loading...
Soal ujian UT PGSD Semester 2 PDGK4106 Pendidikan IPS di SD serta kunci jawaban kami bagikan untuk Anda Mahasiswa Universitas Terbuka jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) sebagai bahan pembelajaran dalam menyiapkan diri untuk mengikuti ujian akhir semester nantinya. Pada artikel sebelumnya kami telah berbagi soal yang sama terkait semester 2 yaitu soal ujian UT PGSD PDGK4105 Strategi Pembelajaran di SD. Soal yang kami bagikan ini terdiri dari butir soal, kunci jawaban dan pembahasan soal. Anda selaku Mahasiswa bisa mempelajari langsung secara online maupun offline, karena dalam hal ini kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabannya. Seperti yang selalu kami sampaikan, bahwa semua soal yang kami bagikan ini merupakan hasil dari rangkuman materi pada modul dan soal-soal latihan, dengan mempelajari soal ini tentunya Anda selaku Mahasiswa bisa membagikan waktu untuk bisa mempelajari semua mata kuliah dengan demikian Anda akan lebih siap dalam mengikuti ujian nantinya.
Soal ujian UT PGSD semester 2 ini bisa Anda pelajari langsung dan juga Anda download dalam bentuk PDF. Kami sadar akan kesulitan sebagian Mahasiswa untuk menyimpan soal-soal yang ada, dari itulah kami disini juga sudah mempersiapkan soal ini dalam bentuk dokumen PDF. Jika Anda ingin menyimpan soal-soal ini, kami sarankan untuk langsung mendownload pada link di akhir soal ini.
Soal Ujian UT PGSD Semester 2 lainnya:
Soal ujian UT yang kami bagikan ini tentunya akan besar kemungkinan keluar pada saat ujian akhir semester nantinya, karena semua soal yang ada tidak lepas dari materi pada modul. Mempelajari soal-soal seperti ini akan sangat membantu Anda, hanya dengan membaca dan mengingat jawabannya akan mempermudah Anda jika pada saat ujian nanti soal yang sama keluar. Dan tak hanya itu dengan adanya pembahasan pada setiap soal, Anda bisa langsung menuju jawaban pada modul untuk memastikan kebenaran dari jawaban tersebut.
Berikut ini kami bagikan untuk Anda soal terkait semester 2 UT PGSD lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan untuk soal ujian UT PGSD PDGK4106 Pendidikan IPS di SD. Anda bisa mempelajari secara langsung maupun disimpan untuk kemudian di printkan.
A. lebih simpel dan efektif serta berorientasi pada kompetensi dasar dan standar kompetensi
B. materi disajikan secara terpisah atau broad-field
C. materi sangat padat yang terbagi kedalam pokok bahasan
D. menggunakan pendekatan spiral dari lingkungan terdekat dan sederhana sampai ke lingkungan makin luas dan kompleks
Jawab:
A. benar, karena lebih simpel dan efektif serta berorientasi pada kompetensi dasar dengan kata kerja operasional
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 1 KB 1 tentang Perkembangan Kurikulum Pendididkan IPS di SD
2. Latar belakang dan landasan Kurikulum Pendidikan IPS SD tahun 1994 dipusatkan pada ketiga kemampuan dasar yaitu membaca, menulis dan berhitung sedangkan kurikulum tahun 2006 berlandaskan pada ... .
A. sejarah nasional sebagai sub bidang studi IPS dan diajarkan secara terpisah
B. menekankan pada ketercapaian kompetensi dasar dari standar kompetensi yang disyaratkan pada setiap kelas
C. materi pendidikan IPS dipisahkan dan dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan moral Pancasila
D. penyusunan IPS berdasarkan pada pendekatan spiral
Jawab:
B. benar, karena menekankan pada ketercapaian kompetensi dasar dari standar kompetensi
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 1 KB 1 tentang Perkembangan Kurikulum Pendididkan IPS di SD
3. Ilmu Sosial dapat menciptakan tenaga ahli dibidangnya sedangkan IPS (Study Social) akan membentuk warganegara yang berkemampuan sosial, pernyataan ini merupakan perbedaan antara IPS dan Ilmu Sosial dilihat dari ... .
A. tujuan
B. pengertian
C. objek
D. pendekatan
Jawab:
A. benar, karena dilihat dari Tujuannya Ilmu Sosial dan IPS mempunyai perbedaan yaitu menciptakan tenaga ahli dibidangnya sedangkan IPS (Study Social) akan membentuk warganegara yang berkemampuan social
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 1 KB 2 tentang Latar Belakang, Pengertian, Manfaat dan Tujuan Pembelajaran IPS di SD
4. Hasil observasi yang dapat dibuktikan secara empiris adalah fakta sedangkan kejadian yang pernah terjadi tetapi masih harus dibuktikan kebenarannya adalah perbedaan pengertian antara fakta dan ... .
A. peristiwa
B. generalisasi
C. konsep
D. sejarah
Jawab:
A. benar, karena Hasil observasi yang dapat dibuktikan secara empiris adalah fakta dan Peristiwa adalah kejadian yang pernah terjadi tetapi masih harus dibuktikan kebenarannya
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 2 KB 1 tentang Peristiwa, Fakta, Konsep, Generalisasi ilmu-ilmu Sosial dlm Kurikulum SD klas 3 dan 4
5. Dari pernyataan berikut merupakan contoh dari keterampilan sosial dalam proses belajar mengajar ... .
A. pada akhir pembelajaran IPS siswa diberi tugas membuat laporan karyawisata
B. memimpin diskusi kelompok dalam topik “Banjir”
C. siswa dapat menggunakan globe dengan benar
D. siswa dapat mencari Topik “Kerawanan sosial” dari majalah atau surat kabar
Jawab:
A. benar, karena contoh membuat laporan karyawisata merupakan salah satu bentuk keterampilan sosial
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 2 KB 2 tentang Nilai, sikap keterampilan Intelektual/kemampuan analisis, Personal Sosial dlm Kurikulum IPS SD 2006 klas 3 & 4
6. Dari Topik “Wilayah Indonesia berpotensi gempa” pilihlah pernyataan yang membedakan contoh konsep dan generalisasi :
A. letak wilayah gempa – pada pukul 9.00 WIB terjadi gempa di kepulauan Nias
B. gempa bumi di lautan Hindia – wilayah gempa di Indonesia dapat dilihat pada Peta
C. gempa Tektonik – gempa yang dahsyat di atas 5 skala Richter
D. pada tahun 2005 terjadi gempa di Aceh – luas daerah gempa mencapai 15 kilometer
Jawab:
C. benar, karena gempa tektonik adalah konsep sedangkan gempa yang dahsyat di atas 5 skala Richter merupakan (generalisasi)
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 3 KB 1 tentang Peristiwa, Fakta, Konsep, Generalisasi ilmu-ilmu Sosial dalam kurikulum SD 2006 klas 5 & 6
7. Keterampilan siswa siswa kelas 5 dan 6 untuk memperoleh informasi, membentuk konsep, berfikir kritis, mengambil keputusan, menggunakan media dalam menafsirkan fakta untuk menyusun laporan merupakan keterampilan ... .
A. personal
B. intelektual
C. sosial
D. modifikasi prilaku
Jawab:
B. benar, karena keterampilan intelektual siswa adalah memperoleh informasi, membentuk konsep, berfikir kritis, mengambil keputusan, menggunakan media dalam menafsirkan fakta untuk menyusun laporan
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 3 KB 2 tentang Nilai dan sikap serta keterampilan intelektual / kemampuan analisis, personal & sosial dalam Kurikulum IPS SD 2006
8. Dalam topik “Zaman pergerakan Nasional’ contoh keterkaitan antara fakta dan konsep dari pernyataan berikut adalah :
A. Gambar tokoh-tokoh pergerakan Nasional – Zaman Kolonialisme
B. Naskah Sumpah Pemuda - Perwujudan Naionalisme sesuai dengan jamannya
C. Persatuan Bangsa – penjajahan menimbulkan konflik
D. Pertempuran 10 Nopember di Surabaya – Peringatan Sumpah Pemuda
Jawab:
A. benar , karena gambar tokoh pergerakan Nasional adalah fakta – sedangkan Zaman Kolonialisme adalah konsep
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 3 KB 3 tentang Contoh keterkaitan antara Peristiwa, Fakta, konsep, Generalisasi, Nilai, Sikap & ketrampilan Intelektual Personal, sosial dalam konteks Pend IPS SD kelas 3 dan 4
9. Berikut ini yang bukan merupakan tujuan pengajaran globalisasi sebagai pengaruh trend globalisasi terhadap pembelajaran IPS :
A. membantu siswa mengembangkan kemampuan pemahaman bahwa manusia memiliki saling ketergantungan
B. membantu siswa bahwa sebagai bangsa memiliki masalah yang sama seperti kelebihan penduduk, pencemaran, dan kelaparan
C. membantu siswa mengembangkan kemampuan berfikir kritis terhadap masalah dan keterampilan menganalisis
D. menyikapi globalisasi dari segi keuntungan saja
Jawab:
D. benar , karena menyikapi globalisasi dari segi keuntungan saja bukan merupakan tujuan pembelajaran IPS sebagai adanya pengaruh globalisasi
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 4 KB 1 tentang Trend Globalisasi dan keragaman Budaya
10. Proses asimilasi dapat terjadi secara lambat seperti hubungan masyarakat China dengan masyarakat Yogjakarta menurut penelitian lambatnya proses asimilasi disebabkan oleh sikap toleransi dan simpati yang kurang diantara ke dua bangsa tersebut hal ini menimbulkan ... .
A. stereotype dalam kelompok primondial
B. etnocentrisme
C. budaya mayoritas antipati terhadap budaya minoritas
D. masyarakat dengan latar budaya yang berbeda
Jawab:
A. benar, sebab kasus tersebut merupakan Stereotype dalam kelompok primondial
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 4 KB 1 tentang Trend Globalisasi dan keragaman Budaya
11. Tanah longsor , erosi dan pencemaran yang terjadi di suatu tempat merupakan permasalahan lingkungan yang disebabkan faktor ... .
A. daya dukung lingkungan yang tidak memadai
B. perkembangan penduduk yang cepat
C. keterbatasan kemampuan lahan
D. kemajuan peradaban manusia
Jawab:
A. benar, karena daya dukung lingkungan yang tidak memadai sebagai faktor dari terjadinya permasalahan lingkungan seperti tanah longsor, erosi dan pencemaran
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 4 KB 2 tentang Masalah-masalah Lingkungan & Pendidikan Lingkungan
12. Terjadinya perbedaan kepentingan antara satu individu dengan individu yang lain dalam interaksi sosial dapat menimbulkan masalah dimasyarakat sebagai masalah ... .
A. hukum
B. lingkungan
C. ketertiban
D. norma
Jawab:
A. benar, karena dalam interaksi sosial terjadi konflik antara individu dengan individu lain sebagai adanya perbedaan kepentingan merupakan masalah Hukum
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 4 KB 3 tentang Masalah-masalah hukum, ketertiban dan kesadaran Hukum
13. Untuk menerapkan pembelajaran IPS yang berkaitan erat dengan masalah kesadaran hukum dan pendidikan kesadaran hukum guru IPS harus mampu menyajikan topik IPS seperti pernyataan berikut :
A. memberikan konsep-konsep Hukum dalam pembelajaran IPS
B. membayar pajak merupakan kesadaran masyarakat terhadap hukum
C. menyajikan pasal-pasal hukum
D. mengkaji masalah sosial kedalam hukum
Jawab:
B. benar, karena dengan membayar pajak berarti masyarakat memiliki kesadaran terhadap hukum yang berlaku
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 4 KB 4 tentang Masalah-masalah kesadaran dan Hukum dan Pendidikan kesadaran Hukum Warganegara
14. MPembelajaran IPS dengan pendekatan kognitif yang berorientasi pada proses penelitian dengan proses inquiry memiliki urutan sebagai berikut :
A. fakta – konsep - -generalisasi – kesimpulan
B. masalah – hipotesis – data – kesimpulan
C. data – masalah – hipotesis – kesimpulan
D. konsep – masalah – hipotesis – laporan
Jawab:
B. benar, karena dengan langkah pertama merumuskan masalah, kemudian membuat hipotesis, mengumpulkan data yang sesuai dan menyajikan kesimpulan merupakan Pembelajaran IPS dengan pendekatan kognitif yang berorientasi pada proses penelitian dengan proses inquiry
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 5 KB 1 tentang Pendekatan Kognitif dalam Pembelajaran IPS SD
15. Menurut Goleman (1996) karakteristik pendekatan sosial dan personal dalam pembelajaran IPS merupakan bentuk pedagosis terhadap dimensi sosial sebagai berikut....
A. emosi, nilai, sikap dan prilaku sosial
B. pengembangan dan latihan
C. kemampuan operasional dan aktor sosial
D. sebagai objek dan sebagai pengamat
Jawab:
B. benar, karena developmental dan practice (pengembangan dan latihan) menurut Goleman merupakan karakteristik pendekatan social
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 5 KB 2 tentang Pendekatan sosial, personal, dan modifikasi prilaku dalam Pembelajaran IPS SD
16. Pembelajaran IPS SD dengan menggunakan contoh masyarakat dari berbagai bidang, dan tempat dengan menunjukkan gambar, kliping dari tokoh tersebut merupakan salah satu langkah model pendekatan dalam pembelajaran IPS model ... .
A. ekspositori berorientasi nilai dan sikap
B. analitik keteladanan
C. kajian nilai
D. integratif konsep dan nilai
Jawab:
B. benar, karena model analitik keteladanan dalam pembelajaran IPS salah satu langkahnya adalah dengan menunjukkan gambar, kliping dari tokoh berbagai bidang, dan tempat
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 5 KB 2 tentang Pendekatan sosial, personal, dan modifikasi prilaku dalam Pembelajaran IPS SD
17. Model pendekatan ekspositori berorientasi nilai dan sikap dalam Pembelajaran IPS SD memiliki karaktersitik sebagai berikut :
A. bentuk komunikasi dialogis melalui ceramah, peragaan dan tanya jawab
B. dengan menggunakan analisis sampel keteladanan masyarakat dari berbagai bidang, dan tempat dengan menunjukkan gambar, kliping dari tokoh
C. pendekatan kajian nilai secara sistematis dan mendasar
D. pembahasan konsep yang memiliki implikasi nilai yang dikaji secara akademis
Jawab:
A. benar, karena bentuk komunikasi dialogis melalui ceramah, peragaan dan tanyajawab adalah karakteristik model pendekatan ekspositori berorientasi nilai dan sikap
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 5 KB 2 tentang Pendekatan sosial, personal, dan modifikasi prilaku dalam Pembelajaran IPS SD
18. Langkah awal yang harus dilakukan dalam perancangan metode pembelajaran IPS di SD dengan pendekatan kognitif untuk menetapkan alokasi waktu yang tersedia dalam menyampaikan materi IPS SD kelas 3 dan 4 adalah ... .
A. garis besar program pembelajaran
B. struktur program
C. analisis materi pelajaran
D. sumber belajar
Jawab:
B. benar, karena struktur program merupakan langkah awal yang harus dilakukan dalam perancangan metode pembelajaran IPS di SD dengan pendekatan kognitif
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 6 KB 1 tentang Merancang & menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 3&4 dengan pendekatan kognitif
19. Salah satu ciri dalam merancang metode pembelajaran IPS SD yang berlandaskan pendekatan sosial adalah ... .
A. memberi bantuan cara melakukan diskusi
B. menciptakan iklim dan mengundang keterlibatan
C. mengandung aspek sosial untuk terciptanya diskusi kelas
D. membantu menyusun program
Jawab:
D. salah, karena membantu menyusun program adalah tahap dalam modifikasi prilaku
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 6 KB 2 tentang Merancang & menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 3&4 dengan pendekatan sosial
20. Metode pendekatan personal dalam Pembelajaran IPS SD memiliki ciri karakteristik yang diperlukan dalam menciptakan suasana hangat, menciptakan hubungan baik antara siswa dengan guru atau siswa dengan siswa yang bersifat pribadi merupakan tahapan dalam ... .
A. menciptakan iklim yang mengundang keterlibatan siswa
B. penyajian masalah sosial
C. pelaksanaan program
D. pengenalan prinsip tingkah laku
Jawab:
A. benar, karena menciptakan iklim yang mengundang keterlibatan siswa merupakan ciri karakteristik Metode pendekatan personal dalam Pembelajaran IPS
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 6 KB 3 tentang Merancang & menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 3&4 dengan pendekatan personal
21. Untuk merancang pendekatan modifikasi prilaku dalam pembelajaran IPS SD kelas 3 dan 4 diperlukan lima tahap, tahap yang bertujuan agar siswa dapat memahami kesulitan yang dihadapi terutama pada fungsi lingkungan yang tidak permanen merupakan tahap ... .
A. menetapkan data dasar
B. pengenalan prinsip tingkah laku
C. pelaksanaan program
D. tindak lanjut
Jawab:
B. benar, karena pengenalan prinsip tingkah laku merupakan salah satu tahap dalam pendekatan modifikasi prilaku yang bertujuan agar siswa dapat memahami kesulitan yang dihadapi
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 6 KB 4 tentang Merancang & menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 3 & 4 dengan pendekatan modifikasi prilaku
22. Dalam merancang pendekatan ekspositori dalam Pembelajaran IPS SD kelas 3 dan 4 salah satu karakteristik yaitu guru harus memancing pengalaman belajar yang relevan dengan materi pelajaran IPS yang akan disampaikan merupakan tahap ... .
A. pendahuluan
B. penyajian
C. umpan balik
D. penutup
Jawab:
A. benar, karena tahap pendahuluan dalam merancang pendekatan ekspositori tugas guru adalah harus memancing pengalaman belajar yang relevan dengan materi pelajaran IPS
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 6 KB 5 tentang Merancang & menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 3 & 4 dengan pendekatan ekspositori
23. Metode Inquiry dalam Pembelajaran IPS SD dengan pendekatan kognitif, dalam perancangannya diperlukan tahapan. Ada tahap dimana guru perlu membuktikan hakikat objek dan kondisi serta menyelidiki peristiwa masalah adalah tahap ... .
A. penyajian masalah
B. mengumpulkan dan verifikasi data
C. mengumpulkan unsur baru
D. merumuskan penjelasan
Jawab:
B. benar, karena mengumpulkan dan verifikasi data merupakan tahap dalam metode Inquiry dalam Pembelajaran IPS SD dengan pendekatan kognitif dimana guru perlu membuktikan hakikat objek dan kondisi serta menyelidiki peristiwa masalah
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 7 KB 1 tentang Merancang & menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 5 dan 6 yang berlandaskan pendekatan kognitif
24. Dalam proses pembelajaran siswa dengan bantuan guru menetapkan masalah sosial sebagai pokok bahasan dengan topik yang menarik, merumuskan masalah dan membatasi ruang lingkup permasalahan proses ini dalam latihan inquiry pembelajaran IPS yang berlandaskan pendekatan sosial adalah tahap ... .
A. orientasi
B. hipotesis
C. definisi
D. eksplorasi
Jawab:
A. benar, menetapkan masalah sosial sebagai pokok bahasan dengan topik yang menarik, merumuskan masalah dan membatasi ruang lingkup permasalahan proses ini dalam latihan inquiry pembelajaran IPS yang berlandaskan pendekatan sosial berada pada tahap orientasi
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 7 KB 2 tentang Merancang & menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 5 & 6 dengan pendekatan sosial
25. Tugas guru mendorong siswa untuk berperan serta dalam kegiatan belajar mengajar dan menyeleksi siswa tentang topik yang ditulis merupakan salah satu langkah dalam perencanaan pembelajaran IPS SD dengan pendekatan personal yaitu pada tahap ... .
A. menciptakan iklim yang mengundang keterlibatan siswa
B. melibatkan siswa dalam merumuskan masalah untuk diskusi
C. mengarahkan siswa mengidentifikasi alternatif tindakan
D. membimbing siswa untuk merumuskan kesepakatan
Jawab:
A. benar, menciptakan iklim yang mengundang keterlibatan siswa merupakan tugas guru dalam salah satu langkah perencanaan pembelajaran IPS SD dengan pendekatan personal
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 7 KB 3 tentang Merancang & menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 5 & 6 berlandaskan pendekatan sosial
26. Pada tahap pendahuluan dengan menggunakan metode Pembelajaran IPS SD dengan model pendekatan ekspositori adalah ... .
A. mengarahkan siswa untuk menentukan pokok materi diskusi
B. memancing pengalaman siswa yang relevan dengan materi pelajaran
C. diakhir pembelajaran dilakukan penilaian akhir
D. setelah pembelajaran selesai dilakukan penarikan kesimpulan dan tindak lanjut
Jawab:
B. benar, karena memancing pengalaman siswa yang relevan dengan materi pelajaran merupakan tahap pendahuluan dengan model pendekatan ekspositori dalam metode Pembelajaran IPS SD
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 7 KB 5 tentang Merancang & menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 5 & 6 berlandaskan pendekatan ekspositori
27. Pernyataan berikut yang bukan merupakan langkah-langkah dalam merancang alat evaluasi pembelajaran IPS adalah ... .
A. menyusun kisi-kisi soal
B. merumuskan kompetensi dasar
C. menentukan siswa peserta tes
D. membuat indikator soal
Jawab:
C. benar, karena langkah menentukan siswa peserta tes bukan merupakan salah satu langkah dalam merancang alat evaluasi pembelajaran
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 8 KB 1 tentang Merancang & Menyusun alat evaluasi secara umum dlm proses belajar IPS di SD
28. Untuk menyusun alat evaluasi pembelajaran IPS dengan menggunakan kata kerja mendemonstrasikan, menunjukkan, menuliskan, menggambarkan dan mengklasifikasikan adalah aspek berfikir ranah kognitif untuk tingkat ... .
A. knowledge
B. application
C. comprehension
D. analysis
Jawab:
B. benar, karena ranah kognitif untuk tingkat berpikir Application (penerapan) digunakan kata kerja mendemonstrasikan, menunjukkan, menuliskan, menggambarkan dan mengklasifikasikan
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 8 KB 2 tentang Merancang & Menyusun alat evaluasi hasil belajar IPS aspek kognitif
29. Untuk mengukur aspek nilai dan sikap sosial pada rancangan alat evaluasi hasil pembelajaran IPS SD diperlukan instrument tertentu, berikut ini yang bukan alat evaluasi untuk mengukur nilai dan sikap adalah ... .
A. rating scale
B. chek list
C. wawancara
D. survey
Jawab:
D. benar, karena Survey bukan merupakan alat evaluasi untuk mengukur aspek nilai dan sikap dalam ranah afektif
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 8 KB 3 tentang Merancang & Menyusun alat evaluasi nilai dan sikap sosial
30. Dalam merancang alat evaluasi hasil belajar IPS di SD tentang topik ”Penduduk Indonesia”, hasil belajar yang paling sesuai untuk menilai aspek keterampilan dari materi tersebut adalah ... .
A. mendeskripsikan profil penduduk di Indonesia dengan grafik
B. membaca peta Indonesia
C. mencari informasi penduduk di setiap propinsi
D. menunjukkan gambar penduduk di Indonesia
Jawab:
A. benar, karena mendeskripsikan profil penduduk di Indonesia dengan grafik merupakan hasil belajar dalam yang sesuai untuk merancang alat evaluasi hasil belajar IPS di SD aspek keterampilan untuk materi pokok “Penduduk Indonesia”
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 8 KB 4 tentang Merancang & Menyusun alat evaluasi keterampilan IPS
31. Dengan disediakan sejumlah data penduduk di setiap propinsi, angka kelahiran, dan kematian, angka pertambahan penduduk, luas wilayah tiap propinsi, pada saat siswa dan guru membahas potensi penduduk di Indonesia, dalam merancang evaluasi hasil belajar IPS SD aspek nilai dan sikap sosial yang paling sesuai untuk materi tersebut adalah ... .
A. membaca data penduduk
B. menghitung kepadatan penduduk di tiap propinsi
C. menggunakan peta penduduk Indonesia
D. membuat laporan kondisi penduduk
Jawab:
32. Pendekatan pemecahan masalah dapat dirancang kedalam model pembelajaran IPS terpadu, dengan berdasarkan pada pemikiran kritis dan refleksi melalui proses kerja, berikut yang bukan merupakan proses kerja adalah ... .
A. menyadari adanya masalah
B. mencari petunjuk untuk pemecahannya
C. penggunaan pemecahan masalah yang cocok dengan kriteria tertentu
D. menyadari adanya pemecahan masalah
Jawab:
33. Pendekatan Humanistik dapat digunakan dalam merancang model pembelajaran IPS terpadu dalam kegiatan pembelajaran memiliki sasaran dari segi … .
A. berbagai disiplin ilmu lain yang relevan sehingga para siswa melihat topik tersebut lengkap dan terpadu
B. berbagai cabang ilmu lain sehingga siswa mampu belajar dan dapat memahami topik yang akan dibahas
C. ilmu-ilmu sosial yang relevan dan sistematis
D. cabang ilmu-ilmu sosial yang relevan
Jawab:
34. Dalam merancang model pembelajaran IPS terpadu dengan menggunakan pendekatan Wilayah diperlukan persyaratan, berikut yang bukan merupakan syarat dalam perancangan tersebut adalah ... .
A. gejala dipermukaan bumi sebagai hasil interaksi antar wilayah
B. menganalisis penyebaran gejala dalam sistem keruangan
C. interaksi antara variabel manusia dan lingkungan
D. kajian dari berbagai sudut pandang keilmuan
Jawab:
35. Pendekatan Metode Proyek dapat digunakan dalam rancangan model pembelajaran IPS SD dengan kriteria tertentu, berikut yang bukan merupakan kriteria dalam metode proyek adalah ... .
A. kegiatan bersifat nyata
B. memiliki arti dan manfaat bagi siswa
C. bahan dan alat sulit diperoleh
D. hasilnya sepadan dengan waktu yang tersedia
Jawab:
36. Pendekatan metode proyek dapat digunakan untuk model pembelajaran IPS terpadu untuk menghasilkan suatu unjuk kerja siswa, pernyataan berikut merupakan salah satu hasil pembelajaran dengan metode proyek ....
A. membuat maket sekolah
B. membuat saluran irigasi penduduk
C. membantu membuat jalan desa
D. menambah warna, dan simbul dalam peta Indonesia
Jawab:
37. Konsep sejarah merupakan fokus dalam perancangan model pembelajaran IPS terpadu dengan menggunakan pendekatan Kurun Waktu, konsep tersebut antara lain yaitu ... .
A. perubahan, kontinuitas dan waktu
B. perubahan, keruangan dan waktu
C. peristiwa, tempat dan periode
D. kontinuitas, keruangan dan peristiwa
Jawab:
38. Pernyataan berikut merupakan tujuan Kurikulum Pendidikan IPS tahun 2006, agar setiap siswa peserta didik diharapkan mempunyai kemampuan untuk ...
1) berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inquiry dan dapat memecahkan masalah
2) berkomunikasi, dan berkompetisi yang meliputi tingkat lokal, nasional maupun global
3) mengerti, menafsirkan, berkomunikasi merancang, menganalisis dan menyusun laporan
Jawab:
39. Dari Topik Banjir di Ibukota, wilayah-wilayah yang dekat dengan bantaran sungai Ciliwung mulai waspada setiap kali musim hujan biasanya pada bulan Januari curah hujan cukup tinggi, pernyataan ini menunjukkan keterkaitan antara konsep dan generalisasi, berikut ini yang menunjukkan keterampilan personal dan intelektual dari siswa adalah ...
1) siswa mempelajari konsep banjir, curah hujan
2) membaca peta, mencari informasi wilayah banjir
3) berdiskusi dan membuat kesimpulan wilayah banjir
Jawab:
40. Setiap guru SD kelas 3 dan 4 dapat menerapkan metode pembelajaran IPS dengan pendekatan kognitif dengan Topik “Kedudukan keluarga dan peran anggota keluarga” langkah pembelajaran yang paling sesuai adalah menentukan ...
1) materi pokok
2) hasil belajar dan indikator
3) media dan sumber belajar
Jawab:
41. Peneraran metode Pembelajaran IPS SD yang berlandaskan pendekatan sosial di kelas 3 dan 4 SD secara berurutan memiliki tahapan berikut ...
1) orientasi, hipotesis, dan definisi
2) eksplorasi, pembuktian dan generalisasi
3) tingkah laku, evaluasi dan tindak lanjut
Jawab:
42. Untuk menerapkan pendekatan personal dalam Pembelajaran IPS SD setelah menentukan kompetensi dasar, materi pokok, hasil belajar dan indikator dengan Topik ” Penyebaran demam berdarah di desa Sukamaju” langkah pendekatan personal yang paling sesuai untuk pembelajaran IPS SD kelas 3 dan 4 adalah ...
1) menciptakan iklim yang mengundang keterlibatan siswa
2) menentukan masalah diskusi
3) evaluasi dan tindak lanjut
4) orientasi, hipotesis, dan definisi
Jawab:
43. Penerapan model pendekatan modifikasi prilaku dalam Pembelajaran IPS SD diperlukan tahap pengenalan prinsip tingkah laku, untuk menerapkan tahap ini guru memiliki peran sebagai berikut ...
1) memperkenalkan program dan prinsip pendalaman diri
2) membentuk siswa untuk berprestasi
3) membantu siswa menyusun program secara nyata
Jawab:
44. Berikut ini merupakan tahap penerapan metode Inquiry dengan pendekatan kognitif dalam pembelajaran IPS SD kelas 5 dan kelas 6 ....
1) menyajikan masalah
2) mengumpulkan unsur baru
3) menciptakan iklim yang menimbulkan keterlibatan siswa
Jawab:
45. Dalam penerapan metode Inquiry sosial guru berperan sebagai motivator dan reflektor, maka dalam pembelajaran IPS tugas guru adalah ...
1) menjelaskan cara menyusun rencana kegiatan
2) membantu siswa menyusun program
3) menyusun asumsi yang digunakan dan cara berfikir kreatif
Jawab:
46. Tugas guru pada saat menyajikan masalah diskusi dengan penerapan metode pendekatan personal dalam pembelajaran IPS SD adalah ...
1) memberikan pengarahan agar siswa tidak mencela dan mengkritik
2) memberi tugas kelompok untuk menjelaskan topik masalah
3) siswa diberi kebebasan berpendapat
Jawab:
47. Pada tahap evaluasi dan tindak lanjut dalam penerapan pembelajaran IPS dengan pendekatan modifikasi prilaku, tugas guru adalah ...
1) melakukan perencanaan program pembelajaran
2) melakukan penilaian terhadap tingkah laku siswa sesuai program
3) menentukan tindak lanjut
Jawab:
48. Untuk tingkat berfikir Syntesis dalam aspek kognitif yang diterapkan kedalam alat evaluasi pembelajaran IPS SD menuntut siswa untuk memiliki kemampuan untuk ...
1) berfikir kreatif
2) membuat prediksi
3) dapat memecahkan masalah
Jawab:
49. Pak Toni sebagai guru IPS yang sabar dan terampil membuat Peta, Pak Toni memberi tugas membuat Peta Kecamatan Sukamaju, kepada dua orang siswanya, Doni dan Imron,Dony termasuk siswa yang pandai, Imron rajin dan terampil mereka bekerjasama membuat Peta, untuk menilai keberhasilan membuat peta dari aspek sikap sosial, ditentukan oleh ...
1) Doni sebagai siswa yang pandai dan Imron siswa yang rajin dan terampil
2) Imron sebagai siswa yang terampil
3) Pak Toni sebagai guru IPS yang sabar dan terampil membuat Peta
Jawab:
50. Pendekatan humanistik yang digunakan untuk menerapkan pembelajaran IPS terpadu bertujuan untuk ...
1) menelaah suatu masalah
2) memahami masalah dari berbagai sudut pandang
3) menarik kesimpulan secara terpadu dan menyeluruh
Sangat besar kemungkinan soal-soal yang Anda pelajari akan keluar pada waktu ujian akhir semester nantinya. Dan selain itu dengan mempelajari soal-soal yang telah disertakan kunci jawaban akan lebih memungkinkan Mahasiswa dapat memahami semua mata kuliah. Tak hanya persiapan pada materi, dalam menghadapi ujian nantinya Anda juga perlu menyiapkan hal-hal lainnya sepeti, mental dan persiapan alat tulis agar siap pada waktu ujian.
Sekian artikel terkait soal ujian UT PGSD PDGK4106 Pendidikan IPS di SD, semoga soal yang kami bagikan ini bisa berguna dan bermanfaat untuk Anda dalam menghadapi atau mengikuti ujian akhir semester nantinya, jangan lupa untuk merekomendasikan blog soal uas ut ini pada teman-teman Anda lainnya, terima kasih.
Soal ujian UT PGSD semester 2 ini bisa Anda pelajari langsung dan juga Anda download dalam bentuk PDF. Kami sadar akan kesulitan sebagian Mahasiswa untuk menyimpan soal-soal yang ada, dari itulah kami disini juga sudah mempersiapkan soal ini dalam bentuk dokumen PDF. Jika Anda ingin menyimpan soal-soal ini, kami sarankan untuk langsung mendownload pada link di akhir soal ini.
Soal Ujian UT PGSD Semester 2 lainnya:
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4105 Strategi Pembelajaran di SD
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4106 Pendidikan IPS di SD
- Contoh Laporan Praktek PDGK4107 Praktikum IPA di SD
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4108 Matematika
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4109 Bahasa dan Sastra Indonesia di SD
Soal ujian UT yang kami bagikan ini tentunya akan besar kemungkinan keluar pada saat ujian akhir semester nantinya, karena semua soal yang ada tidak lepas dari materi pada modul. Mempelajari soal-soal seperti ini akan sangat membantu Anda, hanya dengan membaca dan mengingat jawabannya akan mempermudah Anda jika pada saat ujian nanti soal yang sama keluar. Dan tak hanya itu dengan adanya pembahasan pada setiap soal, Anda bisa langsung menuju jawaban pada modul untuk memastikan kebenaran dari jawaban tersebut.
Soal Ujian UT PGSD PDGK4106 Pendidikan IPS di SD Beserta Kunci Jawaban
Menjadi salah satu Mahasiswa di Universitas Terbuka memang dituntut untuk mempelajari materi secara mandiri. Hal ini tentu kita tahu bahwa tutorial atau pertemuan yang dilakukan hanya beberapa kali dalam satu semester. Selain itu jika Anda sebagai Mahasiswa harus mengulang kembali mata kuliah sebelumnya karena nilai yang didapat tidak baik. Hal ini akan memperbanyak mata kuliah yang akan di ujiankan tentunya dan Anda harus bisa membagi waktu untuk mempelajari materi pada modul. Dan kami yakin jika yang Anda lakukan mempelajari materi dengan menghapal tentu akan sulit membagi waktu. Untuk itu dengan adanya soal ujian seperti ini harapan kami bisa membantu dan meringankan peran Anda selaku Mahasiswa. Untuk melihat kumpulan soal-soal ujian UT PGSD lengkap dari semester 1 sampai semester 10, silahkan Anda menuju atikel Soal Ujian UT PGSD.Berikut ini kami bagikan untuk Anda soal terkait semester 2 UT PGSD lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan untuk soal ujian UT PGSD PDGK4106 Pendidikan IPS di SD. Anda bisa mempelajari secara langsung maupun disimpan untuk kemudian di printkan.
Soal Ujian UT PGSD PDGK4106
1. Karakteristik Kurikulum tahun 1994 dilihat dari materi pelajaran ditata secara terpadu sedangkan keluasan materi diserahkan kepada guru selaku pengembang kurikulum, hal ini berbeda dengan karakteristik kurikulum tahun 2006 dengan karakteristik ... .A. lebih simpel dan efektif serta berorientasi pada kompetensi dasar dan standar kompetensi
B. materi disajikan secara terpisah atau broad-field
C. materi sangat padat yang terbagi kedalam pokok bahasan
D. menggunakan pendekatan spiral dari lingkungan terdekat dan sederhana sampai ke lingkungan makin luas dan kompleks
Jawab:
A. benar, karena lebih simpel dan efektif serta berorientasi pada kompetensi dasar dengan kata kerja operasional
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 1 KB 1 tentang Perkembangan Kurikulum Pendididkan IPS di SD
2. Latar belakang dan landasan Kurikulum Pendidikan IPS SD tahun 1994 dipusatkan pada ketiga kemampuan dasar yaitu membaca, menulis dan berhitung sedangkan kurikulum tahun 2006 berlandaskan pada ... .
A. sejarah nasional sebagai sub bidang studi IPS dan diajarkan secara terpisah
B. menekankan pada ketercapaian kompetensi dasar dari standar kompetensi yang disyaratkan pada setiap kelas
C. materi pendidikan IPS dipisahkan dan dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan moral Pancasila
D. penyusunan IPS berdasarkan pada pendekatan spiral
Jawab:
B. benar, karena menekankan pada ketercapaian kompetensi dasar dari standar kompetensi
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 1 KB 1 tentang Perkembangan Kurikulum Pendididkan IPS di SD
3. Ilmu Sosial dapat menciptakan tenaga ahli dibidangnya sedangkan IPS (Study Social) akan membentuk warganegara yang berkemampuan sosial, pernyataan ini merupakan perbedaan antara IPS dan Ilmu Sosial dilihat dari ... .
A. tujuan
B. pengertian
C. objek
D. pendekatan
Jawab:
A. benar, karena dilihat dari Tujuannya Ilmu Sosial dan IPS mempunyai perbedaan yaitu menciptakan tenaga ahli dibidangnya sedangkan IPS (Study Social) akan membentuk warganegara yang berkemampuan social
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 1 KB 2 tentang Latar Belakang, Pengertian, Manfaat dan Tujuan Pembelajaran IPS di SD
4. Hasil observasi yang dapat dibuktikan secara empiris adalah fakta sedangkan kejadian yang pernah terjadi tetapi masih harus dibuktikan kebenarannya adalah perbedaan pengertian antara fakta dan ... .
A. peristiwa
B. generalisasi
C. konsep
D. sejarah
Jawab:
A. benar, karena Hasil observasi yang dapat dibuktikan secara empiris adalah fakta dan Peristiwa adalah kejadian yang pernah terjadi tetapi masih harus dibuktikan kebenarannya
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 2 KB 1 tentang Peristiwa, Fakta, Konsep, Generalisasi ilmu-ilmu Sosial dlm Kurikulum SD klas 3 dan 4
5. Dari pernyataan berikut merupakan contoh dari keterampilan sosial dalam proses belajar mengajar ... .
A. pada akhir pembelajaran IPS siswa diberi tugas membuat laporan karyawisata
B. memimpin diskusi kelompok dalam topik “Banjir”
C. siswa dapat menggunakan globe dengan benar
D. siswa dapat mencari Topik “Kerawanan sosial” dari majalah atau surat kabar
Jawab:
A. benar, karena contoh membuat laporan karyawisata merupakan salah satu bentuk keterampilan sosial
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 2 KB 2 tentang Nilai, sikap keterampilan Intelektual/kemampuan analisis, Personal Sosial dlm Kurikulum IPS SD 2006 klas 3 & 4
6. Dari Topik “Wilayah Indonesia berpotensi gempa” pilihlah pernyataan yang membedakan contoh konsep dan generalisasi :
A. letak wilayah gempa – pada pukul 9.00 WIB terjadi gempa di kepulauan Nias
B. gempa bumi di lautan Hindia – wilayah gempa di Indonesia dapat dilihat pada Peta
C. gempa Tektonik – gempa yang dahsyat di atas 5 skala Richter
D. pada tahun 2005 terjadi gempa di Aceh – luas daerah gempa mencapai 15 kilometer
Jawab:
C. benar, karena gempa tektonik adalah konsep sedangkan gempa yang dahsyat di atas 5 skala Richter merupakan (generalisasi)
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 3 KB 1 tentang Peristiwa, Fakta, Konsep, Generalisasi ilmu-ilmu Sosial dalam kurikulum SD 2006 klas 5 & 6
7. Keterampilan siswa siswa kelas 5 dan 6 untuk memperoleh informasi, membentuk konsep, berfikir kritis, mengambil keputusan, menggunakan media dalam menafsirkan fakta untuk menyusun laporan merupakan keterampilan ... .
A. personal
B. intelektual
C. sosial
D. modifikasi prilaku
Jawab:
B. benar, karena keterampilan intelektual siswa adalah memperoleh informasi, membentuk konsep, berfikir kritis, mengambil keputusan, menggunakan media dalam menafsirkan fakta untuk menyusun laporan
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 3 KB 2 tentang Nilai dan sikap serta keterampilan intelektual / kemampuan analisis, personal & sosial dalam Kurikulum IPS SD 2006
8. Dalam topik “Zaman pergerakan Nasional’ contoh keterkaitan antara fakta dan konsep dari pernyataan berikut adalah :
A. Gambar tokoh-tokoh pergerakan Nasional – Zaman Kolonialisme
B. Naskah Sumpah Pemuda - Perwujudan Naionalisme sesuai dengan jamannya
C. Persatuan Bangsa – penjajahan menimbulkan konflik
D. Pertempuran 10 Nopember di Surabaya – Peringatan Sumpah Pemuda
Jawab:
A. benar , karena gambar tokoh pergerakan Nasional adalah fakta – sedangkan Zaman Kolonialisme adalah konsep
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 3 KB 3 tentang Contoh keterkaitan antara Peristiwa, Fakta, konsep, Generalisasi, Nilai, Sikap & ketrampilan Intelektual Personal, sosial dalam konteks Pend IPS SD kelas 3 dan 4
9. Berikut ini yang bukan merupakan tujuan pengajaran globalisasi sebagai pengaruh trend globalisasi terhadap pembelajaran IPS :
A. membantu siswa mengembangkan kemampuan pemahaman bahwa manusia memiliki saling ketergantungan
B. membantu siswa bahwa sebagai bangsa memiliki masalah yang sama seperti kelebihan penduduk, pencemaran, dan kelaparan
C. membantu siswa mengembangkan kemampuan berfikir kritis terhadap masalah dan keterampilan menganalisis
D. menyikapi globalisasi dari segi keuntungan saja
Jawab:
D. benar , karena menyikapi globalisasi dari segi keuntungan saja bukan merupakan tujuan pembelajaran IPS sebagai adanya pengaruh globalisasi
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 4 KB 1 tentang Trend Globalisasi dan keragaman Budaya
10. Proses asimilasi dapat terjadi secara lambat seperti hubungan masyarakat China dengan masyarakat Yogjakarta menurut penelitian lambatnya proses asimilasi disebabkan oleh sikap toleransi dan simpati yang kurang diantara ke dua bangsa tersebut hal ini menimbulkan ... .
A. stereotype dalam kelompok primondial
B. etnocentrisme
C. budaya mayoritas antipati terhadap budaya minoritas
D. masyarakat dengan latar budaya yang berbeda
Jawab:
A. benar, sebab kasus tersebut merupakan Stereotype dalam kelompok primondial
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 4 KB 1 tentang Trend Globalisasi dan keragaman Budaya
11. Tanah longsor , erosi dan pencemaran yang terjadi di suatu tempat merupakan permasalahan lingkungan yang disebabkan faktor ... .
A. daya dukung lingkungan yang tidak memadai
B. perkembangan penduduk yang cepat
C. keterbatasan kemampuan lahan
D. kemajuan peradaban manusia
Jawab:
A. benar, karena daya dukung lingkungan yang tidak memadai sebagai faktor dari terjadinya permasalahan lingkungan seperti tanah longsor, erosi dan pencemaran
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 4 KB 2 tentang Masalah-masalah Lingkungan & Pendidikan Lingkungan
12. Terjadinya perbedaan kepentingan antara satu individu dengan individu yang lain dalam interaksi sosial dapat menimbulkan masalah dimasyarakat sebagai masalah ... .
A. hukum
B. lingkungan
C. ketertiban
D. norma
Jawab:
A. benar, karena dalam interaksi sosial terjadi konflik antara individu dengan individu lain sebagai adanya perbedaan kepentingan merupakan masalah Hukum
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 4 KB 3 tentang Masalah-masalah hukum, ketertiban dan kesadaran Hukum
13. Untuk menerapkan pembelajaran IPS yang berkaitan erat dengan masalah kesadaran hukum dan pendidikan kesadaran hukum guru IPS harus mampu menyajikan topik IPS seperti pernyataan berikut :
A. memberikan konsep-konsep Hukum dalam pembelajaran IPS
B. membayar pajak merupakan kesadaran masyarakat terhadap hukum
C. menyajikan pasal-pasal hukum
D. mengkaji masalah sosial kedalam hukum
Jawab:
B. benar, karena dengan membayar pajak berarti masyarakat memiliki kesadaran terhadap hukum yang berlaku
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 4 KB 4 tentang Masalah-masalah kesadaran dan Hukum dan Pendidikan kesadaran Hukum Warganegara
14. MPembelajaran IPS dengan pendekatan kognitif yang berorientasi pada proses penelitian dengan proses inquiry memiliki urutan sebagai berikut :
A. fakta – konsep - -generalisasi – kesimpulan
B. masalah – hipotesis – data – kesimpulan
C. data – masalah – hipotesis – kesimpulan
D. konsep – masalah – hipotesis – laporan
Jawab:
B. benar, karena dengan langkah pertama merumuskan masalah, kemudian membuat hipotesis, mengumpulkan data yang sesuai dan menyajikan kesimpulan merupakan Pembelajaran IPS dengan pendekatan kognitif yang berorientasi pada proses penelitian dengan proses inquiry
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 5 KB 1 tentang Pendekatan Kognitif dalam Pembelajaran IPS SD
15. Menurut Goleman (1996) karakteristik pendekatan sosial dan personal dalam pembelajaran IPS merupakan bentuk pedagosis terhadap dimensi sosial sebagai berikut....
A. emosi, nilai, sikap dan prilaku sosial
B. pengembangan dan latihan
C. kemampuan operasional dan aktor sosial
D. sebagai objek dan sebagai pengamat
Jawab:
B. benar, karena developmental dan practice (pengembangan dan latihan) menurut Goleman merupakan karakteristik pendekatan social
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 5 KB 2 tentang Pendekatan sosial, personal, dan modifikasi prilaku dalam Pembelajaran IPS SD
16. Pembelajaran IPS SD dengan menggunakan contoh masyarakat dari berbagai bidang, dan tempat dengan menunjukkan gambar, kliping dari tokoh tersebut merupakan salah satu langkah model pendekatan dalam pembelajaran IPS model ... .
A. ekspositori berorientasi nilai dan sikap
B. analitik keteladanan
C. kajian nilai
D. integratif konsep dan nilai
Jawab:
B. benar, karena model analitik keteladanan dalam pembelajaran IPS salah satu langkahnya adalah dengan menunjukkan gambar, kliping dari tokoh berbagai bidang, dan tempat
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 5 KB 2 tentang Pendekatan sosial, personal, dan modifikasi prilaku dalam Pembelajaran IPS SD
17. Model pendekatan ekspositori berorientasi nilai dan sikap dalam Pembelajaran IPS SD memiliki karaktersitik sebagai berikut :
A. bentuk komunikasi dialogis melalui ceramah, peragaan dan tanya jawab
B. dengan menggunakan analisis sampel keteladanan masyarakat dari berbagai bidang, dan tempat dengan menunjukkan gambar, kliping dari tokoh
C. pendekatan kajian nilai secara sistematis dan mendasar
D. pembahasan konsep yang memiliki implikasi nilai yang dikaji secara akademis
Jawab:
A. benar, karena bentuk komunikasi dialogis melalui ceramah, peragaan dan tanyajawab adalah karakteristik model pendekatan ekspositori berorientasi nilai dan sikap
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 5 KB 2 tentang Pendekatan sosial, personal, dan modifikasi prilaku dalam Pembelajaran IPS SD
18. Langkah awal yang harus dilakukan dalam perancangan metode pembelajaran IPS di SD dengan pendekatan kognitif untuk menetapkan alokasi waktu yang tersedia dalam menyampaikan materi IPS SD kelas 3 dan 4 adalah ... .
A. garis besar program pembelajaran
B. struktur program
C. analisis materi pelajaran
D. sumber belajar
Jawab:
B. benar, karena struktur program merupakan langkah awal yang harus dilakukan dalam perancangan metode pembelajaran IPS di SD dengan pendekatan kognitif
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 6 KB 1 tentang Merancang & menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 3&4 dengan pendekatan kognitif
19. Salah satu ciri dalam merancang metode pembelajaran IPS SD yang berlandaskan pendekatan sosial adalah ... .
A. memberi bantuan cara melakukan diskusi
B. menciptakan iklim dan mengundang keterlibatan
C. mengandung aspek sosial untuk terciptanya diskusi kelas
D. membantu menyusun program
Jawab:
D. salah, karena membantu menyusun program adalah tahap dalam modifikasi prilaku
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 6 KB 2 tentang Merancang & menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 3&4 dengan pendekatan sosial
20. Metode pendekatan personal dalam Pembelajaran IPS SD memiliki ciri karakteristik yang diperlukan dalam menciptakan suasana hangat, menciptakan hubungan baik antara siswa dengan guru atau siswa dengan siswa yang bersifat pribadi merupakan tahapan dalam ... .
A. menciptakan iklim yang mengundang keterlibatan siswa
B. penyajian masalah sosial
C. pelaksanaan program
D. pengenalan prinsip tingkah laku
Jawab:
A. benar, karena menciptakan iklim yang mengundang keterlibatan siswa merupakan ciri karakteristik Metode pendekatan personal dalam Pembelajaran IPS
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 6 KB 3 tentang Merancang & menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 3&4 dengan pendekatan personal
21. Untuk merancang pendekatan modifikasi prilaku dalam pembelajaran IPS SD kelas 3 dan 4 diperlukan lima tahap, tahap yang bertujuan agar siswa dapat memahami kesulitan yang dihadapi terutama pada fungsi lingkungan yang tidak permanen merupakan tahap ... .
A. menetapkan data dasar
B. pengenalan prinsip tingkah laku
C. pelaksanaan program
D. tindak lanjut
Jawab:
B. benar, karena pengenalan prinsip tingkah laku merupakan salah satu tahap dalam pendekatan modifikasi prilaku yang bertujuan agar siswa dapat memahami kesulitan yang dihadapi
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 6 KB 4 tentang Merancang & menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 3 & 4 dengan pendekatan modifikasi prilaku
22. Dalam merancang pendekatan ekspositori dalam Pembelajaran IPS SD kelas 3 dan 4 salah satu karakteristik yaitu guru harus memancing pengalaman belajar yang relevan dengan materi pelajaran IPS yang akan disampaikan merupakan tahap ... .
A. pendahuluan
B. penyajian
C. umpan balik
D. penutup
Jawab:
A. benar, karena tahap pendahuluan dalam merancang pendekatan ekspositori tugas guru adalah harus memancing pengalaman belajar yang relevan dengan materi pelajaran IPS
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 6 KB 5 tentang Merancang & menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 3 & 4 dengan pendekatan ekspositori
23. Metode Inquiry dalam Pembelajaran IPS SD dengan pendekatan kognitif, dalam perancangannya diperlukan tahapan. Ada tahap dimana guru perlu membuktikan hakikat objek dan kondisi serta menyelidiki peristiwa masalah adalah tahap ... .
A. penyajian masalah
B. mengumpulkan dan verifikasi data
C. mengumpulkan unsur baru
D. merumuskan penjelasan
Jawab:
B. benar, karena mengumpulkan dan verifikasi data merupakan tahap dalam metode Inquiry dalam Pembelajaran IPS SD dengan pendekatan kognitif dimana guru perlu membuktikan hakikat objek dan kondisi serta menyelidiki peristiwa masalah
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 7 KB 1 tentang Merancang & menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 5 dan 6 yang berlandaskan pendekatan kognitif
24. Dalam proses pembelajaran siswa dengan bantuan guru menetapkan masalah sosial sebagai pokok bahasan dengan topik yang menarik, merumuskan masalah dan membatasi ruang lingkup permasalahan proses ini dalam latihan inquiry pembelajaran IPS yang berlandaskan pendekatan sosial adalah tahap ... .
A. orientasi
B. hipotesis
C. definisi
D. eksplorasi
Jawab:
A. benar, menetapkan masalah sosial sebagai pokok bahasan dengan topik yang menarik, merumuskan masalah dan membatasi ruang lingkup permasalahan proses ini dalam latihan inquiry pembelajaran IPS yang berlandaskan pendekatan sosial berada pada tahap orientasi
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 7 KB 2 tentang Merancang & menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 5 & 6 dengan pendekatan sosial
25. Tugas guru mendorong siswa untuk berperan serta dalam kegiatan belajar mengajar dan menyeleksi siswa tentang topik yang ditulis merupakan salah satu langkah dalam perencanaan pembelajaran IPS SD dengan pendekatan personal yaitu pada tahap ... .
A. menciptakan iklim yang mengundang keterlibatan siswa
B. melibatkan siswa dalam merumuskan masalah untuk diskusi
C. mengarahkan siswa mengidentifikasi alternatif tindakan
D. membimbing siswa untuk merumuskan kesepakatan
Jawab:
A. benar, menciptakan iklim yang mengundang keterlibatan siswa merupakan tugas guru dalam salah satu langkah perencanaan pembelajaran IPS SD dengan pendekatan personal
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 7 KB 3 tentang Merancang & menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 5 & 6 berlandaskan pendekatan sosial
26. Pada tahap pendahuluan dengan menggunakan metode Pembelajaran IPS SD dengan model pendekatan ekspositori adalah ... .
A. mengarahkan siswa untuk menentukan pokok materi diskusi
B. memancing pengalaman siswa yang relevan dengan materi pelajaran
C. diakhir pembelajaran dilakukan penilaian akhir
D. setelah pembelajaran selesai dilakukan penarikan kesimpulan dan tindak lanjut
Jawab:
B. benar, karena memancing pengalaman siswa yang relevan dengan materi pelajaran merupakan tahap pendahuluan dengan model pendekatan ekspositori dalam metode Pembelajaran IPS SD
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 7 KB 5 tentang Merancang & menerapkan metode Pembelajaran IPS di SD kelas 5 & 6 berlandaskan pendekatan ekspositori
27. Pernyataan berikut yang bukan merupakan langkah-langkah dalam merancang alat evaluasi pembelajaran IPS adalah ... .
A. menyusun kisi-kisi soal
B. merumuskan kompetensi dasar
C. menentukan siswa peserta tes
D. membuat indikator soal
Jawab:
C. benar, karena langkah menentukan siswa peserta tes bukan merupakan salah satu langkah dalam merancang alat evaluasi pembelajaran
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 8 KB 1 tentang Merancang & Menyusun alat evaluasi secara umum dlm proses belajar IPS di SD
28. Untuk menyusun alat evaluasi pembelajaran IPS dengan menggunakan kata kerja mendemonstrasikan, menunjukkan, menuliskan, menggambarkan dan mengklasifikasikan adalah aspek berfikir ranah kognitif untuk tingkat ... .
A. knowledge
B. application
C. comprehension
D. analysis
Jawab:
B. benar, karena ranah kognitif untuk tingkat berpikir Application (penerapan) digunakan kata kerja mendemonstrasikan, menunjukkan, menuliskan, menggambarkan dan mengklasifikasikan
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 8 KB 2 tentang Merancang & Menyusun alat evaluasi hasil belajar IPS aspek kognitif
29. Untuk mengukur aspek nilai dan sikap sosial pada rancangan alat evaluasi hasil pembelajaran IPS SD diperlukan instrument tertentu, berikut ini yang bukan alat evaluasi untuk mengukur nilai dan sikap adalah ... .
A. rating scale
B. chek list
C. wawancara
D. survey
Jawab:
D. benar, karena Survey bukan merupakan alat evaluasi untuk mengukur aspek nilai dan sikap dalam ranah afektif
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 8 KB 3 tentang Merancang & Menyusun alat evaluasi nilai dan sikap sosial
30. Dalam merancang alat evaluasi hasil belajar IPS di SD tentang topik ”Penduduk Indonesia”, hasil belajar yang paling sesuai untuk menilai aspek keterampilan dari materi tersebut adalah ... .
A. mendeskripsikan profil penduduk di Indonesia dengan grafik
B. membaca peta Indonesia
C. mencari informasi penduduk di setiap propinsi
D. menunjukkan gambar penduduk di Indonesia
Jawab:
A. benar, karena mendeskripsikan profil penduduk di Indonesia dengan grafik merupakan hasil belajar dalam yang sesuai untuk merancang alat evaluasi hasil belajar IPS di SD aspek keterampilan untuk materi pokok “Penduduk Indonesia”
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini anda dapat mempelajari Modul 8 KB 4 tentang Merancang & Menyusun alat evaluasi keterampilan IPS
31. Dengan disediakan sejumlah data penduduk di setiap propinsi, angka kelahiran, dan kematian, angka pertambahan penduduk, luas wilayah tiap propinsi, pada saat siswa dan guru membahas potensi penduduk di Indonesia, dalam merancang evaluasi hasil belajar IPS SD aspek nilai dan sikap sosial yang paling sesuai untuk materi tersebut adalah ... .
A. membaca data penduduk
B. menghitung kepadatan penduduk di tiap propinsi
C. menggunakan peta penduduk Indonesia
D. membuat laporan kondisi penduduk
Jawab:
32. Pendekatan pemecahan masalah dapat dirancang kedalam model pembelajaran IPS terpadu, dengan berdasarkan pada pemikiran kritis dan refleksi melalui proses kerja, berikut yang bukan merupakan proses kerja adalah ... .
A. menyadari adanya masalah
B. mencari petunjuk untuk pemecahannya
C. penggunaan pemecahan masalah yang cocok dengan kriteria tertentu
D. menyadari adanya pemecahan masalah
Jawab:
33. Pendekatan Humanistik dapat digunakan dalam merancang model pembelajaran IPS terpadu dalam kegiatan pembelajaran memiliki sasaran dari segi … .
A. berbagai disiplin ilmu lain yang relevan sehingga para siswa melihat topik tersebut lengkap dan terpadu
B. berbagai cabang ilmu lain sehingga siswa mampu belajar dan dapat memahami topik yang akan dibahas
C. ilmu-ilmu sosial yang relevan dan sistematis
D. cabang ilmu-ilmu sosial yang relevan
Jawab:
34. Dalam merancang model pembelajaran IPS terpadu dengan menggunakan pendekatan Wilayah diperlukan persyaratan, berikut yang bukan merupakan syarat dalam perancangan tersebut adalah ... .
A. gejala dipermukaan bumi sebagai hasil interaksi antar wilayah
B. menganalisis penyebaran gejala dalam sistem keruangan
C. interaksi antara variabel manusia dan lingkungan
D. kajian dari berbagai sudut pandang keilmuan
Jawab:
35. Pendekatan Metode Proyek dapat digunakan dalam rancangan model pembelajaran IPS SD dengan kriteria tertentu, berikut yang bukan merupakan kriteria dalam metode proyek adalah ... .
A. kegiatan bersifat nyata
B. memiliki arti dan manfaat bagi siswa
C. bahan dan alat sulit diperoleh
D. hasilnya sepadan dengan waktu yang tersedia
Jawab:
36. Pendekatan metode proyek dapat digunakan untuk model pembelajaran IPS terpadu untuk menghasilkan suatu unjuk kerja siswa, pernyataan berikut merupakan salah satu hasil pembelajaran dengan metode proyek ....
A. membuat maket sekolah
B. membuat saluran irigasi penduduk
C. membantu membuat jalan desa
D. menambah warna, dan simbul dalam peta Indonesia
Jawab:
37. Konsep sejarah merupakan fokus dalam perancangan model pembelajaran IPS terpadu dengan menggunakan pendekatan Kurun Waktu, konsep tersebut antara lain yaitu ... .
A. perubahan, kontinuitas dan waktu
B. perubahan, keruangan dan waktu
C. peristiwa, tempat dan periode
D. kontinuitas, keruangan dan peristiwa
Jawab:
38. Pernyataan berikut merupakan tujuan Kurikulum Pendidikan IPS tahun 2006, agar setiap siswa peserta didik diharapkan mempunyai kemampuan untuk ...
1) berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inquiry dan dapat memecahkan masalah
2) berkomunikasi, dan berkompetisi yang meliputi tingkat lokal, nasional maupun global
3) mengerti, menafsirkan, berkomunikasi merancang, menganalisis dan menyusun laporan
Jawab:
39. Dari Topik Banjir di Ibukota, wilayah-wilayah yang dekat dengan bantaran sungai Ciliwung mulai waspada setiap kali musim hujan biasanya pada bulan Januari curah hujan cukup tinggi, pernyataan ini menunjukkan keterkaitan antara konsep dan generalisasi, berikut ini yang menunjukkan keterampilan personal dan intelektual dari siswa adalah ...
1) siswa mempelajari konsep banjir, curah hujan
2) membaca peta, mencari informasi wilayah banjir
3) berdiskusi dan membuat kesimpulan wilayah banjir
Jawab:
40. Setiap guru SD kelas 3 dan 4 dapat menerapkan metode pembelajaran IPS dengan pendekatan kognitif dengan Topik “Kedudukan keluarga dan peran anggota keluarga” langkah pembelajaran yang paling sesuai adalah menentukan ...
1) materi pokok
2) hasil belajar dan indikator
3) media dan sumber belajar
Jawab:
41. Peneraran metode Pembelajaran IPS SD yang berlandaskan pendekatan sosial di kelas 3 dan 4 SD secara berurutan memiliki tahapan berikut ...
1) orientasi, hipotesis, dan definisi
2) eksplorasi, pembuktian dan generalisasi
3) tingkah laku, evaluasi dan tindak lanjut
Jawab:
42. Untuk menerapkan pendekatan personal dalam Pembelajaran IPS SD setelah menentukan kompetensi dasar, materi pokok, hasil belajar dan indikator dengan Topik ” Penyebaran demam berdarah di desa Sukamaju” langkah pendekatan personal yang paling sesuai untuk pembelajaran IPS SD kelas 3 dan 4 adalah ...
1) menciptakan iklim yang mengundang keterlibatan siswa
2) menentukan masalah diskusi
3) evaluasi dan tindak lanjut
4) orientasi, hipotesis, dan definisi
Jawab:
43. Penerapan model pendekatan modifikasi prilaku dalam Pembelajaran IPS SD diperlukan tahap pengenalan prinsip tingkah laku, untuk menerapkan tahap ini guru memiliki peran sebagai berikut ...
1) memperkenalkan program dan prinsip pendalaman diri
2) membentuk siswa untuk berprestasi
3) membantu siswa menyusun program secara nyata
Jawab:
44. Berikut ini merupakan tahap penerapan metode Inquiry dengan pendekatan kognitif dalam pembelajaran IPS SD kelas 5 dan kelas 6 ....
1) menyajikan masalah
2) mengumpulkan unsur baru
3) menciptakan iklim yang menimbulkan keterlibatan siswa
Jawab:
45. Dalam penerapan metode Inquiry sosial guru berperan sebagai motivator dan reflektor, maka dalam pembelajaran IPS tugas guru adalah ...
1) menjelaskan cara menyusun rencana kegiatan
2) membantu siswa menyusun program
3) menyusun asumsi yang digunakan dan cara berfikir kreatif
Jawab:
46. Tugas guru pada saat menyajikan masalah diskusi dengan penerapan metode pendekatan personal dalam pembelajaran IPS SD adalah ...
1) memberikan pengarahan agar siswa tidak mencela dan mengkritik
2) memberi tugas kelompok untuk menjelaskan topik masalah
3) siswa diberi kebebasan berpendapat
Jawab:
47. Pada tahap evaluasi dan tindak lanjut dalam penerapan pembelajaran IPS dengan pendekatan modifikasi prilaku, tugas guru adalah ...
1) melakukan perencanaan program pembelajaran
2) melakukan penilaian terhadap tingkah laku siswa sesuai program
3) menentukan tindak lanjut
Jawab:
48. Untuk tingkat berfikir Syntesis dalam aspek kognitif yang diterapkan kedalam alat evaluasi pembelajaran IPS SD menuntut siswa untuk memiliki kemampuan untuk ...
1) berfikir kreatif
2) membuat prediksi
3) dapat memecahkan masalah
Jawab:
49. Pak Toni sebagai guru IPS yang sabar dan terampil membuat Peta, Pak Toni memberi tugas membuat Peta Kecamatan Sukamaju, kepada dua orang siswanya, Doni dan Imron,Dony termasuk siswa yang pandai, Imron rajin dan terampil mereka bekerjasama membuat Peta, untuk menilai keberhasilan membuat peta dari aspek sikap sosial, ditentukan oleh ...
1) Doni sebagai siswa yang pandai dan Imron siswa yang rajin dan terampil
2) Imron sebagai siswa yang terampil
3) Pak Toni sebagai guru IPS yang sabar dan terampil membuat Peta
Jawab:
50. Pendekatan humanistik yang digunakan untuk menerapkan pembelajaran IPS terpadu bertujuan untuk ...
1) menelaah suatu masalah
2) memahami masalah dari berbagai sudut pandang
3) menarik kesimpulan secara terpadu dan menyeluruh
Download Soal Ujian UT PGSD PDGK4106
Seperti yang telah kami sampaikan diatas, bahwa selain soal pada artikel ini, kami juga sudah mempersiapkan setiap soal dalam bentuk file dokumen PDF yang nantinya bisa Anda simpan untuk di print sebagai pembelajaran dirumah. Nah berikut ini link yang mengarah pada file PSD yang langsung bisa Anda download.Sangat besar kemungkinan soal-soal yang Anda pelajari akan keluar pada waktu ujian akhir semester nantinya. Dan selain itu dengan mempelajari soal-soal yang telah disertakan kunci jawaban akan lebih memungkinkan Mahasiswa dapat memahami semua mata kuliah. Tak hanya persiapan pada materi, dalam menghadapi ujian nantinya Anda juga perlu menyiapkan hal-hal lainnya sepeti, mental dan persiapan alat tulis agar siap pada waktu ujian.
Sekian artikel terkait soal ujian UT PGSD PDGK4106 Pendidikan IPS di SD, semoga soal yang kami bagikan ini bisa berguna dan bermanfaat untuk Anda dalam menghadapi atau mengikuti ujian akhir semester nantinya, jangan lupa untuk merekomendasikan blog soal uas ut ini pada teman-teman Anda lainnya, terima kasih.