Friday, 17 February 2017

Soal Ujian UT Manajemen EKMA4371 Manajemen Rantai Pasokan Beserta Kunci Jawaban

Soal Ujian UT (Universitas Terbuka) Manajemen EKMA4371 Manajemen Rantai Pasokan lengkap dengan kunci jawaban kami bagikan untuk Anda Mahasiswa FEKON (Fakultas Ekonomi) non Pendas yang sekarang ini sedang menempuh pendidikan pada semester 3. Pada postingan kami sebelumnya kami telah banyak berbagai Soal Ujian UT Manajemen Semester 3, terakhir kami memposting Soal Ujian UT Manajemen EKMA4366 Pengembangan SDM, kami konsisten membangun blog Soal UAS UT sebagai wadah untuk membagikan kumpulan soal-soal ujian akhir semester Universitas Terbuka. Yang kemudian bisa Anda pelajari sebelum menghadapi ujian nantinya. Setiap soal yang kami posting atau bagikan tentu sudah disertakan dengan kunci jawaban dan pembahasan kunci jawabannya. Tentu dengan hal tersebut Anda akan lebih dimudahkan dalam mempelajari materi yang ada pada madul Anda. Tak hanya Soal Ujian UT  saja, kami juga memberikan berbagai hal lainnya terkait tugas Anda sebagai Mahasiswa Universitas Terbuka, seperti Contoh Laporan PKP, Contoh Laporan PKM dan lainnya. Kami sadar akan kesulitan Anda selaku Mahasiswa dalam mempelajari semua materi yang ada pada modul, hal ini tentu kita tahu bahwa, kegiatan belajar mengajar atau tutorial di UT sendiri yang hanya dilakukan beberapa kali dalam satu semesternya. Tentunya tidak cukup waktu untuk mempelajari dan memahami semua materi yang ada.

Dengan adanya Soal Ujian UT Manajemen dan berbagai Soal UT untuk jurusan lainnya baik Pendas maupun Non Pendas yang telah kami sajikan pada blog ini, tentu Anda akan lebih dimudahkan dalam mempelajari isi materi pada modul. Dengan hal ini Anda akan lebih bisa menghemat waktu Anda untuk mempelajari semua materi di mata kuliah Anda. Mempelajari soal-soal seperti ini yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan soal tentu akan menghemat waktu Anda. Tak jarang soal yang Anda pelajari akan sama persis keluar pada waktu ujian nantinya, hal ini karena semua soal yang kami bagikan ini tak lepas dari materi yang ada pada modul Anda.

Soal Ujian UT Manajemen Semester 3 lainnya:

Tentunya Anda akan sangat dimudahkan dengan adanya soal seperti ini, selain bisa Anda download soal ini untuk kemudian Anda pelajari dirumah, Anda juga mempelajari soal ini secara online, melalui Handphone Anda, karena dalam hal ini, kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabannya. Jadi Anda sangat dimudahkan sekali dalam mempelajari soal-soal ini, kapanpun dan dimana saja Anda bisa belajar, asalkan Anda bisa internetan dengan handphone Anda. Pada akhir artikel, kami juga sudah menyiapkan link untuk mendownload soal ini dalam bentuk file PDF yang mana Anda akan diarahkan langsung pada link downloadnya. Jadi Anda tidak perlu lagi melakukan copy-paste.
Untuk melihat daftar lengkap soal Majamen dari semester 1 sampai semester 8 silahkan Anda menuju artikel kami Soal Ujian UT Manajemen.

Soal Ujian UT Manajemen EKMA4371 Manajemen Rantai Pasokan

Soal Ujian UT Manajemen EKMA4371 Manajemen Rantai Pasokan Beserta Kunci Jawaban

Seperti yang telah kami sampaikan diatas bahwa pada blog Soal UAS UT ini kami tidak hanya berbagi Soal untuk satu jurusan saja, namun kami juga berbagi berbagai soal lainnya untuk jurusan yang berbeda, nah untuk melihat lengkap soal-soal jurusan lainnya, silahkan Anda merujuk ke postingan kami Soal Ujian UT. Soal yang kami bagikan untuk jurusan Manajemen ini tentunya lengkap, mulai dari semester 1 sampai dengan semester 8, untuk melihat daftar lengkap soalnya, Anda bisa menuju artikel kami Soal Ujian UT Manajemen.

Nah berikut ini soal lengkap dari mata kuliah EKMA4371 Manajemen Rantai Pasokan lengkap dengan kunci jawaban serta pembahasan soalnya yang bisa Anda pelajari untuk persiapan dalam mengikuti ujian akhir semester nantinya.

Soal Ujian UT Manajemen EKMA4371

1. Integrasi aktivitas-aktivitas yang mengubah bahan baku menjadi barang dalam proses dan barang jadi serta mengantarkannya kepada pelanggan dengan cara yang efisien, merupakan esensi dari manajemen....
A. operasi
B. rantai pasok
C. proyek
D. stratejik
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, manajemen rantai pasok adalah integrasi aktivitas-aktivitas yang mengubah bahan baku menjadi barang dalam proses dan barang jadi serta mengantarkannya kepada pelanggan dengan cara yang efisien

2. Proses yang menyeimbangkan kebutuhan pelanggan dengan kemauan supply perusahaan untuk menentukan apa yang akan di beli dan kapan, merupakan proses bisnis inti manajemen rantai pasok yaitu...
A. customer relationship management (CRM)
B. customer service management (CSM)
C. demand management
D. customer demand fulfillment
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, demand management merupakan proses yang menyeimbangkan kebutuhan pelanggan dengan kemauan supply perusahaan untuk menentukan apa yang akan di beli dan kapan

3. Diketahui PT. Risha memiliki nilai persediaan Rp. 40.000.000,00 tahun lalu, dan penjualan produk adalah Rp. 160.000.000,00. Jika perusahaan memiliki 52 minggu kerja per tahun, berapa minggu pasokan dalam persediaan?
A. 13 minggu
B. 12 minggu
C. 11 minggu
D. 10 minggu
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, Minggu pasokan = Nilai agregat rata-rata persediaan/Penjualan mingguan = 40.000.000/(160.000.000/52) =12,99 ˜ 13 minggu

4. Diketahui PT. Risha memiliki nilai persediaan Rp. 40.000.000,00 tahun lalu, dan penjualan produk adalah Rp. 160.000.000,00. Jika perusahaan memiliki 52 minggu kerja per tahun, bagaimana perputaran persediaannya?
A. 3 perputaran/tahun
B. 4 perputaran/tahun
C. 5 perputaran/tahun
D. 6 perputaran/tahun
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, Perputaran persediaan = penjualan tahunan/nilai agregat rata-rata persediaan Perputaran persediaan=160.000.000/40.000.000 = 4 perputaran/tahun

5. Mata rantai supply chain terdiri atas...
A. supplier - distributor - retailer - customer
B. supplier - manufacturer - retailer - customer
C. supplier - distributor - manufacturer - retailer - customer
D. supplier - manufacturer - distributor - retailer - customer
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, mata rantai supply chain terdiri atas supplier - manufacturer - distributor - retailer - customer

6. Faktor waktu yang dibutuhkan pasar untuk bisa menerima dan merespon ketika ada produk baru merupakan faktor yang mempengaruhi distribusi yaitu…
A. response time
B. product variety
C. time to market
D. customer experience
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, time to market merupakan faktor waktu yang dibutuhkan pasar untuk bisa menerima dan merespon ketika ada produk baru

7. Jenis pasar pada kuadran ketiga yaitu pasar di mana …
A. permintaan dan penawaran rendah serta tidak bisa diramalkan
B. persediaan rendah dan permintaan lebih tinggi
C. persediaan lebih tinggi dibandingkan permintaan
D. permintaan dan penawaran tinggi
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, jenis pasar pada kuadran ketiga yaitu pasar di mana permintaan dan penawaran tinggi

8. Kumpulan dari manajemen sediaan dan manajemen distribusi fisik disebut manajemen…
A. rantai pasok
B. logistik
C. pesanan
D. proyek
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, manajemen logistik merupakan kumpulan dari manajemen sediaan dan manajemen distribusi fisik

9. Pajak, tarif, nilai tukar mata uang, dan faktor ekonomi yang bersifat eksternal merupakan contoh faktor yang mempengaruhi keputusan desain jaringan yaitu faktor...
A. stratejik
B. pesaing
C. makroekonomi
D. biaya logistik dan fasilitas
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, pajak, tarif, nilai tukar mata uang, dan faktor ekonomi yang bersifat eksternal merupakan contoh faktor yang mempengaruhi keputusan desain jaringan yaitu faktor makroekonomi

10. Pertimbangan untuk menentukan di mana barang di simpan dan bagaimana cara pengirimannya menggunakan..
A. desain jaringan rantai pasok
B. logistik
C. inventory
D. value density
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, pertimbangan untuk menentukan di mana barang di simpan dan bagaimana cara pengirimannya menggunakan value density

11. Salah satu contoh dari faktor eksternal yang mempengaruhi permintaan yaitu...
A. harga dan promosi periklanan
B. perubahan selera konsumen
C. desain pengepakan
D. ekspansi
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, salah satu contoh dari faktor eksternal yang mempengaruhi permintaan yaitu perubahan selera konsumen

12. Pola yang tidak termasuk dalam tipe perilaku permintaan yaitu pola....
A. tren
B. siklus
C. siklus tren
D. musiman
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, pola yang tidak termasuk dalam tipe perilaku permintaan yaitu pola siklus tren

13. Pola permintaan di mana ada pergerakan bebas dan muncul secara periodik dalam jangka pendek dan berulang merupakan esensi dari pola...
A. siklus
B. siklus tren
C. tren
D. musiman
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, pola permintaan di mana ada pergerakan bebas dan muncul secara periodik dalam jangka pendek dan berulang merupakan esensi dari pola musiman

14. Metode yang mengembangkan model cause-and-effect antara permintaan dan variabel lainnya disebut metode peramalan...
A. kausal
B. kualitatif
C. simulasi
D. time series
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, metode yang mengembangkan model cause-and-effect antara permintaan dan variabel lainnya disebut metode peramalan kausal

15. Rumus untuk menghitung persamaan pada metode exponential smoothing yaitu...
A. Dt = at+b
B. Dt = L+T
C. At = aDt+ (1+a)
D. At = aDt+ (1+a)At-1
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, persamaan untuk metode exponential smoothing yaitu: At = aDt+ (1+a)At-1

16. Variabel utama dalam peramalan yang berkombinasi akan menentukan kondisi pasar, 3 diantaranya adalah...
A. penawaran, persediaan, dan karakteristik produk
B. permintaan, penawaran, dan karakteristik produk
C. permintaan, persediaan, dan lingkungan kompetitif
D. permintaan, penawaran, dan lingkungan kompetitif
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, variabel utama dalam peramalan yang berkombinasi akan menentukan kondisi pasar yaitu: 1. permintaan 2. persediaan 3. karakteristik produk 4. lingkungan kompetitif

17. Salah satu fungsi penting dari persediaan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan adalah...
A. menentukan jumlah stok persediaan
B. menghilangkan resiko terhadap kenaikan harga barang atau inflasi
C. menentukan berapa banyak bahan baku yang harus di pesan
D. menyimpan bahan baku yang dihasilkan secara massal
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, fungsi penting dari persediaan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan adalah:
1. menghilangkan resiko keterlambatan pengiriman bahan baku atau barang yang dibutuhkan perusahaan
2. menghilangkan resiko jika material yang di pesan tidak baik sehingga harus dikembalikan
3. menghilangkan resiko terhadap kenaikan harga barang atau inflasi
4. untuk menyimpan bahan baku yang dihasilkan secara musiman
5. mendapatkan keuntungan dari pembelian berdasarkan potongan kuantitas
6. memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan tersedianya barang yang diperlukan

18. Jenis persediaan untuk menjaga terjadinya fluktuasi permintaan yang tidak diperkirakan sebelumnya dan untuk mengatasi jika terjadi penyimpangan dalam prakiraan penjualan disebut...
A. anticipation stock
B. lot-size inventory
C. pipeline inventory
D. fluctuation stock
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, fluctuation stock merupakan jenis persediaan untuk menjaga terjadinya fluktuasi permintaan yang tidak diperkirakan sebelumnya dan untuk mengatasi jika terjadi penyimpangan dalam prakiraan penjualan, waktu produksi atau pengiriman barang

19. Kegagalan untuk membuat estimasi yang akurat terhadap permintaan konsumen dan pelanggan serta keterbatasan tukar informasi antar anggota dalam rantai pasok yang mengakibatkan membengkaknya tingkat persediaan di seluruh sistem, merupakan esensi dari...
A. buy back
B. bullwhip effect
C. buffer stock
D. stock out
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, bullwhip effect merupakan kegagalan untuk membuat estimasi yang akurat terhadap permintaan konsumen dan pelanggan serta keterbatasan tukar informasi antar anggota dalam rantai pasok yang mengakibatkan membengkaknya tingkat persediaan di seluruh sistem

20. Cara penghitungan persediaan secara fisik yang dilakukan berdasarkan continuous basis sehingga dapat menyediakan informasi pada saat level tertentu disebut...
A. continuous system
B. basic system
C. interval system
D. periodic system
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, continuous system merupakan cara penghitungan persediaan secara fisik yang dilakukan berdasarkan continuous basis sehingga dapat menyediakan informasi pada saat level tertentu

21. Manajer toko secara mingguan memeriksa ketersediaan barang di rak merupakan salah satu contoh sistem penghitungan persediaan yaitu...
A. continuous system
B. basic system
C. interval system
D. periodic system
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, karena hal tersebut merupakan salah satu contoh sistem penghitungan persediaan periodic system

22. Biaya yang timbul ketika permintaan melebihi persediaan di tangan termasuk opportunity cost karena tidak melakukan penjualan disebut biaya...
A. penyimpanan
B. pemesanan
C. kekurangan
D. keusangan
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, biaya kekurangan adalah biaya yang timbul ketika permintaan melebihi persediaan di tangan termasuk opportunity cost karena tidak melakukan penjualan, kehilangan kepercayaan konsumen dan keterlambatan pembayaran

23. Metode penentuan jumlah optimal yang menekankan pada pemesanan yang paling ekonomis disebut...
A. EOQ
B. EPQ
C. reorder point
D. safety stock
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, Economic Order Quantity (EOQ) adalah metode penentuan jumlah optimal yang menekankan pada pemesanan yang paling ekonomis, yaitu jumlah pembelian barang

24. Data berikut digunakan untuk menjawab pertanyaan No. 24 dan 25. Diketahui permintaan rata-rata jarum suntik per tahun PT. Alfath adalah 3.000 unit, biaya pemesanan adalah sebesar Rp. 300.000,00 per pemesanan, dan biaya penyimpanan per unit per tahun adalah sebesar Rp. 10.000,00. Pembelian optimal untuk tiap kali pemesanan adalah...
A. 300 unit
B. 325 unit
C. 424 unit
D. 450 unit
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, Diketahui : D = 3.000 unit, S = Rp 300.000/pesanan, dan H = Rp 10.000 Q=v2DS/H Q=v2x3000x300000/10000 Q=v180000 Q=424 Unit

25. Jumlah pemesanan dalam setahun adalah...
A. 4 kali pemesanan per tahun
B. 5 kali pemesanan per tahun
C. 6 kali pemesanan per tahun
D. 7 kali pemesanan per tahun
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, N=D/Q N=3000/424 = 7 kali pemesanan per tahun

26. Rumus untuk menghitung persediaan yang di buat sendiri adalah...
A. Q0 = v2DS/H vP/P-u
B. Q0 = v2DS/H
C. Q0 = vP/P-u
D. Q0 = v2DS/H vP-u/P
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, rumus untuk menghitung persediaan yang di buat sendiri adalah Q0 = v2DS/H vP/P-u

27. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mencapai strategi yang tepat terkait dengan kemampuan rantai pasok dalam memenuhi kepuasan pelanggan, kecuali....
A. pencapaian strategi yang tepat
B. memahami kemampuan rantai pasok
C. memenuhi tingkat pelayanan yang tinggi
D. memahami pelanggan dan ketidakpastian dari rantai pasok
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, Menurut Chopra dan Meindl (2004), ada tiga langkah untuk mencapai strategi yang tepat yaitu: 1. memahami pelanggan dan ketidakpastian dari rantai pasok 2. memahami kemampuan rantai pasok 3. pencapaian strategi yang tepat

28. Kaitan antara aktivitas-aktivitas utama dan pendukung dalam perusahaan untuk mencapai strategi kompetitif perusahaan merupakan esensi dari...
A. supply chain
B. value chain
C. demand uncertainty
D. implied demand uncertainty
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, value chain adalah kaitan antara aktivitas-aktivitas utama dalam perusahaan dan di dukung oleh aktivitas-aktivitas pendukung untuk mencapai strategi kompetitif perusahaan

29. Tujuan utama dari efficient supply chain dalam strategi rantai pasok yaitu...
A. respon cepat terhadap permintaan
B. meminimalkan persediaan supaya biaya rendah
C. menurunkan harga produk
D. memasok permintaan pada biaya terendah
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, tujuan utama dari efficient supply chain dalam strategi rantai pasok yaitu memasok permintaan pada biaya terendah

30. Hal-hal berikut dapat mengurangi dampak bullwhip effect dalam rantai pasok, kecuali...
A. mengurangi variabilitas
B. strategi partnership
C. pengurangan lead time
D. membangun produk yang inovatif
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, hal-hal yang dapat mengurangi dampak bullwhip effect meliputi: 1. mengurangi ketidakpastian 2. mengurangi variabilitas 3. pengurangan lead time 4. strategi partnership

31. Kemampuan perusahaan untuk memenuhi permintaan konsumen dalam waktu yang secepat mungkin merupakan esensi dari...
A. kustomisasi
B. fleksibilitas volume
C. kompetisi berbasis waktu
D. lead time
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, kemampuan perusahaan untuk memenuhi permintaan konsumen dalam waktu yang secepat mungkin merupakan esensi dari kompetisi berbasis waktu

32. Salah satu kemungkinan prioritas persaingan dalam hal kualitas yaitu....
A. desain dengan performa yang tinggi
B. kustomisasi
C. ketepatan pengiriman
D. kecepatan layanan
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, kemungkinan prioritas persaingan dalam hal kualitas yaitu: 1. desain dengan performa yang tinggi 2. kualitas yang konsisten

33. Berikut ini adalah tujuan dari manajemen logistik pipeline, kecuali...
A. waktu respon yang lebih cepat
B. biaya yang lebih rendah
C. peningkatan variabilitas produk
D. kualitas yang lebih tinggi
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, tujuan dari manajemen logistik pipeline yaitu: 1. biaya yang lebih rendah 2. kualitas yang lebih tinggi 3. waktu respons yang lebih cepat 4. fleksibilitas yang lebih tinggi

34. Komponen utama dari Order Cycle Time (OCT), 3 diantaranya adalah...
A. peramalan permintaan, perakitan pesanan, dan transportasi
B. transportasi, penerimaan pesanan, dan pengiriman
C. peramalan permintaan, penerimaan pesanan, dan pemrosesan pesanan
D. penempatan pemesanan konsumen, penerimaan pesanan, dan pemrosesan pesanan
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, komponen utama dari Order Cycle Time (OCT) yaitu: penempatan pemesanan konsumen - penerimaan pesanan - pemrosesan pesanan - perakitan pesanan - transportasi - penerimaan pesanan

35. Pengukuran terhadap tingkat ketersediaan produk yang berupa matriks dari jumlah kepuasan permintaan pelanggan terhadap ketersediaan produk disebut...
A. replenishment lot size
B. responsive supply chain
C. cycle service level
D. supply chain
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, cycle service level merupakan suatu pengukuran terhadap tingkat ketersediaan produk yang berupa matriks dari jumlah kepuasan permintaan pelanggan terhadap ketersediaan produk

36. Rumus untuk menghitung tingkat optimal Cycle Service Level (CSL) yaitu...
A. CSL* = 1-HQ/DCu
B. CSL* = 1+HQ/DCu
C. CSL* = 1-HQ/ HQ+DCu
D. CSL* = 1+HQ/HQ+DCu
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, rumus untuk menghitung tingkat optimal Cycle Service Level (CSL) yaitu: CSL* = 1-HQ/DCu

37. Sekumpulan tindakan rantai pasok untuk mengurangi replenishment lead-time disebut...
A. penundaan
B. tailored sourcing
C. memperbaiki peramalan
D. tanggapan cepat
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, tanggapan cepat adalah mengurangi replenishment lead-time sehingga kelipatan pesanan dapat ditempatkan pada musim penjualan

38. Cara-cara berikut merupakan pengaturan untuk tingkat optimal ketersediaan produk, kecuali...
A. mengatur tingkat ketersediaan produk
B. memperhitungkan rentangan untuk biaya kehabisan barang
C. memastikan tingkat ketersediaan barang
D. memperbaiki peramalan permintaan produk
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, Cara-cara dalam pengaturan tingkat optimal ketersediaan produk meliputi: 1. kerangka analitik yang dapat digunakan untuk meningkatkan keuntungan 2. berhati-hati mengatur tingkat ketersediaan 3. perhitungkan rentangan untuk biaya kehabisan barang 4. pastikan tingkat ketersediaan barang produk sesuai dengan strategi

39. Mengelola pengaturan produk yang digunakan dan meminimalisasi pengembalian di masa yang akan datang merupakan salah satu kunci utama proses bisnis rantai pasok yaitu...
A. demand management
B. customer service management
C. returns management
D. customer relationship management
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, mengelola pengaturan produk yang digunakan dan meminimalisasi pengembalian di masa yang akan datang merupakan salah satu kunci utama proses bisnis rantai pasok yaitu returns management

40. Kelemahan dalam melihat gambaran besar dan bertindak hanya pada satu bagian dalam perusahaan merupakan salah satu hambatan dalam integrasi rantai pasok yaitu...
A. lack of trust
B. silo mentality
C. lack of knowledge
D. lack of supply chain visibility
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, kelemahan dalam melihat gambaran besar dan bertindak hanya pada satu bagian dalam perusahaan merupakan salah satu hambatan dalam integrasi rantai pasok yaitu silo mentality

41. Strategi pembeli untuk meningkatkan pesanan ketika terjadi kelebihan permintaan disebut...
A. rationing
B. bullwhip effect
C. order batching
D. shortage gaming
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, shortage gaming merupakan strategi yang dilakukan pembeli untuk meningkatkan pesanan ketika terjadi kelebihan permintaan. Misalnya, ketika pasokan minyak tanah berkurang maka konsumen cenderung untuk melakukan pembelian secara berlebih

42. Hubungan berdasarkan kepercayaan antara dua tingkatan dalam rantai pasok merupakan esensi dari...
A. power-based relationship
B. trust-based relationship
C. deterrence-based view
D. process-based view
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, trust-based relationship merupakan hubungan berdasarkan kepercayaan antara dua tingkatan dalam rantai pasok mencakup adanya saling ketergantungan antara dua tingkatan tersebut dan kemampuan untuk mempercayai setiap tingkatan dalam rantai pasok

43. Proses makro yang fokus pada interaksi aliran atas antara perusahaan dan pemasok disebut...
A. customer relationship mangement (CRM)
B. supplier relationship management (SRM)
C. internal supply chain management (ISCM)
D. transaction management foundation (TMF)
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, supplier relationship management (SRM) adalah proses makro yang fokus pada interaksi aliran atas antara perusahaan dan pemasok

44. Perencanaan stratejik, permintaan dan penawaran merupakan proses makro dalam rantai pasok yaitu...
A. customer relationship management (CRM)
B. supplier relationship management (SRM)
C. internal supply chain management (ISCM)
D. transaction management foundation (TMF)
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, berbagai proses yang termasuk dalam ISCM meliputi: 1.perencanaan stratejik 2.perencanaan permintaan 3.perencanaan penawaran 4.pemenuhan 5.bidang pelayanan

45. Salah satu proses makro dalam rantai pasok Customer Relationship Mangement (CRM) adalah...
A. penjualan
B. pelayanan
C. pembelian
D. desain kolaborasi
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, proses makro dalam rantai pasok CRM meliputi: 1. pemasaran 2. penjualan 3. manajemen pemesanan 4. pusat panggilan/pelayanan

Download Soal Ujian UT Manajemen EKMA4371

Seperti yang telah kami jelaskan diatas, bahwa Anda bisa mendownload soal diatas dalam bentuk file dokumen PDF yang telah kami sediakan untuk Anda. Hal ini kami lakukan untuk mempermudah Anda menyimpan dokumen, karena terkadang ada dari Mahasiswa yang kesulitan untuk mengcopy-paste artikel, jadi untuk itu kami menyiapkan link download dalam bentuk file dokumen PDF. Nah untuk mendownload soal uas EKMA4371 Manajemen Rantai Pasokan, silahkan Anda klik link dibahwa ini.


Jika Anda mengalami kesulitan dalam mencari soal-soal yang pada blog ini, jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami melalui halaman Contact. Mempelajari soal-soal ini akan sangat membantu Anda dalam memahami materi dengan cepat dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian akhir semester nantinya.

Sekian ulasan kami terkait Soal Ujian UT Manajemen EKMA4371 Manajemen Rantai Pasokan, semoga soal ini dapat membantu Anda dalam menghadapi ujian nantinya. Terus baca berbagai soal lainnya hanya di blog soal uas ut, dan jangan lupa untuk merekomendasikan blog ini pada teman Anda yang lainnya dan berbagi artikel ini ke sosial media, terima kasih.
Soal Ujian UT Manajemen EKMA4371 Manajemen Rantai Pasokan Beserta Kunci Jawaban Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rani Kusmanti