2/25/2017

Soal Ujian UT Manajemen EKMA4473 Pengembangan Produk Beserta Kunci Jawaban

loading...
loading...
Soal Ujian UT (Universitas Terbuka) Manajemen EKMA4473 Pengembangan Produk lengkap dengan kunci jawaban kami share untuk Anda Mahasiswa Universitas Terbuka Non Pendas FEKON (Fakultas Ekonomi) yang sekarang ini sedang menempuh pendidikan pada Semester 5. Pada postingan kami yang lalu, kami telah berbagi Soal Ujian UT Manajemen Semester 5, terakhir kami memposting Soal Ujian UT Manajemen EKMA4315 Akuntansi Biaya. Seperti yang selalu kami sampaikan pada setiap postingan kami bahwa Soal Ujian UT yang kami bagian ini merupaan ringkasan latihan soal mandiri pada setiap modul mata kuliah Anda dan materi yang ada. Soal yang kami bagikan ini tentu sudah dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Jadi Anda sangat dimudahkan sekali, Anda juga bisa mempelajari semua soal ini secara online melalui Handphone Anda, karena dalam hal ini kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabannya.

Dengan adanya Soal Ujian UT Manajemen dan berbagai Soal UT untuk jurusan lainnya baik Pendas maupun Non Pendas yang telah kami sajikan pada blog ini, tentu Anda akan lebih dimudahkan dalam mempelajari isi materi pada modul. Tak hanya soal saja, namun kami juga memposting berbagai hal lainnya terkait tugas dari Mahasiswa UT, seperti Contoh Laporan PKP UT, Contoh Laporan PKM UT dan masih banyak lainnya. Anda juga bia melihat Nilai Ujian UT pada artikel kami sebelumnya, Anda kan dipandu jika masih belum paham bagaimana cara mengecek Nilai Ujian UT.

Soal Ujian UT Manajemen Semester 5 lainnya:

Soal Ujian UT yang kami bagikan ini tak kami pisahkan antara soal dan kunci jawabannya, jadi tentunya Anda sangat mudah sekali dalam mempelajarinya. Anda bisa mempelajari soal ini secara online. Kami juga telah menyiapkan setiap soal dalam bentuk dokumen PDF yang mana Anda bisa mendownload soal ini pada akhir artikel. Dan tak hanya soal saja, Anda juga bisa mengecek Nilai UT pada postingan yang telah kami bagikan sebelumnya, Anda bisa mengecek Nilai UT Pendas maupun Nilai UT Non Pendas.

Soal Ujian UT Manajemen EKMA4473 Pengembangan Produk

Soal Ujian UT Manajemen EKMA4473 Pengembangan Produk Beserta Kunci Jawaban

Seperti yang telah kami sampaikan diatas bahwa pada blog Soal UAS UT ini kami tidak hanya berbagi Soal untuk satu jurusan saja, namun kami juga berbagi berbagai soal lainnya untuk jurusan yang berbeda, nah untuk melihat lengkap soal-soal jurusan lainnya, silahkan Anda merujuk ke postingan kami Soal Ujian UT. Soal yang kami bagikan untuk jurusan Manajemen ini tentunya lengkap, mulai dari semester 1 sampai dengan semester 8, untuk melihat daftar lengkap soalnya, Anda bisa menuju artikel kami Soal Ujian UT Manajemen.

Nah berikut ini soal lengkap dari mata kuliah EKMA4473 Pengembangan Produk lengkap dengan kunci jawaban serta pembahasan soalnya yang bisa Anda pelajari untuk persiapan dalam mengikuti ujian akhir semester nantinya.

Soal Ujian UT Manajemen EKMA4473

1. Inovasi dalam arti luas adalah ....
A. Aplikasi praktik dan komersialisasi penemuan-penemuan
B. Aplikasi untuk sekedar membuat suatu produk baru
C. Aplikasi praktis yang digunakan untuk membuat suatu produk
D. Aplikasi praktik pembuatan manufaktur
Jawab:
A. Jawaban anda benar

2. Gabungan dari usaha kreatif indiviu, fungsi operasional dan aktivitas organisasi, serta arsitektur perusahaan, merupakan proses…
A. Inovasi
B. Radikalisasi produk
C. Revolusi industri
D. Kreatifitas perusahaan
Jawab:
A. Jawaban anda benar

3. Inovasi minor terjadi apabila ada ….
A. Peningkatan penggunaan teknologi
B. Peningkatan penggunaan modal
C. Peningkatan penggunaan tenaga kerja
D. Peningkatan penggunaan agen penjualan
Jawab:
A. Jawaban anda benar

4. Inovasi merupakan rangkaian simultan pengetahuan didalam tiga fungsi yang akan membangun dan membesarkan inovasi, merupakan penyataan dari …
A. Model rangkaian simultan
B. Model interaktif
C. Model linear
D. Medel kebetulan
Jawab:
A. Jawaban anda benar

5. Inovasi yang mengubah sebagian besar proses yang sudah ada, merupakan bentuk inovasi …
A. minor
B. radikal
C. Inovasi aktif
D. sedang
Jawab:
B. Jawaban anda benar

6. Pengembangan produk baru atau perbaikan produk, merupakan contoh dari tipe inovasi….
A. manajemen
B. Proses
C. Produk
D. Jasa
Jawab:
C. Jawaban anda benar

7. Suatu bentuk kesepakatan atau perjanjian antara dua atau lebih pihak untuk berbagi pengetahuan, teknologi, dan sumber daya yang dapat menguntungkan semua pihak yang terlibat, merupakan salah satu bentuk analisis....
A. Internal
B. strategik
C. eksternal
D. standar
Jawab:
B. Jawaban anda benar

8. Untuk dapat mempertahan produk pada fase pertumbuhan, maka strategi yang baik digunakan adalah...
A. Menambah kapasitas produk baru yang lebih berfariasi untuk memperluas permintaan konsumen
B. Menambah kapasitas produk yang sudah ada untuk menampung peningkatan permintaan produk
C. Mengirangi produk yang sudah ada agar permintaan dapat dibatasi
D. Mengganti produk baru untuk menampung peningkatan permintaan produk
Jawab:
B. Jawaban anda benar

9. Strategi umum bersaing yang dikemukakan Porter, salah satunya adalah adanya kemampuan perusahaan untuk menyediakan nilai yang unik dan superior kepada pembeli dalam hal kualitas produk, fitur-fitur khusus, dan layanan purna jual, menurut Porter disebut sebagai strategi....
A. persaingan harga
B. persaingan bebas
C. kepemimpinan biaya
D. diferensiasi
Jawab:
D. Jawaban anda benar

10. Penetapan biaya rendah yang bertujuan untuk menguasai pasar yang luas, namun masih tetap memberikan keuntungan yang memuaskan, menurut Porter disebut sebagai strategi ....
A. fokus biaya
B. kepemimpinan biaya
C. diferensiasi
D. fokus diferensiasi
Jawab:
B. Jawaban anda benar

11. Suatu bentuk kerja sama yang bersifat lebih fleksibel sehingga perusahaan dapat memperluas kerja sama tersebut dari waktu ke waktu apabila dirasa diperlukan disebut ….
A. outsourcing
B. joint venture
C. kolaborasi
D. klaster industri
Jawab:
C. Jawaban anda benar

12. Karena tidak sedikit biaya yang dikeluarkan untuk mengembangkan suatu produk baru, maka dalam upaya pengembangannya dibutuhkan kerjasama internal, yaitu....
A. Adanya kerjasama antar sesama perusahaan pengembang produk sejenis
B. Adanya kerjasama antar departemen dalam perusahaan
C. Adanya kerjasama lintas sektoral
D. Kerjasama dengan para agen penjualan
Jawab:
B. Jawaban anda benar

13. Kegiatan mengurutkan produk secara menurun berdasarkan kontribusi rupiah individu masing-masing produk bagi perusahaan, disebut…..
A. Aliansi Strategik
B. Penentuan Produk Baru
C. Analisis produk berdasarkan nilai
D. Proses Perencanaan Produk
Jawab:
C. Jawaban anda benar

14. Fokus pada permasalahan yang sedikit tetapi penting dan bukan pada permasalahan yang banyak tetapi sepele untuk diterapkan pada bauran produk, disebut sebagai prinsip....
A. Partisipasi
B. Pelayanan
C. Pareto
D. Probabilitas
Jawab:
C. Jawaban anda benar

15. Pendekatan pasar dan produk yang mendasar dengan memperhatikan para pesaing untuk memilih peluang-peluang pasar yang ada, merupakan pengembangan produk ditinjau dari aspek....
A. segmentasi pasar
B. perkembangan teknologi
C. platform produk
D. Strategi bersaing
Jawab:
D. Jawaban anda benar

16. Untuk mendapatkan keunggulan bersaing, maka yang harus diperhatikan oleh perusahaan adalah.....
A. Memahami kelemahan-kelemahan para pesaing
B. Memahami keunggulan produk pesaing
C. Memahami lingkungan perusahaan
D. Memahami kebutuhan pelanggan di setiap segmen pasar
Jawab:
D. Jawaban anda benar

17. Agar kita dapat membuat desain produk dengan benar, maka kita perlu mengenal komponen produk terlebih dahulu. Berikut adalah 3 komponen utama produk, yaitu..
A. Merek, harga dan manfaat
B. Merek, harga dan kemasan
C. Merek, ide dan harga
D. Merek, ide dan kemasan
Jawab:
D. Jawaban anda benar

18. Fase pengembangan produk baru ketika secara fisik produk didesain agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan sekaligus memenuhi spesifikasi teknis disebut fase ....
A. pengembangan konsep
B. perencanaan produk
C. desain produk
D. pengembangan ide
Jawab:
C. Jawaban anda benar

19. Proses desain produk dapat dilakukan dengan bekerja sama dengan perusahaan lain yang menspesialisaikan diri membuat komponen produk tertentu bagi perusahaan. Perusahaan semacam ini disebut ….
A. produsen kontrak
B. distributor utama
C. pemasok
D. perantara
Jawab:
A. Jawaban anda benar

20. Strategi memproduksi barang dan jasa yang terstandarisasi tetapi memasukkan beberapa tingkatan kastemisasi pada produk atau jasa akhir, disebut..
A. Kastemisasi personal
B. Kastemisasi massa
C. Kastemisasi Individu
D. Kastemisasi perusahaan
Jawab:
B. Jawaban anda benar

21. Pengelompokan komponen-komponen atau bagian-bagian rakitan dalam satu unit yang menjadikan kelompok komponen-komponen tersebut menjadi mudah untuk digantikan atau dipertukarkan, disebut sebagai desain...
A. moduler
B. tertunda
C. katemisasi
D. lancar
Jawab:
A. Jawaban anda benar

22. Berikut adalah bidang-bidang fungsional yang turut mempengaruhi keputusan produk, yaitu…
A. Unit pemasaran, keuangan dan SDM
B. Para distributor, agen dan pengecer
C. Rekan bisnis, distributor dan konsumen
D. Pesaing, rekan bisnis dan konsumen
Jawab:
A. Jawaban anda benar

23. Fase-fase yang digunakan oleh perusahaan dalam mengembangkan produk baru secara umum meliputi..
A. Mencari ide, merumuskan konsep dan melakukan uji coba
B. Pengembangan konsep, desain produk, dan uji coba
C. Mencari ide, mengembangkan konsep dan melakukan ujicoba
D. Pengembangan konsep, uji coba dan melakukan evaluasi
Jawab:
B. Jawaban anda benar

24. Sekumpulan proses, metode, dan peralatan yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasa merupakan pengertian sempit dari …
A. Produksi
B. Pabrik
C. Teknologi
D. Industri
Jawab:
C. Jawaban anda benar

25. Pengertian teknologi menurut Schroeder, dalam arti sempit adalah ...
A. Ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi manusia
B. aplikasi ilmu pengetahuan untuk memecahkan permasalahan manusia
C. sekumpulan proses, metode, dan peralatan yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasa
D. proses dan peralatan yang digunakan mendesain produk
Jawab:
C. Jawaban anda benar

26. Pendekatan tradisional menunjukkan bahwa teknologi akan ditransfer secara bertahap antara pemasaran, teknis, dan operasi. Proses ini dinamakan proses sekuensial yang berarti bahwa...
A. setiap fungsi menyelesaikan pekerjaannya sendiri-sendiri sebelum berlanjut ke tahap berikutnya.
B. setiap fungsi menyelesaikan pekerjaannya bersama-sama sebelum berlanjut ke tahap berikutnya.
C. setiap fungsi menyelesaikan pekerjaannya sendiri-sendiri setelah selesainya tahap berikutnya.
D. setiap fungsi menyelesaikan pekerjaannya bersama-sama setelah selesainya tahap berikutnya.
Jawab:
B. Jawaban anda benar

27. Dukungan komputer dalam proses operasi yang digunakan untuk menggambarkan atau mensimulasikan fungsi desain teknis produk merupakan pengertian ....
A. Computer-Design Manufacturing (CDM)
B. Computer-Integrated Manufacturing (CIM)
C. Computer-Aided Manufacturing (CAM)
D. Computer-Aided Design (CAD)
Jawab:
D. Jawaban anda benar

28. Simulasi komputer dan model komputer geometri tiga dimensi, merupakan contoh dari jenis prototipe...
A. fisik
B. dimensional
C. analitis
D. analogy
Jawab:
C. Jawaban anda benar

29. Aktifitas pemasaran yang berusaha untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan/atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan, merupakan pengertian....
A. Dagang
B. Promosi
C. Pertukaran dagang
D. Iklan
Jawab:
B. Jawaban anda benar

30. Di pihak konsumen. kemasan merupakan bagian penting dari komponen produk yang biasanya berfungsi sebagai...
A. Membantu konsumen mengenal nama produk dipasarkan oleh perusahaan
B. Membantu konsumen dalam merencanakan jumlah produk yang akan dibeli
C. Membantu konsumen dalam menentukan harga
D. Membantu konsumen menentukan harga dan jumlah barang yang akan dibeli
Jawab:
A. Jawaban anda benar

31. Berikut adalah contoh inovasi penjualan suatu produk, dimana pengiriman barang dilakukan secara langsung, seperti...
A. Penjualan secara online, melalui pemesanan lewat telepon dan melalui TV
B. Penjualan secara online, melalui distributor dan agen
C. Penjualan melalui TV, para sales, dan distributor
D. Penjualan melalui distributor besar dan kecil
Jawab:
A. Jawaban anda benar

32. Produsen atau pabrik mendistribusikan produknya secara langsung kepada konsumen tanpa menggunakan perantara, merupakan pengertian dari..
A. distribusi tidak langsung
B. distribusi langsung
C. Distribusi menggunakan perantara
D. Distribusi online
Jawab:
B. Jawaban anda benar

33. Pendistribusian suatu produk melalui representative (perwakilan) dan melalui distributor, merupakan contoh dari saluran distribusi..
A. Langsung
B. Tidak langsung
C. Permanen
D. Sementara
Jawab:
B. Jawaban anda benar

34. Pihak yang menjual produk atau jasa namun biasanya tidak memiliki persediaan sendiri, mereka melakukan pemesanan kepada produsen dan seringkali digunakan pada industri tertentu, misalnya asuransi atau real estate disebut …
A. Pedagang besar
B. pedagang eceran
C. perwakilan
D. perantara khusus
Jawab:
C. Jawaban anda benar

35. Pada materials management, yang bertanggung jawab atas masuknya bahan baku dan jasa adalah bagian ….
A. produksi
B. pengadaan
C. pembelian
D. distribusi
Jawab:
C. Jawaban anda benar

36. Pembeli dapat melihat barang-barang yang dijual melalui internet dan setelah dilakukan pemesanan dan pembayaran, barang akan langsung dikirim ke alamat pembeli, merupakan jenis penjualan yang dilakukan secara..
A. melalui distributor
B. lewat telepon
C. online
D. melalui TV
Jawab:
C. Jawaban anda benar

37. Pihak yang mendapatkan produk dari pedagang besar dan menjualnya kepada akonsumen disebut ....
A. grosir
B. perantara khusus
C. perwakilan
D. pedagang eceran
Jawab:
D. Jawaban anda benar

38. Salah satu keterbatasan pembelanjaan secara online adalah..
A. pembeli merasa kurang nyaman karena internet hanya mampu memberikan informasi dan visualisasi produk, bukan secara fisik.
B. biaya pemesanan barang melalui internet sangat mahal jika dibandingkan dengan membeli langsung
C. Pemesanannya memakan waktu lama sehingga konsumen merasa jenuh
D. produk yang dipasarkan bisa ditiru oleh para pesaing
Jawab:
A. Jawaban anda benar

39. Mode pengiriman barang yang cepat namun sangat mahal serta pengiriman hanya dapat dilakukan dalam jumlah tertentu merupakan ciri pengiriman melalui ....
A. truck
B. kereta api
C. kapal laut
D. pesawat udara
Jawab:
D. Jawaban anda benar

40. Kelebihan-kelebihan dari pemilihan mode transportasi jalan darat untuk menyalurkan produk ke konsumen adalah...
A. Membutuhkan waktu pengiriman yang lama sampai ke konsumen
B. Biaya yang dikeluarkan sangat mahal
C. Barang dapat dikirim ke hampir semua lokasi dalam pulau.
D. Hemat biaya dan menguntungkan
Jawab:
C. Jawaban anda benar

Download Soal Ujian UT Manajemen EKMA4473

Soal yang kami bagikan ini tak hanya dalam bentuk artikel saja, namun kami juga telah menyiapkan soal-soal ini dalam bentuk dokumen PDF yang mana bisa Anda unduh langsung untuk nanti Anda cetak dan pelajari di rumah, jadi Anda tidak perlu repot untuk melakukan copy-paste artikel ini. Nah berikut ini bisa Anda Download Soal Ujian UT Manajemen EKMA4473 Pengembangan Produk, berikut silahkan klik link dibawah ini.


Kami berharap soal-soal yang kami bagikan pada blog Soal UAS UT ini bisa berguna bagi Anda dalam menyiapan diri untuk mengikuti Ujian Akhir Semester nantinya. Dengan mempelajari soal seperti ini yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan jawabannya tentu Anda akan lebih mudah mengingat materinya jika kemungkinan nantinya soal yang sama keluar pada waktu ujian.

Sekian artikel ami terkait Soal Ujian UT Manahemen EKMA4473 Pengembangan Produk, semoga artikel ini bisa berguna bagi Anda. Jika Anda ada pertanyaan terait koten pada blog ini, silahkan hubungi kami melalui halaman Contact Jangan lupa juga untuk merekomendasikan blog kami pada teman Anda yang lainnya, dan berbagi Soal kami pada Social Media agar teman Anda bisa mengetahuinya juga, terima kasih.
Soal Ujian UT Manajemen EKMA4473 Pengembangan Produk Beserta Kunci Jawaban Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Soalku.com