loading...
Soal Ujian UT (Universitas Terbuka) Manajemen EKMA4568 Pemasaran Jasa lengkap dengan kunci jawaban kami bagikan untuk Anda Mahasiswa FEKON (Fakultas Ekonomi) non Pendas yang sekarang ini sedang menempuh pendidikan pada semester 3. Pada postingan kami sebelumnya kami telah banyak berbagai Soal Ujian UT Manajemen Semester 3, terakhir kami memposting Soal Ujian UT Manajemen EKMA4475 Pemasaran Strategik, kami konsisten membangun blog Soal UAS UT sebagai wadah untuk membagikan kumpulan soal-soal ujian akhir semester Universitas Terbuka. Yang kemudian bisa Anda pelajari sebelum menghadapi ujian nantinya. Setiap soal yang kami posting atau bagikan tentu sudah disertakan dengan kunci jawaban dan pembahasan kunci jawabannya. Tentu dengan hal tersebut Anda akan lebih dimudahkan dalam mempelajari materi yang ada pada madul Anda. Tak hanya Soal Ujian UT saja, kami juga memberikan berbagai hal lainnya terkait tugas Anda sebagai Mahasiswa Universitas Terbuka, seperti Contoh Laporan PKP, Contoh Laporan PKM dan lainnya. Kami sadar akan kesulitan Anda selaku Mahasiswa dalam mempelajari semua materi yang ada pada modul, hal ini tentu kita tahu bahwa, kegiatan belajar mengajar atau tutorial di UT sendiri yang hanya dilakukan beberapa kali dalam satu semesternya. Tentunya tidak cukup waktu untuk mempelajari dan memahami semua materi yang ada.
Dengan adanya Soal Ujian UT Manajemen dan berbagai Soal UT untuk jurusan lainnya baik Pendas maupun Non Pendas yang telah kami sajikan pada blog ini, tentu Anda akan lebih dimudahkan dalam mempelajari isi materi pada modul. Dengan hal ini Anda akan lebih bisa menghemat waktu Anda untuk mempelajari semua materi di mata kuliah Anda. Mempelajari soal-soal seperti ini yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan soal tentu akan menghemat waktu Anda. Tak jarang soal yang Anda pelajari akan sama persis keluar pada waktu ujian nantinya, hal ini karena semua soal yang kami bagikan ini tak lepas dari materi yang ada pada modul Anda.
Soal Ujian UT Manajemen Semester 3 lainnya:
Tentunya Anda akan sangat dimudahkan dengan adanya soal seperti ini, selain bisa Anda download soal ini untuk kemudian Anda pelajari dirumah, Anda juga mempelajari soal ini secara online, melalui Handphone Anda, karena dalam hal ini, kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabannya. Jadi Anda sangat dimudahkan sekali dalam mempelajari soal-soal ini, kapanpun dan dimana saja Anda bisa belajar, asalkan Anda bisa internetan dengan handphone Anda. Pada akhir artikel, kami juga sudah menyiapkan link untuk mendownload soal ini dalam bentuk file PDF yang mana Anda akan diarahkan langsung pada link downloadnya. Jadi Anda tidak perlu lagi melakukan copy-paste.
Untuk melihat daftar lengkap soal Majamen dari semester 1 sampai semester 8 silahkan Anda menuju artikel kami Soal Ujian UT Manajemen.
Nah berikut ini soal lengkap dari mata kuliah EKMA4568 Pemasaran Jasa lengkap dengan kunci jawaban serta pembahasan soalnya yang bisa Anda pelajari untuk persiapan dalam mengikuti ujian akhir semester nantinya.
A. Konsumen
B. Pesaing
C. Ekonomi
D. Teknologi
Jawab:
D. Jawaban anda Benar
2. Berikut adalah strategi perusahaan untuk menghadapi krisis kecuali?
A. Value Pricing
B. Adding Value
C. Go Global
D. Afilliate Marketing
Jawab:
C. Jawaban anda Benar, Go Global adalah cara memanfaatkan terbukanya pasar global untuk memperluas pasar dengan menerapkan fleksibelitas harga khusus pada produk/jasa yang berada pada posisi pasar yang belum dewasa (less mature market)
3. Berikut merupakan beberapa dari karakteristik jasa antara lain kecuali ?.
A. Intangibility
B. Inseparability
C. Perishability
D. Homoginity
Jawab:
D. Jawaban anda Benar, Karena jasa bersifat Heteroginity bukan bersifa homoginity
4. Suatu jasa memuaskan pelanggan dengan memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan merupakan pengertian dari ?
A. Produktivitas
B. Kualitas
C. Nilai
D. Proses
Jawab:
B. Jawaban anda Benar
5. Suatu standarisasi dalam implikasi manajemen sukar untuk dilakukan dan sangat tergantung kepada sumber daya manusia yang terlibat serta kualitas yang sulit dikendalikan merupakan karakteristik jasa yang bersifat ?
A. Intangibility
B. Inseparability
C. Perishability
D. Heterogenity
Jawab:
D. Jawaban anda Benar
6. Bisnis jasa supplementary product dibagi menjadi dua kelompok yaitu facilitating service dan enhancing service, yang bukan kelompok facilitating service adalah ?
A. Information
B. Order taking
C. Billing
D. Consultation
Jawab:
D. Jawaban anda Benar, Consultation merupakan kelompok dari enchancing service bukan kelompok facilitating service
7. Yang dimaksud Segmen Accumulator oleh Royal Bank of Canada (RBC) terhadap pelanggan adalah ?
A. Pelanggan berusia 50 – 60 tahun punya tabungan pension
B. Pelanggan berusia 35-50 yahun, yang sedang berada di puncak prestasi karier dan pendapatan
C. Nasabah berumur 18 – 35 tahun (baru lulus sekolah, baru menikah, kartu kredit pertama, rumah pertama).
D. Pelanggan berumur di bawah 18 tahun
Jawab:
A. Jawaban anda Benar
8. Berikut adalah bukan Kriteria atau pengaruh dari aspek orang yang mempengaruhi konsumen adalah ?
A. Contactors
B. Complexity
C. Modifier
D. Influencers
Jawab:
B. Jawaban anda Benar, Complexity merupakan salah satu cara dari Proses
9. Mempengaruhi konsumen dalam keputusan untuk membeli tetapi tidak secara langsung kontak dengan konsumen merupakan merupakan kriteria peranan atau pengaruh dari peran ?
A. Contactors
B. Complexity
C. Modifiers
D. Influencers
Jawab:
D. Jawaban anda Benar
10. Perantara yang bertindak atas nama perusahaan induk dan mempunyai kewenangan untuk membuat perjanjian antara konsumen dengan perusahaan induk tersebut merupakan perantara jasa yang disebut
A. Saluran elektronik
B. Pialang
C. Agen
D. Warlaba
Jawab:
C. Jawaban anda Benar
11. Berikut adalah bukan merupakan tahap dari implementasi antara lain ?
A. Service Development and Testing
B. Marketing Testing
C. Commercialization
D. Busines Analysis
Jawab:
D. Jawaban Anda Benar. Busines Analysis bukan merupakan tahap dari Implementasi
12. Balance Performance Scorecards, mencakup beberapa perspektif sebagai tambahan perspektif keuangan kecuali?
A. Pelanggan (Customer)
B. Interaksi (interaction)
C. Operasi (Operation)
D. Pembelajaran (learning)
Jawab:
B. Jawaban Anda Benar. Interaksi (interaction) bukan termasuk dalam tambahan perspektif keuangan
13. Program yang ditujukan bagi SDM perusahaan berupa pemberian informasi pengetahuan dasar mengenai strategi kerja, sikap, kemampuan, baik berkomunikasi maupun pemasaran jasa serta memahami konsumen yang digunakan untuk mengimplementasikan konsep internal marketing termasuk dalam program ?
A. Personnel Administration tools and Human resources management
B. Developing a service Culture
C. Training
D. Management Support and Internal Interactive Communication
Jawab:
C. Jawaban Anda Benar
14. Servicespace dalam bidang jasa dapat berfungsi sebagai berikut kecuali ?
A. Fasilitator
B. Pembungkusan
C. Diferensiasi
D. Asosiasi
Jawab:
D. Jawaban anda Benar. Asosiasi bukan merupakan fungsi dari servicespace
15. Yang termasuk kedalam segmentasi berdasarkan pemakaian adalah?
A. Segmentasi berdasarkan service
B. Segmentasi berdasarkan manfaat
C. Segmentasi geografik
D. Segmentasi psikografik
Jawab:
A. Jawaban anda Benar
16. Segmentasi yang membagi pasar menjadi kelompok berdasarkan padavariabel seperti umur, jenis kelamin, besar keluarga, siklus kehidupan keluarga, pendidikan , agama pekerjaan dan pendapatan termasuk kesalam segmentasi ?
A. Segmentasi berdasarkan manfaat
B. Segmentasi demografik
C. Segmentasi psikografik
D. Segmentasi geografik
Jawab:
B. Jawaban anda Benar
17. Kebutuhan akan reparasi mobil darurat selama perjalanan ke luar kota termasuk kedalam kebutuhan ?
A. Kebutuhan Sosial
B. Kebuthan Fungsional
C. Kebutuhan Situasional
D. Kebutuhan Emosional
Jawab:
C. Jawaban anda Benar. Kebutuhan yang tergantung pada waktu
18. Jasa disesuaikan dengan spesifikasi dan kebutuhan pelanggan, merupakan tipe operasi jasa dalam sistem penyampaian jasa dalam bentuk operasi ?
A. Proyek
B. Batch (job shop)
C. Lini (flow shop)
D. Proses berkesinambungan (on going process)
Jawab:
B. Jawaban anda benar
19. Mengurangi keragaman merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengubah bagan proses jasa, apa kah kerugian dari mengurangi keragaman tersebut?
A. Lebih susah untuk dikontrol dan diatur, harga yang ditawarkan belum tentu diminati oleh pelanggan
B. Bila terlalu komplek dapat memusingkan pelanggan akan kualitas jasa yang ditawarkan
C. Bila pesaing lain meluaskan jasa yang diberikan, maka dapat membuat produsen menghadapi persaingan yang berat dan beresiko
D. Tidak fleksibel dalam prosedur operasi, kurangnya pilihan pelanggan
Jawab:
D. Jawaban anda benar
20. Strategi yang digunakan lebih pada spesialisasi, dimana setiap langkah yang diterapkan didapat dari sistim yang ada dan sumber daya yang difokuskan pada penawaran jasa yang lebih sempit. Pernyataan tersebut merupakan proses jasa yang menggunakan cara ?
A. Mengurangi keragaman
B. Meningkatkan keragaman
C. Mengurangi kompleksitas
D. Menigkatkan kompleksitas
Jawab:
C. Jawaban anda benar
21. Menurut Kotler sebuah keunggulan yang patut ditampilkan harus memenuhi kriteria sebagai berikut, kecuali ?
A. Sama
B. Penting
C. Superior (unggul)
D. Pelopor
Jawab:
A. Jawaban anda Benar. Karena sama tidak termasuk kedalam kriteria untuk dipenuhi untuk sebuah keunggulan
22. Dimana keadaan si pelanggan tidak mengenali kekhususan produk/merek/atribut yang dikonsumsi, pernyataan tersebut merupakan kesalahan perusahaan dalam melakukan positioning ?
A. Overpositioning
B. Confused Positioning
C. Doublful Positioning
D. Undeerpositioning
Jawab:
D. Jawaban anda Benar
23. Pelanggan yang cenderung lebih menyukai meneybarkan negative word of mouth dengan teman dan rekan-rekan dekat mereka dan pindah ke penyedia jasa yang lain, merupakan tipe respon yang termasuk kedalam kategori?
A. Passive
B. Voicers
C. Irates
D. Activisits
Jawab:
C. Jawaban anda benar
24. Cutomer Bonding adalah sebuah sistem baru yang berinisiatif untuk mempertahankan hubungan dengan setiap pelanggan atau calon pelanggan. Penyataan tersebut berupakan pendapat dari ?
A. Richard Cross dan Jane Smith
B. Aaker
C. Brett Turner
D. Kotler
Jawab:
A. Jawaban anda benar
25. Produk fisik yang disertai dengan satu atau beberapa jasa pelengkap untuk meningkatkan daya tarik produk bagi para konsumen, dari penjelasan diatas adalah klasifikasi dari kotler (2003) yang termasuk dalam kategori penawaran produk ?
A. Produk fisik murni
B. Produk fisik dengan jasa pendukung
C. Hybrid
D. Jasa Murni
Jawab:
B. Jawaban anda benar
26. Kiat pemasaran dimana perusahaan tidak hanya harus berhubungan dengan pelanggan, pemasok dan penyalur, tetapi ia harus juga bergabung dengan kumpulan kepentingan publik yang lebih besar. didalam bauran pemasaran pernyataan diatas termasuk kedalam aktifitas?
A. Advertising (periklanan)
B. Personal Selling
C. Sales Promotion
D. Public Relation (PR)
Jawab:
D. Jawaban anda Benar
27. Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi sebuah perusahaan untuk memproduksi beberapa bagian jasa untuk dirinya sendiri maupun meminta pihak lain melakukannya kecuali ?
A. Kapasitas keahlian, kapasitas sumber daya, kapasitas waktu
B. Kapasitas waktu, kapasitas produksi, kapasitas konsumsi
C. Kepercayaan (trust), Kapasitas waktu, pengawasan
D. Kapasitas waktu, keuntungan ekonomi(economic rewards), Kapasitas Sumber daya
Jawab:
B. Jawaban anda benar. Kapasitas waktu, pengawasan termasuk kedalam faktoryang mempengaruhi sebuah perusahaan untuk memproduksi, tetapi kapasitas konsumsi tidak termasuk
28. Harga didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan atas seluruh jasa yang disediakan untuk konsumen dan atas potensi keuntungan dimasa depan dalam jangka waktu tertentu adalah strategi dan taktik penentuan harga ?
A. Flexible Pricing
B. Relationship Pricing
C. Discount Pricing
D. Diversionary Pricing
Jawab:
B. Jawaban anda Benar
29. Berikut, adalah langkah-langkah untuk mengembangkan komunikasi yang efektif yang dikemukan oleh Kotler (2004) kecuali ?
A. Menetukan hasil-hasil penjualan
B. Menentukan Tujuan Komunikasi
C. Menentukan bauran promosi
D. Menentapkan jumlah anggaran Promosi
Jawab:
A. Jawaban anda Benar
30. Berikut merupakan beberapa peranan periklanan dalam pemasaran jasa, Kecuali ?
A. Membangun Kesadaran (awareness) terhadap keberadaan jasa yang ditawarkan
B. Menambah pesaing sehingga persaingan antar perusahaan semakin ketat
C. Untuk membujuk calon Customer untuk membeli atau menggunakan jasa tersebut
D. Untuk menambah pengetahuan konsumen tentang jasa yang ditawarkan
Jawab:
B. Jawaban anda Benar
31. Perusahaan sebaiknya memilih tempat dekat dengan konsumen sehingga mudah dijangkau, dengan kata lain harus strategis dan lokasi menjadi sangat penting, merupakan sesuatu yang mempengaruhi penentuanlokasi yang termasuk kedalam jenis interaksi ?
A. Pemberi jasa mendatangi konsumen
B. Pemberi jasa dan konsumen tidak bertemu secara langsung
C. Konsumen medatangi pemberi jasa
D. A, B dan C semuanya Benar
Jawab:
C. Jawaban anda Benar
32. Praktek penentuan harga dimana konsumen membayar initial fee untuk hak mengkonsumsi layanan jasa tersebut dan membayar pula usage fee atau harga untuk setiap layanan jasa yang mereka konsumsi. Pernyataan berikut merupakan strategi dan penentuan harga penentuan harga dari ?
A. Two-part tarrif
B. Cost Plus Pricing
C. Rate of return pricing
D. Competitive Parity Pricing
Jawab:
A. Jawaban anda benar
33. harga ditentukan atas dasar nilai jasa yang dipersepsikan (perceived value) oleh segmen konsumen tertentu
A. Loss Leading Pricing
B. Value Based Pricing
C. Guaran tee Pricing
D. Highprice maintenance Pricing
Jawab:
B. Jawaban anda Benar
34. Offset Pricing adalah ?
A. Penentuan harga dengan adanya beberapa komponen harga yang “disembunyikan”. Harga yang tertera tidak sepenuhnyamerupakan harga akhir yang harus dibayar konsumen
B. Pemberi jasa berani memberikan harga yang tinggi, karena kalau harga turun, maka reputasi akan turun
C. Harga awal ditetapkan pada harga yang murah, terkadang malah merugikan dengan tujuan jangka pendek yaitu untuk mendapatkan posisi dipasar atau menigkatkan pangsa pasar
D. Harga ditentukan berdasarkan harga pemimpin pasar (market leader)
Jawab:
A. Jawaban anda Benar
35. Peak load Pricing adalah ?
A. Penentuan harga dengan adanya beberapa komponen harga yang “disembunyikan”. Harga yang tertera tidak sepenuhnyamerupakan harga akhir yang harus dibayar konsumen
B. Penentuan harga dimana pemberi layanan jasa menetapakan harga jasa lebih mahal pada waktu peak (masa ramai) karena biaya yang lebih tinggi ditanggung produsen ketika masa peak daripada off-peak
C. Teknik menjual setiap unit dari sebuah produk jasa yang terpisah dan menentukan harga tertinggi yang mungkin untuk setiap layanan jasa yang ditawarkan
D. Menetapkan harga yang seragam pada layanan jasadiukur kedalam suatu satuan kuantitas tertentu dan harga yang lebih murah (atau lebih tinggi) pada setiap tambahan satuankuantitas dalam masa konsumsi yang sama
Jawab:
B. Jawaban anda benar
36. Menjaga stabiitas di beberapa area operasi tetapi sangat terbuka untuk mencari tahu peluang apasaja yang ada diluar sana; merupakan orientasi perusahaan untuk merencanakan sebuaha arah pertumbuhan yang merupakan orientasi strategi ?
A. Prospector
B. Analyzers
C. Reactor
D. Defenders
Jawab:
B. Jawaban anda Benar
37. Berikut tipe keadilan yang diharapkan pelanggan terhadap komplain yang mereka lontarkan kecuali ?
A. Outcome Fairness
B. Procedural Fairness
C. Interactional Fairness
D. Internal fairness
Jawab:
D. Jawaban anda Benar. Internal fairness bukan termasuk kedalam complain yang diharapkan pelanggan
38. Komplain dari pelanggan yang mengharapkan hasil, atau kompensasi moneter, permintaan maaf, layanan bebas biaya dimasa yang akan dating disebut ?
A. Outcome Fairness
B. Procedural Fairness
C. Interactional Fairness
D. Internal fairness
Jawab:
A. Jawaban anda Benar
39. Dimensi pengukuran kualitas yang berkaitan dengan timbulnya kemungkinan suatu produk mengalami keadaan tidak berfungsi (malfunction) pada suatu periode. Merupakan aspek ?
A. Kinerja (Performance)
B. Kesesuaian (Comformance)
C. Kehandalan (Reliability)
D. Keragaman Produk (Features)
Jawab:
C. Jawaban anda Benar
40. Kemampuan perusahaan untuk memberikan pelayanan sesuai yang dijanjikan secara akurat dan terpercaya, merupakan dimensi servqual ?
A. Tangibles
B. Reliability
C. Responsiveness
D. Assurance
Jawab:
B. Jawaban anda benar
Jika Anda mengalami kesulitan dalam mencari soal-soal yang pada blog ini, jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami melalui halaman Contact. Mempelajari soal-soal ini akan sangat membantu Anda dalam memahami materi dengan cepat dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian akhir semester nantinya.
Sekian ulasan kami terkait Soal Ujian UT Manajemen EKMA4568 Pemasaran Jasa, semoga soal ini dapat membantu Anda dalam menghadapi ujian nantinya. Terus baca berbagai soal lainnya hanya di blog soal uas ut, dan jangan lupa untuk merekomendasikan blog ini pada teman Anda yang lainnya dan berbagi artikel ini ke sosial media, terima kasih.
Dengan adanya Soal Ujian UT Manajemen dan berbagai Soal UT untuk jurusan lainnya baik Pendas maupun Non Pendas yang telah kami sajikan pada blog ini, tentu Anda akan lebih dimudahkan dalam mempelajari isi materi pada modul. Dengan hal ini Anda akan lebih bisa menghemat waktu Anda untuk mempelajari semua materi di mata kuliah Anda. Mempelajari soal-soal seperti ini yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan soal tentu akan menghemat waktu Anda. Tak jarang soal yang Anda pelajari akan sama persis keluar pada waktu ujian nantinya, hal ini karena semua soal yang kami bagikan ini tak lepas dari materi yang ada pada modul Anda.
Soal Ujian UT Manajemen Semester 3 lainnya:
- Soal Ujian UT Manajemen EKMA4213 Manajemen Keuangan
- Soal Ujian UT Manajemen EKMA4366 Pengembangan SDM
- Soal Ujian UT Manajemen EKMA4371 Manajemen Rantai Pasokan
- Soal Ujian UT Manajemen EKMA4475 Pemasaran Strategik
- Soal Ujian UT Manajemen EKMA4568 Pemasaran Jasa
- Soal Ujian UT Manajemen EKMA4312 Ekonomi Managerial
Tentunya Anda akan sangat dimudahkan dengan adanya soal seperti ini, selain bisa Anda download soal ini untuk kemudian Anda pelajari dirumah, Anda juga mempelajari soal ini secara online, melalui Handphone Anda, karena dalam hal ini, kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabannya. Jadi Anda sangat dimudahkan sekali dalam mempelajari soal-soal ini, kapanpun dan dimana saja Anda bisa belajar, asalkan Anda bisa internetan dengan handphone Anda. Pada akhir artikel, kami juga sudah menyiapkan link untuk mendownload soal ini dalam bentuk file PDF yang mana Anda akan diarahkan langsung pada link downloadnya. Jadi Anda tidak perlu lagi melakukan copy-paste.
Untuk melihat daftar lengkap soal Majamen dari semester 1 sampai semester 8 silahkan Anda menuju artikel kami Soal Ujian UT Manajemen.
Soal Ujian UT Manajemen EKMA4568 Pemasaran Jasa Beserta Kunci Jawaban
Seperti yang telah kami sampaikan diatas bahwa pada blog Soal UAS UT ini kami tidak hanya berbagi Soal untuk satu jurusan saja, namun kami juga berbagi berbagai soal lainnya untuk jurusan yang berbeda, nah untuk melihat lengkap soal-soal jurusan lainnya, silahkan Anda merujuk ke postingan kami Soal Ujian UT. Soal yang kami bagikan untuk jurusan Manajemen ini tentunya lengkap, mulai dari semester 1 sampai dengan semester 8, untuk melihat daftar lengkap soalnya, Anda bisa menuju artikel kami Soal Ujian UT Manajemen.Nah berikut ini soal lengkap dari mata kuliah EKMA4568 Pemasaran Jasa lengkap dengan kunci jawaban serta pembahasan soalnya yang bisa Anda pelajari untuk persiapan dalam mengikuti ujian akhir semester nantinya.
Soal Ujian UT Manajemen EKMA4568
1. Komputer yang mengalami kemajuan dengan pesat dan mendorong secara dinamis dalam komunikasi bisnis dan mempercepat pengambilan keputusan dan berpengaruh terhadap perkembangan industry jasa termasuk dalam variabel ?A. Konsumen
B. Pesaing
C. Ekonomi
D. Teknologi
Jawab:
D. Jawaban anda Benar
2. Berikut adalah strategi perusahaan untuk menghadapi krisis kecuali?
A. Value Pricing
B. Adding Value
C. Go Global
D. Afilliate Marketing
Jawab:
C. Jawaban anda Benar, Go Global adalah cara memanfaatkan terbukanya pasar global untuk memperluas pasar dengan menerapkan fleksibelitas harga khusus pada produk/jasa yang berada pada posisi pasar yang belum dewasa (less mature market)
3. Berikut merupakan beberapa dari karakteristik jasa antara lain kecuali ?.
A. Intangibility
B. Inseparability
C. Perishability
D. Homoginity
Jawab:
D. Jawaban anda Benar, Karena jasa bersifat Heteroginity bukan bersifa homoginity
4. Suatu jasa memuaskan pelanggan dengan memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan merupakan pengertian dari ?
A. Produktivitas
B. Kualitas
C. Nilai
D. Proses
Jawab:
B. Jawaban anda Benar
5. Suatu standarisasi dalam implikasi manajemen sukar untuk dilakukan dan sangat tergantung kepada sumber daya manusia yang terlibat serta kualitas yang sulit dikendalikan merupakan karakteristik jasa yang bersifat ?
A. Intangibility
B. Inseparability
C. Perishability
D. Heterogenity
Jawab:
D. Jawaban anda Benar
6. Bisnis jasa supplementary product dibagi menjadi dua kelompok yaitu facilitating service dan enhancing service, yang bukan kelompok facilitating service adalah ?
A. Information
B. Order taking
C. Billing
D. Consultation
Jawab:
D. Jawaban anda Benar, Consultation merupakan kelompok dari enchancing service bukan kelompok facilitating service
7. Yang dimaksud Segmen Accumulator oleh Royal Bank of Canada (RBC) terhadap pelanggan adalah ?
A. Pelanggan berusia 50 – 60 tahun punya tabungan pension
B. Pelanggan berusia 35-50 yahun, yang sedang berada di puncak prestasi karier dan pendapatan
C. Nasabah berumur 18 – 35 tahun (baru lulus sekolah, baru menikah, kartu kredit pertama, rumah pertama).
D. Pelanggan berumur di bawah 18 tahun
Jawab:
A. Jawaban anda Benar
8. Berikut adalah bukan Kriteria atau pengaruh dari aspek orang yang mempengaruhi konsumen adalah ?
A. Contactors
B. Complexity
C. Modifier
D. Influencers
Jawab:
B. Jawaban anda Benar, Complexity merupakan salah satu cara dari Proses
9. Mempengaruhi konsumen dalam keputusan untuk membeli tetapi tidak secara langsung kontak dengan konsumen merupakan merupakan kriteria peranan atau pengaruh dari peran ?
A. Contactors
B. Complexity
C. Modifiers
D. Influencers
Jawab:
D. Jawaban anda Benar
10. Perantara yang bertindak atas nama perusahaan induk dan mempunyai kewenangan untuk membuat perjanjian antara konsumen dengan perusahaan induk tersebut merupakan perantara jasa yang disebut
A. Saluran elektronik
B. Pialang
C. Agen
D. Warlaba
Jawab:
C. Jawaban anda Benar
11. Berikut adalah bukan merupakan tahap dari implementasi antara lain ?
A. Service Development and Testing
B. Marketing Testing
C. Commercialization
D. Busines Analysis
Jawab:
D. Jawaban Anda Benar. Busines Analysis bukan merupakan tahap dari Implementasi
12. Balance Performance Scorecards, mencakup beberapa perspektif sebagai tambahan perspektif keuangan kecuali?
A. Pelanggan (Customer)
B. Interaksi (interaction)
C. Operasi (Operation)
D. Pembelajaran (learning)
Jawab:
B. Jawaban Anda Benar. Interaksi (interaction) bukan termasuk dalam tambahan perspektif keuangan
13. Program yang ditujukan bagi SDM perusahaan berupa pemberian informasi pengetahuan dasar mengenai strategi kerja, sikap, kemampuan, baik berkomunikasi maupun pemasaran jasa serta memahami konsumen yang digunakan untuk mengimplementasikan konsep internal marketing termasuk dalam program ?
A. Personnel Administration tools and Human resources management
B. Developing a service Culture
C. Training
D. Management Support and Internal Interactive Communication
Jawab:
C. Jawaban Anda Benar
14. Servicespace dalam bidang jasa dapat berfungsi sebagai berikut kecuali ?
A. Fasilitator
B. Pembungkusan
C. Diferensiasi
D. Asosiasi
Jawab:
D. Jawaban anda Benar. Asosiasi bukan merupakan fungsi dari servicespace
15. Yang termasuk kedalam segmentasi berdasarkan pemakaian adalah?
A. Segmentasi berdasarkan service
B. Segmentasi berdasarkan manfaat
C. Segmentasi geografik
D. Segmentasi psikografik
Jawab:
A. Jawaban anda Benar
16. Segmentasi yang membagi pasar menjadi kelompok berdasarkan padavariabel seperti umur, jenis kelamin, besar keluarga, siklus kehidupan keluarga, pendidikan , agama pekerjaan dan pendapatan termasuk kesalam segmentasi ?
A. Segmentasi berdasarkan manfaat
B. Segmentasi demografik
C. Segmentasi psikografik
D. Segmentasi geografik
Jawab:
B. Jawaban anda Benar
17. Kebutuhan akan reparasi mobil darurat selama perjalanan ke luar kota termasuk kedalam kebutuhan ?
A. Kebutuhan Sosial
B. Kebuthan Fungsional
C. Kebutuhan Situasional
D. Kebutuhan Emosional
Jawab:
C. Jawaban anda Benar. Kebutuhan yang tergantung pada waktu
18. Jasa disesuaikan dengan spesifikasi dan kebutuhan pelanggan, merupakan tipe operasi jasa dalam sistem penyampaian jasa dalam bentuk operasi ?
A. Proyek
B. Batch (job shop)
C. Lini (flow shop)
D. Proses berkesinambungan (on going process)
Jawab:
B. Jawaban anda benar
19. Mengurangi keragaman merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengubah bagan proses jasa, apa kah kerugian dari mengurangi keragaman tersebut?
A. Lebih susah untuk dikontrol dan diatur, harga yang ditawarkan belum tentu diminati oleh pelanggan
B. Bila terlalu komplek dapat memusingkan pelanggan akan kualitas jasa yang ditawarkan
C. Bila pesaing lain meluaskan jasa yang diberikan, maka dapat membuat produsen menghadapi persaingan yang berat dan beresiko
D. Tidak fleksibel dalam prosedur operasi, kurangnya pilihan pelanggan
Jawab:
D. Jawaban anda benar
20. Strategi yang digunakan lebih pada spesialisasi, dimana setiap langkah yang diterapkan didapat dari sistim yang ada dan sumber daya yang difokuskan pada penawaran jasa yang lebih sempit. Pernyataan tersebut merupakan proses jasa yang menggunakan cara ?
A. Mengurangi keragaman
B. Meningkatkan keragaman
C. Mengurangi kompleksitas
D. Menigkatkan kompleksitas
Jawab:
C. Jawaban anda benar
21. Menurut Kotler sebuah keunggulan yang patut ditampilkan harus memenuhi kriteria sebagai berikut, kecuali ?
A. Sama
B. Penting
C. Superior (unggul)
D. Pelopor
Jawab:
A. Jawaban anda Benar. Karena sama tidak termasuk kedalam kriteria untuk dipenuhi untuk sebuah keunggulan
22. Dimana keadaan si pelanggan tidak mengenali kekhususan produk/merek/atribut yang dikonsumsi, pernyataan tersebut merupakan kesalahan perusahaan dalam melakukan positioning ?
A. Overpositioning
B. Confused Positioning
C. Doublful Positioning
D. Undeerpositioning
Jawab:
D. Jawaban anda Benar
23. Pelanggan yang cenderung lebih menyukai meneybarkan negative word of mouth dengan teman dan rekan-rekan dekat mereka dan pindah ke penyedia jasa yang lain, merupakan tipe respon yang termasuk kedalam kategori?
A. Passive
B. Voicers
C. Irates
D. Activisits
Jawab:
C. Jawaban anda benar
24. Cutomer Bonding adalah sebuah sistem baru yang berinisiatif untuk mempertahankan hubungan dengan setiap pelanggan atau calon pelanggan. Penyataan tersebut berupakan pendapat dari ?
A. Richard Cross dan Jane Smith
B. Aaker
C. Brett Turner
D. Kotler
Jawab:
A. Jawaban anda benar
25. Produk fisik yang disertai dengan satu atau beberapa jasa pelengkap untuk meningkatkan daya tarik produk bagi para konsumen, dari penjelasan diatas adalah klasifikasi dari kotler (2003) yang termasuk dalam kategori penawaran produk ?
A. Produk fisik murni
B. Produk fisik dengan jasa pendukung
C. Hybrid
D. Jasa Murni
Jawab:
B. Jawaban anda benar
26. Kiat pemasaran dimana perusahaan tidak hanya harus berhubungan dengan pelanggan, pemasok dan penyalur, tetapi ia harus juga bergabung dengan kumpulan kepentingan publik yang lebih besar. didalam bauran pemasaran pernyataan diatas termasuk kedalam aktifitas?
A. Advertising (periklanan)
B. Personal Selling
C. Sales Promotion
D. Public Relation (PR)
Jawab:
D. Jawaban anda Benar
27. Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi sebuah perusahaan untuk memproduksi beberapa bagian jasa untuk dirinya sendiri maupun meminta pihak lain melakukannya kecuali ?
A. Kapasitas keahlian, kapasitas sumber daya, kapasitas waktu
B. Kapasitas waktu, kapasitas produksi, kapasitas konsumsi
C. Kepercayaan (trust), Kapasitas waktu, pengawasan
D. Kapasitas waktu, keuntungan ekonomi(economic rewards), Kapasitas Sumber daya
Jawab:
B. Jawaban anda benar. Kapasitas waktu, pengawasan termasuk kedalam faktoryang mempengaruhi sebuah perusahaan untuk memproduksi, tetapi kapasitas konsumsi tidak termasuk
28. Harga didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan atas seluruh jasa yang disediakan untuk konsumen dan atas potensi keuntungan dimasa depan dalam jangka waktu tertentu adalah strategi dan taktik penentuan harga ?
A. Flexible Pricing
B. Relationship Pricing
C. Discount Pricing
D. Diversionary Pricing
Jawab:
B. Jawaban anda Benar
29. Berikut, adalah langkah-langkah untuk mengembangkan komunikasi yang efektif yang dikemukan oleh Kotler (2004) kecuali ?
A. Menetukan hasil-hasil penjualan
B. Menentukan Tujuan Komunikasi
C. Menentukan bauran promosi
D. Menentapkan jumlah anggaran Promosi
Jawab:
A. Jawaban anda Benar
30. Berikut merupakan beberapa peranan periklanan dalam pemasaran jasa, Kecuali ?
A. Membangun Kesadaran (awareness) terhadap keberadaan jasa yang ditawarkan
B. Menambah pesaing sehingga persaingan antar perusahaan semakin ketat
C. Untuk membujuk calon Customer untuk membeli atau menggunakan jasa tersebut
D. Untuk menambah pengetahuan konsumen tentang jasa yang ditawarkan
Jawab:
B. Jawaban anda Benar
31. Perusahaan sebaiknya memilih tempat dekat dengan konsumen sehingga mudah dijangkau, dengan kata lain harus strategis dan lokasi menjadi sangat penting, merupakan sesuatu yang mempengaruhi penentuanlokasi yang termasuk kedalam jenis interaksi ?
A. Pemberi jasa mendatangi konsumen
B. Pemberi jasa dan konsumen tidak bertemu secara langsung
C. Konsumen medatangi pemberi jasa
D. A, B dan C semuanya Benar
Jawab:
C. Jawaban anda Benar
32. Praktek penentuan harga dimana konsumen membayar initial fee untuk hak mengkonsumsi layanan jasa tersebut dan membayar pula usage fee atau harga untuk setiap layanan jasa yang mereka konsumsi. Pernyataan berikut merupakan strategi dan penentuan harga penentuan harga dari ?
A. Two-part tarrif
B. Cost Plus Pricing
C. Rate of return pricing
D. Competitive Parity Pricing
Jawab:
A. Jawaban anda benar
33. harga ditentukan atas dasar nilai jasa yang dipersepsikan (perceived value) oleh segmen konsumen tertentu
A. Loss Leading Pricing
B. Value Based Pricing
C. Guaran tee Pricing
D. Highprice maintenance Pricing
Jawab:
B. Jawaban anda Benar
34. Offset Pricing adalah ?
A. Penentuan harga dengan adanya beberapa komponen harga yang “disembunyikan”. Harga yang tertera tidak sepenuhnyamerupakan harga akhir yang harus dibayar konsumen
B. Pemberi jasa berani memberikan harga yang tinggi, karena kalau harga turun, maka reputasi akan turun
C. Harga awal ditetapkan pada harga yang murah, terkadang malah merugikan dengan tujuan jangka pendek yaitu untuk mendapatkan posisi dipasar atau menigkatkan pangsa pasar
D. Harga ditentukan berdasarkan harga pemimpin pasar (market leader)
Jawab:
A. Jawaban anda Benar
35. Peak load Pricing adalah ?
A. Penentuan harga dengan adanya beberapa komponen harga yang “disembunyikan”. Harga yang tertera tidak sepenuhnyamerupakan harga akhir yang harus dibayar konsumen
B. Penentuan harga dimana pemberi layanan jasa menetapakan harga jasa lebih mahal pada waktu peak (masa ramai) karena biaya yang lebih tinggi ditanggung produsen ketika masa peak daripada off-peak
C. Teknik menjual setiap unit dari sebuah produk jasa yang terpisah dan menentukan harga tertinggi yang mungkin untuk setiap layanan jasa yang ditawarkan
D. Menetapkan harga yang seragam pada layanan jasadiukur kedalam suatu satuan kuantitas tertentu dan harga yang lebih murah (atau lebih tinggi) pada setiap tambahan satuankuantitas dalam masa konsumsi yang sama
Jawab:
B. Jawaban anda benar
36. Menjaga stabiitas di beberapa area operasi tetapi sangat terbuka untuk mencari tahu peluang apasaja yang ada diluar sana; merupakan orientasi perusahaan untuk merencanakan sebuaha arah pertumbuhan yang merupakan orientasi strategi ?
A. Prospector
B. Analyzers
C. Reactor
D. Defenders
Jawab:
B. Jawaban anda Benar
37. Berikut tipe keadilan yang diharapkan pelanggan terhadap komplain yang mereka lontarkan kecuali ?
A. Outcome Fairness
B. Procedural Fairness
C. Interactional Fairness
D. Internal fairness
Jawab:
D. Jawaban anda Benar. Internal fairness bukan termasuk kedalam complain yang diharapkan pelanggan
38. Komplain dari pelanggan yang mengharapkan hasil, atau kompensasi moneter, permintaan maaf, layanan bebas biaya dimasa yang akan dating disebut ?
A. Outcome Fairness
B. Procedural Fairness
C. Interactional Fairness
D. Internal fairness
Jawab:
A. Jawaban anda Benar
39. Dimensi pengukuran kualitas yang berkaitan dengan timbulnya kemungkinan suatu produk mengalami keadaan tidak berfungsi (malfunction) pada suatu periode. Merupakan aspek ?
A. Kinerja (Performance)
B. Kesesuaian (Comformance)
C. Kehandalan (Reliability)
D. Keragaman Produk (Features)
Jawab:
C. Jawaban anda Benar
40. Kemampuan perusahaan untuk memberikan pelayanan sesuai yang dijanjikan secara akurat dan terpercaya, merupakan dimensi servqual ?
A. Tangibles
B. Reliability
C. Responsiveness
D. Assurance
Jawab:
B. Jawaban anda benar
Download Soal Ujian UT Manajemen EKMA4568
Seperti yang telah kami jelaskan diatas, bahwa Anda bisa mendownload soal diatas dalam bentuk file dokumen PDF yang telah kami sediakan untuk Anda. Hal ini kami lakukan untuk mempermudah Anda menyimpan dokumen, karena terkadang ada dari Mahasiswa yang kesulitan untuk mengcopy-paste artikel, jadi untuk itu kami menyiapkan link download dalam bentuk file dokumen PDF. Nah untuk mendownload soal uas EKMA4568 Pemasaran Jasa, silahkan Anda klik link dibahwa ini.Jika Anda mengalami kesulitan dalam mencari soal-soal yang pada blog ini, jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami melalui halaman Contact. Mempelajari soal-soal ini akan sangat membantu Anda dalam memahami materi dengan cepat dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian akhir semester nantinya.
Sekian ulasan kami terkait Soal Ujian UT Manajemen EKMA4568 Pemasaran Jasa, semoga soal ini dapat membantu Anda dalam menghadapi ujian nantinya. Terus baca berbagai soal lainnya hanya di blog soal uas ut, dan jangan lupa untuk merekomendasikan blog ini pada teman Anda yang lainnya dan berbagi artikel ini ke sosial media, terima kasih.