2/17/2017

Soal Ujian UT Manajemen EKMA4475 Pemasaran Strategik Beserta Kunci Jawaban

loading...
loading...
Soal Ujian UT (Universitas Terbuka) Manajemen EKMA4475 Pemasaran Strategik lengkap dengan kunci jawaban kami bagikan untuk Anda Mahasiswa FEKON (Fakultas Ekonomi) non Pendas yang sekarang ini sedang menempuh pendidikan pada semester 3. Pada postingan kami sebelumnya kami telah banyak berbagai Soal Ujian UT Manajemen Semester 3, terakhir kami memposting Soal Ujian UT Manajemen EKMA4371 Manajemen Rantai Pasokan, kami konsisten membangun blog Soal UAS UT sebagai wadah untuk membagikan kumpulan soal-soal ujian akhir semester Universitas Terbuka. Yang kemudian bisa Anda pelajari sebelum menghadapi ujian nantinya. Setiap soal yang kami posting atau bagikan tentu sudah disertakan dengan kunci jawaban dan pembahasan kunci jawabannya. Tentu dengan hal tersebut Anda akan lebih dimudahkan dalam mempelajari materi yang ada pada madul Anda. Tak hanya Soal Ujian UT  saja, kami juga memberikan berbagai hal lainnya terkait tugas Anda sebagai Mahasiswa Universitas Terbuka, seperti Contoh Laporan PKP, Contoh Laporan PKM dan lainnya. Kami sadar akan kesulitan Anda selaku Mahasiswa dalam mempelajari semua materi yang ada pada modul, hal ini tentu kita tahu bahwa, kegiatan belajar mengajar atau tutorial di UT sendiri yang hanya dilakukan beberapa kali dalam satu semesternya. Tentunya tidak cukup waktu untuk mempelajari dan memahami semua materi yang ada.

Dengan adanya Soal Ujian UT Manajemen dan berbagai Soal UT untuk jurusan lainnya baik Pendas maupun Non Pendas yang telah kami sajikan pada blog ini, tentu Anda akan lebih dimudahkan dalam mempelajari isi materi pada modul. Dengan hal ini Anda akan lebih bisa menghemat waktu Anda untuk mempelajari semua materi di mata kuliah Anda. Mempelajari soal-soal seperti ini yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan soal tentu akan menghemat waktu Anda. Tak jarang soal yang Anda pelajari akan sama persis keluar pada waktu ujian nantinya, hal ini karena semua soal yang kami bagikan ini tak lepas dari materi yang ada pada modul Anda.

Soal Ujian UT Manajemen Semester 3 lainnya:

Tentunya Anda akan sangat dimudahkan dengan adanya soal seperti ini, selain bisa Anda download soal ini untuk kemudian Anda pelajari dirumah, Anda juga mempelajari soal ini secara online, melalui Handphone Anda, karena dalam hal ini, kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabannya. Jadi Anda sangat dimudahkan sekali dalam mempelajari soal-soal ini, kapanpun dan dimana saja Anda bisa belajar, asalkan Anda bisa internetan dengan handphone Anda. Pada akhir artikel, kami juga sudah menyiapkan link untuk mendownload soal ini dalam bentuk file PDF yang mana Anda akan diarahkan langsung pada link downloadnya. Jadi Anda tidak perlu lagi melakukan copy-paste.
Untuk melihat daftar lengkap soal Majamen dari semester 1 sampai semester 8 silahkan Anda menuju artikel kami Soal Ujian UT Manajemen.

Soal Ujian UT Manajemen EKMA4475 Pemasaran Strategik

Soal Ujian UT Manajemen EKMA4475 Pemasaran Strategik Beserta Kunci Jawaban

Seperti yang telah kami sampaikan diatas bahwa pada blog Soal UAS UT ini kami tidak hanya berbagi Soal untuk satu jurusan saja, namun kami juga berbagi berbagai soal lainnya untuk jurusan yang berbeda, nah untuk melihat lengkap soal-soal jurusan lainnya, silahkan Anda merujuk ke postingan kami Soal Ujian UT. Soal yang kami bagikan untuk jurusan Manajemen ini tentunya lengkap, mulai dari semester 1 sampai dengan semester 8, untuk melihat daftar lengkap soalnya, Anda bisa menuju artikel kami Soal Ujian UT Manajemen.

Nah berikut ini soal lengkap dari mata kuliah EKMA4475 Pemasaran Strategik lengkap dengan kunci jawaban serta pembahasan soalnya yang bisa Anda pelajari untuk persiapan dalam mengikuti ujian akhir semester nantinya.

Soal Ujian UT Manajemen EKMA4475

1. Kondisi yang menggambarkan sejauh mana persepsi kinerja sebuah produk dibandingkan dengan harapan-harapan seorang pembeli adalah merupakan pengertian dari…
A. Pemasaran strategis
B. Nilai Pelanggan
C. Kepuasan Pelanggan
D. Migrasi nilai pelanggan
Jawab:
C. Jawaban anda benar, merupakan pengertian dari nilai pelanggan

2. Strategi korporasi yang didisain untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan organisasi yang menyebabkan kinerjanya menurun, disebut sebagai strategi…
A. Strategi stabilitas
B. Strategi pembaharuan
C. Strategi diferensiasi
D. Strategi fokus
Jawab:
B. Jawaban anda benar, merupakan pengertian dari strategi pembaharuan

3. Kotler & Armstrong mengemukakan 5 (lima) jenis orientasi manajemen pemasaran, salah satunya yaitu berpendapat bahwa pencapaian sasaran organisasi tergantung kepada pemahaman akan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan seberapa mampu perusahaan memenuhinya dengan cara yang lebih efektif dan efisien dibanding para pesaing, yang merupakan definisi dari konsep…
A. Konsep produksi (production concept)
B. Konsep produk (product concept)
C. Konsep penjualan (selling concept)
D. Konsep pemasaran (marketing concept)
Jawab:
D. Jawaban anda benar, merupakan definisi dari konsep pemasaran (marketing concept)

4. Seiring perkembangan praktik manajemen dari waktu ke waktu maka munculah beberapa teori-teori utama dalam manajemen, salah satunya, membahas mengenai penggunaan metode-metode ilmiah untuk menggambarkan “sebuah cara yang terbaik” untuk mengerjakan sebuah pekerjaan. Teori tersebut merupakan definisi dari teori…
A. Scientific Management Theory
B. General Administrative Theory
C. Quantitative Approach to Management
D. Organizational Behavior
Jawab:
A. Jawaban anda benar, merupakan definisi dari Scientific Management Theory

5. Manajemen pemasaran menggunakan informasi yang dihasilkan oleh analisis situasi sebagai pedoman untuk menentukan sebuah strategi baru atau mengubah strategi yang sudah adA. Analisis situasi strategis berarti analisis situasi ini harus bersifat strategis dalam arti situasi yang dianalisis tidak hanya situasi internal perusahaan tetapi juga eksternal perusahaan. Faktor-faktor eksternal perusahaan yang harus dianalisis adalah ….
A. Perkembangan hasil pencapaian penjualan per area
B. Kebijakan fiskal dan moneter
C. Perkembangan pangsa pasar
D. Hasil pelaksanaan program-program bauran pemasaran
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, kebijakan fiskal dan moneter termasuk analisis situasi faktor-faktor eksternal perusahaan

6. Pelangan dan pesaing merupakan komponen penting dalam...
A. Analisis lingkungan internal
B. Analisis lingkungan makro
C. Analisis lingkungan mikro
D. Analisis lingkungan global
Jawab:
B. Jawaban anda benar, pelanggan dan pesaing termasuk dalam komponen analisis lingkungan makro

7. Segmentasi berdasarkan jenis usaha, skala usaha, pertumbuhan usaha dan lama berlangganan dikelompokkan kedalam variabel segmentasi berdasarkan…
A. Demografi
B. Geografi
C. Psikografi
D. Karakteristik bisnis
Jawab:
D. Jawaban anda benar, segmentasi berdasarkan variabel-variabel karakteristik bisnis yakni, jenis usaha, skala usaha, pertumbuhan usaha dan lama berlangganan

8. Kinerja pasar meliputi, antara lain...
A. Konsentrasi industri
B. Hambatan masuk (barrier to entry)
C. Differensiasi di antara produk-produk yang dihasilkan industri
D. Kemampulabaan (profitability), efisiensi, dan keinovatifan (innovativeness)
Jawab:
D. Jawaban anda benar, kinerja pasar diindikasikan oleh kemampulabaan (profitability), efisiensi, dan keinovatifan (innovativeness)

9. Persaingan antara produk tidak setipe atau tidak sekelas, tetapi masih dalam industri yang sama di klasifikasikan sebagai jenis persaingan…
A. Persaingan merek (brand competition)
B. Persaingan industri (industry competition)
C. Persaingan manfaat (benefit competition)
D. Persaingan generik (generic competition)
Jawab:
B. Jawaban anda benar, Persaingan industri (industry competition), yaitu persaingan antara produk tidak setipe atau tidak sekelas, tetapi masih dalam industri yang samA. Misalnya, persaingan antara Daihatsu Terios (low SUV) dengan Honda Jazz (mini MPV)

10. Riset Pemasaran berdasarkan definisi American Marketing Association (AMA) adalah...
A. Metoda yang menggunakan data-data penjualan masa lalu untuk mengestimasi penjualan yang datang
B. Metoda yang memberi perhatian pada faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
C. Identifikasi, pengumpulan, analisis dan penyebaran (pembagian) informasi yang sistematis dan objektif untuk meningkatkan pengambilan keputusan yang berhubungan dengan identifikasi dan solusi masalah-masalah dan kesempatan-kesempatan dalam pemasaran
D. Proses identifikasi yang menempatkan permintaan sebagai variabel dependen dan faktor-faktor yang mempengaruhinya sebagai variabel independen
Jawab:
C. Jawaban anda benar, adalah penjabaran dari Riset Pemasaran berdasarkan definisi American Marketing Association (AMA)

11. Kotler dan Keller mencatat tiga strategi pemasaran berdasarkan ada tidaknya pasar sasaran, salah satunya yaitu Pemasaran bersasaran (target marketing), yang dimaksud dengan pemasaran bersasaran (target marketing) adalah...
A. Penjual memproduksi produk secara massal mempromosikan produk secara massal
B. Memilih pasar yang semakin sempit dan menyesuaikan produk secara spesifik dengan kebutuhan dan keinginan target tersebut
C. Perusahaan memproduksi dua atau lebih varians produk yang berbeda dalam hal fitur, gaya, kualitas, model, harga dan lain-lain
D. Perusahaan mengidentifikasi segmen-segmen pasar, memilih segmen untuk dilayani, kemudian membuat produk untuk segmen yang dilayani tersebut
Jawab:
D. Jawaban anda benar, merupakan penjabaran dari definisi Pemasaran bersasaran (target marketing)

12. Salah satu keuntungan yang diperoleh dari Undifferentiated Marketing Strategy adalah...
A. Biaya yang lebih rendah
B. Efektifitas bauran produk lebih tinggi
C. Perusahaan dapat memahami kebutuhan pelanggan lebih baik
D. Dapat memenuhi spesifik setiap segmen sasaran
Jawab:
A. Jawaban anda benar, merupakan salah satu keuntungan yang diperoleh dari Undifferentiated Marketing Strategy

13. Daihatsu Grand Max diposisikan sebagai mobil penumpang yang lapang dan terjangkau. Dengan desain mobil minibus yang body-nya cenderung mengotak. Mesin ditempatkan di tengah. Hidung yang disisakan sedikit bukan ruang mesin. Di sana hanya ada sedikit peranti pendukung mesin. Ruang ini juga bisa dipakai untuk menyimpan kunci-kunci tentunyA. Semua itu dimaksudkan untuk memperoleh ruang kabin yang luas. Brand Positioning yang ingin dicitrakan oleh produsen tersebut adalah...
A. Produk
B. Harga
C. Tempat
D. Promosi
Jawab:
A. Jawaban anda benar, pencitraan yang ingin dibangun produsen didasarkan atas citra produk

14. Yang dimaksud Specialized Industry dalam matrix Boston Consulting Group adalah…
A. Hanya sedikit sumber diferensiasi, tetapi setiap diferensiasi memiliki potensi keunggulan bersaing (competitive advantage) yang besar
B. Hanya sedikit sumber diferensiasi. Ukuran potensi keunggulan bersaing dari setiap diferensiasi kecil lagi
C. Terdapat banyak sumber diferensiasi, tetapi ukuran potensi keunggulan besaing dari setiap diferensiasi rendah
D. Terdapat banyak sumber diferensiasi dan setiap diferensiasi memiliki potensi keunggulan yang besar
Jawab:
D. Jawaban anda benar, merupakan penjabaran dari definisi Specialized Industry

15. Keunggulan motor-motor dan mobil-mobil Jepang dari Amerika dan Eropa, salah satunya disebabkan oleh keunggulan jaringan bengkel dan toko spare-part sampai ke kota-kota kecil, dikatakan juga bahwa montir-montirnya ahli (expertise) dan selama ini terbukti keunggulannya (performance). Untuk mengimbangi kondisi tersebut, Motor Bangau dari Jialing, dalam iklan yang diperankan Rano Karno dan Basuki, menekankan ketersediaan spare-part yang tersedia banyak dan dimana saja sebagai keunggulan motor itu. Ilustrasi tersebut menggambarkan jenis diferensiasi ....
A. Diferensiasi Produk Utama
B. Diferensiasi Layanan Tambahan
C. Diferensiasi Personil
D. Diferensiasi Saluran
Jawab:
D. Jawaban anda benar, ilustrasi diatas menunjukkan jenis diferensiasi saluran yang menekankan pada jalur distribusi, bisa dilakukan melalui cakupun, keahlian dan Performa

16. Konsumen memiliki citra yang sempit mengenai merek. Mereka mempersepsikan merek terlalu tinggi. Kalau kejadian berikut ini terjadi, maka ini contoh over-positioning. Konsumen merasa bahwa rumah-rumah di Lippo Cikarang mahal-mahal semua, padahal ada juga tipe rumah sederhananyA. Definisi tersebut merupakan jebakan positioning...
A. Underpositioning
B. Overpositiong
C. Confused positioning
D. Doubtful positioning
Jawab:
B. Jawaban anda benar, merupakan jebakan jenis Overpositioning

17. Bagi konsumen merek memiliki manfaat, yaitu...
A. Dengan pemberian merek, mutu lebih terjamin dan konsisten
B. Meningkatkan efisiensi pembelian karena merek menyediakan informasi tentang produk dan tempat pembelian
C. Memberikan perlindungan khusus atau ciri khusus maupun keistimewaan produk
D. Memberikan nilai emosional dan ekspresi diri
Jawab:
D. Jawaban anda benar, produk dapat memberi nilai emosional dan ekspresi diri bagi konsumen penggunanya

18. Untuk semua produk obat nyamuk yang tersedia dalam bentuk aerosol dan bakar, PT. Bayer Indonesia menggunakan merek Baygon.
PT. Bayer Indonesia menggunakan strategi merek...
A. Strategi merek baru
B. Strategi perluasan lini
C. Strategi perluasan merek (brand extension)
D. Strategi multimerek
Jawab:
B. Jawaban anda benar, strategi perluasan lini ini dilakukan dengan menggunakan merek yang lama untuk kategori produk yang sudah ada

19. Nissan melihat bahwa antara Latio (Rp 213.000.000) dan Serena Ct (Rp 253.000.000) masih ada celah selebar Rp 40.000.000. Kalau pada celah ini diisikan varian baru, dengan Latio yang di-upgrade atau Serena yang di-speckdown, atau memasukkan MPV merek baru, maka Nissan melakukan perpanjangan lini produk...
A. Memperpanjang ke hilir (downward stretching)
B. Memperpanjang ke hulu (upward stretching)
C. Memperpanjang ke hulu dan ke hilir sekaligus (two-way strectching)
D. Mengisi lini produk (product-line filling)
Jawab:
D. Jawaban anda benar, Nissan melakukan perpanjangan lini produk dengan mengisi lini produk (product-line filling)

20. Barang yang memiliki karakteristik unik atau yang diasosiasikan dengan kelompok pembeli yang eksklusif, disebut barang...
A. Confenience goods
B. Shooping goods
C. Unsougth goods
D. Specialty goods
Jawab:
D. Jawaban anda benar, Specialty goods adalah barang yang memiliki karakteristik unik atau yang diasosiasikan dengan kelompok pembeli yang eksklusif, misalnya mobil Ferrari, jam tangan Rolex, pulpen Mount Blanck, ponsel Vertu, dan lain-lain. Biasanya, pembeli mau meluangkan waktu untuk mendatangi diler dan bersedia membeli secara inden. Harga tidak jadi masalah. Bagi pembeli, semakin sedikit pembeli lain yang memilikinya, semakin tinggi nilai barang

21. Bentuk reaksi terhadap penetapan strategi harga dimana pesaing kecil umumnya mengikuti harga yang ditetapkan pesaing lebih besar disebut dengan...
A. Coperative pricing
B. Adaptive pricing
C. Opportunistic pricing
D. Predatory pricing
Jawab:
B. Jawaban anda benar, merupakan penjabaran dari pengertian Adaptive pricing

22. Praktek pembuatan harga-harga dengan menggunakan angka ganjil, misalnya Rp 3.977, Rp15.970, Rp 21.365.000, dan seterusnya, salah satunya bertujuan memberi kesan harga produk lebih lebih murah karena belum menyentuh level harga di atasnyA. Model penetapan harga ini digolongkan sebagai jenis teknik...
A. Value pricing
B. Perceived Quality Pricing
C. Odd-pricing
D. Mark-up pricing
Jawab:
C. Jawaban anda benar, merupakan definisi dari Odd-pricing

23. Potongan harga yang diberikan karena volume pembelian yang besar disebut sebagai...
A. Cash-discount
B. Quantity-discount
C. Functional-discount
D. Seasonal Discount
Jawab:
B. Jawaban anda benar, Quantity-discount ini adalah penurunan harga yang diberikan karena volume pembelian yang besar. Ini biasa terjadi antar-pedagang, bisa juga antara toko dengan konsumen. Malah, kadang-kadang, pembeli sendiri yang meminta potongan harga kalau tahu volume pembeliannya besar

24. Penggunaan teknik harga dengan cara menurunkan harga merek terkenal atau produk yang sensitif terhadap harga untuk meningkatkan kunjungan konsumen disebut sebagai..
A. Harga penglaris (loss-leader pricing)
B. Special-event pricing
C. Cash-rebate
D. Longer payment terms
Jawab:
A. Jawaban anda benar, ilustrasinya, sebuah toko bisa menurunkan harga beras, tetapi produk lain tetap. Karena dalam masa krisis konsumen sensitif terhadap harga beras, maka dengan menurunkan harga sedikit saja, maka konsumen akan terpengaruh. Biasanya produsen tidak suka kalau produknya dijadikan sebagai penglaris oleh supermarket atau toko-toko

25. Kelompok pembeli yang berbeda dikenakan harga yang berbeda, adalah merupakan teknik diskriminasi harga berdasarkan ...
A. Segmen
B. Bentuk produk (product-form pricing)
C. Lokasi (location pricing)
D. Waktu (time pricing)
Jawab:
A. Jawaban anda benar, ilustrasinya misalkan penetapan harga untuk tiket masuk museum, lebih murah untuk anak sekolah daripada kalangan umum

26. Proses menjabarkan pesan ke dalam simbol-simbol berupa kata-kata lisan, tulisan, bahasa isyarat, lambang, gambar, warna, maupun kombinasinya disebut sebagai...
A. Sender
B. Receiver
C. Encoding
D. Decoding
Jawab:
C. Jawaban anda benar, merupakan penjabaran dari pengertian encoding

27. Medium yang memungkinkan perusahaan menyampaikan pesan berulang-ulang atau yang memungkinkan iklan disaksikan berulang-ulang dalam karakteristik iklan merupakan pengertian dari...
A. Presentasi publik
B. Pervasiveness
C. Dramatisasi pesan
D. Impersonalitas
Jawab:
B. Jawaban anda benar, merupakan pengertian dari pervasiveness

28. Jumlah orang yang terekspos media yang memenuhi karakteristik sebagai audiens adalah pengertian dari...
A. Sirkulasi
B. Audiens
C. Audiens efektif terekspos media
D. Audiens efektif
Jawab:
D. Jawaban anda benar, merupakan pengertian dari audiens efektif

29. Yang dimaksud dengan penjualan solusi adalah...
A. Produk disesuaikan dengan kebutuhan klien dan harga merupakan hal kedua dibanding keberhasilan aplikasi produk
B. Penjualan didasarkan pada harga dan produk yang diperjualbelikan berupa komoditi
C. Dalam situasi penjualan, harga dan fitur sama-sama penting
D. Situasi-situasi meliputi relasi serupa konsultan yang menggunakan pendekatan tim
Jawab:
A. Jawaban anda benar, merupakan pengertian dari penjualan solusi

30. Public Relations sudah menemukan penyebab timbulnya permasalahan dan sudah siap dengan langkah-langkah pemecahan atau pencegahan, hal ini merupakan tindakan pada tahap...
A. Mendefinisikan permasalahan
B. Perencanaan dan program
C. Aksi dan komunikasi
D. Evaluasi program
Jawab:
B. Jawaban anda benar, merupakan tindakan pada tahap perencanaan dan program

31. Saluran pemasaran untuk bisnis tingkat dua terdiri dari…
A. Produces -> customers
B. Producer -> retailer -> customers
C. Producer -> representative -> distributor -> customer
D. Producer -> representative -> customers
Jawab:
C. Jawaban anda benar, skema pada saluran pemasaran untuk bisnis tingkat dua

32. Memilih pasar sasaran terbatas (tidak semua segmen) untuk pemasaran produk baru atau dengan memilih satu atau beberapa segmen untuk dimasuki dan dikuasai, adalah merupakan strategi…
A. Penetrasi pasar secara massal (mass-market penetration)
B. Penetrasi ceruk pasar (niche penetration)
C. Skimming dan keluar dari pasar dengan cepat (skimming and early witdrawal)
D. Memperkenalkan produk secepat mungkin dan memotivasi pembeli secara agresif
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, merupakan pengertian dari strategi penetrasi ceruk pasar (niche penetration)

33. Ilustrasi berikut yang menggambarkan saluran pemasaran dengan strategi distribusi selektif, adalah..
A. Pasta gigi Pepsodent yang dapat ditemukan pada warung kumuh sampai pada pusat perbelanjaan mewah
B. Kemeja Arrow hanya ada atau dijual di departemen store kelas menengah ke atas, dan tidak dijual pasar-pasar tradisional
C. Pakaian rancangan Giovany Versace hanya dijual pada satu butik di Jakarta
D. Telepon seluler premium Vertu hanya ada dijual pada dua pusat perbelanjaan mewah
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, merupakan ilustrasi strategi distribusi selektif, yaitu yang menempatkan produk pada tipe perantara tertentu yang dinilai memenuhi syarat

34. Perilaku konsumen terhadap produk yang menggambarkan produk diklasifikasikan sebagai Specialty product, adalah..
A. Memiliki preferensi merek/berkeliling untuk mencari harga/layanan terbaik
B. Memilih produk dari antara produk-produk yang tersedia pada toko yang paling mudah didatangi
C. Menyukai toko tertentu/mempertimbangkan banyaknya pilihan produk dalam memutuskan toko yang didatangi/merek belum pasti
D. Menyukai toko tertentu/tidak peduli terhadap merek
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, perilaku konsumen terhadap produk menggambarkan produk diklasifikasikan sebagai Specialty product

35. Kriteria yang mempertimbangkan bagaimana perusahaan dapat menyesuaikan strategi pemasaran apabila terjadi suatu perubahan, adalah kriteria...
A. Kriteria ekonomi
B. Kriteria adaptif
C. Kriteria pengendalian
D. Alternatif II dalam kriteria pengendalian
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, merupakan kriteria adaptif, yang mempertimbangkan bagaimana perusahaan dapat menyesuaikan strategi pemasaran apabila terjadi suatu perubahan

36. Produsen menyampaikan keinginannya dalam hal cakupan pasar, tingkat inventory, pengembangan pasar, pencarian pelanggan, layanan dan bantuan teknis, serta informasi pasar, adalah merupakan cara yang dapat dilakukan untuk memotivasi anggota saluran melalui...
A. Kerjasama
B. Kemitraan
C. Pemrograman distribusi
D. Evaluasi anggota saluran
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, merupakan cara memotivasi anggota saluran melalui kemitraan dimana, produsen menginginkan persetujuan anggota saluran atas keinginannya dan menawarkan suatu kompensasi sebagai imbalannya

37. Ford Corporation bekerja sama dengan Mazda Corporation. Kedua korporasi membuat produk bersama, untuk pasar Amerika diberi merek Ford dan didistribusikan Ford Corporation dan untuk pasar Jepang mereknya Mazda dan distribusinya di bawah bendera Mazda Corporation. Ilustrasi tersebut menggambarkan tipe sistem pemasaran..
A. Corporate System
B. Contractual System
C. Administered System
D. Sistem Pemasaran Horisontal
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, merupakan ilustrasi sistem pemasaran horisontal, dalam prakteknya, dua atau lebih perusahaan melakukan program bersama yang bersifat sementara atau permanen. Biasanya ada pembagian kerja untuk produksi, promosi, dan distribusi

38. Walaupun produk sudah dikenal atau disadari keberadaannya, agar cepat tersebar, harus diusahakan agar konsumen mampu membelinyA. Taktik yang sebaiknya digunakan menurut Walker et al. (2003), yaitu...
A. Menetapkan harga penetrasi
B. Meluncurkan iklan yang gencar melalui media
C. Promosi penjualan intensif
D. Uji coba produk gratis dan pemberian garansi
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, menetapkan harga penetrasi, yaitu harga yang relatif rendah agar terjangkau konsumen

39. Kewalahan dengan serangan Kuda, Toyota langsung melakukan lompatan ke depan, dengan mengeluarkan Kijang Innova, tetap 2000 CC, tetapi sudah menggunakan teknologi bukaan klep variabel (oleh Toyota disebut VVTi), dengan desain menyerupai multi-purpose vehicle (MPV) murni. Hasilnya, tahun 2005 Kuda menyerah dengan menghentikan produksi dan pemasaran KudA. Strategi bertahan yang diterapkan oleh Toyota adalah...
A. Strategi Pertahanan Posisi
B. Strategi Pertahanan Sisi
C. Strategi Konfrontasi
D. Strategi Ekspansi Pasar
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, pada strategi konfrontasi, penantang menyerang langsung posisi yang dikuasai pemimpin pasar. Artinya, penantang pasar menarget segmen pasar yang menjadi pasar sasaran pemimpin pasar. Serangan demikian dilakukan Toyota saat mengeluarkan Kijang yang diarahkan pada segmen yang ditarget Mitsubishi melalui Kuda

40. Pada saat kemunculan DVD menggantikan VCD, secara keseluruhan terjadi penurunan permintaan terhadap CD. Sebagian besar konsumen lama beralih ke VCD atau DVD karena kedua format ini menampilkan gambar selain suara, sementara CD hanya menghasilkan suarA. Konsumen baru langsung ke VCD atau DVD tanpa melirik CD. Namun, tidak semua konsumen meninggalkan CD. Ada segmen yang tetap mempertahankan CD dengan alasan kualitas musiknya yang lebih bagus. Ukurannya memang kecil tetapi tetap bertahan. Strategi pemasaran bagi perusahaan yang tersisa tersebut adalah…
A. Strategi Memanen
B. Strategi Mempertahankan
C. Strategi Pemain yang Untung
D. Niche Strategy
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, pada Niche Strategy sekalipun secara keseluruhan pasar menurun, ada saja kemungkinan satu atau beberapa segmen yang bertahan atau menurun perlahan. Segmen seperti inilah yang dicari dalam niche strategy. Pemain besar tentu berharap pada penjualan besar, sehingga mengejar segmen berukuran besar pulA. Namun, perusahaan kecil dapat memusatkan perhatian pada segmen kecil yang memiliki kebutuhan khusus, dan tidak menarik bagi pemain besar saking kecilnya

Download Soal Ujian UT Manajemen EKMA4475

Seperti yang telah kami jelaskan diatas, bahwa Anda bisa mendownload soal diatas dalam bentuk file dokumen PDF yang telah kami sediakan untuk Anda. Hal ini kami lakukan untuk mempermudah Anda menyimpan dokumen, karena terkadang ada dari Mahasiswa yang kesulitan untuk mengcopy-paste artikel, jadi untuk itu kami menyiapkan link download dalam bentuk file dokumen PDF. Nah untuk mendownload soal uas EKMA4475 Pemasaran Strategik, silahkan Anda klik link dibahwa ini.


Jika Anda mengalami kesulitan dalam mencari soal-soal yang pada blog ini, jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami melalui halaman Contact. Mempelajari soal-soal ini akan sangat membantu Anda dalam memahami materi dengan cepat dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian akhir semester nantinya.

Sekian ulasan kami terkait Soal Ujian UT Manajemen EKMA4475 Pemasaran Strategik, semoga soal ini dapat membantu Anda dalam menghadapi ujian nantinya. Terus baca berbagai soal lainnya hanya di blog soal uas ut, dan jangan lupa untuk merekomendasikan blog ini pada teman Anda yang lainnya dan berbagi artikel ini ke sosial media, terima kasih.
Soal Ujian UT Manajemen EKMA4475 Pemasaran Strategik Beserta Kunci Jawaban Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Soalku.com