loading...
Soal ujian UT PGSD PDGK4108 Matematika lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan kami bagikan untuk Anda Mahasiswa Universitas Terbuka yang sedang menempuh pendidikan di jurusan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Sebelumnya pada postingan lalu kami telah berbagi Soal Ujian UT PGSD pada semester 2 yaitu contoh laporan praktek UT PGSD PDGK4107 Praktikum IPA di SD. Semua Soal UT yang kami posting pada blog sol uas ut ini merupakan kumpulan dari ringkasan materi dan soal-soal pada modul, jadi tentu tak akan lepas dari mata kuliah yang terkait. Kesibukan serta banyaknya SKS dan mata kuliah yang ditempuh tentu akan sangat menguras fikiran Anda selaku Mahasiswa dalam mempelajari semua mata kuliah. Untuk itu dengan adanya soal-soal ini tentu bisa membantu Anda dalam membagi waktu Anda untuk memahami materi agar bisa mempersiapkan diri mengikuti ujian akhir semester nantinya.
Soal ujian UT PGSD semester 2 ini bisa Anda pelajari langsung dan juga Anda download dalam bentuk PDF. Kami sadar akan kesulitan sebagian Mahasiswa untuk menyimpan soal-soal yang ada, dari itulah kami disini juga sudah mempersiapkan soal ini dalam bentuk dokumen PDF. Jika Anda ingin menyimpan soal-soal ini, kami sarankan untuk langsung mendownload pada link di akhir soal ini.
Soal Ujian UT PGSD Semester 2 lainnya:
Soal-soal UT PGSD Semester 2 yang kami posting ini tentu akan sangat membantu Anda dalam memahami setiap materi pada modul. Dengan mempelajari soal-soal yang telah ada kunci jawaban dan pembahasan soal untuk Anda yakinkan lagi kebenaran jawabannya pada modul akan sangat membantu Anda dalam menyiapkan diri untuk menghadapi ujian akhir semester nantinya.
Nah berikut ini telah kami siapkan khusus untuk Anda Mahasiswa Universitas Terbuka jurusan S1 PGSD soal pada semester 2 PDGK4108 Matematika lengkap dengan kunci jawaban serta pembahasan soalnya.
A. p v q
B. ~ p v q
C. p v ~ q
D. ~ p v ~ q
Jawab:
B. Benar, sebab ~ p bernilai salah, sedang q bernilai salah, sehingga nilai kebenaran dari salah atau salah adalah salah. Jadi jawabannya adalah B
2. Kontrapositif dari implikasi “Jika kuadrat suatu bilangan asli adalah genap maka bilangan asli itu adalah genap” adalah ....
A. jika suatu bilangan asli tidak genap maka kuadrat bilangan asli itu tidak genap
B. jika kuadrat suatu bilangan asli adalah ganjil maka bilangan asli itu adalah ganjil
C. kuadrat suatu bilangan asli adalah genap dan bilangan asli itu tidak genap
D. jika suatu bilangan asli adalah genap maka kuadrat bilangan asli itu adalah genap
Jawab:
A. Benar, sebab kontrapositif dari p Þ q adalah ~ q Þ ~ p
3. Diketahui premis-premis sebagai berikut.
Tino lulus ujian.
Jika matahari terbit dari Barat maka Tino tidak lulus ujian.
Kesimpulan yang dapat ditarik dari premis-premis ini agar diperoleh argumen yang absah adalah ....
A. matahari terbit dari Timur
B. Tino tidak lulus ujian
C. matahari tidak terbit dari Barat
D. Tino lulus ujian
Jawab:
C. Benar, sebab berdasarkan modus tollens [(p Þ q) L ~q] Þ ~p, jawaban C benar
4. Suku ke-n dari barisan 3, 15, 35, 63, 99, ... adalah ....
A. 4 n2 - 1
B. n2 - n
C. 2 n2 + 1
D. 3 n2 + 1
Jawab:
A. Benar, sebab suku-suku barisan itu masing-masing merupakan hasil kali dua bilangan ganjil berturutan, yaitu 1 ´ 3, 3 ´ 5, 5 ´ 7 , 9 ´ 11, ..., (2n – 1) (2n + 1) = 4n2 – 1, jawaban A benar
5. Himpunan bagian dari sistem bilangan jam delapanan dengan penjumlahan jam delapanan yang membentuk sistem lagi adalah ....
A. {1, 3, 7, 9}
B. {2, 4, 6, 8}
C. {1, 3, 6}
D. {2, 4, 8}
Jawab:
B. Benar, sebab {2, 4, 6, 8} dengan penjumlahan jam delapanan bersifat tertutup, yaitu hasil penjumlahan setiap dua anggota A merupakan anggota A lagi. Periksalah dengan menyusun tabel hasil penjumlahannya
6. Himpunan penyelesaian dari adalah ….
A.
B.
C.
D.
Jawab:
D. Benar, himpunan penyelesaiannya...
7. Himpunan penyelesaian adalah ….
A.
B.
C.
D.
Jawab:
A. Benar, sebab penyelesaian...
8. Jika x1, x2 akar-akar persamaan kuadrat dan x1 > x2, maka x1 - x2 = ....
A.
B.
C.
D.
Jawab:
C. Benar, karena koefisien-koefisien dari persamaan adalah a = 6, b = 1, dan c = -2. Jika Koefisien-koefisien tersebut disubstitusikan kedalam rumus kuadrat akan menghasilkan
, karena pada soal x1 > x2, maka akar-akar persamaan adalah
9. Jika dari tali yang panjangnya 6 m akan dibuat segitiga siku-siku dengan ukuran sisi miringnya 2 m, maka batas-batas ukuran alas segitiga siku-sikunya agar luas daerah segitiga lebih dari 1,5 m2 adalah….
A.
B.
C.
D.
Jawab:
B. Benar, sebab misalkan alas segitiga siku-siku tersebut x, maka luas segitiga tersebut, karena L > 1,5
10. Jika diketahui P = {P, a, r, o} dan T = {k, a, r, u, n, g} dan M = {p, i, r, a, n, g}, maka ….
A. P Ç T ={r, a, n, u}
B. P Ç M={r, a, p, i, n}
C. P È M={r, a, p, i, n, g, o}
D. T È M= {k, a, r, i, u, n, g}
Jawab:
C. Benar, sebab P È M={r, a, p, i, n, g, o}
11. P = {x|x ??himpunan bulat negatif lebih besar -9 dan kurang dari 1} dan Q = {x | -3 < x < 6, x ??B}, R adalah Relasi dari P ke Q, dengan aturan “P habis dibagi Q” maka domain dari relasi R adalah .... A. {x | -4 < x < 0} B. {x | -3 < x < 0} C. {-8, -6, -5, -4, -3, -2, -1, 0} D. {1, 2, 3, 4, 5, 6} Jawab:
C. Benar, sebab domain (daerah asal) relasinya {-8, -6, -5, -4, -3, -2, -1, 0}
12. Jika A = {a, b, c} dan B = {d, e, f} maka relasi yang bukan merupakan fungsi dari A ke B adalah pasangan terurut ....
A. {(a, d), (b, e), (c, f)}
B. {(a, f), (b, e), (c, e)}
C. {(a, d), (b, d), (c, d)}
D. {(a, f), (b, d), (b, e)}
Jawab:
D. Benar, sebab {(a, f), (b, d), (b, e)} bukan merupakan fungsi dari A ke B, sebab elemen b Î A menjadi dua kali elemen pertama dalam pasangan terurut yang berbeda, yaitu (b, d) dan (b, e
13. Jika f: R à R dan g: R à R ditentukan oleh rumus f (x) = x2 dan
g (x) = x – 1, maka….
A. (g o f) (x) = x2 - 1 dan (f o g) (x) = (x2 +1)2
B. (g o f) (x) = x2 - 1 dan (f o g) (x) = (x - 1)2
C. (g o f) (x) = (x - 1)2 dan (f o g) (x) = x2 - 1
D. (g o f) (x) = (x + 1)2 dan (f o g) (x) = (x - 1)2
Jawab:
B. Benar , sebab (g o f)(x) = g (f(x)) = g (x2) = x2 – 1 dan (f o g)(x) = f (g(x)) = f(x - 1) = (x - 1)2
14. Dalam suatu kelompok 50 orang siswa, 30 orang belajar matematika, 25 orang belajar IPA, dan 20 orang belajar kedua-duanya, yaitu belajar matematika dan IPA. Seorang siswa dipilih secara acak dari kelompok tersebut. Peluang siswa yang terpilih belajar matematika tetapi tidak belajar IPA adalah ....
A.
B.
C.
D.
Jawab:
C. Benar , masalah ini dapat digambarkan dalam diagram venn. n(S) = 50, n(M) = 10
15. Dalam ruang terdapat 10 orang dan saling berjabat tangan. Banyak jabat tangan yang terjadi seluruhnya adalah ....
A. 20
B. 45
C. 90
D. 100
Jawab:
B. Benar, sebab berjabat tangan melibatkan 2 orang. Dengan demikian banyaknya jabat tangan yang terjadi ada 10 K 2
16. Dari 40 siswa suatu kelas diketahui 26 orang mengikuti kursus komputer, 18 orang mengikuti kursus bahasa Inggris, dan 12 orang mengikuti kedua kursus tersebut. Jika dipilih satu siswa secara acak untuk mewakili kelas dalam pemilihan ketua OSIS, maka peluang siswa yang terpilih tidak mengikuti kedua kursus tersebut adalah ....
A.
B.
C.
D.
Jawab:
A. Benar, sebab kejadian siswa yang terpilih tidak mengikuti kedua kursus merupakan komplemen dari kejadian siswa yang terpilih mengikuti kursus komputer atau bahasa Inggris. p(siswa yang terpilih mengikuti kursus komputer atau bahasa Inggris) = Jadi p(siswa yang terpilih tidak mengikuti kedua kursus)
17. Seorang Petani karena ingin lahan garapannya bertambah luas dia pinjam uang ke Bank yang jumlah totalnya Rp150.000.000,- dengan diskonto tunggal 10% dan waktu pinjam 8 tahun. Berapakah uang yang dibawa pulang Petani ?
A. Rp120.000.000,-
B. Rp120.200.000,-
C. Rp120.400.000,-
D. Rp120.800.000,-
Jawab:
A. Benar, sebab Jumlah total uang pinjaman M= Rp150.000.000,- .Yang terkandung dalam M adalah : M (modal),w
(waktu) dan s (suku bunga), misalkan diskonto adalah d, maka d = w.s.M
d = w.s.M
= 8 ( 0,1 ) M
= 0,8 M
Sehingga pinjaman yang telah di diskonto oleh Bank adalah :
M - 0,8 M = 0,2 M
M = Rp150.000.000,00 , maka diskontonya = 0,2 M
= 0,2 x Rp150.000.000,- = Rp30.000.000,-
Jadi uang yang dibawa pulang Petani: Rp150.000.000 - Rp30.000.000
= Rp120.000.000
18. Pedagang beras antar pulau menyimpan uangnya sebesar Rp60.000.000,- di bank dengan bunga majemuk sebesar 12% per tahun. Nilai akhir modal tersebut setelah 6 bulan adalah….
A. Rp 63.691.209,04,-
B. Rp 65.791.209,04,-
C. Rp 68.891.209,04,-
D. Rp 70.991.209,04,-
Jawab:
A. Benar, diketahui P = Rp60.000.000,-, Bunga setahun = 12%, bunga 1 bulan = 12%/12 = 1%
Modal setelah 6 bulan : P6 = Po (1 + b)6
P6 = Rp 60.000.000,- (1 + 1%)6
= Rp 60.000.000 ( 1 + 0,01 )6
= Rp 60.000.000 ( 1,01 )6
= Rp 63.691.209,04
19. Simpanan pengusaha minyak kelapa sawit Rp10.000.000,- di bayarkan tahunan dengan bunga majemuk 12% per tahun. Lama menabung 5 tahun. Jumlah total akhir Mt ( Post ) dari simpanan itu adalah….
A. Rp 63.528.473,58
B. Rp 66.639.473,58
C. Rp 69.528.473,58
D. Rp 72.639.473,58
Jawab:
A. Benar, dengan menggunakan rumus Mt ( post ) =
= Rp 63.528.473,58
Jumlah total akhir Mt ( Post ) dari simpanan itu adalah= Rp 63.528.473,58
20. Diagram lingkaran di samping ini menunjukkan cara murid-murid datang ke sekolah. Jika jumlah murid 480 orang maka yang berjalan kaki sebanyak ....
A. 80 orang murid
B. 96 orang murid
C. 236 orang murid
D. 244 orang murid
Jawab:
D. Benar, sebab banyak orang yang berjalan kaki
21. Suatu data diketahui jumlahnya 50. Banyaknya data yang kita dapat buat dengan menggunakan aturan sturges adalah ....
A. 5 atau 6 buah
B. 6 atau 7 buah
C. 7 atau 8 buah
D. 8 atau 9 buah
Jawab:
B. Benar, sebab k = 1 + 3,322 log 50 Þ k = 6,644078 atau k = 6,644 dibulatkan berarti k = 6 atau 7
22. Nilai rata-rata dari tabel frekuensi berikut adalah ....
No (i)
A. 76,59
B. 78,35
C. 82,59
D. 85,35
Jawab:
A. Benar, . Jadi, rata-rata hitung dari data tersebut adalah 76,59
23. Nilai D6 dari tabel frekuensi berikut adalah ....
A. 40,23
B. 42,32
C. 44,53
D. 48,65
Jawab:
B. Benar, Untuk menghitung D6 kita perlu tahu letak D6, , yang berarti terletak pada kelas interval ketiga dengan Bb = 35,5; p = 10; F = 21; dan f = 22. Untuk menghitung besarnya nilai D6 gunakan rumus: = 42,32
24. Jika simpangan kuartil dari sekelompok data sama dengan 4 dan kuartil ketiganya (K3) = 16 maka kuartil ke satu (K1) adalah....
A. 4
B. 8
C. 12
D. 16
Jawab:
B. Benar, gunakan rumus SK = ½ (K3 - K1) <--> 4 = ½ (16 - K1) <--> K1= 8
25. Suatu kejadian digambarkan sebagai berikut …
Amir memecahkan suatu masalah matematika, dan menuliskan penyelesaiannya hingga diperoleh hasil akhir, yang bukan merupakan prosedur pemecahan masalah yaitu ….
A. Amir melaksanakan rencana pemecahan masalahnya
B. Amir memecahkan masalah pada tahap penyelesaian
C. Berikutnya Amir harus memeriksa hasil yang diperoleh
D. Amir menerima masalah sebagai suatu tantangan
Jawab:
D. Benar, sebab Amir menerima masalah sebagai suatu tantangan bukan merupakan prosedur pemecahan masalah
26. Soal Buktikan belah ketupat yang salah satu sudutnya siku-siku adalah persegi, merupakan ....
A. soal rutin
B. soal tidak rutin
C. soal biasa
D. soal hafalan
Jawab:
B. Benar, sebab soal tersebut merupakan penerapan topik-topik yang pernah diajarkan, soal yang diberikan berupa kaitan antara topik-topik matematika
27. Suatu translasi dengan vektor u membawa titik A(5, -8) ke titik B(3, -7) maka vektor translasi u adalah ....
A.
B.
C.
D.
Jawab:
A. Benar, vektor translasinya
28. Bayangan titik P(3, -2) pada dilatasi [O, 4] adalah ….
A. P'(12,-8)
B. P'(7, 2)
C. P'(-1, -6)
D. P'(3/4, -1/2)
Jawab:
A. Benar, sebab P(3, -2) absis dan ordinatnya masing-masing dikalikan 4, P(3, -2) pada dilatasi [O, 4]: P(3, -2) ® P'(12,-8)
29. 12-19IDiketahui??ABC sama kaki, AD dan BE garis berat maka untuk membuktikan bahwa ?ADC ???BEC, kita menggunakan .…
A. S S S
B. Sd S Sd
C. S S Sd
D. S Sd S
Jawab:
D. Benar, terdapat dua pasang sisi sama dan sepasang sudut sama dan urutannya S Sd S
30. 12-46Pada jajaran genjang ABCD di samping, E adalah titik pertengahan sisi DC maka AP : PE adalah ....
A. 3 : 1
B. 2 : 1
C. 3 : 2
D. 4 : 3
Jawab:
B. Benar, karena jika ditarik diagonal AC, misalkan AC memotong BD di O maka DO sebagai garis berat DACD. Garis-garis berat suatu segitiga berpotongan dengan perbandingan panjang potong-potongannya sebagai 2 : 1
-->-->
Jika Anda mengalami kesulitan dalam mencari soal-soal yang pada blog ini, jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami melalui halaman Contact. Mempelajari soal-soal ini akan sangat membantu Anda dalam memahami materi dengan cepat dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian akhir semester nantinya.
Sekian artikel terkait soal ujian UT PGSD PDGK4108 Matematika, semoga soal yang kami bagikan ini bisa berguna dan bermanfaat untuk Anda dalam menghadapi atau mengikuti ujian akhir semester nantinya, jangan lupa untuk merekomendasikan blog soal uas ut ini pada teman-teman Anda lainnya, terima kasih.
Soal ujian UT PGSD semester 2 ini bisa Anda pelajari langsung dan juga Anda download dalam bentuk PDF. Kami sadar akan kesulitan sebagian Mahasiswa untuk menyimpan soal-soal yang ada, dari itulah kami disini juga sudah mempersiapkan soal ini dalam bentuk dokumen PDF. Jika Anda ingin menyimpan soal-soal ini, kami sarankan untuk langsung mendownload pada link di akhir soal ini.
Soal Ujian UT PGSD Semester 2 lainnya:
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4105 Strategi Pembelajaran di SD
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4106 Pendidikan IPS di SD
- Contoh Laporan Praktek PDGK4107 Praktikum IPA di SD
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4108 Matematika
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4109 Bahasa dan Sastra Indonesia di SD
Soal-soal UT PGSD Semester 2 yang kami posting ini tentu akan sangat membantu Anda dalam memahami setiap materi pada modul. Dengan mempelajari soal-soal yang telah ada kunci jawaban dan pembahasan soal untuk Anda yakinkan lagi kebenaran jawabannya pada modul akan sangat membantu Anda dalam menyiapkan diri untuk menghadapi ujian akhir semester nantinya.
Soal Ujian UT PGSD PDGK4108 Matematika Beserta Kunci Jawaban
Menjadi salah satu Mahasiswa di Universitas Terbuka memang dituntut untuk mempelajari materi Kesiapan dalam menghadapi ujian akhir semester tentu sangat perlu dilakukan, memahami materi dengan cara mempelajari soal-soal yang ada akan mempersingkat waktu Anda. Hal ini akan sangat efektif ketimbang Anda menghafal materi pada semua modul, dan kami yakin dengan cara tersebut tidaklah efektif mengingat banyaknya mata kuliah serta SKS yang besar. Jadi dengan cara mempelajari soal akan memungkinkan Anda dapat memahami sema mata kuliah. Untuk melihat semua soal terkait semester 2 untuk jurusan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) silahkan Anda menuju artikel Soal Ujian UT PGSD.Nah berikut ini telah kami siapkan khusus untuk Anda Mahasiswa Universitas Terbuka jurusan S1 PGSD soal pada semester 2 PDGK4108 Matematika lengkap dengan kunci jawaban serta pembahasan soalnya.
Soal Ujian UT PGSD PDGK4108
1. Jika p = seekor ayam mempunyai 2 kaki, q = Surabaya terletak di pulau Kalimantan, Maka disjungsi berikut ini yang bernilai salah adalah ….A. p v q
B. ~ p v q
C. p v ~ q
D. ~ p v ~ q
Jawab:
B. Benar, sebab ~ p bernilai salah, sedang q bernilai salah, sehingga nilai kebenaran dari salah atau salah adalah salah. Jadi jawabannya adalah B
2. Kontrapositif dari implikasi “Jika kuadrat suatu bilangan asli adalah genap maka bilangan asli itu adalah genap” adalah ....
A. jika suatu bilangan asli tidak genap maka kuadrat bilangan asli itu tidak genap
B. jika kuadrat suatu bilangan asli adalah ganjil maka bilangan asli itu adalah ganjil
C. kuadrat suatu bilangan asli adalah genap dan bilangan asli itu tidak genap
D. jika suatu bilangan asli adalah genap maka kuadrat bilangan asli itu adalah genap
Jawab:
A. Benar, sebab kontrapositif dari p Þ q adalah ~ q Þ ~ p
3. Diketahui premis-premis sebagai berikut.
Tino lulus ujian.
Jika matahari terbit dari Barat maka Tino tidak lulus ujian.
Kesimpulan yang dapat ditarik dari premis-premis ini agar diperoleh argumen yang absah adalah ....
A. matahari terbit dari Timur
B. Tino tidak lulus ujian
C. matahari tidak terbit dari Barat
D. Tino lulus ujian
Jawab:
C. Benar, sebab berdasarkan modus tollens [(p Þ q) L ~q] Þ ~p, jawaban C benar
4. Suku ke-n dari barisan 3, 15, 35, 63, 99, ... adalah ....
A. 4 n2 - 1
B. n2 - n
C. 2 n2 + 1
D. 3 n2 + 1
Jawab:
A. Benar, sebab suku-suku barisan itu masing-masing merupakan hasil kali dua bilangan ganjil berturutan, yaitu 1 ´ 3, 3 ´ 5, 5 ´ 7 , 9 ´ 11, ..., (2n – 1) (2n + 1) = 4n2 – 1, jawaban A benar
5. Himpunan bagian dari sistem bilangan jam delapanan dengan penjumlahan jam delapanan yang membentuk sistem lagi adalah ....
A. {1, 3, 7, 9}
B. {2, 4, 6, 8}
C. {1, 3, 6}
D. {2, 4, 8}
Jawab:
B. Benar, sebab {2, 4, 6, 8} dengan penjumlahan jam delapanan bersifat tertutup, yaitu hasil penjumlahan setiap dua anggota A merupakan anggota A lagi. Periksalah dengan menyusun tabel hasil penjumlahannya
6. Himpunan penyelesaian dari adalah ….
A.
B.
C.
D.
Jawab:
D. Benar, himpunan penyelesaiannya...
7. Himpunan penyelesaian adalah ….
A.
B.
C.
D.
Jawab:
A. Benar, sebab penyelesaian...
8. Jika x1, x2 akar-akar persamaan kuadrat dan x1 > x2, maka x1 - x2 = ....
A.
B.
C.
D.
Jawab:
C. Benar, karena koefisien-koefisien dari persamaan adalah a = 6, b = 1, dan c = -2. Jika Koefisien-koefisien tersebut disubstitusikan kedalam rumus kuadrat akan menghasilkan
, karena pada soal x1 > x2, maka akar-akar persamaan adalah
9. Jika dari tali yang panjangnya 6 m akan dibuat segitiga siku-siku dengan ukuran sisi miringnya 2 m, maka batas-batas ukuran alas segitiga siku-sikunya agar luas daerah segitiga lebih dari 1,5 m2 adalah….
A.
B.
C.
D.
Jawab:
B. Benar, sebab misalkan alas segitiga siku-siku tersebut x, maka luas segitiga tersebut, karena L > 1,5
10. Jika diketahui P = {P, a, r, o} dan T = {k, a, r, u, n, g} dan M = {p, i, r, a, n, g}, maka ….
A. P Ç T ={r, a, n, u}
B. P Ç M={r, a, p, i, n}
C. P È M={r, a, p, i, n, g, o}
D. T È M= {k, a, r, i, u, n, g}
Jawab:
C. Benar, sebab P È M={r, a, p, i, n, g, o}
11. P = {x|x ??himpunan bulat negatif lebih besar -9 dan kurang dari 1} dan Q = {x | -3 < x < 6, x ??B}, R adalah Relasi dari P ke Q, dengan aturan “P habis dibagi Q” maka domain dari relasi R adalah .... A. {x | -4 < x < 0} B. {x | -3 < x < 0} C. {-8, -6, -5, -4, -3, -2, -1, 0} D. {1, 2, 3, 4, 5, 6} Jawab:
C. Benar, sebab domain (daerah asal) relasinya {-8, -6, -5, -4, -3, -2, -1, 0}
12. Jika A = {a, b, c} dan B = {d, e, f} maka relasi yang bukan merupakan fungsi dari A ke B adalah pasangan terurut ....
A. {(a, d), (b, e), (c, f)}
B. {(a, f), (b, e), (c, e)}
C. {(a, d), (b, d), (c, d)}
D. {(a, f), (b, d), (b, e)}
Jawab:
D. Benar, sebab {(a, f), (b, d), (b, e)} bukan merupakan fungsi dari A ke B, sebab elemen b Î A menjadi dua kali elemen pertama dalam pasangan terurut yang berbeda, yaitu (b, d) dan (b, e
13. Jika f: R à R dan g: R à R ditentukan oleh rumus f (x) = x2 dan
g (x) = x – 1, maka….
A. (g o f) (x) = x2 - 1 dan (f o g) (x) = (x2 +1)2
B. (g o f) (x) = x2 - 1 dan (f o g) (x) = (x - 1)2
C. (g o f) (x) = (x - 1)2 dan (f o g) (x) = x2 - 1
D. (g o f) (x) = (x + 1)2 dan (f o g) (x) = (x - 1)2
Jawab:
B. Benar , sebab (g o f)(x) = g (f(x)) = g (x2) = x2 – 1 dan (f o g)(x) = f (g(x)) = f(x - 1) = (x - 1)2
14. Dalam suatu kelompok 50 orang siswa, 30 orang belajar matematika, 25 orang belajar IPA, dan 20 orang belajar kedua-duanya, yaitu belajar matematika dan IPA. Seorang siswa dipilih secara acak dari kelompok tersebut. Peluang siswa yang terpilih belajar matematika tetapi tidak belajar IPA adalah ....
A.
B.
C.
D.
Jawab:
C. Benar , masalah ini dapat digambarkan dalam diagram venn. n(S) = 50, n(M) = 10
15. Dalam ruang terdapat 10 orang dan saling berjabat tangan. Banyak jabat tangan yang terjadi seluruhnya adalah ....
A. 20
B. 45
C. 90
D. 100
Jawab:
B. Benar, sebab berjabat tangan melibatkan 2 orang. Dengan demikian banyaknya jabat tangan yang terjadi ada 10 K 2
16. Dari 40 siswa suatu kelas diketahui 26 orang mengikuti kursus komputer, 18 orang mengikuti kursus bahasa Inggris, dan 12 orang mengikuti kedua kursus tersebut. Jika dipilih satu siswa secara acak untuk mewakili kelas dalam pemilihan ketua OSIS, maka peluang siswa yang terpilih tidak mengikuti kedua kursus tersebut adalah ....
A.
B.
C.
D.
Jawab:
A. Benar, sebab kejadian siswa yang terpilih tidak mengikuti kedua kursus merupakan komplemen dari kejadian siswa yang terpilih mengikuti kursus komputer atau bahasa Inggris. p(siswa yang terpilih mengikuti kursus komputer atau bahasa Inggris) = Jadi p(siswa yang terpilih tidak mengikuti kedua kursus)
17. Seorang Petani karena ingin lahan garapannya bertambah luas dia pinjam uang ke Bank yang jumlah totalnya Rp150.000.000,- dengan diskonto tunggal 10% dan waktu pinjam 8 tahun. Berapakah uang yang dibawa pulang Petani ?
A. Rp120.000.000,-
B. Rp120.200.000,-
C. Rp120.400.000,-
D. Rp120.800.000,-
Jawab:
A. Benar, sebab Jumlah total uang pinjaman M= Rp150.000.000,- .Yang terkandung dalam M adalah : M (modal),w
(waktu) dan s (suku bunga), misalkan diskonto adalah d, maka d = w.s.M
d = w.s.M
= 8 ( 0,1 ) M
= 0,8 M
Sehingga pinjaman yang telah di diskonto oleh Bank adalah :
M - 0,8 M = 0,2 M
M = Rp150.000.000,00 , maka diskontonya = 0,2 M
= 0,2 x Rp150.000.000,- = Rp30.000.000,-
Jadi uang yang dibawa pulang Petani: Rp150.000.000 - Rp30.000.000
= Rp120.000.000
18. Pedagang beras antar pulau menyimpan uangnya sebesar Rp60.000.000,- di bank dengan bunga majemuk sebesar 12% per tahun. Nilai akhir modal tersebut setelah 6 bulan adalah….
A. Rp 63.691.209,04,-
B. Rp 65.791.209,04,-
C. Rp 68.891.209,04,-
D. Rp 70.991.209,04,-
Jawab:
A. Benar, diketahui P = Rp60.000.000,-, Bunga setahun = 12%, bunga 1 bulan = 12%/12 = 1%
Modal setelah 6 bulan : P6 = Po (1 + b)6
P6 = Rp 60.000.000,- (1 + 1%)6
= Rp 60.000.000 ( 1 + 0,01 )6
= Rp 60.000.000 ( 1,01 )6
= Rp 63.691.209,04
19. Simpanan pengusaha minyak kelapa sawit Rp10.000.000,- di bayarkan tahunan dengan bunga majemuk 12% per tahun. Lama menabung 5 tahun. Jumlah total akhir Mt ( Post ) dari simpanan itu adalah….
A. Rp 63.528.473,58
B. Rp 66.639.473,58
C. Rp 69.528.473,58
D. Rp 72.639.473,58
Jawab:
A. Benar, dengan menggunakan rumus Mt ( post ) =
= Rp 63.528.473,58
Jumlah total akhir Mt ( Post ) dari simpanan itu adalah= Rp 63.528.473,58
20. Diagram lingkaran di samping ini menunjukkan cara murid-murid datang ke sekolah. Jika jumlah murid 480 orang maka yang berjalan kaki sebanyak ....
A. 80 orang murid
B. 96 orang murid
C. 236 orang murid
D. 244 orang murid
Jawab:
D. Benar, sebab banyak orang yang berjalan kaki
21. Suatu data diketahui jumlahnya 50. Banyaknya data yang kita dapat buat dengan menggunakan aturan sturges adalah ....
A. 5 atau 6 buah
B. 6 atau 7 buah
C. 7 atau 8 buah
D. 8 atau 9 buah
Jawab:
B. Benar, sebab k = 1 + 3,322 log 50 Þ k = 6,644078 atau k = 6,644 dibulatkan berarti k = 6 atau 7
22. Nilai rata-rata dari tabel frekuensi berikut adalah ....
No (i)
A. 76,59
B. 78,35
C. 82,59
D. 85,35
Jawab:
A. Benar, . Jadi, rata-rata hitung dari data tersebut adalah 76,59
23. Nilai D6 dari tabel frekuensi berikut adalah ....
A. 40,23
B. 42,32
C. 44,53
D. 48,65
Jawab:
B. Benar, Untuk menghitung D6 kita perlu tahu letak D6, , yang berarti terletak pada kelas interval ketiga dengan Bb = 35,5; p = 10; F = 21; dan f = 22. Untuk menghitung besarnya nilai D6 gunakan rumus: = 42,32
24. Jika simpangan kuartil dari sekelompok data sama dengan 4 dan kuartil ketiganya (K3) = 16 maka kuartil ke satu (K1) adalah....
A. 4
B. 8
C. 12
D. 16
Jawab:
B. Benar, gunakan rumus SK = ½ (K3 - K1) <--> 4 = ½ (16 - K1) <--> K1= 8
25. Suatu kejadian digambarkan sebagai berikut …
Amir memecahkan suatu masalah matematika, dan menuliskan penyelesaiannya hingga diperoleh hasil akhir, yang bukan merupakan prosedur pemecahan masalah yaitu ….
A. Amir melaksanakan rencana pemecahan masalahnya
B. Amir memecahkan masalah pada tahap penyelesaian
C. Berikutnya Amir harus memeriksa hasil yang diperoleh
D. Amir menerima masalah sebagai suatu tantangan
Jawab:
D. Benar, sebab Amir menerima masalah sebagai suatu tantangan bukan merupakan prosedur pemecahan masalah
26. Soal Buktikan belah ketupat yang salah satu sudutnya siku-siku adalah persegi, merupakan ....
A. soal rutin
B. soal tidak rutin
C. soal biasa
D. soal hafalan
Jawab:
B. Benar, sebab soal tersebut merupakan penerapan topik-topik yang pernah diajarkan, soal yang diberikan berupa kaitan antara topik-topik matematika
27. Suatu translasi dengan vektor u membawa titik A(5, -8) ke titik B(3, -7) maka vektor translasi u adalah ....
A.
B.
C.
D.
Jawab:
A. Benar, vektor translasinya
28. Bayangan titik P(3, -2) pada dilatasi [O, 4] adalah ….
A. P'(12,-8)
B. P'(7, 2)
C. P'(-1, -6)
D. P'(3/4, -1/2)
Jawab:
A. Benar, sebab P(3, -2) absis dan ordinatnya masing-masing dikalikan 4, P(3, -2) pada dilatasi [O, 4]: P(3, -2) ® P'(12,-8)
29. 12-19IDiketahui??ABC sama kaki, AD dan BE garis berat maka untuk membuktikan bahwa ?ADC ???BEC, kita menggunakan .…
A. S S S
B. Sd S Sd
C. S S Sd
D. S Sd S
Jawab:
D. Benar, terdapat dua pasang sisi sama dan sepasang sudut sama dan urutannya S Sd S
30. 12-46Pada jajaran genjang ABCD di samping, E adalah titik pertengahan sisi DC maka AP : PE adalah ....
A. 3 : 1
B. 2 : 1
C. 3 : 2
D. 4 : 3
Jawab:
B. Benar, karena jika ditarik diagonal AC, misalkan AC memotong BD di O maka DO sebagai garis berat DACD. Garis-garis berat suatu segitiga berpotongan dengan perbandingan panjang potong-potongannya sebagai 2 : 1
-->-->
Download Soal Ujian UT PGSD PDGK4108
Seperti yang telah kami sampaikan diatas, bahwa selain soal pada artikel ini, kami juga sudah mempersiapkan setiap soal dalam bentuk file dokumen PDF yang nantinya bisa Anda simpan untuk di print sebagai pembelajaran dirumah. Nah berikut ini link yang mengarah pada file PSD yang langsung bisa Anda download.Jika Anda mengalami kesulitan dalam mencari soal-soal yang pada blog ini, jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami melalui halaman Contact. Mempelajari soal-soal ini akan sangat membantu Anda dalam memahami materi dengan cepat dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian akhir semester nantinya.
Sekian artikel terkait soal ujian UT PGSD PDGK4108 Matematika, semoga soal yang kami bagikan ini bisa berguna dan bermanfaat untuk Anda dalam menghadapi atau mengikuti ujian akhir semester nantinya, jangan lupa untuk merekomendasikan blog soal uas ut ini pada teman-teman Anda lainnya, terima kasih.