Friday, 17 February 2017

Soal Ujian UT Manajemen ESPA4111 Pengantar Ekonomi Mikro Beserta Kunci Jawaban

Soal Ujian UT (Universitas Terbuka) Manajemen ESPA4111 Pengantar Ekonomi Mikro lengkap dengan kunci jawaban kami bagikan untuk Anda Mahasiswa FEKON (Fakultas Ekonomi) non Pendas yang sekarang ini sedang menempuh pendidikan pada semester 2. Pada arikel sebelumnya kami telah berbagi lengkap Soal Ujian UT Menajemen Semester 2, terakhir kami memposting Soal Ujian UT Manajemen EKSI4205 Bank dan Lembaga Keuangan Non Bank. Mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Akhir Semster tentu sangat perlu Anda lakukan, jika Anda ingin mendapatkan nilai yang bagus. Namun tentu kami paham betul dengan kesibukan pekerjaan Anda selaku Mahasiswa UT tentu sangat sulit membagi waktunya. Nah dengan adanya soal seperti ini kami harap bisa membantu Anda dalam memahami materi yang ada, sehingga Anda lebih siap dalam mengikuti Ujian UT nantinya. Soal yang kami bagikan ini tentu sudah dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Jadi Anda sangat dimudahkan sekali, Anda juga bisa mempelajari semua soal ini secara online melalui Handphone Anda, karena dalam hal ini kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabannya.

Dengan adanya Soal Ujian UT Manajemen dan berbagai Soal UT untuk jurusan lainnya baik Pendas maupun Non Pendas yang telah kami sajikan pada blog ini, tentu Anda akan lebih dimudahkan dalam mempelajari isi materi pada modul. Tak hanya soal saja, namun kami juga memposting berbagai hal lainnya terkait tugas dari Mahasiswa UT, seperti Contoh Laporan PKP UT, Contoh Laporan PKM UT dan masih banyak lainnya. Anda juga bia melihat Nilai Ujian UT pada artikel kami sebelumnya, Anda kan dipandu jika masih belum paham bagaimana cara mengecek Nilai Ujian UT.

Soal Ujian UT Manajemen Semester 2 lainnya:

Soal Ujian UT yang kami bagikan ini tak kami pisahkan antara soal dan kunci jawabannya, jadi tentunya Anda sangat mudah sekali dalam mempelajarinya. Anda bisa mempelajari soal ini secara online. Kami juga telah menyiapkan setiap soal dalam bentuk dokumen PDF yang mana Anda bisa mendownload soal ini pada akhir artikel.

Soal Ujian UT Manajemen ESPA4111 Pengantar Ekonomi Mikro

Soal Ujian UT Manajemen ESPA4111 Pengantar Ekonomi Mikro Beserta Kunci Jawaban

Seperti yang telah kami sampaikan diatas bahwa pada blog Soal UAS UT ini kami tidak hanya berbagi Soal untuk satu jurusan saja, namun kami juga berbagi berbagai soal lainnya untuk jurusan yang berbeda, nah untuk melihat lengkap soal-soal jurusan lainnya, silahkan Anda merujuk ke postingan kami Soal Ujian UT. Soal yang kami bagikan untuk jurusan Manajemen ini tentunya lengkap, mulai dari semester 1 sampai dengan semester 8, untuk melihat daftar lengkap soalnya, Anda bisa menuju artikel kami Soal Ujian UT Manajemen.

Nah berikut ini soal lengkap dari mata kuliah ESPA4111 Pengantar Ekonomi Mikro lengkap dengan kunci jawaban serta pembahasan soalnya yang bisa Anda pelajari untuk persiapan dalam mengikuti ujian akhir semester nantinya.

Soal Ujian UT Manajemen ESPA4111

1. Studi tentang bagaimana orang-orang atau masyarakat memilih menggunakan berbagai sumber daya produktif yang langka disebut sebagai…..
A. ekonometrika
B. ilmu geografi
C. ekonomika
D. studi pustaka
Jawab:
C. Jawaban Anda Benar.
Menurut Paul Samuelson, ekonomika adalah studi tentang bagaimana orang-orang atau masyarakat memilih menggunakan berbagai sumber daya produktif yang langka dan mempunyai alternatif penggunaan dalam memproduksi berbagai komoditi dan mendistribusikan untuk konsumsi masa sekarang maupun di masa yang akan datang di antara berbagai individu maupun kelompok-kelompok di dalam masyarakat

2. Barang atau jasa yang digunakan oleh produsen dalam proses produksi mereka disebut sebagai….
A. input
B. bahan baku
C. output
D. hasil produksi
Jawab:
A. Jawaban Anda Benar.
Input atau faktor produksi adalah barang-barang atau jasa-jasa yang digunakan oleh produsen dalam proses produksi merekA. Input-input dikombinasikan dan diolah untuk menghasilkan output. Output merupakan barang dan jasa yang dapat dikonsumsi langsung atau menjadi input bagi proses produksi selanjutnya.

3. Fokus ilmu ekonomi adalah menyusun prinsip-prinsip ekonomi yang kemudian digunakan untuk merumuskan…….
A. permasalahan ekonomi
B. model ekonomi
C. variabel ekonomi
D. kebijakan ekonomi
Jawab:
D. Jawaban Anda Benar.
Fokus ilmu ekonomi adalah menyusun prinsip-prinsip ekonomi yang kemudian digunakan untuk merumuskan kebijakan ekonomi

4. Dalam metode ilmu ekonomi, variabel fakta meliputi …….
A. perbandingan penggunaan input dan output
B. konsumsi barang-barang dan jasa-jasa
C. jumlah output dari proses produksi
D. teori yang dipergunakan
Jawab:
B. Jawaban Anda Benar.
Dalam ilmu ekonomi, fakta meliputi perilaku ekonomi perorangan atau lembaga yang terlibat dalam kegiatan produksi, pertukaran, serta konsumsi barang-barang dan jasa-jasA. Tugas pengumpulan fakta bisa merupakan hal kompleks karena dalam kenyataan terdapat hubungan yang luas dan rumit. Dalam hal ini harus dibedakan dulu antara fakta ekonomi dan fakta nonekonomi. Bila pengumpulan telah selesai sering kali mereka tidak mempunyai hubungan satu sama lain

5. Salah satu manfaat dari penggunaan prinsip atau teori ekonomi yaitu ……
A. mengukur kenaikan produksi barang-barang dan jasa-jasa
B. menentukan kondisi full employment
C. dasar penyusunan kebijakan ekonomi
D. pengukuran penyebaran distribusi pendapatan
Jawab:
C. Jawaban Anda Benar.
Manfaat dari prinsip atau teori ekonomi yaitu:
menolong menjelaskan mengapa suatu hal terjadi dan bagaimana proses kejadiannyA. Prinsip atau teori ekonomi menjelaskan mengapa terjadi perubahan harga, faktor-faktor apa yang mempengaruhi, bagaimana prosesnya, dan sebagainyA. Prinsip-prinsip ekonomi dapat digunakan sebagai alat untuk menganalisis realitas;
sebagai basis atau dasar penyusunan kebijakan ekonomi, yaitu untuk menyelesaikan masalah ekonomi tertentu. Teori ekonomi merupakan salah satu alat penting untuk mengadakan prakiraan, yaitu bila beberapa kejadian tidak diinginkan, katakanlah misalnya inflasi atau pengangguran, maka kita dapat mempengaruhi atau mengendalikan

6. Fungsi yang menunjukkan berbagai jumlah suatu produk yang para konsumen ingin dan mampu membeli pada berbagai tingkat harga disebut…..
A. pertambahan kapital
B. penawaran
C. daya beli
D. permintaan
Jawab:
D. Jawaban Anda Benar
Permintaan dalam pengertian ilmu ekonomi didefinisikan sebagai skedul, kurva, atau fungsi yang menunjukkan berbagai jumlah suatu produk yang para konsumen ingin dan mampu membeli pada berbagai tingkat harga yang mungkin selama periode waktu tertentu. Jadi, permintaan menunjukkan hubungan antara harga dan jumlah barang yang diminta

7. Kurva permintaan menggambarkan hubungan terbalik antara ….
A. tenaga kerja dan modal
B. harga dengan kuantitas barang yang diminta
C. ekspor dan impor
D. jumlah pendapatan dan ekspor
Jawab:
B. Jawaban Anda Benar.
Kurva permintaan menggambarkan hubungan terbalik antara harga dengan kuantitas barang yang dimintA. Kurva ini berbentuk menurun dari kiri atas ke kanan bawah.

8. Faktor yang menentukan tinggi rendahnya tingkat permintaan konsumen adalah…….
A. jumlah hutangr
B. selera
C. ketersediaan barang
D. perbandingan antara input produksi dan output produksi
Jawab:
B. Jawaban Anda Benar
Banyak faktor yang menentukan permintaan, salah satu yang terpenting adalah harga barang itu sendiri. Kurva dan skedul permintaan menggambarkan hal ini dengan menganggap faktor-faktor lain selain faktor harga adalah tetap (tak berubah atau konstan). Ingat anggapan ceteris paribus, bila faktor-faktor lain selain harga mengalami perubahan maka kurva permintaan akan bergeser ke kiri atau ke kanan. Hal ini jelas karena skedul atau kurva permintaan digambarkan dengan anggapan hal-hal lain tetap tak berubah atau konstan.

Faktor-faktor selain harga barang itu sendiri yang menentukan permintaan konsumen individual dan permintaan pasar adalah selera atau preferensi konsumen akan barang tersebut, banyaknya konsumen individual di pasar, pendapatan, harga barang-barang lain baik yang merupakan barang pengganti maupun barang pelengkap, dan ekspektasi atau prakiraan konsumen akan harga-harga dan pendapatan di masa depan. Hal ini dapat dituliskan sebagai berikut.
D = f (S, Ps, P1, Y, B, K)
di mana D adalah permintaan akan suatu barang yang merupakan fungsi dari S yaitu selera konsumen akan barang tersebut, Ps adalah harga barang itu sendiri, P1 adalah harga barang-barang lain baik merupakan barang pelengkap maupun barang pengganti, Y adalah pendapatan konsumen, B adalah banyaknya konsumen di pasar dan K adalah ekspektasi atau prakiraan konsumen akan harga-harga barang dan pendapatannya di masa depan


9. Variabel yang berpengaruh terhadap tingkat penawaran adalah …..
A. selera konsumen
B. pendapatan konsumen
C. ekspektasi harga di masa depan
D. banyaknya konsumen di pasar
Jawab:
C. Jawaban Anda Benar.
Faktor-faktor selain harga sendiri yang mempengaruhi penawaran pada dasarnya adalah teknik produksi yang digunakan, harga input, harga barang-barang lain, ekspektasi harga di masa depan, banyaknya pembeli di pasar, dan pajak atau subsidi

10. Faktor yang secara umum menentukan elastisitas permintaan adalah…..
A. pendapatan konsumen
B. ekspektasi harga di masa depan
C. selera konsumen
D. proporsi pendapatan yang dibelanjakan pada barang tersebut
Jawab:
D. Jawaban Anda Benar.
Faktor-faktor berikut secara umum menentukan elastisitas permintaan meskipun dalam beberapa hal dijumpai beberapa pengecualian.
Substitubilitas. Semakin banyak barang substitusi (pengganti) yang tersedia untuk barang tersebut maka semakin besar elastisitas permintaan.
Proporsi pendapatan yang dibelanjakan pada barang tersebut. Bila hal-hal lain sama maka semakin besar bagian pendapatan konsumen dibelanjakan untuk barang tersebut maka semakin elastis permintaan.
Jenis barang. Jenis barang bisa berupa barang kebutuhan sehari-hari atau barang mewah. Permintaan untuk barang-barang yang merupakan kebutuhan konsumen sehari-hari inelastis, sedangkan permintaan barang mewah elastis.
Lamanya periode waktu. Umumnya dikatakan, semakin panjang periode waktu maka semakin elastis kurva permintaan. Ini adalah periode yang dicakup dalam analisis permintaan. Perilaku konsumen dipengaruhi oleh kebiasaan pola konsumsi yang terbentuk dalam waktu lama

11. Hukum daya guna marjinal yang menurun dikenal dengan hukum……
A. The law of Diminishing Marginal Utility
B. The law of Diminishing Marginal Return
C. The law of Diminishing Total Utility
D. The law of Diminishing Total Return
Jawab:
A. Jawaban Anda Benar.
Hukum The law of Diminishing Marginal Utility menyatakan bila konsumsi suatu barang terus dipenuhi maka kepuasan total yang diperoleh konsumen dari proses konsumsi barang tersebut mula-mula naik, mencapai maksimum (kejenuhan) dan kemudian menurun. Konsumen yang mengonsumsi barang dalam jumlah yang semakin meningkat maka kepuasan totalnya (total utility) akan semakin meningkat, namun tambahan kepuasan (marginal utility) semakin menurun

12. Tambahan kepuasan yang diperoleh seorang konsumen untuk setiap satu satuan tambahan barang yang dikonsumsi disebut sebagai….
A. daya guna marjinal
B. kepuasan total
C. nilai guna parsial
D. daya guna parsial
Jawab:
A. Jawaban Anda Benar.
Daya guna-marjinal adalah tambahan kepuasan yang diperoleh seorang konsumen untuk setiap satu satuan tambahan barang yang dikonsumsi. Selanjutnya dianggap daya-guna yang diperoleh dapat diukur dengan satuan daya gunA. Misalkan seorang mahasiswa yang baru saja selesai berlatih olah raga bola basket memperoleh kepuasan sebesar 10 satuan daya guna dari minum satu gelas air. Bila kemudian ia minum segelas lagi maka tambahan kepuasan berkurang, katakanlah ia hanya memperoleh 8 satuan, dan begitu seterusnya tambahan daya guna yang diperoleh dan setiap tambahan segelas air terus menurun hingga mahasiswa tersebut mengalami kejenuhan air minum

13. Salah satu ciri dari kurva indiferensi adalah ……..
A. berlereng positif
B. saling berpotongan
C. bentuknya cembung ke arah titik origin
D. berbentuk cekung terhadap titik origin
Jawab:
C. Jawaban Anda Benar.
Ciri-ciri kurva indiferensi adalah sebagai berikut.
Berlereng menurun atau negatif. Kurvanya berbentuk menurun dari kiri atas ke kanan bawah. Hal ini karena bila jumlah suatu barang dalam suatu bundel konsumsi dikurangi maka jumlah barang lain harus ditambah agar tetap dapat memperoleh tingkat daya guna total yang sama.
Bentuknya cembung ke arah titik origin. Hal ini menunjukkan derajat penggantian antar barang konsumsi semakin menurun. Derajat penggantian menunjukkan berapa satuan barang harus ditambahkan pada suatu bundel konsumsi agar diperoleh daya guna total yang sama bila barang konsumsi lain dikurangi satu satuan.
Kurva-kurva indiferensi tidak saling memotong

14. Batas kombinasi atau bundel konsumsi mana yang dapat dibeli dengan pendapatan disebut….
A. kurva indiferensi
B. garis kendala anggaran
C. garis anggaran (budget line)
D. kurva maksimasi keuntungan
Jawab:
B. Jawaban Anda Benar.
Garis kendala anggaran menunjukkan batas kombinasi atau bundel konsumsi mana yang dapat dibeli dengan pendapatan atau anggaran konsumen tersebut. Konsumen tidak mungkin membeli bundel barang yang ada di sebelah kanan atas garis kendala-anggaran. Hal tersebut ditunjukkan oleh gambar berikut:

15. Salah satu faktor (variabel) bukan harga yang mempengaruhi permintaan adalah …..
A. pendapatan konsumen
B. luas pasar
C. tingkat suku bunga
D. adanya barang komplementer
Jawab:
A. Jawaban Anda Benar.
Salah satu faktor (variabel) bukan harga yang mempengaruhi permintaan adalah pendapatan konsumen

16. IKurva yang menunjukkan hubungan antara pendapatan dan kuantitas yang diminta disebut sebagai kurva…..
A. U Terbalik
B. Indiferensi
C. Engel
D. Kendala anggaran
Jawab:
C. Jawaban Anda Benar.
Kurva Engel yaitu kurva yang menunjukkan hubungan antara pendapatan dan kuantitas yang dimintA. Pada kasus barang normal, kurva Engel berlereng menanjak karena kenaikan pendapatan akan menambah kemampuan konsumen untuk membeli dan mengonsumsi lebih banyak barang-barang dan jasa-jasa

17. Faktor yang berpengaruh terhadap kuantitas suatu produksi diantaranya adalah….
A. teknologi
B. jumlah konsumen
C. selera
D. ekspektasi masa depan
Jawab:
A. Jawaban Anda Benar.
Untuk memproduksi barang atau jasa, perusahaan memerlukan faktor-faktor produksi. Dengan kata lain, untuk memproduksi output diperlukan input. Teori produksi membahas hubungan antara input dan output atau hubungan antara kuantitas produk dan faktor-faktor produksi yang digunakan untuk memproduksi. Hubungan ini dapat dinyatakan sebagai berikut.
Q = f (K, L, T, N)
di mana Q adalah kuantitas output yang dapat diproduksi, K adalah faktor kapital, L adalah faktor tenaga kerja, T adalah teknologi, dan N adalah tanah. Jadi kuantitas yang diproduksi merupakan fungsi atau dipengaruhi oleh kuantitas dan kualitas faktor-faktor produksi atau input yang digunakan untuk memproduksi.

18. Konsep biaya ekonomi timbul karena kenyataan bahwa sumber daya besifat….
A. semu
B. riil
C. langka
D. agregatif
Jawab:
C. Jawaban Anda Benar.
Konsep biaya ekonomi timbul karena kenyataan sumber daya adalah langka atau terbatas kuantitasnya dan sumber daya mempunyai penggunaan alternatif Bila sejumlah tertentu faktor produksi digunakan untuk memproduksi barang-barang tertentu maka sejumlah barang-barang dan jasa-jasa lain yang bisa diproduksi dengan menggunakan sejumlah faktor produksi yang telah digunakan tersebut terpaksa dikorbankan atau hilang. Jadi biaya ekonomi merupakan besarnya pengorbanan atas barang alternatif yang hilang tak bisa diproduksi. Biaya ekonomis disebut juga biaya oportunitas. Bila seorang karyawan pabrik bekerja memproduksi mesin jahit maka sejumlah tertentu mesin tulis tak bisa diproduksi oleh karyawan tersebut pada waktu yang sama

19. Pembayaran yang harus dilakukan oleh perusahaan kepada para pemilik faktor produksi disebut………
A. harga pokok
B. piutang produksi
C. biaya marginal
D. biaya ekonomi
Jawab:
D. Jawaban Anda Benar.
Biaya ekonomi didefinisikan sebagai pembayaran-pembayaran yang harus dilakukan oleh perusahaan kepada para pemilik faktor produksi

20. Pengeluaran kas yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk membeli faktor produksi disebut biaya…..
A. implisit
B. ekonomis
C. eksplisit
D. opportunitas
Jawab:
C. Jawaban Anda Benar.
Biaya ekonomi didefinisikan sebagai pembayaran-pembayaran yang harus dilakukan oleh perusahaan kepada para pemilik faktor produksi. Pembayaran-pembayaran atau pengeluaran-pengeluaran kas yang dilakukan oleh perusahaan untuk menyewa atau membeli tenaga kerja, bahan baku, bahan bakar, jasa transportasi, sewa mesin-mesin dan peralatan serta gedung dan pabrik, rekening listrik, dan lain-lain disebut sebagai biaya eksplisit.

21. Ciri-ciri pasar atau industri persaingan murni adalah …..
A. produk homogen
B. jumlah penjual dan pembeli sedikit
C. persaingan yang terjadi adalah persaingan harga
D. rintangan keluar masuk industri sangat besar
Jawab:
A. Jawaban Anda Benar.
Ciri-ciri dari pasar persaingan murni diantaranya adalah:
Jumlah perusahaan yang ada dalam industri banyak sekali, demikian pula para pembeli
Produknya identik dan homogen, tak bisa dibedakan antara produk satu perusahaan dengan produk perusahaan lain. Tak ada perbedaan harga maupun kualitas.
Tak ada rintangan masuk ke dalam atau keluar dari industri setiap waktu. Perusahaan-perusahaan baru bebas masuk dan perusahaan-perusahaan yang sudah ada bebas keluar dari industri tersebut. Tak ada hambatan hukum, teknis, keuangan, maupun hambatan-hambatan dalam bentuk lain yang menghalangi perusahaan-perusahaan baru masuk ke dalam industri pasar persaingan murni.
Karena perusahaan dalam industri pasar persaingan murni adalah homogen maka di sini tak ada persaingan bukan harga, yaitu persaingan berdasarkan perbedaan kualitas, advertensi maupun promosi penjualan, karena itu pengiklanan tidak berguna karena produknya homogen
.

22. Persaingan yang terjadi dalam pasar persaingan sempurna adalah persaingan berdasarkan…..
A. kuantitas
B. perbedaan kualitas
C. besaran modal usaha
D. tingkat teknologi
Jawab:
B. Jawaban Anda Benar.
Karena perusahaan dalam industri pasar persaingan murni adalah homogen maka di sini tak ada persaingan bukan harga, yaitu persaingan berdasarkan perbedaan kualitas, advertensi maupun promosi penjualan, karena itu pengiklanan tidak berguna karena produknya homogen

23. Karakteristik atau ciri-ciri pasar monopoli murni adalah …….
A. produk heterogen
B. jumlah penjual dan pembeli sedikit
C. tidak ada barang substitusi
D. harga ditentukan oleh konsumen
Jawab:
C. Jawaban Anda Benar.
Karakteristik atau ciri-ciri pasar monopoli murni sebagai berikut.
Hanya ada satu produsen penjual saja sementara terdapat banyak sekali pembeli barang tersebut. Dengan demikian penjual dapat mempengaruhi harga dengan mengubah kuantitas barang yang ditawarkan. Advertensi akan bermanfaat baginya karena hal ini mungkin dapat menggeser kurva permintaan ke kanan atau membuat kurva permintaan menjadi lebih tidak elastis
Tak ada barang substitusi yang sempurna untuk produk perusahaan monopolis.
Terdapat rintangan kuat untuk masuk ke dalam industri tersebut. Rintangan bisa bersifat alamiah, misalnya karena perusahaan monopoli dapat mengeksploitasi skala ekonomis operasional produksi. Mungkin juga karena perusahaan monopoli menguasai bahan pokok ataupun proses pembuatan produk tersebut, atau karena ia memegang hak paten. Bisa juga hak monopoli diberikan oleh pemerintah untuk alasan-alasan atau tujuan-tujuan tertentu

24. Tujuan utama dari monopolis adalah …….
A.melakukan inovasi produk baru
B. mematikan pesaing
C. mempengaruhi harga pasar
D. memperoleh keuntungan total maksimal
Jawab:
D. Jawaban Anda Benar.
Tujuan monopolis bukan menetapkan harga per satuan produk yang setinggi-tingginya tetapi untuk memperoleh keuntungan total maksimal.

25. Karakteristik dari pasar persaingan monopolistik adalah ……
A. terdapat sejumlah besar produsen penjual yang bekerja secara independen
B. jumlah penjual dan pembeli sedikit
C. tidak ada barang substitusi
D. harga ditentukan oleh konsumen
Jawab:
A. Jawaban Anda Benar.
Ciri-ciri atau karakteristik dari pasar persaingan monopolistik adalah:
Terdapat sejumlah besar produsen penjual yang bekerja secara independen.
Terdapat diferensiasi produk yang meliputi tidak hanya diferensiasi fisik saja, tetapi juga pembungkusan atau pengepakan, efektivitas pengiklanan, reputasi pelayanan, tersedianya pembayaran kredit, dan lain-lain.
Para produsen penjual sejauh tertentu mengendalikan harga produk.
Masuk ke dalam industri persaingan monopolistik umumnya mudah namun secara relatif sedikit lebih sukar dibandingkan dengan pasar persaingan murni.
Karena produknya didiferensiasikan maka industri ini mempunyai ciri persaingan bukan harga yang ketat. Persaingan meliputi persaingan kualitas, pengiklanan, dan syarat-syarat serta pelayanan penjualan

26. Karakteristik bentuk pasar oligopoli adalah …..
A. produk heterogen
B. persaingan melalui iklan sangat kuat
C. tidak ada barang substitusi
D. harga ditentukan oleh konsumen
Jawab:
B. Jawaban Anda Benar.
Ciri-ciri atau karakteristik bentuk pasar oligopoli adalah….
Hanya ada sejumlah kecil atau beberapa perusahaan yang mendominasi pasar produk tersebut.
Kasus oligopoli bisa dibedakan antara kasus produk standar atau produk tak di diferensiasi dan kasus produk yang di diferensiasi.
Karena pengendaliannya atas harga pasar dan saling ketergantungan di antara para produsen bestir maka kemungkinan besar terjadi perang harga pada industri ini.
Terdapat rintangan cukup berat untuk masuk ke dalam industri oligopoli.
Persaingan melalui iklan sangat kuat pada industri oligopoli dengan diferensiasi produk yang ditujukan untuk menimbulkan kesan bahwa produk perusahaan lebih superior daripada produk pesaingnya yang sejenis. Persaingan kualitas pun sangat ketat pada kasus ini hingga pengeluaran untuk riset dan pengembangan cukup besar di samping juga pengeluaran untuk advertensi

27. Tujuan produsen persaingan murni dalam jangka pendek maupun jangka panjang adalah ….
A. melakukan spesialisasi dan inovasi produk
B. mempengaruhi harga barang
C. mematikan pesaing
D. mencari keuntungan ekonomi
Jawab:
D. Jawaban Anda Benar.
Tujuan produsen persaingan murni dalam jangka pendek maupun jangka panjang adalah mencari keuntungan ekonomi dan bukan finansial maksimal atau kerugian minimal. Dalam jangka pendek perusahaan pesaing murni mempunyai pabrik berskala tertentu dan berusaha memaksimumkan keuntungan atau meminimumkan kerugian dengan menyesuaikan output dengan cara mengubah banyaknya faktor-faktor produksi variabel yaitu bahan-bahan, tenaga kerja dan lain-lain yang digunakan. Tujuan mencapai keuntungan maksimum digunakan untuk membuat pilihan yang diputuskan berdasar dua hal yaitu berapa kuantitas output yang diproduksi dan berapa harga penjualannyA. Yang terakhir ini ditentukan sepenuhnya oleh pasar (mekanisme). Perusahaan produsen pesaing murni tidak bisa mempengaruhinya dan harus menerimanya dengan lebih dulu harus dilakukan dengan meminimumkan biaya untuk memproduksi sebanyak output yang diinginkan. Keuntungan ekonomis adalah perbedaan atau selisih antara pendapatan total dengan biaya total, baik biaya eksplisit maupun biaya implisit

28. Kurva biaya total variabel mencerminkan berlakunya hukum …….
A. tingkat kepuasan total
B. penambahan nilai
C. penambahan hasil yang semakin berkurang
D. kepuasan menurun
Jawab:
C. Jawaban Anda Benar.
Kurva biaya total variabel mencerminkan berlakunya hukum penambahan hasil yang semakin berkurang. Mula-mula tingkat kenaikan biaya total semakin kecil sementara produsen menggunakan faktor-faktor produksi tetap secara lebih efisien. Lewat titik tertentu biaya total mulai naik dengan tingkat kenaikan yang meningkat akibat penggunaan skala pabrik secara berlebihan

29. Salah satu alternatif dari pendekatan total perusahaan adalah pendekatan…..
A. marjinal
B. majemuk
C. agregatif
D. pendapatan
Jawab:
A. Jawaban Anda Benar.
Pendekatan marjinal merupakan alternatif pendekatan total. Dalam memproduksi barang dan menawarkannya di pasar, perusahaan membandingkan tambahan biaya yang harus ia keluarkan untuk memproduksi satu satuan tambahan output (ini disebut biaya marjinal = MC) dengan berapa pendapatan tambahan yang diperoleh dengan menjual satu satuan tambahan output yang diproduksi (pendapatan marjinal = MR).

30. Ciri utama yang bisa mempertahankan kelangsungan hidup monopolis pada pasar monopoli adalah……..
A. adanya penambahan modal usaha
B. penguasaan pasar
C. intervensi terhadap kebijakan harga
D. rintangan masuk ke dalam industri
Jawab:
D. Jawaban Anda Benar.
Rintangan masuk ke dalam industri merupakan ciri utama yang bisa mempertahankan kelangsungan hidup monopolis. pada pasar monopoli, rintangan masuk ke dalam industri merupakan sebab utama berlangsungnya monopoli di mana hanya ada satu perusahaan sajA. Bila tak ada rintangan masuk, maka adanya keuntungan di atas normal pada industri tersebut akan menarik perusahaan-perusahaan lain untuk masuk dan mengubah bentuk industrinya serta kemudian hilanglah sifat monopoli karena ia tidak lagi menjadi satu-satunya perusahaan yang ada di dalam industri tersebut. Karena itu, rintangan masuk merupakan syarat mutlak agar keadaan pasar monopoli bisa dipertahankan

31. Salah satu faktor yang menyebabkan timbulnya rintangan masuk ke dalam suatu industri yaitu ……
A. paten dan pengembangan produk
B. adanya barang privat
C. kondisi pasar yang sempurna
D. informasi yang terdistribusi dengan sempurna
Jawab:
A. Jawaban Anda Benar.
Ada beberapa hal yang menyebabkan timbulnya rintangan masuk ke dalam suatu industri. Keadaan-keadaan tersebut sebagai berikut.
Skala ekonomis. pada banyak kasus industri, dengan teknik produksi modern dan canggih tingkat efisiensi meningkat dan biaya produksi menurun. Hal ini hanya bisa dicapai bila produksi dilakukan dalam skala produksi besar secara absolut maupun relatif, diukur dengan pangsa pasar.
Perusahaan pelayanan publik. Perusahaan (pembangkit dan penyalur) tenaga listrik, perusahaan air minum, perusahaan telepon, atau perusahaan transportasi massal, merupakan perusahaan pelayanan publik di mana produksi harus dilakukan dalam skala besar agar diperoleh skala ekonomis.
Pemilikan bahan mentah penting dan strategis. Pemilikan atau pengendalian produksi dan distribusi atas suatu bahan strategis yang diperlukan untuk memproduksi suatu barang dapat mencegah perusahaan lain memproduksi dan masuk ke dalam suatu industri.
Paten dan pengembangan produk. Pemberian hak paten, hak eksklusif atau hak cipta oleh pemerintah kepada seseorang atau suatu perusahaan untuk memproduksi dan menjual suatu produk dimaksudkan agar orang lain yang tidak berusaha dan mencurahkan waktu, dan tidak mengeluarkan biaya untuk mengembangkan (proses produksi) produk baru, tidak dapat memproduksi dan memperoleh keuntungan darinya

32. Untuk mencegah masuknya perusahaan dalam suatu industri yang mengancam, pelaku dapat melakukan taktik …..
A. alokasi bahan baku baru
B. stabilisasi modal usaha
C. persaingan mematikan
D. sosialisasi mengenai produk baru
Jawab:
C. Jawaban Anda Benar.
Taktik persaingan mematikan bisa dilakukan oleh suatu perusahaan atau beberapa perusahaan dalam suatu industri bisa mencegah masuknya perusahaan-perusahaan baru dengan mengancam dan melaksanakan persaingan harga yaitu menurunkan harga produk jauh di bawah biaya produksi. Hal ini mengakibatkan para pesaing potensial tak bisa masuk ke dalam industri. Kalau pun ada yang tetap masuk maka ia akan mengalami kerugian, bangkrut, dan keluar dari industri tersebut

33. Dalam sistem pasar persaingan monopolistik, perusahaan melakukan kolusi dengan tujuan……
A. membatasi output yang diproduksi
B. menekan harga bahan baku
C. mempengaruhi harga
D. menguasai pasar
Jawab:
A. Jawaban Anda Benar.
Perusahaan jumlahnya cukup banyak. Dalam pasar persaingan monopolistik terdapat cukup banyak produsen atau penjual skala kecil, menawarkan barang yang sama tetapi tidak identik antara barang satu dengan barang lain. Masing-masing produsen ukurannya kecil dibandingkan dengan besarnya seluruh pasar industri. Karena jumlahnya cukup banyak maka kolusi di antara mereka dengan tujuan membatasi output yang diproduksi agar diperoleh harga lebih tinggi, tak mungkin dilakukan. Dan akhirnya masing-masing merasa bebas tak saling tergantung dan tak harus memperhatikan dan bereaksi terhadap tindakan perusahaan lain saingannya

34. Diferensiasi produk yang diciptakan oleh advertensi, pembungkus atau pengepakan barang, dan pemberian merek disebut diferensiasi…..
A. produk nyata
B. imajiner
C. produk kemudahan
D. substitusi produk
Jawab:
B. Jawaban Anda Benar.
Diferensiasi produk. Ini merupakan unsur pokok dalam pasar persaingan monopolistik di mana terdapat variasi dari suatu jenis produk. Beberapa perusahaan memproduksi dan menjual barang-barang kosmetik, tetapi masing-masing produk berbeda antara satu dengan lain atau dengan saingannyA. Ada beberapa macam bentuk diferensiasi produk yaitu diferensiasi produk nyata secara fisik, diferensiasi produk imajiner atau tak nyata, serta diferensiasi produk kemudahan. Diferensiasi produk secara nyata bisa berupa perbedaan wujud barang, fungsi, bahan mentah, kualitas pengerjaan dan pemrosesan. Diferensiasi imajiner adalah diferensiasi produk yang diciptakan oleh advertensi, pembungkus atau pengepakan barang, dan pemberian merek. Diferensiasi produk kemudahan bisa berupa letak atau lokasi toko yang strategis, tersedianya fasilitas pembayaran dengan kredit, dan sebagainya

35. Salah satu tujuan pengiklanan dalam perusahaan monopolistik adalah …..
A. menurunkan harga bahan baku
B. mematikan pesaing
C. menimbulkan kesetiaan atau kefanatikan merek
D. mempengaruhi harga
Jawab:
C. Jawaban Anda Benar.
Tujuan pengiklanan dalam perusahaan monopolistik adalah untuk:
membedakan produk perusahaan tersebut dari produk perusahaan-perusahaan lain dan menimbulkan kesetiaan atau kefanatikan merek, hingga bisa mempertahankan atau memperluas pasar bagi perusahaan yang bersangkutan. Dengan kata lain, tujuan iklan adalah untuk mempertahankan posisi kurva permintaan dan kalau mungkin menggesernya ke kanan
membuat kurva permintaan menjadi kurang elastis, dengan kata lain agar kurva permintaan lebih curam, hal ini membuat perubahan harga tidak begitu mempengaruhi kuantitas yang diminta

36. Besarnya Produk Fisik Marjinal (Marginal Physical Product ) akan menurun dengan makin banyaknya ……..
A. satuan input yang digunakan dalam proses produksi
B. tingkat permintaan produksi dari konsumen
C. biaya tanbahan dalam bentuk biaya transportasi
D. permintaan upah produksi
Jawab:
A. Jawaban Anda Benar.
Produktivitas suatu faktor produksi serta nilai atau harga produk menentukan permintaan faktor produksi tersebut. Besarnya Produk Fisik Marjinal (Marginal Physical Product = MPP) akan menurun dengan makin banyaknya satuan input yang digunakan dalam proses produksi, keadaan ini menunjukkan berlakunya Hukum Penambahan Hasil yang Menurun, sejak penggunaan satuan faktor produksi variabel yang pertama

37. Tambahan pendapatan total yang diperoleh untuk setiap tambahan input sebesar satu satuan disebut …….
A. Produk Pengeluaran Marjinal
B. Biaya Input Marjinal
C. Produk Pendapatan Marjinal
D. Biaya Output Marjinal
Jawab:
C. Jawaban Anda Benar.
Produk Pendapatan Marjinal (Marginal Revenue Product) merupakan tambahan pendapatan total yang diperoleh untuk setiap tambahan input sebesar satu satuan. Atau dengan kata lain, MRP adalah tambahan pendapatan total yang diperoleh karena dipekerjakan tambahan satu satuan faktor produksi variabel. MRP diperoleh dengan mengurangi Pendapatan Total yang diperoleh dengan menggunakan atau mempekerjakan (t) satuan faktor produksi variabel dengan Pendapatan Total yang diperoleh dengan menggunakan (t-1) satuan faktor produksi variabel. Dalam kasus pasar persaingan murni di pasar output, MRP dapat dicari dengan mengalikan MPP (Produk Fisik Marjinal) dengan harga output per satuan (P). Namun hal ini tak berlaku bila pasar output merupakan pasar monopoli

38. Mengukur status ekonomi dan sosial suatu negara/bangsa dalam pergaulan internasional adalah dengan melihat....
A. adanya jaminan sosial masyarakat yang tinggi
B. pendapatan dan kekayaan
C. rendahnya tingkat suku bunga
D. harga barang kebutuhan yang rendah
Jawab:
B. Jawaban Anda Benar.
Mengukur status ekonomi dan sosial seseorang dalam masyarakat suatu negara/bangsa dalam pergaulan internasional adalah dengan melihat pendapatan dan kekayaan. Pendapatan menunjukkan aliran (uang) berupa upah, bunga, dividen, keuntungan, atau sewa selama periode waktu tertentu biasanya satu tahun. Keseluruhan pendapatan dalam suatu negara disebut pendapatan nasional

39. Analisis keseimbangan harga dan output pada pasar yang merupakan komponen atau bagian sistem harga disebut analisis…..
A. keseimbangan pasar parsial
B. keseimbangan umum
C. produk marjinal
D. output produksi
Jawab:
A. Jawaban Anda Benar.
Keseimbangan pasar parsial merupakan analisis keseimbangan harga dan output pada pasar yang merupakan komponen atau bagian sistem hargA. Perekonomian bukan terdiri atas banyak pasar yang tak berhubungan satu dengan yang lain. Perekonomian merupakan jaringan kerja saling terkait di mana perubahan di suatu pasar akan menimbulkan perubahan signifikan di pasar-pasar lain. Analisis sistem harga secara keseluruhan disebut analisis keseimbangan umum

40. Kurva-kurva penawaran output berlereng menanjak, hal ini didasarkan pada Hukum …..
A. Nilai Guna Marjinal yang Menurun
B. Biaya Marjinal yang Menanjak
C. Penambahan Hasil yang semakin Menurun
D. Produktivitas Marjinal Fisik yang semakin Berkurang
Jawab:
B. Jawaban Anda Benar.
Kurva-kurva penawaran output berlereng menanjak. Hal ini didasarkan pada Hukum Biaya Marjinal yang Menanjak, karena dalam periode produksi jangka pendek berlaku Hukum Penambahan Hasil yang Semakin Berkurang. Jika setiap unit faktor variabel dibeli pada harga yang sama di pasar input persaingan murni dan memberikan tambahan output dengan jumlah semakin kecil, maka biaya setiap tambahan satuan output semakin tinggi. Sementara dalam jangka panjang input yang efisien dan memberikan biaya lebih rendah digunakan untuk menghasilkan suatu komoditi dan baru kemudian untuk memproduksi lebih banyak digunakan input-input kurang produktif yang memberikan biaya produksi lebih tinggi. Karena untuk memproduksi lebih banyak output diperlukan biaya lebih tinggi maka harga jual harus lebih tinggi agar diperoleh keuntungan supaya ia bersedia memproduksi dan menawarkan lebih banyak output

41. Dalam pasar jangka pendek, penyesuaian jangka pendek meliputi …..
A. perluasan pasar
B. penciutan kapasitas produksi
C. inovasi produk baru
D. perekrutan jumlah karyawan secara besar-besaran
Jawab:
B. Jawaban Anda Benar.
Dalam pasar jangka pendek, penyesuaian jangka pendek meliputi kemungkinan perluasan atau penciutan kapasitas produksi, dan juga, kemungkinan masuk atau keluarnya perusahaan-perusahaan dari industri bersangkutan akibat perubahan keadaan pasar yang menyebabkan perubahan harga

42. Sumber daya energi dapat digolongkan menurut beberapa kriteria, diataranya berdasarkan kriteria…..
A. keunikan
B. sifat khas
C. umur
D. komersialisasi
Jawab:
D. Jawaban Anda Benar.
Sumber daya energi dapat digolongkan menurut beberapa kriteria yaitu berdasar kriteria komersialisasi, berdasar ketersediaan, dan berdasar kriteria pemakaian

43. Bentuk kebijakan untuk mengatur penggunaan sumber daya yang tidak terbarukan diantaranya adalah …
A. Penentuan harga jual sangat tinggi
B. Diberlakukannya nilai netback dan premi pengurasan produksi
C. Perbaikan pengaturan dalam undang-undang
D. Pengenaan pajak produksi yang rendah
Jawab:
B. Jawaban Anda Benar.
Beberapa prinsip mikroekonomika dapat diterapkan di sektor energi. Pada tingkat pasar, prinsip ini dapat memberikan beberapa pedoman pokok di bidang penentuan harga yang efisien. Konsep tentang proses penentuan harga, perhitungan biaya produksi yang meliputi biaya ekonomis dan biaya finansial, nilai netback dan premi pengurasan produksi diterapkan karena sumber daya energi ada yang bersifat tidak terbarukan agar dalam pengelolaannya dilakukan secara berkelanjutan. Kebijakan memper-timbangkan aspek ekonomis maupun non-ekonomis berupa pertimbangan sosial dan ekonomi. Karena itu pertimbangan-pertimbangan ini akan menjadi dasar penentuan tingkat harga energi bila harga tersebut ditentukan oleh pemerintah.

44. Biaya yang jumlah atau besarnya tetap selama periode jangka pendek disebut biaya…
A. semu
B. marjinal
C. riil
D. tetap
Jawab:
D. Jawaban Anda Benar.
Biaya tetap adalah biaya yang jumlah atau besarnya tetap selama periode jangka pendek atau sampai pada tingkat volume unit produksi tertentu misalnya satu bulan, namun ia bisa berubah selama periode tertentu

45. Efisiensi mengandung dua pengertian, yaitu efisiensi …
A. ekonomi dan regional
B. teknis dan ekonomi
C. terbatas dan individu
D. terpadu dan teknis
Jawab:
B. Jawaban Anda Benar.
Efisiensi bisa mengandung dua pengertian, yaitu efisiensi teknis dan efisiensi ekonomi. Efisiensi teknis berarti bahwa output maksimum telah diproduksi dengan satu set input tertentu. Ini bisa juga berarti tingkat output tertentu diproduksi dengan tingkat input yang minimum. Sementara efisiensi ekonomi berarti tingkat output maksimum telah diproduksi dengan menggunakan tingkat biaya oportunitas tertentu, atau tingkat output tertentu diproduksi dengan biaya oportunitas minimum

Download Soal Ujian UT Manajemen ESPA4111

Soal yang kami bagikan ini tak hanya dalam bentuk artikel saja, namun kami juga telah menyiapkan soal-soal ini dalam bentuk dokumen PDF yang mana bisa Anda unduh langsung untuk nanti Anda cetak dan pelajari di rumah, jadi Anda tidak perlu repot untuk melakukan copy-paste artikel ini. Nah berikut ini bisa Anda Download Soal Ujian UT Manajemen ESPA4111 Pengantar Ekonomi Mikro, berikut silahkan klik link dibawah ini.


Kami berharap dengan adanya soal-soal ini dapat membantu Anda dalam memahami materi yang ada pada modul. Dengan demikian Anda akan lebih siap dalam menghadapi Ujian Akhir Semester nantinya. Tak jarang soal yang keluar pada waktu ujian akan sama persis dengan soal yang telah Anda pelajari. Jadi Anda sangat terbantu sekali, hanya dengan mengingat soal dan jawaban Anda akan lebih mudah menjawab soal nantinya, jika sewaktu soal yang keluar sama persis.

Jika Anda mengalami masalah atau ada hal yang ingin Anda tanyakan, jangan ragu untuk mengubungi kami melalui laman Contact. Sertakan email aktif Anda, agar kami bisa membalas pertanyaan Anda. Jangan lupa untuk merekomendasikan blog kami pada teman Anda yang lainnya. Dan juga silahkan bagikan artikel kami ke sosial media dengan cara klik tombol share dibawah. Sekian artikel kami terkait Soal Ujian UT Manajemen ESPA4111 Pengantar Ekonomi Mikro, semoga bermanfaat untuk Anda, terima kasih.
Soal Ujian UT Manajemen ESPA4111 Pengantar Ekonomi Mikro Beserta Kunci Jawaban Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rani Kusmanti