loading...
Soal Ujian UT (Universitas Terbuka) Manajemen EKMA4569 Perencanaan Pemasaran lengkap dengan kunci jawaban kami bagikan untuk Anda Mahasiswa FEKON (Fakultas Ekonomi) Non Pendas yang sekarang ini sedang menempuh pendidikan pada semester 8. Pada postingan kami sebelumnya kami telah berbagai Soal Ujian UT Manajemen Semester 8, terakhir kami memposting Soal Ujian UT Manajemen EKMA4478 Analisis Kasus Bisnis, kami konsisten membangun blog Soal UAS UT sebagai wadah untuk membagikan kumpulan soal-soal ujian akhir semester Universitas Terbuka. Yang kemudian bisa Anda pelajari sebelum menghadapi ujian nantinya. Setiap soal yang kami posting atau bagikan tentu sudah disertakan dengan kunci jawaban dan pembahasan kunci jawabannya. Tentu dengan hal tersebut Anda akan lebih dimudahkan dalam mempelajari materi yang ada pada madul Anda. Tak hanya Soal Ujian UT saja, kami juga memberikan berbagai hal lainnya terkait tugas Anda sebagai Mahasiswa Universitas Terbuka, seperti Contoh Laporan PKP, Contoh Laporan PKM dan lainnya. Kami sadar akan kesulitan Anda selaku Mahasiswa dalam mempelajari semua materi yang ada pada modul, hal ini tentu kita tahu bahwa, kegiatan belajar mengajar atau tutorial di UT sendiri yang hanya dilakukan beberapa kali dalam satu semesternya. Tentunya tidak cukup waktu untuk mempelajari dan memahami semua materi yang ada.
Dengan adanya Soal Ujian UT Manajemen dan berbagai Soal UT untuk jurusan lainnya baik Pendas maupun Non Pendas yang telah kami sajikan pada blog ini, tentu Anda akan lebih dimudahkan dalam mempelajari isi materi pada modul. Dengan hal ini Anda akan lebih bisa menghemat waktu Anda untuk mempelajari semua materi di mata kuliah Anda. Mempelajari soal-soal seperti ini yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan soal tentu akan menghemat waktu Anda. Tak jarang soal yang Anda pelajari akan sama persis keluar pada waktu ujian nantinya, hal ini karena semua soal yang kami bagikan ini tak lepas dari materi yang ada pada modul Anda.
Soal Ujian UT Manajemen Semester 8 lainnya:
Tentunya Anda akan sangat dimudahkan dengan adanya soal seperti ini, selain bisa Anda download soal ini untuk kemudian Anda pelajari dirumah, Anda juga mempelajari soal ini secara online, melalui Handphone Anda, karena dalam hal ini, kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabannya. Jadi Anda sangat dimudahkan sekali dalam mempelajari soal-soal ini, kapanpun dan dimana saja Anda bisa belajar, asalkan Anda bisa internetan dengan handphone Anda. Pada akhir artikel, kami juga sudah menyiapkan link untuk mendownload soal ini dalam bentuk file PDF yang mana Anda akan diarahkan langsung pada link downloadnya. Jadi Anda tidak perlu lagi melakukan copy-paste.
Untuk melihat daftar lengkap soal Majamen dari semester 1 sampai semester 8 silahkan Anda menuju artikel kami Soal Ujian UT Manajemen.
Nah berikut ini soal lengkap dari mata kuliah EKMA4569 Perencanaan Pemasaran lengkap dengan kunci jawaban serta pembahasan soalnya yang bisa Anda pelajari untuk persiapan dalam mengikuti ujian akhir semester nantinya.
a. pemanfaatan secara terencana sumber-sumber daya pemasaran untuk mencapai sasaran pemasaran
b. proses pelaksanaan tahapan-tahapan aktivitas dalam pemasaran yang melibatkan keseluruhan aspek dalam organisasi
c. proses manajemen untuk mengantisipasi kegiatan pemasaran yang akan dilaksanakan
d. penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan
Jawab:
A. Benar
2. Salah satu manfaat perencanaan pemasaran adalah “bertindak sebagai peta”. Maksud dari pernyataan tersebut adalah...
a. dengan perencanaan pemasaran akan jelas terlihat perbedaaan antara apa yang terjadi selama implementasi strategi dan apa yang anda antisipasi akan terjadi
b. perencanaan pemasaran memegang peranan penting untuk membujuk siapa saja pemilik otoritas pengalokasian sumber daya, baik uang, manusia dan aset perusahaan lain
c. perencanaan pemasaran menggambarkan situasi pasar dari berbagai sisi termasuk pesaing
d. perencanaan pemasaran mengantisipasi perubahan lingkungan yang mungkin terjadi
Jawab:
C. Benar
3. Produk seperti asuransi mobil, yang memiliki diferensiasi rendah dan anggaran relatif tinggi, pada Matriks Strategi Generik, berada pada kwadran...
a. Bencana
b. Ceruk
c. Berbiaya murah
d. Sukses
Jawab:
A. Benar
4. Jika suatu perusahaan menggunakan strategi yang efektif namun dengan taktik yang tidak efisien, maka perusahaan tersebut berada dalam kuadran ...
a. bertahan (survive)
b. mati (lambat)
c. berhasil
d. mati (cepat)
Jawab:
A. Benar
5. Salah satu bagian dari struktur perencanaan pemasaran adalah melakukan analisis situasi. Bagian dari lingkungan netral yang harus dianalisis diantaranya...
a. Demografi
b. Lingkungan kompetitor
c. Lingkungan finansial
d. Faktor sosial dan budaya
Jawab:
C. Benar
6. Salah satu aspek yang harus muncul dalam pernyataan misi atau tujuan adalah..
a. pilihan strategi yang akan diambil
b. definisi yang menceritakan produk jasa yang dibuat
c. pesaing yang dihadapi
d. indikasi atau arahan untuk masa depan
Jawab:
D. Benar
7. Kajian sistematik,kritis, tidak bias, dan merupakan penilaian terhadap lingkungan dan operasi perusahaan, disebut...
a. audit
b. audit internal
c. audit kinerja
d. audit trail
Jawab:
A. Benar
8. Pernyataan Misi atau tujuan harus menyatakan kompetensi khusus, maksudnya...
a. pernyataan harus menawarkan keuntungan bagi pelanggan
b. dalam misi tersebut harus memuat keahlian atau kemampuan penting yang perlu dimiliki perusahaan dibandingkan dengan pesaing
c. harus menggambarkan sejauh mana pernyataan tujuan berperan terhadap organisasi
d. menggambarkan apa yang akan dikerjakan perusahaan
Jawab:
B. Benar
9. Peran segmentasi pasar dalam perencanaan pemasaran adalah..
a. membuat pasar sasaran menjadi luas
b. merupakan alat bagi perusahaan mendapatkan keuntungan diferensial dibandingkan kompetitornya
c. perusahaan agar mampu bersaing karena harga produk yang murah
d. perusahaan agar mampu memasuki semua konsumen
Jawab:
B. Benar
10. Definisi pemetaan pemasaran adalah ...
a. suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli
b. distribusi dan rantai nilai antar pemasok dan pengguna akhir , dimana harus dipertimbangkan mekanisme pembelian yang beragam termasuk didalamnya peranan yang dimainkan oleh para pemberi pengaruh
c. cara mengalokasikan sumber daya perusahaan secara efektif , yaitu dengan memillih target market yang tepat
d. apa yang kita inginkan di benak konsumen ketika mereka mendengar brand kita
Jawab:
B. Benar
11. Salah satu aturan umum agar sasaran pemasaran memberi keuntungan dan mendukung tujuan perusahaan adalah fleksibel, maksudnya...
a. sasaran harus secara jelas menyebutkan apa yang anda harapkan terjadi dan kapan
b. sasaran anda harus mendukung tujuan dasar perusahaan
c. sasaran anda harus jelas dan memakai bahasa yang sederhana sehingga tidak disalah-mengertikan oleh orang lain
d. sasaran harus dapat beradaptasi terhadap perubahan situsi lingkungan
Jawab:
D. Benar
12. Keputusan Wijaya Karya (WIKA), perusahaan yang bergerak dalm bidang konstruksi, untuk membuat Inlet Manifold -saluran penghubung sistem injeksi dan ruang pembakaran mesin- yang kebetulan cocok untuk dikerjakan oleh insinyur-insinyur mesin WIKA , dalam strategi piramida dikelompokkan sebagai keputusan ...
a. manajemen pemasaran strategi
b. strategi pemasaran
c. taktik pemasaran
d. ekspansi pasar
Jawab:
A. Benar
13. Suatu perusahaan memutuskan untuk menggunakan strategi penetrasi pasar dalam memeperkenalkan produk barunya. dalam strategi piramida hal ini dikategorikan sebagai...
a. Manajemen pemasaran stratejik
b. Strategi pemasaran
c. Taktik pemasaran
d. Audit pemasaran
Jawab:
B. Benar
14. Strategi yang digunakan oleh pengelola jalan tol, yang mendominasi pasar sehingga pelanggan tidak dapat berbuat apa-apa tanpa produk tersebut, merupakan contoh dari strategi...
a. Ceruk
b. dimensi
c. Posisi
d. Entry
Jawab:
A. Benar
15. Suatu perusahaan Handphone memperkenalkan seri barunya dengan harga yang tinggi dan seri ini dilengkapi fitur-fitur canggih. Ketika kompetitor mulai membuat handphone yang memiliki keunggulan serupa, harga handphone seri baru tersebut diturunkan. Strategi harga yang digunakan oleh perusahaan tersebut adalah strategi harga ...
a. perkenalan
b. yang menyaingi kompetitor
c. skimming
d. psikologis
Jawab:
C. Benar
16. Alternatif solusi yang diambil jika terjadi kesenjangan antara tren/ramalan penjualan dan tujuan perusahaan adalah...
a. Repositioning
b. Pengembangan produk baru
c. Promosi
d. Diferensiasi
Jawab:
B. Benar
17. Kesenjangan antara ramalan penjualan dengan tujuan perusahaan, dapat diisi melalui peningkatan produktivitas, yang salah satunya dilakukan dengan...
a. akuisisi
b. meningkatkan pangsa pasar
c. joint venture
d. meningkatkan harga
Jawab:
D. Benar
18. Strategi yang secara eksplisit mengalokasikan sumber daya untuk mengidentifikasi dan menangkap kesempatan serta mengantisipasi kejadian yang tidak menguntungkan disebut strategi...
a. reaktif
b. proaktif
c. defensif
d. imitatif
Jawab:
B. Benar
19. Berdasarkan Matriks Analisis Portofolio, perusahaan yang memiliki daya tarik pasar tinggi dan kekuatan bisnis tinggi, dapat menerapkan strategi ...
a. mempertahankan posisi pasar
b. mendapatkan keuntungan
c. berinvestasi untuk pertumbuhan
d. mencari kesempatan
Jawab:
C. Benar
20. Berikut ini yang merupakan pernyataan yang Jawab:
Benar tentang daur hidup produk adalah ...
a. Pada tahap pertumbuhan, promosi berfungsi untuk membangun kesadaran terhadap produk
b. Tahap perkenalan merupakan tahapan biaya rendah untuk pemasaran
c. Pada tahap pertumbuhan, kompetisi semakin memanas dan kompetitor yang kurang efisien akan dipaksa untuk mundur
d. Produksi akan kembali mengalami kekurangan kapasitas pada tahap penurunan karena berkurangnya permintaan
Jawab:
C. Benar
21. Salah satu langkah yang harus dilakukan dalam mengidentifikasi audiens sasaran adalah mengukur perasaan audiens terhadap produk tersebut dengan menggunakan ...
a. skala pengenalan (familiarity scale)
b. skala kesukaan (favorability scale)
c. product knowledge
d. affordable method
Jawab:
B. Benar
22. Metode penentuan anggaran promosi berdasarkan keseimbangan pangsa suara dan pangsa pesaing disebut..
a. affordable method
d. percentage- of-sales method
c. objective -and -task-method
d. competitive-parity method
Jawab:
D. Benar
23. Tahapan respons konsumen pada Model inovasi adopsi adalah..
a. Kesadaran-Minat-Evaluasi-Percobaan-Adopsi
b. Kesadaran-Pengetahuan-Kesukaan-Preferensi-Keyakinan-Pembelian
c. Perhatian-Minat-Keinginan-Tindakan
d. Keterbukaan-Penerimaan-Respon Kognitif-Maksud-Perilaku
Jawab:
A. Benar
24. Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menetapkan anggaran periklanan adalah..
a. harga produk pesaing
b. jumlah fitur yang ditawarkan
c. tingkat kerumitan penggunaan produk
d. kemungkinan substitusi produk
Jawab:
D. Benar
25. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh program HUMAS adalah berhubungan dengan badan pembuat undang-undang dan pejabat pemerintah, yang disebut dengan...
a. lobi
b. publikasi produk
c. hubungan pers
d. komunikasi perusahaan
Jawab:
A. Benar
26. Tahapan pertama dalam proses pembelian oleh konsumen adalah...
a. evaluasi alternatif
b. pencarian informasi
c. pengenalan masalah
d. penentuan pembelian
Jawab:
C. Benar
27. Peran wiraniaga untuk membuat penawaran yang unik untuk mencocokkanya dengan kebutuhan pembeli, merupakan peran sebagai...
a. penyedia
b. prospektor
c. prokreator
d. pembujuk
Jawab:
C. Benar
28. Peran wiraniaga dalam mendeskripsikan strategi untuk suatu account merupakan peran wiraniaga dalam...
a. pembuatan peta
b. survey
c. pembimbingan
d. pemecah masalah
Jawab:
A. Benar
29. Salah satu tanggung jawab tenaga penjualan meliputi...
a. mendata jumlah pelanggan
b. menentukan kebutuhan dan keinginan pelanggan
c. membeli barang kebutuhan pelanggan
d. memproduksi pesanan pelanggan
Jawab:
B. Benar
30. Peran imbalan sangat bervariasi dalam memotivasi wiraniaga. Bagi wiraniaga yang lebih senior dan memiliki keluarga besar, imbalan yang sangat bernilai adalah...
a. finansial
b. pengakuan
c. rasa keberhasilan
d. pendidikan lanjutan
Jawab:
A. Benar
31. Salah satu tujuan penetapan harga adalah memperoleh laba sebanyak mungkin pada saat sekarang, tanpa memperhatikan kinerja jangka panjang, hal ini disebut dengan…
a. maximum current profit
b. maximum current revenue
c. survival
d. maximum sales growth
Jawab:
A. Benar
32. Faktor yang mempengaruhi elastisitas permintaan harga, diantaranya ...
a. pembeli cepat dalam mengubah kebiasaan membelinya
b. pembeli segera menyadari harga yang lebih tinggi
c. pembeli berfikir bahwa harga yang lebih tinggi adalah pantas
d. pembeli sadar akan adanya produk pengganti
Jawab:
C. Benar
33. Kurva pengalaman memperlihatkan bahwa biaya manufaktur terutama tenaga kerja turun jika volume...
a. stabil
b. fluktuatif
c. turun
d. naik
Jawab:
D. Benar
34. Dasar perhitungan penetapan harga cost plus adalah...
a. biaya manufaktur
b. kualitas
c. harga pesaing
d. economic value to the customer
Jawab:
A. Benar
35. Suatu akan cepat kehilangan keunikannya dan turun martabatnya sehingga hanya dipandang sebagai satu diantara produk kompetitor apabila...
a. pasar potensialnya kecil sehingga akan memancing imitasi
b. kompetitor potensial lemah
c. tidak dibutuhkan investasi besar dalam memproduksi dan mendistribusi produk
d. paten dan teknologi yang kuat
Jawab:
C. Benar
36. Pernyataan yang Jawab:
Benar mengenai saluran pemasaran menurut Stern & Al-Ansary adalah...
a. saluran pemasaran hanya terdiri dari satu perusahaan
b. saluran pemasaran terdiri dari beberpa elemen yang bekerja masing-masing
c. saluran pemasaran merupakan suatu kegiatan
d. saluran pemasaran terdiri dari beberapa elemen yang adalam melaksanakan tugasnya saling bergantung satu sama lain
Jawab:
D. Benar
37. Salah satu fungsi perantara adalah mengumpulkan barang yang hampir sama dari beberapa sumber bersama-sama ke dalam pasokan yang lebih homogen, yang disebut dengan ...
a. alokasi
b. akumulasi
c. pemilahan
d. assorting
Jawab:
B. Benar
38. Mengupayakan agar tercapai persetujuan akhir tentang harga dan syarat merupakan fungsi anggota saluran pemasaran untuk...
a. menyediakan informasi
b. mempromosikan
c. melakukan negosiasi
d. melakukan pemesanan
Jawab:
C. Benar
39. Strategi distribusi yang banyak dipakai pada produk-produk yang mudah ditemui (convenience goods) dengan mengupayakan sebanyak mungkin jumlah perantara demi mencapai dan menjamin ketersediaan produk di pasar disebut sebagai distribusi ...
a. eksklusif
b. diferensiatif
c. selektif
d. intensif
Jawab:
D. Benar
40. Produsen yang memberikan ancaman akan memutuskan hubungan jika perantara gagal, dalam hal ini produsen tersebut menggunakan kekuasaan yang bersumber pada...
a. coercive power
b. reward power
c. legitimate power
d. expert power
Jawab:
A. Benar
41. Proses identifikasi, pengumpulan, analisis, dan penyebaran informasi secara sistematis dan obyektif dengan tujuan untuk membantu manajemen dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan identifikasi atau pemecahan masalah dan peluang dalam pemasaran merupakan definisi dari…
a. audit pemasaran
b. perencanaan pemasaran
c. penelitian pemasaran
d. peramalan pemasaran
Jawab:
C. Benar
42. Suatu penelitian pemasaran yang baik harus memberikan nilai tambah yang lebih besar dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan, dalam hal ini penelitian tersebut bersifat…
a. akurat
b. efisien
c. relevan
d. tepat waktu
Jawab:
B. Benar
43. Nokia memiliki berbagai model handphone yang disesuaikan kebutuhan kelompok konsumennya. Segmentasi yang dipilih oleh Nokia adalah…
a. undifferentiated marketing strategy
b. konsentrasi
c. diferensiasi
d. atomisasi
Jawab:
C. Benar
44. Salah satu ciri metode Interdepensi adalah…
a. ada hubungan antara variabel dependen dengan variabel independen
b. menggunakan teknik analisis AID (Automated Interaction Detection)
c. variabel terikat merupakan hal penting yang ingin diketahui dari konsumen
d. menggunakan teknik Hierarchical Cluster
Jawab:
D. Benar
45. Fase pertama dari proses perencanaan pemasaran adalah...
a. evolusi terpimpin
b. evolusi delegasi
c. evolusi koordinasi
d. evolusi kreatif
Jawab:
D. Benar
Jika Anda mengalami kesulitan dalam mencari soal-soal yang pada blog ini, jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami melalui halaman Contact. Mempelajari soal-soal ini akan sangat membantu Anda dalam memahami materi dengan cepat dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian akhir semester nantinya.
Sekian ulasan kami terkait Soal Ujian UT Manajemen EKMA4569 Perencanaan Pemasaran, semoga soal ini dapat membantu Anda dalam menghadapi ujian nantinya. Terus baca berbagai soal lainnya hanya di blog soal uas ut, dan jangan lupa untuk merekomendasikan blog ini pada teman Anda yang lainnya dan berbagi artikel ini ke sosial media, terima kasih.
Dengan adanya Soal Ujian UT Manajemen dan berbagai Soal UT untuk jurusan lainnya baik Pendas maupun Non Pendas yang telah kami sajikan pada blog ini, tentu Anda akan lebih dimudahkan dalam mempelajari isi materi pada modul. Dengan hal ini Anda akan lebih bisa menghemat waktu Anda untuk mempelajari semua materi di mata kuliah Anda. Mempelajari soal-soal seperti ini yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan soal tentu akan menghemat waktu Anda. Tak jarang soal yang Anda pelajari akan sama persis keluar pada waktu ujian nantinya, hal ini karena semua soal yang kami bagikan ini tak lepas dari materi yang ada pada modul Anda.
Soal Ujian UT Manajemen Semester 8 lainnya:
- Soal Ujian UT Manajemen EKMA4265 Manajemen Kualitas
- Soal Ujian UT Manajemen EKMA4316 Hukum Bisnis
- Soal Ujian UT Manajemen EKMA4414 Manajemen Strategik
- Soal Ujian UT Manajemen EKMA4478 Analisis Kasus Bisnis
- Soal Ujian UT Manajemen EKMA4569 Perencanaan Pemasaran
Tentunya Anda akan sangat dimudahkan dengan adanya soal seperti ini, selain bisa Anda download soal ini untuk kemudian Anda pelajari dirumah, Anda juga mempelajari soal ini secara online, melalui Handphone Anda, karena dalam hal ini, kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabannya. Jadi Anda sangat dimudahkan sekali dalam mempelajari soal-soal ini, kapanpun dan dimana saja Anda bisa belajar, asalkan Anda bisa internetan dengan handphone Anda. Pada akhir artikel, kami juga sudah menyiapkan link untuk mendownload soal ini dalam bentuk file PDF yang mana Anda akan diarahkan langsung pada link downloadnya. Jadi Anda tidak perlu lagi melakukan copy-paste.
Untuk melihat daftar lengkap soal Majamen dari semester 1 sampai semester 8 silahkan Anda menuju artikel kami Soal Ujian UT Manajemen.
Soal Ujian UT Manajemen EKMA4569 Perencanaan Pemasaran Beserta Kunci Jawaban
Seperti yang telah kami sampaikan diatas bahwa pada blog Soal UAS UT ini kami tidak hanya berbagi Soal untuk satu jurusan saja, namun kami juga berbagi berbagai soal lainnya untuk jurusan yang berbeda, nah untuk melihat lengkap soal-soal jurusan lainnya, silahkan Anda merujuk ke postingan kami Soal Ujian UT. Soal yang kami bagikan untuk jurusan Manajemen ini tentunya lengkap, mulai dari semester 1 sampai dengan semester 8, untuk melihat daftar lengkap soalnya, Anda bisa menuju artikel kami Soal Ujian UT Manajemen.Nah berikut ini soal lengkap dari mata kuliah EKMA4569 Perencanaan Pemasaran lengkap dengan kunci jawaban serta pembahasan soalnya yang bisa Anda pelajari untuk persiapan dalam mengikuti ujian akhir semester nantinya.
Soal Ujian UT Manajemen EKMA4569
1. Definisi Perencanaan pemasaran adalah …a. pemanfaatan secara terencana sumber-sumber daya pemasaran untuk mencapai sasaran pemasaran
b. proses pelaksanaan tahapan-tahapan aktivitas dalam pemasaran yang melibatkan keseluruhan aspek dalam organisasi
c. proses manajemen untuk mengantisipasi kegiatan pemasaran yang akan dilaksanakan
d. penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan
Jawab:
A. Benar
2. Salah satu manfaat perencanaan pemasaran adalah “bertindak sebagai peta”. Maksud dari pernyataan tersebut adalah...
a. dengan perencanaan pemasaran akan jelas terlihat perbedaaan antara apa yang terjadi selama implementasi strategi dan apa yang anda antisipasi akan terjadi
b. perencanaan pemasaran memegang peranan penting untuk membujuk siapa saja pemilik otoritas pengalokasian sumber daya, baik uang, manusia dan aset perusahaan lain
c. perencanaan pemasaran menggambarkan situasi pasar dari berbagai sisi termasuk pesaing
d. perencanaan pemasaran mengantisipasi perubahan lingkungan yang mungkin terjadi
Jawab:
C. Benar
3. Produk seperti asuransi mobil, yang memiliki diferensiasi rendah dan anggaran relatif tinggi, pada Matriks Strategi Generik, berada pada kwadran...
a. Bencana
b. Ceruk
c. Berbiaya murah
d. Sukses
Jawab:
A. Benar
4. Jika suatu perusahaan menggunakan strategi yang efektif namun dengan taktik yang tidak efisien, maka perusahaan tersebut berada dalam kuadran ...
a. bertahan (survive)
b. mati (lambat)
c. berhasil
d. mati (cepat)
Jawab:
A. Benar
5. Salah satu bagian dari struktur perencanaan pemasaran adalah melakukan analisis situasi. Bagian dari lingkungan netral yang harus dianalisis diantaranya...
a. Demografi
b. Lingkungan kompetitor
c. Lingkungan finansial
d. Faktor sosial dan budaya
Jawab:
C. Benar
6. Salah satu aspek yang harus muncul dalam pernyataan misi atau tujuan adalah..
a. pilihan strategi yang akan diambil
b. definisi yang menceritakan produk jasa yang dibuat
c. pesaing yang dihadapi
d. indikasi atau arahan untuk masa depan
Jawab:
D. Benar
7. Kajian sistematik,kritis, tidak bias, dan merupakan penilaian terhadap lingkungan dan operasi perusahaan, disebut...
a. audit
b. audit internal
c. audit kinerja
d. audit trail
Jawab:
A. Benar
8. Pernyataan Misi atau tujuan harus menyatakan kompetensi khusus, maksudnya...
a. pernyataan harus menawarkan keuntungan bagi pelanggan
b. dalam misi tersebut harus memuat keahlian atau kemampuan penting yang perlu dimiliki perusahaan dibandingkan dengan pesaing
c. harus menggambarkan sejauh mana pernyataan tujuan berperan terhadap organisasi
d. menggambarkan apa yang akan dikerjakan perusahaan
Jawab:
B. Benar
9. Peran segmentasi pasar dalam perencanaan pemasaran adalah..
a. membuat pasar sasaran menjadi luas
b. merupakan alat bagi perusahaan mendapatkan keuntungan diferensial dibandingkan kompetitornya
c. perusahaan agar mampu bersaing karena harga produk yang murah
d. perusahaan agar mampu memasuki semua konsumen
Jawab:
B. Benar
10. Definisi pemetaan pemasaran adalah ...
a. suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli
b. distribusi dan rantai nilai antar pemasok dan pengguna akhir , dimana harus dipertimbangkan mekanisme pembelian yang beragam termasuk didalamnya peranan yang dimainkan oleh para pemberi pengaruh
c. cara mengalokasikan sumber daya perusahaan secara efektif , yaitu dengan memillih target market yang tepat
d. apa yang kita inginkan di benak konsumen ketika mereka mendengar brand kita
Jawab:
B. Benar
11. Salah satu aturan umum agar sasaran pemasaran memberi keuntungan dan mendukung tujuan perusahaan adalah fleksibel, maksudnya...
a. sasaran harus secara jelas menyebutkan apa yang anda harapkan terjadi dan kapan
b. sasaran anda harus mendukung tujuan dasar perusahaan
c. sasaran anda harus jelas dan memakai bahasa yang sederhana sehingga tidak disalah-mengertikan oleh orang lain
d. sasaran harus dapat beradaptasi terhadap perubahan situsi lingkungan
Jawab:
D. Benar
12. Keputusan Wijaya Karya (WIKA), perusahaan yang bergerak dalm bidang konstruksi, untuk membuat Inlet Manifold -saluran penghubung sistem injeksi dan ruang pembakaran mesin- yang kebetulan cocok untuk dikerjakan oleh insinyur-insinyur mesin WIKA , dalam strategi piramida dikelompokkan sebagai keputusan ...
a. manajemen pemasaran strategi
b. strategi pemasaran
c. taktik pemasaran
d. ekspansi pasar
Jawab:
A. Benar
13. Suatu perusahaan memutuskan untuk menggunakan strategi penetrasi pasar dalam memeperkenalkan produk barunya. dalam strategi piramida hal ini dikategorikan sebagai...
a. Manajemen pemasaran stratejik
b. Strategi pemasaran
c. Taktik pemasaran
d. Audit pemasaran
Jawab:
B. Benar
14. Strategi yang digunakan oleh pengelola jalan tol, yang mendominasi pasar sehingga pelanggan tidak dapat berbuat apa-apa tanpa produk tersebut, merupakan contoh dari strategi...
a. Ceruk
b. dimensi
c. Posisi
d. Entry
Jawab:
A. Benar
15. Suatu perusahaan Handphone memperkenalkan seri barunya dengan harga yang tinggi dan seri ini dilengkapi fitur-fitur canggih. Ketika kompetitor mulai membuat handphone yang memiliki keunggulan serupa, harga handphone seri baru tersebut diturunkan. Strategi harga yang digunakan oleh perusahaan tersebut adalah strategi harga ...
a. perkenalan
b. yang menyaingi kompetitor
c. skimming
d. psikologis
Jawab:
C. Benar
16. Alternatif solusi yang diambil jika terjadi kesenjangan antara tren/ramalan penjualan dan tujuan perusahaan adalah...
a. Repositioning
b. Pengembangan produk baru
c. Promosi
d. Diferensiasi
Jawab:
B. Benar
17. Kesenjangan antara ramalan penjualan dengan tujuan perusahaan, dapat diisi melalui peningkatan produktivitas, yang salah satunya dilakukan dengan...
a. akuisisi
b. meningkatkan pangsa pasar
c. joint venture
d. meningkatkan harga
Jawab:
D. Benar
18. Strategi yang secara eksplisit mengalokasikan sumber daya untuk mengidentifikasi dan menangkap kesempatan serta mengantisipasi kejadian yang tidak menguntungkan disebut strategi...
a. reaktif
b. proaktif
c. defensif
d. imitatif
Jawab:
B. Benar
19. Berdasarkan Matriks Analisis Portofolio, perusahaan yang memiliki daya tarik pasar tinggi dan kekuatan bisnis tinggi, dapat menerapkan strategi ...
a. mempertahankan posisi pasar
b. mendapatkan keuntungan
c. berinvestasi untuk pertumbuhan
d. mencari kesempatan
Jawab:
C. Benar
20. Berikut ini yang merupakan pernyataan yang Jawab:
Benar tentang daur hidup produk adalah ...
a. Pada tahap pertumbuhan, promosi berfungsi untuk membangun kesadaran terhadap produk
b. Tahap perkenalan merupakan tahapan biaya rendah untuk pemasaran
c. Pada tahap pertumbuhan, kompetisi semakin memanas dan kompetitor yang kurang efisien akan dipaksa untuk mundur
d. Produksi akan kembali mengalami kekurangan kapasitas pada tahap penurunan karena berkurangnya permintaan
Jawab:
C. Benar
21. Salah satu langkah yang harus dilakukan dalam mengidentifikasi audiens sasaran adalah mengukur perasaan audiens terhadap produk tersebut dengan menggunakan ...
a. skala pengenalan (familiarity scale)
b. skala kesukaan (favorability scale)
c. product knowledge
d. affordable method
Jawab:
B. Benar
22. Metode penentuan anggaran promosi berdasarkan keseimbangan pangsa suara dan pangsa pesaing disebut..
a. affordable method
d. percentage- of-sales method
c. objective -and -task-method
d. competitive-parity method
Jawab:
D. Benar
23. Tahapan respons konsumen pada Model inovasi adopsi adalah..
a. Kesadaran-Minat-Evaluasi-Percobaan-Adopsi
b. Kesadaran-Pengetahuan-Kesukaan-Preferensi-Keyakinan-Pembelian
c. Perhatian-Minat-Keinginan-Tindakan
d. Keterbukaan-Penerimaan-Respon Kognitif-Maksud-Perilaku
Jawab:
A. Benar
24. Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menetapkan anggaran periklanan adalah..
a. harga produk pesaing
b. jumlah fitur yang ditawarkan
c. tingkat kerumitan penggunaan produk
d. kemungkinan substitusi produk
Jawab:
D. Benar
25. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh program HUMAS adalah berhubungan dengan badan pembuat undang-undang dan pejabat pemerintah, yang disebut dengan...
a. lobi
b. publikasi produk
c. hubungan pers
d. komunikasi perusahaan
Jawab:
A. Benar
26. Tahapan pertama dalam proses pembelian oleh konsumen adalah...
a. evaluasi alternatif
b. pencarian informasi
c. pengenalan masalah
d. penentuan pembelian
Jawab:
C. Benar
27. Peran wiraniaga untuk membuat penawaran yang unik untuk mencocokkanya dengan kebutuhan pembeli, merupakan peran sebagai...
a. penyedia
b. prospektor
c. prokreator
d. pembujuk
Jawab:
C. Benar
28. Peran wiraniaga dalam mendeskripsikan strategi untuk suatu account merupakan peran wiraniaga dalam...
a. pembuatan peta
b. survey
c. pembimbingan
d. pemecah masalah
Jawab:
A. Benar
29. Salah satu tanggung jawab tenaga penjualan meliputi...
a. mendata jumlah pelanggan
b. menentukan kebutuhan dan keinginan pelanggan
c. membeli barang kebutuhan pelanggan
d. memproduksi pesanan pelanggan
Jawab:
B. Benar
30. Peran imbalan sangat bervariasi dalam memotivasi wiraniaga. Bagi wiraniaga yang lebih senior dan memiliki keluarga besar, imbalan yang sangat bernilai adalah...
a. finansial
b. pengakuan
c. rasa keberhasilan
d. pendidikan lanjutan
Jawab:
A. Benar
31. Salah satu tujuan penetapan harga adalah memperoleh laba sebanyak mungkin pada saat sekarang, tanpa memperhatikan kinerja jangka panjang, hal ini disebut dengan…
a. maximum current profit
b. maximum current revenue
c. survival
d. maximum sales growth
Jawab:
A. Benar
32. Faktor yang mempengaruhi elastisitas permintaan harga, diantaranya ...
a. pembeli cepat dalam mengubah kebiasaan membelinya
b. pembeli segera menyadari harga yang lebih tinggi
c. pembeli berfikir bahwa harga yang lebih tinggi adalah pantas
d. pembeli sadar akan adanya produk pengganti
Jawab:
C. Benar
33. Kurva pengalaman memperlihatkan bahwa biaya manufaktur terutama tenaga kerja turun jika volume...
a. stabil
b. fluktuatif
c. turun
d. naik
Jawab:
D. Benar
34. Dasar perhitungan penetapan harga cost plus adalah...
a. biaya manufaktur
b. kualitas
c. harga pesaing
d. economic value to the customer
Jawab:
A. Benar
35. Suatu akan cepat kehilangan keunikannya dan turun martabatnya sehingga hanya dipandang sebagai satu diantara produk kompetitor apabila...
a. pasar potensialnya kecil sehingga akan memancing imitasi
b. kompetitor potensial lemah
c. tidak dibutuhkan investasi besar dalam memproduksi dan mendistribusi produk
d. paten dan teknologi yang kuat
Jawab:
C. Benar
36. Pernyataan yang Jawab:
Benar mengenai saluran pemasaran menurut Stern & Al-Ansary adalah...
a. saluran pemasaran hanya terdiri dari satu perusahaan
b. saluran pemasaran terdiri dari beberpa elemen yang bekerja masing-masing
c. saluran pemasaran merupakan suatu kegiatan
d. saluran pemasaran terdiri dari beberapa elemen yang adalam melaksanakan tugasnya saling bergantung satu sama lain
Jawab:
D. Benar
37. Salah satu fungsi perantara adalah mengumpulkan barang yang hampir sama dari beberapa sumber bersama-sama ke dalam pasokan yang lebih homogen, yang disebut dengan ...
a. alokasi
b. akumulasi
c. pemilahan
d. assorting
Jawab:
B. Benar
38. Mengupayakan agar tercapai persetujuan akhir tentang harga dan syarat merupakan fungsi anggota saluran pemasaran untuk...
a. menyediakan informasi
b. mempromosikan
c. melakukan negosiasi
d. melakukan pemesanan
Jawab:
C. Benar
39. Strategi distribusi yang banyak dipakai pada produk-produk yang mudah ditemui (convenience goods) dengan mengupayakan sebanyak mungkin jumlah perantara demi mencapai dan menjamin ketersediaan produk di pasar disebut sebagai distribusi ...
a. eksklusif
b. diferensiatif
c. selektif
d. intensif
Jawab:
D. Benar
40. Produsen yang memberikan ancaman akan memutuskan hubungan jika perantara gagal, dalam hal ini produsen tersebut menggunakan kekuasaan yang bersumber pada...
a. coercive power
b. reward power
c. legitimate power
d. expert power
Jawab:
A. Benar
41. Proses identifikasi, pengumpulan, analisis, dan penyebaran informasi secara sistematis dan obyektif dengan tujuan untuk membantu manajemen dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan identifikasi atau pemecahan masalah dan peluang dalam pemasaran merupakan definisi dari…
a. audit pemasaran
b. perencanaan pemasaran
c. penelitian pemasaran
d. peramalan pemasaran
Jawab:
C. Benar
42. Suatu penelitian pemasaran yang baik harus memberikan nilai tambah yang lebih besar dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan, dalam hal ini penelitian tersebut bersifat…
a. akurat
b. efisien
c. relevan
d. tepat waktu
Jawab:
B. Benar
43. Nokia memiliki berbagai model handphone yang disesuaikan kebutuhan kelompok konsumennya. Segmentasi yang dipilih oleh Nokia adalah…
a. undifferentiated marketing strategy
b. konsentrasi
c. diferensiasi
d. atomisasi
Jawab:
C. Benar
44. Salah satu ciri metode Interdepensi adalah…
a. ada hubungan antara variabel dependen dengan variabel independen
b. menggunakan teknik analisis AID (Automated Interaction Detection)
c. variabel terikat merupakan hal penting yang ingin diketahui dari konsumen
d. menggunakan teknik Hierarchical Cluster
Jawab:
D. Benar
45. Fase pertama dari proses perencanaan pemasaran adalah...
a. evolusi terpimpin
b. evolusi delegasi
c. evolusi koordinasi
d. evolusi kreatif
Jawab:
D. Benar
Download Soal Ujian UT Manajemen EKMA4569
Seperti yang telah kami jelaskan diatas, bahwa Anda bisa mendownload soal diatas dalam bentuk file dokumen PDF yang telah kami sediakan untuk Anda. Hal ini kami lakukan untuk mempermudah Anda menyimpan dokumen, karena terkadang ada dari Mahasiswa yang kesulitan untuk mengcopy-paste artikel, jadi untuk itu kami menyiapkan link download dalam bentuk file dokumen PDF. Nah untuk mendownload soal uas EKMA4569 Perencanaan Pemasaran, silahkan Anda klik link dibahwa ini.Jika Anda mengalami kesulitan dalam mencari soal-soal yang pada blog ini, jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami melalui halaman Contact. Mempelajari soal-soal ini akan sangat membantu Anda dalam memahami materi dengan cepat dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian akhir semester nantinya.
Sekian ulasan kami terkait Soal Ujian UT Manajemen EKMA4569 Perencanaan Pemasaran, semoga soal ini dapat membantu Anda dalam menghadapi ujian nantinya. Terus baca berbagai soal lainnya hanya di blog soal uas ut, dan jangan lupa untuk merekomendasikan blog ini pada teman Anda yang lainnya dan berbagi artikel ini ke sosial media, terima kasih.