loading...
Soal ujian UT PGPAUD PAUD4103 Metode Pengembangan Sosial Emosional lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan kami bagikan untuk Anda Mahasiswa Pendas Universitas Terbuka yang sedang menempuh pendidikan di jurusan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD). Pada postingan sebelumnya kami telah berbagi terkait soal ujian UT PGPAUD Semester 1 yaitu Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4102 Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama lengkap dengan kunci jawabannya. Soal Ujian UT PGPAUD Semester 1 ini kami ulas dengan sangat lengkap, setiap soal kami sajikan pula pembahasan kunci jawabannya yang mana bisa Anda lihat pada modul nantinya untuk mencocokan jawaban jika Anda kurang yakin dengan jawaban yang ada. Semua Soal UT yang kami posting pada blog sol uas ut ini merupakan kumpulan dari ringkasan materi dan soal-soal pada modul, jadi tentu tak akan lepas dari mata kuliah yang terkait. Kesibukan serta banyaknya SKS dan mata kuliah yang ditempuh tentu akan sangat menguras fikiran Anda selaku Mahasiswa dalam mempelajari semua mata kuliah. Untuk itu dengan adanya soal-soal ini tentu bisa membantu Anda dalam membagi waktu Anda untuk memahami materi agar bisa mempersiapkan diri mengikuti ujian akhir semester nantinya.
Seperti yang telah kami sampaikan pada setiap postingan kami bahwa, Anda bisa memelajari soal-soal yang kami bagikan secara offline maupun online. Karena dalam hal ini kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawaban, bahkan pembahasan terkait soal tersebut juga kami sertakan. Jadi Anda akan dimudahkan untuk mempelajarinya secara online, dan kami juga tahu bahwa tak semua atau mungkin Anda lebih suka mempelajari soal secara offline, menyimpan kemudian print soal tersebut dan mempelajarinya. Untuk itu kami juga telah menyiapkan soal-soal ini dalam bentuk file dokumen PDF yang mana bisa Anda download atau unduh secara langsung pada link dibagikan akhir soal ini.
Soal Ujian UT PGPAUD Semester 1 lainnya:
Soal-soal UT PGPAUD Semester 1 yang kami posting ini tentu akan sangat membantu Anda dalam memahami setiap materi pada modul. Dengan mempelajari soal-soal yang telah ada kunci jawaban dan pembahasan soal untuk Anda yakinkan lagi kebenaran jawabannya pada modul akan sangat membantu Anda dalam menyiapkan diri untuk menghadapi ujian akhir semester nantinya.
Berikut ini kami bagikan khusus untuk Anda Mahasiswa Universitas Terbuka jurusan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang sedang menempuh pendidikan pada semester 1 terkait Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4103 Metode Pengembangan Sosial Emosional lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan soalnya.
A. suatu perasaan atau pikiran khas anak
B. suatu keadaan biologis dan psikologis
C. serangkaian kecenderungan untuk bertindak
D. serangkaian keinginan individu untuk berpikir
Jawab:
D. Jawaban benar karena emosi tidak merujuk pada serangkaian keinginan individu untuk berpikir
Pembahasan:
materi ini terdapat dalam Modul 1 Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia TK Kegiatan Belajar 1 tentang Perkembangan Emosi Anak Usia TK khususnya pengertian emosi
2. Ketika individu melihat atau mengalami suatu peristiwa, maka hal tersebut dalam mekanisme emosi menurut Rosenblum termasuk dalam tahap....
A. receptors
B. elicitors
C. state
D. ekspression
Jawab:
B. Tepat sekali Jawaban Anda, tahap elicitors adalah tahap ketika individu melihat atau mengalami suatu peristiwa
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul 1 Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia TK Kegiatan belajar 1 tentang Perrkembangan Emosi Anak Usia TK, yaitu tentang mekanisme emosi
3. Anak-anak yang bermain dalam satu ruangan namun mereka tidak saling mengganggu atau memerhatikan termasuk dalam tahapan bermain....
A. sebagai penonton
B. soliter
C. paralel
D. asosiatif
Jawab:
B. Tepat sekali Jawaban Anda, tahap elicitors adalah tahap soliter adalah ketika anak bermain bersama tapi tidak saling memerhatikan
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam Modul 1, Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia TK KB-2 Perkembangan Sosial Anak Usia TK, yaitu tentang pengembangan sosial melalui tahapan bermain sosial
4. Salah satu tahap pembentukan karakter anak dapat dilakukan dengan menstimulasi rasa keindahan. Fungsi stimulasi terhadap rasa keindahan ini adalah untuk....
A. menghaluskan budi pekerti
B. meningkatkan rasa empati anak
C. mengembangkan moral kemasyarakatan
D. menumbuhkan rasa percaya diri
Jawab:
A. Jawaban benar, Fungsi stimulasi terhadap rasa keindahan ini adalah untuk menghaluskan budi pekerti
Pembahasan:
Materi tersebut terdapat dalam Modul 1 Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia TK KB-3 Perkembangan Karakter pada Anak Usia TK khususnya tahapan pembentukan karakter
5. Rasa marah pada anak sering muncul sebagai reaksi terhadap frustrasi, sakit hati atau merasa terancam. Rasa marah yang muncul bisa dalam bentuk verbal atau agresi. Rasa marah semacam ini termasuk marah yang bersifat....
A. terhambat
B. eksploratif
C. transaktif
D. impulsif
Jawab:
D. Jawaban benar, impulsif adalah rasa marah yang muncul bisa dalam bentuk verbal atau agresi
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul 2 Karakteristik Perkembangan Emosi Anak Usia TK KB-1 Karakteristik Perkembangan Emosi Anak Usia TK tentang reaksi emosi pada anak
6. Dalam penerimaan sosial, anak usia kelas 2 atau 3 SD memiliki harapan yang sama, melakukan kegiatan bersama-sama dan memiliki kedekatan yang cukup baik terhadap teman sebayanya. Tahap ini termasuk dalam....
A. An Emphatic Stage
B. A Reward Cost Stage
C. A Non-Normative Stage
D. A Normative Stage
Jawab:
B. Jawaban benar, anak usia kelas 2-3 SD berada pada tahap A Reward Cost Stage
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat pada Modul 2 Karakteristik Perkembangan Emosi Anak Usia TK KB-2 Karakteristik Perkembangan SosialAnak Usia TK tentang tahapan penerimaan sosial
7. Karakteristik perkembangan anak pada usia 0-2 tahun, salah satunya adalah bahwa anak...
A. membangun rasa positif thinking terhadap lingkungannya
B. membutuhkan cinta dan kasih sayang orang dewasa di sekitarnya
C. mulai merasa memiliki kepercayaan diri
D. memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya
Jawab:
B. Jawaban benar, salah satu karakteristik anak usia 0-2 tahun adalah membutuhkan cinta dan kasih sayang orang dewasa di sekitarnya
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam Modul 2 Karakteristik Perkembangan Emosi Anak Usia TK KB-3 Karakteristik Perkembangan Karakter Anak Usia TK tentang karakteristik per-kembangan Karakter Anak Usia TK
8. Pendidik perlu mengetahui cara yang mudah untuk mengenali gejala emosi dan perilaku sosial anak dan dampaknya bagi anak. Tujuan mengetahui hal tersebut adalah untuk mengambil tindakan….
A. proaktif dan antipatif
B. deaktif dan provokatif
C. prefentif dan interventif
D. transaktif dan pratransaktif
Jawab:
C. Jawaban benar, tujuan pendidik mengetahui dan mengenali gejala emosi dan perilaku sosial adalah untuk mengambil tindakan prefentif dan interventif
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 3 Keterkaitan Perkembangan Sosial Emosional dengan Perkembangan Lainnya KB-1 Keterkaitan Perkembangan Sosial Emosional dengan Fisik, Mental dan Psikologis Anak
9. Pendidik harus mendampingi perkembangan sosial emosional anak ke arah yang sesuai dengan harapannya, caranya yaitu dengan ....
A. menunjukkan semua perilaku baik dan tidak baik
B. menghindari tekanan emosi negatif pada anak
C. bekerjasama dengan orang lain dan lingkungan guna menekan emosi buruk
D. memproteksi anak sedemikian rupa dari pengaruh negatif
Jawab:
B. Benar, perkembangan sosial emosional anak harus didampingi dengan cara menghindari tekanan emosi negatif pada anak
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 3 Keterkaitan Perkembangan Sosial Emosional dengan Perkembangan Lainnya KB-1 Keterkaitan Sosial Emosional anak dengan aktivitas dan kehidupannya
10. Anak ditekankan untuk ”selalu bisa” dalam setiap bidang pengembangan sehingga terkesan anak dipaksa untuk belajar. Hal ini merupakan penerapan metode ....
A. heart start
B. mind start
C. head start
D. logic start
Jawab:
C. Benar, metode headstart menerapkan pendidikan agar anak “selalu bisa”
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam Modul 3 Keterkaitan Perkembangan Sosial Emosional dengan Perkembangan Lainnya KB-3 Keterkaitan Perkembangan Karakter dengan aktivitas dan kehidupannya yaitu tentang layanan pendidikan yang berorientasi headstart (otak kiri) dengan heartstart (otak kanan)
11. Faktor yang dianggap dapat menunjang keberhasilan seseorang yang terkait dengan karakter adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. jujur dan dapat diandalkan
B. dapat menerima dan menjalankan kewajiban
C. dapat bekerja mandiri dengan kontrol terbatas
D. sabar, rajin beribadah dan intelektual tinggi
Jawab:
D. Jawaban benar, karena faktor intelektual tidak terkait dengan karakter
Pembahasan:
Materi dalam soal ini terdapat dalam Modul 3 Keterkaitan Perkembangan Sosial Emosional dengan Perkembangan Lainnya KB-3 Keterkaitan Perkembangan Karakter dengan aktivitas dan kehidupannya yaitu tentang membangun keselarasan hubungan karakter dengan aktivitas dan kehidupan
12. Perkembangan emosi anak dapat dipengaruhi oleh keadaan di dalam diri individu, diantaranya adalah....
A. usia, fisik, inteligensi dan jender
B. fisik, usia,inteligensi dan budaya
C. jender, fisik, ekonomi dan inteligensi
D. usia, potensi, interigensi dan sebaya
Jawab:
A. Jawaban benar, keempat hal tersebut terdapat di dalam diri individu
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam Modul 4 Faktor dan Kondisi yang Mempengaruhi Sosial, Emosional dan Karakter Anak KB-1 Faktor Pendukung dan Penghambat Perkembangan Sosial emosional Anak yaitu tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak
13. Andri (6 tahun) seka membawa makanan ringan dengan jumlah yang banyak untuk dibagi-bagikan kepada teman-teman sekelasnya. Perilaku Andri ini secara tidak langsung meniru sikap ibunya yang suka memasak dan membagikan hasil masakannya pada para tetangga. Ilustrasi tersebut menggambarkan bahwa perkembangan sosial anak dipengaruhi oleh ingkungan keluarga, yaitu....
A. status sosial ekonomi keluarga
B. keutuhan keluarga
C. sikap dan kebiasaan orang tua
D. kelekatan dengan anggota keluarga
Jawab:
C. Jawaban benar, ilustrasi menggambarkan pengaruh sikap dan kebiasaan orang tua terhadap perkembangan sosial
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat Modul 4 Faktor dan Kondisi yang Mempengaruhi Sosial, Emosional dan Karakter Anak KB-1 Faktor Pendukung dan Penghambat Perkembangan Sosial emosional Anak tentang berbagai faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial anak
14. Salah satu kondisi fisik yang memengaruhi perkembangan sosial emosional adalah....
A. kesehatan yang buruk
B. ketegangan hubungan antara orang tua dan anak
C. tingkat intelektual di bawah rata-rata
D. sikap orang tua dalam mendidik anak
Jawab:
A. Jawaban benar, kesehatan yang buruk termasuk dalam kondisi fisik
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam Modul 4 Faktor dan Kondisi yang Mempengaruhi Sosial, Emosional dan Karakter Anak KB-2 Kondisi pendukung dan Penghambat Perkembangan social emosional anak tentang kondisi yang mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak
15. Guru PAUD harus mampu menciptakan kondisi yang ideal agar perkembangan sosial emosional anak berkembang secara optimal. Kondisi ideal tersebut merupakan kondisi yang dapat membantu anak untuk ....
A. belajar di Lembaga PAUD secara regular
B. melakukan semua kegiatan dengan teratur
C. melakukan interaksi sosial
D. berkembang tanpa hambatan
Jawab:
C. Jawaban benar, Kondisi ideal adalah kondisi yang dapat membantu anak untuk melakukan interaksi sosial
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 4 Faktor dan Kondisi yang Mempengaruhi Sosial, Emosional dan Karakter Anak KB-2 Kondisi pendukung dan Penghambat Perkembangan social emosional anak tentang kondisi ideal bagi perkembangan sosial emosional anak
16. Ketika melihat ada pengemis di tepi jalan, Effie langsung meminta uang pada ibunya untuk diberikan pada pengemis tersebut karena dia merasa kasihan. Ibu Effie merasa tidak pernah mengajari effie tentang tindakan tersebut. Ilustrasi tersebut menggambarkan perkembangan karakter Effie dipengaruhi oleh faktor....
A. internal
B. eksternal
C. penghargaan sekitar
D. pengaruh orang tua
Jawab:
A. Jawaban benar, tindakan Effie dipengaruhi faktor internal
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam Modul4 Faktor dan Kondisi yang Mempengaruhi Sosial, Emosional dan Karakter Anak KB-3 Kondisi pendukung dan Penghambat Perkembangan karakter Anak pemikiran para tokoh tentang pembela-jaran anak usia TK
17. Berikut ini merupakan beberapa contoh perilaku yang diakibatkan oleh kompleksitas kehidupan yang dihadapi oleh anak-anak, kecuali ....
A. perilaku kesepian dan pemurung
B. perilaku rendahnya sopan santun
C. anak yang pencemas dan gugup
D. anak yang sopan dan disiplin
Jawab:
D. Jawaban benar, anak yang sopan dan disiplin merupakan contoh yang salah
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 5 Pentingnya Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia TK KB-1 Mengapa Sosial Emosional perlu dikembangkan tentang alasan pentingnya pengembangan sosial emosional pada anak TK
18. Kecerdasan emosi memiliki arti sebagai kualitas-kualitas emosi yang penting dalam pencapaian suatu keberhasilan. Kualitas tersebut meliputi beberapa indikator berikut ini, kecuali....
A. memiliki kemampuan untuk menghargai diri sendiri
B. empati yang melibatkan perasaan orang lain
C. kemampuan dalam mengungkapkan dan memahami perasaan
D. mampu mengalokasikan rasa marah
Jawab:
A. Jawaban benar, memiliki kemampuan untuk menghargai diri sendiri termasuk indikator kecerdasan emosi
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam Modul 5 Pentingnya Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia TK KB-2 Pengembangan Kecerdasan Sosial Emosional Anak yaitu tentang batasan kecerdasan terkait dengan sosial emosional pada anak TK
19. Menurut John Locke, anak ketika dilahirkan diibaratkan seperti kertas putih yang masih kosong. Akan seperti apa bentuk akhirnya tergantung pada cara kertas tersebut ditulisi. Arti dari penyataan tersebut adalah bahwa faktor yang paling menentukan dalam perkembangan anak adalah....
A. potensi dan kemauan
B. pengalaman dan lingkungan
C. intelektual dan emosional
D. harapan individu dan pengaruh orang tua
Jawab:
B. Jawaban benar, faktor yang paling menentukan adalah pengalaman dan lingkungan
Pembahasan:
Materi terdapat dalam Modul 5Pentingnya Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia TK KB-3 Peran pematangan dan belajar pada perkembangan sosial emosional anak
20. Anak usia dini suka sekali melakukan suatu kegiatan secara berulang-ulang meskipun beberapa kali dia gagal melakukannya namun dia tak pernah bosan mencoba dan mencoba lagi. Cara tersebut dalam mendapatkan pengalaman sosial dikenal dengan....
A. imitasi
B. conditioning
C. convergensi
D. trial and error
Jawab:
D. Jawaban benar, cara anak tersebut termasuk dalam trial and error
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 5 Pentingnya Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia TK KB-3 Peran pematangan dan belajar pada perkembangan sosial emosional anak yaitu cara anak mendapatkan pengalaman sosial
21. Pelaksanaan pendidikan di lembaga PAUD harus berorientasi pada Developmentally Appropripate Practices (DAP) yang salah satu prinsipnya adalah mengembangkan kemampuan anak secara terpadu karena ....
A. perkembangan anak berlangsung secara bervariasi
B. semua aspek perkembangan anak saling terkait
C. pengalaman awal anak memiliki kontribusi langsung maupun tidak langsung
D. perkembangan anak terjadi dalam urutan yang relatif teratur
Jawab:
B. Jawaban benar, karena semua aspek perkembangan anak saling terkait
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam Modul 6 prinsip Pengembangan Sosial Emosional Anak KB 1 Pengembangan Sosial Emosional berdasarkan pada Perkembangan Anak (DAP)khusunya perkebangan sosial emosional anak berdasarkan DAP
22. Contoh salah satu kegiatan pengembangan yang berdasarkan DAP adalah ”bergiliran”. Kemampuan yang ingin ditingkatkan dalam kegiatan ini adalah anak ....
A. belajar bergabung dalam suatu kelompok kecil dengan sikap positif
B. belajar memberi kesempatan pada orang lain
C. berusaha memecahkan masalahnya melalui diskusi
D. berbagi perasaan dan pandangan hingga menghindari perselisihan
Jawab:
B. Jawaban benar, dalam bergiliran, anak belajar memberi kesempatan pada orang lain
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 6 Prinsip Pengembangan Sosial Emosional Anak KB 1 Pengembangan Sosial Emosional berdasarkan pada Perkembangan Anak (DAP) khusunya tentang contoh penerapan rambu-rambu dalam pengembangan rancangan DAP
23. Salah satu alasan penting mengapa guru harus menerapkan prinsip holistik dalam kegiatan pengembangan bagi anak usia dini adalah....
A. setiap guru biasanya menangani anak dengan jumlah dan kemampuan yang berbeda-beda
B. guru memiliki kemampuan yang beragam terkait dengan didaktik metodiknya
C. setiap guru memiliki kemampuan dan pandangan yang berbeda tentang suatu kegiatan
D. guru harus dapat menstimulasi setiap fokus perkembangan anak karena terkait antara satu dengan lainnya
Jawab:
D. Benar, guru harus mampu menstimulasi setiap fokus perkembangan anak terkait antara satu dengan lainnya merupakan alasan penerapan prinsip holistik
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 6 Prinsip Pengembangan Sosial Emosional Anak KB-2 Prinsip Pengembangan Sosial Emosional Secara Menyeluruh (Holistik)
24. Ketika seorang anak belajar untuk mencoba berbagai contoh perilaku dasar lalu guru mencoba menggali dan meminta anak untuk mengembangkannya lebih luas lagi maka pada saat itu dalam pengembangan sosial emosional secara holistik sedang diterapkan prinsip....
A. pendidikan sesuai lingkungan fisik, psikologi dan budaya
B. terpenuhinya kebutuhan fisik dan psikologik
C. kegiatan merangsang seluruh indra dan gaya belajar anak
D. menekankan pada belajar untuk belajar
Jawab:
D. Benar, contoh tersebut menggambarkan prinsip menekankan pada belajar untuk belajar
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 6 Prinsip Pengembangan Sosial Emosional Anak KB-2 Prinsip Pengembangan Sosial Emosional Secara Menyeluruh (Holistik)
25. Kegiatan pengembangan yang menerapkan pendekatan berdasarkan ide-ide pokok atau ide-ide sentral tentang anak dan lingkungannya termasuk pengertian pembelajaran ....
A. dengan sistem holistik
B. berbasis tema
C. berbasis perkembangan
D. berbasis budaya dan minat
Jawab:
B. Benar, Kegiatan pengembangan tersebut adalah pembelajaran berbasis tema
Pembahasan:
Materi dalam soal ini terdapat pada Modul 7 Cara Terpadu Pengembangan Sosial Emosional Anak KB-1 Pengembangan sosial emosional anak melalui pendekatan terpadu yaitu tentang cara pengembangan sosial emosional anak melalui pendekatan terpadu
26. Jika guru ingin menerapkan tema ”Buah mangga” maka kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengembangkan aspek perkembangan anak diantaranya adalah sebagai berikut kecuali ....
A. membuat bentuk ”buah mangga” dengan playdough
B. bercerita tentang manfaat buah mangga
C. membuatasinan buah mangga
D. praktik langsung makan buah mangga
Jawab:
C. Benar, membuat asinan dari buah mangga termasuk kegiatan yang tidak perlu diajarkan pada anak usia dini
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 7 Cara Terpadu Pengembangan Sosial Emosional Anak KB-1 Pengembangan social emosional anak melalui pendekatan terpadu tentang contoh penerapan pembelajaran berbasis tema
27. Kegiatan pengembangan sosial emosional yang dilakukan setiap hari baik secara langsung maupun diintegrasikan dalam kegiatan pengembangan lainnya termasuk dalam pengembangan yang dilakukan melalui kegiatan ....
A. rutin
B. spontan
C. terprogram
D. keteladanan
Jawab:
A. Benar, kegiatan pengembangan yang dilakukan setiap hari termasuk dalam kegiatan rutin
Pembahasan:
Materi soal terdapat dalam modul 7 Cara Terpadu Pengembangan Sosial Emosional Anak KB-2 Pengembangan social emosional melalui kegiatan rutin, terprogram, spontan dan keteladanan
28. Anak-anak kelompok A TK Budaya sedang bermain menirukan gerakan binatang dambil bernyanyi di dalam kelasdipimpin oleh Ibu Dewi. Tiba-tiba hujan turun dan beberapa anak berlarian ke jendela untuk melihatnya. Memperhatikan hal tersebut, Ibu Dewi langsung mengajak semua anak-anak untuk ke jendela dan menjelaskan bertanya jawab tentang hujan. Kejadian tersebut termasuk contoh pelaksanaan kegiatan melalui kegiatan ....
A. rutin
B. spontan
C. terprogram
D. keteladanan
Jawab:
B. Benar, kegiatan tersebut merupakan contoh kegiatan spontan
Pembahasan:
Materi soal terdapat dalam modul 7 Cara Terpadu Pengembangan Sosial Emosional Anak KB-2 Pengembangan social emosional melalui kegiatan rutin, terprogram, spontan dan keteladanan
29. Salah satu hal yang harus diperhatikan anak dalam upaya pengembangan emosi yang sehat adalah ia harus belajar menjadi pemimpin, menjadi anggota dan cara belajar berbagi dengan orang lain. Hal tersebut termasuk dalam kebutuhan untuk....
A. memperoleh kesempatan untuk mandiri, membuat keputusan dan mencoba lagi jika gagal
B. memiliki rasa aman dalam menjalin hubungan dengan orang lain
C. memiliki kepercayaan pada dirinya sendiri
D. mendapatkn rasa cinta dan kasih sayang dari orang-orang di sekitarnya
Jawab:
A. Benar, hal itu termasuk kebutuhan memperoleh kesempatan untuk mandiri, membuat keputusan dan mencoba lagi jika gagal
Pembahasan:
Materi soal terdapat dalam modul 8 Strategi Pengembangan Emosi pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-1 Sasaran Pengembangan Emosi di TK
30. Anak usia dini perlu dilatih untuk menunggu giliran atau bersabar guna mendapatkan giliran. Ilustrasi ini dalam materi pengembangan emosi anak usia dini termasuk dalam materi ....
A. harapan dan masa depan
B. cinta dan kasih sayang
C. pengendaian emosi
D. penanaman emosi
Jawab:
C. Benar, menunggu giliran atau bersabar guna mendapatkan giliran termasuk materi pengendalian emosi
Pembahasan:
Materi soal terdapat dalam modul 8 Strategi Pengembangan Emosi pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-1 Sasaran Pengembangan Emosi di TK
31. Ibu Linda sering mengadakan kegiatan yang memungkinkan anak bekerja dalam kelompok. Kegiatan ini bertujuan agar anak dapat bekerja sama dan mengenal teman-temannya. Kegiatan yang dilakukan Ibu Linda termasuk dalam strategi untuk mengembangkan kemampuan ....
A. mengenali emosi
B. memahami perasaan orang lain
C. mengelola dan mengekspresikan emosi
D. membina hubungan dengan orang lain
Jawab:
D. Benar, kegiatan tersebut termasuk strategi mengembangkan kemampuan membina hubungan dengan orang lain
Pembahasan:
Materi dalam soal ini terdapat pada Modul 8 Strategi Pengembangan Emosi pada Anak Usia TK KB-1 Sasaran Pengembangan Emosi di TK
32. Untuk melatih kemampuan anak dalam mengenali emosinya sendiri dan untuk menenangkan diri dengan menggunakan musik dengan berbagai genre. Kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan menerapkan metode....
A. bernyanyi dan bermain musik
B. bermain dengan hand puppet
C. bercerita dengan buku
D. latihan relaksasi dan meditasi dengan musik
Jawab:
D. Benar, Kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan menerapkan metode latihan relaksasi dan meditasi dengan musik
Pembahasan:
Pelajari materi dalam Modul 8 Strategi Pengembangan Emosi pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-2 Metode pengembangan Emosi di Taman Kanak-Kanak
33. Hari ini Ibu Susi berencana akan mengajak anak-anak mendengarkan musik lembut sambil berbaring di lantai kelas dengan mata tertutup. Kegiatan ini dilakukan sebagai kegiatan penutup. Ilustrasi itu menggambarkan rancangan kegiatan ....
A. demonstrasi
B. relaksasi
C. bercerita
D. gerak dan lagu
Jawab:
B. Benar, Ilustrasi tersebut menggambarkan rancangan kegiatan relaksasi
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam Modul 8 Strategi Pengembangan Emosi pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-2 Metode pengembangan Emosi di Taman Kanak-Kanak, yaitu merancang kegiatan pengembangan sosial emosional untuk AUD
34. Sasaran pengembangan keterampilan sosial untuk bayi yang baru lahir adalah memperkuat ikatan ibu dan bayi melalui....
A. interaksi yang penuh perhatian, intensif dan kehangatan
B. penonjolan respon orang tua terhadap perilaku bayi
C. latihan mencium tangan orang yang lebih tua
D. mendorong anak untuk bermain dengan anak lain
Jawab:
A. Benar, untuk memperkuat ikatan ibu dan bayi dapat dilakukan melalui interaksi yang penuh perhatian, intensif dan kehangatan
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam Modul 9 Strategi Pengembangan Sosial pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-1 Sasaran pengembangan social pada anak usia Taman Kanak-Kanak
35. Latihan sosial pada anak harus dimulai dari lingkungan rumah. Orang tua harus dapat membuat anak-anak nyaman dalam bersosialisasi dengan cara ....
A. menyiapkan materi keterampilan sosial secara nyata
B. memberi latar belakang kehidupan yang aman dan penuh cinta
C. mendampingi anak sepanjang waktu
D. merubah tatanan lingkungan rumah secara berkala
Jawab:
B. Benar, memberi latar belakang kehidupan yang aman dan penuh cinta dapat membuat anak nyaman bersosialisasi
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 9 Strategi Pengembangan Sosial pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-1 Sasaran pengembangan social pada anak usia Taman Kanak-Kanak khususnya tentang prinsip-prinsip latihan sosial bagi anak di Taman Kanak-Kanak
36. Orang tua dewi (4 tahun) memiliki kekmampuan ekonomi yang sangat baik. Mereka tinggal di lingkungan perumahan mewah. Namun sayangnya ayah dan ibu Dewi hampir setiap hari bertengkar karena mereka terlalu lelah bekerja di luar rumah. Hal ini membuat Dewi menjadi minder dan takut jika bertemu dengan orang dewasa lainnya. Ilustrasi tersebut menggambarkan betapa pentingnya orang tua....
A. melindungi anak dari orang dewasa lain di luar rumah
B. bertengkar di depan anak, agar anak mengetahui masalah yang dihadapi orang tua
C. memberi latar belakang kehidupan yang aman dan penuh cinta
D. memiliki rumah mewah dan megah
Jawab:
C. Benar, seharusnya orang tua memberi latar belakang kehidupan yang aman dan penuh cinta
Pembahasan:
Materi soal terdapat dalam modul 9 Strategi Pengembangan Sosial pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-1 Sasaran pengembangan social pada anak usia Taman Kanak-Kanak khususnya strategi pengembangan sosial anak
37. Metode dalam pengembangan keterampilan sosial yang memungkinkan anak-anak usia dini dapat mengenal dan berinteraksi dengan teman sebayanya adala....
A. mengelompokkan anak
B. belajar berbagi
C. bermain soliter
C. keteladanan dan peniruan
Jawab:
A. Benar, melalui pengelompokan, anak dapat saling mengenal dan berinteraksi dengan teman sebayanya
Pembahasan:
Materi terdapat dalam modul 9 Strategi Pengembangan Sosial pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-2 Metode pengembangan social pada Anak usia Taman Kanak-Kanak
38. Setiap pagi, Ibu Lina menyambut anak-anak di depan gerbang sekolah. Dia selalu menyalami anak-anak dan orang tuanya serta menyambut dengan ramah. jika ada anak yang tidak mau menyalaminya maka Ibu Lina akan mengatakan ”Nihh... Ibu guru saja salam sama mama kamu, nah kamu juga salam yaaa sama ibu guru...” Ilustrasi tersebut menggambarkan salah satu metode pengembangan sosial anak usia dini yaitu....
A. belajar berbagi
B. pengelompokkan anak
C. bermain kooperatif
D. keteladanan dan peniruan
Jawab:
D. Benar, Contoh itu termasuk metode keteladanan dan peniruan
Pembahasan:
Materi soal terdapat dalam modul 9 Strategi Pengembangan Sosial pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-2 Metode pengembangan sosial pada Anak usia Taman Kanak-Kanak tentang contoh penerapannya
39. Batasan pengembangan karakter pada anak usia dini menurut Gordon Vessels dan William Huit adalah berikut ini, kecuali....
A. pengembangan rasa tanggung jawab
B. peningkatan kapasistas untuk disiplin
C. pengakuan karakter pribadi dan ide seseorang
D. pembebasan nilai-nilai, tujuan dan etis
Jawab:
D. Benar, pembebasan nilai-nilai, tujuan dan etis termasuk batasan pengembangan karakter pada anak usia dini
Pembahasan:
Materi terdapat dalam modul 10 Strategi Pengembangan Karakter pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB 1 Sasaran pengembangan Karakter pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak khususnya tentang batasan ssarannya
40. Andi selalu mengucapkan salam saat bertemu dengan orang lain baik teman sebaya maupun dengan orang dewasa. Saat ada temannya yang tidak menjawab salamnya, Andi menegurnya dan mengatakan “kenapa kamu tidak menjawab salamku?”. Perilaku Andai tersebut termasuk salah satu sasaran pengembangan karakter yaitu dalam hal....
A. compassion
B. respect
C. excellence
D. fidelity
Jawab:
B. Benar, respect adalah memperlakukan orang lain sebagaimana dia ingin diperlakukan oleh orang lain
Pembahasan:
Materi soal terdapat dalam modul 10 Strategi Pengembangan Karakter pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak M-1 Sasaran pengembangan Karakter pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak,yaitu pemberian contoh sasaran pengembangan karakter
41. Dalam menentukan metode pengembangan karakter anak usia dini terdapat tahap persiapan yang salah satunya adalah menilai kebutuhan masyarakat tentang....
A. tuntutan dan kebutuhan karakter yang ingin dikembangkan pada anak
B. identifikasi jumlah anak dan keluarga yang sudah berkarakter baik
C. pengalaman belajar yang diharapkan akan didapat anak didik
D. kemampuan yang telah dimiliki oleh anak didik sebelum mengikuti pendidikan karakter
Jawab:
A. Benar, menilai kebutuhan masyarakat tentang tuntutan dan kebutuhan karakter yang ingin dikembangkan pada anak
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam Modul 10 Strategi Pengembangan Karakter pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-2 Metode pengembangan karakter pada anak usia Taman Kanak-Kanak tentang langkah-langkah pengembangan karakter
42. Anak-anak kelompok bermain melakukan kegiatan menggosok gigi setiap hari Selasa. Hal ini dilakukan untuk melatih anak-anak menjaga kebersihan dan perawatan dirinya sendiri. Ilustrasi tersebut menggambarkan pengembangan karakter dengan tujuan untuk ....
A. dalam mempertimbangkan perasaan orang lain
B. meningkatkan harga diri yang positif dan kebiasaan sehat
C. menghormati hewan dan alam sekitarnya
D. untuk menghindari situasi berbahaya
Jawab:
B. Jawaban benar, ilustrasi itu menggambarkan tujuan untuk: meningkatkan harga diri yang positif dan kebiasaan sehat
Pembahasan:
Pelajari materi pada modul Modul 10 Strategi Pengembangan Karakter pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-2 Metode pengembangan karakter pada anak usia Taman Kanak-Kanak
43. Afeksi meliputi perasaan kasih saying, kehangatan dan persahabatan yang ditunjukkan pada orang lain. Gangguan yang mungkin timbul akibat kekurangan afeksi antara lain sebagai berikut, kecuali....
A. menyebabkan anak menjadi depresi
B. gagap atau mengalami gangguan berbicara
C. sulit konsentrasi dan mudah teralih perhatiannya
D. berminat terhadap orang lain dan penurut
Jawab:
D. Benar, berminat terhadap orang lain dan penurut tidak termasuk akibat kekurangan afeksi
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat pada modul 11 Permasalahan Sosial Emosional pada Anak Usia TK KB-1 Permasalahan emosi pada anak usia TK
44. Ketika seorang anak tidak mampu bergabung dengan teman-teman di lingkungannya atau dia selalu ditolak oleh anak-anak sebayanya maka anak tersebut sesungguhnya sedang mengalami permasalahan sosial, yaitu....
A. kreatif
B. negativisme
C. maladjustment
D. egosentris
Jawab:
C. Benar, ciri-ciri tersebut termasuk dalam maladjustment
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 11 Permasalahan Sosial Emosional pada Anak Usia TK KB-2 Permasalahan social pada anak Taman Kanak-Kanak
45. Pada saat sekarang ini, banyak orang tua yang menginginkan anak-anak mereka menguasai banyak keterampilan atau nilai yang tinggi atau untuk selalu berprestasi sehingga mereka melakukan berbagai upya untuk mewujudkannya. Hal itu menjadi permasalahan dalam pengembangan karakter anak usia dini, yaitu masalah....
A. harapan orang tua
B. kemampuan orang tua
C. permasalahan dalam diri orang tua
D. kebijaksanaan orang tua
Jawab:
A. Benar, hal itu termasuk harapan orang tua
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul 11 Permasalahan Sosial Emosional pada Anak Usia TK KB-3 Permasalahan dalam pengembangan karakter pada anak usia TK
46. Jika orang tua salah menerapkan pola pengasuhan bagi anak-anaknya maka akan berdampak pada ketidakstabilan emosi, yang meliputi hal berikut ini kecuali ....
A. tidak tahan terhadap stress
B. mudah tersinggung
C. sifat tidak dapat diprediksi
D. intelektual rendah
Jawab:
D. Benar, intelektual rendah bukan ketidakstabilan emosi
Pembahasan:
Materi modul ini terdapat dalam modul 11 Permasalahan Sosial Emosional pada Anak Usia TK KB-3 Permasalahan dalam pengembangan karakter pada anak usia TK
47. Salah satu tujuan mengevaluasi anak usia dini adalah untuk mengetahui apakah anak....
A. lebih baik bila dibandingkan dengan anak-anak lainnya
B. sudah bisa lulus atau naik kelas
C. memerlukan bantuan atau layanan khusus
D. sudah mencapai harapan dari guru
Jawab:
C. Benar, memerlukan bantuan atau layanan khusus bukan tujuan mengevaluasi anak usia dini
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 12 Evaluasi Pengembangan Sosial Emosional Anak di Taman Kanak-Kanak KB- 1 Karakteristik Evaluasi Pendidikan di Taman Kanak-Kanak
48. Proses mendokumentasikan kegiatan atau perilaku khusus atau yang luar biasa baik posistif maupun negatif yang teramati yang dituangkan berupa catatan ringkas merupakan salah satu teknik evaluasi, yaitu....
A. ceklis
B. Portofolio
C. catatan anekdot
D. observasi
Jawab:
C. Benar, teknik tersebut bukan catatan anekdot
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 12 Evaluasi Pengembangan Sosial Emosional Anak di Taman Kanak-Kanak KB- 2 Teknik Evaluasi Pengembangan Sosial
49. Aktivitas pembiasaan yang dapat dilakukan dalam pengembangan karakter anak usia dini dapat diarahkan untuk mencapai 9 pilar karakter yang disampaikan oleh Megawangi, diantaranya sebagai berikut, kecuali ....
A. cinta Tuhan dan kebenaran
B. tanggung jawab, kedisiplinan dan kemandirian
C. kasih sayang, kepedulian dan kerjasama
D. hormat, konservatif dan rendah diri
Jawab:
D. Benar, hormat, konservatif dan rendah diri tidak termasuk dalam sembilan pilar karakter
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 12 Evaluasi Pengembangan Sosial Emosional Anak di Taman Kanak-Kanak KB- 3 Evaluasi Pengembangan Karakter Anak TK
50. Lisa (3 tahun) tiba-tiba membuka tas milik Desi (3 tahun) tanpa minta izin siempunya tas. Ibu guru menegur Lisa dan Lisa menjawab bahwa dia membuka tas itu untuk mencari mainan yang kemarin dibawa Desi. Kemudian Ibu guru mengatakan pad Lisa agar meminta izin dulu sebelum membuka tas milik Desi. Tindakan Ibu Lisa tersebut dilakukan untuk mengevaluasi karakter anak dalam hal....
A. hormat dan sopan santun anak
B. kejujuran anak
C. kedermawanan anak
D. kepercayaan diri anak
Jawab:
B. benar, ilustrasi tersebut merupakan contoh menilai kejujuran anak
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 12 Evaluasi Pengembangan Sosial Emosional Anak di Taman Kanak-Kanak KB- 3 Evaluasi Pengembangan Karakter Anak TK
Sudah selayaknya Anda mulai mempelajari soal-soal ini, karena akan sangat merugikan Anda selaku Mahasiwa jika nilai yang Anda dapatkan tidak memuaskan, bahkan mengharuskan Anda untuk mengulang kembali mata kuliah tersebut. Waktu yang tidak memadai serta kesibukan Mahasiswa akan sangat sulit dalam memahami semua materi pada modul, untuk itu dengan mempelajari soal-soal ini setidanya Anda bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi dan mengikuti ujian akhir semester nantinya.
Sekian artikel kami terkait soal ujian UT PGPAUD PAUD4103 Metode Pengembangan Sosial Emosional untuk mahasiswa jrusan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini semester 1. Jika Anda mengalami kesulitan dalam menemukan soal yang Anda buruhkan, serta jika ada hal yang ingin Anda tanyakan, jangan sungkan untuk menghubungi kami melalui halaman Contact, kami akan segera mungkin untuk membalas pertanyaan Anda. Dan jangan lupa untuk berbagi artikel dan merekomendasikan blog soal uas ut ini pada teman kuliah Anda yang lainnya, sekian dan terima kasih.
Seperti yang telah kami sampaikan pada setiap postingan kami bahwa, Anda bisa memelajari soal-soal yang kami bagikan secara offline maupun online. Karena dalam hal ini kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawaban, bahkan pembahasan terkait soal tersebut juga kami sertakan. Jadi Anda akan dimudahkan untuk mempelajarinya secara online, dan kami juga tahu bahwa tak semua atau mungkin Anda lebih suka mempelajari soal secara offline, menyimpan kemudian print soal tersebut dan mempelajarinya. Untuk itu kami juga telah menyiapkan soal-soal ini dalam bentuk file dokumen PDF yang mana bisa Anda download atau unduh secara langsung pada link dibagikan akhir soal ini.
Soal Ujian UT PGPAUD Semester 1 lainnya:
- Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4101 Metode Pengembangan Kognitif
- Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4102 Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama
- Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4103 Metode Pengembangan Sosial Emosional
- Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4104 Psikologi Perkembangan Anak
Soal-soal UT PGPAUD Semester 1 yang kami posting ini tentu akan sangat membantu Anda dalam memahami setiap materi pada modul. Dengan mempelajari soal-soal yang telah ada kunci jawaban dan pembahasan soal untuk Anda yakinkan lagi kebenaran jawabannya pada modul akan sangat membantu Anda dalam menyiapkan diri untuk menghadapi ujian akhir semester nantinya.
Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4103 Metode Pengembangan Sosial Emosional Beserta Kunci Jawaban
Pada umumnya semua soal yang akan keluar pada waktu ujian akhir semester nantinya baik itu mahasiswa pendas maupun non pendas tak akan lepas dari materi yang ada pada modul. Jadi kemungkinan akan keluarnya soal-soal yang sama yang Anda pelajari pada soal ini. Untuk melihat semua soal terkait mahasiswa UT jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) untuk semua semester dari semester 1 sampai semester 9, Anda bisa langsung menuju ke artikel kami Soal Ujian UT PGPAUD.Berikut ini kami bagikan khusus untuk Anda Mahasiswa Universitas Terbuka jurusan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang sedang menempuh pendidikan pada semester 1 terkait Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4103 Metode Pengembangan Sosial Emosional lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan soalnya.
Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4103
1. Goleman menyatakan bahwa emosi adalah suatu keadaan yang merujuk pada hal-hal berikut, kecuali....A. suatu perasaan atau pikiran khas anak
B. suatu keadaan biologis dan psikologis
C. serangkaian kecenderungan untuk bertindak
D. serangkaian keinginan individu untuk berpikir
Jawab:
D. Jawaban benar karena emosi tidak merujuk pada serangkaian keinginan individu untuk berpikir
Pembahasan:
materi ini terdapat dalam Modul 1 Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia TK Kegiatan Belajar 1 tentang Perkembangan Emosi Anak Usia TK khususnya pengertian emosi
2. Ketika individu melihat atau mengalami suatu peristiwa, maka hal tersebut dalam mekanisme emosi menurut Rosenblum termasuk dalam tahap....
A. receptors
B. elicitors
C. state
D. ekspression
Jawab:
B. Tepat sekali Jawaban Anda, tahap elicitors adalah tahap ketika individu melihat atau mengalami suatu peristiwa
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul 1 Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia TK Kegiatan belajar 1 tentang Perrkembangan Emosi Anak Usia TK, yaitu tentang mekanisme emosi
3. Anak-anak yang bermain dalam satu ruangan namun mereka tidak saling mengganggu atau memerhatikan termasuk dalam tahapan bermain....
A. sebagai penonton
B. soliter
C. paralel
D. asosiatif
Jawab:
B. Tepat sekali Jawaban Anda, tahap elicitors adalah tahap soliter adalah ketika anak bermain bersama tapi tidak saling memerhatikan
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam Modul 1, Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia TK KB-2 Perkembangan Sosial Anak Usia TK, yaitu tentang pengembangan sosial melalui tahapan bermain sosial
4. Salah satu tahap pembentukan karakter anak dapat dilakukan dengan menstimulasi rasa keindahan. Fungsi stimulasi terhadap rasa keindahan ini adalah untuk....
A. menghaluskan budi pekerti
B. meningkatkan rasa empati anak
C. mengembangkan moral kemasyarakatan
D. menumbuhkan rasa percaya diri
Jawab:
A. Jawaban benar, Fungsi stimulasi terhadap rasa keindahan ini adalah untuk menghaluskan budi pekerti
Pembahasan:
Materi tersebut terdapat dalam Modul 1 Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia TK KB-3 Perkembangan Karakter pada Anak Usia TK khususnya tahapan pembentukan karakter
5. Rasa marah pada anak sering muncul sebagai reaksi terhadap frustrasi, sakit hati atau merasa terancam. Rasa marah yang muncul bisa dalam bentuk verbal atau agresi. Rasa marah semacam ini termasuk marah yang bersifat....
A. terhambat
B. eksploratif
C. transaktif
D. impulsif
Jawab:
D. Jawaban benar, impulsif adalah rasa marah yang muncul bisa dalam bentuk verbal atau agresi
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul 2 Karakteristik Perkembangan Emosi Anak Usia TK KB-1 Karakteristik Perkembangan Emosi Anak Usia TK tentang reaksi emosi pada anak
6. Dalam penerimaan sosial, anak usia kelas 2 atau 3 SD memiliki harapan yang sama, melakukan kegiatan bersama-sama dan memiliki kedekatan yang cukup baik terhadap teman sebayanya. Tahap ini termasuk dalam....
A. An Emphatic Stage
B. A Reward Cost Stage
C. A Non-Normative Stage
D. A Normative Stage
Jawab:
B. Jawaban benar, anak usia kelas 2-3 SD berada pada tahap A Reward Cost Stage
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat pada Modul 2 Karakteristik Perkembangan Emosi Anak Usia TK KB-2 Karakteristik Perkembangan SosialAnak Usia TK tentang tahapan penerimaan sosial
7. Karakteristik perkembangan anak pada usia 0-2 tahun, salah satunya adalah bahwa anak...
A. membangun rasa positif thinking terhadap lingkungannya
B. membutuhkan cinta dan kasih sayang orang dewasa di sekitarnya
C. mulai merasa memiliki kepercayaan diri
D. memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya
Jawab:
B. Jawaban benar, salah satu karakteristik anak usia 0-2 tahun adalah membutuhkan cinta dan kasih sayang orang dewasa di sekitarnya
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam Modul 2 Karakteristik Perkembangan Emosi Anak Usia TK KB-3 Karakteristik Perkembangan Karakter Anak Usia TK tentang karakteristik per-kembangan Karakter Anak Usia TK
8. Pendidik perlu mengetahui cara yang mudah untuk mengenali gejala emosi dan perilaku sosial anak dan dampaknya bagi anak. Tujuan mengetahui hal tersebut adalah untuk mengambil tindakan….
A. proaktif dan antipatif
B. deaktif dan provokatif
C. prefentif dan interventif
D. transaktif dan pratransaktif
Jawab:
C. Jawaban benar, tujuan pendidik mengetahui dan mengenali gejala emosi dan perilaku sosial adalah untuk mengambil tindakan prefentif dan interventif
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 3 Keterkaitan Perkembangan Sosial Emosional dengan Perkembangan Lainnya KB-1 Keterkaitan Perkembangan Sosial Emosional dengan Fisik, Mental dan Psikologis Anak
9. Pendidik harus mendampingi perkembangan sosial emosional anak ke arah yang sesuai dengan harapannya, caranya yaitu dengan ....
A. menunjukkan semua perilaku baik dan tidak baik
B. menghindari tekanan emosi negatif pada anak
C. bekerjasama dengan orang lain dan lingkungan guna menekan emosi buruk
D. memproteksi anak sedemikian rupa dari pengaruh negatif
Jawab:
B. Benar, perkembangan sosial emosional anak harus didampingi dengan cara menghindari tekanan emosi negatif pada anak
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 3 Keterkaitan Perkembangan Sosial Emosional dengan Perkembangan Lainnya KB-1 Keterkaitan Sosial Emosional anak dengan aktivitas dan kehidupannya
10. Anak ditekankan untuk ”selalu bisa” dalam setiap bidang pengembangan sehingga terkesan anak dipaksa untuk belajar. Hal ini merupakan penerapan metode ....
A. heart start
B. mind start
C. head start
D. logic start
Jawab:
C. Benar, metode headstart menerapkan pendidikan agar anak “selalu bisa”
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam Modul 3 Keterkaitan Perkembangan Sosial Emosional dengan Perkembangan Lainnya KB-3 Keterkaitan Perkembangan Karakter dengan aktivitas dan kehidupannya yaitu tentang layanan pendidikan yang berorientasi headstart (otak kiri) dengan heartstart (otak kanan)
11. Faktor yang dianggap dapat menunjang keberhasilan seseorang yang terkait dengan karakter adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. jujur dan dapat diandalkan
B. dapat menerima dan menjalankan kewajiban
C. dapat bekerja mandiri dengan kontrol terbatas
D. sabar, rajin beribadah dan intelektual tinggi
Jawab:
D. Jawaban benar, karena faktor intelektual tidak terkait dengan karakter
Pembahasan:
Materi dalam soal ini terdapat dalam Modul 3 Keterkaitan Perkembangan Sosial Emosional dengan Perkembangan Lainnya KB-3 Keterkaitan Perkembangan Karakter dengan aktivitas dan kehidupannya yaitu tentang membangun keselarasan hubungan karakter dengan aktivitas dan kehidupan
12. Perkembangan emosi anak dapat dipengaruhi oleh keadaan di dalam diri individu, diantaranya adalah....
A. usia, fisik, inteligensi dan jender
B. fisik, usia,inteligensi dan budaya
C. jender, fisik, ekonomi dan inteligensi
D. usia, potensi, interigensi dan sebaya
Jawab:
A. Jawaban benar, keempat hal tersebut terdapat di dalam diri individu
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam Modul 4 Faktor dan Kondisi yang Mempengaruhi Sosial, Emosional dan Karakter Anak KB-1 Faktor Pendukung dan Penghambat Perkembangan Sosial emosional Anak yaitu tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak
13. Andri (6 tahun) seka membawa makanan ringan dengan jumlah yang banyak untuk dibagi-bagikan kepada teman-teman sekelasnya. Perilaku Andri ini secara tidak langsung meniru sikap ibunya yang suka memasak dan membagikan hasil masakannya pada para tetangga. Ilustrasi tersebut menggambarkan bahwa perkembangan sosial anak dipengaruhi oleh ingkungan keluarga, yaitu....
A. status sosial ekonomi keluarga
B. keutuhan keluarga
C. sikap dan kebiasaan orang tua
D. kelekatan dengan anggota keluarga
Jawab:
C. Jawaban benar, ilustrasi menggambarkan pengaruh sikap dan kebiasaan orang tua terhadap perkembangan sosial
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat Modul 4 Faktor dan Kondisi yang Mempengaruhi Sosial, Emosional dan Karakter Anak KB-1 Faktor Pendukung dan Penghambat Perkembangan Sosial emosional Anak tentang berbagai faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial anak
14. Salah satu kondisi fisik yang memengaruhi perkembangan sosial emosional adalah....
A. kesehatan yang buruk
B. ketegangan hubungan antara orang tua dan anak
C. tingkat intelektual di bawah rata-rata
D. sikap orang tua dalam mendidik anak
Jawab:
A. Jawaban benar, kesehatan yang buruk termasuk dalam kondisi fisik
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam Modul 4 Faktor dan Kondisi yang Mempengaruhi Sosial, Emosional dan Karakter Anak KB-2 Kondisi pendukung dan Penghambat Perkembangan social emosional anak tentang kondisi yang mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak
15. Guru PAUD harus mampu menciptakan kondisi yang ideal agar perkembangan sosial emosional anak berkembang secara optimal. Kondisi ideal tersebut merupakan kondisi yang dapat membantu anak untuk ....
A. belajar di Lembaga PAUD secara regular
B. melakukan semua kegiatan dengan teratur
C. melakukan interaksi sosial
D. berkembang tanpa hambatan
Jawab:
C. Jawaban benar, Kondisi ideal adalah kondisi yang dapat membantu anak untuk melakukan interaksi sosial
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 4 Faktor dan Kondisi yang Mempengaruhi Sosial, Emosional dan Karakter Anak KB-2 Kondisi pendukung dan Penghambat Perkembangan social emosional anak tentang kondisi ideal bagi perkembangan sosial emosional anak
16. Ketika melihat ada pengemis di tepi jalan, Effie langsung meminta uang pada ibunya untuk diberikan pada pengemis tersebut karena dia merasa kasihan. Ibu Effie merasa tidak pernah mengajari effie tentang tindakan tersebut. Ilustrasi tersebut menggambarkan perkembangan karakter Effie dipengaruhi oleh faktor....
A. internal
B. eksternal
C. penghargaan sekitar
D. pengaruh orang tua
Jawab:
A. Jawaban benar, tindakan Effie dipengaruhi faktor internal
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam Modul4 Faktor dan Kondisi yang Mempengaruhi Sosial, Emosional dan Karakter Anak KB-3 Kondisi pendukung dan Penghambat Perkembangan karakter Anak pemikiran para tokoh tentang pembela-jaran anak usia TK
17. Berikut ini merupakan beberapa contoh perilaku yang diakibatkan oleh kompleksitas kehidupan yang dihadapi oleh anak-anak, kecuali ....
A. perilaku kesepian dan pemurung
B. perilaku rendahnya sopan santun
C. anak yang pencemas dan gugup
D. anak yang sopan dan disiplin
Jawab:
D. Jawaban benar, anak yang sopan dan disiplin merupakan contoh yang salah
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 5 Pentingnya Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia TK KB-1 Mengapa Sosial Emosional perlu dikembangkan tentang alasan pentingnya pengembangan sosial emosional pada anak TK
18. Kecerdasan emosi memiliki arti sebagai kualitas-kualitas emosi yang penting dalam pencapaian suatu keberhasilan. Kualitas tersebut meliputi beberapa indikator berikut ini, kecuali....
A. memiliki kemampuan untuk menghargai diri sendiri
B. empati yang melibatkan perasaan orang lain
C. kemampuan dalam mengungkapkan dan memahami perasaan
D. mampu mengalokasikan rasa marah
Jawab:
A. Jawaban benar, memiliki kemampuan untuk menghargai diri sendiri termasuk indikator kecerdasan emosi
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam Modul 5 Pentingnya Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia TK KB-2 Pengembangan Kecerdasan Sosial Emosional Anak yaitu tentang batasan kecerdasan terkait dengan sosial emosional pada anak TK
19. Menurut John Locke, anak ketika dilahirkan diibaratkan seperti kertas putih yang masih kosong. Akan seperti apa bentuk akhirnya tergantung pada cara kertas tersebut ditulisi. Arti dari penyataan tersebut adalah bahwa faktor yang paling menentukan dalam perkembangan anak adalah....
A. potensi dan kemauan
B. pengalaman dan lingkungan
C. intelektual dan emosional
D. harapan individu dan pengaruh orang tua
Jawab:
B. Jawaban benar, faktor yang paling menentukan adalah pengalaman dan lingkungan
Pembahasan:
Materi terdapat dalam Modul 5Pentingnya Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia TK KB-3 Peran pematangan dan belajar pada perkembangan sosial emosional anak
20. Anak usia dini suka sekali melakukan suatu kegiatan secara berulang-ulang meskipun beberapa kali dia gagal melakukannya namun dia tak pernah bosan mencoba dan mencoba lagi. Cara tersebut dalam mendapatkan pengalaman sosial dikenal dengan....
A. imitasi
B. conditioning
C. convergensi
D. trial and error
Jawab:
D. Jawaban benar, cara anak tersebut termasuk dalam trial and error
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 5 Pentingnya Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia TK KB-3 Peran pematangan dan belajar pada perkembangan sosial emosional anak yaitu cara anak mendapatkan pengalaman sosial
21. Pelaksanaan pendidikan di lembaga PAUD harus berorientasi pada Developmentally Appropripate Practices (DAP) yang salah satu prinsipnya adalah mengembangkan kemampuan anak secara terpadu karena ....
A. perkembangan anak berlangsung secara bervariasi
B. semua aspek perkembangan anak saling terkait
C. pengalaman awal anak memiliki kontribusi langsung maupun tidak langsung
D. perkembangan anak terjadi dalam urutan yang relatif teratur
Jawab:
B. Jawaban benar, karena semua aspek perkembangan anak saling terkait
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam Modul 6 prinsip Pengembangan Sosial Emosional Anak KB 1 Pengembangan Sosial Emosional berdasarkan pada Perkembangan Anak (DAP)khusunya perkebangan sosial emosional anak berdasarkan DAP
22. Contoh salah satu kegiatan pengembangan yang berdasarkan DAP adalah ”bergiliran”. Kemampuan yang ingin ditingkatkan dalam kegiatan ini adalah anak ....
A. belajar bergabung dalam suatu kelompok kecil dengan sikap positif
B. belajar memberi kesempatan pada orang lain
C. berusaha memecahkan masalahnya melalui diskusi
D. berbagi perasaan dan pandangan hingga menghindari perselisihan
Jawab:
B. Jawaban benar, dalam bergiliran, anak belajar memberi kesempatan pada orang lain
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 6 Prinsip Pengembangan Sosial Emosional Anak KB 1 Pengembangan Sosial Emosional berdasarkan pada Perkembangan Anak (DAP) khusunya tentang contoh penerapan rambu-rambu dalam pengembangan rancangan DAP
23. Salah satu alasan penting mengapa guru harus menerapkan prinsip holistik dalam kegiatan pengembangan bagi anak usia dini adalah....
A. setiap guru biasanya menangani anak dengan jumlah dan kemampuan yang berbeda-beda
B. guru memiliki kemampuan yang beragam terkait dengan didaktik metodiknya
C. setiap guru memiliki kemampuan dan pandangan yang berbeda tentang suatu kegiatan
D. guru harus dapat menstimulasi setiap fokus perkembangan anak karena terkait antara satu dengan lainnya
Jawab:
D. Benar, guru harus mampu menstimulasi setiap fokus perkembangan anak terkait antara satu dengan lainnya merupakan alasan penerapan prinsip holistik
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 6 Prinsip Pengembangan Sosial Emosional Anak KB-2 Prinsip Pengembangan Sosial Emosional Secara Menyeluruh (Holistik)
24. Ketika seorang anak belajar untuk mencoba berbagai contoh perilaku dasar lalu guru mencoba menggali dan meminta anak untuk mengembangkannya lebih luas lagi maka pada saat itu dalam pengembangan sosial emosional secara holistik sedang diterapkan prinsip....
A. pendidikan sesuai lingkungan fisik, psikologi dan budaya
B. terpenuhinya kebutuhan fisik dan psikologik
C. kegiatan merangsang seluruh indra dan gaya belajar anak
D. menekankan pada belajar untuk belajar
Jawab:
D. Benar, contoh tersebut menggambarkan prinsip menekankan pada belajar untuk belajar
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 6 Prinsip Pengembangan Sosial Emosional Anak KB-2 Prinsip Pengembangan Sosial Emosional Secara Menyeluruh (Holistik)
25. Kegiatan pengembangan yang menerapkan pendekatan berdasarkan ide-ide pokok atau ide-ide sentral tentang anak dan lingkungannya termasuk pengertian pembelajaran ....
A. dengan sistem holistik
B. berbasis tema
C. berbasis perkembangan
D. berbasis budaya dan minat
Jawab:
B. Benar, Kegiatan pengembangan tersebut adalah pembelajaran berbasis tema
Pembahasan:
Materi dalam soal ini terdapat pada Modul 7 Cara Terpadu Pengembangan Sosial Emosional Anak KB-1 Pengembangan sosial emosional anak melalui pendekatan terpadu yaitu tentang cara pengembangan sosial emosional anak melalui pendekatan terpadu
26. Jika guru ingin menerapkan tema ”Buah mangga” maka kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengembangkan aspek perkembangan anak diantaranya adalah sebagai berikut kecuali ....
A. membuat bentuk ”buah mangga” dengan playdough
B. bercerita tentang manfaat buah mangga
C. membuatasinan buah mangga
D. praktik langsung makan buah mangga
Jawab:
C. Benar, membuat asinan dari buah mangga termasuk kegiatan yang tidak perlu diajarkan pada anak usia dini
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 7 Cara Terpadu Pengembangan Sosial Emosional Anak KB-1 Pengembangan social emosional anak melalui pendekatan terpadu tentang contoh penerapan pembelajaran berbasis tema
27. Kegiatan pengembangan sosial emosional yang dilakukan setiap hari baik secara langsung maupun diintegrasikan dalam kegiatan pengembangan lainnya termasuk dalam pengembangan yang dilakukan melalui kegiatan ....
A. rutin
B. spontan
C. terprogram
D. keteladanan
Jawab:
A. Benar, kegiatan pengembangan yang dilakukan setiap hari termasuk dalam kegiatan rutin
Pembahasan:
Materi soal terdapat dalam modul 7 Cara Terpadu Pengembangan Sosial Emosional Anak KB-2 Pengembangan social emosional melalui kegiatan rutin, terprogram, spontan dan keteladanan
28. Anak-anak kelompok A TK Budaya sedang bermain menirukan gerakan binatang dambil bernyanyi di dalam kelasdipimpin oleh Ibu Dewi. Tiba-tiba hujan turun dan beberapa anak berlarian ke jendela untuk melihatnya. Memperhatikan hal tersebut, Ibu Dewi langsung mengajak semua anak-anak untuk ke jendela dan menjelaskan bertanya jawab tentang hujan. Kejadian tersebut termasuk contoh pelaksanaan kegiatan melalui kegiatan ....
A. rutin
B. spontan
C. terprogram
D. keteladanan
Jawab:
B. Benar, kegiatan tersebut merupakan contoh kegiatan spontan
Pembahasan:
Materi soal terdapat dalam modul 7 Cara Terpadu Pengembangan Sosial Emosional Anak KB-2 Pengembangan social emosional melalui kegiatan rutin, terprogram, spontan dan keteladanan
29. Salah satu hal yang harus diperhatikan anak dalam upaya pengembangan emosi yang sehat adalah ia harus belajar menjadi pemimpin, menjadi anggota dan cara belajar berbagi dengan orang lain. Hal tersebut termasuk dalam kebutuhan untuk....
A. memperoleh kesempatan untuk mandiri, membuat keputusan dan mencoba lagi jika gagal
B. memiliki rasa aman dalam menjalin hubungan dengan orang lain
C. memiliki kepercayaan pada dirinya sendiri
D. mendapatkn rasa cinta dan kasih sayang dari orang-orang di sekitarnya
Jawab:
A. Benar, hal itu termasuk kebutuhan memperoleh kesempatan untuk mandiri, membuat keputusan dan mencoba lagi jika gagal
Pembahasan:
Materi soal terdapat dalam modul 8 Strategi Pengembangan Emosi pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-1 Sasaran Pengembangan Emosi di TK
30. Anak usia dini perlu dilatih untuk menunggu giliran atau bersabar guna mendapatkan giliran. Ilustrasi ini dalam materi pengembangan emosi anak usia dini termasuk dalam materi ....
A. harapan dan masa depan
B. cinta dan kasih sayang
C. pengendaian emosi
D. penanaman emosi
Jawab:
C. Benar, menunggu giliran atau bersabar guna mendapatkan giliran termasuk materi pengendalian emosi
Pembahasan:
Materi soal terdapat dalam modul 8 Strategi Pengembangan Emosi pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-1 Sasaran Pengembangan Emosi di TK
31. Ibu Linda sering mengadakan kegiatan yang memungkinkan anak bekerja dalam kelompok. Kegiatan ini bertujuan agar anak dapat bekerja sama dan mengenal teman-temannya. Kegiatan yang dilakukan Ibu Linda termasuk dalam strategi untuk mengembangkan kemampuan ....
A. mengenali emosi
B. memahami perasaan orang lain
C. mengelola dan mengekspresikan emosi
D. membina hubungan dengan orang lain
Jawab:
D. Benar, kegiatan tersebut termasuk strategi mengembangkan kemampuan membina hubungan dengan orang lain
Pembahasan:
Materi dalam soal ini terdapat pada Modul 8 Strategi Pengembangan Emosi pada Anak Usia TK KB-1 Sasaran Pengembangan Emosi di TK
32. Untuk melatih kemampuan anak dalam mengenali emosinya sendiri dan untuk menenangkan diri dengan menggunakan musik dengan berbagai genre. Kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan menerapkan metode....
A. bernyanyi dan bermain musik
B. bermain dengan hand puppet
C. bercerita dengan buku
D. latihan relaksasi dan meditasi dengan musik
Jawab:
D. Benar, Kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan menerapkan metode latihan relaksasi dan meditasi dengan musik
Pembahasan:
Pelajari materi dalam Modul 8 Strategi Pengembangan Emosi pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-2 Metode pengembangan Emosi di Taman Kanak-Kanak
33. Hari ini Ibu Susi berencana akan mengajak anak-anak mendengarkan musik lembut sambil berbaring di lantai kelas dengan mata tertutup. Kegiatan ini dilakukan sebagai kegiatan penutup. Ilustrasi itu menggambarkan rancangan kegiatan ....
A. demonstrasi
B. relaksasi
C. bercerita
D. gerak dan lagu
Jawab:
B. Benar, Ilustrasi tersebut menggambarkan rancangan kegiatan relaksasi
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam Modul 8 Strategi Pengembangan Emosi pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-2 Metode pengembangan Emosi di Taman Kanak-Kanak, yaitu merancang kegiatan pengembangan sosial emosional untuk AUD
34. Sasaran pengembangan keterampilan sosial untuk bayi yang baru lahir adalah memperkuat ikatan ibu dan bayi melalui....
A. interaksi yang penuh perhatian, intensif dan kehangatan
B. penonjolan respon orang tua terhadap perilaku bayi
C. latihan mencium tangan orang yang lebih tua
D. mendorong anak untuk bermain dengan anak lain
Jawab:
A. Benar, untuk memperkuat ikatan ibu dan bayi dapat dilakukan melalui interaksi yang penuh perhatian, intensif dan kehangatan
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam Modul 9 Strategi Pengembangan Sosial pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-1 Sasaran pengembangan social pada anak usia Taman Kanak-Kanak
35. Latihan sosial pada anak harus dimulai dari lingkungan rumah. Orang tua harus dapat membuat anak-anak nyaman dalam bersosialisasi dengan cara ....
A. menyiapkan materi keterampilan sosial secara nyata
B. memberi latar belakang kehidupan yang aman dan penuh cinta
C. mendampingi anak sepanjang waktu
D. merubah tatanan lingkungan rumah secara berkala
Jawab:
B. Benar, memberi latar belakang kehidupan yang aman dan penuh cinta dapat membuat anak nyaman bersosialisasi
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 9 Strategi Pengembangan Sosial pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-1 Sasaran pengembangan social pada anak usia Taman Kanak-Kanak khususnya tentang prinsip-prinsip latihan sosial bagi anak di Taman Kanak-Kanak
36. Orang tua dewi (4 tahun) memiliki kekmampuan ekonomi yang sangat baik. Mereka tinggal di lingkungan perumahan mewah. Namun sayangnya ayah dan ibu Dewi hampir setiap hari bertengkar karena mereka terlalu lelah bekerja di luar rumah. Hal ini membuat Dewi menjadi minder dan takut jika bertemu dengan orang dewasa lainnya. Ilustrasi tersebut menggambarkan betapa pentingnya orang tua....
A. melindungi anak dari orang dewasa lain di luar rumah
B. bertengkar di depan anak, agar anak mengetahui masalah yang dihadapi orang tua
C. memberi latar belakang kehidupan yang aman dan penuh cinta
D. memiliki rumah mewah dan megah
Jawab:
C. Benar, seharusnya orang tua memberi latar belakang kehidupan yang aman dan penuh cinta
Pembahasan:
Materi soal terdapat dalam modul 9 Strategi Pengembangan Sosial pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-1 Sasaran pengembangan social pada anak usia Taman Kanak-Kanak khususnya strategi pengembangan sosial anak
37. Metode dalam pengembangan keterampilan sosial yang memungkinkan anak-anak usia dini dapat mengenal dan berinteraksi dengan teman sebayanya adala....
A. mengelompokkan anak
B. belajar berbagi
C. bermain soliter
C. keteladanan dan peniruan
Jawab:
A. Benar, melalui pengelompokan, anak dapat saling mengenal dan berinteraksi dengan teman sebayanya
Pembahasan:
Materi terdapat dalam modul 9 Strategi Pengembangan Sosial pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-2 Metode pengembangan social pada Anak usia Taman Kanak-Kanak
38. Setiap pagi, Ibu Lina menyambut anak-anak di depan gerbang sekolah. Dia selalu menyalami anak-anak dan orang tuanya serta menyambut dengan ramah. jika ada anak yang tidak mau menyalaminya maka Ibu Lina akan mengatakan ”Nihh... Ibu guru saja salam sama mama kamu, nah kamu juga salam yaaa sama ibu guru...” Ilustrasi tersebut menggambarkan salah satu metode pengembangan sosial anak usia dini yaitu....
A. belajar berbagi
B. pengelompokkan anak
C. bermain kooperatif
D. keteladanan dan peniruan
Jawab:
D. Benar, Contoh itu termasuk metode keteladanan dan peniruan
Pembahasan:
Materi soal terdapat dalam modul 9 Strategi Pengembangan Sosial pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-2 Metode pengembangan sosial pada Anak usia Taman Kanak-Kanak tentang contoh penerapannya
39. Batasan pengembangan karakter pada anak usia dini menurut Gordon Vessels dan William Huit adalah berikut ini, kecuali....
A. pengembangan rasa tanggung jawab
B. peningkatan kapasistas untuk disiplin
C. pengakuan karakter pribadi dan ide seseorang
D. pembebasan nilai-nilai, tujuan dan etis
Jawab:
D. Benar, pembebasan nilai-nilai, tujuan dan etis termasuk batasan pengembangan karakter pada anak usia dini
Pembahasan:
Materi terdapat dalam modul 10 Strategi Pengembangan Karakter pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB 1 Sasaran pengembangan Karakter pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak khususnya tentang batasan ssarannya
40. Andi selalu mengucapkan salam saat bertemu dengan orang lain baik teman sebaya maupun dengan orang dewasa. Saat ada temannya yang tidak menjawab salamnya, Andi menegurnya dan mengatakan “kenapa kamu tidak menjawab salamku?”. Perilaku Andai tersebut termasuk salah satu sasaran pengembangan karakter yaitu dalam hal....
A. compassion
B. respect
C. excellence
D. fidelity
Jawab:
B. Benar, respect adalah memperlakukan orang lain sebagaimana dia ingin diperlakukan oleh orang lain
Pembahasan:
Materi soal terdapat dalam modul 10 Strategi Pengembangan Karakter pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak M-1 Sasaran pengembangan Karakter pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak,yaitu pemberian contoh sasaran pengembangan karakter
41. Dalam menentukan metode pengembangan karakter anak usia dini terdapat tahap persiapan yang salah satunya adalah menilai kebutuhan masyarakat tentang....
A. tuntutan dan kebutuhan karakter yang ingin dikembangkan pada anak
B. identifikasi jumlah anak dan keluarga yang sudah berkarakter baik
C. pengalaman belajar yang diharapkan akan didapat anak didik
D. kemampuan yang telah dimiliki oleh anak didik sebelum mengikuti pendidikan karakter
Jawab:
A. Benar, menilai kebutuhan masyarakat tentang tuntutan dan kebutuhan karakter yang ingin dikembangkan pada anak
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam Modul 10 Strategi Pengembangan Karakter pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-2 Metode pengembangan karakter pada anak usia Taman Kanak-Kanak tentang langkah-langkah pengembangan karakter
42. Anak-anak kelompok bermain melakukan kegiatan menggosok gigi setiap hari Selasa. Hal ini dilakukan untuk melatih anak-anak menjaga kebersihan dan perawatan dirinya sendiri. Ilustrasi tersebut menggambarkan pengembangan karakter dengan tujuan untuk ....
A. dalam mempertimbangkan perasaan orang lain
B. meningkatkan harga diri yang positif dan kebiasaan sehat
C. menghormati hewan dan alam sekitarnya
D. untuk menghindari situasi berbahaya
Jawab:
B. Jawaban benar, ilustrasi itu menggambarkan tujuan untuk: meningkatkan harga diri yang positif dan kebiasaan sehat
Pembahasan:
Pelajari materi pada modul Modul 10 Strategi Pengembangan Karakter pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-2 Metode pengembangan karakter pada anak usia Taman Kanak-Kanak
43. Afeksi meliputi perasaan kasih saying, kehangatan dan persahabatan yang ditunjukkan pada orang lain. Gangguan yang mungkin timbul akibat kekurangan afeksi antara lain sebagai berikut, kecuali....
A. menyebabkan anak menjadi depresi
B. gagap atau mengalami gangguan berbicara
C. sulit konsentrasi dan mudah teralih perhatiannya
D. berminat terhadap orang lain dan penurut
Jawab:
D. Benar, berminat terhadap orang lain dan penurut tidak termasuk akibat kekurangan afeksi
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat pada modul 11 Permasalahan Sosial Emosional pada Anak Usia TK KB-1 Permasalahan emosi pada anak usia TK
44. Ketika seorang anak tidak mampu bergabung dengan teman-teman di lingkungannya atau dia selalu ditolak oleh anak-anak sebayanya maka anak tersebut sesungguhnya sedang mengalami permasalahan sosial, yaitu....
A. kreatif
B. negativisme
C. maladjustment
D. egosentris
Jawab:
C. Benar, ciri-ciri tersebut termasuk dalam maladjustment
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 11 Permasalahan Sosial Emosional pada Anak Usia TK KB-2 Permasalahan social pada anak Taman Kanak-Kanak
45. Pada saat sekarang ini, banyak orang tua yang menginginkan anak-anak mereka menguasai banyak keterampilan atau nilai yang tinggi atau untuk selalu berprestasi sehingga mereka melakukan berbagai upya untuk mewujudkannya. Hal itu menjadi permasalahan dalam pengembangan karakter anak usia dini, yaitu masalah....
A. harapan orang tua
B. kemampuan orang tua
C. permasalahan dalam diri orang tua
D. kebijaksanaan orang tua
Jawab:
A. Benar, hal itu termasuk harapan orang tua
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul 11 Permasalahan Sosial Emosional pada Anak Usia TK KB-3 Permasalahan dalam pengembangan karakter pada anak usia TK
46. Jika orang tua salah menerapkan pola pengasuhan bagi anak-anaknya maka akan berdampak pada ketidakstabilan emosi, yang meliputi hal berikut ini kecuali ....
A. tidak tahan terhadap stress
B. mudah tersinggung
C. sifat tidak dapat diprediksi
D. intelektual rendah
Jawab:
D. Benar, intelektual rendah bukan ketidakstabilan emosi
Pembahasan:
Materi modul ini terdapat dalam modul 11 Permasalahan Sosial Emosional pada Anak Usia TK KB-3 Permasalahan dalam pengembangan karakter pada anak usia TK
47. Salah satu tujuan mengevaluasi anak usia dini adalah untuk mengetahui apakah anak....
A. lebih baik bila dibandingkan dengan anak-anak lainnya
B. sudah bisa lulus atau naik kelas
C. memerlukan bantuan atau layanan khusus
D. sudah mencapai harapan dari guru
Jawab:
C. Benar, memerlukan bantuan atau layanan khusus bukan tujuan mengevaluasi anak usia dini
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 12 Evaluasi Pengembangan Sosial Emosional Anak di Taman Kanak-Kanak KB- 1 Karakteristik Evaluasi Pendidikan di Taman Kanak-Kanak
48. Proses mendokumentasikan kegiatan atau perilaku khusus atau yang luar biasa baik posistif maupun negatif yang teramati yang dituangkan berupa catatan ringkas merupakan salah satu teknik evaluasi, yaitu....
A. ceklis
B. Portofolio
C. catatan anekdot
D. observasi
Jawab:
C. Benar, teknik tersebut bukan catatan anekdot
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 12 Evaluasi Pengembangan Sosial Emosional Anak di Taman Kanak-Kanak KB- 2 Teknik Evaluasi Pengembangan Sosial
49. Aktivitas pembiasaan yang dapat dilakukan dalam pengembangan karakter anak usia dini dapat diarahkan untuk mencapai 9 pilar karakter yang disampaikan oleh Megawangi, diantaranya sebagai berikut, kecuali ....
A. cinta Tuhan dan kebenaran
B. tanggung jawab, kedisiplinan dan kemandirian
C. kasih sayang, kepedulian dan kerjasama
D. hormat, konservatif dan rendah diri
Jawab:
D. Benar, hormat, konservatif dan rendah diri tidak termasuk dalam sembilan pilar karakter
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 12 Evaluasi Pengembangan Sosial Emosional Anak di Taman Kanak-Kanak KB- 3 Evaluasi Pengembangan Karakter Anak TK
50. Lisa (3 tahun) tiba-tiba membuka tas milik Desi (3 tahun) tanpa minta izin siempunya tas. Ibu guru menegur Lisa dan Lisa menjawab bahwa dia membuka tas itu untuk mencari mainan yang kemarin dibawa Desi. Kemudian Ibu guru mengatakan pad Lisa agar meminta izin dulu sebelum membuka tas milik Desi. Tindakan Ibu Lisa tersebut dilakukan untuk mengevaluasi karakter anak dalam hal....
A. hormat dan sopan santun anak
B. kejujuran anak
C. kedermawanan anak
D. kepercayaan diri anak
Jawab:
B. benar, ilustrasi tersebut merupakan contoh menilai kejujuran anak
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 12 Evaluasi Pengembangan Sosial Emosional Anak di Taman Kanak-Kanak KB- 3 Evaluasi Pengembangan Karakter Anak TK
Download Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4103
Seperti yang telah kami sampaikan pada awal postingan ini, bahwa soal ini juga kami siapkan salam bentuk dokumen PDF yang memungkinkan dan memudahkan Anda selaku Mahasiswa untuk menyimpan yang kemudian nanti bisa di print dan dipelajari dirumah. Nah berikut ini kami bagikan link untuk Anda download Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4103 Metode Pengembangan Sosial Emosional lengkap dengan kunci jawabannya serta pembahasan pada setiap soal.Sudah selayaknya Anda mulai mempelajari soal-soal ini, karena akan sangat merugikan Anda selaku Mahasiwa jika nilai yang Anda dapatkan tidak memuaskan, bahkan mengharuskan Anda untuk mengulang kembali mata kuliah tersebut. Waktu yang tidak memadai serta kesibukan Mahasiswa akan sangat sulit dalam memahami semua materi pada modul, untuk itu dengan mempelajari soal-soal ini setidanya Anda bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi dan mengikuti ujian akhir semester nantinya.
Sekian artikel kami terkait soal ujian UT PGPAUD PAUD4103 Metode Pengembangan Sosial Emosional untuk mahasiswa jrusan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini semester 1. Jika Anda mengalami kesulitan dalam menemukan soal yang Anda buruhkan, serta jika ada hal yang ingin Anda tanyakan, jangan sungkan untuk menghubungi kami melalui halaman Contact, kami akan segera mungkin untuk membalas pertanyaan Anda. Dan jangan lupa untuk berbagi artikel dan merekomendasikan blog soal uas ut ini pada teman kuliah Anda yang lainnya, sekian dan terima kasih.