Sunday, 26 February 2017

Soal Ujian UT Manajemen EKMA4567 Perilaku Konsumen Beserta Kunci Jawaban

Soal Ujian UT (Universitas Terbuka) Manajemen EKMA4567 Perilaku Konsumen lengkap dengan kunci jawaban kami share untuk Anda Mahasiswa Universitas Terbuka Non Pendas FEKON (Fakultas Ekonomi) yang sekarang ini sedang menempuh pendidikan pada Semester 5. Pada postingan kami yang lalu, kami telah berbagi Soal Ujian UT Manajemen Semester 5, terakhir kami memposting Soal Ujian UT Manajemen EKMA4369 Manajemen Operasi Jasa. Seperti yang selalu kami sampaikan pada setiap postingan kami bahwa Soal Ujian UT yang kami bagian ini merupaan ringkasan latihan soal mandiri pada setiap modul mata kuliah Anda dan materi yang ada. Soal yang kami bagikan ini tentu sudah dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Jadi Anda sangat dimudahkan sekali, Anda juga bisa mempelajari semua soal ini secara online melalui Handphone Anda, karena dalam hal ini kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabannya.

Dengan adanya Soal Ujian UT Manajemen dan berbagai Soal UT untuk jurusan lainnya baik Pendas maupun Non Pendas yang telah kami sajikan pada blog ini, tentu Anda akan lebih dimudahkan dalam mempelajari isi materi pada modul. Tak hanya soal saja, namun kami juga memposting berbagai hal lainnya terkait tugas dari Mahasiswa UT, seperti Contoh Laporan PKP UT, Contoh Laporan PKM UT dan masih banyak lainnya. Anda juga bia melihat Nilai Ujian UT pada artikel kami sebelumnya, Anda kan dipandu jika masih belum paham bagaimana cara mengecek Nilai Ujian UT.

Soal Ujian UT Manajemen Semester 5 lainnya:

Soal Ujian UT yang kami bagikan ini tak kami pisahkan antara soal dan kunci jawabannya, jadi tentunya Anda sangat mudah sekali dalam mempelajarinya. Anda bisa mempelajari soal ini secara online. Kami juga telah menyiapkan setiap soal dalam bentuk dokumen PDF yang mana Anda bisa mendownload soal ini pada akhir artikel. Dan tak hanya soal saja, Anda juga bisa mengecek Nilai UT pada postingan yang telah kami bagikan sebelumnya, Anda bisa mengecek Nilai UT Pendas maupun Nilai UT Non Pendas.

Soal Ujian UT Manajemen EKMA4567 Perilaku Konsumen

Soal Ujian UT Manajemen EKMA4567 Perilaku Konsumen Beserta Kunci Jawaban

Seperti yang telah kami sampaikan diatas bahwa pada blog Soal UAS UT ini kami tidak hanya berbagi Soal untuk satu jurusan saja, namun kami juga berbagi berbagai soal lainnya untuk jurusan yang berbeda, nah untuk melihat lengkap soal-soal jurusan lainnya, silahkan Anda merujuk ke postingan kami Soal Ujian UT. Soal yang kami bagikan untuk jurusan Manajemen ini tentunya lengkap, mulai dari semester 1 sampai dengan semester 8, untuk melihat daftar lengkap soalnya, Anda bisa menuju artikel kami Soal Ujian UT Manajemen.

Nah berikut ini soal lengkap dari mata kuliah EKMA4567 Perilaku Konsumen lengkap dengan kunci jawaban serta pembahasan soalnya yang bisa Anda pelajari untuk persiapan dalam mengikuti ujian akhir semester nantinya.

Soal Ujian UT Manajemen EKMA4567

1. Studi mengenai perilaku konsumen telah dilakukan oleh para ahli, salah satunya adalah Solomon yang mendefinisikan perilaku konsumen sebagai....
A. perilaku yang diperlihatkan oleh konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka
B. proses pengambilan keputusan dan aktivitas fisik dalam mengevaluasi, memperoleh, menggunakan dan membuang barang atau jasa
C. studi mengenai pembelian dan pertukaran yang terkait dengan memperoleh mengonsumsi dan membuang barang,jasa,pengalaman dan ide-ide
D. studi terhadap proses yang dilalui oleh individu atau kelompok ketika memilih, membeli, menggunakan atau membuang suatu produk, jasa ,ide atau pengalaman untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka
Jawab:
D. Jawaban Anda benar

2. Status sosial, gaya hidup dan kepribadian adalah merupakan pengelompokan konsumen berdasarkan…
A. pskografi
B. geografi
C. demografi
D. perilaku
Jawab:
A. Jawaban Anda benar

3. Merancang produk yang akan ditawarkan, menetapkan harga, dan bagaimana mengkomunikasikan produk serta menentukan cara untuk menyampaikan produk kepada konsumen apakah melalui perantara atau langsung.Hal ini disebut .....
A. rancangan bauran pemasaran
B. segmentasi pasar
C. penetuan target pasar
D. analisis lingkungan pasar
Jawab:
A. Jawaban Anda benar

4. Seorang konsumen yang membeli barang/jasa untuk digunakan sendiri merupakan konsumen....
A. organisasi
B. individu
C. kelompok
D. bisnis
Jawab:
B. Jawaban Anda benar

5. Salah satu proses dalam penyusunan strategi pemasaran adalah…
A. analisis situasi
B. pengaturan pemasaran
C. merancang penawaran
D. mengembangkan pasar
Jawab:
A. Jawaban Anda benar

6. Upaya untuk menciptakan citra produk di benak konsumen antara lain melalui produk murah dan tahan lamA. Kegiatan ini disebut...
A. segmentasi pasar
B. penetuan target pasar
C. analisis lingkungan pasar
D. positioning
Jawab:
D. Jawaban Anda benar

7. Keterlibatan konsumen terjadi ketika suatu produk atau jasa …..
A. lebih mahal
B. lebih murah
C. banyak ditawarkan
D. belum ditawarkan
Jawab:
A. Jawaban Anda benar

8. Pemasangan telepon atau bel di rumah tinggal merupakan contoh dari…..
A. stimulus yang disengaja
B. pemeberi pesan
C. petunjuk
D. intensitas
Jawab:
A. Jawaban Anda benar

9. Motivasi yang digunakan untuk memahami atau menyimpulkan penyebab dari berbagai peristiwa adalah termasuk salah satu pengaruh utama motivasi yang didefinisikan oleh…
A. McClelland
B. McGuire
C. Maslow
D. Ernest Ditcher
Jawab:
B. Jawaban Anda benar

10. Bapak Hamid tiba tiba mengatakan bahwa ia ingin memiliki rumah karena selama ini hanya mengontrak terus, hal ini dalam peran motivasi merupakan contoh dari….
A. kebutuhan fisiologis
B. Kebutuhan rasa aman
C. Kebutuhan untuk mengidentifikasi tujuan
D. kebutuhan ego
Jawab:
C. Jawaban Anda benar

11. Teori keseimbangan menyatakan seseorang mempersepsikan lingkungannya sebagai triads, dimana seseorang memandang dirinya terlibat dalam hubungan segitiga dengan ketiga elemen dalam triad tersebut. Teori ini dinyatakan oleh...
A. Solomon
B. Loudon dan Bitta
C. Fishbein-Ajzen
D. Schiffman dan Kanuk
Jawab:
B. Jawaban Anda benar

12. Pada saat berusia lima tahun Alin tidak suka makan sayur, namun dengan bertambah usia dan pengetahuannya tentang pentingnya makan sayur bagi kesehatan, akhirnya dia jadi suka makan sayur. Dalam karakteristik sikap hal ini merupakan contoh dari ….
A. keyakinan sikap
B. persistensi sikap
C. resistensi sikap
D. intensitas sikap
Jawab:
B. Jawaban Anda benar

13. Nana suka makanan pedas tetapi jika sedang diare dia tidak akan tertarik untuk memakannyA. Dalam karakteristik sikap hal ini merupakan contoh dari ….
A. sikap dan situasi
B. generalisasi sikap
C. sikap dapat dipelajari
D. sikap positif, negative, netral
Jawab:
A. Jawaban Anda benar karena sikap dan situasi adalah sikap seseorang terhadap objek dapat dipengaruhi situasi

14. Seorang Ibu yang baru melahirkan sebenarnya ingin menyusui bayinya dengan ASI, tapi karena suatu hal akhirnya si ibu tidak memberikannyA. Hal ini merupakan contoh dari Teori....
A. disonasi Kognitif dan Harmoni Antar sikap
B. persepsi diri
C. penilaian sosial
D. strategi keterlibatan rendah
Jawab:
A. Jawaban Anda benar

15. Emosi atau perasaan konsumen dalam model tiga komponen disebut …
A. kognitif
B. komponen efektif
C. komponen konatif
D. komponen adaptif
Jawab:
B. Jawaban Anda benar

17. Ratih dan Susi adalah dua orang yang memiliki persamaan dalam hal: usia, pendapatan, serta status perkawinan. Tetapi jika berlibur keduanya akan memilih tempat liburan yang berbeda, misalnya Ratih lebih senang ke Bali dan Susi lebih suka pergi ke EropA. Hal ini mencerminkan adanya perbedaan dalam....
A. kebiasaan
B. hobi
C. kepribadian
D. gaya hidup
Jawab:
D. Jawaban Anda benar

18. Faktor yang menentukan gaya hidup seseorang, adalah....
A. kepribadian
B. kelas sosial
C. gaya hidup
D. hobi
Jawab:
A. Jawaban Anda benar karena kepribadian merupakan kombinasi yang unik dari berbagai faktor karakteristik antara lain kepribadian.

19. Tuti adalah termasuk kaum muda dengan usia 31 tahun. Tuti pekerja keras untuk mencapai kesuksesan dan berjuang untuk mencapai cita- citanyA. Namun terkadang Tuti bersifat materialistik dan sangat ingin memperoleh kenikmatan. Dalam Global Scan Tuti termasuk dalam segmen...
A. Achievers
B. Strivers
C. Pressured
D. Adapters
Jawab:
B. Jawaban Anda benar

20. Persepsi konsumen terhadap atribut barang atau jasa yang mirip dengan atribut- atribut yang dimiliki oleh manusia,dengan contoh sebuah produk sabun cuci piring dipersepsikan konsumen sebagai ”seseorang yang berenergi tinggi”. Dalam kepribadian merek hal ini disebut sebagai...
A. brand personification
B. brand personality
C. product personality
D. sophistication
Jawab:
A. Jawaban Anda benar

21. Ivan Gunawan di TV, digunakan dalam iklan sabun total. Kelompok acuan yang digunakan pemasar untuk mengkomunikasikan produk kepada pasar dalam iklan tersebut menggunakan ….
A. selebriti
B. para ahli
C. orang biasa
D. kelompok
Jawab:
A. Jawaban Anda benar

22. Kekuasaan yang mempengaruhi anggota melalui pemaksaan adalah ...
A. coercive power
B. legitimte power
C. expert power
D. referent power
Jawab:
A. Jawaban Anda benar.

23. Contoh dari iklan yang menggunakan referent power adalah....
A. iklan mobil BMW
B. iklan sabun cuci
C. iklan pompa air
D. iklan jamu
Jawab:
A. Jawaban Anda benar , karena iklan mobil BMW ditujukan untuk meyakinkan konsumen kepemilikan produk tersebut berkaitan dengan status,prestise dan kualitas.

24. Kelompok apa yang memiliki struktur yang ditentukan ?
A. kelompok primer
B. kelompok sekunder
C. kelompok formal
D. kelompok informal
Jawab:
C. Jawaban Anda benar

25. Contoh iklan motor Honda yang menampilkan kesaksian para penggunanya merupakan sasaran iklan untuk ...
A. selebriti
B. orang biasa
C. para ahli
D. para pemimpin
Jawab:
B. Jawaban Anda benar karena orang biasa sasaran dari iklan tersebut

26. Pak Budiono didalam keluarga selalu berperan dalam mengemukakan adanya suatu masalah atau kebutuhan akan produk/jasa yang diperlukan. Dalam hal ini Pak Budiono disebut sebagai...
A. initiator
B. influencer
C. information gatherer
D. decision maker
Jawab:
A. Jawaban Anda benar karena initiator berperan sebagai pencetus ide.

27. Anggota keluarga yang dapat mengontrol masuknya produk ke dalam keluarga disebut sebagai....
A. users
B. gatekeeper
C. Purchaser
D. decision maker
Jawab:
B. Jawaban Anda benar

28. Andi saat ini baru berusia 23 tahun, masih muda dan belum menikah. Dalam siklus keluarga Andi dapat dikelompokkan sebagai...
A. Full Nest I
B. Full Nest II
C. Full Nest III
D. The Bachelor Stage
Jawab:
D. Jawaban Anda benar

29. Wati saat ini berusia 40 tahun, namun sampai saat ini belum berkeluarga tetapi tetap bekerja untuk memenuhi kebutuhannyA. Dalam siklus keluarga Wati termasuk dalam kelompok...
A. Empty Nest I
B. Empty Nest II
C. Solitary Survivor I
D. Solitary Survivor II
Jawab:
C. Jawaban Anda benar

30. Kelompok orang yang pindah ke luar kota tetapi masih pulang pergi ke tempat pekerjaan di kota dengan gaji yang tinggi.Dalam membagi pasar kaya kelompok orang tersebut sebagai ...
A. Suburban transplants
B. Equity-rich suburban expatriates
C. City folks with country homes
D. Welthy landowners
Jawab:
A. Jawaban Anda benar

31. Cara dimana kehidupan sosial dibentuk dalam dalam sistem budaya disebut..
A. Ekologi
B. Struktur sosial
C. Ideolog
D. Struktur budaya
Jawab:
B. Jawaban Anda benar

32. Walaupun tiap budaya berbeda tapi ada empat dimensi yang muncul untuk menjelaskan perbedaannya, salah satunya adalah...
A. Uncertainty avoidance
B. invented
C. Budaya dipelajari
D. Budaya diyakini
Jawab:
A. Jawaban Anda benar

33. Agar dapat memiliki pengaruh yang kuat dalam sebuah masyarakat maka budaya harus diimplementasikan dan disebarluaskan oleh banyak orang dalam masyarakat tersebut.
A. diyakini
B. dipelajari
C. ditemukan
D. dilestarikan
Jawab:
A. Jawaban Anda benar karena untuk dapat pengaruh dari masyarakat budaya harus diyakini dan disebarluaskan

34. Roti merupakan makanan pokok bagi warga negara negara barat seperti Amerika, Inggris, namun roti tidak menjadi makanan pokok di negara AsiA. Hal tersebut merupakan contoh dari...
A. budaya diyakini
B. budaya itu serupa tapi tidak sama
C. budaya dipelajari
D. budaya itu ditemukan
Jawab:
B. Jawaban Anda benar

35. Di India kaum wanita masih kurang perannya dalam keluarga jika memiliki anak perempuan dan masih diangganggap sebagai beban karena aturan-aturan adat yang berlaku terhadap perempuan, misalnya mas kawin yang harus dibayar pihak perempuan untuk dapat menikah. Hal ini merupakan contoh dari...
A. Individualism
B. Uncertainty avoidance
C. power distance
D. Masculinity/femininity
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, karena Masculinity/femininity adalah tingkat dimana peran jenis kelamin dapat tergambarkan secara jelas.

36. Konsumen adalah manusia yang pada dasarnya tunduk pada kepentingan nya sendiri (self-service interests) dan terhadap usaha promosi para pemasar. Jika konsumen dipersepsikan sebagai pembeli yang cenderung menuruti kata hati dan tidak rasional, maka konsumen tersebut masuk dalam kategori….
A. Perspektif Ekonomi
B. Perspektif Kognitif
C. Perspektif Pasif
D. Perspektif Emosi
Jawab:
C. Jawaban Anda benar karena Perspektif Pasif konsumen digambarkan sebagai pembeli yang cenderung menuruti kata hati dan tidak rasional

37. Gold Star adalah contoh merek yang dianggap konsumen tidak memiliki keunggulan tertentu. Menurut daftar merek hal tersebut termasuk dalam kelompok….
A. rangkaian merek yang tidak layak
B. rangkaian merek yang tidak aktif
C. rangkaian merek yang diminati
D. rangkaian merek yang tidak laku
Jawab:
B. Jawaban Anda benar karena rangkaian merek yang tidak aktif contohnya adalah Gold Star.

38. Contoh dari keputusan pembelian yang dikategorikan extensive problem solving adalah...

39. Pada saat konsumen menyadari adanya kebutuhan yang mungkin dapat terpuaskan dengan membeli atau mengkonsumsi suatu produk merupakan ….
A. pencarian informasi sebelum pembelian
B. Pengenalan Masalah
C. evaluasi alternative
D. keputusan pembelian
Jawab:
A. Jawaban Anda benar

40. Keputusan pembelian yang dilakukan konsumen terkait dengan tiga jenis pembelian, berikut yang bukan termasuk ketiga jenis pembelian tersebut adalah…
A. pembelian ujicoba
B. pembelian kembali/berulang
C. pembelian berdasarkan komitmen jangka panjang
D. pembelian berdasarkan komitmen jangka pendek
Jawab:
D. Jawaban Anda benar

41. Untuk meningkatkan penjualan, perusahaan melakukan komunikasi dengan menggunakan iklan cetak/non cetak yang dirancang secara kreatif. Namun secara tidak sadar pengiklan kadang terjebak dalam pelanggaran norma dan etika beriklan. Contoh dari iklan tersebut adalah...
A. dengan menggunakan wanita sexy atau lelaki kekar
B. keluarga yang harmonis
C. pemandangan alam
D. acara piknik
Jawab:
A. Jawaban Anda benar

42. Salah satu dari model perilaku konsumen adalah....
A. model mikro ekonomi
B. model makro ekonomi
C. model tradisional
D. model kontemporer
Jawab:
C. Jawaban Anda benar

43. Sikap dapat digunakan sebagai alat untuk melindungi ego atau citra diri seseorang dari ancaman. Jadi ekspresi yang ditunjukan oleh seseorang terkadang merupakan kebalikan dari persepsinya terhadap sikap yang seharusnya dimilikinyA. Hal ini termasuk dalam fungsi sikap....
A. fungsi penyesuaian
B. fungsi ego-defensif
C. fungsi ekspresi nilai
D. fungsi pengetahuan
Jawab:
B. Jawaban Anda benar

44. Buku mengenai periklanan dan pengemasan produk yang dapat menyesatkan konsumen dalam memilih produk ditulis oleh ....

45. Konsumerisme dipandang sebagai seperangkat kegiatan pemerintah, bisnis, organisasi independen, dan konsumen yang peduli, dengan maksud melindungi hak-hak konsumen. Pengertian ini disampaikan oleh.....
A. Loudon dan Bitta
B. Mowen dan Minor
C. Stuart dan F.J. Schlink
D. Amstrong dan Kotler
Jawab:
B. Jawaban Anda benar

Download Soal Ujian UT Manajemen EKMA4567

Soal yang kami bagikan ini tak hanya dalam bentuk artikel saja, namun kami juga telah menyiapkan soal-soal ini dalam bentuk dokumen PDF yang mana bisa Anda unduh langsung untuk nanti Anda cetak dan pelajari di rumah, jadi Anda tidak perlu repot untuk melakukan copy-paste artikel ini. Nah berikut ini bisa Anda Download Soal Ujian UT Manajemen EKMA4567 Perilaku Konsumen, berikut silahkan klik link dibawah ini.


Kami berharap soal-soal yang kami bagikan pada blog Soal UAS UT ini bisa berguna bagi Anda dalam menyiapan diri untuk mengikuti Ujian Akhir Semester nantinya. Dengan mempelajari soal seperti ini yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan jawabannya tentu Anda akan lebih mudah mengingat materinya jika kemungkinan nantinya soal yang sama keluar pada waktu ujian.

Sekian artikel ami terkait Soal Ujian UT Manahemen EKMA4567 Perilaku Konsumen, semoga artikel ini bisa berguna bagi Anda. Jika Anda ada pertanyaan terait koten pada blog ini, silahkan hubungi kami melalui halaman Contact Jangan lupa juga untuk merekomendasikan blog kami pada teman Anda yang lainnya, dan berbagi Soal kami pada Social Media agar teman Anda bisa mengetahuinya juga, terima kasih.
Soal Ujian UT Manajemen EKMA4567 Perilaku Konsumen Beserta Kunci Jawaban Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rani Kusmanti