Friday, 17 February 2017

Soal Ujian UT Manajemen EKMA4213 Manajemen Keuangan Beserta Kunci Jawaban

Soal Ujian UT (Universitas Terbuka) Manajemen EKMA4213 Manajemen Keuangan lengkap dengan kunci jawaban kami bagikan untuk Anda Mahasiswa FEKON (Fakultas Ekonomi) non Pendas yang sekarang ini sedang menempuh pendidikan pada semester 3. Pada arikel sebelumnya kami telah berbagi lengkap Soal Ujian UT Menajemen Semester 2, terakhir kami memposting Soal Ujian UT Manajemen EKMA4159 Komunikasi Bisnis. Kali ini kami akan mengulas lengkap untuk Anda Mahasiswa UT Manajemen Soal Ujian UT Manajemen Semester 3 lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan jawabannya. Seperti yang selalu kami jelaskan pada setiap postingan kami, bahwa semua soal yang kami bagikan pada blog Soal UAS UT ini meruapakan hasil dari materi yang ada pada modul serta latihan-latihan soal yang kami rangkum menjadi soal yang telah dilengkapi dengan kunci jawabannya. Jadi sangat memungkinkan akan membantu Anda dalam memahami materi yang ada pada modul dengan mempelajari soal-soal seperti ini. Anda akan lebih mudah mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian akhir nantinya. Tak hanya Soal Ujian UT yang kami bagikan, namun hal lainnya juga kami posting, seperti Laporan PKP UT, Laporan PKM UT dan hal lainnya terkait tugas-tugas Mahasiswa UT.

Dengan adanya Soal Ujian UT Manajemen dan berbagai Soal UT untuk jurusan lainnya baik Pendas maupun Non Pendas yang telah kami sajikan pada blog ini, tentu Anda akan lebih dimudahkan dalam mempelajari isi materi pada modul. Dengan hal ini Anda akan lebih bisa menghemat waktu Anda untuk mempelajari semua materi di mata kuliah Anda. Mempelajari soal-soal seperti ini yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan soal tentu akan menghemat waktu Anda. Tak jarang soal yang Anda pelajari akan sama persis keluar pada waktu ujian nantinya, hal ini karena semua soal yang kami bagikan ini tak lepas dari materi yang ada pada modul Anda.

Soal Ujian UT Manajemen Semester 3 lainnya:

Soal Ujian UT yang kami bagikan ini tak kami pisahkan antara soal dan kunci jawabannya, jadi tentunya Anda sangat mudah sekali dalam mempelajarinya. Anda bisa mempelajari soal ini secara online. Kami juga telah menyiapkan setiap soal dalam bentuk dokumen PDF yang mana Anda bisa mendownload soal ini pada akhir artikel.

Soal Ujian UT Manajemen EKMA4213 Manajemen Keuangan

Soal Ujian UT Manajemen EKMA4213 Manajemen Keuangan Beserta Kunci Jawaban

Seperti yang telah kami sampaikan diatas bahwa pada blog Soal UAS UT ini kami tidak hanya berbagi Soal untuk satu jurusan saja, namun kami juga berbagi berbagai soal lainnya untuk jurusan yang berbeda, nah untuk melihat lengkap soal-soal jurusan lainnya, silahkan Anda merujuk ke postingan kami Soal Ujian UT. Soal yang kami bagikan untuk jurusan Manajemen ini tentunya lengkap, mulai dari semester 1 sampai dengan semester 8, untuk melihat daftar lengkap soalnya, Anda bisa menuju artikel kami Soal Ujian UT Manajemen.

Nah berikut ini soal lengkap dari mata kuliah EKMA4213 Manajemen Keuangan lengkap dengan kunci jawaban serta pembahasan soalnya yang bisa Anda pelajari untuk persiapan dalam mengikuti ujian akhir semester nantinya.

Soal Ujian UT Manajemen EKMA4213

1. Fungsi manajemen keuangan adalah.......
A. Menggunakan dana dan mencari pendanaan
B. Menggunakan dana untuk menciptakan produk unggulan
C. Mencari dana untuk mengembangkan produk unggulan
D. Menghemat dana untuk peningkatan pendapatan perusahaan
Jawab:
A. Jawaban Anda benar.
Manajemen keuangan menyangkut kegiatan perencanaan, analisis dan pengendaliankegiatan keuangan yang dapat dikelompokkan menjadi dua kegiatan utama: kegiatan menggunakan dana dan mencari dana. Menggunakan dana untuk menciptakan produk unggulan hanya merupakan salah satu contoh kegiatan penggunaan dana saja

2. Secara normatif, tujuan keputusan keuangan adalah.......
A. Untuk memaksimumkan deviden
B. Untuk memaksimumkan nilai perusahaan
C. Untuk memaksimumkan modal perusahaan
D. Untuk memaksimumkan pendanaan
Jawab:
B. Jawaban Anda benar.
Tujuan keputusan keuangan tidak hanya untuk memaksimumkan deviden karena deviden hanya dirasakan pemegang saham saja. Sementara keputusan keuangan adalah untuk mencapai tujuan keuangan perusahaan secara menyeluruh atau dengan kata lain memaksimumkan nilai perusahaan

3. Faktor-faktor eksternal keuangan yang mempengaruhi keputusan-keputusan keuangan yang akan diambil, disebut juga sebagai.......
A. Lingkungan keuangan
B. Lingkungan perusahaan
C. Lingkungan pemasaran
D. Lingkungan industri
Jawab:
A. Jawaban Anda benar.
Lingkungan keuangan merupakan faktor-faktor eksternal keuangan yang mempengaruhi keputusan-keputusan keuangan yang akan diambil. Lingkungan keuangan tersebut terdiri dari (financial system) tempat perusahaan beroperasi. Di dalam sistem keuangan tersebut dijumpai berbagai lembaga keuangan, berbagai instrumen keuangan yang diperjualbelikan di pasar keuangan

4. Suatu konsep yang menyatakan bahwa nilai uang sekarang akan lebih berharga dari pada nilai uang di masa yang akan datang, merupakan pengertian dari konsep....
A. nilai satuan dari uang
B. nilai nominal dari uang
C. nilai Waktu dari uang
D. nilai sekarang dari uang
Jawab:
C. Jawaban Anda benar.
Karena adanya perbedaan waktu, maka pemanfaatan uang saat ini dengan yang akan datang akan menentukan nilainya (time value).

5. Anda memiliki uang saat ini sebesar Rp. 15 juta. Kemudian anda ingin menginvestasikan uang tersebut dengan cara menabungnya di bank. Berapakah nilai uang anda 5 tahun yang akan datang jika suku bunga bank diketahui sebesar 15%?
A. Rp. 30.701.400
B. Rp. 30.107.400
C. Rp. 30.710.400
D. Rp. 30.170.400
Jawab:
D. Jawaban Anda benar
Nilai uang pada 5 tahun yang akan datang ditentukan sebagai berikut :
n = 5 tahun;
Co = 15 juta;
r = 15%
NT = 15juta x (1+0,15)5 = Rp. 30.170.357,81,- dibulatkan menjadi Rp. 30.170.400,-

6. Anda memiliki sebuah HP yang dibeli 5 tahun lalu seharga Rp 2juta. HP tersebut saat ini akan anda jual. Jika taksiran keuntungan yang anda inginkan sama dengan tingkat bunga bank saat ini, yakni 11% maka berapakah harga yang layak untuk HP anda?
A. Rp. 1.187.000
B. Rp. 1.871.000
C. Rp. 1.781.000
D. Rp. 1.817.000
Jawab:
A. Jawaban Anda benar
Harga yg layak untuk HP tersebut dapat dihitung dengan rumus : PV = Cn / (1+r)n
PV = 2juta / (1+0,11)5
= Rp. 1.186.903 dibulatkan menjadi Rp. 1.187.000,-

7. Menurut John Maynard Keynes, ada tiga motif untuk memiliki kas, yaitu :
A. motif transaksi, motif berjaga-jaga, dan motif spekulasi
B. motif keuangan, motif transaksi, dan motif investasi
C. motif transaksi, motif berjaga-jaga, dan motif investasi
D. motif keuangan, motif transaksi, dan motif spekulasi
Jawab:
A. Jawaban Anda benar
Dimana John Maynard Keynes menyatakan bahwa ada tiga motif untuk memiliki kas, yaitu (1) motif transaksi, (2) motif berjaga-jaga, dan (3) motif spekulasi. Motif transaksi berarti perusahaan menyediakan kas untuk membayar berbagai transaksi bisnisnya. Motif berjaga-jaga dimaksudkan untuk mempertahankan saldo kas guna memenuhi permintaan kas yang sifatnya tidak terduga. Sedangkan motif spekulasi dimaksudkan untuk memperoleh keuntungan dari memiliki atau menginvestasikan kas dalam bentuk investasi yang sangat likuid

8. Berikut adalah model-model manajemen kas, yaitu :
A. model persediaan dan model pasokan
B. model persediaan dan model Miller and Orr
C. model persediaan dan model Miller and Osin
D. Model tunggal dan campuran
Jawab:
B. Jawaban Anda benar
Model-model manajemen kas terdiri dari model persediaan dan model Miller and Orr. Model persediaan mengidentifikasikan bahwa kebutuhan akan kas dalam suatu perusahaan mirip dengan pemakaian persediaan. Apabila perusahaan memiliki saldo kas yang tinggi, perusahaan akan mengalami kerugian dalam bentuk kehilangan kesempatan untuk menginvestasikan dana tersebut pada kesempatan investasi lain yang lebih menguntungkan. Sebaliknya apabila saldo kas terlalu rendah, kemungkinan perusahaan mengalami kesulitan likuiditas akan makin besar. Karena itu seharusnya ada penyeimbangan. Sedangkan model Miller and Orr mengemukakan bahwa dalam keadaan penggunaan dan pemasukan kas bersifat acak, perusahaan perlu menetapkan batas atas dan batas bawah saldo kas. Apabila saldo kas mencapai batas atas, perusahaan perlu merubah sejumlah tertentu jumlah kas, agar saldo kas kembali ke jumlah yang diinginkan. Sebaliknya apabila saldo kas menurun dan mencapai batas bawah, perusahaan perlu menjual sekuritas agar saldo kas naik kembali ke jumlah yang diinginkan.


9. Kebutuhan bahan baku dalam satu tahun sebesar 4.800 satuan, dengan harga Rp.75.000 per satuan. Perusahaan melakukan pembelian setiap bulan sekali. Biaya simpan (termasuk biaya modal) berkisar 18% per tahun, sedangkan biaya setiap kali memesan sebesar Rp.300.000. Berapakah biaya persediaan yang ditanggung perusahaan?
A. Rp. 6,2 juta
B. Rp. 6,3 Juta
C. Rp. 6, 4 juta
D. Rp. 66,5 juta
Jawab:
B. Jawaban Anda benar
Diketahui bahwa :
Jumlah yang dipesan setiap bulan = 4.800/12 = 400 satuan
Nilai rata-rata persediaan = (400 x Rp.75.000)/2 = Rp.15 juta
Biaya simpan dalam satu tahun = Rp.15 juta x 0,18 = Rp.2,7 juta
Biaya pesan dalam satu tahun = Rp.300.000 x 12 = Rp.3,6 juta
Dengan demikian maka :
Total biaya persediaan = Rp.2,7 + Rp.3,6 = Rp.6,3 juta

10. Suatu perusahaan memberikan persyaratan penjualan 2/15 net 45. Apabila diperkirakan 55% pembeli akan memanfaatkan discount dan sisanya membayar pada hari ke 45, berapa rata-rata periode pengumpulan piutang ?
A. 33 hari
B. 36 hari
C. 40 hari
D. 45 hari
Jawab:
A. Jawaban Anda benar
Rata-rata periode pembayaran piutang = 0,55(15) + 0,55(45) = 33 hari

11. Rekening Hutang pajak dapat dikelompokkan sebagai sumber dana yang bersifat?
A. jangka panjang
B. jangka pendek spontan
C. jangka pendek
D. jangka pendek spontan
Jawab:
B. Jawaban Anda benar.
Selain hutang dagang, pendanaan spontan juga bisa berasal dari rekening-rekening yang oleh akuntansi diklasifikasikan sebagai rekening accruals. Misalnya pembayaran upah dan pembayaran pajak.

12. Apabila perusahaan membayar upah buruh setiap 7 hari sekali setelah mereka bekerja terlebih dulu, dan setiap pembayaran menyangkut jumlah Rp.700 juta, berapakah rata-rata rekening hutang upah perusahaan?
A. Rp.350 juta
B. Rp.700 juta
C. Rp.150 juta
D. Rp.100 juta
Jawab:
A. Jawaban Anda benar.
Diketahui rata-rata hutang upah = Rp.700/2 = Rp.350 juta

13. Bank menilai bahwa bisnis perhotelan di daerah A telah mengalami persaingan yang terlalu ketat. Akibatnya permohonan kredit untuk mendirikan hotel dari suatu perusahaan ditolak oleh bank. Penolakan tersebut didasarkan atas penilaian yang tidak menguntungkan tentang aspek?
A. collateral
B. conditions
C. character
D. capital
Jawab:
B. Jawaban Anda benar
Sebelum bank memberikan kredit, bank akan melakukan analisis kredit, yang pada dasarnya adalah untuk mengetahui itikad dan kemampuan debitur (perusahaan) dalam membayar kredit yang mereka terima. Dalam dunia perbankan dikenal istilah 5 C’s of credit, yaitu character (watak dan kejujuran pimpinan perusahaan), capacity (kemampuan manajemen), capital (modal perusahaan), collateral (agunan kredit), dan conditions (kondisi bisnis).


14. Sebuah perusahaan merencanakan untuk melakukan investasi yang memerlukan dana sebesar Rp. 1.500 juta. Investasi tersebut diperkirakan mempunyai usia ekonomis 4 tahun. Taksiran laba rugi setiap tahunnya adalah sebagai berikut :


Pada akhir tahun ke-4 diperkirakan akan diperoleh terminal cash inflow sebesar Rp. 350 juta. Jika r = 17%, maka berapakah nilai NPV investasi tersebut ?
A. Rp. 988 juta
B. Rp. 938 juta
C. Rp. 889 juta
D. Rp. 839 juta
Jawab:
B. Dimana cara menghitungnya adalah sebagai berikut :


15. Berdasarkan soal nomor 14 di atas, hitunglah Payback period-nya!
A. 1 tahun 11,38 bulan
B. 2 tahun 7,75 bulan
C. 3 tahun 4,59 bulan
D. 4 tahun 1,33 bulan
Jawab:
A. Jawaban Anda benar
Payback period diperoleh dalam 1 tahun = 1 x 770juta = Rp. 770 juta.
Sisanya tinggal Rp. 1500 juta – Rp. 770 juta = Rp. 730 juta, dapat diperoleh dalam waktu (730/770) x 12 bulan = 11,38. dengan demikian maka Payback period-¬nya adalah 1 tahun 11,84 bulan.

16. Kelemahan dari metode payback period adalah.....
A. terlalu terpaku pada nilai waktu uang dan arus kas setelah periode payback
B. hanya memperhatikan nilai waktu uang dan mengabaikan arus kas setelah periode payback
C. mengabaikan nilai waktu uang dan arus kas setelah periode payback
D. mengabaikan nilai waktu uang namun lebih memperhatikan arus kas
Jawab:
C. Jawaban Anda benar.
Kelemahan dari metode payback adalah (1) tidak diketahui berapa payback minimal (2) tidak memperhatikan nilai waktu uang, dan (3) mengabaikan arus kas setelah periode payback.

17. Di dalam investasi, risiko dinyatakan sebagai?
A. tantangan dalam investasi
B. keragu-raguan investasi
C. deviasi standar dari nilai yg diharapkan
D. deviasi standar dari nilai yg akan diinvestasikan
Jawab:
C. Jawaban Anda benar.
Apabila risiko didefinisikan sebagai ketidakpastian memperoleh nilai yang berbeda dari nilai pengharapan, maka risiko tersebut dapat dinyatakan sebagai deviasi standar nilai tersebut.

18. Perusahaan yang mempunyai operating leverage yang tinggi, akan mempunyai risiko yang lebih tinggi pula. Kondisi tersebut disebabkan oleh.....
A. arus kas lebih mudah berfluktuasi
B. kecilnya utang jangka panjang
C. tingginya tingkat keuntungan yang akan diperoleh
D. banyaknya kepentingan para pemegang saham
Jawab:
A. Jawaban Anda benar.
Perusahaan yang mempunyai operating leverage yang lebih tinggi keuntungan yang diperolehnya akan lebih peka terhadap perubahan penjualan. Dengan demikian arus kasnya juga akan lebih mudah berfluktuasi. Karena itulah dikatakan mempunyai risiko yang lebih besar

19. Suatu investasi diperkirakan mempunyai distribusi probabilitas tingkat keuntungan sebagai berikut :


Berapa tingkat keuntungan yang diharapkan dari investasi tersebut?
A. 0,60
B. 0,90
C. 0,96
D. 0,69
Jawab:
D. Jawaban Anda benar.
E(R) = S ( Ri Pi)
= (0,35x0,5)+(0,55x0,7)+(0,33x0,4)
= 0,69

20. Suatu investasi diperkirakan mempunyai distribusi probabilitas tingkat keuntungan sebagai berikut :


Berapa deviasi standar tingkat keuntungan investasi tersebut?
A. 0,1
B. 0,2
C. 0,3
D. 0,4
Jawab:
A. Jawaban Anda benar


21. Secara formal pasar modal yang efisien didefinisikan sebagai….
A. pasar yang harga sekuritas-sekuritasnya telah mencerminkan semua informasi yang relevan
B. pasar yang harga sekuritas-sekuritasnya telah mencerminkan sebagian informasi yang relevan
C. pasar yang harga sekuritas-sekuritasnya belum mencerminkan semua informasi yang relevan
D. pasar yang harga sekuritas-sekuritasnya belum mencerminkan sebagian informasi yang relevan
Jawab:
A. Jawaban Anda benar.
Secara formal pasar modal yang efisien didefinisikan sebagai pasar yang harga sekuritas-sekuritasnya telah mencerminkan semua informasi yang relevan. Semakin cepat informasi baru tercermin pada harga sekuritas, semakin efisien pasar modal tersebut. Dengan demikian akan sangat sulit (atau bahkan hampir tidak mungkin) bagi para pemodal untuk memperoleh tingkat keuntungan di atas normal secara konsisten dengan melakukan transaksi perdagangan di bursa efek. Efisiensi dalam artian ini sering juga disebut sebagai efisiensi informasional.

22. Dalam pasar modal yang efisien, perubahan harga saham mengikuti pola random walk. Ini berarti bahwa............
A. perubahan harga saat ini bisa dipergunakan untuk memperkirakan perubahan harga di masa yang akan datang
B. perubahan harga di waktu yang lalu tidak bisa dipergunakan untuk memperkirakan perubahan harga di masa yang akan datang
C. perubahan harga di waktu yang lalu bisa dipergunakan untuk memperkirakan perubahan harga di masa yang akan datang
D. perubahan harga saat ini tidak bisa dipergunakan untuk memperkirakan perubahan sebagian harga di masa yang akan datang
Jawab:
B. Jawaban Anda benar. Dalam pasar modal yang efisien, perubahan harga saham mengikuti pola random walk dimana perubahan harga di waktu yang lalu tidak bisa dipergunakan untuk memperkirakan perubahan harga di masa yang akan datang. Taksiran terbaik harga besok pagi adalah harga hari ini. Dengan kata lain E(Pt+1) = Pt.

23. Mereka yang menggunakan analisis teknikal mendasarkan diri pada pemikiran bahwa ....
A. gerakan harga saham bersifat repetitive dan mempunyai pola
B. gerakan harga saham bersifat acak
C. gerakan harga saham dipengaruhi oleh faktor ekonomi
D. gerakan harga saham dipengaruhi oleh faktor fundamental perusahaan
Jawab:
A. Jawaban Anda benar.
mereka yang menganut analisis teknikal berpendapat bahwa gerakan harga saham mempunyai trend (kecenderungan) dan bersifat berulang (repetitive)

24. Nilai pasar PT. AAA adalah sebesar Rp.800 milyar, yang terdiri dari nilai hutang sebesar Rp.350 milyar dan ekuitas sebesar Rp.450 milyar. Jumlah lembar saham yang diterbitkan dan beredar adalah 250 juta. Sisi aktiva menunjukkan saldo kas yang cukup besar, yaitu Rp.200 milyar. Dengan diketahuinya informasi tersebut, berapa harga saham PT. AAA?
A. Rp. 1.800 per lembar
B. Rp. 1.850 per lembar
C. Rp. 1.900 per lembar
D. Rp. 1.950 per lembar
Jawab:
A. Jawaban Anda benar.
Harga saham = Rp.450 milyar / 250 juta = Rp.1.800 per lembar

25. Nilai pasar PT. AAA adalah sebesar Rp.850 milyar, yang terdiri dari nilai hutang sebesar Rp.400 milyar dan ekuitas sebesar Rp.450 milyar. Jumlah lembar saham yang diterbitkan dan beredar adalah 150 juta. Sisi aktiva menunjukkan saldo kas yang cukup besar, yaitu Rp.250 milyar. Apabila Price to Book Value (PBV) = 1,5 berapakah nilai buku per lembar saham?
A. Rp. 1.800 per lembar
B. Rp. 2.000 per lembar
C. Rp. 2.200 per lembar
D. Rp. 2.400 per lembar
Jawab:
B. Jawaban Anda benar.
Harga saham = Rp.450 milyar / 150 juta = Rp.3.000 per lembar
Nilai buku per lembar saham = Rp.3.000 / 1,5 = Rp.2.000

26. Sesuai dengan pecking order theory, sumber dana berikut ini yang merupakan pilihan pertama adalah ....
A. obligasi
B. obligasi konversi
C. laba ditahan
D. saham baru
Jawab:
C. Jawaban Anda benar. Dimana Laba ditahan merupakan internal financing sehingga menjadi pilihan pertama

27. Pembagian keuntungan perusahaan kepada pemegang saham perseroan terbuka yg sebanding dengan jumlah lembar yang dimiliki, disebut....
A. saham
B. keuntungan
C. keuntungan internal
D. deviden
Jawab:
D. Jawaban Anda benar.
Deviden merupakan Pembagian laba perusahaan kepada pemegang saham perseroan terbuka yang sebanding dengan jumlah lembar yg dimiliki. Namun, laba tersebut bisa dibagi sebagai dividen atau ditahan untuk diinvestasikan kembali. Jika deviden yang ditahan dapat meningkatkan nilai perusahaan maka deviden akan ditahan sehingga dapat memberikan nilai keuntungan lebih bagi pemegang saham

28. Arief mengamati bahwa saham PT. A membagikan dividen per saham yang cenderung meningkat sebesar 10% selama beberapa tahun terakhir. Karena itu ia memperkirakan bahwa pertumbuhan tersebut akan berlaku untuk seterusnya. Harga saham PT. A saat ini sebesar Rp.8.000,00 dan dividen yang baru saja dibagikan (D0) sebesar Rp.450,00. Berapa taksiran biaya modal sendiri apabila dipergunakan constant growth model?
A. 16%
B. 17%
C. 18%
D. 19%
Jawab:
A. Jawaban Anda benar
Model pertumbuhan konstan menyatakan bahwa,
P0= D1/(ke - g)1 atau
ke= (D1/P0) + g
Dengan demikian maka,
Ke = [450(1+0,10)/8.000] + 0,10
= 0,16 atau 16%

29. Tahun 2007 sampai 2010 pembagikan dividen di PT. A terus meningkat per sahamnya sebesar 11%. Pertumbuhan tersebut diperkirakan akan berlaku untuk seterusnya. Harga saham PT. A saat ini sebesar Rp.9.500,00 dan dividen yang baru saja dibagikan (D0) sebesar Rp.600,00. Jika PT. A tersebut akan menerbitkan saham baru dan menanggung biaya emisi sebesar 3%, maka berapakah taksiran biaya modal sendiri dari penerbitan saham baru tersebut?
A. 16,55%
B. 17,55%
C. 18,55%
D. 19,55%
Jawab:
C. Jawaban Anda benar
Model pertumbuhan konstan menyatakan bahwa,
P0= D1/(ke - g), atau
ke= (D1/P0) + g
Dengan demikian maka,
Ke = [600(1+0,11)/9.500] + 0,11 = 0,18 atau 18%
Biaya modal sendiri dari penerbitan saham baru = 18% / (1 – 0,03) = 18,55%

30. Saham PT. EFGH diperkirakan akan membayarkan dividen tahun depan sebesar Rp.120 (D1 = Rp.120). Diperkirakan dividen akan tumbuh sebesar 8% per tahun selamanya. Saham tersebut saat ini terjual di bursa dengan harga Rp.1.200 per lembar. Berapakah biaya ekuitas (cost of equity) dari laba yang ditahan (ke)?
A. 17%
B. 18%
C. 19%
D. 20%
Jawab:
C. Jawaban Anda benar
Ke = [120(1+0,08)/1.200] + 0,08
= 0,19 atau 19%3

31. Arif mengamati beta saham PT. EFGH sekitar 1,20. Diharapkan bahwa tingkat keuntungan portofolio pasar [E(RM)], akan sekitar 18% per tahun, dan tingkat keuntungan bebas risiko (Rf) sebesar 11%. Dengan menggunakan CAPM, berapakah taksiran biaya modal sendiri untuk saham PT. EFGH?
A. 17%
B. 18%
C. 19%
D. 20%
Jawab:
C. Jawaban Anda benar
CAPM menyatakan bahwa,
Ri = Rf + ?i[RM - Rf]
dan dalam hal ini Ri juga sama dengan ke
Dengan demikian maka,
Ke = 0,11 + 1,20[0,18 - 0,11]
= 0,11 + 0,08
= 0,19 atau 19%

32. PT. XYZ diharapkan membayar dividen Rp 750 setiap semester dan return yang diharapkan 12%. Berapa harga saham tersebut?
A. Rp 12.500
B. Rp 12.600
C. Rp 12.700
D. Rp 12.800
Jawab:
A. Jawaban Anda benar
Hasil (return) per kuartal = 12% / 2 = 6%
Dividen / kuartal = Rp 750
Harga saham = Rp 750 / 6% = Rp 12.500


33. Saham preferen PT. B dengan dividen tahuan sebesar Rp 5.000 ditawarkan sebesar Rp 40.000 / lembar, berapa return yang diharapkan dari saham preferen tersebut?
A. 12,5%
B. 15,2%
C. 21,5%
D. 25,1%
Jawab:
A. Jawaban Anda benar
Po = D / r
r = D / Po = Rp 5.000 / Rp 40.000 = 12,5%
Return yang diharapkan dari saham preferen tersebut sebesar 12,5%.

34. Bulan Agustus 2004 PT. AAB membayar deviden saham dengan rasio 100 : 80. Jika nilai nominal saham Rp. 1.000 dan harga pasar saham tersebut Rp. 1.100 per lembar. Berapakah besar deviden yang akan dibayarkan per lembar sahamnya?
A. Rp. 780 per lembar
B. Rp. 880 per lembar
C. Rp. 890 per lembar
D. Rp. 980 per lembar
Jawab:
B. Jawaban Anda benar
VD = Rp. 1.100 / (100/80) = Rp. 880
Setiap memegang satu lembar saham menerima proporsi saham baru yang setara dengan nilai Rp. 880

35. Bagi Perusahaan Cash-inflow yang berasal dari investasi pada saham, antara lain adalah…
A. pembayaran deviden
B. keuntungan dari hasil penjualan saham
C. keuntungan dari pembelian saham
D. turunnya harga jual saham
Jawab:
B. Jawaban Anda benar
Cash inflow adalah arus kas yang terjadi dari kegiatan transaksi yang melahirkan keuntungan kas (penerimaan kas). Arus kas masuk (cash inflow) terdiri dari:
Hasil penjualan produk/jasa perusahaan
Penagihan piutang dari penjualan kredit
Penjualan aktiva tetap yang ada
Penerimaan investasi dari pemilik atau saham bila perseroan terbatas
Pinjaman/hutang dari pihak lain
Penerimaan sewa dan pendapatan lain

36. Mana diantara faktor-faktor berikut ini yang mendorong penggunaan hutang?
A. Biaya emisi obligasi lebih tinggi dari biaya emisi ekuitas
B. Makin tingginya tarif income tax, sedangkan pembayaran bunga dapat dipergunakan untuk mengurangi pajak
C. Pasar modal efisien
D. Tidak ada asimetrik informasi
Jawab:
B. Jawaban Anda benar
Dengan adanya penggunaan hutang maka perusahaan akan mendapatkan keringanan biaya pajak karena perusahaan masih dibebankan oleh bungan hutang yang harus dibanyarkan sebelum pembayaran pajak

37. Andi berencana akan mendirikan suatu usaha yang diharapkan akan memberikan laba operasi sebesar Rp.800 juta setiap tahun selamanya. Dana yang diperlukan untuk membuka usaha tersebut adalah sebesar Rp.400 juta. Tarif income tax sebesar 35%. Berapa taksiran arus kas operasional yang relevan setiap tahunnya?
A. Rp 250 juta
B. Rp 502 juta
C. Rp 520 juta
D. Rp 205 juta
Jawab:
C. Jawaban Anda benar
Karena usaha tersebut bersifat “selamanya”, maka penyusutan = 0. Dengan demikian maka arus kas operasional = 800(1-0,35) + 0 = Rp. 520 juta.

38. Salah satu kegunaan mengetahui besarnya biaya modal rata-rata tertimbang adalah untuk ….
A. menaksir nilai perusahaan
B. menaksir nilai penjualan
C. menaksir biaya operasional
D. menaksir hutang yang akan jatuh tempo
Jawab:
A. Jawaban Anda benar
Penggunaan biaya modal rata-rata tertimbang untuk menilai profitabilitas investasi. Biaya modal sendiri menunjukkan tingkat keuntungan yang diinginkan oleh pemilik modal sendiri sewaktu mereka bersedia menyerahkan dana tersebut ke perusahaan. Apabila perusahaan tersebut telah menjual sahamnya di bursa, maka penaksiran biaya modal sendiri bisa dilakukan. Apabila tidak, estimasi yang dilakukan hanya mendasarkan diri atas referensi usaha yang sejenis.

39. Dalam laporan arus kas (cash flow), mengandung dua macam aliran/arus kas yaitu...
A. aktiva tetap dan aktiva tidak tetap
B. neraca pasif dan neraca aktif
C. arus kas masuk (cash inflow) dan arus kas keluar (cash out flow)
D. arus kas tetap dan arus kas tidak tetap
Jawab:
C. Jawaban Anda benar
Dalam laporan arus kas (cash flow), mengandung dua macam aliran/arus kas yaitu arus kas masuk (cash inflow) dan arus kas keluar (cash out flow). Arus kas masuk (cash inflow) adalah arus kas yang terjadi dari kegiatan transaksi yang melahirkan keuntungan kas (penerimaan kas). Sedangkan Arus kas keluar (Cash out flow) adalah arus kas yang terjadi dari kegiatan transaksi yang mengakibatkan beban pengeluaran kas.


40. Arief memerlukan tambahan dana sebesar Rp 300 juta untuk jangka waktu sekitar 36 bulan. Bank Artha menawarkan kredit dengan suku bunga flat sebesar 2% per bulan. Apabila Arif mengambil kredit tersebut berapakah pembayaran kreditnya per bulan?
A. Rp 12,33 juta
B. Rp 13,33 juta
C. Rp 14,33 juta
D. Rp 15,33 juta
Jawab:
C. Jawaban Anda benar
Pokok pinjaman Rp 300,00 juta
Bunga = 36 x 2% x Rp 300 juta Rp 216,00 juta
Total Rp 516,00 juta
Angsuran per bulan (mulai bulan 1 s/d ke-24), sebesar Rp 516,00/36 = Rp 14,33 juta.

41. Karena terjadinya krisis ekonomi tahun 1998, maka untuk menghindari dampaknya beberapa bank di Indonesia yakni Bank Exim, Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, dan Bapindo sepakat untuk bergabung dalam satu manajemen pengelolaan. Dari penggabungan keempat bank tersebut terbentuklah bank baru yang bernama bank Mandiri. Penggabungan keempat bank di atas menjadi satu bank disebut....
A. magang
B. marger
C. consolidation
D. coordination
Jawab:
C. Jawaban Anda benar
Consolidation adalah penggabungan dari dua perusahaan atau lebih, dan nama dari perusahaan-perusahaan yang bergabung tersebut hilang, kemudian muncul nama baru dari perusahaan gabungan

42. Penggabungan dua perusahaan atau lebih, dan kemudian tinggal nama salah satu perusahaan yang bergabung disebut?
A. magang
B. marger
C. consolidation
D. coordination
Jawab:
B. Jawaban Anda benar
Marger adalah Penggabungan dua perusahaan atau lebih, dan kemudian tinggal nama salah satu perusahaan yang bergabung.

43. PT. XYZ ingin mengembangkan usahanya dengan cara membeli saham perusahaan lain di bursa saham. Langkah yang dipilih oleh PT. XYZ tersebut disebut…..
A. Akuisisi
B. marger
C. consolidation
D. coordination
Jawab:
A. Jawaban Anda benar
Perluasan usaha memang dapat dilakukan dengan ekspansi intern (yaitu menambah kapasitas pabrik, menambah unit produksi, menambah divisi baru, dan sebagainya), tetapi juga dapat dilakukan dengan menggabungkan dengan usaha yang telah ada (merger dan consolidation) atau membeli perusahaan yang telah ada (akuisisi). Beberapa perusahaan memilih untuk mengakuisisi perusahaan lain dalam mendukung usaha pengembangan mereka. Beberapa contoh di BEJ diantaranya adalah, PT. Mayora Indah (industri makanan dan minuman) mengakuisisi 96% saham PT. Torabika Eka Semesta sebanyak 25,5 juta lembar saham senilai sekitar Rp.62,5 milyar. PT. Dynaplast (industri plastik) mengakuisisi 51% saham PT. Rexplast (perusahaan botol dan pengepakan plastik) senilai Rp.7,76 milyar. PT. Sari Husada (industri makanan bayi) mengakuisisi 100% saham PT. Sugizindo (industri makanan bayi) senilai Rp.28,3 milyar.

44. PT. BCD akan mengakuisisi PT. PRADNYA dengan cara pertukaran saham. Saat ini harga saham PT. BCD adalah Rp.26.000 per lembar dengan jumlah lembar saham 30 juta. PT. PRADNYA mempunyai saham yang beredar sebanyak 10 juta, dengan harga per lembar Rp.7.000. Para pemegang saham PT. BCD akan menawarkan persyaratan yang cukup menarik, yaitu setiap sepuluh lembar saham PT. PRADNYA akan ditukar dengan tiga lembar saham PT. BCD. Diharapkan akuisisi tersebut akan menimbulkan dampak synergy dengan nilai Rp.30 milyar. Berapa harga saham PT. BCD setelah akuisisi tersebut?
A. Rp. 26.667 per lembar
B. Rp. 27.666 per lembar
C. Rp. 26.676 per lembar
D. Rp. 27.676 per lembar
Jawab:
A. Jawaban Anda benar
PVApradnya = (Rp.26.000 x 30 juta) + (Rp.7.000 x 10 juta) + 30 milyar
= Rp. 880 milyar
Jumlah lembar saham setelah akuisisi,
= 30 juta + [(10 juta/10) x 3]
= 33 juta lembar
Harga saham setelah akuisisi
= Rp.880 milyar/33 juta
= Rp.26.667 per lembar

45. Di Jakarta kurs US$1 = Rp.2.400 dan Sin$ = Rp.1.650. Di New York US$1 = Sin$1.500. sedangkan untuk kurs US$ terhadap Sing$ adalah US$1=Sing$1.455. Seandainya tidak ada biaya transaksi dan tidak terdapat perbedaan kurs jual dan beli, berapakah laba arbitrase yang diperoleh?
A. Rp. 75 juta
B. Rp. 27.juta
C. Rp. 57 juta
D. Rp. 25 juta
Jawab:
A. Jawaban Anda benar
Untuk mendapatkan laba arbitrase ditempuh dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1. Beli US$1.00 juta di Jakarta dengan membayar Rp.2,4 milyar.
2. Transfer ke New York, dan US$ tersebut dirubah menjadi Sing$ sebesar Sing$1.50 juta
3. Transfer Sing$ tersebut ke Jakarta dan konversikan ke rupiah, maka akan diperoleh Rp.2,475 milyar
4. Laba arbitrase yang diperoleh sebesar Rp.75 juta.

46. Suatu laporan keuangan yang berisikan pengaruh kas dari kegiatan operasi, kegiatan transaksi investasi dan kegiatan transaksi pembiayaan/pendanaan serta kenaikan atau penurunan bersih dalam kas suatu perusahaan selama satu periode, disebut…..
A. likuiditas
B. Arus kas (cash flow)
C. Arus kas keluar (cash out flow)
D. Arus kas masuk (cash inflow)
Jawab:
B. Jawaban Anda benar
Arus kas (cash flow) adalah laporan keuangan yang berisikan pengaruh kas dari kegiatan operasi, kegiatan transaksi investasi dan kegiatan transaksi pembiayaan/pendanaan serta kenaikan atau penurunan bersih dalam kas suatu perusahaan selama satu periode.

47. Berikut adalah keunggulan dari saham preferen, yaitu….
A. memberikan penghasilan yang tetap (dalam bentuk dividen) kepada pemiliknya, meskipun perusahaan laba banyak ataupun bahkan rugi
B. memberikan kemudahan bagi pemiliknya dalam mendapatkan informasi tentang harga saham dan tingkat keuntungannya
C. memberikan kewenangan yang lebih besar kepada pemiliknya dalam menentukan harga saham perusahan
D. pemilik saham preferen dapat mengambil alih manajemen perusahaan jika sewaktu-waktu perusahaan mengalami kerugian.
Jawab:
A. Jawaban Anda benar
Kelebihan saham preferen adalah memberikan penghasilan yang tetap (dalam bentuk dividen) kepada pemiliknya, meskipun perusahaan laba banyak ataupun bahkan rugi


48. Kredit investasi, hipotek, dan obligasi merupakan sumber dana yang termasuk dalam kategori….
A. Sumber dana jangka panjang yang berbentuk hutang
B. Sumber dana jangka pendek yang berbentuk piutang
C. Sumber dana jangka panjang yang berbentuk laba
D. Sumber dana jangka pendek yang berbentuk laba
Jawab:
A. Jawaban Anda benar
Sumber dana jangka panjang yang berbentuk hutang dapat berujud kredit investasi, hipotek, dan obligasi beserta berbagai variasinya.

49. Harga yang ditentukan oleh perusahaan apabila suatu obligasi akan dilunasi sebelum jatuh tempo, disebut…
A. hipotek
B. income bonds
C. call price
D. floating rate
Jawab:
C. Jawaban Anda benar
Kadang-kadang obligasi mencantumkan klausul yang menyatakan bahwa obligasi tersebut bisa dilunasi oleh perusahaan dengan harga tertentu (disebut call price). Call price ini selalu lebih tinggi dari face valuenya. Sebagai misal, obligasi dengan face value Rp1.000.000,00 dinyatakan mempunyai call price Rp1.100.000,00. Ini berarti bahwa perusahaan bisa melunasi obligasi tersebut dengan harga Rp1.100.000,00

50. Salah satu cara perusahaan untuk mendapatkan sumber dana yang bersifat jangka panjang yakni melalui….
A. pinjaman ke bank
B. menjual asset perusahaan
C. Kredit investasi
D. melakukan marger ke perusahaan lain
C. Jawaban Anda benar
Jawab:
C. Sumber dana jangka panjang yang berbentuk hutang dapat berujud kredit investasi, hipotek, dan obligasi beserta berbagai variasinya.

Download Soal Ujian UT Manajemen EKMA4213

Soal yang kami bagikan ini tak hanya dalam bentuk artikel saja, namun kami juga telah menyiapkan soal-soal ini dalam bentuk dokumen PDF yang mana bisa Anda unduh langsung untuk nanti Anda cetak dan pelajari di rumah, jadi Anda tidak perlu repot untuk melakukan copy-paste artikel ini. Nah berikut ini bisa Anda Download Soal Ujian UT Manajemen EKMA4213 Manajemen Keuangan, berikut silahkan klik link dibawah ini.


Dengan mempelajari soal-soal latihan seperti ini tentu Anda akan lebih siap dalam menghadapi ujian nantinya. Kami berharap soal yang kami bagikan pada blog Soal Uas UT ini bisa membantu Anda dalam mempelajari materi-materi pada modul Anda.

Sekian artikel kami tentang Soal Ujian UT Manajemen EKMA4213 Manajemen Keuangan, semoga bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa untuk merekomendasikan blog kami pada teman Anda dan berbagi artikel kami ke sosial media dengan cara klik tombol share dibawah. Jika Anda mengalami kesulitan atau ada hal yang ingin Anda tanyakan, silahkan sampaikan pada kami melalui halaman Contact kami, semoga bermanfaat terima kasih.
Soal Ujian UT Manajemen EKMA4213 Manajemen Keuangan Beserta Kunci Jawaban Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rani Kusmanti