabi, malaikat, dan tata cara beribadah agama yang dianut. Hal itu termasuk dalam salah satu makna bercerita yaitu menyampaikan cerita tentang….
A. budaya
B. alam sekitar
C. moral
D. keagamaan
Jawab:
D. Benar, nilai keagamaan terkait dengan kepercayaan dan agama yang dianut
Pembahasan:
Pelajari materi dalam modul empat kegiatan belajar tiga tentang makna penting bercerita bagi anak usia dini
18. Berikut ini adalah beberapa teknik bercerita yang dapat dilakukan oleh pendidik PAUD, kecuali….
A. menggunakan buku
B. menceritakan dongeng
C. memanfaatkan papan flanel
D. memutarkan film
Jawab:
D. Benar, memutarkan film tidak termasukd alam teknik bercerita karena biasanya film bercerita sendiri
Pembahasan:
Pelajari materi kegiatan belajar tiga pada modul empat tentang teknik bercerita
19. Ketika anak mengikuti kegiatan karyawisata ke Planetarium, mereka akan belajar tentang ilmu yang terkait dengan astronomi. Hal itu sesuai dengan manfaat karyawisata, yaitu….
A. mengenal berbagai pengetahuan dan konsep
B. melatih kedisiplinan dan ketaatan pada aturan
C. menanamkan nilai-nilai moral
D. melatih kemampuan fisik motorik anak
Jawab:
A. Benar, dengan karyawisata anak akan mengetahui banyak konsep dan pengetahuan baru secara langsung
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul empat kegiatan belajar tiga khususnya pada pembahasan mengenai manfaat karyawisata bagi anak usia dini
20. Diantara kriteria berikut yang tidak termasuk dalam kriteria lagu untuk anak usia dini adalah….
A. mengandung misi pendidikan
B. dinyanyikan oleh penyanyi cilik
C. mudah diingat dan dihafal anak
D. sesuai dengan karakter dan dunia anak
Jawab:
B. Benar, karena lagu yang dinyanyikan oleh anak-anak belum tentu berisi lirik yang sesuai untuk anak usia dini
Pembahasan:
Pelajarilah materi yang terdapat dalam modul empat kegiatan belajar tiga tentang kriteria lagu untuk anak usia dini
21. Dalam mengembangkan pemahaman moral pada anak usia dini, sebaiknya dilakukan selalui pembiasaan yang diterapkan secara berulang agar sejalan dengan sifat anak, yaitu....
A. verbalis
B. ritualis
C. imitatif
D. unreflective
Jawab:
B. Benar, ritual artinya tindakan yang dilakukan secara berulang dan terus menerus
Pembahasan:
Pelajari modul lima kegiatan belajar 1 tentang tahapan pemahaman terhadap nilai keagamaan pada anak usia dini
22. Penyajian materi dalam pendidikan anak usia dini harus sesuai dengan perkembangan dan usia anak. Demikian pula dalam penanaman nilai agama pada anak usia dini juga harus sesuai dengan prinsip….
A. DAP
B. monitoring secara rutin
C. keteladanan
D. kesesuaian dengan kurikulum
Jawab:
A. Benar, prinsip DAP adalah pembelajaran sesuai dengan usia dan perkembangan
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul lima kegiatan belajar satu tentang prinsip dasar yang harus diperhatikan dlm perkembangan nilai agama pada anak
23. Meskipun pendidik PAUD harus menjadi teladan bagi anak didiknya namun pada dasarnya anak usia dini memiliki dorongan untuk tumbuh dan berkembang dari dalam dirinya sendiri sehingga salah satu prinsip penyelenggaraan di lembaga PAUD adalah ….
A. terpadu
B. otoaktivitas
C. kebebasan
D. pengamatan
Jawab:
B. Benar, karena pada dasarnya anak mampu membangun pengetahuannya sendiri
Pembahasan:
Pelajari materi dalam modul lima kegiatan belajar satu tentang prinsip dasar penyelenggaraan pendidikan TK
24. Dalam memahami moral, anak usia dini akan banyak belajar tentang norma dan nilai-nilai agama melalui hal-hal yang….
A.dilihatnya, dirasakannya, dialaminya dan dilakukannya
B. dipegangnya, didengarnya dan diamati, dijelaskan
C. dilihatnya, dicontohnya dan didengarnya
D. dijelaskan, disampaikan, dicontohkan dan diperagakan
Jawab:
A. Benar, anak akan banyak belajar melalui melihat, merasakan, mengalami dan melakukan
Pembahasan:
Pelajari materi dalam modul lima kegiatan belajar satu tentang esensi pengembangan nilai-nilai keagamaan anak TK
25. Pada kondisi tertentu manusia dihadapkan pada pilihan tentang nilai-nilai kehidupan, norma, dan moralitas manusiA. Pernyataan tersebut sesungguhnya merupakan makna dari pernyataan ….
A. spiritual quotient merupakan kecerdasan manusia yang tertinggi
B. intelligence quotient adalah kecerdasan terpenting bagi manusia
C. emotional quotient merupakan kecerdasan terbaik yang dimiliki manusia
D. tidak ada kecerdasan yang menguasai dalam kehidupan manusia
Jawab:
A. Benar, pernyataan tersebut merupakan makna dari Spiritual Quotient merupakan kecerdasan manusia yang tertinggi
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat pada modul lima kegiatan belajar tiga tentang hakikat spiritual quotient
26. Menurut Badudu Zein, anak adalah keturunan pertama yang telah dibekali potensi laten yang tersembunyi dari Allah Yang Maha KuasA. Maksud dari potensi laten adalah kemampuan….
A. jasmani, rohani dan spiritual
B. moral, sosial dan emosional
C. seni, motorik halus dan motorik kasar
D. jasmani, rohani dan emosi
Jawab:
A. Jawaban Benar, potensi laten yang tersembunyi terdapat dalam kemampuan jasmani (fisik motorik), rohani (kejiwaan) dan spiritual (moral dan nilai-nilai keagamaan)
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul enam kegiatan belajar satu tentang ruang lingkup penanaman nilai agama di TK
27. Anak usia dini memiliki karakteristik sebagai peniru ulung, oleh karenanya materi nilai keagamaan harus bersifat….
A. enjoyable
B. aplikatif
C. mudah ditiru
D. konsisten
Jawab:
C. Benar, Mudah ditiru artinya materi tersebut mudah dipahami dan diikuti oleh anak-anak
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul enam kegiatan belajar satu tentang sifat-sifat materi Pembelajaran
28. Kegiatan praktik berwudhu dan sholat yang dilakukan di masjid dekat sekolah merupakan salah satu kegiatan pengembangan nilai keagamaan yang dilakukan melalui strategi….
A. insidensial
B. spontanitas
C. rutinitas
D. khusus
Jawab:
D. Benar, materi tersebut sebaiknya dilakukan sebagai program khusus yang dilakukan sesekali salam satu semester
Pembahasan:
Pelajari materi tentang strategi pengembangan nilai keagamaan yang terdapat dalam modul enam kegiatan belajar dua
29. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan pendidik saat hendak memilih pendekatan yang sesuai….
A. karakteristik anak didik
B. minat guru terhadap materi yang akan disampaikan
C. fasilitas/media yang perlu disediakan
D. tujuan yang ingin dicapai
Jawab:
B. Benar, minat guru tidak termasuk dalam hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih pendektan
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul enam kegiatan belajar tiga tentang hal yang harus dipertimbangkan dalam menentukan pendekatan yang akan dipilih
30. Salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan kemampuan anak dalam mendengar, memahami dan berbicara adalah adanya interaksi langsung antar guru dengan anak. Persyaratan tersebut termasuk dalam pendekatan….
A. bercakap-cakap
B. bermain peran
C. bercerita
D. pemberian tugas
Jawab:
A. Benar, kegiatan tersebut termasuk dalam pendekatan bercakap-cakap
Pembahasan:
Pelajari materi dalam modul enam kegiatan belajar tiga tentang delapan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak.
31. “Anak mengenal Tuhan melalui agama yang dianutnya” menurut Permendiknas 58 tahun 2009 merupakan pencapaian perkembangan anak usia ….
A. 0-<2 2-="" 3-="" 4-="" b.="" b="" c.="" d.="" tahun="">Jawab:2>
D. Benar, Anak usia 4-<5 b="" cara="" dengan="" mengenal="" mulai="" sederhana="" sudah="" tahun="" tuhan="" yang="">Pembahasan:5>
Pelajari materi tentang pencapaian perk nilai agama dan moral menurut permendiknas 58 tahun 2009 dalam modul tujuh kegiatan belajar satu
32. 1. melakukan kajian terhadap tema dan subtema 2. menentukan kompetensi dasar yang akan dicapai anak 3. Menentukan indikator yang cocok. 4. memilih metode yang sesuai dengan hasil belajar yang diharapkan. Tahapan yang harus dilakukan guru dalam menyusun rancangan kegiatan pengembangan adalah….
A. 1 – 2 – 3 – 4
B. 4 – 2 – 3 – 1
C. 2 – 1 – 4 – 3
D. 4 – 3 – 2 – 1
Jawab:
A. Benar, tahapannya yang benar adalah 1 – 2 – 3 – 4
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul tujuh kegiatan belajar sati tentang tahapan yang harus dilakukan guru dalam menyusun rancangan peng moral anak
33. Kegiatan inti dalam Rancangan kegiatan Harian berisi berbagai kegiatan utama yang dapat mengacu pada kegiatan yang….
A. pembiasaan dan penanaman nilai yang bersifat rutinitas
B. dapat memberikan kebebasan terprogram pada anak
C. dapat meringankan tugas anak secara umum
D. penugasan yang ketat dan terarah
Jawab:
B. Benar, kegiatan ini sebaiknya berupa kegiatan yang dapat memberikan kebebasan terprogram pada anak
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul tujuh kegiatan belajar dua tentang isi dari kegiatan inti yang harus dicantumkan dalam RKH
34. “Ayo siapa yang mau membantu ibu membersihkan kertas sisa guntingan yang berserakan di bawah meja?” Kalimat tersebut menggambarkan contoh penerapan teknik….
A. ajakan
B. sugesti
C. pujian
D. tantangan
Jawab:
A. Benar, kalimat tersebut adalah himbauan atau ajakan untuk berbuat baik
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul delapan kegiatan belajar satu tentang teknik dlm membentuk TL anak yg sesuai dg nilai moral
35. Satu bulan sekali, TK Mawar mengundang salah satu orang tua murid untuk menjelaskan tentang aktivitas pekerjaannya kepada anak-anak agar mereka menghargai dan memiliki cita-cita yang baik. Ilustrasi tersebut merupakan contoh cinta….
A. rumah
B. profesi
C. orang tua
D. masyarakat
Jawab:
B. Benar, cinta profesi terkait dengan pekerjaan dan penghargaan terhadap suatu profesi
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul delapan kegiatan belajar dua tentang penanaman nilai cinta lingkungan pada anak
36. Setiap hari Jumat, TK Lebah mewajibkan anak-anak memakai baju bebas dengan motif batik. Kegiatan ini menggambarkan salah satu upaya menanamkan cinta tanah air dengan cara….
A. pengenalan batik Jawa
B. pelestarian budaya
C. mempromosikan sekolah berbasis budaya
D. menyalahkan negara tetangga
Jawab:
B. Benar, upaya tersebut termasuk dalam cara melestarikan budaya bangsa
Pembahasan:
Pelajari materi yang terkait dengan penanaman nilai-nilai cinta tanah air yang terdapat dalam modul delapan kegiatan belajar tiga
37. Dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia diterapkan materi muatan lokal yang mengajarkan pada anak tentang budaya dan masyarakat di sekitar lembaga tersebut beradA. Hal ini termasuk dalam landasan ….
A. sosiologis
B. filosofis
C. yuridis
D. psikologis
Jawab:
A. Benar, karena landasan ini berdasarkan pada kehidupan masyarakat di sekitar
Pembahasan:
Pelajari materi modul sembilan kegiatan belajar satu tentang esensi pengembangan nilai-nilai keagamaan bagi anak
38. Ibu Dewi selalu meminta anak-anak untuk menutup mata dan menadahkan kedua tangan saat kegiatan berdoA. Hal itu bertujuan untuk ….
A. melatih sikap mental berkonsentrasi saat berdoa
B. menciptakan suasana sepi saat berdoa
C. membantu anak menghafal isi doa
D. melatih anak berdoa sendiri
Jawab:
A. Benar, karena menutup mata merupakan salah satu cara untuk berkonsentrasi
Pembahasan:
Pelajari materi modul sembilan kegiatan belajar dua tentang hal yang perlu diperhatikan pendidik dalampenerapan pembelajaran tata cara beribadah pada AUD
39. Berikut adalah etika dalam berpakaian yang termasuk dalam ruang lingkup penanaman nilai keagamaan pada anak, kecuali….
A. memulai selalu dari tangan dan kaki kanan
B. membuka pakaian dengan benar
C. memasangkan pakaian dengan benar
D. melepaskan pakaian sesegera mungkin
Jawab:
D. Benar, melepaskan pakaian sesegera mungkin tidak termasuk dalam etika berpakaian
Pembahasan:
Pelajari materi dalam modul sembilan kegiatan belajar dua tentang ruang lingkup penanaman nilai-nilai keagamaan yang mungkin dipraktikan AUD
40. Dalam implikasi penanaman nilai-nilai keagamaan, kemajuan perkembangan anak perlu diamati secara terus menerus secara berkala dalam periode waktu tertentu. Hal ini sesuai dengan prinsip….
A. monitoring yang rutin
B. peningkatan kemajuan perkembangan anak
C. penekanan pada standar pendidikan nasional
D. berdasarkan pada RKM dan RKH yang telah disusun
Jawab:
A. Benar, pengamatan perkembangan anak secara rutin termasuk dalam prinsip monitoring
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul sepuluh kegiatan belajar satu tentang prinsip yang perlu diperhatikan dalam mengimplikasikan materi pengembangan nilai keagamaan pada anak TK
41. Untuk mengenalkan tata tertib berlalu lintas pada anak usia dini, pendidik PAUD dapat melakukan hal berikut ini kecuali….
A. memperkenalkan aturan berjalan kaki di jalan raya
B. memperlihatkan atau menceritakan ramainya jalan raya
C. bercakap tentang pendapat anak terhadap kegiatan di jalan raya
D. mengajak anak bermain game online cara mengemudi mobil dengan benar
Jawab:
D. Benar, mengajak anak bermain game online cara mengemudi mobil dengan benar
Pembahasan:
Pelajari materi pada modul sepuluh kegiatan belajar satu tentang contoh penyusunan strategi dlm peng moral anak TK
42. Menurut Doni Koesoema sebagai seorang pendidik karakter, guru berperan bukan hanya sebagai ….
A. penggagas pendidikan karakter pada anak usia dini
B. pelaku perubahan yang menggerakkan roda transformasi sosial ekonomi dalam masyarakat
C. pengembang rencana perubahan pendidikan karakter
D. pembaharu dalam pengembangan karakter bangsa
Jawab:
B. Benar, guru berperan bukan hanya sebagai pelaku perubahan yang menggerakkan roda transformasi sosial ekonomi dalam masyarakat
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat pada modul sepuluh kegiatan belajar dua tentang peran guru sebagai pendidik karakter pada anak TK
43. Pendidikan moral dapat menjadi pengalaman yang dalam dan melekat pada pola pikir anak sepanjang hidupnya karena pada dasarnya manusia memiliki piranti penunjang berupa….
A. kecerdasan
B. panca indra
C. nurani
D. kalbu
Jawab:
B. Benar, panca indra adalah piranti penunjang yang dapat menangkap pengetahuan hingga menjadi pengalaman yang melekat
Pembahasan:
Materi dalam soal ini terdapat dalam modul sepuluh kegiatan belajar 2 tentang peran dan fungsi pendidikan moral dan nilai agama bagi anak TK
44. Lingkungan sekolah yang baik tidak hanya ditentukan oleh fasilitas fisik indoor dan outdoor yang baik dan lengkap, tetapi juga harus didukung oleh….
A. guru yang bergelar sarjana
B. program yang jelas, terukur dan berkesinambungan
C. anak didik yang berprestasi international
D. pendidik yang telah memiliki sertifikat pendidik
Jawab:
B. Benar, program yang jelas, terukur dan berkesinambungan menjadi syarat sekolah yang baik
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul sebelas kegiatan belajar satu tentang analisis terhadap faktor yang terkait dengan pengembangan moral dan nilai keagamaan di lingkungan TK
45. Salah satu fenomena sosial yang muncul pada saat ini adalah….
A. orang tua bersaing untuk menciptakan anak juara
B. orang tua menjadi rajin bekerja di luar rumah
C. guru berusaha mendapatkan gelar sarjana
D. guru berlomba mengejar sertifikasi pendidik
Jawab:
A. Benar, saat ini banyak orang tua yang berusaha keras agar anaknya menjadi juara baik di sekolah maupun dalam kegiatan non formal
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul sebelas kegiatan belajar dua tentang fenomena sosial di masyarakat
46. Beberapa kriteria lembaga PAUD yang baik adalah sebagai berikut, kecuali lokasinya….
A. tidak terlalu dekat dengan jalan raya
B. tidak terlalu dekat dengan pusat perbelanjaan
C. memiliki halaman yang luas
D. memiliki fasilitas yang lengkap dan modern
Jawab:
D. Benar, memiliki fasilitas yang lengkap dan modern bukan kriteria sekolah yang baik
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul sebelas kegiatan belajar dua tentang upaya sekolah dalam menanggulangi pengaruh lingkungan yang kurang kondusif
47. Penilaian yang dilakukan guru dapat digunakan untuk memperbaiki kegiatan pembelajarannyA. Hal ini termasuk dalam….
A. fungsi penilaian
B. tujuan penilaian
C. manfaat penilaian
D. hakikat penilaian
Jawab:
A. Benar, pernyataan tersebut termasuk dalam fungsi penilaian
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul dua belas kegiatan belajar satu tentang hakikat penilaian
48. Untuk menilai perkembangan moral dan nilai-nilai keagamaan anak secara alamiah dan sewajarnya, guru dapat melakukan ….
A. portofolio
B. penilaian performa
C. asesmen otentik
D. evaluasi diri
Jawab:
C. Benar, asesmen otentik merupakan penilaian yang bersifat alamiah dan sewajarnya
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul dua belas kegiatan belajar dua tentang penilaian yang sebenarnya (asesmen otentik)
49. Penilaian tentang kejadian penting yang dapat dilakukan sewaktu-waktu yang ditulis dengan format buatan guru termauk dalam cara penilaian dengan teknik ….
A. anekdot
B. observasi
C. portofolio
D. wawancara
Jawab:
A. Benar, catatan anekdot merupakan catatan kejadian penting dalam waktu tertentu dengan kejadian yang tidak biasa
Pembahasan:
Materi dalam soal ini terdapat dalam modul dua belas kegiatan belajar satu tentang macam-macam instrument penilaian yang digunakan dalam asesmen otentik
50. Laporan hasil perkembangan anak kepada orang tua sebaiknya disampaikan oleh guru dalam bentuk….
A. tertulis dan rekaman
B. portofolio dan tertulis
C. portofolio dan lisan
D. tertulis dan lisan
Jawab:
D. Benar, laporan dibuat dalam bentuk tertulis dan lisan agar dapat lebih mudah dipahami orang tua dan dapat merangkum seluruh kemajuan perkembangan anak
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul dua belas kegiatan belajar dua tentang pelaporan hasil penilaian anak TK
Sudah selayaknya Anda mulai mempelajari soal-soal ini, karena akan sangat merugikan Anda selaku Mahasiwa jika nilai yang Anda dapatkan tidak memuaskan, bahkan mengharuskan Anda untuk mengulang kembali mata kuliah tersebut. Waktu yang tidak memadai serta kesibukan Mahasiswa akan sangat sulit dalam memahami semua materi pada modul, untuk itu dengan mempelajari soal-soal ini setidanya Anda bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi dan mengikuti ujian akhir semester nantinya.
Sekian artikel kami terkait soal ujian UT PGPAUD PAUD4102 Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama untuk mahasiswa jrusan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini semester 1. Jika Anda mengalami kesulitan dalam menemukan soal yang Anda buruhkan, serta jika ada hal yang ingin Anda tanyakan, jangan sungkan untuk menghubungi kami melalui halaman Contact, kami akan segera mungkin untuk membalas pertanyaan Anda. Dan jangan lupa untuk berbagi artikel dan merekomendasikan blog soal uas ut ini pada teman kuliah Anda yang lainnya, sekian dan terima kasih.
Seperti yang telah kami sampaikan pada setiap postingan kami bahwa, Anda bisa memelajari soal-soal yang kami bagikan secara offline maupun online. Karena dalam hal ini kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawaban, bahkan pembahasan terkait soal tersebut juga kami sertakan. Jadi Anda akan dimudahkan untuk mempelajarinya secara online, dan kami juga tahu bahwa tak semua atau mungkin Anda lebih suka mempelajari soal secara offline, menyimpan kemudian print soal tersebut dan mempelajarinya. Untuk itu kami juga telah menyiapkan soal-soal ini dalam bentuk file dokumen PDF yang mana bisa Anda download atau unduh secara langsung pada link dibagikan akhir soal ini.
Soal Ujian UT PGPAUD Semester 1 lainnya:
- Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4101 Metode Pengembangan Kognitif
- Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4102 Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama
- Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4103 Metode Pengembangan Sosial Emosional
- Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4104 Psikologi Perkembangan Anak
Soal-soal UT PGPAUD Semester 1 yang kami posting ini tentu akan sangat membantu Anda dalam memahami setiap materi pada modul. Dengan mempelajari soal-soal yang telah ada kunci jawaban dan pembahasan soal untuk Anda yakinkan lagi kebenaran jawabannya pada modul akan sangat membantu Anda dalam menyiapkan diri untuk menghadapi ujian akhir semester nantinya.
Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4102 Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama Beserta Kunci Jawaban
Pada umumnya semua soal yang akan keluar pada waktu ujian akhir semester nantinya baik itu mahasiswa pendas maupun non pendas tak akan lepas dari materi yang ada pada modul. Jadi kemungkinan akan keluarnya soal-soal yang sama yang Anda pelajari pada soal ini. Untuk melihat semua soal terkait mahasiswa UT jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) untuk semua semester dari semester 1 sampai semester 9, Anda bisa langsung menuju ke artikel kami Soal Ujian UT PGPAUD.Berikut ini kami bagikan khusus untuk Anda Mahasiswa Universitas Terbuka jurusan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang sedang menempuh pendidikan pada semester 1 terkait Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4102 Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan soalnya.
Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4102
1. Suatu cabang filsafat yang membahas atau menyelidiki nilai-nilai dalam tindakan atau perilaku (akhlak manusia) merupakan makna dari….A. moral
B. etika
C. moralitas
D. karakter
Jawab:
B. Benar, pengertian tersebut merupakan makna dari etika
Pembahasan:
Pelajari materi modul satu kegiatan belajar satu tentang hakikat moral, moralitas dan etika
2. Kohlberg berpendapat bahwa moral anak usia dini termasuk dalam tahap penalaran moral….
A. konvensional
B. heteronomous
C. prakonvensional
D. autonomous
Jawab:
C. Benar, prakonvensional merupakan tahapan perkembangan moral menutut Kohlberg
Pembahasan:
Pelajari materi pada modul satu kegiatan belajar satu tentang tahapan moral anak TK (anak usia dini)
3. Disonansi seringkali disebut dengan counter cultural values, artinya adalah ….
A. penghalang masuknya atau dihayatinya nilai-nilai budaya kehidupan
B. penyangga masuknya pengaruh dalam perkembangan nilai-nilai budaya dan tradisi
C. pendorong masuknya nilai-nilai tradisi dalam kehidupan manusia
D. menyelia masuknya nilai-nilai baik dan buruk dalam hidup anak
Jawab:
A. Benar, counter cultural values artinya penghalang masuknya atau dihayatinya nilai-nilai budaya kehidupan
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul satu kegiatan belajar satu tentang disonansi moral
4. Premoral, konvensional dan autonomous merupakan fase perkembangan moral yang dikemukakan oleh....
A. Kohlberg
B. Jean Piaget
C. John Dewey
D. Elizabeth Hurlock
Jawab:
C. Benar, Dewey membagi perkembangan moral menjadi premoral, konvensional dan autonomous
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 1 kegiatan belajar 3 tentang pola orientasi moral pada anak
5. Prinsip berikut yang tidak termasuk dalam sebelas prinsip dalam pengembangan karakter agar efektif adalah....
A. membuat kurikulum akademis yang bermakna dan menantang
B. mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan anak untuk diperbaiki
C. mengembangkan nilai-nilai etika inti sebagai fondasi karakter yang baik
D. menggunakan pendekatan yang komprehensif dan disengaja
Jawab:
B. Benar, mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan anak untuk diperbaiki tidak termasuk dalam 11 prinsip menurut Lickona
Pembahasan:
materi pada soal ini terdapat dalam modul satu kegiatan belajar satu tentang 11 prinsip dasar agar pengembangan moral anak usia
6. Di beberapa daerah bermunculan “geng motor” yang cukup meresahkan masyarakat. Hal itu menurut Lickona, termasuk sebagai salah satu tanda hancurnya tanda zaman, yaitu....
A. pengaruh peergroup yang kuat dan tindak kekerasan
B. penggunaan kata dan bahasa yang buruk
C. meningkatnya kecenderungan menyakiti diri sendiri
D. membudayanya ketidakjujuran
Jawab:
A. Benar, geng motor adalah gambaran adanya peergroup yang kuat dan adanya tindak kekerasan
Pembahasan:
Materi dalam soal ini terdapat dalam modul satu kegiatan belajar satu tentang salah satu dari 10 tanda zaman menuju kehancuran menurut Lickona
7. Dalam peningkatan kecerdasan moral anak usia dini, pendidik harus memiliki keahlian dalam perilaku positif dan melengkapinya dengan sikap sabar dan konsisten. Hal itu termasuk peran sebagai....
A. pelatih
B. pembimbing
C. penilai
D. model
Jawab:
A. Benar, tugas tersebut merupakan bagian dari peran pendidik sebagai pelatih
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul dua kegiatan belajar satu tentang peranan guru dalam meningkatkan kecerdasan moral
8. Jika pemahaman tentang moral telah dimiliki maka seseorang akan memiliki kecenderungan untuk mempertimbangkan berbagai hal dengan standar hati. Artinya orang tersebut telah memiliki
A. moral knowing
B. moral feeling
C. social action
D. social feeling
Jawab:
B. Benar, moral feeling merupakan standar hati yang selalu jujur
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul dua kegiatan belajar dua tentang proses pembinaan yang berkelanjutan dalam mendidik anak
9. Metode kedua yang diterapkan oleh sekolah Semai Benih Bangsa adalah menanamkan karakter anak melalui berbagai sentra, diantaranya adalah sentra….
A. balok, persiapan, seni dan imtaq
B. imajinasi, rancang bangun, seni kreasi dan eksplorasi
C. bahan alam, micro dan macro play, imtaq
D. persiapan, bahan alam, imajinasi dan eksplorasi
Jawab:
B. Benar, nama sentra tersebut terdapat pada sekolah Semai Benih Bangsa
Pembahasan:
Pelajari materi pada modul dua kegiatan belajar dua tentang metode dalam pengembangan kecerdasan moral anak usia dini
10. “Ibu Lisa selalu mengucapkan”Tolong” saat dia meminta anak melakukan sesuatu. Hal itu dilakukannya pada semua anak didiknya tanpa kecuali. Tindakan Ibu Lisa mencerminkan pembentukan karakter pada anak usia dini melalui....
A. modelling
B. konsistensi
C. permisif
D. otoriter
Jawab:
B. Benar, konsistensi menerapkan perilaku secara ajeg dan terus menerus
Pembahasan:
Materi dalam soal ini terdapat pada modul tiga kegiatan belajar satu tentang tiga faktor utama dalam pembentukan karakter awal anak usia dini
11. Model pembelajaran yang meliputi konteks, pengalaman, refleksi untuk menangkap arti dan nilai dari hal yang dipelajari, aksi dan evaluasi menurut Diost termasuk model pembelajaran....
A. Ignasian
B. Tarakanita
C. Ora et labora
D. Raudhatul Athfal
Jawab:
A. Benar, penjabaran tersebut termasuk dalam model Ignasian
Pembahasan:
Materi dalam soal ini terdapat pada modul tiga kegiatan belajar satu tentang tiga faktor utama dalam pembentukan karakter awal anak usia dini
12. “Andri gambarmu bagus sekali! Ibu ingin tahu, apa sebenarnya cerita dalam gambarmu ini, coba ceritakan pada Ibu”. Ucapan Ibu Desi menggambarkan proses penanaman moral melalui proses....
A. informasi
B. konfirmasi
C. transformasi
D. partisipasi
Jawab:
B. Benar, konfirmasi: proses ketika guru memberikan umpan balik dan pertanyaan atau kegiatan yang menantang
Pembahasan:
Pelajari materi modul tiga kegiatan belajar dua tentang aktivitas yang dapat dilakukan dalam penanaman nilai2 moral
13. Ketika Ani sakit, Ibu Dewi mengajak anak-anak kelompok A menjenguk Ani. Hal ini dilakukan agar teman-teman sekelas Ani ini memiliki sikap....
A. toleransi
B. membutuhkan
C. setia kawan
D. partisipasi
Jawab:
C. Jawaban benar, menjenguk teman termasuk salah satu sikap setia kawan
Pembahasan:
Pelajari materi modul tiga kegiatan belajar dua tentang kegiatan penanaman nilai2 moral dalam pembelajaran di TK
14. Setiap kali kegiatan menggunting atau mencocok, guru PAUD selalu menjelaskan bahaya gunting dan jarum cocokan jika digunakan tidak benar. Hal itu dilakukan sebagai salah satu teknik dalam membentuk perilaku hati-hati pada anak, yaitu teknik....
A. perjanjian
B. peringatan
C. meminta
D. sugesti
Jawab:
B. Benar, peringatan berupa ungkapan verbal dan non verbal yang bersifat objektif untuk mengingatkan anak akan sesuatu
Pembahasan:
Materi siola ini terdapat dalam modul empat kegiatan belajar 1 tentang teknik dalam membentuk tingkah laku anak
15. Salah satu strategi pengembangan moral pada anak usia 4-5 tahun, adalah….
A. menyusun program pembiasaan yang sesuai dengan perkembangan anak
B. menitik beratkan pengembangan pada pertumbuhan fisik
C. mencari dukungan dari lembaga yang peduli pada anak
D. mengisolir lingkungan anak secara terpadu
Jawab:
A. Benar, pengembangan moral memang sebaiknya dilakukan melalui pembiasaan
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul empat kegiatan belajar 2 tentang strategi pengembangan moral yang perlu disiapkan guru pada anak
16. Pendidik harus menanamkan aturan yang sama terhadap semua anak didiknya tanpa memandang latar belakang keluarga anak. Hal tersebut menunjukkan bahwa dalam mengembangkan moral pada anak pendidik harus bersikap….
A. sistemik
B. aktif
C. komitmen
D. konsisten
Jawab:
D. Benar, konsisten adalah keajegan dalam menjalankan program
Pembahasan:
Pelajari materi dalam modul empat kegiatan belajar dua tentang peran pendidik dalam penerapan strategi pengembangan moral pada anak usia dini.
17. Dalam kegiatan bercerita pendidik dapat mengajarkan pada anak tentang Tuhan, kitab, nabi, malaikat, dan tata cara beribadah agama yang dianut. Hal itu termasuk dalam salah satu makna bercerita yaitu menyampaikan cerita tentang….
A. budaya
B. alam sekitar
C. moral
D. keagamaan
Jawab:
D. Benar, nilai keagamaan terkait dengan kepercayaan dan agama yang dianut
Pembahasan:
Pelajari materi dalam modul empat kegiatan belajar tiga tentang makna penting bercerita bagi anak usia dini
18. Berikut ini adalah beberapa teknik bercerita yang dapat dilakukan oleh pendidik PAUD, kecuali….
A. menggunakan buku
B. menceritakan dongeng
C. memanfaatkan papan flanel
D. memutarkan film
Jawab:
D. Benar, memutarkan film tidak termasukd alam teknik bercerita karena biasanya film bercerita sendiri
Pembahasan:
Pelajari materi kegiatan belajar tiga pada modul empat tentang teknik bercerita
19. Ketika anak mengikuti kegiatan karyawisata ke Planetarium, mereka akan belajar tentang ilmu yang terkait dengan astronomi. Hal itu sesuai dengan manfaat karyawisata, yaitu….
A. mengenal berbagai pengetahuan dan konsep
B. melatih kedisiplinan dan ketaatan pada aturan
C. menanamkan nilai-nilai moral
D. melatih kemampuan fisik motorik anak
Jawab:
A. Benar, dengan karyawisata anak akan mengetahui banyak konsep dan pengetahuan baru secara langsung
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul empat kegiatan belajar tiga khususnya pada pembahasan mengenai manfaat karyawisata bagi anak usia dini
20. Diantara kriteria berikut yang tidak termasuk dalam kriteria lagu untuk anak usia dini adalah….
A. mengandung misi pendidikan
B. dinyanyikan oleh penyanyi cilik
C. mudah diingat dan dihafal anak
D. sesuai dengan karakter dan dunia anak
Jawab:
B. Benar, karena lagu yang dinyanyikan oleh anak-anak belum tentu berisi lirik yang sesuai untuk anak usia dini
Pembahasan:
Pelajarilah materi yang terdapat dalam modul empat kegiatan belajar tiga tentang kriteria lagu untuk anak usia dini
21. Dalam mengembangkan pemahaman moral pada anak usia dini, sebaiknya dilakukan selalui pembiasaan yang diterapkan secara berulang agar sejalan dengan sifat anak, yaitu....
A. verbalis
B. ritualis
C. imitatif
D. unreflective
Jawab:
B. Benar, ritual artinya tindakan yang dilakukan secara berulang dan terus menerus
Pembahasan:
Pelajari modul lima kegiatan belajar 1 tentang tahapan pemahaman terhadap nilai keagamaan pada anak usia dini
22. Penyajian materi dalam pendidikan anak usia dini harus sesuai dengan perkembangan dan usia anak. Demikian pula dalam penanaman nilai agama pada anak usia dini juga harus sesuai dengan prinsip….
A. DAP
B. monitoring secara rutin
C. keteladanan
D. kesesuaian dengan kurikulum
Jawab:
A. Benar, prinsip DAP adalah pembelajaran sesuai dengan usia dan perkembangan
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul lima kegiatan belajar satu tentang prinsip dasar yang harus diperhatikan dlm perkembangan nilai agama pada anak
23. Meskipun pendidik PAUD harus menjadi teladan bagi anak didiknya namun pada dasarnya anak usia dini memiliki dorongan untuk tumbuh dan berkembang dari dalam dirinya sendiri sehingga salah satu prinsip penyelenggaraan di lembaga PAUD adalah ….
A. terpadu
B. otoaktivitas
C. kebebasan
D. pengamatan
Jawab:
B. Benar, karena pada dasarnya anak mampu membangun pengetahuannya sendiri
Pembahasan:
Pelajari materi dalam modul lima kegiatan belajar satu tentang prinsip dasar penyelenggaraan pendidikan TK
24. Dalam memahami moral, anak usia dini akan banyak belajar tentang norma dan nilai-nilai agama melalui hal-hal yang….
A.dilihatnya, dirasakannya, dialaminya dan dilakukannya
B. dipegangnya, didengarnya dan diamati, dijelaskan
C. dilihatnya, dicontohnya dan didengarnya
D. dijelaskan, disampaikan, dicontohkan dan diperagakan
Jawab:
A. Benar, anak akan banyak belajar melalui melihat, merasakan, mengalami dan melakukan
Pembahasan:
Pelajari materi dalam modul lima kegiatan belajar satu tentang esensi pengembangan nilai-nilai keagamaan anak TK
25. Pada kondisi tertentu manusia dihadapkan pada pilihan tentang nilai-nilai kehidupan, norma, dan moralitas manusiA. Pernyataan tersebut sesungguhnya merupakan makna dari pernyataan ….
A. spiritual quotient merupakan kecerdasan manusia yang tertinggi
B. intelligence quotient adalah kecerdasan terpenting bagi manusia
C. emotional quotient merupakan kecerdasan terbaik yang dimiliki manusia
D. tidak ada kecerdasan yang menguasai dalam kehidupan manusia
Jawab:
A. Benar, pernyataan tersebut merupakan makna dari Spiritual Quotient merupakan kecerdasan manusia yang tertinggi
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat pada modul lima kegiatan belajar tiga tentang hakikat spiritual quotient
26. Menurut Badudu Zein, anak adalah keturunan pertama yang telah dibekali potensi laten yang tersembunyi dari Allah Yang Maha KuasA. Maksud dari potensi laten adalah kemampuan….
A. jasmani, rohani dan spiritual
B. moral, sosial dan emosional
C. seni, motorik halus dan motorik kasar
D. jasmani, rohani dan emosi
Jawab:
A. Jawaban Benar, potensi laten yang tersembunyi terdapat dalam kemampuan jasmani (fisik motorik), rohani (kejiwaan) dan spiritual (moral dan nilai-nilai keagamaan)
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul enam kegiatan belajar satu tentang ruang lingkup penanaman nilai agama di TK
27. Anak usia dini memiliki karakteristik sebagai peniru ulung, oleh karenanya materi nilai keagamaan harus bersifat….
A. enjoyable
B. aplikatif
C. mudah ditiru
D. konsisten
Jawab:
C. Benar, Mudah ditiru artinya materi tersebut mudah dipahami dan diikuti oleh anak-anak
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul enam kegiatan belajar satu tentang sifat-sifat materi Pembelajaran
28. Kegiatan praktik berwudhu dan sholat yang dilakukan di masjid dekat sekolah merupakan salah satu kegiatan pengembangan nilai keagamaan yang dilakukan melalui strategi….
A. insidensial
B. spontanitas
C. rutinitas
D. khusus
Jawab:
D. Benar, materi tersebut sebaiknya dilakukan sebagai program khusus yang dilakukan sesekali salam satu semester
Pembahasan:
Pelajari materi tentang strategi pengembangan nilai keagamaan yang terdapat dalam modul enam kegiatan belajar dua
29. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan pendidik saat hendak memilih pendekatan yang sesuai….
A. karakteristik anak didik
B. minat guru terhadap materi yang akan disampaikan
C. fasilitas/media yang perlu disediakan
D. tujuan yang ingin dicapai
Jawab:
B. Benar, minat guru tidak termasuk dalam hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih pendektan
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul enam kegiatan belajar tiga tentang hal yang harus dipertimbangkan dalam menentukan pendekatan yang akan dipilih
30. Salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan kemampuan anak dalam mendengar, memahami dan berbicara adalah adanya interaksi langsung antar guru dengan anak. Persyaratan tersebut termasuk dalam pendekatan….
A. bercakap-cakap
B. bermain peran
C. bercerita
D. pemberian tugas
Jawab:
A. Benar, kegiatan tersebut termasuk dalam pendekatan bercakap-cakap
Pembahasan:
Pelajari materi dalam modul enam kegiatan belajar tiga tentang delapan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak.
31. “Anak mengenal Tuhan melalui agama yang dianutnya” menurut Permendiknas 58 tahun 2009 merupakan pencapaian perkembangan anak usia ….
A. 0-<2 2-="" 3-="" 4-="" b.="" b="" c.="" d.="" tahun="">Jawab:2>
D. Benar, Anak usia 4-<5 b="" cara="" dengan="" mengenal="" mulai="" sederhana="" sudah="" tahun="" tuhan="" yang="">Pembahasan:5>
Pelajari materi tentang pencapaian perk nilai agama dan moral menurut permendiknas 58 tahun 2009 dalam modul tujuh kegiatan belajar satu
32. 1. melakukan kajian terhadap tema dan subtema 2. menentukan kompetensi dasar yang akan dicapai anak 3. Menentukan indikator yang cocok. 4. memilih metode yang sesuai dengan hasil belajar yang diharapkan. Tahapan yang harus dilakukan guru dalam menyusun rancangan kegiatan pengembangan adalah….
A. 1 – 2 – 3 – 4
B. 4 – 2 – 3 – 1
C. 2 – 1 – 4 – 3
D. 4 – 3 – 2 – 1
Jawab:
A. Benar, tahapannya yang benar adalah 1 – 2 – 3 – 4
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul tujuh kegiatan belajar sati tentang tahapan yang harus dilakukan guru dalam menyusun rancangan peng moral anak
33. Kegiatan inti dalam Rancangan kegiatan Harian berisi berbagai kegiatan utama yang dapat mengacu pada kegiatan yang….
A. pembiasaan dan penanaman nilai yang bersifat rutinitas
B. dapat memberikan kebebasan terprogram pada anak
C. dapat meringankan tugas anak secara umum
D. penugasan yang ketat dan terarah
Jawab:
B. Benar, kegiatan ini sebaiknya berupa kegiatan yang dapat memberikan kebebasan terprogram pada anak
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul tujuh kegiatan belajar dua tentang isi dari kegiatan inti yang harus dicantumkan dalam RKH
34. “Ayo siapa yang mau membantu ibu membersihkan kertas sisa guntingan yang berserakan di bawah meja?” Kalimat tersebut menggambarkan contoh penerapan teknik….
A. ajakan
B. sugesti
C. pujian
D. tantangan
Jawab:
A. Benar, kalimat tersebut adalah himbauan atau ajakan untuk berbuat baik
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul delapan kegiatan belajar satu tentang teknik dlm membentuk TL anak yg sesuai dg nilai moral
35. Satu bulan sekali, TK Mawar mengundang salah satu orang tua murid untuk menjelaskan tentang aktivitas pekerjaannya kepada anak-anak agar mereka menghargai dan memiliki cita-cita yang baik. Ilustrasi tersebut merupakan contoh cinta….
A. rumah
B. profesi
C. orang tua
D. masyarakat
Jawab:
B. Benar, cinta profesi terkait dengan pekerjaan dan penghargaan terhadap suatu profesi
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul delapan kegiatan belajar dua tentang penanaman nilai cinta lingkungan pada anak
36. Setiap hari Jumat, TK Lebah mewajibkan anak-anak memakai baju bebas dengan motif batik. Kegiatan ini menggambarkan salah satu upaya menanamkan cinta tanah air dengan cara….
A. pengenalan batik Jawa
B. pelestarian budaya
C. mempromosikan sekolah berbasis budaya
D. menyalahkan negara tetangga
Jawab:
B. Benar, upaya tersebut termasuk dalam cara melestarikan budaya bangsa
Pembahasan:
Pelajari materi yang terkait dengan penanaman nilai-nilai cinta tanah air yang terdapat dalam modul delapan kegiatan belajar tiga
37. Dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia diterapkan materi muatan lokal yang mengajarkan pada anak tentang budaya dan masyarakat di sekitar lembaga tersebut beradA. Hal ini termasuk dalam landasan ….
A. sosiologis
B. filosofis
C. yuridis
D. psikologis
Jawab:
A. Benar, karena landasan ini berdasarkan pada kehidupan masyarakat di sekitar
Pembahasan:
Pelajari materi modul sembilan kegiatan belajar satu tentang esensi pengembangan nilai-nilai keagamaan bagi anak
38. Ibu Dewi selalu meminta anak-anak untuk menutup mata dan menadahkan kedua tangan saat kegiatan berdoA. Hal itu bertujuan untuk ….
A. melatih sikap mental berkonsentrasi saat berdoa
B. menciptakan suasana sepi saat berdoa
C. membantu anak menghafal isi doa
D. melatih anak berdoa sendiri
Jawab:
A. Benar, karena menutup mata merupakan salah satu cara untuk berkonsentrasi
Pembahasan:
Pelajari materi modul sembilan kegiatan belajar dua tentang hal yang perlu diperhatikan pendidik dalampenerapan pembelajaran tata cara beribadah pada AUD
39. Berikut adalah etika dalam berpakaian yang termasuk dalam ruang lingkup penanaman nilai keagamaan pada anak, kecuali….
A. memulai selalu dari tangan dan kaki kanan
B. membuka pakaian dengan benar
C. memasangkan pakaian dengan benar
D. melepaskan pakaian sesegera mungkin
Jawab:
D. Benar, melepaskan pakaian sesegera mungkin tidak termasuk dalam etika berpakaian
Pembahasan:
Pelajari materi dalam modul sembilan kegiatan belajar dua tentang ruang lingkup penanaman nilai-nilai keagamaan yang mungkin dipraktikan AUD
40. Dalam implikasi penanaman nilai-nilai keagamaan, kemajuan perkembangan anak perlu diamati secara terus menerus secara berkala dalam periode waktu tertentu. Hal ini sesuai dengan prinsip….
A. monitoring yang rutin
B. peningkatan kemajuan perkembangan anak
C. penekanan pada standar pendidikan nasional
D. berdasarkan pada RKM dan RKH yang telah disusun
Jawab:
A. Benar, pengamatan perkembangan anak secara rutin termasuk dalam prinsip monitoring
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul sepuluh kegiatan belajar satu tentang prinsip yang perlu diperhatikan dalam mengimplikasikan materi pengembangan nilai keagamaan pada anak TK
41. Untuk mengenalkan tata tertib berlalu lintas pada anak usia dini, pendidik PAUD dapat melakukan hal berikut ini kecuali….
A. memperkenalkan aturan berjalan kaki di jalan raya
B. memperlihatkan atau menceritakan ramainya jalan raya
C. bercakap tentang pendapat anak terhadap kegiatan di jalan raya
D. mengajak anak bermain game online cara mengemudi mobil dengan benar
Jawab:
D. Benar, mengajak anak bermain game online cara mengemudi mobil dengan benar
Pembahasan:
Pelajari materi pada modul sepuluh kegiatan belajar satu tentang contoh penyusunan strategi dlm peng moral anak TK
42. Menurut Doni Koesoema sebagai seorang pendidik karakter, guru berperan bukan hanya sebagai ….
A. penggagas pendidikan karakter pada anak usia dini
B. pelaku perubahan yang menggerakkan roda transformasi sosial ekonomi dalam masyarakat
C. pengembang rencana perubahan pendidikan karakter
D. pembaharu dalam pengembangan karakter bangsa
Jawab:
B. Benar, guru berperan bukan hanya sebagai pelaku perubahan yang menggerakkan roda transformasi sosial ekonomi dalam masyarakat
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat pada modul sepuluh kegiatan belajar dua tentang peran guru sebagai pendidik karakter pada anak TK
43. Pendidikan moral dapat menjadi pengalaman yang dalam dan melekat pada pola pikir anak sepanjang hidupnya karena pada dasarnya manusia memiliki piranti penunjang berupa….
A. kecerdasan
B. panca indra
C. nurani
D. kalbu
Jawab:
B. Benar, panca indra adalah piranti penunjang yang dapat menangkap pengetahuan hingga menjadi pengalaman yang melekat
Pembahasan:
Materi dalam soal ini terdapat dalam modul sepuluh kegiatan belajar 2 tentang peran dan fungsi pendidikan moral dan nilai agama bagi anak TK
44. Lingkungan sekolah yang baik tidak hanya ditentukan oleh fasilitas fisik indoor dan outdoor yang baik dan lengkap, tetapi juga harus didukung oleh….
A. guru yang bergelar sarjana
B. program yang jelas, terukur dan berkesinambungan
C. anak didik yang berprestasi international
D. pendidik yang telah memiliki sertifikat pendidik
Jawab:
B. Benar, program yang jelas, terukur dan berkesinambungan menjadi syarat sekolah yang baik
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul sebelas kegiatan belajar satu tentang analisis terhadap faktor yang terkait dengan pengembangan moral dan nilai keagamaan di lingkungan TK
45. Salah satu fenomena sosial yang muncul pada saat ini adalah….
A. orang tua bersaing untuk menciptakan anak juara
B. orang tua menjadi rajin bekerja di luar rumah
C. guru berusaha mendapatkan gelar sarjana
D. guru berlomba mengejar sertifikasi pendidik
Jawab:
A. Benar, saat ini banyak orang tua yang berusaha keras agar anaknya menjadi juara baik di sekolah maupun dalam kegiatan non formal
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul sebelas kegiatan belajar dua tentang fenomena sosial di masyarakat
46. Beberapa kriteria lembaga PAUD yang baik adalah sebagai berikut, kecuali lokasinya….
A. tidak terlalu dekat dengan jalan raya
B. tidak terlalu dekat dengan pusat perbelanjaan
C. memiliki halaman yang luas
D. memiliki fasilitas yang lengkap dan modern
Jawab:
D. Benar, memiliki fasilitas yang lengkap dan modern bukan kriteria sekolah yang baik
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul sebelas kegiatan belajar dua tentang upaya sekolah dalam menanggulangi pengaruh lingkungan yang kurang kondusif
47. Penilaian yang dilakukan guru dapat digunakan untuk memperbaiki kegiatan pembelajarannyA. Hal ini termasuk dalam….
A. fungsi penilaian
B. tujuan penilaian
C. manfaat penilaian
D. hakikat penilaian
Jawab:
A. Benar, pernyataan tersebut termasuk dalam fungsi penilaian
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul dua belas kegiatan belajar satu tentang hakikat penilaian
48. Untuk menilai perkembangan moral dan nilai-nilai keagamaan anak secara alamiah dan sewajarnya, guru dapat melakukan ….
A. portofolio
B. penilaian performa
C. asesmen otentik
D. evaluasi diri
Jawab:
C. Benar, asesmen otentik merupakan penilaian yang bersifat alamiah dan sewajarnya
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul dua belas kegiatan belajar dua tentang penilaian yang sebenarnya (asesmen otentik)
49. Penilaian tentang kejadian penting yang dapat dilakukan sewaktu-waktu yang ditulis dengan format buatan guru termauk dalam cara penilaian dengan teknik ….
A. anekdot
B. observasi
C. portofolio
D. wawancara
Jawab:
A. Benar, catatan anekdot merupakan catatan kejadian penting dalam waktu tertentu dengan kejadian yang tidak biasa
Pembahasan:
Materi dalam soal ini terdapat dalam modul dua belas kegiatan belajar satu tentang macam-macam instrument penilaian yang digunakan dalam asesmen otentik
50. Laporan hasil perkembangan anak kepada orang tua sebaiknya disampaikan oleh guru dalam bentuk….
A. tertulis dan rekaman
B. portofolio dan tertulis
C. portofolio dan lisan
D. tertulis dan lisan
Jawab:
D. Benar, laporan dibuat dalam bentuk tertulis dan lisan agar dapat lebih mudah dipahami orang tua dan dapat merangkum seluruh kemajuan perkembangan anak
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul dua belas kegiatan belajar dua tentang pelaporan hasil penilaian anak TK
Download Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4102
Seperti yang telah kami sampaikan pada awal postingan ini, bahwa soal ini juga kami siapkan salam bentuk dokumen PDF yang memungkinkan dan memudahkan Anda selaku Mahasiswa untuk menyimpan yang kemudian nanti bisa di print dan dipelajari dirumah. Nah berikut ini kami bagikan link untuk Anda download Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4102 Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama lengkap dengan kunci jawabannya serta pembahasan pada setiap soal.Sudah selayaknya Anda mulai mempelajari soal-soal ini, karena akan sangat merugikan Anda selaku Mahasiwa jika nilai yang Anda dapatkan tidak memuaskan, bahkan mengharuskan Anda untuk mengulang kembali mata kuliah tersebut. Waktu yang tidak memadai serta kesibukan Mahasiswa akan sangat sulit dalam memahami semua materi pada modul, untuk itu dengan mempelajari soal-soal ini setidanya Anda bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi dan mengikuti ujian akhir semester nantinya.
Sekian artikel kami terkait soal ujian UT PGPAUD PAUD4102 Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama untuk mahasiswa jrusan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini semester 1. Jika Anda mengalami kesulitan dalam menemukan soal yang Anda buruhkan, serta jika ada hal yang ingin Anda tanyakan, jangan sungkan untuk menghubungi kami melalui halaman Contact, kami akan segera mungkin untuk membalas pertanyaan Anda. Dan jangan lupa untuk berbagi artikel dan merekomendasikan blog soal uas ut ini pada teman kuliah Anda yang lainnya, sekian dan terima kasih.